BAB I Soal hal 15-18 1.

Jelaskan secara singkat dengan menggunakan kata-kata sendiri tentang istilahistilah dibawah ini! 1.1. Psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari semua aspek tingkah laku manusia baik kognitif, afektif, maupun psikomotor ditinjau dari semua sudut dan menyajikan prinsip-prinsip elementer, esensial dan universal 1.2. Olahraga adalah perilaku manusia yang bersifat universal yang berorientasi pada tujuan fisik dan psikhis 1.3. Psikologi olahraga adalah sebuah bidang kajian yang menerapkan prinsipprinsip psikologi dalam setting olahraga, baik penampilan individual maupun tim, ditandai oleh sejumlah interaksi dengan individu lain dan situasi-situasi eksternal yang menstimulasinya. 2. Sesuai dengan beberapa pengertian tentang psikologi olahraga dari para ahli. Buatlah sebuah matrik analisis (tabel) yang berisi tentang persamaan dan perbedaan pandangan-pandangan tersebut dan susunlah sebuah pengertian menurut anda sendiri sesuai dengan hasil analisis tersebut. 3. Ada dua tujuan utama psikologi olahraga, yaitu 3.1. Mempelajari bagaimana factor-faktor psikologis dapat mempengaruhi penampilan fisik individu 3.2. Memahami bagaimana partisipasi dalam olahraga dapat mempengaruhi secara positif perkembangan kesehatan dan kesempurnaan psikologis individu 4. Dua bidang kepentingan dari psikologi olahraga terdiri atas : 4.1. 4.2. 5. Psikologi olahraga berkaitan dengan bidang-bidang lain, antara lain dengan: 5.1. Psikologi perkembangan 5.2. Psikologi belajar 5.3. Psikologi kepribadian 5.4. Psikologi sosial 5.5. psikometri 6. Seperti diketahui ada empat jenis pendekatan dalam psikologi olahraga. Kemukakan alasan, kapan tiap pendekatan tersebut dapat digunakan secara efektif dalam aktivitas olahraga! 6.1. Pendekatan individual digunakan bila 6.2. Pendekatan social interaktif digunakan bila 6.3. Pendekatan multi dimensional digunakan bila 6.4. Pendekatan system digunakan bila 7. Ada tiga orientasi pokok dalam psikologi olahraga, yaitu

tantangan apa saja yang dihadapi psikologi olahraga dalam hubungannya dengan pembinaan olahraga di Indonesia? 1. afektif. kecemasan. Belajar adalah proses yang mengantarkan kearah perubahan perilaku (baik kognitif.2. Pengetahuan dan pemahaman tentang sejumlah factor psikologik tersebut dapat dijadikan bahan untuk membantu memecahkan problem-problem aplikatif dalam usah pembinaan siswa atau atlet. Sejumlah teori dan penelitian dalam psikologi olahraga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk melakukan kaji banding dan kemungkinan penerapan dalam praktek pembelajaran atau pelatihan 9.2.7. Menurut pendapat anda.1.1.3.4. guru pendidikan jasmani. Orientasi perilakun kognitif 8.1. dan pelatih olahraga terdiri atas: 8.1. BAB II Soal hal 41-44 1. Dalam kaitannya dengan pertanyaan no 9. menurut anda. Empat manfaat psikologi olahraga bagi para profesional. misalnya pembinaan percaya diri.2. maupun psikomotor) yang relative menetap sebagai akibat dari proses latihan atau pengalaman dan bukan karena pengaruhbkondisi tubuhbyang bersifat temporer seperti yang disebabkan oleh sakit.2. dan lain-lain melalui berbagai metode atau strategi latihan keterampilan psikologis (LKP) 8. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang pengertian istilah-istilah di bawah ini 1. 10.3. memahami dan menginternalisasi gejala-gejala psikologik tersebut yang dianggap dapat mempengaruhi peningkatan dan kemunduran prestasi siswa atau atlet 8. disipilin. kelelahan atau obat-obatan 1. Keterampilan adalah kompetensi yang diperagakan oleh sesorang dalam melakukan suatu tugas yang berkaitan dengan pencapaian suatu tujuan 1.sikap dan lain-lain 8. pembinaan kelompok. Orientasi psiko-fisiologis 7. Memahami gejala-gejala psikologik yang muncul pada siswa atau atletnya (seperti motivasi. Mengetahui. masalah-masalah apa saja yang dihadapi dalam peneapan psikologi olahraga di Indonesia? 9.3. Belajar keterampilan gerak adalah seperangkat proses internal yang mengantarkan kearah perubahan perilaku terutama perilaku gerak yang relative permanen sebagai akibat dari proses latihan atau pengalaman dan bukan karena pengaruh kondisi tubuh yang bersifat sementara seperti . Orientasi keperilakuan 7.

2. memungkinkan oindividu untuk panahan. merencanakan gerakannya 3 Keterampilan gerak Semua keterampilan yang saat Menendang bola diskrit awal dan saat akhir gerakannya dan menangkap dapat ditentukan dengan mudah bola. Sebutkan dan uraikan kedua variabel tersebut! 4. memukul dalam waktu singkat satelkok. renang. 4.keadaan sakit. menuntut individu untuk smash. sub variable kesiapan 4.1. Sebutkan dan jelaskan system klasifikasi keterampilan gerak berikut contohcontohnya dari setiap klasifikasi.1.2. Perspektif kognitif 2. defensife menyesuaikan gerakannya clear dan drive dengan kondisi lingkungan yang dalam permainan dinamik bulu tangkis.2. 2 Keterampilan gerak Keterampilan gerak yang Servis dalam tertutup dilakukan dalam lingkungan permainan bulu yang stabil atau dapat tangkis dan tenis. sub variabel lingkungan 5. Lengkapilah table di bawah ini dengan tahapan belajar keterampilan gerak! 2.2. lelah. sub variable pengalaman 4.1. mengapa umpan balik mempunyai perranan penting di dalam belajar keterampilan gerak dan penampilan olahraga? .1. Perspektif social-kognisi 3. sub variabel proses belajar 4. Variabel internal 4.1.2. variable eksternal 4. sub variable kemampuan gerak 4.3.1. Ada dua variabel utama yang mempengaruhi belajar keterampilan gerak. Buat dalam sebuah table analisis seperti di bawah ini: No Klasifikasi pengertian contoh keterampilan gerak 1 Keterampilan gerak Keterampilan gerak yang Gerakan tubuh terbuka dilakukan dalam lingkungan ketika melakukan yang sulit diperkirakan yang pukulan drop shot.2. karena obat-obatan atau proses kematangan fisik 2.1.4.1. sub variable motivasi 4. diperkirakan yang senam.melempar dan lebih sering berlangsung lembing. jenuh.

2. Unsur keluaran (output) berupa perubahan-perubahan prilaku yang dihasilkan 10. sebutkan dan jelaskan tiga karakteristik pokok belajar keterampilan gerak! 7.1. 8.2. yaitu suatu proses observasi secara sistematis yang digunakan untuk mengakses kemajuan belajar guna dibandingkan dengan tujuan yang telah ditetapkan.1. Umpan balik memiliki tiga fungsi pokok.Karena melalui umpan balik siswa atau atlet dapat mengetahui secara pasti bagaimana pandangan gurunya tentang apa yang dilakukannya. 6. Memilih satu jenis kesalahan dan memperbaikinya pada waktu yang sama 8. dan memainkan peranan penting dalam pencapaian tujuan sebab dapat memberikan informasi umpan balik secara verbal dan non verbal berkenaan dengan hasil belajar suatu keterampilan gerak dikaitkan dengan tujuan yang ingin dicapai.3. 7.1.1. Unsur proses belajar dalam bentuk pengalaman dan latihan yang memproses masukan 9. yaitu pengetahuan dan pemahaman siswa atau atlet tentang hasil belajar yang dicapainya.3. Menentukan penyebab kesalahan dan memberikan alternative solusi tentang apa yang harus dilakukan siswa atau atlet untuk memperbaikinya 9. yaitu berupa dorongan bagi siswa atau atlet untuk mengeksplorasi dan meningkatkan penampilannya sampai tujuannya tercapai 10. Membandingkan teknik gerakan atlet dengan teknik gerakan yang benar 8. yaitu: 8. perlu perbaikan. yaitu pengukuran dalam bentuk reviu atau catatan harian tentang proses belajar dan tingkat keterampilan gerak siswa atau atlet 6.2. ada 4 jenis umpan balik yaitu: 6.4.2. umpan balik pemantapan diri. 7.3. Umpan balik sebagai motivasi . atau bagaimana memperbaikinya 6.2. umpan balik pengetahuan tentang hasil. yaitu: 10. Umpan balik dapat diberikan dengan beberapa cara. Umpan balik sebagai informasi perbaikan kesalahan yaitu . 6.1. yaitu: 9. umpan balik pengukuran obyektif. Umpan balik sebagai penguatan dan hukuman .3. Unsur masukan (input) berupa tingkah laku individu sebelum belajar 9. apakah gerakan yang dipelajarinya sudah benar. yaitu 10. yaitu bentuk umpan balik yang dilakukan dengan menggunakan media audio-visual 7. Ada tiga unsure pokok dalam proses belajar.3. umpan balik tayangan video.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful