OPTIMASI PARAMETER PROSES PENGGILINGAN AKHIR CNC MENGGUNAKAN PCA BERBASIS METODE TAGUCHI

Oleh: Bayu Priyanka 2111091012

pendahuluan  Dalam pekerjaan penelitian yang diusulkan. Hal ini juga tergantung pada bahan alat-bekerja. kehalusan permukaan. Dimensi akurasi. materi penghapusan tingkat (MRR) dan kekasaran permukaan produk yang disiapkan oleh penggilingan akhir CNC operasi adalah untuk dipelajari eksperimen dan hasilnya. mengurangi produktivitas. Kualitas dan produktivitas adalah dua kriteria penting namun bertentangan dalam setiap operasi mesin. tingkat kualitas untuk dikompromikan. stabilitas bentuk. Produktivitas dapat diartikan dalam hal laju materi penghapusan dalam operasi mesin dan kualitas merupakan memuaskan hasil dalam hal karakteristik produk yang diinginkan oleh pelanggan. Sebaliknya. Investigasi pada pengembangan hubungan matematika dan korelasi yang adam antara tersebut di atas fitur telah dicoba oleh peneliti sebelumnya tetapi sampai batas tertentu . Oleh karena itu. yang diperoleh harus ditafsirkan secara analitis. penting untuk mengoptimalkan kualitas dan produktivitas secara bersamaan. daripadanya. pemenuhan persyaratan fungsional di daerah yang ditentukan dll aplikasi atribut kualitas penting dari produk. Saling ketergantungan dan korelasi antara kualitas dan produktivitas adalah sangat kompleks dan sulit dipahami. peningkatan kualitas hasil dalam meningkatkan waktu mesin sehingga. Dalam rangka untuk memastikan tinggi produktivitas. Meningkatkan dalam hasil produktivitas dalam pengurangan waktu mesin yang dapat mengakibatkan penurunan kualitas.

Keuntungan utama dari PCA adalah bahwa setelah pola dalam data telah diidentifikasi. data dapat dikompresi. Normalisasidata. tanpa kehilangan banyak informasi. Principal Component Analysis (PCA)  Analisis Komponen Utama (PCA) adalah cara mengidentifikasi pola dalam data berkorelasi. Data dinormalisasi memiliki maka telah digunakan untuk membangun varianskovarians matrixM.2. Johnson dan Wichern (2002). Perhitungan matriks kovarians. Interpretasi dari matriks kovarians. yang diilustrasikan sebagai berikut: Di mana u adalah singkatan untuk jumlah karakteristik kualitas dan p singkatan jumlah berjalan eksperimental . dan mengungkapkan data dalam suatu rupa sehingga untuk menyorot persamaan dan perbedaan. yaitu dengan mengurangi jumlah dimensi. Metode yang terlibat dalam PCA dibahas di bawah ini:     Mendapatkan beberapa data.

Ortogonal Array Taguchi (OA) menyediakan satu set yang seimbang percobaan (dengan jumlah kurang dari berjalan eksperimental). Metode Taguchi menggunakan ukuran statistik kinerja yang disebut sinyal-to-noise rasio. yang merupakan fungsi logaritmik dari output yang diinginkan. Metode Taguchi  Filosofi Taguchi. adalah alat yang efisien untuk desain manufaktur berkualitas tinggi sistem. . yang dikembangkan oleh Dr Genichi Taguchi. Rasio S / N mengambil keduanya berarti dan variabilitas ke rekening. dan sinyal-to-noise rasio Taguchi (S / N). Rasio S / N adalah rasio dari rata-rata (Sinyal) untuk deviasi standar (Kebisingan).3. berfungsi sebagai fungsi obyektif dalam optimasi proses.

 .  Menghitung berat piring masing-masing oleh meteran keseimbangan presisi tinggi digital sebelum mesin. Inggris) Karya eksperimental ini berusaha untuk mengevaluasi hasil optimal untuk pemilihan kecepatan spindle (S). (f) dan kedalaman potong (d) dalam rangka mencapai kekasaran permukaan yang baik (nilai Ra) dan bahan tingkat removal tinggi (MRR) selama penggilingan akhir CNC proses. Talysurf (Taylor Hobson. Surtronic 3 +. Nilai-nilai nilai kode dan aktual dari setiap. Mengukur kekasaran permukaan dan profil permukaan dengan bantuan stylus Profilometer-tipe portabel.  Menciptakan program-program bagian CNC untuk path alat dengan perintah tertentu menggunakan berbagai tingkat kecepatan spindle. Memeriksa dan mempersiapkan CNC milling vertikal sistem mesin siap untuk melakukan operasi mesin.  Mempersiapkan aluminium piring persegi panjang ukuran 95 mm x 75 mm x 10 mm dalam membentuk mesin CNC untuk melakukan akhir penggilingan. Tabel 1 merupakan parameter kontrol proses yang dipilih digunakan selama percobaan.  Menghitung berat masing-masing piring mesin lagi oleh keseimbangan meteran digital. Parameter ini telah diizinkan bervariasi dalam tiga tingkatan yang berbeda. pakan dan kedalaman potong dan kemudian operasi penggilingan akhir pertunjukan.Eksperimental setup dan prosedur Rincian dari rencana eksperimental diberikan di bawah ini. laju pakan.

dalam operasi CNC penggilingan akhir. untuk perbaikan mutu berkelanjutan. untuk multiobjective produk serta optimasi proses. misalnya. dalam kasus proses (kimia dan farmasi) industri ketika ada ratusan variabel respon. . Hal ini dapat direkomendasikan bahwa PCA berdasarkan metode Taguchi adalah hibrida yang baik. Tidak adanya korelasi antara tanggapan yang asumsi dasar untuk menerapkan teknik optimasi Taguchi. berikut ini\ kesimpulan yang bisa ditarik.Kesimpulan  Dalam studi sebelumnya. bersama dengan studi kasus. Aplikasi PCA dapat menghilangkan multico-linearitas (korelasi) dari respon output dan mengubah tersebut berkorelasi tanggapan ke indeks kualitas berkorelasi disebut komponen utama. Metode yang diusulkan telah ditemukan efisien untuk memecahkan multi-atribut pengambilan keputusan yaitu masalah. Dari studi dan analisis. penggunaan metode PCA berdasarkan Taguchi hibrida telah diusulkan dan diadopsi untuk solusi multiobjective optimasi.