KEGUNAAN GAS MULIA He : - Pengisi balon udara, - Pencampur oksigen dalam tabung penyelam, - Sebagai pendingin untuk suhu

mendekati 0 K. Ne : - Indicator tegangan tinggi - Zat pendingin - Penangkal petir Ar : - Pengisi bola lampu pijar - Cairan pendingin pada reaktor nuklir. - Las Kr Xe : : - Lampu kilat untuk fotografi kecepatan tinggi - Pembuatan lampu untuk bakterisida (pembunuh bakteri) Rn : - Terapi kanker.

Hidrolisis fluorida-fluorida ini akan membentuk oksida. XeO3 adalah senyawa yang sangat eksplosif. Walaupun XeO3 stabil dalam larutan, larutannya adalah oksidator sangat kuat. Tetroksida XeO4, adalah senyawa xenon yang paling mudah menguap. M[XeF8] (M adalah Rb dan Cs) sangat stabil tidak terdekomposisi bahkan dipanaskan hingga 400° C sekalipun. Jadi, xenon membentuk senyawa dengan valensi dua sampai delapan. Fluorida-fluorida ini digunakan juga sebagai bahan fluorinasi.

http://belajarkimia.com/2008/10/menentukan-geometri-molekul-dengan-teori-vsepr-molekulberkerangka-dasar-tetrahedral-studi-kasus-cf4-xeo3-dan-sf2/ http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/kimia-anorganik-universitas/kimia-unsur-non-logam/gasmulia-dan-senyawanya/ http://old.inorg-phys.chem.itb.ac.id/wp-content/uploads/2007/06/kimia-kuantum-bab6.pdf http://www.scribd.com/doc/59572484/Senyawa-Gas-Mulia http://www.scribd.com/doc/58901406/66/b-Senyawa-gas-mulia http://www.scribd.com/doc/59572484/Senyawa-Gas-Mulia

id/kimia-kelas-xii/unsur-unsur-gas-mulia/ Gas mulia banyak dipakai sebagai gas pengisi lampu pijar dan neon. Gas mulia juga dipakai sebagai pelarut gas oksigen bagi para penyelam dan sebagai udara atmosfer bagi pesawat ruang angkasa. Lampu neon dari gas mulia banyak digunakan dalam papan reklame. kripton berwarna putih-biru. argon berwarna merah muda. Helium memiliki titik didih paling rendah sehingga banyak dipakai sebagai pendingin. Argon merupakan gas mulia terbanyak di udara. Hampir semua gas mulia berwarna terang jika loncatan bunga api listrik dilewatkan ke dalam tabung berisi gas mulia. Dalam bola lampu.http://budisma. Gas mulia juga digunakan dalam sejumlah sinar laser. diperoleh dengan cara pemanasan udara . Sumber helium adalah gas alam. Gambar 3.8 nm. Gambar 3.1 Skema pencairan udara. Laser dari neonhelium pertama kali dioperasikan sebagai gas laser yang kontinu. Oleh karena tabung yang berisi gas mulia menghasilkan cahaya berwarna terang jika dilewatkan loncatan bunga api listrik maka gas mulia banyak digunakan dalam alat penerang (Gambar 3. Laser tersebut memancarkan cahaya merah dengan panjang gelombang 632. campuran gas tersebut mengkonduksi panas dari filamen tungsten. digunakan dalam pembuatan udara cair komersial.2 Berbagai jenis lampu berisi gas mulia. Helium dan nitrogen digunakan sebagai pengisi bola lampu pijar.web.2). dan xenon berwarna biru. Neon berwarna merah.

gas O2dan N2 bereaksi dengan CaC2dan menyisakan gas argon. Dalam sistem pengukuran.4).763.73 kali panjang gelombang spektrum garis ungu-merah dari atom kripton. Persamaan kimianya: Udara + 3 CaC2⎯⎯→CaCN2 + 2CaO + 5 C + Ar Gas argon digunakan sebagai gas penyambung (las) logam (Gambar 3. Menurut cara ini.650. .kering dengan CaC2. kripton digunakan sebagai standar satuan panjang.3 Lampu kilat (blitz) yang dipakai pada foto analog mengandung gas xenon. Ukuran panjang satu meter didefinisikan sebagai 1. Gambar 3.