P. 1
Panduan Lomba Menciptakan Bahan Ajar ICT 2011

Panduan Lomba Menciptakan Bahan Ajar ICT 2011

|Views: 96|Likes:
Published by Zizah Lubis

More info:

Published by: Zizah Lubis on Jul 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/26/2012

pdf

text

original

PANDUAN

Lomba Menciptakan Bahan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

PEMERINTAH PROVINSI BALI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
UPT BALAI PENGEMBANGAN KURIKULUM & TEKNOLOGI PEMBELAJARAN Jalan Raya Puputan – Niti Mandala Denpasar

1

Tlp. (0361) 226119 – 226319 – 235105

I. LATAR BELAKANG Rencana strategis Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) dinyatakan bahwa misi Depdiknas adalah mewujudkan pendidikan yang mampu membangun insan Indonesia cerdas komprehensif dan kompetitif dengan melaksanakan misi pendidikan nasional (Depdiknas, 2006:4). Untuk mewujudkan rencana strategis Depdiknas tersebut, telah dirumuskan “tiga pilar kebijakan dan strategi pembangunan pendidikan nasional yang meliputi: (1) pemerataan dan perluasan akses; (2) peningkatan mutu, relevansi dan daya saing; (3) penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik” (Depdiknas, 2006:6). Kemudian, untuk mewujudkan tiga pilar kebijakan dan strategi pembangunan pendidikan nasional tersebut, telah dicanangkan program-program stratetegis untuk diimplementasikan di daerah, khususnya pada lembaga-lembaga yang mengemban tugas pokok bidang pendidikan seperti: Dinas Pendidikan dan satuan-satuan pendidikan mulai dari Taman Kanak-kanak TK), Sekolah Dasar (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA/MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta perguruan tinggi (PT). Hampir seluruh program yang dilaksanakan di sekolah, khusus program pembelajaran ditangani oleh guru. Ini berarti bahwa guru memegang peran yang penting yang strategis dalam mewujudkan tujuan dan misi pendidikan nasional. Untuk mewujudkan pendidikan bermutu yang relevan dengan kebutuhan lapangan/masyarakat dan memiliki daya saing tinggi, maka guru dituntut mampu melakukan proses pembelajaran yang bermutu dan senantiasa mengkaitkan (kontekstual) dengan tuntutan lingkungan masyarakat tempat anak didik tersebut berada. Oleh karenannya, seorang guru dituntut mampu merancang pembelajaran (desain instruksional) yang salah satu keluarannya adalah rencana pelaksanaan pembelajaran/RPP) berbasis teknologi informasi dan komunikasi/TIK, yang sesuai konteks lingkungan di mana sekolah itu berada. Pemerintah telah merumuskan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran dari berbagai tingkat. Selanjutnya, upaya dan inovasi guru dalam proses pembelajaran berdasar pada standar nasional pendidikan harus mampu mewujudkan dan menyelenggarkan proses pembelajaran pada satuan pendidikan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi

2

dalam mewujudkan masyarakat belajar. serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa. Seperti misalnya. kedudukan bahan instruksional (bahan ajar) adalah salah komponen dalam strategi pembelajaran yang mewakili pesan dalam bentuk berbagai sistem simbol yang akan dipelajari oleh anak didik. juga harus mampu dalam takaran praksis mikro pembelajaran dapat merumuskan Indikator-indikator dan tujuan pembelajaran secara operasional sesuai tuntutan standar 3 . kreativitas. Seorang guru. materi ajar. Pendidik harus memperkaya strategi. sudah seyogyanya proses pembelajaran dapat menyenangkan peserta belajar. disamping mampu memenuhi standar kompetensi sebagai pendidik. minat.19/2005. Salah komponen instruksional yang sangat stragis untuk menunjang proses pembelajaran adalah bahan instruksional. pasal 20). Berpijak pada hal diatas. bagaimana seorang guru mampu menciptakan proses pembelajaran yang berkesan dan bermakna. Model Desain Pembelajaran Dick & Carey Disamping itu. dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.peserta didik untuk berpartisipasi aktif. peran seorang guru sangatlah penting. Dalam desain pembelajaran pendekatan sistem seperti tersaji pada Gambar 1. dan kemandirian sesuai dengan bakat. memperluas metode dan meragamkan sumber belajar (bahan ajar dan media) yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran lebih bermakna. metode pengajaran. sumber belajar. perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurangkurangnya tujuan pembelajaran. dan penilaian hasil belajar (PP No. Kedudukan Media Pembejaran dalam sistem instruksional Gambar 1. Oleh karenanya.

berdasar pada desain instruksional yang presktiptif dilandasi teori belajar yang relevan Bertolak dari dasar pikir tersebut. Hal ini dikarenakan. Inovasi bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK yang dimaksud adalah bentuk atau model pembelajaran yang merupakan hasil dari inovasi dan pengembangan bahan ajar menjadi media pembelajaran yang menitik beratkan pada pengoptimalan perangkat teknologi (penggunaan komputer). berbasis komputer (ICT) dan bahan ajar terintegrasi. setiap tujuan. pengembangan bahan ajar yang menarik merupakan keharusan agar proses pembelajaran tidak berlangsung dengan menjemukan. menuntut kemampuan seorang guru untuk melakukan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan daya tarik siswa sehingga proses dan hasil pembelajaran dapat dicapai optimal. Oleh karena pentingnya bahan ajar ini. seperti: bahan ajar berbasis teks. Pada hakikatnya. guru dituntut bersikap kreativitas dan inovatif. berbasis audio. Kreativitas guru dalam bersinergi dengan teknolog pembelajaran di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sangat dimungkinkan untuk mengemas bahan ajar dalam format digital yang interaktif dengan fasilitas dukungan multimedia. idealnya juga mampu bersinergi dan bekerja sama dengan teknolog pembelajaran (sarjana teknologi pembelajaran) dalam mengembangkan bahan ajar menjadi media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. mengalokasikan waktu penyajian yang cermat. Bahan ajar yang didefinisikan sebagai bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. seorang guru dituntut memiliki kemampuan melakukan analisis tentang rumusan pengalaman belajar bagi peserta didik. berbasis audiovisual. Seorang guru. memilih dan menetapkan bahan ajar (bahan pustaka).kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD). maka bahan-bahan ini harus dirancang (by desain) dengan kaidah-kaidah yang yang baku. maka kegiatan mencipta dan merancang bahan ajar/media pembelajaran bagi guru-guru merupakan 4 . Untuk mencapai hal ini. tipe isi memerlukan kondisi yang gayut dengan media yang berbeda-beda. disamping mampu memilih media pembelajaran. menentukan metode dan memilih media belajar yang tepat. Salah satunya adalah melalui pengembangan proses pembelajaran yang inovatif dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information Communication and Technology (ICT). Pesan-pesan (materi ajar) inilah yang disampaikan dengan berbagai macam dan tipe teknologi. Oleh karena itu. Salah satu dari tuntutan bagi guru sebagaimana disebutkan di atas adalah mampu mengembangkan media pembelajaran yang tepat sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan metode.

T E M A Menumbuhkan Kultur Pembelajaran Inovatif-Kreatif dalam mewujudkan proses pembelajaran yang interaktif.SMA dan SMK 2. Pemuda dan Olahraga Pemerintah Provinsi Bali melalui UPT Balai Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran menggagas lomba “menciptakan bahan ajar berbasis information communications and technology (ICT) kompetensi guru SD. 5 . III. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran (BKPTP) Provinsi Bali berdasar Surat Keputusan Gubernur Bali Nomor 708/03-A/HK/2011 tanggal 14 April 2011. Terwujudnya kondisi yang nyaman dan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi seluruh warga sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK 4. merasa terpanggil dan bertanggungjawab melakukan pemberdayaan guru dengan cara mengadakan lomba menciptakan bahan ajar berbasis information communications and technology (ICT) kompetensi dalam rangka mendorong dan menumbuh-kembangkan kreativitas guru dalam memperkaya metode pengajaran bermedia. memperkaya metode dan ragam media melalui penciptaan serta pengembangkan bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK/ICT tingkat SD. Memotivasi warga sekolah (terutama guru) untuk memperluas strategi. Oleh karena itu. SMP.kebutuhan yang mendesak dan segera memerlukan penanganan. inspiratif. Terwujudnya efektifitas pembelajaran sehingga berkontribusi untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran. motivasi. T U J U A N Tujuan 1. Merangsang kesadaran warga sekolah (terutama guru) akan pentingnya bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK/ICT sebagai penunjang proses pembelajaran 3. Oleh karena itu Dinas Pendidikan. menantang dan menyenangkan melalui Penciptaan dan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK.SMA dan SMK se Provinsi Bali. II. SMP.

Balai Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran dengan sekolah-sekolah dalam meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran melalui media pembelajaran pembelajaran berbasis TIK yang berkualitas unggul. SASARAN LOMBA Sasaran Lomba Pengembangan Bahar Ajar Berbasis TIK adalah guru-guru tingkat SD/MI. Terjaringnya berbagai inovasi media pembelajaran berbasis TIK yang berkualitas 3. yang merupakan rangkaian strategi pola penyampaian sebelum proses pembelajaran difasilitasi secara mandiri oleh media benarbenar bisa diwujudkan sehingga peran guru sebagai fasilitator lebih efektif. Terpilihnya hasi-hasil media pembelajaran berbasis TIK yang berkualitas unggul Terjalinnya sinergi UPT. SMP/MTs. SMA/MA dan SMK baik Negeri dan Swasta se Provinsi Bali. Keluaran lomba ini diharapkan mampu membentuk pola penyampaian bahan ajar kepada peserta didik dengan model guru berbagi dengan media. Terciptanya produk hasil dari penciptaan dan pengembangan bahan ajar menjadi media pembelajaran berbasis TIK yang dikemas dalam kepingan compac disc (CD) yang dapat dimanfaatkan dalam perluasan akses peserta didik terhadap pusat dan sumber belajar 2. 4. 6 .IV. MANFAAT Dengan terciptanya produk pengembangan media pembelajaran yang inovatif diharapkan. VI. dapat memperkaya pola penyampaian bahan pelajaran kepada peserta didik. V. MASUKAN (INPUT) DAN KELUARAN (OUTPUT) Input Terselenggaran Lomba Penciptaan Bahan Ajar/Media Pembelajaran Berbasis TIK Kompetensi Tahun 2011 Keluaran /Output sebagai Target Lomba 1.

namun media ini dirancang mengikuti prinsip instruksional desain yang berisi pokok-pokok materi yang diajarkan. BAHAN AJAR YANG DILOMBAKAN Untuk masa kompetisi tahun 2011 bahan ajar yang dilombakan adalah sebagai berikut : 7 . Media Presentasi Pembelajaran (MPP) Media Presentasi Pembelajaran (MPP) Adalah media bantu guru dalam menunjang proses pembelajaran yang telah dikemas dalam kepingan CD atau format penyimpanan lainnya. Media MPP ini ditampilkan menyerupai slide powerpoint. yaitu: 1. perlu disertakan bahan/uraian materi yang disajikan secara terpisah dari karya MPP 2. dengan dukungan konvergensi elemen multimedia (teks. grafis. Software Pembelajaran Mandiri ( SPM) Software Pembelajaran Mandiri adalah jenis media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dengan konvergensi elemenelemen multimedia yang di bundling menjadi satu kesatuan unit yang secara khusus di rancang untuk kebutuhan pembelajaran. Oleh karena itu Supaya media ini dapat dipelajari oleh pengguna lain. Penggunaan media masih dikontrol oleh guru dengan demikian guru berperan sebagai fasilitator. guru berbagi dengan media jenis ini dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas.VII. VIII. Media jenis MPP ini adalah media suplemen terhadap pengayaan materi yang ada pada media cetak. Media ini dalam penggunaannya masih diperlukan improvisasi dari seorang guru dalam transformasi materi ke siswa. animasi. JENIS KATEGORI LOMBA Jenis lomba yang dapat diikuti oleh peserta adalah dengan memilih salah satu dari dua jenis kategori lomba. artinya media ini tidak dijalankan dengan mandiri tanpa kehadiran seorang guru. suara dan video) sehingga bahan-bahan ajar yang semula abstrak dapat disajikan lebih konkrit. Pada umumnya. Pola penyampaian media jenis ini lebih cenderung ke pembelajaran fleksibel atau siswa dapat menggunakan media ini secara mandiri (selft learning).

KRETERIA PESERTA LOMBA Kretaria peserta lomba adalah kreteria yang berlaku bagi peserta lomba pengembangan bahan ajar berbasis TIK sebagai berikut. SMP. 2. SMA dan SMK Guru dalam pengembangan bahan ajar yang dilombakan dengan membentuk tim kecil yang beranggotan 2-3 orang ( 2 orang guru dan 1 orang siswa ) 4.Tingkat SD/MI. Warga Negara Indonesia Bukan anggota penyelenggaraan lomba 3. dengan memilih salah satu dari dua jenis lomba yaitu MPP atau SPM 1. Salah satu dari TIM pengembang media pembelajaran ditunjuk untuk mewakili TIM dalam lomba. juga diharuskan membuat surat pernyataan yang menyatakan bahwa siswa tersebut memang benar sedang aktif sebagai peserta didik di sekolah bersangkutan yang diketahui kepala sekolah 3. 5. Syarat Administrasi 1.olahraga dan kesehatan. Formulir lomba dilengkapi dengan surat pernyataan yang menyatakan bahwa peserta adalah memang benar guru pada sekolah yang bersangkutan yang diketahui oleh kepala sekolah. dan SMA/MA bahan ajar yang dilombakan adalah kelompok mata pelajaran: agama dan akhlak mulia. Guru pada sekolah sesuai tingkat peserta yakni tingkat guru SD. ilmu pengetahuan dan teknologi. untuk memperensetasikan hasil karyanya dihadapan dewan juri. Peserta mengisi dan melengkapi formulir lomba 2. 2. Bagi TIM peserta yang menyertakan siswa. kewarganegaraan dan kepribadian. 1. IX. dan kelompok mata pelajaran jasmani. Keterlibatan anggota kelompok dalam tim harus dicamtumkan daftar datar pengembang media pembelajaran Peserta lomba melampirkan surat rekomendasi dari Disdikpora Kabupaten/Kota yang menyatakan bahwa memang 6. SMP/MTs. X. PERSYARATAN PESERTA a. 4. Tingkat SMK bahan ajar yang dilombakan adalah kelompok bidang keahlian/bidang studi dari program keahlian yang ada pada masing-masing SMK. 8 .

Karya disajikan Indonesia baku dengan bahasa pengantar bahasa 5. 7. gambar. Mencantumkan identitas media pembelajaran yang mencakup : Judul. Syarat Karya Media Pembelajaran Umum 1. suara. Karya yang dikumpulkan dikemas dalam kepingan CD dan harus dapat dijalankan (autorun) pada spesifikasi komputer yang standar Karya yang telah dikemas dalam bentuk CD dikumpulkan ke panitia rangkap 3 (tiga) 8. 3. animasi dan video. 6.benar mereka yang Kabupaten/Kota tersebut mewakili Lomba dari Disdikpora b. Karya yang menggunakan bahasa pemograman harus menyertakan source coce program 4. mensinergikan elemen-elemen multimedia seperti teks. Karya harus original (bukan bajakan/modifinasi dari produk yang sudah ada) baik adalam ide kreasi Karya belum pernah dinyatakan sebagai pemenang lomba sejenis atau nama peserta dan judul produk pernah menjadi juara 1 dalam lomba yang sama tahun lalu (2010) pada semua tingkatan. 1. petunjuk penggunaan media/garis-garis besar instruksional media (GBIM) dan sajian materi Materi/bahan ajar yang dikembangkan adalah salah satu kompetensi dasar dari kelompok mata palajaran seperti tercamtum pada angka romawi VIII dan bidang studi/bidang keahlian pada program keahlian sekolah kejuruan (SMK) 2. sasaran kelas/semester. 9 . Khusus MPP Bahan ajar berkategori Media Presentasi Pembelajaran (MPP) dikembangkan dengan menggabungkan.

3 dan 4. Suara. Materi Utama. Struktur karya MPP minimal dilengkapi dengan tampilan antar muka (GUI) dimana dalam tampilan antar muka ini terdapat Identitas Media. Menu dan sub menu yang mengakses atau berhubungan dengan isi/materi yang disajikan. 5. Tujuan Pembelajaran (TP). materi tambahan. rangkuman. Indikator Kompetensi (IK). Pada tampilan antar muka atau Graphic User Interface(GUI) juga dilengkapi dengan Petunjuk Media. dan pernyataan keterkaitan Kompetensi Dasar yang dirujuk. Setiap konten diramu dengan menggunakan minimal 3 komponen multimedia seperti (Teks. soal formatif serta tanggapan. Judul. Pada halaman ini juga dilengkapi dengan fasilitas Help (troubleshooting) 4. lalu ditambah file ico dan autorun. gambar) atau (teks. dikonvert ke bentuk file exe. Untuk kategori MPP pada GBIM harus secara jelas menampilkan Topik/kompotensi dasar yang di MPP-kan. sumber buku yang dirujuk. Setiap Isi/konten yang dipaparkan dalam media pembelajaran ini memuat tentang: Standar Kompetensi (SK). suara. dan animasi) 3. Contoh Tampilan Grafic User Interface (GUI) MPP SK/KD Cek Kemampuan Tujuan Tampilan awal ketika CD dijalankan pada komputer. Kompetensi Dasar (KD).2. latihan. Kompetensi Dasar. Struktur file pada angka 2. Halaman ini menampilkan Garis-garis Besar Isi Media yang memuat : Kompetensi Dasar yang dirujuk Peta Kompetensi menjelaskan posisi MPP keseluruhan Kompetensi Petunjuk Cara belajar yang pada Materi Sub Menu Formatif Daftar Pustaka Pengembang 10 . di bakar(burn) dalam kepingan CD.

animasi video Keterangan: • • SK/KD memuat SK dan KD yang dikembangkan.Contoh halaman Materi SK/KD Cek kemampuan Tujuan Tampilan halaman materi ketika menu diklik memuat : Menu Materi Sub Menu Formatif Daftar Pustaka Pengembang Materi dikembangkan dengan Teks Materi didukung gambar yang relevan Materi bisa didukung dengan suara. Indikator turunan dari KD Cek kemampuan berisi tes terhadap materi prasyarat (jika KD memerlukan materi yang harus dikuasai sebelumnya) 11 .

Indikator Kompetensi (IK). Menu dan sub menu yang mengakses atau berhubungan dengan isi/materi yang disajikan. 12 . kedalaman materi yang dikembankan Formatif. Karena SPM di dirancang untuk pembelaaran yang fleksibel (self learning) maka karya SPM harus dapat dijalankan dan dipelajari secara mandiri oleh siswa oleh karena itu Struktur file pada angka 2. latihan. Setiap konten diramu dengan menggunakan minimal 3 komponen multimedia seperti (Teks. materi tambahan. Materi. 3 dan 4. Jumlah layar bisa dikembangkan sesuai keluasan. Pada GUI juga dilengkapi dengan Petunjuk Media/Garis-Garis besar Isi Media (GBIM). lalu ditambah file ico dan autorun. dan pernyataan keterkaitan Kompetensi Dasar yang dirujuk. Materi Utama. Pada tampilan materi memuat materi pokok dan sub materi. Bagian ini berisi tes dengan umpan balik terhadap KD yang dikembangkan. • c. Bahan ajar yang dikembangkan dalam SPM adalah salah satu kompetensi Dasar yang ada pada bidang studi atau bidang keahlian pada program keahlian yang ada pada sekolah kejuruan bersangkutan. Kompetensi Dasar. bagaimana latihan ditampilkan dan bagaimana bantuan belajar diberikan.• • Tujuan. sumber buku yang dirujuk. gambar) atau (teks. di bakar(burn) dalam kepingan CD. Judul. Struktur karya SPM minimal dilengkapi dengan tampilan antar muka (GUI) dimana dalam tampilan antar muka ini terdapat Identitas Media. 5. Tujuan Pembelajaran (TP). semua ada pada tampilan layar materi. Untuk kategori MPP pada GBIM harus secara jelas menampilkan Topik/kompotensi dasar yang di SPM-kan. dikonvert ke bentuk file exe. Khusus SPM (Software Pembelajaran Mandiri) 1. Pada halaman ini juga dilengkapi dengan fasilitas Help (troubleshooting) 4. dan animasi) 3. Setiap Isi/konten yang dipaparkan dalam media pembelajaran ini memuat tentang: Standar Kompetensi (SK). Kompetensi Dasar (KD). 2. suara. Bagaimana materi ditampilkan. Suara. soal formatif serta tanggapan. Tujuan pembelajaran dirumuskan sesuai standar proses dari KD yang dikembangkan. rangkuman.

Contoh Tampilan Grafic User Interface (GUI) SPM SK/KD Cek Kemampuan Tujuan Tampilan awal ketika CD dijalankan pada komputer. Halaman ini menampilkan Garisgaris Besar Isi Media yang memuat : 1. Peta Kompetensi yang menjelaskan posisi MPP pada keseluruhan Kompetensi 3. Kompetensi Dasar yang dirujuk 2. Petunjuk Cara belajar Materi Sub Menu Formatif Daftar Pustaka Pengembang Contoh halaman Materi SPM SK/KD Cek kemampuan Tampilan halaman materi ketika menu diklik memuat : Tujuan 13 .

BPKTP untuk diikutkan pada tahap penjurian tahap II dengan surat penetapan atau rekomendasi (peserta tanpa surat ini akan di diskualifikasikan). Begitupula pengembangan sub-sub menu tergantung pada kedalaman dan cakupan materi yang dikembangkan. UPT Balai Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran (UPT. 1. animasi video dengan Pengembang d. Pihak Disdikpora kabupaten/Kota selanjutnya menetapkan karya yang layak untuk dikirimkan ke UPT. sebagai ciri dari media pembelajaran. sesuai 3. Disdikpora Provinsi Bali selaku penyelenggara akan menerima karya Pengembangan yang sudah final dalam bentuk CD yang sudah terseleksi pada tingkat Kabupaten/Kota dengan mekanisme dimasingmasing kabupaten. 2.Menu Materi Materi dikembangkan dengan Teks Sub Menu Formatif Daftar Pustaka Materi didukung relevan gambar yang Materi bisa didukung suara. Bagi peserta diijinkan untuk mengembangkan bentuk tampilan antar muka (GUI) sesuai inovasi dan kreatifitasnya. Pengiriman peserta boleh oleh dinas kabupaten atau peserta hasil seleksi.BPKTP). Pihak Disdikpora Kabupaten/Kota diberikan wewenang untuk melakukan tahapan penyeseleksian dan penjurian mekanisme yang ditetapkan tim kabupa-ten/Kota. SISTEM LOMBA Sistem yang digunakan dalam Lomba Penciptaan dan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK Kompetisi Tahun 2011 adalah sebagai berikut . namun tanpa mengurangi struktur desain pembelajaran. Setiap kabupaten mengirim karya yang sudah 14 . XI.

Peserta Tingkat : SD/SMP/SMA/SMK *) Katagori Yang diikuti : MPP/SPM*) *) coret yang tidak perlu Kepada : Panitia Lomba Penciptaan dan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK Kompetisi Tahun 2011 UPT. 6. Karya dari masing-masing peserta sesuai tingkatan akan dilakukan penilaian secara instatik dengan melibatkan dewan juri ahli isi.1 Selanjutnya setelah dewan juri melakukan penilaian instatik. SMP. 4.BPKTP. 6. Dua buah karya CD ini bisa memilih MPP atau SPM.2 6. 6. BPKTP DISDIKPORA PROVINSI BALI Jalan Raya Puputan – Niti Mandala Denpasar Telp (0361) 226119-226319-135105 Kode Post 80235 * Pihak Panitia akan menerima produk pengembanan dari masing-masing kabupaten dengan berita acara pemeriksaan. 6. BPKTP dilengkapi dengan syarat-syarat administratif yang telah ditentukan seperti pada angka X point a diatas. ahli media dan ahli desain.4 Aspek-aspek yang dinilai adalah : 15 . lalu dikirim langsung ke panitia Lomba.3 Pihak peserta diwajibkan membawa laptop untuk presentasi dan CD yang diprentasikan adalah CD hasil karya yang telah dikirim sebelumnya. Terhadap CD yang dikirim ke UPT. bukan 2 buah karya CD masing-masing kategori kategori MPP atau SPM. akan dilanjutkan dengan penilaian indinamic (presentasi peserta dihadapan dewan juri) dengan durasi waktu 45 menit. 5. Tahapan penjurian pada tingkat Provinsi dilaksanakan sebagai berikut. Pada amplop tertulis seperti dibawah ini. Selanjutnya berkas ini dimasukkan dalam amplop. SMA dan SMK ke UPT.terseleksi sebanyak 2 buah karya CD pada masing-masing tingkatan SD. Waktu presentasi dapat dilihat pada tahapan dan waktu lomba.

peserta tidak diperkenankan untuk menarik kembali hasil karya yang telah dikirimkan 6. Panitia Lomba mengharapkan Pengumuman lomba dan pan-duan sudah diterima oleh sekolah yang telah ditentukan oleh mekanismedi kabupaten/kota Rapat internal Panitia Lomba Panitia Lomba Menerima media dari semua jenjang Rapat Panitia + Dewan Juri 08.b Aspek Teknis 3 18-22 Juli 2011 Disdikpora Kabupaten/Kota 4 5 6 Ditentukan panitia 10-14 september 2011 15 Sept.5 Terhadap Karya yang sudah dikirim ke Panitia Lomba akan menjadi hak Penitia Lomba. BPKTP Disdikpora Provinsi Bali UPT.Aspek Desain Pembelajaran . 2011 UPT. BPKTP ke Disdikpora Kabupaten/Kota se-Bali Disdikpora Kabupaten/Kota menyikapi kegiatan ini selanjutnya meneruskan pengumuman dan kegiatan Lomba ke Sekolah-sekolah di wilayah kerja masingmasing atau menurut teknis dari kabupaten. BPKTP Disdikpora Provinsi Bali 16 .00 waktu Tempat UPT. Panduan Lomba dari UPT.c Aspek Media 6.6 Lain-lain hal yang belum tercamtum dalam acuan ini akan disampaikan secepatnya kepada peserta Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat 7.BPKTP Disdikpora Provinsi Bali Disdikpora Kabupaten/Kota . WAKTU DAN JADWAL LOMBA N o 1 2 Hari/tanggal 13 Juni 2011 11 Juli 2011 Kegiatan Rapat Panitia Pengiriman Surat Pengumuman Lomba dan.00-15. BPKTP Disdikpora Provinsi Bali UPT. XII.a .

00 ditambah Piagam/tropi Pemenang dan sertifikat Peserta untuk masing.00 ditambah Piagam/tropi Pemenang dan sertifikat Peserta untuk masing.00selesai 09. baik karya yang memilih kategori MPP dan SPM.000 ditambah Piagam/tropi Pemenang dan sertifikat Peserta untuk masing-masing anggota kelompok mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.00selesai 09. pemenang lomba ditetapkan sebagai berikut.anggota masing kelompok 17 .500. 3. pemenang lomba ditetapkan sebagai berikut.000. 2. 2.000. 4.00selesai 09.7 8 9 10 11 12 16-17 sept 2011 19-21 sept 2011 22-24 sept 2011 26-28 sept 2011 29 sept. Juara I : mendapatkan Uang Pembinaan sebesar Rp.000 ditambah Piagam Pemenang dan Piagam Peserta untuk masing-masing anggota kelompok Juara II : Juara III : Harapan I : Untuk tingkat SMP/MTs.000 ditambah Piagam/tropi Pemenang dan sertifikat peserta untuk masing-masing anggota kelompok mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. baik karya yang memilih kategori MPP dan SPM. Juara I : mendapatkan Uang Pembinaan sebesar Rp. HADIAH DAN PENGHARGAAN Hadiah dan penghargaan bagi peserta yang karyanya sudah dinilai sesuai pedoman dan kreteria penjurian maka hadiah dan penghargaan bagi pemenang ditetapkan sebagai berikut. Untuk tingkat SD/MI.500.1 Okt 2011 Situasional Penilaian instatik oleh Dewan Juri Penilaian indinamic tingkat SD Penilaian indinamic tingkat SMP Penilaian indinamic tingkat SMA Penilaian indinamic tingkat SMK Pengumuman pemenang + arahan dari pustekkom Jakarta dan acara penutupan 09.00selesai 09. 4. 1.000.500.00selesai UPT BPKTP Disdikpora Provinsi Bali UPT BPKB Provinsi Bali UPT BPKB Provinsi Bali UPT BPKB Provinsi Bali UPT BPKB Provinsi Bali Ditentukan kemudian XIII. 1.00selesai 09.500.anggota masing kelompok mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.

Juara I : mendapatkan Uang Pembinaan sebesar Rp. 2.000.000 ditambah Piagam Pemenang dan Piagam Peserta untuk masing-masing anggota kelompok Juara III : Harapan I : Untuk tingkat SMA/MA. pemenang lomba ditetapkan sebagai berikut. 4.000 ditambah Piagam/tropi Pemenang dan sertifikat peserta untuk masing-masing anggota kelompok mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 4.000.500. 2.anggota masing kelompok mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. baik karya yang memilih kategori MPP dan SPM.000 ditambah Piagam/tropi Pemenang dan sertifikat Peserta untuk masing-masing anggota kelompok mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.000 ditambah Piagam/tropi Pemenang dan sertifikat peserta untuk masing-masing anggota kelompok Juara II : 18 .anggota masing kelompok mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.000. 4. Juara I : mendapatkan Uang Pembinaan sebesar Rp.000 ditambah Piagam Pemenang dan Piagam Peserta untuk masing-masing anggota kelompok Juara II : Juara III : Harapan I : Untuk tingkat SMK baik karya yang memilih kategori MPP dan SPM.000 ditambah Piagam/tropi Pemenang dan sertifikat Peserta untuk masing-masing anggota kelompok mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.000. 3.00 ditambah Piagam/tropi Pemenang dan sertifikat Peserta untuk masing. 1. 3.000 ditambah Piagam/tropi Pemenang dan sertifikat peserta untuk masing-masing anggota kelompok mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.00 ditambah Piagam/tropi Pemenang dan sertifikat Peserta untuk masing.Juara II : mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.500.500.500. 3. 1.500. 3. pemenang lomba ditetapkan sebagai berikut.500.500.

000. SEKRETARIAT PANITIA LOMBA Sekretariat Panitia Lomba Penciptaan/Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK/ICT Kompetensi DINAS PENDIDIKAN. BALAI PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN (BPKTP) Jalan Raya Puputan – Niti Mandala Denpasar Tlp.000 ditambah Piagam Pemenang dan Piagam Peserta untuk masing-masing anggota kelompok Harapan I : XIV. LAIN-LAIN Informasi lainnya dapat dilihat pada web Disdikpora Provinsi Bali dengan alamat : http://disidikpora.go.baliprov.Juara III : mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 2.co. PEMUDA DAN OLAH RAGA UPT. Contoh Formulir Peserta Lomba FORMULIR LOMBA PENGEMBANGAN BAHA AJAR BERBASIS TIK KOMPETISI TAHUN 2010 TINGKAT SD/SMP/ SMA/SMK SE-PROVINSI BALI INFORMASI SEKOLAH Nama Sekolah Jalan : Desa : Kecamatan : Kabupaten/Kota : Provinsi Kode Post : Telepon Sekolah/Hp: : : 19 .id/ email: bpktp_bali@yahoo.000 ditambah Piagam/tropi Pemenang dan sertifikat Peserta untuk masing-masing anggota kelompok mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. (0361) 226119 – 226319 – 235105 KODE POS 80235 XV.id XVI.500. 1.

Ketua Kelompok. 4. Nama : NIP : Guru Bidang Studi : Tlp. 3. (misal: sebagai editing) 2. Anggota TIM dari Siswa Nama : NIS : Kelas : Bidang Keahlain/bidang studi : Tlp. Nama : NIP : Guru Bidang Studi : Tlp. (misal: sebagai editing) 3. Rumah/hp : E-mail : Tugas dalam TIM : Ketua kelompok/anggota Sebagai : ………………………………. 20 .. 5. Rumah/hp : E-mail : Tugas dalam TIM : Ketua kelompok/anggota Sebagai : ……………………………….. Mata Pelajaran /Bidang Studi Nomor Topik dan Uraian Topik Sasaran Kelas/Semester ……………………… : : : ………………………. (misal: sebagai editing) INFORMASI PRODUK PENGEMBANGAN Kategori Karya : Jenis Software Pendukung : 1.E-mail Website : : NAMA ANGGOTA TIM GURU 1.. Rumah/hp : E-mail : Tugas dalam TIM : ketua kelompok/anggota Sebagai : ………………………………. 2.

21 .(________________________) Catatan: Untuk surat pernyataan peserta dan rekomendasi dari dinas Dikpora kabupaten dibuat sesuai kelaziman yang berlaku.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->