PERAN DAN FUNGSI ADMINISTRATOR

Powerpoint Templates Page 1

Misal : Untuk memeliharan dan mengoperasikan mail server dibutuhkan seorang postmaster.PERAN ADMINISTRATOR  Administrator dapat diibaratkan dokter dalam bidang ilmu komputer yang menguasai salah satu atau beberapa bidang yang secara umum disebut system administrator. Untuk memelihara dan mengeoprasikan web server dibutukan webmaster dll Powerpoint Templates Page 2 .  Administrator merupakan pemecah masalah TIK Admistrator dituntut untuk mampu memelihara dan menyelesaikan permasalahan pada bidang TIK yang dikuasai.  Administrator adalah seseorang yang dipekerjakan untuk mengoperasikan dan memelihara komputer serta jaringannya.

Sebabnya.MENGAPA DIBUTUHKAN SYSTEM ADMINISTRATOR ?  Jika suatu lembaga menggunakan dan memanfaatkan komputer dan TIK dalam pelaksanaan tugas-tugas tentu membutuhkan system administrator. seseorang tidak mungkin mampu mengurus pemeliharaan dan pengoperasian komputer dan IT dari A sampai Z (dengan tetap memiliki tugas dan tanggung jawab dalam bidang yang tidak berkaitan dengan IT  Administrator tidak harus dimiliki sebuah lembaga apabila sistem komputer yang digunakan tidak terlalu besar serta rumit (dan anggaran untuk merekrut tenaga administrator sangat terbatas) sebagai gantinya lembaga dapat menggunakan jasa outsourcing administrator  Namun demi kepentingan dan kelancaran pengolahan informasi dalam sistem komputer/IT administrator sangat diperlukan Powerpoint Templates Page 3 .

adalah pengelola Portal IPDN dengan tugas utamanya adalah mengelola keamanan sistem perangkat Lunak Portal secara keseluruhan diantaranya mendefinisikan.Administrator Utama. Powerpoint Templates Page 4 . membuat dan menghapus hak akses Administrator yang secara struktur berada dibawahnya.

APA YANG DILAKUKAN SEORANG ADMINISTRATOR ?  Merancang software dan melakukan instalasi hardware dan  Mendefinisikan dan mengidentifikasikan atribut yang digunakan oleh user  Melakukan dokumentasi konfigurasi sistem  Menjaga tingkat keamanan instalasi komputer  Meyakinkan infrastuktur dan jaringan komputer dalam keadaan baik  Melakukan backup dan restore  Menjawab masalah teknis dan memecahkan masalah  Melakukan audit software dan hardware  Mengidentifikasi ancaman dan tanggap terhadap isu yang berhubungan dengan sistem  Mengenalkan teknologi baru kepada user dalam sistem yang tengah digunakan Powerpoint Templates Page 5 .

RESIKO APA YANG DITIMBULKAN JIKA ADMINISTRATOR MELAKUKAN KESALAHAN?  Pemanfaatan optimal sumber daya komputer/IT tidak  Kerusakan dan kehilangan data  Pembiasan informasi penunjang keputusan yang diharapkan menjadi  Kehilangan daya tanggap dan kenyamanan dalam penggunaan komputer dan TIK Profesi terkait dengan IT Powerpoint Templates Page 6 .

TUGAS TERKAIT DENGAN WEBSITE/SITUS Powerpoint Templates Page 7 .

mengelola dan memelihara situs agar tetap berjalan dengan baik. Seorang webmaster biasanya melakukan hal-hal sebagai berikut:  Membuat materi / isi situs web  Mendesain arsitektur situs web  Menerapkan aplikasi situs web  Membuat tampilan situs web  Mengelola situs web Secara garis besar tugas seorang webmaster adalah bertanggung jawab untuk merencanakan.TUGAS WEB MASTER Webmaster merupakan sebutan untuk orang yang ahli dalam dunia web (teknologi informasi). Powerpoint Templates Page 8 . merancang.

diantaranya : WEB DESIGNER Web desingner berfungsi mendesain halaman web. Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang web designer adalah :  Dalam merancang halaman resolusi monitor pengunjung. dan web perhatikan dirancang desain  Mengikuti trend an ditujukan untuk kepuasan pengunjung. Powerpoint Templates Page 9 .  Penggunaan warna semenarik mungkin.Profesi webmaster terbagi lagi menjadi sub yang lebih kecil.

Javascript.WEB PROGRAMMER Web programmer biasanya menguasai beberapa pemograman web. seperti HTML. ASP. merancang basis data (database) dan mengelola  Menggabungkan antara desain dan program jadi satu dan membuat suatu system berjalan dengan baik Powerpoint Templates Page 10 . PHP dll. seorang web programmer mempunyai tanggung jawab sebagai berikut :  Membuat coding agar dapat di compile oleh browser  Membuat.

WEB ANIMATOR Web animator bertugas membuat animasi yang dapat menarik perhatian pengunjung. Dalam membuat animasi perlu diperhatikan rancangan website agar hasil akhir dari animasi bisa lebih menarik dan tidak memperburuk desain. konfigurasi. dan domain berjalan dengan baik merawat hosting dan  Menjaga keutuhan data dalam server  Mengatur account dan password untuk keperluan admin dan user  Mengatur keamanan server dan firewall Powerpoint Templates Page 11 . Tugas seorang web administrator dapat di jabarkan sebagai berikut :  Instalasi. WEB ADMINISTRATOR Web administrator bertanggung jawab atas berjalannya situs setelah selesai di buat.

Powerpoint Templates Page 12 .MANAGEMEN DAN KLASIFIKASI USER/PENGGUNA PADA SEBUAH WEBSITE/SISTEM INFORMASI Fungsi dan Tugas Manajemen User dan dibawah ini : Groups  Untuk memberikan hak akses berbagai sumberdaya web/sistem informasi kepada pengguna maka harus dibuat terlebih dahulu user dan group untuk tiap-tiap pengguna.  Biasanya untuk mengenali seorang pengguna serta hak-hak yang dimilikinya berdasarkan user dan group yang terdapat di DC (Domain Controller).

 Representasi seorang pengguna dalam sebuah website/sistem informasi adalah user account (untuk selanjutnya disebut account). Fungsi group adalah menggolongkan account ke dalam kelompokkelompok tertentu sesuai dengan hak yang akan diberikan. atau dengan nama khusus sesuai dengan tujuan dibuatnya account tersebut.  Beberapa account dapat digabungkan dalam satu atau lebih group. Powerpoint Templates Page 13 . Sebuah account biasanya diberi nama sesuai dengan nama pengguna yang bersangkutan. Biasanya account yang berada dalam satu group memiliki hak akses yang sama terhadap sumber daya website/group tertentu.

tingkatan Administrator hanya ada satu user yang diberikan hak akses sebagai admin. EDITOR Editor. hapus artikel seluruh member. sensor post. mulai dari penataan administrasi website. update thema website. Page 14 . dan bisa melakukan seluruh tugas semua level user. update script. menyetujui (review) pendaftaran member website.Klasifikasi User/pengguna pada sebuah website dibagi menjadi beberapa level guna efisiensi dan kejelasan tugas tiap-tipa user. terima/hapus/tolak komentar. Dalam hal ini. posting artikel. antara lain: ADMINISTRATOR Administrator adalah user yang bertugas melakukan kontrol seluruh fungsionalitas website. pada level ini bisa terdapat beberapa editor tergantung hak admin untuk menunjuk usernya sebagai Powerpoint Templates editor. bertugas menerima pending post. maintenance database. merupakan level user tertinggi ke-2 setelah administrator.

Dapat memposting komentar dan postingan komentar hanya dapat dilihat setelah disetujui (approve) oleh Administrator/Editor pada sebuah website Powerpoint Templates Page 15 .AUTHOR & CONTRIBUTOR Author & Controbutor. Ini adalah level user default yang otomatis diberikan kepada user yang mendaftar di website. merupakan level dimana user hanya sebatas memposting komentar terhadap artikel yang ada di website dan menerima update terbaru dari website melalui email. SUBSCRIBER Subscriber. VISITOR Semua pengunjung website. mengedit artikel & komentar. merupakan level user setelah Editor yang memiliki hak untuk memposting artikel & komentar. dan belum mendaftar/terdaftar sebagai member di website. dan menghapus artikel & komentar dirinya sendiri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful