P. 1
Pengertian Teknik Sipil

Pengertian Teknik Sipil

|Views: 476|Likes:
Published by Marvin Iferson

More info:

Published by: Marvin Iferson on Jul 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/26/2014

pdf

text

original

pengertian teknik sipil

Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputer mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa merubah sebuah hutan menjadi kota besar.

Teknik sipil
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi, cari

Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang Berkas:Road-sibiu.jpg mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga Jalan raya di Sibiu, Rumania mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputer mempunyai Jembatan San Francisco-Oakland Bay peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah Berkas:BandaraAbdulaziz.jpg sebuah hutan menjadi kota besar.
Bandara King Abdul Azis

Cakupannya dapat berupa investigasi lapangan yang merupakan penyelidikan keadaan-keadaan tanah suatu daerah dan diperkuat dengan penyelidikan laboratorium. kayu. Manajemen Konstruksi: Cabang yang mempelajari masalah dalam proyek konstruksi yang berkaitan dengan ekonomi. kanal. kaca atau bahan lainnya. Informatika Teknik Sipil: Cabang baru yang mempelajari penerapan Komputer untuk perhitungan/pemodelan sebuah sistem dalam proyek Pembangunan atau Penelitian. pengembalian modal. gaya dorong air dsb) dan bangunan air seperti pelabuhan. irigasi. Sebuah bentuk bangunan mungkin dibuat dari beberapa pilihan jenis material seperti baja. Teknik Lingkungan: Cabang yang mempelajari permasalahan-permasalahan dan isu lingkungan. debit air sebuah sungai dsb). pengendalian dan permasalahannya. hidrolika (sifat material air. konstruksi bandar udara.Daftar isi      1 Cabang-cabang ilmu teknik sipil 2 Materi utama 3 Aplikasi ilmu teknik sipil di Indonesia 4 Tokoh teknik sipil Indonesia 5 Pranala luar Cabang-cabang ilmu teknik sipil  Struktural: Cabang yang mempelajari masalah struktural dari materi yang digunakan untuk pembangunan. stasiun dan manajemennya. terowongan dari pembangunan pondasi hingga bangunan siap digunakan. terminal. Mencakup bidang ini antara lain konstruksi dan pengaturan jalan raya. beton. Setiap bahan tersebut mempunyai karakteristik masing-masing. Transportasi: Cabang yang mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. penjadwalan pekerjaan. semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai tepat waktu. Mencakup bidang ini antara lain penyediaan sarana dan prasarana air besih. polusi suara dan udara hingga teknik penyehatan. curah hujan. Geoteknik: Cabang yang mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. jembatan. biaya proyek. waduk/bendungan(dam). Mencakup bidang ini antara lain dicontohkan berupa pemodelan Struktur Bangunan (Struktural dari Materi       . Ilmu bidang struktural mempelajari sifat-sifat material itu sehingga pada akhirnya dapat dipilih material mana yang cocok untuk jenis bangunan tersebut. distribusi. jalan. pencemaran sungai. Hidrologi: Cabang yang mempelajari air. Mencakup bidang ini antara lain cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca. Dalam bidang ini dipelajari lebih mendalam hal yang berkaitan dengan perencanaan struktur bangunan. tekanan air. pengelolaan limbah dan air kotor.

Materi utama                Mekanika teknik Konstruksi baja Konstruksi beton Konstruksi kayu Konstruksi gelas Mekanika tanah Teknik Pondasi Hidrologi Hidrolika Bangunan air Manajemen konstruksi Dinamika Struktur Earthquake engineering Informatika Ilmu Ukur Tanah . terowongan. ahli teknik sipil melakukan perbaikan/saran dari pelaksanaan perencanaan. tetapi di bidang lain seperti yang berkaitan dengan informatika. Profesi yang didapat dari seorang ahli bidang ini antara lain: perancangan/pelaksana pembangunan/pemeliharaan prasarana jalan. jembatan. Perbedaan dari arsitek. irigasi. terletak pada posisi ahli teknik sipil dalam sebuah proyek. penyediaan air bersih. mengamati jalannya proyek agar sesuai dengan perencanaan. gedung. Peran ahli teknik sipil juga masih berlaku walaupun fase pembangunan sebuah gedung telah selesai. laut. Keluasan cabang dari teknik sipil ini membuatnya sangat fleksibel di dalam dunia kerja. jika terjadi kegagalan perencanaan teknis. minimalisasi kerugian gempa.atau CAD). Rancangan bangunan tersebut biasanya dimodelkan dalam komputer dengan diberikan faktor-faktor ancaman bangunan tersebut seperti gempa dan keruntuhan struktur material. Hal ini sangat penting di negara maju sebagai tolak ukur kelayakan pembangunan sebuah bangunan vital yang mempunyai risiko dapat menelan korban banyak manusia seperti reaktor nuklir atau bendungan. memungkinkan untuk memodelisasi sebuah bentuk dengan bantuan program CAD. gedung. Tahapan ini. seperti terletak pada pemeliharaan fasilitas gedung tersebut. Arsitek menyumbangkan rancangan. koordinasi dalam proyek. pemodelan pergerakan air tanah atau limbah. pemodelan kerusakan akibat gempa. banjir. pemodelan lingkungan dengan Teknologi GIS (Geographic information system). konsep finansial dari proyek. udara). perumahan. Hasil rancangan tersebut diserahkan selanjutnya kepada staf ahli bidang teknik sipil untuk pelaksanaan pembangunan. survey lahan. perlindungan lingkungan. bandar udara. Selain itu. sistem jaringan kanal. ide. manajemen projek dsb. Ahli teknik sipil tidak hanya berurusan dengan pembangunan sebuah proyek bangunan. drainase. lalu lintas (darat. Semua aspek kehidupan tercangkup dalam muatan ilmu teknik sipil. kemungkinan pelaksanaan pembangunan di atas kertas. ahli teknik sipil juga membangun konsep finansial dan manajemen proyek atas hal-hal yang memengaruhi jalannya proyek.

Ahadi Prof. Dr. .(HC). Roosseno Ir. dimana ilmu arsitektur sendiri dibatasi hanya pada pembentukan atau pengolahan "ruang" dalam arti luas. merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur. Dr. Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang. Ir. Ir. tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.D Soekarno Langsung ke: navigasi. Dr. R. Hendricho Msc Prof. M. tetapi bagaimana ruang tersebut dapat direalisasikan. Jadi teknik arsitektur tidak membahas bagaimana "ruang" tersebut dibentuk ataupun diolah. membangun. Thoskykovsky Prof. Sahari Besari MSc. Ph. Struktur bangunan sipil Aplikasi ilmu teknik sipil di Indonesia              Sosrobahu Konstruksi Cakar Ayam Jembatan Suramadu Gedung Stadiun Underpas Fly Over Bandara Terowongan Jalan Busway Dermaga Jalan Kereta api Pelabuhan Tokoh teknik sipil Indonesia           Tjokorda Raka Sukawati Prof.(HC). Selain itu juga hal-hal teknis apa saja yang perlu dipikirkan sehingga ruang tersebut dapat berfungsi sesuai dengan tujuannya. cari    Teknik Arsitektur adalah jurusan teknik di universitas yang memfokuskan kependidikannya kepada hal-hal teknis yang menunjang ilmu arsitektur. Ir.. Dr. Dr. Moh. Sedijatmo Prof. Wiratman Wangsadinata Prof. Ir.

Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya. 22 April 1884 – Cimahi. perancangan perkotaan. di dalamnya pengetahuan matematika. . hingga ke level mikro yaitu desain bangunan. kimia. hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa merubah sebuah hutan menjadi kota besar. Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Ia adalah putra seorang profesor Filsafat dan Wakil Ketua Chancellor (“Pembantu Rektor”) di Universitas Amsterdam. 1945) adalah arsitek dan perencana wilayah pemukiman dari Hindia Belanda. fisika.   Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas. mulai dari level makro yaitu perencanaan kota. geologi. Dalam artian yang lebih luas. Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut. lingkungan hingga komputer mempunyai peranannya masing-masing. desain perabot dan desain produk. biologi. arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan. arsitektur lansekap. Belanda. Tokoh terkenal dari indonesia Herman Thomas Karsten (Amsterdam. sedangkan ibunya adalah seorang kelahiran Jawa Tengah.

maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi. menganalisis. staf TI. Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer. perangkat lunak. dan memiliki wawasan teknologi informasi yang memadai sehingga tidak gagap ketika tiba waktunya untuk menerapkan ilmunya di masyarakat. program studi Teknik Informatika bertujuan memenuhi kebutuhan akan SDM yang profesional di bidang teknologi informasi. Menimbang hal di atas. mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman. sedangkan bagi yang lebih berminat pada bidang software dapat memperdalam di jurusan Teknik Informatika. dan menurut Wikipedia. secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi. diberikan pula muatan-muatan lokal yang mendukung basis pengetahuan terapan dan perekayasaan perangkat lunak. Ilmu komputer (bahasa Inggris: Computer Science). kita menjadi terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun. baik dari segi Hardware maupun softwarenya. Saat ini alumni Teknik Informatika telah tersebar di seluruh Indonesia dalam berbagai profesi. Jurusan Ilmu Komputer itu adalah jurusan yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan komputer. Sistem Informasi dan Teknik Elektro Pertama. sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika. jiwa kewirausahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat.Bagi yang berminat di bidang Hardware lebih baik mengambil jurusan teknik komputer. Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer. maka program pendidikan pada program studi Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami. wiraswasta. serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Selain itu. menerapkan. Di samping itu. Tempat mereka bekerja juga beraneka ragam. untuk menjembatani antara kepentingan industri dan masyarakat profesi dengan kepentingan akademik. termasuk perangkat keras.Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah. dimana selain muatan-muatan inti. industri kertas. sementara teknik komputer lebih . seperti perbankan. menilai. Perbedaan Jurusan Teknik Informatika. serta menguasai dasar-dasar ilmu dan tenologi informasi sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan. dan rekayasa perangkat lunak (software). lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer. Diharapkan melalui program ini dapat dihasilkan lulusan yang memiliki daya saing. serta industri lainnya. guru. perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). pengolahan kayu. seperti dosen. Sebagai suatu disiplin ilmu. dan bahkan ada yang bekerja di Singapura.

Departemen Perhubungan. seperti PT Telkom. Prospek / Lapangan kerja bagi lulusan Ilmu Komputer: Sarjana Ilmu Komputer sering dibutuhkan hampir di semua perusahaan karena pada saat ini tidak terlepas dari peranan komputer. dimana memproses dan mengolah data menjadi suatu bentuk informasi yang dapat digunakan dalam mendukung keputusan. Teknik Informatika adalah jurusan yang mempelajari bagaimana logika-logika matematika yang digunakan pada sistem informasi. kedua istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak orang. dll merupakan hal yang menjadi bidang garap jurusan ini Kemampuan di bidang matematika akan sangat diperlukan dalam mendalami bidang informatika. Teknik ketenagaan (arus kuat) Telekomunikasi (arus lemah). dan data.cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Prospek / Lapangan kerja bagi lulusan Teknik Informatika: Berbagai perusahaan yang berkaitan dengan informasi dan komunikasi sangat membutuhkan jurusan ini. dan perawatan komputer. Departemen Tenaga Kerja dan kantor-kantor lain yang banyak menggunakan database sebagai acuan Teknik Elektro adalah jurusan yang berkaitan dengan kelistrikan. Indosat dan dapat bekerja mandiri sebagai programming. perangkat lunak. Prospek / Lapangan kerja bagi lulusan Sistem Informasi: Berbagai perusahaan seluler. Bisa dikatakan bahwa sistem informasi merupakan salah satu aplikasi dari Teknik Informatika. instalasi. perancang web dll. . 'Sistem Informasi' dapat berupa gabungan dari beberapa elemen teknologi berbasis komputer yang saling berinteraksi dan bekerja sama berdasarkan suatu prosedur kerja (aturan kerja) yang telah ditetapkan. web design. Perancangan desain informasi. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen. Stasiun Televisi. Sistem kontrol. pembuatan software. menurut Wikipedia. Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi yaitu: operasi. Elektronika dan Komputer. Namun demikian. Sistem Informasi adalah jurusan yang pada dasarnya masih berkaitan dengan informatika. Karena keluasan bidang kelistrikan maka teknik elektro mempunyai berbagaispesialisasi antara lain.

Pada Teknik Informatika. Apa Yang Dipelajari di Teknik Informatika ? Dasar ilmu dalam Teknik Informatika adalah algoritma. menilai. pengetesan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak 2. rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha. . Rekayasa Perangkat Lunak. mahasiswa akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami.Teknik Informatika Apa Itu Teknik Informatika ? Teknik Informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. dan teknologi jaringan komputer. Secara garis besar materi dalam teknik informatika dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain adalah : 1. Pemrograman Basis Data Client Server. menganalisis. menerapkan. serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. metodologi dan teknik perancangan. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi. Sistem Informasi Memberikan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi. Rekayasa Perangkat Lunak Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Analisa dan Desain Obyek. pengembangan. Inspeksi Perangkat Lunak. Penyempurnaan Proses Rekayasa.

Komputasi Paralel. Teknologi Antar Jaringan.3. cari Insinyur teknik mesin mendesain dan membuat mesin dan pembangkit listrik. Organisasi Komputer. Sistem Digital... Pemrograman dan Komputasi Memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup Komputasi. 4. Arsitektur dan Jaringan Komputer Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Arsitektur Komputer. Elektronika. Jaringan Komputer dll. Langsung ke: navigasi. Sistem Terdistribusi. Sistem Mikroprosesor. .

program teknik mesin diselesaikan dalam waktu 4 atau 5 tahun dan lulus sebagai Sarjana Sains (Bachelor of Science/B. Teknik mesin atau Teknik mekanik adalah ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis.. Turki. Daftar isi      1 Pendidikan 2 Subdisiplin ilmu o 2. dan para insinyurnya sekarang mengembangkan diri di bagian komposit. 3. Asia Selatan. Irlandia. mekatronika. Di Spanyol. India. kinematika. Kemudian pada abad ke-19 semakin berkembang lagi mengikuti perkembangan ilmu fisika. Perancangan Mekanik dan Konstruksi Proses Manufaktur dan Sistem Produksi Konversi energi Ilmu Bahan / Metalurgi Teknik mesin mulai berkembang sebagai suatu ilmu setelah adanya revolusi industri di Eropa pada abad ke-18. Ilmu ini membutuhkan pengertian mendalam atas konsep utama dari cabang ilmu mekanika. dan teknik kimia. Ahli atau pakar dari teknik mesin biasanya disebut sebagai insinyur (teknik mesin). peralatan dan mesin industri dan lain sebagainya.Tech). desain.5 Termodinamika dan ilmu-panas 3 Referensi 4 Lihat pula 5 Pranala luar Pendidikan Pendidikan untuk teknik mesin ditawarkan di universitas di seluruh dunia.. Portugal dan kebanyakan negara Amerika Selatan.4 Analisis struktural o 2. teknik perminyakan. teknik sipil. teknik material.Sc). Teknik mesin biasanya terdiri dari : 1. pabrik industri. Ilmu ini juga mempunyai hubungan dengan teknik penerbangan.3 Mekatronika dan robotika o 2. dan nanoteknologi. Yunani.Eng).2 Kinematika o 2. dan Sarjana Teknologi (B. Di Brasil.1 Mekanika o 2. yang memanfaatkan pengertian atas ilmu teknik ini dalam mendesain dan menganalisis pembuatan kendaraan. pesawat.. 4. Cina.struktur dan kendaraan di segala ukuran. teknik listrik. manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. nama resmi untuk lulusan teknik mesin adalah Insinyur Teknik (Mechanical Engineer). Sarjana Teknik Sains. . 2. Amerika Utara. Ilmu teknik mesin pun semakin canggih. termodinamika dan energi. dan lama pendidikannya bisa 5 atau 6 tahun. Indonesia dan Britania Raya. Sarjana Teknik (B.

bahan untuk mempelajari tegangan pada elemen mekanik Artikel utama untuk bagian ini adalah: Mekanika Mekanika adalah bidang ilmu yang mempelajari gaya dan efeknya pada suatu benda. Mekanika fluida. Misalnya.Mgt atau MEM). Subdisiplin dari ilmu mekanika diantaranya:      Statis. ilmu yang mempelajari bagaimana material yang berbeda berubah bentuk terhadap berbagai macam tipe tekanan/tegangan. Studi pada tingkatan master bisa memuat atau tidak memuat penelitian. Mekanika material. maka ilmu statis dapat dipakai untuk mendesain bodi kendaraan. Master Sains. Mekanika Lingkaran Mohr. melihat gaya . Para insinyur teknik mesin menggunakan ilmu mekanika pada tahap mendesain atau menganalisis. Beberapa dari mereka memang khusus untuk teknik mesin dan beberapa lagi merupakan gabungan dari teknik mesin dengan teknik lainnya. ilmu yang mempelajari benda diam. mekanika digunakan untuk menganalisis dan memprediksi akselerasi dan deformasi (keduanya elastis dan plastis) dari suatu benda.[1] Subdisiplin ilmu Cabang teknik mesin terdiri dari banyak subdisiplin ilmu lainnya. Master Teknologi. jika proyeknya adalah desain dari sebuah kendaraan. ilmu yang mempelajari pengaruh gaya terhadap benda bergerak. PhD). bagaimana suatu gaya mempengaruhi benda diam. sebuah metode aplikasi mekanika yang mengasumsikan kalau suatu objek adalah berkesinambungan/terus menerus.Beberapa insinyur teknik mesin melanjutkan pendidikan pascasarjana mereka dengan mengambil program Master Teknik. Ilmu dinamis dapat digunakan untuk mendesain mesin mobil. Dinamis (atau kinetis). Doctor of Philosophy memuat banyak penelitian dan biasanya dijadikan pintu masuk untuk para akademisi. atau Doctor of Philosophy di bagian teknik (EngD. untuk mengukur seberapa maksimum tegangan yang dapat diberikan. ilmu yang mempelajari bagaimana fluida bereaksi terhadap gaya[2] Mekanika continuum. Beberapa subdisiplin ilmu ini diajarkan di perguruan tinggi di tingkat sarjana (S1). Secara khusus. Master Manajemen Teknik (MEng.

atau juga tugas yang diulang-ulang.yang bekerja pada piston dan cam sebagai siklus sebuah mesin. Robot ini dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran. dengan sistem optik membaca data yang ada di CD dan mengubahnya ke bit. dan menghubungkan isi dari CD ke komputer. Osilasi dari piston dalam mesin adalah salah satu contoh sistem kinematika sederhana. servo-mekanisme. semuanya . Mekatronika dan robotika Training FMS with learning robot SCORBOT-ER 4u. Dalam hal ini. Kinematika dapat digunakan untuk menemukan suatu jangkauan pergerakan yang mungkin untuk suatu mekanisme yang diberikan atau kebalikannya. tidak menyenangkan. Mekanika material dapat digunakan untuk memilih bahan apa yang cocok untuk bodi mobil sekaligus mesinnya. Contoh sistem mekatronika yang paling umum adalah CD-ROM drive. workbench CNC Mill and CNC Lathe Artikel utama untuk bagian ini adalah: Mekatronika dan Robotika Mekatronika adalah cabang antarilmudisiplin yang menggabungkan teknik mesin. Robotika adalah aplikasi dari ilmu mekatronika untuk menciptakan sebuah robot. untuk mendesain sebuah mekanisme yang bekerja sesuai dengan jangkauan pergerakan yang diinginkan. Mekanika fluida dapat digunakan untuk mendesain sistem ventilasi kendaraan (lihat HVAC). atau juga bisa untuk mendesain sistem masukan (intake) pada mesin. dan rekayasa perangkat lunak. Para insinyur teknik mesin menggunakan kinematika untuk mendesain dan menganalisis mekanisme. memutar CD dan memindahmindahkan posisi laser. Sistem mekanikal membuka dan menutup drive-nya. dan perangkat eletrikal lainnya dengan penggunaan software khusus. teknik listrik. mesinnya beroperasi secara otomatis melalui penggunaan motor elektrik. yang biasanya sudah sering digunakan untuk melakukan tugas-tugas berbahaya. tanpa mempedulikan gaya yang menyebabkan pergerakan itu. Kinematika Artikel utama untuk bagian ini adalah: Kinematika Kinematika adalah ilmu yang mempelajai pergerakan dari suatu benda dan sistem. Perangkat lunak terintegrasi mengontrol proses tersebut.

Kegagalan struktural statis muncul ketika suatu benda mendapatkan gaya yang terlalu besar. radiator. Kegagalan struktural dapat dilihat dengan 2 tipe utama: kegagalan statis (static failure) dan kegagalan kelelahan (fatigue failure). penggunaannya. dan cara mengubahnya melalui sistem. pecahan itu akan semakin besar. dan lainnya. Robot juga digunakan luas dalam teknik industri. lalu mengalami deformasi plastis. dan banyak bidang lainnya. atau digunakan untuk mendesain benda agar terhindari dari "kegagalan" itu. Analisis struktural Artikel utama untuk bagian ini adalah: Analisis struktural dan Analisis kelelahan Analisis struktural merupakan cabang dari ilmu teknik mesin (dan juga teknik sipil) yang digunakan untuk melihat mengapa dan bagaimana suatu objek mengalami kegagalan. Seiring berjalannya waktu. kulkas. Mereka menggunakannya untuk mendesain mesin. sampai pada suatu saat "pecahan" itu telah cukup besar untuk menyebabkan suatu kerusakan pada objek tersebut. robot itu bisa menjalankan proses produksi itu sendiri sepenuhnya (tidak memerlukan manusia lagi). tapi juga termasuk ketika mereka tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya. panas. Suatu objek yang mengalami kegagalan kelelahan biasanya dimulai dengan adanya pecahan mikroskopis pada permukaan objek itu. Seorang insinyur biasanya akan memakai ilmu kinematika dan mekanika dalam menciptakan sebuah robot.sudah diprogram terlebih dahulu. Termodinamika dan ilmu-panas Artikel utama untuk bagian ini adalah: Termodinamika Termodinamika adalah ilmu yang digunakan di beberapa ilmu teknik. Penggunaan robot akan menghemat pengeluaran gaji pegawai. dan kemudian diubah lagi menjadi energi gerak yang akan menggerakkan roda mobil. pembuang panas. termofluida. Contohnya. dapat melakukan tugas yang sulit/berbahaya. Kegagalan pada teknik tidak serta merta didefiniskan ketika suatu benda rusak saja. termasuk tenik mesin dan teknik kimia. insulasi. robot digunakan dalam pembuangan bom. penjelajahan angkasa. sehingga terkadang saking canggihnya. Prinsip-prinsip termodinamika digunakan oleh para insinyur teknik mesin di bagian transfer panas. dan juga untuk menjamin kualitas tetap. ventilasi. sistem HVAC. Lebih spesifik. dan konversi energi. penukar panas. terutama dalam industri otomotif. Termodinamika mempelajari energi. . telah menggunakan robot. Analisis struktural digunakan oleh para insinyur teknik mesin setelah munculnya suatu "kegagalan". Untuk penggunaan di luar pabrik. Kegagalan kelelahan muncul ketika suatu benda mengalami kegagalan (kerusakan) setelah menerima suatu gaya terus-menerus secara berulang-ulang. mesin mobil mengubah energi kimia yang ada dalam bahan bakar menjadi energi panas. Banyak perusahaan. termodinamika di dalam teknik lebih mengedepankan bagaimana mengubah energi yang satu ke energi lainnya. pembangkit listrik.

akan tetapi ada perbedaan antara kursus-kursus dengan teknik mesin.eknik Mesin 10 Aug Teknik mesin adalah ilmu yang mempelajari energi dan sumber energinya. pendingin dan pemanas. Prinsip keselamatan mempertimbangkan tingkat keselamatan alat jika terjadi kecelakaan. jelaslah bahwa seseorang yang mengambil kuliah di teknik mesin akan lebih banyak mempergunakan logika dalam memecahkan persoalan. . Banyak orang berpendapat bahwa seseorang yang masuk kuliah di teknik mesin akan mendapatkan ilmu tentang mesin-mesin otomotif. Dalam memilih suatu penyelesaian perlu dpertimbangkan prinsip-prinsip keandalan. gelar kesarjanaan yang diperoleh setelah lulus dari teknik mesin adalah insyiur. Sifat bahan penting untuk dopelajari dikarenakan dalam mendesain suatu barang. Karena untuk dapat memiliki kemampuan memperbaiki mesin-mesin otomotif. tekanan.yaitu dilihat dari asas belajarnya (tentang pembangkitan tenaga dan pemakaiannya). Dalam hal penggerak-penggerak awal ini. Jadi. Prinsip ekonomis berarti biaya pembuatan harus sebanding dengan penggunaannya yang optimal. Teknik mesin sangat dibutuhkan dalam era industrialisasi yang sedang terjadi di Indonesia. Hal ini termasuk sifat bahan dalam menyangga tarikan. Hal-hal yang dipelajari dalam teknik mesin banyak berurusan dengan penggerak-penggerak awal. Untuk memenuhi tuntutan tenaga kerja tersebut. sedangkan mekanik otomotif hanya dapat memperbaiki sesuatu berdasarkan pengalaman yang mereka dapatkan selama pelatihan. Dulunya. pompa dan kompresor. teknik mesin mengajarkan cara penggunaan yang efisien dan ekonomis. keselamatan. kamu perlu cukup masuk ke kursus-kursus otomotif. kita harus menentukan dulu kegunaan dari barang tersebut dan gaya-gaya apa saja yang akan diperlakukan pada barang tersebut. mesin-mesin perkakas. Dalam teknik mesin juga diajarkan untuk mengubah sifat fisis suatu bahan jika didapati tidak ada bahan yang memenuhi persyaratan. Hal lain yang dipelajari dalam teknik mesin adalah sifat fisis dan fenomena yang terjadi pada suatu bahan. teknik mesin mengajarkan lebih dari itu. Hal ini tidaklah salah. motor bakar. Prinsip keandalan adalah pedoman mengenal fungsi alat dan kapasitasnya. tetapi kurang tepat. Hal yang dipelajari dalam teknik mesin tidak hanya terpusat pada mesin otomotif. momen. Gelar kesarjaan yang diperoleh setelah lulus dari teknik mesin adalah Sarjana Teknik Mesin. Bahkan. jika seseorang mengambil STM dan mengambil spesialis otomotif. yaitu dengan perlakuan panas ataupun penambangan unsur-unsur tertentu di dalam bahan yang tersedia di alam. dan ekonomi. dan alat-alat kimia tertentu. yang harus dapat memenuhi persyaratan yang dibutuhkan oleh dunia industri. maka dibutuhkan banyak tenaga kerja yang dapat menangani alat-alat industri yang ada dan dipakai di Indonesia. atau puntiran. maka dibutuhkan teknik mesin. maka orang tersebut sudah memiliki kemampuan yang cukup dalam hal memperbaiki mesin-mesin otomotif. seperti turbin uap. sehingga cost effectiveness-nya tinggi.

jika seseorang mengambil STM dan mengambil spesialis otomotif. Jadi. pompa dan kompresor. Hal ini tidaklah salah. Hal-hal yang dipelajari dalam teknik mesin banyak berurusan dengan penggerak-penggerak awal. tekanan. dan alat-alat kimia tertentu. Prinsip keselamatan mempertimbangkan tingkat keselamatan alat jika terjadi kecelakaan. Untuk memenuhi tuntutan tenaga kerja tersebut. sedangkan mekanik otomotif hanya dapat memperbaiki sesuatu berdasarkan pengalaman yang mereka dapatkan selama pelatihan.Kemampuan Penunjang eknik Mesin 10 Aug Teknik mesin adalah ilmu yang mempelajari energi dan sumber energinya. Banyak orang berpendapat bahwa seseorang yang masuk kuliah di teknik mesin akan mendapatkan ilmu tentang mesin-mesin otomotif. kamu perlu cukup masuk ke kursus-kursus otomotif. teknik mesin mengajarkan cara penggunaan yang efisien dan ekonomis. Dalam memilih suatu penyelesaian perlu dpertimbangkan prinsip-prinsip keandalan. jelaslah bahwa seseorang yang mengambil kuliah di teknik mesin akan lebih banyak mempergunakan logika dalam memecahkan persoalan. seperti turbin uap. Hal yang dipelajari dalam teknik mesin tidak hanya terpusat pada mesin otomotif. mesin-mesin perkakas. Karena untuk dapat memiliki kemampuan memperbaiki mesin-mesin otomotif. keselamatan. sehingga cost effectiveness-nya tinggi. Teknik mesin sangat dibutuhkan dalam era industrialisasi yang sedang terjadi di Indonesia. yaitu dengan perlakuan panas ataupun penambangan unsur-unsur tertentu di dalam bahan yang tersedia di alam. Hal lain yang dipelajari dalam teknik mesin adalah sifat fisis dan fenomena yang terjadi pada suatu bahan. yang harus dapat memenuhi persyaratan yang dibutuhkan oleh dunia industri. teknik mesin mengajarkan lebih dari itu. Bahkan. tetapi kurang tepat. Gelar kesarjaan yang diperoleh setelah lulus dari teknik . pendingin dan pemanas.yaitu dilihat dari asas belajarnya (tentang pembangkitan tenaga dan pemakaiannya). Prinsip keandalan adalah pedoman mengenal fungsi alat dan kapasitasnya. motor bakar. maka dibutuhkan teknik mesin. momen. kita harus menentukan dulu kegunaan dari barang tersebut dan gaya-gaya apa saja yang akan diperlakukan pada barang tersebut. maka orang tersebut sudah memiliki kemampuan yang cukup dalam hal memperbaiki mesin-mesin otomotif. akan tetapi ada perbedaan antara kursus-kursus dengan teknik mesin. Dalam hal penggerak-penggerak awal ini. dan ekonomi. atau puntiran. Prinsip ekonomis berarti biaya pembuatan harus sebanding dengan penggunaannya yang optimal. Hal ini termasuk sifat bahan dalam menyangga tarikan. maka dibutuhkan banyak tenaga kerja yang dapat menangani alat-alat industri yang ada dan dipakai di Indonesia. Dalam teknik mesin juga diajarkan untuk mengubah sifat fisis suatu bahan jika didapati tidak ada bahan yang memenuhi persyaratan. Sifat bahan penting untuk dopelajari dikarenakan dalam mendesain suatu barang.

Kemampuan Penunjang . gelar kesarjanaan yang diperoleh setelah lulus dari teknik mesin adalah insyiur.mesin adalah Sarjana Teknik Mesin. Dulunya.

Selain itu. yaitu: * Teknik Tenaga Listrik (electric power engineering). ilmu teknik elektro dapat dibagi menjadi: * Teknik elektrik. * Teknik elektronika. ilmu pengetahuan dan metoda teknologi untuk memecahkan masalah dalam biologi dan kedokteran.Sejarah Teknik Elektro Teknik Elektro adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari sifat-sifat elektron atau sifatsifat kelistrikan yang kemudian diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. yang mempelajari listrik tegangan tinggi. yang dulunya merupakan konsentrasi arus kuat * Teknik Elektronika (electronics engineering) * Teknik Telekomunikasi (telecommunication engineering) * Teknik Kendali atau Teknik Pengaturan (control engineering) * Teknik Komputer (computer engineering) * Teknik Biomedika (biomedics engineering) merupakan bidang multidisiplin yang melibatkan berbagai keahlian teknik. . khususnya pada bagian arus lemah. yang bisa diartikan dengan teknik listrik. * Arus lemah. yang mempelajari listrik tegangan rendah. maka saat ini dibagi menjadi enam konsentrasi. terutama mengenai sifat-sifat listrik dan pemanfaatan listrik dalam berbagai bidang. untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.Dahulu. terutama mengenai sifat-sifat elektron dan pemanfaatannya dalam berbagai bidang. Berasal dari bahasa Inggris electrical engineering. Ilmu teknik elektro dibagi atas 2 jenis yaitu: * Arus kuat. Sejalan dengan perkembangan teknologi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->