Hidrokarbon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Belum Diperiksa

Dalam bidang kimia, hidrokarbon adalah sebuah senyawa yang terdiri dari unsur karbon (C) dan hidrogen (H). Seluruh hidrokarbon memiliki rantai karbon dan atom-atom hidrogen yang berikatan dengan rantai tersebut. Istilah tersebut digunakan juga sebagai pengertian dari hidrokarbon alifatik. Sebagai contoh, metana (gas rawa) adalah hidrokarbon dengan satu atom karbon dan empat atom hidrogen: CH4. Etana adalah hidrokarbon (lebih terperinci, sebuah alkana) yang terdiri dari dua atom karbon bersatu dengan sebuah ikatan tunggal, masingmasing mengikat tiga atom karbon: C2H6. Propana memiliki tiga atom C (C3H8) dan seterusnya (CnH2·n+2). SENYAWA HIDROKARBON senyawa ini merupakan senyawakarbon paling sederhana yang terdiri dari atom karbon(C)dan hidrogen(H).sampai saat ini terdapat lebih kurang 2 juta senyawa hidrokarbon.sifat senyawa-senyawa hidrokarbon ditentukan oleh struktur dan jenis ikatan koevalen antar atom karbon.oleh karena itu,untuk memudahkan mempelajari senyawa hidrokarbon yang begitu banyak,para ahli melakukan PERGOLONGAN HIDROKARBON BERDASARKAN STRUKTURNYA,danJENIS IKATAN KOEVALEN ANTAR ATOM KARBON.

berdasarkan bentuk rantai karbon,hidrokarbon digolongkan menjadi tiga,yakni:
A.hidrokarbon alifatik - alkana - alkena - alkuna B.hidrokarbon alisiklik C.hidrokarbon aroma

berdasarkan jenis ikatan antar atom
A.hidrokarbon jenuh B.hidrokarbon tak jenuh

[sunting]

Senyawa Hidrokarbon
Senyawa hidrokarbon merupakan senyawa karbon yang paling sederhana. Dari namanya, senyawa hidrokarbon adalah senyawa karbon yang hanya tersusun dari atom hidrogen dan atom karbon. Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita temui senyawa hidrokarbon, misalnya minyak tanah, bensin, gas alam, plastik dan lain-lain. Sampai saat ini telah dikenal lebih dari 2 juta senyawa hidrokarbon. Untuk mempermudah mempelajari senyawa hidrokarbon yang begitu banyak, para ahli mengolongkan hidrokarbon berdasarkan susunan atom-atom karbon dalam molekulnya. Berdasarkan susunan atom karbon dalam molekulnya, senyawa karbon terbagi dalam 2 golongan besar, yaitu senyawa alifatik dan senyawa siklik. Senyawa hidrokarbon alifatik adalah senyawa karbon yang rantai C nya terbuka dan rantai C itu memungkinkan bercabang. Berdasarkan jumlah ikatannya, senyawa hidrokarbon alifatik terbagi menjadi senyawa alifatik jenuh dan tidak jenuh. - Senyawa alifatik jenuh adalah senyawa alifatik yang rantai C nya hanya berisi ikatan-ikatan tunggal saja. Golongan ini dinamakan alkana. Contoh senyawa hidrokarbon alifatik jenuh:

- Senyawa alifatik tak jenuh adalah senyawa alifatik yang rantai C nya terdapat ikatan rangkap dua atau rangkap tiga. Jika memiliki rangkap dua dinamakan alkena dan memiliki rangkap tiga dinamakan alkuna. Contoh senyawa hidrokarbon alifatik tak jenuh:

- Senyawa hidrokarbon siklik adalah senyawa karbon yang rantai C nya melingkar dan lingkaran itu mungkin juga mengikat rantai samping. Golongan ini terbagi lagi menjadi senyawa alisiklik dan aromatik. senyawa alisiklik yaitu senyawa karbon alifatik yang membentuk rantai tertutup.

. khususnyagolongan halogen . Substitusi atau pergantian Atom H dari alkana dapat digantikan oleh atom lain. Reaksi terpenting dari alkana adalah reaksi pembakaran. IN: HIDROKARBON PERMALINK : SENYAWA HIDROKARBON COMMENTS: 3 VIEWED 1125 TIMES. Penjelasan : a. Pembakaran o Pembakaran sempurna alkana menghasilkan gas CO 2 dan uap air.Senyawa aromatik yaitu senyawa karbon yang terdiri dari 6 atom C yang membentuk rantai benzena. SUN 28 FEB. atau jelaga (partikel karbon). sedangkan pembakaran tidak sempurna menghasilkan gas CO dan uap air. Penggantian atom H oleh atom atau gugus lain disebut reaksi substitusi. 2010 GMT Sifat-Sifat Hidrokarbon Meliputi : a) Sifat-Sifat Fisis b) Sifat Kimia Berkaitan dengan reaksi kimia. b. 1) Reaksi-reaksi pada Alkana Alkana tergolong zat yang sukar bereaksi sehingga disebut parafin yang artinya afinitas kecil . substitusi dan perengkahan ( cracking ).

o Reaksi alkena terutama terjadi pada ikatan rangkap tersebut. b. . Penjelasan : a.Salah satu reaksi substitusi terpenting dari alkana adalah halogenasiyaitu penggantian atom H alkana dengan atom halogen. Hal ini terjadi karena alkena mempunyai kadar C lebih tinggi daripada alkana. Jika dibakar di udara terbuka. Adisi (penambahan = penjenuhan) o Reaksi terpenting dari alkena adalah reaksi adisi yaitu reaksi penjenuhan ikatan rangkap . Reaksi penting dari alkena meliputi : reaksi pembakaran. Klorinasi dapat terjadi jika alkana direaksikan dengan klorin. adisi dan polimerisasi .Selain itu juga dapat digunakan untuk membuat gas hidrogen dari alkana . c. Perengkahan atau cracking Perengkahan adalah pemutusan rantai karbon menjadi potongan-potongan yang lebih pendek. 2) Reaksi-reaksi pada Alkena o Alkena lebih reaktif daripada alkana. Perengkahan dapat terjadi bila alkana dipanaskan pada suhu dan tekanan tinggi tanpa oksigen . Molekul sederhana yang mengalami polimerisasi disebut monomer . Polimerisasi Adalah reaksi penggabungan molekul-molekul sederhana menjadi molekul yang besar. Hal ini disebabkan karena adanya ikatan rangkap C=C. Polimerisasi alkena terjadi berdasarkan reaksi adisi . Reaksi ini juga dapat dipakai untuk membuat alkena dari alkana . sedangkan hasilnya disebut polimer . Pembakaran sempurna alkena menghasilkan gas CO 2 dan uap air. Prosesnya dapat dijelaskan sebagai berikut : Mula-mula ikatan rangkap terbuka sehingga terbentuk gugus dengan 2 elektron tidak berpasangan. alkena suku rendah mudah terbakar. sehingga pembakarannya menuntut / memerlukan lebih banyak oksigen. Pembakaran Seperti halnya alkana. c. alkena menghasilkan jelaga lebih banyak daripada alkana. khususnya klorin ( klorinasi ).

maka atom X akan terikat pada atom C yang mempunyai rantai C paling panjang ― IN: HIDROKARBON PERMALINK : SIFAT-SIFAT HIDROKARBON COMMENTS: 2 VIEWED 1592 TIMES. alkuna memerlukan pereaksi 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan alkena. 2010 GMT Keisomeran Isomer adalah senyawa-senyawa yang mempunyai rumus molekul yang sama tetapi mempunyai struktur atau konfigurasi yang berbeda . . o Pada reaksi adisi gas HX (X = Cl.Elektron-elektron tidak berpasangan tersebut kemudian membentuk ikatan antar gugus sehingga membentuk rantai. Struktur berkaitan dengan cara atom-atom saling berikatan. o Reaksi-reaksi terpenting dalam alkena dan alkuna adalah reaksi adisi dengan H 2. Keisomeran dibedakan menjadi 2 yaitu : o Keisomeran struktur : keisomeran karena perbedaan struktur. sedangkan konfigurasi berkaitan dengan susunan ruang atom-atom dalam molekul. maka atom X akan terikat pada atom C yang sedikit mengikat atom H ‖ ― Jika atom C yang berikatan rangkap mengikat jumlah atom H sama banyak. untuk menjenuhkan ikatan rangkapnya. 3) Reaksi-reaksi pada Alkuna o Reaksi-reaksi pada alkuna mirip dengan alkena. Br atau I) terhadap alkena dan alkuna berlaku aturan Markovnikov yaitu : ― Jika atom C yang berikatan rangkap mengikat jumlah atom H yang berbeda. adisi dengan halogen (X 2 ) dan adisi dengan asam halida (HX). SUN 28 FEB.

makin banyak pula kemungkinan isomernya. a) Keisomeran Struktur. Keisomeran pada Alkana o Tergolong keisomeran struktur yaitu perbedaan kerangka atom karbonnya. o keisomeran optik . Perlu diketahui juga bahwa tidak berarti semua kemungkinan isomer itu ada pada kenyataannya. .o Keisomeran ruang : keisomeran karena perbedaan konfigurasi (rumus molekul dan strukturnya sama). A. Keisomeran mulai ditemukan pada butena yang mempunyai 3 isomer struktur. b) Keisomeran Geometris. Contoh yang lain yaitu alkena dengan 5 atom C. o Misalnya : dapat dibuat 18 kemungkinan isomer dari C 8 H 18. Keisomeran struktur pada alkena dapat terjadi karena perbedaan posisi ikatan rangkap atau karena perbedaan kerangka atom C. o Cara sistematis untuk mencari jumlah kemungkinan isomer pada alkana : B. Keisomeran pada Alkena Dapat berupa keisomeran struktur dan ruang. Makin panjang rantai karbonnya. Keisomeran Struktur Dapat dibedakan menjadi 3 yaitu : keisomeran kerangka : jika rumus molekulnya sama tetapi rantai induknya (kerangka atom) berbeda. keisomeran posisi : jika rumus molekul dan rantai induknya (kerangka atom) sama tetapi posisi cabang / gugus penggantinya berbeda. tetapi tidak berarti ada 18 senyawa dengan rumus molekul C 8 H 18 . keisomeran gugus fungsi Keisomeran Ruang Dapat dibedakan menjadi 2 yaitu : o keisomeran geometri : keisomeran karena perbedaan arah (orientasi) gugus-gugus tertentu dalam molekul dengan struktur yang sama. o Pertambahan jumlah isomer ini tidak ada aturannya.

SUN 28 FEB. Pada alkuna tidak terdapat keisomeran geometris. Senyawa itu akan mempunyai keisomeran geometris jika kedua atom C yang berikatan rangkap mengikat gugus-gugus yang berbeda. n = jumlah atom C . 2010 GMT Alkuna o Adalah hidrokarbon alifatik tak jenuh yaitu hidrokarbon dengan satu ikatan rangkap tiga (–C≡C–) . Keduanya mempunyai struktur yang sama tetapi berbeda konfigurasi (orientasi gugus-gugus dalam ruang). Contohnya : o Keisomeran pada 2-butena. o Rumus umum alkuna yaitu : C n H 2n-2 . Keisomeran pada Alkuna Keisomeran pada alkuna tergolong keisomeran kerangka dan posisi . Tidak semua senyawa yang mempunyai ikatan rangkap pada atom karbonnya (C=C) mempunyai keisomeran geometris. kedua gugus metil terletak pada sisi yang sama dari ikatan rangkap.Keisomeran ruang pada alkena tergolong keisomeran geometris yaitu : karena perbedaan penempatan gugus-gugus di sekitar ikatan rangkap. kedua gugus metil berseberangan. Keisomeran mulai terdapat pada butuna yang mempunyai 2 isomer. o Pada cis -2-butena. sebaliknya pada trans -2-butena. Senyawa yang mempunyai 2 ikatan rangkap 3 disebut alkadiuna. IN: HIDROKARBON PERMALINK : KEISOMERAN COMMENTS: 1 VIEWED 698 TIMES. yang mempunyai 1 ikatan rangkap 2 dan 1 ikatan rangkap 3 disebut alkenuna . Dikenal 2 jenis 2-butena yaitu cis -2-butena dan trans -2-butena. C.

2010 GMT Alkena o Adalah hidrokarbon alifatik tak jenuh yaitu hidrokarbon dengan satu ikatan rangkap dua (–C=C–) . Gas asetilena digunakan untuk mengelas besi dan baja. 5) Penulisan cabang-cabang. Senyawa yang mempunyai 2 ikatan rangkap 2 disebut alkadiena. n = jumlah atom C Tata Nama Alkena 1) Nama alkena diturunkan dari nama alkana yang sesuai (yang jumlah atom Cnya sama). sama seperti pada alkana. dengan mengganti akhiran –ana menjadi –ena . 2) Rantai induk adalah rantai terpanjang yang mengandung ikatan rangkap. o Rumus umum alkena yaitu : C n H 2n .Tata Nama Alkuna o Nama alkuna diturunkan dari nama alkana yang sesuai dengan mengganti akhiran –ana menjadi – una . IN: HIDROKARBON PERMALINK : ALKUNA COMMENTS: 4 VIEWED 798 TIMES. SUN 28 FEB. . Sumber dan Kegunaan Alkuna Alkuna yang mempunyai nilai ekonomis penting hanyalah etuna (asetilena). 3) Penomoran dimulai dari salah 1 ujung rantai induk sedemikian sehingga ikatan rangkap mendapat nomor terkecil. C 2 H 2 . yang mempunyai 3 ikatan rangkap 2 disebutalkatriena dst. o Tata nama alkuna bercabang sama seperti penamaan alkena. 4) Posisi ikatan rangkap ditunjukkan dengan awalan angka yaitu nomor dari atom C berikatan rangkap yang paling tepi / pinggir (nomor terkecil).

IN: HIDROKARBON PERMALINK : ALKENA COMMENTS: 1 VIEWED 811 TIMES. mempunyai sifat yang mirip dan antar suku-suku berturutannya mempunyai beda CH 2 . 2010 GMT Alkana o Adalah hidrokarbon alifatik jenuh yaitu hidrokarbon dengan rantai terbuka dan semua ikatan antar atom karbonnya merupakan ikatan tunggal. dan alkohol. o Rumus umum alkana yaitu : C n H 2n+2 . makin tinggi titik didihnya rumus nama rumus nama . Sifat-sifat deret homolog : o Mempunyai sifat kimia yang mirip o Mempunyai rumus umum yang sama o Perbedaan Mr antara 2 suku berturutannya sebesar 14 o Makin panjang rantai karbon. SUN 28 FEB. n = jumlah atom C Deret Homolog Alkana Adalah suatu golongan / kelompok senyawa karbon dengan rumus umum yang sama.Sumber dan Kegunaan Alkena Alkena dibuat dari alkana melalui proses pemanasan atau dengan bantuan katalisator (cracking). Alkena suku rendah digunakan sebagai bahan baku industri plastik. karet sintetik.

5.CH 4 C2 H6 C3 H8 C 4 H 10 C 5 H 12 metana etana propana butana pentana C 6 H 14 C 7 H 16 C 8 H 18 C 9 H 20 C 10 H 22 heksana heptana oktana nonana dekana Sifat-sifat Alkana 1. tetapi rumus struktur beda CH 4. diatas C 18 H 38 berwujud padat mudah mengalami reaksi subtitusi dengan atom-atom halogen (F 2. Br 2 atau I 2 ) dapat mengalami oksidasi (reaksi pembakaran) Isomer Alkana Alkana yang mempunyai rumus molekul sama. CH 4 . 3. C 3 H 8 tidak mempunyai isomer alkana C 4 H 10 C 5 H 12 C 6 H 14 C 7 H 16 C 8 H 18 C 9 H 20 C 10 H 22 jumlah isomer 2 3 5 9 28 35 75 Tata Nama Alkana Berdasarkan aturan dari IUPAC (nama sistematik) : 1) Nama alkana bercabang terdiri dari 2 bagian : . 2.C 17 H 36 berwujud cair. 4. C 2 H 6. merupakan senyawa nonpolar. Cl 2.C 4 H 10 berwujud gas. maka titik didih makin tinggi pada tekanan dan suhu biasa. C 5 H12 . sehingga tidak larut dalam air makin banyak atom C (rantainya makin panjang).

7) Jika penomoran ekivalen dari kedua ujung rantai induk. Posisi cabang dinyatakan dengan awalan angka. 3) Penulisan nama. Tentukan rantai terpanjang (sebagai nama alkana) Jika rantai lurus. sekunder dan tersier diabaikan. sek-butil dan ters- Awalan iso. 3) Cabang diberi nama alkil yaitu nama alkana yang sesuai. Awalan normal. maka harus dipilih sehingga cabang yang harus ditulis terlebih dahulu mendapat nomor terkecil.. 3. yaitu rantai terpanjang yang mempunyai cabang terbanyak. Awalan normal. penta dst. dimulai dari salah 1 ujung sehingga cabang mendapat nomor terkecil. Berdasarkan aturan-aturan tersebut di atas. Penomoran dimulai dari salah 1 ujung rantai induk sedemikian rupa sehingga posisi cabang mendapat nomor terkecil. Jadi n-butil. harus dinyatakan dengan awalan di. penamaan alkana bercabang dapat dilakukan dengan 3 langkah sebagai berikut : 1) Memilih rantai induk. dimulai dengan nama cabang sesuai urutan abjad. Jika terdapat 2 atau lebih rantai terpanjang. kemudian diakhiri dengan nama rantai induk. Induk diberi nama alkana sesuai dengan panjang rantai. maka harus dipilih yang mempunyai cabang terbanyak. 2.tidak diabaikan. nama sesuai dengan jumlah alkana dengan awalan n-(alkana) Jika rantai cabang. Antara angka dengan angka dipisahkan dengan tanda koma (. butil dianggap berawalan b-. 2) Penomoran. . 1. Jadi isopropil berawal dengan huruf i.) antara angka dengan huruf dipisahkan dengan tanda jeda (-). 5) Jika terdapat 2 atau lebih cabang sejenis.o Bagian pertama (di bagian depan) merupakan nama cabang o Bagian kedua (di bagian belakang) merupakan nama rantai induk 2) Rantai induk adalah rantai terpanjang dalam molekul. Gugus alkil mempunyai rumus umum : C n H 2n+1 dan dilambangkan dengan R 4) Posisi cabang dinyatakan dengan awalan angka. sekunder dan tersier harus ditulis dengan huruf cetak miring . tri. 6) Cabang-cabang yang berbeda disusun sesuai dengan urutan abjad dari nama cabang tersebut. tetra. tetapi dengan mengganti akhiran – ana menjadi –il. Untuk itu rantai induk perlu dinomori. Atau lebih singkatnya adalah: 1.

sebagai : · Bahan bakar · Pelarut · Sumber hidrogen · Pelumas · Bahan baku untuk senyawa organik lain · Bahan baku industri IN: HIDROKARBON PERMALINK : ALKANA COMMENTS: 2 VIEWED 1386 TIMES. tri(3). 5.. dst Alkil tak sejenis ditulis berdasar abjad (butil..2. propil. 2010 GMT HIDROKARBON A. Tentukan rantai cabangnya (alkil) Pemberian nomor dimulai dari atom C yang paling dekat dengan cabang Alkil-alkil sejenis digabung dengan awalan di(2).. Kekhasan / Keunikan Atom Karbon . SUN 28 FEB. 3. Kegunaan alkana...) atau dari yang paling sederhana (metil..) Gugus Alkil Alkana yang telah kehilangan 1 atom H C n H 2n+1 Sumber dan Kegunaan Alkana Alkana adalah komponen utama dari gas alam dan minyak bumi. etil. etil. metil. 4.

untuk mencapai konfigurasi oktet maka atom karbon mempunyai kemampuan membentuk 4 ikatan kovalen yang relatif kuat. Kedudukan Atom Karbon Dalam senyawa hidrokarbon.o Sesuai dengan nomor golongannya (IVA). kedudukan atom karbon dapat dibedakan sebagai berikut : · Atom C primer : atom C yang mengikat langsung 1 atom C yang lain · Atom C sekunde r : atom C yang mengikat langsung 2 atom C yang lain · Atom C tersier : atom C yang mengikat langsung 3 atom C yang lain · Atom C kuarterner : atom C yang mengikat langsung 4 atom C yang lain C. b. . Berdasarkan jenis ikatan antar atom karbonnya : Ø Hidrokarbon jenuh = senyawa hidrokarbon yang ikatan antar atom karbonnya merupakan ikatan tunggal. Berdasarkan bentuk rantai karbonnya : § Hidrokarbon alifatik = senyawa hidrokarbon dengan rantai terbuka jenuh (ikatan tunggal) maupun tidak jenuh (ikatan rangkap). atom karbon mempunyai 4 elektron valensi. berupa ikatan tunggal. o Atom karbon mempunyai kemampuan membentuk rantai (ikatan yang panjang). § Hidrokarbon alisiklik = senyawa hidrokarbon dengan rantai melingkar / tertutup (cincin). bercabang dan melingkar ( siklik ). o Rantai karbon yang terbentuk dapat bervariasi yaitu : rantai lurus. § Hidrokarbon aromatik = senyawa hidrokarbon dengan rantai melingkar (cincin) yang mempunyai ikatan antar atom C tunggal dan rangkap secara selang-seling / bergantian ( konjugasi ). Ø Hidrokarbon tak jenuh = senyawa hidrokarbon yang memiliki 1 ikatan rangkap dua (alkena). o Atom karbon dapat membentuk ikatan antar karbon. Klasifikasi / Penggolongan Hidrokarbon (terdiri dari atom C dan H) a. atau lebih dari 1 ikatan rangkap dua (alkadiena). B. rangkap dua atau rangkap tiga.atau ikatan rangkap tiga (alkuna). Oleh karena itu.

.

Oleh karena itu produksi SO 3 dirangsang pada suhu tinggi karena o . minyak bakar. Gas SO2 berbau sangat tajam dan tidak mudah terbakar. gas. Faktor pertama adalah kecepatan reaksi yang terjadi. Transportasi bukan merupakan sumber utama polutan SO x tetapi pembakaran bahan bakar pada sumbernya merupakan sumber utama polutan SOx. sedangkan gas SO 3 bersifat sangat reaktif. mudah bereaksi (memakan) benda-benda lain yang mengakibatkan kerusakan. Jumlah SO2 yang terbentuk dipengaruhi oleh kondisi reaksi. tetapi jumlah relatif masing-masing tidak dipengaruhi oleh jumlah oksigen yang tersedia. dan faktor kedua adalah konsentrasi SO3 dalam campuran ekuilibrium yang dihasilkan dari reaksi tersebut. tetapi kecepatan reaksi meningkat dengan kenaikan suhu. sedangkan polusi dari sumber alam biasanya lebih tersebar merata. Sebanyak dua pertiga dari jumlah sulfur di atmosfer berasal dari sumbersumber alam seperti volcano. Masalah yang ditimbulkan oleh polutan yang dibuat manusia adalah dalam hal distribusinya yang tidak merata sehingga terkonsentrasi pada daerah tertentu. 2008 by Prabu 13 Votes Gas belerang oksida atau sering ditulis dengan SOx. Konsentrasi gas SO 2 di udara akan mulai terdeteksi oleh indera manusia (tercium baunya) manakala konsentrasinya berkisar antara 0. misalnya pembakaran batu arang. terdiri dari gas SO2dan gas SO3 yang keduanya mempunyai sifat berbeda. Gas SO3mudah bereaksi dengan uap air yang ada di udara untuk membentuk asam sulfas atau H2SO4. dan terdapat dalam bentuk H2S dan oksida. Mekanisme pembentukan SOx dapat dituliskan dalam dua tahap reaksi sebagai berikut : S + O2 ———. dan kebanyakan dalam bentuk SO2 .> SO2 2SO2 + O2 ————> 2SO3 SO3 biasanya diproduksi dalam jumlah kecil selama pembakaran. seperti proses pengkaratan (korosi) dan proses kimiawi lainnya. Hanya sepertiga dari jumlah sulfur yang terdapat di atmosfer merupakan hasil dari aktivitas manusia. Hal ini disebabkan oleh dua faktor yang menyangkut reaksi terakhir tersebut di atas.Sulfur Oksida (SOx) Posted on Desember 17. Asam sulfat ini sangat reaktif. Reaksi pembentukan SO3 berlangsung sangat lambat pada suhu relatif rendah (misalnya pada 200 C). Pembakaran bahan-bahan yang mengandung sulfur akan menghasilkan kedua bentuk sulfur oksida. terutama suhu dan bervariasi dari 1 sampai 10% dari total SO x. SO2 selalu terbentuk dalam jumlah terbesar.3 – 1 ppm. Meskipun udara tersedia dalam jumlah cukup. kayu dan sebagainya. bukan dari jumlah keseluruhannya.

Setelah berada di atmosfer. tetapi kecepatan reaksi akan menghambat pembenutkan SO 3 dalam jumlah tinggi. Pada suhu rendah. Jadi faktor konsentrasi ekuilibrium merangsang produksi SO3 pada suhu lebih rendah. Jumlah SO2 yang teroksidasi menjadi SO3dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk jumlah air yang tersedia. Jika usap air terdapat dalam jumlah cukup seperti biasanya. Jelas bahwa kedua faktor tersebut mempunyai kecenderungan untuk menghambat satu sama lain selama pembakaran. SO 3dan air akan segera bergabung membentuk droplet asam sulfat (H2SO4). sebagian SO2 akan diubah menjadi SO3 (kemudian menjadi H2SO4) oleh proses-proses fotolitik dan katalitik. Jika produk dijauhkan dari zona tersebut dan didinginkan. Jadi produksi SO3 terhambat pada zona pembakaran suhu tinggi karena kondisi ekuilibrium.faktor kecepatan. Dampak Pencemaran Lingkungan. Tetapi campuran ekuilibrium yang dihasilkan pada suhu rendah mengandung persentase SO3 lebih tinggi daripada campuran yang dihasilkan pada suhu tinggi. kondisi ekuilibrium dapat tercapai. 2001 . Adanya SO3 di udara dalam bentuk gas hanya mungkin jika konsentrasi uap air sangat rendah. waktu dan distribusi spektrum sinar matahari Terkait: Dampak Sulfur Oksida (SOx) Terhadap Kesehatan Sumber : Wardhana. tetapi hanya sedikit SO 3terdapat di dalam campuran. intensitas. reaksi berlangsung sangat lambat sehingga kondisi ekuilibrium (sesuai dengan konsentrasi SO3 tinggi) tidak pernah tercapai. Pada suhu tinggi reaksi mengakibatkan ekuilibrium tercapai dengan cepat karena kecepatan reaksi tinggi.

Sumbangan sumber antropogenik terhadap emisi total ± 10. Perkiraan emisi CO per satuan berat bahan bakar. oksidasi dari terpene yang diemisikan hutan ke atmosfer.6%. Perkiraan emisi per satuan berat bahan bakar disajikan pada Tabel 12.Unsur-unsur Pencemar Udara Kata Kunci: karbon monoksida. produksi CO oleh vegetasi dan kehidupan di laut. oksidasi.5% dari emisi total. nitrogen oksida. Pencemaran dari sumber antropogenik 55. kebakaran hutan. sulfur oksida Ditulis oleh Suparni Setyowati Rahayu pada 29-06-2009 Karbon monoksida (CO) Pencemaran karbon monoksida berasal dari sumber alami seperti: kebakaran hutan. Nitrogen oksida (NOx) Cemaran nitrogen oksida yang penting berasal dari sumber antropogenik yaitu: NO dan NO2.Pencemar Udara. . Sumber CO lainnya berasal dari sumber antropogenik yaitu hasil pembakaran bahan bakar fosil yang memberikan sumbangan 78. Tabel 12.3% berasal dari pembakaran bensin pada otomotif.

garam-garam sulfat. H2SO4 garam-garam sulfit. . Sulfur oksida (SOX) Senyawa sulfur di atmosfer terdiri dari H2S. SO3.Perkiraan emisi NOx per satuan berat bahan bakar disajikan pada Tabel berikut. SO2.Dari cemaran tersebut yang paling penting adalah SO2 yang memberikan sumbangan ± 50% dari emisi total. merkaptan. dan aerosol sulfur organik. Cemaran garam sulfat dan sulfit dalam bentuk aerosol yang berasal dari percikan air laut memberikan sumbangan 15% dari emisi total.

mekanisme karbon monoksida . unsur udara. unsur pencemaran udara. unsurunsur polusi udara.Perkiraan emisi sulfur dioksida per satuan berat bahan bakar disajikan pada Tabel berikut. kegunaan so3. Kata Pencarian Artikel ini: unsurn-unsur pencemaran udara.unsurunsur udara. struktur senyawa sulfur. UNsur-Unsur Ethanol terhadap udara di indonesia. sumber koloid pencemaran udara.

hujan asam. Epidemiologi Lingkungan. dan saluran nafas yang lain sampai ke paru-paru. 2008 by Prabu 13 Votes Sulfur yang ada di udara hanya sepertiga yang merupakan hasil aktivitas manusia. 1992 Soemirat. Pengaruh utama polutan SOx terhadap manusia adalah iritasi sistem pernafasan. pada konsentrasi 6-12 ppm mudah diserap oleh selaput lendir saluran pernafasan bagian atas. sedangkan duapertiga dari jumlah sulfur di udara berasal dari sumber-sumber alam seperi volkano dan terdapat dalam bentuk H2S dan oksida. dan kebanyakan dalam bentuk SO2. 2001 Hujan Asam (acid rain) Kata Kunci: acid rain. dan apabila pemaparan ini terjadi berulang kali. Sulfur dioksida (SO2) bersifat iritan kuat pada kulit dan lendir. nitrogen oksida. speme ini dapat menjadi hebat pada keadaan dingin dan pada konsentrasi yang lebih besar terjadi produksi lendir di saluran pernafasan bagian atas. sebelum menjatuhkannya ke permukaan bumi dalam perjalanan jauh itu atmosfir bertidak sebagai reaktor kimia yang kompleks merubah zat pencemar setelah berinteraksi dengan substansi lain. Udara yang tercemar Sulfur Oksida (SOx) menyebabkan manusia akan mengalami gangguan pada sistem pernafasannya. uap air dan energi matahari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa iritasi tenggorokan terjadi pada konsentrasi SO 2 sebesar 5 ppm atau lebih. Hal ini karena gas SOx yang mudah menjadi asam tersebut menyerang selaput lendir pada hidung. sulfur oksida Ditulis oleh Achmad Lutfi pada 27-02-2009 Atmosfir dapat mengangkut berbagai zat pencemar ratusan kilometer jauhnya. Sumber: Fardiaz. bahkan pada beberapa individu yang sensitive iritasi terjadai pada konsentrasi 1-2 ppm. Pada kondisi tertentu sulfur oksida (SOx) dan nitrogen oksida (NOx) hasil pembakaran bahan bakar fosil akan bereksi dengan molekul-molekul uap air di atmosfir menjadi . dan apabila kadarnya bertambah besar maka akan terjadi reaksi peradangan yang hebat pada selaput lendir disertai dengan paralycis cilia. Dampak Pencemaran Lingkungan. dan pada kadar rendah dapat menimbulkan spesme tergores otot-otot polos pada bronchioli. tenggorokan.Dampak Sulfur Oksida (SOx) Terhadap Kesehatan Posted on Desember 30. SO2 dianggap polutan yang berbahaya bagi kesehatan terutama terhadap orang tua dan penderita yang mengalami penyakit kronis pada sistem pernafasan dan kardiovaskular. 2002 Wardhana. Serangan gas SOx tersebut menyebabkan iritasi pada bagian tubuh yang terkena. Polusi Air dan Udara. maka iritasi yang berulang-ulang dapat menyebabkan terjadi hyper plasia dan meta plasia sel-sel epitel dan dicurigai dapat menjadi kanker.

mekanisme terjadinya hujan asam. proses terjadinya hujan. terjadinya hujan asam Cari Artikel .asam sulfat (H2SO4) dan asam nitrat (HNO3) yang selanjutnya turun ke permukaan bumi bersama air hujan yang dikenal hujan asam. Gambar 2 Proses terjadinya hujan asam Kata Pencarian Artikel ini: hujan asam. Artikel tentang hujan asam. Ribuan danau airnya telah bersifat asam sehingga tidak ada lagi kehidupan akuatik. Hujan asam telah menimbulkan masalah besar di daratan Eropa. gambar hujan asam. Dampak negatif dari hujan asam selain rusaknya bangunan dan berkaratnya benda-benda yang terbuat dari logam. proses hujan asam. dikenal dengan “danau mati”. juga terjadinya kerusakan lingkungan terutama mengasakan (acidification) danau dan sungai. proses terjadinya hujan asam. MAKALAH PENJELASAN HIDROKARBON SUBTITUSI DAN ELIMINASI. Amerika Serikat dan di Negara Asia termasuk Indonesia. proses terjadinya danau.

Jumlah SO3 yang terbentuk bervariasi dari 1 sampai 10% dari total SOx. intensitas.Parameter Pencemaran Udara : SULFUR DIOKSIDA A. bahan sorptif dan alkalin yang tersedia.> SO3 di udara dalam bentuk gas hanya mungkin ada jika konsentrasi uap air sangat rendah. Setelah berada diatmosfir sebagai SO2 akan diubah menjadi SO3 (Kemudian menjadi H2SO4) oleh proses-proses fotolitik dan katalitik Jumlah SO2 yang teroksidasi menjadi SO3 dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk jumlah air yang tersedia. Mekanisme pembentukan SOx dapat dituliskan dalam dua tahap reaksi sebagai berikut : S + O2 < --------. Pada malam hari atau kondisi lembab atau selama hujan SO2 di udara diaborpsi oleh droplet air alkalin dan bereaksi pada kecepatan tertentu untuk membentuk sulfat di dalam droplet.> SO2 2 SO3 2 SO2 + O2 < --------. Jika konsentrasi uap air sangat rendah. Pembakaran bahan-bahan yang mengandung Sulfur akan menghasilkan kedua bentuk sulfur oksida. yaitu sulfurdioksida (SO2) dan Sulfur trioksida (SO3). B. sedangkan sulfur trioksida merupakan komponen yang tidak reaktif. SO3 dan uap air akan segera bergabung membentuk droplet asam sulfat (H2SO4 ) dengan reaksi sebagai berikut : SO SO2 + H2O2 -----------. tetapi jumlah relative masing-masing tidak dipengaruhi oleh jumlah oksigen yang tersedia. SIFAT FISIKA DAN KIMIA Pencemaran oleh sulfur oksida terutama disebabkan oleh dua komponen sulfur bentuk gas yang tidak berwarna. Di udara SO2 selalu terbentuk dalam jumlah besar. Dua pertiga hasil kegiatan manusia dan kebanyakan dalam . SUMBER DAN DISTRIBUSI Sepertiga dari jumlah sulfur yang terdapat di atmosfir merupakan hasil kegiatan manusia dan kebanyakan dalam bentuk SO2.> H2SO4 Komponen yang normal terdapat di udara bukan SO3 melainkan H2SO4 Tetapi jumlah H2SO4 di atmosfir lebih banyak dari pada yang dihasilkan dari emisi SO3 hal ini menunjukkan bahwa produksi H2SO4 juga berasal dari mekanisme lainnya. dan keduanya disebut sulfur oksida (SOx). Jumlah bahan katalik. Jika uap air terdapat dalam jumlah cukup. Sulfur dioksida mempunyai karakteristik bau yang tajam dan tidak mudah terbakar diudara. waktu dan distribusi spektrum sinar matahari.

DAMPAK TERHADAP KESEHATAN Pencemaran SOx menimbulkan dampak terhadap manusia dan hewan. Kadar SO2 yang berpengaruh terhadap gangguan kesehatan adalah sebagai berikut : Konsentrasi (ppm) 3–5 8 – 12 20 20 20 50 – 100 400 -500 Jumlah terkecil yang dapat dideteksi dari baunya Jumlah terkecil yang segera mengakibatkan iritasi tenggorokan Jumlah terkecil yang akan mengakibatkan iritasi mata Jumlah terkecil yang akan mengakibatkan batuk Maksimum yang diperbolehkan untuk konsentrasi dalam waktu lama Maksimum yang diperbolehkan untuk kontrak singkat ( 30 menit ) Berbahaya meskipun kontak secara singkat Pengaruh D. zink (ZnS). Pengaruh utama polutan Sox terhadap manusia adalah iritasi sistim pernafasan. misalnya pembakaran arang. Dua pertiga bagian lagi berasal dari sumber-sumber alam seperti vulkano dan terdapat dalam bentuk H2S dan oksida. Hal ini disebabkan adanya elemen penting alami dalam bentuk garam sulfida misalnya tembaga ( CUFeS2 dan CU2S ). minyak bakar gas. industri peleburan baja dan sebagainya. Kerbanyakan senyawa logam sulfida dipekatkan dan dipanggang di udara untuk mengubah sulfida menjadi oksida yang mudah tereduksi. PENGENDALIAN PENCEGAHAN . Masalah yang ditimbulkan oleh bahan pencemar yang dibuat oleh manusia adalah ditimbulkan oleh bahan pencemar yang dibuat oleh manusia adalah dalam hal distribusinya yang tidak merata sehingga terkonsentrasi pada daerah tertentu. kerusakan pada tanaman terjadi pada kadasr sebesar 0. SO2 dianggap pencemar yang berbahaya bagi kesehatan terutama terhadap orang tua dan penderita yang mengalami penyakit khronis pada sistem pernafasan kadiovaskular. Oleh karena itu SO2 secara rutin diproduksi sebagai produk samping dalam industri logam dan sebagian akan terdapat di udara. Selain itu sulfur merupakan kontaminan yang tidak dikehandaki didalam logam dan biasanya lebih mudah untuk menghasilkan sulfur dari logam kasar dari pada menghasilkannya dari produk logam akhirnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa iritasi tenggorokan terjadi pada kadar SO2 sebesar 5 ppm atau lebih bahkan pada beberapa individu yang sensitif iritasi terjadi pada kadar 1-2 ppm. C.5 ppm. meskipun dengan kadar yang relative rendah. industri asam sulfat. Tetapi pembakaran bahan bakar pada sumbernya merupakan sumber pencemaran Sox. Individu dengan gejala penyakit tersebut sangat sensitif terhadap kontak dengan SO2. Merkuri (HgS) dan Timbal (PbS). Sedangkan pencemaran yang berasal dari sumber alam biasanya lebih tersebar merata. Pabrik peleburan baja merupakan industri terbesar yang menghasilkan Sox. kayu dan sebagainya Sumber SOx yang kedua adalah dari proses-proses industri seperti pemurnian petroleum.bentuk SO2.

wordpress.go. dilakukan upaya-upaya : a) Menggunakan alat pelindung diri (APD). seperti masker gas. Manusia Apabila kadar SO2 dalam udara ambien telah melebihi Baku Mutu (365mg/Nm3 udara dengan rata-rata waktu pengukuran 24 jam) maka untuk mencegah dampak kesehatan. PENANGGULANGAN 1) Memperbaiki alat yang rusak 2) Penggantian saringan/filter 3) Bila terjadi/jatuh korban.ohlog. b) Mengurangi aktifitas diluar rumah.com/hidrokarbon.depkes. maka lakukan : · Pindahkan korban ke tempat aman/udara bersih. · Berikan pengobatan atau pernafasan buatan.org/wiki/Hidrokarbon .html id. 1. b) Merawat mesin industri agar tetap baik dan lakukan pengujian secara berkala.com/2008/12/30/dampak-sulfur-oksida-sox-terhadap-kesehatan/ http://sahri.cat3518. · Kirim segera ke rumah sakit atau Puskesmas terdekat Sumber : http://www. Bahan Baku a) Pengelolaan bahan baku SO2 sesuai dengan prosedur pengamanan. c) Menggunakan bahan bakar minyak atau batu bara dengan kadar Sulfur rendah.id/ Daftar pustaka http://putraprabu.wikipedia.Sumber Bergerak a) Merawat mesin kendaraan bermotor agar tetap berfungsi baik b) Melakukan pengujian emisi dan KIR kendaraan secara berkala c) Memasang filter pada knalpot Sumber Tidak Bergerak a) Memasang scruber pada cerobong asap. 2.

ensiklopedia bebas Artikel ini tidak memiliki referensi sumber tepercaya sehingga isinya tidak bisa diverifikasi.Fisika partikel Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Bantulah memperbaiki artikel ini dengan menambahkan referensi yang layak. Artikel yang tidak dapat diverifikasikan dapat dihapus sewaktu-waktu oleh Pengurus. Tag ini diberikan tanggal 21 Juni 2010 .

Kosmologi      Tumbukan dari 2 sinar atom emas dicatat olehRHIC Umur alam semesta Big Bang Comoving distance Cosmic microwave background Energi gelap Materi gelap metrik FLRW Persamaan Friedmann Formasi galaksi Hukum Hubble Inflasi Struktur skala besar Model Lambda-CDM Nukleosintesis Pergeseran merah Bentuk alam semesta Garis waktu kosmologi Garis waktu alam semesta Ultimate fate of the universe Alam semesta Topik lain                Fisika partikel adalah cabang dari fisika yang mempelajari partikel dasar pembentuk benda dan radiasi. [sunting]Partikel Subatomik     Astrofisika Relativitas umum Fisika partikel Gravitasi kuantum Sebuah foto menampilkan 6 quark. dan neutron (proton dan neutron sebenarnya partikel gabungan yang terdiri . dan interaksi antara mereka. termasuk unsur atom seperti elektron. dan 6 partikel lepton yang berinteraksi. karena banyak partikel dasar tidak terjadi dalam keadaan biasa di alam. proton. tetapi dapat diciptakan dan dideteksi pada saat benturan berenergi partikel lainnya. seperti yang dilakukan dalam pemercepat partikel. Dia juga disebut fisika energi tinggi. menurut Model Standar Penelitian mutakhir fisika partikel difokuskan pada partikel sub-atomik.

Teori partikel cahaya juga diusulkan oleh Alhazen. fisikawan menemukan bahwa atom ternyata bukanlah partikel dasar alam. boson vektor 4 (5 jika Anda menghitung antipartikel secara terpisah). tetapi gabungan dari partikel-pertikel yang lebih kecil. dari kata Yunani atomos . sebagian besar fisikawan partikel percaya bahwa model ini masih belum bisa memberikan penjelasan yang lengkap tentang alam. John Dalton. yang jenisnya kini mencapai ratusan sejak ditemukan partikel gabungan pertama pada 1960-an. Model Standar memiliki 17 jenis partikel dasar: 12 fermion (24 jika Anda menghitung antipartikel secara terpisah). Ide-ide awal didirikan di penalaran filosofis abstrak daripada eksperimen dan pengamatan empiris. Robert Boyle dan Isaac Newton. berarti "tak terbagi". Dignaga dan Dharmakirti. Sepanjang tahun 1950-an dan 1960-an. neutrino. seperti foton. Model Standar telah ditemukan sesuai dengan hampir semua tes percobaan yang dilakukan saat ini. Mereka juga mengarah pada pengembangan senjata nuklir. "partikel dasar" merujuk pada objek seperti elektron dan foton dan "partikel" ini menampilkan sifat gelombang juga. partikel yang dihasilkan oleh proses radioaktif dan hamburan. ilmuwan abad pertengahan seperti Alhazen. Pada abad ke-19. Penelitian fisika nuklir dan fisika kuantum pada awal abad 20 memuncak pada bukti fisi nuklir di tahun 1939 oleh Lise Meitner (berdasarkan percobaan oleh Otto Hahn). Namun. dan muons. Sebenarnya. Dalam beberapa tahun terakhir.dari quark). seperti partikel dalam seubah kondisi percobaan dan seperti di gelombang kondisi keadaan lain (lebih teknis mereka dijelaskan oleh vektor keadaan dalam ruang Hilbert. Doktrin filosofis atomisme dan sifat partikel dasar dipelajari oleh Filsuf Yunani kuno seperti Leucippus. Partikel-partikel dasar ini dapat bergabung untuk membentuk partikel gabungan. Semua partikel dan interaksi mereka diamati sampai masa kini dapat dijelaskan sepenuhnya oleh sebuah teori medan kuantum yang disebut Model Standar. ukuran massa neutrino telah memberikan simpangan percobaan pertama dari Model Standar. dan bahwa ada teori yang lebih fundamental. bahkan mungkin melakukan (walaupun tidak menguntungkan) transmutasi timah menjadi emas. teori medan kuantum lihat). serta berbagai partikel eksotis. mendekati akhir abad ini. [sunting]Sejarah Gagasan bahwa semua materi terdiri dari partikel dasar dimulai setidaknya dari abad ke-6 SM. Ibnu Sina. istilah partikel adalah keliru karena dinamika fisika partikel diatur oleh mekanika kuantum. menyimpulkan bahwa setiap unsur alam terdiri dari satu jenis partikel yang unik. Mengikuti konvensi fisikawan partikel. Ibnu Sina dan Algazel. Dengan demikian. berbagai partikel ditemukan dalam eksperimen hamburan . Democritus dan Epicurus. Namun. melalui karyanya pada stoikiometri. Dalton dan sezamannya percaya ini adalah partikel dasar alam dan dengan demikian mereka bernama atom. Penemuan-penemuan ini memunculkan industri aktif untuk menghasilkan satu atom dari yang lain. Gassendi dan Newton. dan fusi nuklir oleh Hans Bethe di tahun yang sama. dan fisikawan Eropa awal modern seperti Pierre Gassendi. mereka menunjukkan perilaku dualitas gelombang-partikel. dan 1 boson skalar. Filsuf India kuno seperti Kanada.

Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya. Artikel bertopik fisika ini adalah sebuah rintisan. .yang disebut sebagai "kebun binatang partikel". [sunting]Teori medan Teori medan adalah kajian fisika teori untuk dinamika partikel elementer dengan mengasumsikan partikel sebagai medan. Istilah ini telah ditinggalkan setelah perumusan Model Standar selama tahun 1970-an di mana sejumlah besar partikel itu dijelaskan sebagai kombinasi dari sejumlah partikel fundamental.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful