Alat-alat Musik Tradisional Melayu

Musik Melayu tidaklah mempunyai satu cara tertentu, melainkan menggunakan kepada 5 bunyi (skala Petatonik) atau 7 bunyi (Heptatonik) saja, dan tiadalah pula menurut aturan tertentu. Hal ini boleh dilihat dari cara memainkan serunai yang di tiup, dari satu daerah dengan kawasan Melayu yang lain sangatlah berbeda, ianya lebih kepada selera masing-masing peniup. Mungkin hal yang sedemikian itu, merupakan salah satu kesulitan untuk menciptakan cara notasi pada semua alat musik Melayu, untuk diturunkan kepada keturunan berikutnya. Mungkin disebabkan karena peniruan atau pengaruh, maka banyaklah alat musik tradisional Melayu yang mempunyai persamaan dengan negeri-negeri lain di Asia. Misalnya canang (gong kecil) juga ada di Muangthai yang disebut Khong Wong Yai, di Birma juga ada, demikian juga di Sabah melalui alat kulintangnya. Demikian jugalah halnya dengan serunai, ada di banyak negeri-negeri Asia. Jenis alat seperti rebab, kecapi (alat musik bertali atau chordophone), ceracap yang menggunakan buloh (idiophone) dan alat gendrang dari perunggu (membranophone) sudah dikenal sejak zaman kebudayaan Dongson di Asia. Kemudian pula gendang menggunakan satu muka seperti gendang ronggeng, rebana dan lain-lainnya adalah mendahului gendang-gendang yang bermuka dua seperti gendang silat, gendang nobat dan lain-lain. Disebabkan zaman dahulu itu tidak menggunakan notasi tertulis, maka untuk memudahkan ingatan dalam memainkan alat tersebut, misalnya di dalam suatu irama tertentu atau untuk membedakan tinggi rendahnya bunyi nada (pitch), dipakailah suku kata yang menentukan tibre gendang seperti “tak” (bunyi tertutup atau bass yang dimainkan gendang induk), dan “pong” (pada bunyi nyaring yang dimainkan oleh gendang anak). Seperkara demikian juga ada pada cara memainkan musik India (Tala) dengan rumusan suku kata seperti “ta”, “ka”, “dhin”, “na”, “tom”, “ki”, “ri”, “dha” dan juga dengan memakai gerakan-gerakan tangan (petikan jadi, lambaian tangan, tangan tertutup dan terbuka serta lain-lainnya) sebagai pembagian metrumnya. Pemain gendang haruslah menghafal suku kata suku kata itu di luar kepala. Hal ini juga berlaku pada musik Karo dan Mandailing. Pada musik tradisional Melayu, lebih diberikan kepada keahlian sebenarnya hanya mempunyai peranan sampingan saja dari keseluruhan musik Melayu. Oleh karenanya hanya ada 3 buah alat musik Melayu yang paling penting yaitu:

ceracap dan alat-alat perkussi lainnya. kesi (cymbal). Article By : Pijan Vijan . telempong. Barulah kemudiannya diikuti oleh alat-alat musik lainnya seperti Serunai.Rebab Gong Gong     Gendang Rebab (kemudian digantikan oleh biola) Gong atau Tetawak (kemudian digantikan peranannya oleh bass). bermacammacam jenis gendang.

.Alat Musik Tradisional Melayu Alat Musik Tradisional Melayu . Alat musik melayu dapat digolongkan menjadi empat jenis yaitu: .Cordofons adalah instrumen musik yang memiliki senar yang dimainkan dengan cara dipetik.Membranofons. Pada budaya Melayu. Rebana Ubi .Idiofons adalah instrumen musik perkusi yang dimainkan dengan cara dipukul. Tidak terkecuali di tanah Melayu Riau. . alat musik yang terbuat dari kulit atau membran yang membentang di atas instrumen untuk menghasilkan suara yang bila dipukul. Berikut beberapa alat musik tradisional Melayu Riau: 1. alat musik digunakan untuk mengiringi tarian atau lagu-lagu tradisional Melayu. Sejak zaman dahulu musik sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. .Musik merupakan salah satu hiburan bagi manusia. Tanah Melayu adalah salah satu daerah yang memiliki musik yang unik. Dengan musik perasaan menjadi tenang dan damai.Aerofons adalah alat musik tiup.

Selain itu Rebana ubi juga digunakan sebagai alat komunikasi sederhana pada zaman itu karena bunyinya yang cukup keras. Jumlah pukulan pada rebana ubi memiliki makna tersendiri yang telah dipahami oleh masyarakt saat itu. Rebana ubi sering digunakan saat upacara pernikahan. 2. Kompang .Alat musik ini sangat terkenal sejak zaman kerajaan Melayu Kuno.

Sape Sape adalah seruling tradisional masyarakat Melayu. Alat musik dibuat dengan bambu panjang yang dilubangi sehingga menghasilkan nada yang indah.Kompang merupakan alat musik Melayu yang paling populer saat ini. sape juga digunakan sebagai pelengkap musik pengiring dari lagu tradisional Melayu. kompang banyak digunakan dalam berbagai acara-acara sosial seperti pawai hari kemerdekaan. 3. Sampai saat ini alat musik ini masih sering digunakan. 4. Kompang memiliki kemiripan dengan rebana tetapi tanpa cakram logam gemerincing di sekelilingnya. Selain itu. Gabus . Selain itu alat musik ini juga digunakan untuk mengiringi lagu gambus. Sape digunakan untuk melengkapi musik tarian tradisional Melayu. Alat musik ini dapat dimainkan dengan cara ditiup. Salah satunya adalah untuk mengirinya musik dangdut (perkembangan dari musik Melayu).

Lirik lagunya berbahasa Arab. orkes gambus menjadi milik orang Betawi dan banyak diundang di pesta sunatan dan perkawinan. Lagu yang dibawakan berirama Timur Tengah. Kini. Tidak banyak yang dapat memainkannya.Gambus adalah alat musik petik seperti mandolin yang berasal dari Riau. Paling sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar. 6. isinya bisa doa atau shalawat. dan yang terkenal orkes gambus El-Surayya dari kota Medan pimpinan Ahmad Baqi. Sedangkan tema liriknya adalah keagamaan. Gendang . Gambus dimainkan sambil diiringi gendang. 5. Alat musik ini termasuk sulit untuk dimainkan. Alat musik ini bisa dimainkan dengan cara dipompa. Sebuah orkes memakai alat musik utama berupa gambus dinamakan orkes gambus atau disebut gambus saja Orkes gambus mengiringi tari Zapin yang seluruhnya dibawakan pria untuk tari pergaulan. Kordeon Kordeon adalah alat musik yang berasal dari Riau. Perintis orkes gambus adalah Syech Albar. bapaknya Ahmad Albar.

yang sudah lama menyelami budaya Jawa. gendhing kethuk kalih. sehingga bila dimainkan oleh satu orang denga orang lain maka akan berbeda nuansanya. yang menengah disebut kendang ciblon/kebar. Pasangan ketipung ada satu lagi bernama kendang gedhe biasa disebut kendang kalih. Bisa juga dimainkan cepat pada pembukaan lagu jenis lancaran .Jenis kendang yang kecil disebut ketipung. Kendang kalih dimainkan pada lagu atau gendhing yang berkarakter halus seperti ketawang.Kendang kebanyakan dimainkan oleh para pemain gamelan profesional. 7. Kendang kebanyakan di mainkan sesuai naluri pengendang.Gendang adalah instrumen Riau yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. dan ladrang irama dadi. Untuk wayangan ada satu lagi kendhang yang khas yaitu: kendhang kosek. Gong . Instrument ini dibunyikan dengan tangan.ladrang irama tanggung. tanpa alat bantu.

Gong merupakan sebuah alat musik pukul yang terkenal di Asia Tenggara dan Asia Timur. Di Korea Selatan disebut juga Kkwaenggwari. gong dikerok sehingga lapisan perunggunya menjadi lebih tipis. Cara memegang kkwaenggwari menggunakan lima jari ini ternyata memiliki kegunaan khusus. Saat ini tidak banyak lagi perajin gong seperti ini. Gong yang telah ditempa belum dapat ditentukan nadanya. karena satu jari (telunjuk) bisa digunakan untuk meredam getaran gong dan mengurangi volume suara denting yang dihasilkan. Nada gong baru terbentuk setelah dibilas dan dibersihkan. . Tetapi kkwaenggwari yang terbuat dari logam berwarna kuningan ini dimainkan dengan cara ditopang oleh kelima jari dan dimainkan dengan cara dipukul sebuah stik pendek. Apabila nadanya masih belum sesuai. Gong ini digunakan untuk alat musik tradisional.

Erhu .Alat Musik Oriental .

Erhu . Pada mulanya Erhu menggunakan dua senar yang terbuat dari sutra. delapan atau bulat. termasuk yang kita kenal sekarang sebagai Erhu. berlanjut ke Zaman Dinasti Ming dan kemudian Qing. karena dahulu alat musik ini diperkenalkan oleh orang Barbar yang berasal dari Asia Tengah. dan biasanya Erhu menggunakan membran dari kulit ular Piton. sehingga bunyi yang dihasilkan tidak cukup . dimana dalam kurun waktu tersebut Huqin telah berkembang menjadi bermacammacam jenis. Alat Musik Huqin sendiri mulai populer pada Zaman Dinasti Sung. secara umum alat musik gesek ini dikenal dengan nama istilah Huqin yang berarti alat musik orang Barbar. Erhu yang saya miliki ini kondisi fisik masih cukup baik dan cukup lengkap.Alat Musik Oriental Erhu merupakan alat musik tradisional Tiongkok yang paling populer disamping Guzheng dan Dizi. tetapi ada juga yang menggunakan bahan lainnya. dan dengan bervariasi ukurannya. semakin besar maka bunyi bass yang dihasilkan makin besar. Kotak suaranya ada yang berbentuk segi enam. tetapi untuk senarnya adalah bukan bawaannya. tetapi saat ini Erhu menggunakan senar dari logam. sudah diganti dengan senar gitar. begitu pula sebaliknya.

sehingga menarik untuk menjadi koleksi dan dapat menjadi pajangan pada salah satu sisi ruang dirumah anda.maksimal. untuk membrannya masih menggunakan kulit ular Piton. diperkirakan alat musik ini usianya sudah cukup tua. .

Malaysia. antara lain. dan Brunei Darussalam ciri musik melayu: a) ada rentak irama yang meliuk (cengkok) dalam alunan musiknya. Alat ini mirip sitar dan sudah dikenal sejak 3000 tahun yg lalu. c) syairnya tidak cengeng. cintakah. ciri khas ini tetap ada. Seperti umum diketahui bahwa masyarakat melayu adalah masyarakat yang menggandrungi seni sastra hingga terbawa ke lagu-lagu mereka. Walau kadang ada yang hanya nyaris datar. Singapura. apapun temanya. Tergantung pada sisi kuda-kuda tempta senar ditabuh h) SanXian adalah kecapi Cina yg mirip dengan Shamisen Jepang. Jepang. Accordion dan Gong  Musik Oriental Musik oriental berkembang dibeberapa negara yang oriental. b) syair-syair lagunya merupakan kalimat sanjak yang memiliki nilai kesusastraan. persahabatankah. tidak vulgar. e) Quqin memiliki 7 senar dan 13 efek pitch sehingga bisa memainkan 4 oktaf dengan menggunakan 50 jari f) Tangga nada yg digunakan pada musik Cina adalah tangga nada PENTATONIK yang terdiri dari 5 nada yaitu : c-d-e-g-a g) Alat musik oriental yang lain adalah : Qin dan Sitar Cina yang senarnya berjumlah 14 senar yg menghasilkan nada tinggi rendah. Indonesia. China. sosialkah. atau yang lain-lain. Korea. SanXian artinya senar . dan membawa pesan moral yang baik.Jenis Musik di Asia  Musik Melayu Musik melayu berkembang dibeberapa negara yang berbahasa melayu yaitu. d) menghasilkan sentuhan dendang dan joget e) Ciri khas musik melayu adalah menggunakan gendang tradisional atau rebana berukuran besar yang membawa sentuhan dendang dan melayu f) Instrumen yang dimainkan pada musik melayu adalah Biola. dan Hongkong Ciri musik oriental : a) keunikannya terletak pada instrumennya (alat musik string petik/gesek) b) bertangga nada pentatonis (do re mi fa sol la) c) suara yang dimainka menghasilkan suasana yang ekspresif d) Alat musik oriental yg terkenal adalah Quqin & Guqin.

b) Sedangkan bagian yang berdengung adalah : Instrumen Vina /Tambura dan alat perkusi yg dimainkan dengan tangan yaitu : Tabla c) Terdapat juga tradisi melantunlan Weda. alat musik Sitar. Yajurveda. Bangladesh. yaitu : Regveda. Tambura (kecapi India). Samaveda dan Atharvaveda d) Ciri khas musik Hindustan terletak pada ritme yang ditimbulkan oleh instrumen membranophone yang disebut Tabla dan instrumen string yang disebut Sitar e) Instrumen musik India antara lain: Tabla (gendang India). menunjukkan hubungan nya yang luas dengan pedagang dari Afrika. b) Ragam musik Timur tengah terbagi menjadi 3 macam yaitu nyanyian religi.musik rakyat dan nyanyian popular a.dan al-saba b. g) Permainan Raga tergantung pada waktu dan musim  Musik Timur Tengah a) Musik timur tengah berkembang di arab dan sekitarnya dan bahkan ada yang menyebutnya irama padang pasir. Namun dalam prakteknya hanya memainkan antara 5 sampai 12 nada. Surbahar dan beberapa jenis seruling lainnya.Nyanyian Populer .al-rakriez.al-ajarn. Musik Hindustan Musik Hindustan berkembang di negara India. kitab suci agama Hindu yang terdiri dari 4 bagian utama. c.al-hijaz. Sitar (gitar klasik India). Pakistan.alsike. Sarod. Ciri ciri musik hindustan : a) Sebuah ansambel musik India terdiri dari bagian melodi yaitu : vokal.Musik Rakyat Musik negara negara Jazirah Arab yang kaya dengan permainan drum.al-rast. Serangi ( rebab India) f) Tangga nada pada musik India diistilahkan dengan Raga yang satu oktafnya terdiri dari 22 nada. Nyanyian Religi  Nyanyian nyanyian nya berisikan ayat suci Al-Qur’an  Perhatian utama nya adalah teks lagu  Pengiring yang biasa di gunakan adalah “rebana” dll  Kasidah merupakan suatu bentuk puisiyang terkenal dalam kesastraan arab klasik  Lagu-lagu kasidah rebana berdasarkan pada tangga nada tradisional timur tengah yang memilik skala diatonic dan juga mikrotonik seperti terdapa dalam alunan tangga nada al-bayat.

bahasa dan gaya  Contoh alat musik: oud. Nay.  Penyanyi berusaha mempertahankan tradisi. Mijwir dan Santur . Perkusi. Merupakan perpaduaan dari kedua ragam musik sebelumnya. Mizwar. Rababah/Rebab.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful