P. 1
Pengertian Dan Pentingnya Globalisasi Bagi Indonesia

Pengertian Dan Pentingnya Globalisasi Bagi Indonesia

|Views: 458|Likes:

More info:

Published by: Afida Zahara Adzkiya on Jul 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/19/2015

pdf

text

original

Pengertian dan Pentingnya Globalisasi bagi Indonesia

Disusun oleh: Abdi Gama Rasid Adlu Hakam Ramadhan Afida Zahara Adzkiya Agung Wirayudha Anggun Maulidya Alifah Farah Gusmaniar

Tahun Pelajaran 2011/2012 SMP Negeri 1 Metro 1. Pengertian Globalisasi

Kata “globalisasi” diambil dari kata global, yang memiliki arti umum, universal, atau mendunia. Sebagai hal baru, globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, sehingga tergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, globalisasi adalah suatu proses masuk ke ruang lingkup dunia. Berikut ini adalah beberapa pengertian tentang globalisasi. a. Globalisasi merupakan gerakan menuju terciptanya pasar atau kebijakan yang melintasi batas nasional. b. Globalisasi adalah meningkatnya saling keterkaitan di antara berbagai belahan dunia melalui terciptanya proses ekonomi, lingkungan, politik, dan pertukaran kebudayaan. c. Globalisasi adalah proses dimana perdagangan, informasi, dan budaya semakin bergerak melintasi batas negara. d. Globalisasi adalah proses meningkatnya aliran barang, jasa, uang, dan gagasan melintasi batas-batas negara. e. Globalisasi adalah proses, dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain. f. Globalisasi adalah sebuah perubahan sosial, berupa bertambahnya keterkaitan di antara dan elemen-elemennya yang terjadi akibat dan perkembangan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi yang memfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional. g. Globalisasi adalah suatu proses dimana setiap orang mampu mengetahui dan mengikuti dunia melalui kemajuan teknologi dan infomasi sepetri televisi, internet, komputer, radio, telepon seluler (HP/handphone), surat kabar dan majalah. h. Globalisasi adalah suatu proses di mana seluruh negara dan penduduk dunia dipersatukan dalam satu kampung yang didiami oleh berbagai bangsa.

Konsep globalisasi menurut Prijono Tjiptoherijanto adalah suatu pengertian ketiadaan batas antara negara (stateless). Konsep ini merajuk pada pengertian bahwa suatu negera (state) tidak dapat membendung sesuatu yang terjadi di negara lain. Pengertian “sesuatu” tersebut dikaitkan dengan banyak hal seperti pola perilaku, tatanan kehidupan dan sistem perdagangan. Jadi era globalisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut: a. Adanya transparansi atau keterbukaan di berbagai bidang kehidupan. b. Perkembangan teknologi yang pesat. c. Berbagai peristiwa di suatu daerah atau negara mudah diakses di daerah atau negara lain. d. Arus komunikasi yang lancar seakan tanpa batas.

2. Unsur-Unsur Globalisasi
a. Adanya kegiatan saling mempengaruhi, keterkaitan, dan ketergantungan. b. Meliputi berbagai bidang baik ekonomi, politik, sosial budaya, pendidikan maupun teknologi. c. Melintasi batas negara.

3. Faktor Penyebab Meningkatnya Globalisasi
a. Adanya perubahan politik dunia b. Aliran iformasi yang cepat dan luas c. Berkembang pesatnya perusahaan-perusahaan trans nasional (perusahaan yang memproduksi barang-barang atau jasa di lebih dari satu negara)

4. Sebab-sebab Munculnya Globalisasi
a. Faktor Ekstern
Faktor ekstern munculnya globalisasi berasal dari luar negeri atau dari perkembangan dunia. Berikut faktor-faktor ekstern tersebut. 1) Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). 2) Penemuan sarana komunikasi yang semakin canggih. 3) Adanya kesepakatan internasional tentang pasar bebas.

4) Modernisasi atau pembaharuan di berbagai bidang yang dilakukan negaranegara di dunia mempengaruhi negara lain untuk mengadopsi atau meniru hal yang sama. 5) Keberhasilan perjuangan prodemokrasi di beberapa negara di dunia sedikit banyak memberi inspirasi bagi munculnya tuntutan transparasi dan globalisasi di sebuah negara. 6) Meningkatnya peran dan fungsi lembaga-lembaga internasional, seperti PBB, IMF, ASEAN, dan sejenisnya telah membuka peluang setiap negara untuk duduk bersama menentukan masalah-masalah negara maupun perkembangan internasional. 7) Perkembangan HAM di berbagai belahan dunia menuntut kepedulian masyarakat internasional untuk turut mempengaruhi upaya perlindung dan penegakan HAM di negara-negara lainnya.

b. Faktor Intern
Faktot intern munculnya globalisasi berasal dari dalam negeri. Berikut faktorfaktor intern tersebut: 1) Ketergantungan sebuah negara terhadap negara-negara lain di dunia. 2) Kebebasan pers. 3) Berkembangnya transparasi dan demokrasi pemerintahan. 4) Munculnya berbagai lembaga politik dan swadaya masyarakat 5) Berkembangnya cara berpikir dan semakin majunya pendidikan masyarakat. 5. Konsep Tentang Globalisasi 6. Menunjukkan Pentingnya Globalisasi Terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara 7. Peranan Pancasila sebagai Filter Terhadap Pengaruh Budaya Luar di Era Globalisasi 8. Pentingnya Globalisasi bagi Bangsa Indonesia

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->