P. 1
Asal-usul Kehidupan

Asal-usul Kehidupan

|Views: 155|Likes:
Published by Musli'y Adi

More info:

Published by: Musli'y Adi on Jul 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2015

pdf

text

original

Teori Tentang Asal Usul Kehidupan

Generatio Spontanae (Abiogenesis)

John Needham

Teori Biogenesis

Aristoteles

Francesco Redi

LAzzaro Spallanzani

Louis Pasteur

Teori Evolusi Kimia (Abiologi)

Alexander Ivanovich Oparin

Harold Urey

Teori Abiogenesis
makhluk hidup terbentuk secara spontan. Teori ini dikembangkan setelah saya menemukan belatung yang muncul tiba-tiba pada daging yang membusuk. Akhirnya, belatung itu menjadi lalat. Dan saya berkesimpulan bahwa makhluk hidup muncul secara tiba-tiba seperti halnya belatung dari daging yang membusuk itu. Maka saya sebut teori generatio spontanea

Saya melakukan penelitian dengan merebus sepotong daging dalam wadah selama beberapa menit (tidak sampai steril). Air rebusan daging tersebut disimpan dan ditutup dengan tutup botol dari gabus. Setelah beberapa hari, air kaldu menjadi keruh yang disebabkan oleh adanya mikroba. Saya berkesimpulan bahwa mikroba berasal dari air kaldu. Lihat pada gambar!.

Percobaan John Needham

Daging direbus

Botol ditutup gabus

Terdapat mikroorganisme

Teori Biogenesis
Saya melakukan dua kali percobaan. Pada percobaan I pada tahun 1668, saya menggunakan dua kerat daging segar dan dua stoples. Stoples I diisi dengan kerat daging dan ditutup rapat-rapat, sedangkan stoples II, diisi dengan kerat daging dan dibiarkan terbuka.

francesco Redi
Perangkat Percobaan Redi

Teori Biogenesis
Saya melakukan percobaan menggunakan air rebusan daging dan dua macam perlakukan pada labu. Labu I diisi air kaldu, kemudian dipanaskan pada suhu 250C selama beberapa menit, dan dibiarkan terbuaka. Sedangkan labu II diisi air kaldu, kemudian dipanaskan hingga mendidih, dan ditutup rapat dengan sumbat gabus.

Lazzarro Spallanzani
Selanjutnya, kedua macam labu tersebut didinginkan. Setelah kurang lebih satu minngu, hasil percobaannya menunnjukkan pada labu I, air kaldu menjadi keruh, berbau busuk, dan banyak mengandung microorganisme. Pada labu II. Air kaldu tetap jernih dan tidak berbau busuk.

Kesimpulan Spallanzi pada tabung yang terbuka terdapat kehidupan yang berasal dari mikroorganisma yang ada di udara. Pada tabung yang tertutup tidak terdapat kehidupan

Teori Biogenesis
Saya melakukan percobaan yang merupakan penyempurnaan daripercobaan spallanzani. Saya menggunakan tabung berleher seperti angsa.

Louis Pasteur
Air kaldu didihkan Debu, bakteri, dan partikel lain terperangkap Dipecahkan

Tdk ada mikroorganisme

Mikroorganisme tumbuh subur

mikroorganisme yang ada pada air kaldu bukan berasal dari cairan (benda tak hidup), melainkan berasal dari mikroorganisme yang berasal dari udara. Mikroorganisme yang ada di udara itu masuk ke dalam labu bersamasama dengan debu.

☺ Omne vivum ev ovo, yang berarti setiap makhluk hidup berasal dari telur. ☺ Omne ovum ex vivo, yang berarti setiap telur berasal dari makhluk hidup

Pasteur mengajukan teori baru tentang asal usul kehidupan. Teori ini menyatakan

☺Omne vivum ex vivo, yang berarti setiap makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya. Teori ini dikenal sebagai teori biogenesis.

Teori biogenesis

Fransesco Redi

Lazzaro Spallanzani

Louis Pasteur

Makhluk hidup berasal dari telur dan telur berasal dari makhluk hidup sebelumnya

Teori lainnya…..
Teori Kreasi Khas Teori ini menyatakan bahwa kehidupan diciptakan oleh supranatural gaib) pada saat istimewa. Semua spesies makhluk hidup saat ini sudah ada sejak dahulu dan tiap-tiap spesies diciptakan sendiri-sendiri sebagai mana adanya saat ini. Teori ini merupakan teori yang paling tua dan paling banyak diyakini orang. Ilmuwan yang mendukung teori ini misalnya, Carolus Linnaeus

Teori Katalisma. Teori ini menyatakan bahwa semua spesies periode-periode, dimana antara periode yang satu dengan yang lain terjadi bencana. Bencana itu menghancurkan spesies -spesies sebelumnya dan memunculkan spesies baru. Di pelopori oleh Cuvier.

Teori Kromozoa

Menurut teori ini, kehidupan mungkin tidak berasal dari bumi, melainkan dari planet lain. Hipotesis ini disebut juga panspermia, yang menyatakan bahwa meteor atau debu-debu kosmik membawa molekul-molekul organik kompleks ke bumi, dan memicu terjadinya evolusi kehidupan. Teori ini dipelopori oleh Arrhenius (1859-927)

Ratusan juta meteoroit dan komet diketahui telah menghantam permukaan bumi dan penemuan terakhir menunjukkan bhwa ada beberapa yang membawa materi organik. Penemuan air dibawah permukaan es Europe, salah satu bulan jupiter, dan difosil pada batuan dari plenet mers, mendukung teori ini. Hipotesis bahwa meteri bebahan karbon berasal dari luar angkasa telah diuji, walaupun belum terbukti (Raven et al. 2005)

Teori evolusi Biokimia

Para ilmuan saat ini lebih cenderung berteori bahwa makhluk hidup terbentuk berdasarkan hukum fisiko-kimia yang dilanjutkan dengan evolusi biologi. Teori ini dikenal sebagai

teori evolusi biokimia

Tahapan Evolusi Kimia dan Biologi berdasarkan oparin

Tahapan Evolusi Kimia dan Biologi Berdasarkan Teori Oparin
Sintesis gas-gas organik (H2o, H2, NH3, CH4), muncul air karena ada kondensasi Monosakaria, gliserin, asam lemak, asam amino, purin, primidin, ATP glukosa, dan lain-lain di lautan dan terendam di perairan (unit pembangun moleku sederhana) Reaksi-reaksi kimia membentuk polisakarida, lemak protein,enzim, nukleotida, asam nukleat E V O L U S I

Membran, ribosom, kromatin, mikrotubul (makromolekul atau organel)

Reaksi asam nukleat dan protein (DNA, RNA)-nukleoprotein yang mempunyai sifat reproduksi, mutasi, nutrisi, agregasi Membran, ribosom, kromatin, mikrotubul (makromolekul atau organel)

K I M I A

Nukleus, mitokondria, kompleks golgi, unit pembangun (organel) Individu satu sel yang belum mempunyai membran inti (prokariota) Sel yang mempunyai membran inti (Eukariota) Sel yang mampu melakukan respirasi aerobik Sel yang mampu berfotosintesis

E V O L U S I
B I O L O G I

Teori evolusi biokimia Oparin dan urey

Zat organik terbentuk secara spontan dari zat organik.Zat organik membentuk sel hidup, teori ini disebut juga teori neoabiogenesis (teori evolusi naturalistik).

Menurut Urey ada 4 tahapan terbentuknya makhluk hidup
♥ ♥ Molekul metana, amonia, hidrogen, dan uap air tersedia sangat banyak diatmosfer bumi. Energi yang dipeoleh dari aliran listrik halilintar dan radiasi sinar kosmis mengakibatkan zat-zat bereaksi membentuk molekul-molekul zat yang lebih besar. Terbentuk zat hidup yang paling sederhana yang susunan kimianya dapat disamakan denagn susunan kimia pada virus. Zat hidup yang terbentuk berkembang dalam waktu jutaan tahun menjadi organisme 9makhluk hidup) yang lebih kompleks.

Perangkat percobaan Stanley Miller yang digunakan untuk membuktikan teori Urey

Evolusi Abiologi

Uap air, Amonia, Metana, CO2 Zat-zat organik Sup prabiotik RNA DNA Sel pertama (sel Heterotrof)

Asal usul sel prokariotik
Sel primitif yang terbentuk pertama kali adalah sel prokariotik, yakni sel sederhana yang tidak memiliki membran inti.sel primitif itu hanya memiliki membran sel, sitoplasma yang mengandung DNA, dan RNA hasil transkripsi, serta zat-zat organik yang berasal dari lingkungannya sebagai makanan. Pada sel prokariotik, tidak ada mitokondria yang berfungsi menghasilkan energi di dalam. Dengan demikian, sel tersebut bersifat anaerobik.

Asal usul sel autrotof

Sel heterotrof kekurangan makanan Pigmen fotosintetik membran sel melekuk ke dalam menjadi membran fotosintetik sel berfotosintesis sel autotrof

Hipotesis ini didasarkan adanya kenyataan saat ini bahwa membran nukleus itu: a. Merupakan membran rangkap, terdiri dari membran luar dan membran dalam b. Membran luar nukleus memiliki hubungan secara langsung dengan membran sel melalui RE. hubungan ini merupakan “sisa-sisa” membran plasma yang melekuk ke dalam.

Asal usul sel eukariotik
Sel Prokariotik

Membran sel melekuk ke dalam

Mengelilingi DNA dan sebaian inti sel

Membran dalam dan membran nukleus

Sel Eukariotik

Asal Usul Mitokondria

Sel Eukariotik menelan sel prokariotik aerobik. Terjadilah simbiosis mutualisme dan akhirnya terjadi endisimbiosis. Sel prokariotik aerobik berubah menjadi mitokondria. Dugaan ini dikenal sebagai hipotesis endosimbiosis.

Asal Usul Kloroplas
♣ Kloroplas memiliki membran rangkap dan mebran luarnya mirip dengan struktur membran sel Ada bakteri fotosintetik (Cyanobacteria) yang memiliki membaran foto sintetik, yang mirip dengan tilakoid pada kloroplas. Klorofil terdapat di dalam memmbran tilakoid Di dalam kloroplas terdapat DNA yang juga dijumpai pada bakteri fotosintetik. DNA kloroplas memiliki fungsi tersendiri dan tidak dipengeruhi oleh DNA nukleus sel inang. Kloroplas dapat bertambah banyak melalui pembelahan, seprti halnya bakteri

Bentuk awal tumbuhan diduga mirip protista yang berflagela. Organisme yang demikian ini berevolusi menjadi alga hijau. Selanjutnya terjadi perkembangan alga bersel satu menjadi alga bersel banyak.

Tahapan evolusi

☎ Evolusi kimia: zat anorganik membentuk zat organik dan zat organik membentuk makhluk hidup bersel satu. ☎ Evolusi Biologi: makhluk hidup bersel satu menurunkan makhluk hidup bersel banyak, dari tingkatan rendah manuju ketingkatan yang lebih tinggi.

Bagan terbentuknya Sel Tumbuhan & Sel Hewan berdasarkan Teori Endosimbiosis

Zat anorganik Diubah oleh nenergi listrik menjadi Zat Organik
Membentuk

Prokariotik heteratrof Berkembang menjadi Prokariotik heterotrof Berkembang menjadi Prokariotik heterotrof Berkembang menjadi Prokariotik aerobik Melakukan endosimbiosis Melakukan endosimbiosis Bakteri aerobik Berkembang menjadi Eukariotik aerobik (sel bermitokondria) Berkembang menjadi Sel hewan Bakteri heterotrof Sel tumbuhan Bakteri fotosintetik Eukariotik heterotrof

Prokariotik autrotof

Berkembang menjadi

Eukariotik Aerobik aututrof (bermitokondria, berklorpplas)
Berkembang menjadi

Perkembangan Kehidupan di Bumi
Masa (tahun yang lalu) 10 miliar 4-5 miliar 2-4 miliar Peristiwa Terjadinya jagad raya Terbentuknya bumi dan planet lainnya sebagi anggota tatasurya matahari Pembentuka molekul organik kompleks pada lautan primitif. Awal terjadinya kehidupan

1 miliar

Muncul populasi organisme bersel satu, organisme multiseluler sederhana, invertebrata di lautan alga, dan cacing laut.
Terbentuk kelompok besar invertebrata di lautan, alga, dan cacing laut. Mulai muncul hewan dan tumbuhan yang berhasil hidup di daratan. Muncul vertebrata sejenis ikan di laut

500 juta 350 juta

Lanjutan…
250-300 juta 125-200 juta Amfibi, serangga, lumut, dan tumbuhan paku mulai muncul di hutan-hutan rawa. Muncul reptilia purba, berkembangnya hutan Gymnospermae, dan munculnya tumbuhan berbunga. Mammalia pertama dan burung pertama muncul, juga penyebaran tumbuhan berbunga. Beberapa mamalia memasuki samudera. Secara bertahap terjadi penyebaran tumbuhan berbunga. Terjadi evolusi mamalia yang lebih tinggi derajatnya, dan evolusi tumbuhan. Penyabaran tumbuhan berbunga yang lebih tinggi tingkatannya Manusia, tumbuhan, dan hewan hingga saat ini.

100-150 juta

50 juta

1-60 juta

20-50 juta

Evolusi invertebrata dan Vertebrata
Molusca Annelida Arthropoda Nematoda Echinodermata Chordata

porifera

Cnidaria

Platyhelminthes

Protista

Vertebrata Modern meliputi 7 Kelas
♪ ♪ ♪ ♪ ♪ ♪ ♪ Agnatha Condrichthyes Osteichthyes Amphibia Reptilia Aves Mammalia

Evolusi dan Kehidupan Laut ke Darat
Organisme terbentuk pertama kali dan berkembang di laut Alasannya: 1. Sitoplasma mirip kepekatan air laut. 2. Lingkungan laut lebih stabil dibandingkan daratan. Kompetisi laut mengakibatkan organisme beradaptasi ke lingkungan darat. Evolusi berkembang dari organisme laut ke organisme darat.

Kesimpulan

1. 2.

3.

4.

Makhluk hidup di bumi diperkirakan muncul sekitar 4 miliar tahun yang lalu. Aristoteles berteori bahwa makhluk hidup berasal dari benda tak hidup dan terjadi secara spontan. Teori Aristoteles disebut abiogenesis atau generatio spontanea. Pendukung teori ini antara lainjohn Needham. Louis Pasteur menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari telur dan telur berasal dari makhluk hidup: makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya, redi dan Spallanzi berusaha menumbangkan teori Aristoteles, akan tetapi belum berhasil. A.I. Oparin, menyatakan bahwa mula-mula bumi penuh dengan uap air, metana, amoniak, dan karbon dioksida. Gas-gas tersebut bereaksi dengan pertolongan energi listrik membentuk zat-zat organik, seperti asam amino dan gula sederhana. Asam amino merupakan zat yang penting untuk menyusun protein, dan protein merupakan zat yang penting dalam kehidupan. Jadi, kehidupan berasal dari benda aboiotik yang mengalami evolusi membentuk makhluk hidup (abiogenesis secara evolusi). Harold Urey menjelaskan sebagian tahapan dari teori Oparin, yakni tentang terbentuknya zat organik secara spontan dari zat anorganik.

5. Teori Urey dibuktikan oleh Miller. Hasilnya diperoleh zat organik

yang berupa asam amino. Asam amino ini merupakan senyawa penyusun polipeptida 6. Di dalam sup prabiotik terbentuk RNA, zat yang hidup karena mampu memperbanyak diri dan setelah itu terbentuk DNA. Pada suatu tempat di laut, DNA terperangkap dalam membran lemak dan protein, kemudian terbentuklah sel heterotrof pertama kali. 7. Sel heterotrof merupakan nenek moyang kehidupan. Oleh karena makanan mulai habis, sel heterotrof berkembang menjadi sel aututrof, yang merupakan nenek moyang sel tumbuhan. Bentuk awal sel hewan diduga mirip protista berflagela yang kehilangan kloroplasnya, teori lain menyatakan sel hewan berkembang dari sel eukariotik aerobik. 8. Makhluk hidup bersel satu berkembang menjadi makhluk hidup bersel banyak. Evolusi berlangsung dari makhluk hidup yang memiliki tingkatan rendah menjadi makhluk hidup yang memiliki tingkatan tinggi dan dari lingkungan air kelingkungan darat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->