P. 1
PedomanPengajuan Judul Skripsi_Online

PedomanPengajuan Judul Skripsi_Online

|Views: 8|Likes:
Published by Reski Ade Putra

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Reski Ade Putra on Jul 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/25/2013

pdf

text

original

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI

PENGERTIAN
1. Sebagai salah satu syarat memperoleh Sarjana Komputer (S.Kom), Sarjana Ekonomi (SE), Sarjana Teknik (ST), Sarjana Psikologi (S.Psi), Sarjana Desain (S.Dn), (S.Pd-TIK) dan Ahli Madya mahasiswa diwajibkan Tugas Akhir 2. Tugas Akhir dilaksanakan secara mandiri oleh mahasiswa, dimaksudkan bahwa inisiatif perancangan penelitian, pelaksanaan penelitian dan penulisan laporan Tugas Akhir ada pada diri mahasiswa sendiri.

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI
CIRI-CIRI TUGAS AKHIR

1. Harus ada permasalahan yang jelas 2. Harus memenuhi kaidah metodologi penelitian 3. Mengungkapkan adanya fakta-fakta baru atau fakta khusus yang obyektif. 4. Hasil Tugas Akhir dipertanggung jawabkan dan dituangkan dalam bentuk laporan dengan mengikuti tata tulis ilmiah yang telah ditentukan

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI

TUJUAN
1. Mampu membentuk sikap mental ilmiah 2. Mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian yang berdasarkan rasional tertentu yang dinilai penting dan bermanfaat ditinjau dari beberapa segi. 3. Mampu melaksanakan penelitian mulai dari penyusunan rancangan penelitian, pelaksanaan penelitian, sampai pelaporan hasil penelitian dalam bentuk naskah Tugas Akhir. 4. Mampu melakukan kajian secara kuantitatif dan kualitatif dan menarik kesimpulan yang jelas serta mampu merekomendasikan hasil penelitiannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan. 5. Mampu mempresentasikan dan mempertahankan hasil Tugas Akhir di dalam forum ujian sidang meja hijau di hadapan tim dosen penguji.

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI

JENIS PENELITIAN
1. Pengkajian/studi, antara lain :
• • • • • Literatur Perbandingan Kelayakan Perancangan Terapan

2. Perancangan, antara lain :
• Teori, metode atau asas baru • Model / system / program • Alat / prototype

3. Implementasi suatu solusi secara nyata.

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI

PERSYARATAN
1. Skripsi disusun oleh 1 orang mahasiswa 2. Mahasiswa boleh secara resmi mulai menempuh mata kuliah skripsi (menyusun skripsi) apabila sekurang-kurangnya telah menyelesaikan 90% beban studi kumulatif atau telah duduk di semester VII 3. Telah menyelesaikan semua mata kuliah prasyarat Skripsi 4. Memiliki KRS (Kartu Rencana Studi) yang mencantumkan Tugas Akhir tersebut 5. Telah menyelesaikan segala persyaratan administrasi yang dipersyaratkan untuk kegiatan Skripsi 6. Membuat Proposal pengajuan Skripsi (Judul, Outline dan sinopsis)

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI
PROSEDUR PENGUSULAN JUDUL ONLINE
1. Judul diajukan secara online melalui e-thesis 2. Judul disetujui / tidak disejui oleh Ketua Program Studi secara online 3. Judul Tugas Akhir yang tidak disetujui dianggap gugur/batal dan mahasiswa dapat mengajukan judul Tugas Akhir kembali sampai jangka waktu pengajuan judul berakhir atau s.d pengusulan judul ke3 4. Jika diterima maka mahasiswa dapat mencetak dan melanjutkan ke pembuatan outline dan sinopsis (proposal) 5. Penunjukan Dosen Pembimbing dilakukan oleh Ketua Program Studi dilaporkan kepada wakil Dekan 1 di Fakultas masing-masing. 6. Bila judul telah disetujui maka selanjutnya program studi akan membuat surat pengantar bagi mahasiswa yang akan melakukan riset ke perusahaan 7. Judul yang telah disetujui akan dibuatkan Surat Keputusan pengangkatan Pembimbing yang akan diserahkan ke dosen pembimbing melalui mahasiswa yang bersangkutan

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI
ISI PROPOSAL TUGAS AKHIR
1. Judul Tugas Akhir
Judul hendaknya dibuat singkat tetapi cukup jelas menggambarkan tema pokok dengan memperhatikan batasan kualitatif, kuantitatif dan sasaran.

2. Latar Belakang Masalah
Setiap penelitian yang diajukan untuk Tugas Akhir harus mempunyai latar belakang masalah (aktual) yang diduga atau yang memang memerlukan pemecahan. Latar belang timbulnya masalah perlu diuraikan secara jelas dengan sejauh mungkin didukung oleh data atau penalaran yang mantap. Kejelasan latar belakang timbulnya masalah akan memudahkan perumusan masalah.

3. Perumusan Masalah
Pada prinsipnya masalah yang akan dicari pemecahannya harus cukup terbatas ruang lingkupnya agar dapat dimungkinkan pengambilan kesimpulannya yang difinitif. Pengertian yang terbatas itu hendaknya ditetapkan dengan berorientasi kepada prospek kegunaannya secara operasional. Bila kegunaan operasionalnya hanya dapat dicapai melalui perumusan-perumusan masalah yang agak luas (tidak terlalu terbatas), hendaknya diarahkan kepada bisa tidaknya penelitian dengan masalah yang seluas itu dilaksanakan. Uraian perumusan masalah tidak perlu dalam bentuk kalimat pertanyaan.

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI
4. Ruang Lingkup Masalah
Pada penelitian, masalah yang ada hendaknya di batasi. Hal ini bertujuan, agar pembahasan yang dilakukan dapat secara detil, luas dan tetap sasaran.

5. Hipotesis
Pada penelitian, dugaan sementara tentang solusi permasahan yang akan dibahas dan dianalisa serta diberikan pemecahannya

6. Tujuan Tugas Akhir
Hasil utama dari tugas akhir adalah data atau informasi yang berhasil disusun melalui kegiatan penelitian. Uraian dengan singkat mengenai tujuan dari Tugas Akhir. Tugas Akhir dapat bertujuan untuk menjajagi, menguraikan, menerangkan, membuktikan, atau mendapatkan/menerapkan suatu gejala,konsep atau dugaan, atau membuat suatu prototip.

7. Metodologi
Uraikan metode yang digunakan dalam penelitian secara rinci. Uraian dapat mencakup variabel dalam penelitian, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data cara penafsiran dan pengumpulan hasil penelitian yang menggunakan metode kualitatif. Perlu juga dijelaskan pendekatan yang digunakan, proses pengumpulan dan analisis informasi, proses penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian.

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI
DAFTAR PUSTAKA
A. Contoh : Buku :
[ 1 ]. Date, C.J., An Introduction To Database Systems, 6th ed., Addison Willey Publishing Wesley Company, Inc., Reading Massachusetts, [ 1 ]. Anonim, Sistem Pemerintahan di Indonesia, cetakan pertama, PT. Gunung Agung, Jakarta 2010. B. Majalah / Jurnal : [ 1 ].Cattell R.G.G. and Skeen.J. “Object Operation Benchmark”. ACM Trans. Database Systems, 17, 2010, pp. 1 - 31. (Jika ada, nama dan kota penerbit dapat dicantumkan di antara volume dan halaman, nama jurnal digarisbawah / tebal / miring). C. Lebih dari tiga penulis : [1 ] Stoica, I, et all., “A Proportional Share Resource Allocation Algorithm for Real-Time, TimeShared Systems”, In Proceedings Real-Time Systems Symposium, IEEE Comp. Press, Desember, 2010, hlm. 288 - 299. D. Artikel : [ 1 ] N.L. Owsley, “Sonar array processing”, in Array Signal Processing, S. Haykin, Ed., Englewood Cliffs, NJ:Prentice_Hall, 2009, ch. 3,pp.115-193. E. Internet : [ 1 ] Galagher, P.R.Jr., “A guide to understanding audit in trusted system”, http://www.radium.nesc.mil/library/rainbow/NCSC-TG-001-2.html (1 Juni 2010) Atau URL:http://www.radium.nesc.mil/library/rainbow/NCSC-TG-001-2.html Bentuk Penulisan Daftar Pustaka (min 6 Buku) referensi terbaru diatas tahun

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI
Buku: [HOFFER EA 2010] Hoffer, Jeffrey A., et.al, “Modern Systems Analysis and Design”, 4th ed., Pearson Prentice Hall, New Jersey, 2010. [RAYPORT 2010] Rayport, Jeffrey F. and Bernard J. Jaworski, Introduction to e-Commerce, 2nd ed., McGraw Hill, New York, 2010. [SCHACH 2011] Schach, Stephen R., Object-Oriented and Classical Software Engineering, 6th ed., McGraw Hill, New York, 2011. [WATSON 2010] Watson, Richard T., “Data Management, Databases and Organizations”, 4th ed., John iley & Sons, Inc., Georgia, 2010. Jurnal: [SBY 2010] Karya Ilmiah: [AGUNG 2010] Yudhoyono, Susilo Bambang, Juni 2010, Sumbangan ICT dalam Membangun “Good Governance” Amat Besar, e-Indonesia, Vol.1, Jakarta. Agung, Fatah B., 2010, Sistem Informasi Kampus Terpadu Berbasis WEB Sebagai Jasa Layanan Perguruan Tinggi: Studi Kasus Kampus MKOM Universitas Putra Indonesia “YPTK”, Padang.

Tdk ada Pengarang: [BP 2006] . . . . . . , “Internet Governance”, Suara Bangsa, 19-9-1998, 3-4, Padang. Lain-2: [Ono W.L 2010] Onno W. Purbo. (editor), 2010, Konsep Nomor Identitas Tunggal Indonesia, Seminar e-Government, Universitas Putra Indonesia “YPTK”, Padang.

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI Ujian Sidang Meja Hijau
1. Ujian Tugas Akhir dilaksanakan satu periode dalam setiap semester. 2. Syarat untuk menempuh ujian sidang meja hijau / tugas akhir:
a) Telah menyelesaikan Tugas Akhir dan mendapat persetujuan/ pengesahan dari dosen Pembimbing b) Telah melakukan pengujian program oleh dosen pembimbing. c) Telah memenuhi jumlah bimbingan minimal yang ditentukan. d) Mengajukan surat permohonan untuk mengikuti sidang tugas akhir dengan melampirkan : - Surat bebas pustaka - Bukti lunas uang kuliah dan bebas biaya administrasi lainnya. - Surat persetujuan dari dosen pembimbing dan di ketahui oleh Dekan e) Menyerahkan sendiri konsep naskah TA yang telah di klip/jilid biasa kepada pembimbing dan dosen penguji. f) Semua persyaratan tersebut sudah diserahkan ke Tata Usaha Program studi paling lambat 1 minggu sebelum Ujian Tugas Akhir berlangsung.

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI
3. Apabila dengan alasan yang dapat diterima Pembimbing tidak dapat hadir dalam ujian, ketua program studi akan menunjuk seorang dosen tetap mendampingi mahasiswa tersebut. 4. Jumlah dosen penguji sebanyak 2 orang dan dipimpin oleh seorang Ketua Tim Penguji. 5. Apabila dosen penguji berhalangan hadir, ketua program studi akan menunjuk seorang pengganti. 6. Jadwal dan susunan Tim Penguji ditentukan oleh Wakil Dekan I & Ketua Program Studi. 7. Ujian berlangsung selama 120 menit yang terdiri dari : presentasi materi, pengujian program dan sesi tanya jawab. 8. Setelah ujian selesai Tim Penguji dan Pembimbing akan menentukan Lulus / Perbaikan atau Tidak Lulus tersebut dalam melaksanakan Tugas Akhir, dan dicatat dalam berita acara penilaian Tugas Akhir. Perbaikan-perbaikan (bila ada) disampaikan langsung oleh tim penguji kepada peserta sidang. 9. Pelaksanaan Ujian Tugas Akhir harus tercatat dalam Berita Acara Pelaksanaan Ujian Tugas Akhir.

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI
Jenis penilaian dalam pelaksanaan Tugas Akhir.
a. Nilai Bimbingan : oleh dosen pembimbing (I dan II) b. Nilai Ujian : oleh tim penguji (20% Performance, 20% Isi Skripsi, dan 60% Penguasaan) c. Nilai Program: oleh pembimbing, tim penguji 1. Nilai Bimbingan mencakup : Studi literatur, pengumpulan data, penguasaan materi, kreativitas, kerajinan, isi dan tata tulis naskah TA 2. Nilai Ujian mencakup : tata tulis, sikap/penampilan, penguasaan materi & ketepatan jawaban, penyampaian makalah yang dihasilkan dari nilai rata-rata dari 2 (dua) dosen anggota Tim Penguji. 3. Nilai program adalah nilai rata-rata dari Pembimbing dan tim penguji 4. Penentuan kelulusan Tugas Akhir pada sidang Ujian Tugas Akhir oleh Tim Penguji hanya ditentukan oleh nilai ujian tersebut. a. Nilai Ujian ≥ 65 dinyatakan LULUS b. Nilai Ujian < 65 dinyatakan TIDAK LULUS 5. Mahasiswa yang dinyatakan lulus oleh Tim Penguji akan diberitahukan langsung di depan mahasiswa yang disampaikan langsung oleh tim penguji. 6. Nilai akhir dari tugas akhir mahasiswa akan diumumkan setelah buku Tugas Akhir dan alat beserta kelengkapan lain sudah diserahkan keseluruh dosen/unit yang telah ditentukan.

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI Pasca Ujian Tugas Akhir (Sidang Skripsi)
1. Mahasiswa yang dinyatakan lulus ujian tugas akhir dapat melakukan kegiatan sebagai berikut : a. Memperbaiki isi dan tata tulis laporan tugas akhir dan model sesuai dengan petunjuk tim penguji dan pembimbing pada saat ujian tugas akhir. Setelah naskah tugas akhir selesai diperbaiki, hasil perbaikan ditunjukkan terlebih dahulu kepada : Pembimbing, Tim Penguji dan Ketua Program Studi. b. Khusus untuk perpustakaan dilampirkan Copy CD yang berisikan : abstrak, bab I sampai dengan bab terakhir dan source program Tugas akhir. d. Khusus bagi yang telah menyelesaikan kewajiban akademik dan akan ikut wisuda menyerahkan persyaratan administrasi untuk ikut wisuda ke BAUK. 2. Bagi yang dinyatakan tidak lulus ujian tugas akhir, mahasiswa tersebut tetap melakukan bimbingan kembali, memperbaiki kesalahan yang ada dan bersiap kembali untuk untuk maju ujian sidang tahap II / perbaikan

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI
TA Kesarjanaan :
Penelitian Skripsi Tesis S1

S2

Menguji teori yg ada – Penelitian aplikasi

Disertasi
Tugas Akhir Kesarjanaan

S3 Hasilkan teori baru –

kembangkan/perbaiki teori yg sudah ada

Proyek
S1 Desain (Rancangan) Perencanaan Bisnis Strategik Dll. S2

- Desain masih mrpk “setengah perjalanan” dari suatu penelitian. - Skripsi, tesis, disertasi : tugas akhir kesarjanaan yg dilakukan lewat penelitian.

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI
Dasar Perbedaan
Tkt

Skripsi
- S1 (Sarjana)
- Diskriptif (kuan/ kual) - Korelasi

Tesis
- S2 (Magister)
- Diskriptif (kuan/ kual) - Korelasi - Eksperimen - Terapan - Pengujian teori - Pengemb teori - Kompleks (min 3 variabel)

Disertasi
- S3 (Doktor)
- Diskriptif (kual) - Korelasi - Eksperimen - Pengemb teori - Penemuan teori baru - Sangat kompleks (min 5 variabel, disarankan lebih banyak)

Kesarjanaan
Penelitian

Jenis

Aplikasi

- Terapan

Kompleksitas

(banyaknya variabel yg terlibat pd penelitian kuan)

- Sederhana (min 1 variabel jika diskriptif atau 2 variabel jika korelasi)

PROSEDUR PENGUSULAN JUDUL SRKIPSI

1. Buka situs www.upiyptk.ac.id 2. Pilih e-thesis online

PROSEDUR PENGUSULAN JUDUL SRKIPSI

3. Login sebagai user, User Name : Nobp Log As : mahasiswa Password : Sesui Sisfo 4. Untuk Mengajukan Judul pilih Pengajuan Judul

PROSEDUR PENGUSULAN JUDUL SRKIPSI
4. Proses mengajukan Judul, Silahkan mengajukan judul, Tema, Lokasi, dan Bahasa Pemrograman Yang Anda gunakan. Untuk Lokasi dan Bahasa Pemrograman Jika tidak ada silahkan berikan tanda -

PROSEDUR PENGUSULAN JUDUL SRKIPSI
5. Jika Judul dan Lokasi penelitian tidak sama maka silahkan Anda memasukkan Latar Belakang Pemilihan Judul yang berisi kenapa memilih judul tersebut apa, kenapa dan apa hasilnya rekomendasi yang diharapkan.

PROSEDUR PENGUSULAN JUDUL SRKIPSI

PROSEDUR PENGUSULAN JUDUL SRKIPSI

PROSEDUR PENGUSULAN JUDUL SRKIPSI
6. Jika Judul Sudah diacc silahkan mencetak bukti seperti terlihat pada gambar click bukti, kemudian di lengkapi dengan bukti pembayaran, proposal (outline dan sinopsis) di berikan ke sekretariat.

PROSEDUR PENGUSULAN JUDUL SRKIPSI
7. Bukti seperti gambar di lengkapi dengan bukti pembayaran, proposal (outline dan sinopsis) di berikan ke sekretariat.

HUBUNGAN ANTARA SKILL ANALIS SISTEM DENGAN SDLC

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI

Front Office (Sub. Bag. TU)

Kepala Balai

Sub Bag. TU
3Com

Hub Sie. Teknik

Web + DB Server

Sie. Standar Ukuran dan Kalibrasi

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI SISTEM BELAJAR MENGAJAR ON-LINE

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI
USE CASE DIAGRAM PENDAFTARAN
<<include>>

Pendaftaran

periksa client

Catat pembayaran client <<extend>> Front Officer Kelola pembayaran client <<extend>> <<extend>> Cetak bukti pembayaran

<<extend>> Cetak tanda terima

Hapus Pendaftaran

TEKNIK DAN PERSYARATAN PENULISAN SRKIPSI

Informasi

Orang Tua Formulir PMB

Panitia PMB

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->