EKONOMI PUBLIK Pengaruh Pajak terhadap Permintaan dan Penawaran

Oleh : PRIYONO NIM : P2CA11013 KELAS : BEASISWA UNGGULAN

MAGISTER ILMU EKONOMI PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN 2012

Cara yang lebilt banyak dipakai adalah campur tangan secara tidak langsung. harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain. Apabila harga terlalu tinggi maka pembeli mungkin akan membeli sedikit karena uang yang dimiliki terbatas. b. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises. selai dan margarin akan turun permintaannya. Perilaku konsumen / selera konsumen Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli. pemerintah mempunyai senjata yang ampuh. Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan. pemerintah dapat mempengaruhi baik harga maupun jumlah yang diperjualbelikan. yaitu pajak dan subsidi. Tetapi di negara-negara bebas cara tersebut tidak begitu disukai. Semua terjadi karena semua ingin mencari kepuasan (keuntungan) sebesar-besarnya dari harga yang ada. Melalui pajak dan subsidi. Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). namun bagi penjual dengan tingginya harga ia akan mencoba memperbanyak barang yang dijual atau diproduksi agar keuntungan yang didapat semakin besar. Pendahuluan Campur tangan pemerintah yang targeting menentukan harga banyak dipraktekkan di negara-negara komunis.A. Harga yang tinggi juga bisa menyebabkan konsumen/pembeli akan mencari produk lain sebagai pengganti barang yang harganya mahal. 2. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu. Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran Jika semua asumsi diabaikan (ceteris paribus) : Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak dan sebaliknya. Hal ini pun dapat dianalisis dengan bantuan kurva penawaran dan permintaan. 1. tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno. . Jika harga semakin rendah/murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand) a. Untuk itu. penawaran.

tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli. es batu. cincau. Perkiraan harga di masa depan Barang yang harganya diperkirakan akan naik. e. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran (Suply) a. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila. Pajak Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun. Tujuan Perusahaan Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. produk masker pelindung akan sangat laris. d. d. kurma. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan. b. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah. timun suri. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Pendapatan/penghasilan konsumen Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan.c. 3. dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya. maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin. . sirup. akhirnya penawaran pun dikurangi. c.

Prediksi / perkiraan harga di masa depan Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor. Pembahasan . Dalam makalah ini akan dijelaskan tentang dampak atas pajak yang dipungut oleh pemerintah terhadap permintaan maupun penawaran yang terjadi dalam pasar sebagai proses terciptanya keseimbangan harga pasar.e. B.

Tentu saja. Dengan demikian dapat memberikan gambaran mengenai kebijakan pemerintah hanya dengan memanfaatkan penawaran dan permintaan. hukum pengendalian sewa yang mengatur besar sewa maksimum yang boleh diberikan oleh pemilik tanah kepada penyewanya. karena pembeli segala jenis barang selalu menginginkan harga yang lebih murah sementara para penjual menginginkan harga yang lebih tinggi. Masingmasing kelompok melobi pemerintah untuk meloloskan undang-undang yang akan mengubah hasil pasar dengan mengendalikan harga secara langsung. Pembuat kebijakan menggunakan pajak untuk mempengaruhi hasil – hasil di suatu pasar. anggaplah harga keseimbangannya adalah $3 per es krim. Pengendalian Harga Untuk melihat bagaimana pengendalian harga mempengaruhi hasil pasar. harga maksimum yang disahkan ini disebut batas harga tertinggi (price ceiling). mari sekali lagi kita tinjau pasar es krim. kepentingan kedua kelompok tersebut bertentangan. Untuk lebih jelasnya. Pengendalian harga biasanya dilakukan ketika pembuat kebijakan merasa yakin bahwa harga suatu barang atau jasa di pasar dianggap tidak adil bagi pembeli atau penjual. Sebaliknya. mereka menggunakan teori – teori mereka untuk mengubah dunia menjadi lebih baik.Ekonom memiliki dua peranan: sebagai ilmuwan. Tidak semua orang senang dengan hasil dari proses pasar bebas ini. sebagai pemberi saran dalam proses pembuatan kebijakan. harga es krim akan bergerak terus hingga mampu menyeimbangkan penawaran dan permintaan: pada harga keseimbangan. juga untuk meningkatkan pendapatan demi kepentingan – kepentingan publik. karena harganya tidak boleh melebihi tingkat ini. jika produsen es krim . Jika konsumen es krim berhasil dalam lobinya pemerintah menetapkan suatu harga maksimum untuk es krim. 1. Sebagai contoh. jumlah es krim yang ingin dibeli sama dengan jumlah yang ingin dijual. Penawaran dan permintaan menentukan harga suatu barang dan jumlah yang dijual dan kita juga telah melihat bagaimana beragam kejadian dapat menggeser penawaran dan permintaan yang kemudian mengubah harga serta jumlah keseimbangan. Kebijakan upah minimum mengatur upah terendah yang harus dibayarkan perusahaan kepada pekerja. Bila es krim dijual pada pasar kompetitif yang bebas dari peraturan pemerintah. Kita mulai dengan melihat kebijakan – kebijakan yang secara langsung mengendalikan harga. mereka mengembangkan dan menguji teori – teori untuk menjelaskan dunia di sekitar mereka.

Gambar 4. dan pasar dapat mencapai 100 corong. Bagaimana batas harga tertinggi mempengaruhi hasil akhir pasar Ketika pemerintah digerakkan oleh protes dari konsumen es krim sehingga menerapkan batas harga tertinggi untuk pasar es krim. Pada gambar 4. Karena harga tidak boleh berada di bawah tingkat ini. a.2 Batas harga tertinggi yang mengikat .1 pemerintah menetapkan batas harga tertinggi $4.2 menunjukkan kemungkinan lain yang menarik.1.1. terdapat dua hasil yang mungkin terjadi.berhasil dalam lobinya. pemerintah akan menetapkan suatu harga minimum untuk es krim. pemerintah menetapkan batas harga tertinggi sebesar $2. Gambar 4. sehingga terjadi kekurangan sebesar 50 corong.1 Batas Harga Tertinggi yang tidak mengikat keseimbangan penawaran dan pemintaan. Karena batas harga tertinggi terletak diatas harga keseimbangan $3. jumlah permintaan 125 sedangkan jumlah penawaran hanya 75. jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta. Pada harga tersebut. Pada gambar 4. Pada titik keseimbangan ini. harga minimum yang disahkan ini disebut harga dasar (price floor).1. batas harga tertinggi tidak berpengaruh.1.

harga dasar menetapkan harga minimum yang sah. b. disini karena harga yang menyeimbangkan penawaran dan permintaan ($3) lebih tinggi dari harga dasar. terdapat dua hasil yang mungkin terjadi.Contoh dalam pasar es krim ini menunjukkan suatu hasil yang umum: ketika pemerintah menetapkan batas harga tertinggi yang mengikat dalam pasar kompetitif. Ketika pemerintah menetapkan harga dasar pada pasar es krim. daan harga dasar tidak memberikan pengaruh apapun terhadap . mekanisme penjatahan dalam pasar kompetitif yang bebas berlangsung efisien dan tidak bersifat pribadi. Jika pemerintah menetapkan harga dasar $2 per corong ketika harga keseimbangan sebesar $3.3. akan terjadi kekurangan barang. maka hasil akhirnya adalah gambar 4. Sebaliknya. pasar bebas menjatahkan barang dengan bantuan harga. dan para penjual harus melakukan penjatahan terhadap sejumlah besar calon pembeli. Bagaimana harga dasar mempengaruhi hasil – hasil pasar Seperti halnya batas harga tertinggi. Kekuatan pasar secara alami akan menggerakkan perekonomian menuju keseimbangan. Mekanisme penjatahan yang berkembang karena batas harga tertinggi jarang ada yang sesuai harapan. Antrean panjang tidak efisien karena membuang waktu pembeli. maka batas harga dasar tersebut tidak mengikat.1. Berbeda dengan batas harga tertinggi yang menetapkan suatu harga maksimum yang sah. Diskriminasi menurut pilihan si penjual juga tidak efisien (karena barang tidak dibeli oleh pembeli yang paling menghargainya) dan dapat mengarah pada ketidakadilan. harga dasar merupakan usaha pemerintah untuk menjaga harga yang berbeda dengan tingkat keseimbangannya.

. menunjukkan kemungkinan lain yang lebih menarik. Dalam hal ini. maka terdapat surplus sebanyak 40 corong.1. pemerintah menetapkan harga dasar sebesar $4.4.1.3 Harga dasar yang tidak mengikat Gambar 4. Pada kasus harga dasar. yang mungkin didasarkan pada pilihan etnis atau ikatan kekeluargaan.harga maupun jumlah yang terjual. Gambar 4. dalam suatu pasar bebas. harga – hargalah yang berperan sebagai mekanisme penjatahan. dan penjual dapat menjual berapa saja yang mereka inginkan pada harga keseimbangan. sebagian penjual tidak dapat menjual semua yang diinginkannya pada harga pasar. Oleh karena itu harga dasar menyebabkan terjadinya surplus. sehingga harga pasar menjadi $4. Karena 120 corong yang ditawarkan pada harga ini dan hanya 80 yang diminta. Sebaliknya. lebih mudah menjual barang mereka dibandingkan mereka yang tidak. Para penjual memiliki hubungan pribadi dengan pembeli. dia atas harga keseimbangan $3.

Jika pemerintah tidak campur tangan. Pada gambar 4. maka upah biasanya akan menyesuaikan hingga terjadi keseimbangan antara penawaran dan permintaan tenaga kerja.4 Harga dasar yang mengikat 2. menunjukkan pasar tenaga kerja.Gambar 4. Gambar 4.1 Pasar bebas tenaga kerja .1. Upah minimum Satu contoh penting dari harga dasar adalah upah minimum. kita harus memerhatikan pasar tenaga kerja. tunduk pada kekuatan penawaran dan permintaan.2. Untuk menelaah pengaruh upah minimum.1. yang sebagaimana pasar lainnya. Para pekerjalah yang menentukan penawaran tenaga kerja.2. dan sebaliknya perusahaanlah yang menentukan jumlah permintaannya.

Pajak Para ekonom menggunakan istilah pembagian beban pajak (tax incidence) untuk mengacu pada pada distribusi suatu beban pajak.2 menunjukkan pasar tenaga kerja dengan adanya upah minimum. jumlah penawaran tenaga kerja akan melebihi jumlah permintaannya.2. 1) Langkah pertama Dampak awal dari pajak adalah permintaan es krim. (3) Kita telaah bagaimana pergeseran tersebut mempengaruhi keseimbangan.2 Pasar Tenaga Kerja dengan Upah Minimum yang Mengikat 3. pembeli harus membayar pajak kepada pemerintah (dan juga harga es krim dari penjual) setiap kali mereka membeli es krim. Hasilnya: pengangguran.Pada gambar 4. Sebaliknya. penjual mendapat insentif yang sama dalam menyediakan es krim bagi pasar. berapa pun harga es krim. Maka dari itu. upah minimum meningkatkan pendapatan mereka yang memiliki pekerjaan. Bagaimana pajak pada pembeli mempengaruhi hasil – hasil pasar Untuk menjawab pertanyaan ini. sebagaimana adanya disini. (2) Kita menentukan ke arah mana kurva tersebut bergeser.2. a. Kurva penawaran tidak berpengaruh karena. pajak tersebut . Gambar 4. Jadi. namun menurunkan pendapatan mereka yang tidak memiliki pekerjaan. kita dapat melakukan tiga langkah dalam menganalisis penawaran dan permintaan: (1) Kita tentukan apakah undangundang tersebut mempengaruhi kurva penawaran atau kurva permintaan. Jika upah minimum berada di atas tingkat keseimbangan.

3 Pajak pada Pembeli 3) Langkah ketiga Untuk melihat pengaruh dari pajak. Karena harga pasar turun dari $3.00 ke $2. Karena pajak terhadap pembeli membuat es krim menjadi kurang menarik untuk dibeli. kurva permintaan bergeser ke kiri (atau sama dengan menurun). permintaan es krim pada tingkat berapa pun jadi menurun. Anda dapat melihat bahwa dalam gambar 4. 2) Langkah kedua Arah pergeseran kurva ini tentunya mudah ditentukan.menggeser kurva permintaan es krim. 4) Penerapan Sekarang kita kembali pada pertanyaan awal mengenai pembagian beban pajak: Siapa yang membayar pajak? Meskipun pembeli membayar pajak tersebut sepenuhnya kepada pemerintah.3 tersebut harga keseimbangan es krim turun dari $3. Hasilnya. Karena jumlah penjualan berkurang dan jumlah pembelian juga berkurang pada keseimbangan baru ini. pajak pada es krim mengurangi besarnya pasar es krim. pembeli dan penjual sama – sama berbagi beban pajak tersebut.3 Gambar 4. seperti yang ditunjukkan pada gambar 4.80 dan jumlah keseimbangan turun dari 100 ke 90. kita bandingkan keseimbangan lama dan keseimbangan baru.00 ke .

Jadi. sehingga kurva permintaan tidak berubah.50). pembeli membayar $0. 2) Langkah Kedua Karena pajak yang harus dibayar penjual meningkatkan biaya penjualan es krim. b.30 lebih tinggi untuk setiap es krim dibandingkan sebelum dikenakan pajak. .30).50 = $3. Pembeli membayar penjual suatu harga yang lebih rendah ($2. dan jumlah keseimbangan turun dari 100 ke 90. Kurva penawaran bergeser ke atas dari S1 ke S2. Namun. sehingga kurva penawarannya bergeser. tetapi harga efektif (setelah dipotong pajak) turun dari $3.80. Bagaimana pajak pada penjual mempengaruhi hasil – hasil pasar 1) Langkah pertama Dalam hal ini. Maka pajak juga menambah pembelanjaan pembeli.80 saat pajak diterapkan.00 ke $2. dampak awal dari pajak terjadi pada penawaran es krim. Penjual menerima suatu harga yang lebih tinggi disbanding sebelum saat.80 + $0. 3) Langkah Ketiga Setelah mengetahui ke arah mana kurva penawaran bergeser. pajak mengurangi besarnya pasar es krim. sekarang kita dapat membandingkan keseimbangan lama dengan yang baru. Sekali lagi. pajak yang harus dibayar penjual membuat penjualan es krim kurang menguntungkan pada semua tingkat harga.00 menjadi $3. tetapi harga efektif termasuk pajak meningkat dari $3.$2. Karena harga pasar naik.30. Dan sekali lagi. pajak ini mengurangi pendapatan penjual.80). jumlah penawaran es krim pada semua tingkat harga jadi berkurang. Gambar 4. pendapatan penjual berkurang sebesar $0. jumlah permintaan es krim pada setiap harga adalah sama.20 untuk setiap es krim daripada sebelumnya tanpa pajak. tanpa pajak.30 termasuk pajak ($2. baik pembeli maupun penjual sama – sama harus menanggung beban pajak. tepat sebesar nilai pajak tersebut ($0.00 sebelum pajak menjadi $3.4 menunjukkan bahwa harga keseimbangan es krim meningkat dari $3. Kurva penawaran bergeser ke kiri (atau sama dengan naik). Karena pajak tidak dipungut dari pembeli.

4 Pajak pada Penjual ..Gambar 4.

Dengan Membandingkan gambar 4. dan penjual mendapat lebih sedikit. .C. pembeli membayar lebih mahal. Kesimpulan Berdasarkan analisis diatas memberikan dua pelajaran: (1) Pajak mengurangi kegiatan di pasar. Dalam keseimbangan baru. ketika suatu barang dikenakan pajak.4 membawa kita pada satu kesimpulan bahwa pajak bagi pembeli dan penjual adalah sama.3 dan 4. jumlah barang dijual lebih kecil pada keseimbangan baru. (2) Baik pembeli maupun penjual sama – sama berbagi beban pajak.