Makalah Filsafat George F.

Hegel
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ……………………………………………………………………………......... Daftar isi ………………………………………………………………………………….......... BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………………………......
A. Latar Belakang ……………………………………………………………………......... B. Rumusan Masalah...................…………………………………………………............. C. Tujuan…………………………………………………………………………....….......

BAB II PEMBAHASAN …………………………………………………………………....... • Filsafat Goerge f. hegel BAB III PENUTUP

Kesimpulan..............…………………………………....................................................

DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………....

Latar Belakang Tatkala filsafat lahir dan mulai tumbuh. Rmusan Masalah Adapun rumusan masalahnya adalah sebagai berikut : 1. klasifikasi tahap sejarah filsafat dibagi menjadi empat tahap penting. Hegel. visi misi filsafat Hegel memang berbeda dibanding dengan karya pemikir lainnya. Pada zaman Filsafat modern. yaitu Filsafat Klasik. Hegel dengan berbagai karyanya yang sangat terkenal. ada banyak filsuf penting yang hidup pada masa modern ini. bergerak keseluruh dunia hingga saat ini. Tujuan Adapun tujuannya yaitu : 1. Lebih dari itu. Karya yang paling digemari dan menimbulkan diskusi diskusi yang sangat menarik adalah Phenomenology of Mind. Filsafat Abad Pertengahan. ilmu pengetahuan masih merupakan bagian yang tak terpisahkan dari filsafat. Filsafat Modern dan Filsafat Kontemporer. Dalam banyak literatur filsafat mutakhir. salah satu filsuf penting itu adalah Geprge F. B. hegel? C.BAB I PENDAHULUAN A. Bagaimanakah Sejarah Filsafat George F. Meski Hegel telah mati dan tak bergerak jasad fisiknya. BAB II PEMBAHASAN . Hegel. Seiring berjalannya waktu Filsafat pun berkembang dan masingmasing terklasifikasi. Memahami bagaimana filsafat George F. pikiran-pikirannya terus hidup. Oleh karena itu dalam makalah ini kami mencoba membahas lebih lanjut tentang Pemikiran Filsafat George F.

Sastra. Nietszche. Budaya. Kierkegaard. Barkeley dan David Hame. dll. Schelling. bagi Bertrand Russell pemikirannya kemudian merupakan Intelektualisasi dari wawasan metafisika. Seperti kebanyakan pemuda lainnya di jerman. Hegel memiliki pengaruh yang sangat luas terhadap para penulis dari berbagai kalangan termasuk para pengagumnya yaitu Hans King. Filsafat Hegel sering disebut sebagai puncak idealisme Jerman. bagi Lock metafisika tidak mampu menjelaskan basis fundamental filsafat atau Epistimologi ( bagaimana realitas itu dapat diketahui ) dan tidak dapat mencapai realitas total. Keluarga Hegel adalah sebuah keluarga menegah yang mapan di Stuttgart. dengan ini ia akan menyibak kebenaran absolut dengan menembus batasan-batasan individual atau parsial. Dengan metafisika kemudian Hegel mencoba membangun suatu sistem pemikiran yang mencakup segalanya baik Ilmu Pengetahuan. pendapat ini diteruskan kembali oleh David Hume bahwa metafisika tidaklah berharga sebagai ilmu dan bahkan tidak mempunyai arti. Tetapi tidak sedikit pula yang menentangnya diantaranya. Ketertarikan Hegel sejak awal pada metafisika. ia mengikuti pencerahan dan berbagai peristiwa di Perancis dengan penuh perhatian dan hati-hati. baginya metafisika hanya merupakan ilusi yang ada diluar batas pengertian manusia. Pada dasarnya filsafat Hegel mematahkan anggapan kaum empiris seperti John Lock. Karl marx. Kemandirian bendabenda yang terbatas bagi Hegel dipandang sebagai ilusi. demikian nama aslinya. Mereka ( kaum empiris ) mengambil sikap tegas pada metafisika. Hegel George Wilhelm Friedrich Hegel. meyakinkannya bahwa ada ketidak jelasan bagian dunia. Hegel muda hidup di zaman revolusi perancis.Filsafat George F. Hegel yang pada awalnya sangat terpengaruh oleh filsafat Kant tersebut kemudian menemukan jalan keluarnya melalui kontemplasi yang terus menerus.. Hegel meletakkan ide atau ruh atau jiwa sebagai realitas utama. Konsep Kenegaraan. . Tepat tahun 1807 Hegel menuntaskan buku pertamanya di saat Napoleon berkuasa. lahir di Stuttgart pada 27 Agustus 1770 dan meninggal pada 14 november 1831. Filsafatnya banyak diinspirasikan oleh Imanuel Kant dengan filsafat ilmunya ( filsafat dualisme). tidak ada yang benar nyata kecuali keseluruhan (The Whole). Agama. Etika. Buku itu berjudul Phenomenology of spirit. Max Striner.

Hegel menggambarkan tentang “yang mutlak” sebagai bentuk yang paling sempurna dari ide yang selanjutnya menjadi ide absolut. Jadi realitas pada kesendiriannya bukanlah hal yang benar-benar nyata. hal tersebut terlihat rasional karena merupakan bagian dari aspek keseluruhan. tapi logika ini memandang roh di dalam dirinya yang bebas dalam batasan ruang dan waktu. “yang nyata” bagi kaum empiris secara tegas ditolak oleh Hegel. Segala sesuatu yang nyata adalah rasional dan segala sesuatu yang rasional adalah nyata (all that is real is rational and all that is rational is real) adalah merupakan dalil yang menegaskan bahwa luasnya ide sama dengannya luasnya realitas. tetapi yang nyata pada dirinya adalah partisipasinya pada keseluruhan. membuatnya memandang bahwa organisme merupakan model untuk memahami kepribadian manusia. Sistem filsafat Hegel dapat dibagi kedalam tiga pokok utama: Pertama. Pikirannya dipantulkan kedalam dirinya sendiri melalui kesadaran diri. filsafat dan sejarah. filsafat yang membicarakan keadaan roh dalam keadaan seperti ini disebut dengan logika. Dalam bukunya Phenomenologi of Mind (1807). institusi. Dalil ini berbeda dengan yang dinyatakan oleh keum empiris tentang realitas. Pengaruh konsep organisme pada diri Hegel. Dalam hal ini organisme dipandang sebagai suatu hirarki. Hegel meneruskan bahwa keseluruhan itu bersifat mutlak dan yang mutlak itu bersifat spiritual yang lambat laun menjadi sadar akan dirinya sendiri. tahap ketika roh berada dalam keadaan "ada dalam dirinya sendiri". kesatuan yang saling membutuhkan dan masing-masing bagian memiliki peran dalam mempertahankan suatu keseluruhan. Logika yang dimaksud Hegel tidak seperti pengertian tradisional sebagai bentuk dan hukum berfikir seperti dirumuskan Aristoteles.Hegel memandang Realitas bukanlah suatu yang sederhana. melainkan suatu sistem yang rumit. artinya adalah bahwa ide absolut merupakan kesempurnaan fikiran atau jiwa yang hanya dapat memikirkan dirinya sendiri. Ide absolut menurut Bertrand Russell adalah pemikiran murni. masyarakat. . sebab baginya itu tidaklah rasional. Ia membangun filsafat melalui metafora pertumbuhan biologis dan perubahan perkembangan atau bisa disebut dengan organisme.

realitas seluruhnya adalah Roh yang lambat laun menjadi sadar akan dirinya. dalam realitas ini berlaku dialektika." Seperti halnya kaum idealis lainnya. Untuk menjelaskan filsafatnya. Atau dengan perkataan Hegel yang lain. Kunci filsafat Hegel terletak pada pandangannya tentang sejarah. tahap dimana roh kembali kepada dirinya sendiri. Hegel menggunakan dialektika sebagai metode. BAB III PENUTUP • Kesimpulan . mengkompromikan hal-hal yang berlawanan. dialektika itu bukanlah sekedar digunakan untuk menjelaskan.Kedua. menurut Hegel. Realitas seluruhnya adalah proses pemikiran (idea. ringkasnya roh berada dalam keadaan "dalam dirinya dan bagi dirinya sendiri. dalil Hegel yang kemudian terkenal berbunyi:"Semua yang real bersifat rasional dan semua yang rasional bersifat real. Namun. Hegel juga menerima prinsip idealistik bahwa realitas seluruhnya harus disetarafkan sengan suatu subjek. Konsep filsafat Hegel seluruhnya historis dan relatif. menurut istilah Hegel) yang memikirkan dirinya sendiri. Lebih luas dari itu." Maksudnya adalah bahwa luasnya rasio sama dengan luasnya realitas. Ia mengatakan bahwa apa yang benar ialah perubahan. Sejarah menurut Hegel mengikuti jiwa dialektik. Yang dimaksud oleh Hegel dengan dialektika adalah mendamaikan." Ketiga. tahap ketika roh berada dalam keadaan "berbeda dengan dirinya sendiri.

1992. mengkompromikan hal-hal yang berlawanan. Jakarta: Gramedia. 2008. . Loren. Bagus. Kunci filsafat Hegel terletak pada pandangannya tentang sejarah. Kamus Filsafat. Realitas seluruhnya adalah proses pemikiran (idea. Yogyakarta: Kanisius. Hegel menggunakan dialektika sebagai metode.Adapun kesimpulan dari pembahsan diatas adalah sebagai berikut : Konsep filsafat Hegel seluruhnya historis dan relatif. 1996. menurut istilah Hegel) yang memikirkan dirinya sendiri." Maksudnya adalah bahwa luasnya rasio sama dengan luasnya realitas. DAFTAR PUSTAKA Maksum. Yogyakarta: Arruz Media. Atau dengan perkataan Hegel yang lain. realitas seluruhnya adalah Roh yang lambat laun menjadi sadar akan dirinya. Sejarah menurut Hegel mengikuti jiwa dialektik. Filsafat sebagai Ilmu Kritis. Pengantar Filsafa “Dari masa klasik hingga post modernisme”. Franz. Yang dimaksud oleh Hegel dengan dialektika adalah mendamaikan.Untuk menjelaskan filsafatnya. Ia mengatakan bahwa apa yang benar ialah perubahan. Ali. dalil Hegel yang kemudian terkenal berbunyi:"Semua yang real bersifat rasional dan semua yang rasional bersifat real. Magnis Suseno.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful