P. 1
Makalah Badminton

Makalah Badminton

|Views: 1,493|Likes:
Published by Yusuf Atmadja

More info:

Published by: Yusuf Atmadja on Jul 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/23/2013

pdf

text

original

Makalah Bulu Tangkis

Disusun Oleh: Muhammad Yusuf Atmaja NIM : D0210-600 Semester 3 C

JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA 2011/2012

Makalah ini masih jauh dari sempurna. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Bulu Tangkis sebagai tugas semester 3. oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya. 19 Desember 2011 Penyusun ii .KATA PENGANTAR Puji syukur kami ucapkan atas kehadirat Allah SWT. karena berkat rahmat dan karunia-Nya kami masih diberi kesempatan menyelesaikan makalah ini. Surakarta. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Daftar Isi 4. Tujuan 5. Kata Pengantar 3.DAFTAR ISI 1. Teknik Dasar E. Sistem Perhitungan Point 6. Kesimpulan B. Latar Belakang B. Lapangan dan Jaring C. Peralatan yang Dibutuhkan D. Daftar Pustaka i ii iii 1 1 2 3 3 5 7 11 12 12 13 iii . Halamam Judul 2. Rumusan Masalah C. BAB III PENUTUP A. Sejarah Permainan Bulu Tangkis B. BAB II PEMBAHASAN A. Saran 7. BAB I PENDAHULUAN A.

Bagaimana cara melakukan servis yang benar? 1 . Di Indonesia permainan ini diduga masuk lewat orang Eropa yang membawanya ketika mereka datang ke mari. Pada saat itu demam bulutangkis dengan pemain top seperti Rudy Hartono. Peralatan apa saja yang dibutuhkan? 4. Setelah itu semakin diakui ketika menjadi juara piala Thomas dengan mengalahkan raksasa Malaya dan mulai aktif di berbagai kejuaraan di Eropa. LATAR BELAKANG Bulutangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Pemain putri juga muncul dan mendapat nama setelah merebut pula Uber tahun 1975. Teknik dasar permainan bulu tangkis? 5. melompati jaring ke wilayah di seputar batasan/aras tertanda sebelum pemain atau pasangan lawan bisa memukulnya balik. bulutangkis dimainkan dengan pemain di satu sisi bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau "shuttlecock") melewati net agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan. Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket. Bagaimana lapangan bulu tangkis? 3. dan terus menyervis sepanjang mereka terus mencetak poin. kemudian ini yang menjadi nama ajang pertandingan. Nama badminton sendiri diambil dari nama wilayah tanah pertanian milik bangsawan Inggris. dipopulerkan di Inggris setelah dia menjadi permainan orang kelas atas. Setelah memenangi satu poin.BAB I PENDAHULUAN A. Bulutangkis meskipun dikenal sebagai permainan yang dilahirkan di Poona India. Dia juga harus mencoba mencegah lawannya melakukan hal tersebut kepadanya. pemain atau pasangan penyervis (peladen) mencetak skor satu poin. RUMUSAN MASALAH 1. seluruh partai memakai sistem "pemenang dua dari tiga set" (best of three) yang masing-masing diraih dengan mencapai 21 poin secara rally point. B. Mirip dengan tenis. Bagaimana sejarah permainan Bulu tangkis? 2. pemain yang sama menyervis kembali. Indonesia sendiri mulai berkiprah di tingkat internasional ketika Tan Joe Hol menjadi juara All England tahun 1957. Sejak 1 Februari 2006. Untuk setiap kali ini berhasil dilakukan oleh regu yang menyervis.

Bagaimana system perhitungan point? C. sampai system perhitungan point. jarring. perlengkapan. BAB II 2 . lapangan. teknik dasar. Dari sejarah.6. TUJUAN Memberikan informasi kepada pembaca mengenai seputar bulu tangkis.

SEJARAH PERMAINAN BULU TANGKIS Olah raga yang dimainkan dengan kok dan raket. berjudul "Badminton Battledore . Ini kemudian dengan segera menjadi permainan anak-anak di wilayah setempat mereka. Inggris. dan di negara-negara Skandinavia. Di Inggris sejak zaman pertengahan permainan anak-anak yang disebut Battledores dan Shuttlecocks sangat populer. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yg lunak. objeknya dimanipulasi dengan kaki. Jianzi yang melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket. Olah raga ini mendapatkan namanya yang sekarang pada 1860 dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Ini melukiskan permainan tersebut dimainkan di Gedung Badminton (Badminton House). Rencengan peraturan yang pertama ditulis oleh Klub Badminton Bath pada 1877. Penduduk Inggris membawa permainan ini ke Jepang. yang saat ini mendominasi olah raga ini. estat Duke of Beaufort's di Gloucestershire. Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai dayung/tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya dari menyentuh tanah. permainan tersebut juga dikenali sebagai Poona pada masa itu. India pada abad ke-19 saat mereka menambahkan jaring dan memainkannya secara bersaingan. Objek/misi permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan. Alih-alih. Ini cukup populer untuk menjadi nuansa harian di jalan-jalan London pada tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini. Republik Rakyat Cina. bulu tangkis menjadi sebuah olah raga populer di dunia. kemungkinan berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu tetapi juga disebut-sebut di India dan Republik Rakyat Cina. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan.a new game" ("Battledore bulu tangkis . LAPANGAN DAN JARING Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar.PEMBAHASAN A.sebuah permainan baru"). seorang penyalur mainan Inggris. Oleh sebab kota Pune dikenal sebelumnya sebagai Poona. B. 3 . Para tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris pada 1850-an. dan Siam (sekarang Thailand) selagi mereka mengolonisasi Asia. Olah raga kompetitif bulu tangkis diciptakan oleh petugas Tentara Britania di Pune. Asosiasi bulu tangkis Inggris dibentuk pada 1893 dan kejuaraan internasional pertamanya berunjuk-gigi pertama kali pada 1899 dengan Kejuaraan All England. Nenek moyang terdininya diperkirakan ialah sebuah permainan Tionghoa. terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara.

Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih. C.55 m berada tepat di tengah lapangan.Jaring setinggi 1. PERALATAN YANG DIBUTUHKAN • Raket 4 .

• Senar Mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulu tangkis adalah senar nya. terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka. hampir semua raket bulu tangkis profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit).Secara tradisional raket dibuat dari kayu. Kini. dengan pangkal . Kebanyakan senar berketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb. • Kok 5 Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis. Keawetan secara umum bervariasi dengan kinerja. Namun. Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat. Kesukaan pribadi sang pemain memainkan peran yang kuat dalam seleksi senar. kaku. Kemudian aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan yang dipilih. sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket. dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan.

semakin ringan kok tersebut dan semakin lambat terbangnya.77 baik untuk kondisi Singapura. untuk digunakan di daerah dingin 52 79 slow. dan seterusnya. untuk digunakan di dataran tinggi 49 76 slow. Contohnya. untuk digunakan di area panas 50 77 slow. untuk digunakan di daerah dingin dengan ketinggian di bawah permukaan laut. 76. Namun klasifikasi tersebut dianggap kurang akurat karenanya diubah berdasarkan kecepatan yaitu 75. Cara terbaik memilih kok adalah dengan memperhatikan secara keseluruhan. Perbedaan dalam hambatan udara yang berkaitan dengan ketinggian. Kecepatan kok ditentukan oleh banyak faktor. 49 menandakan 4. kok dengan kecepatan 76 biasa digunakan di Cina selama musim panas dan 77 digunakan selama musim dingin. Kebanyakan kok memiliki nomor yang dituliskan di tabungnya: 76-79 atau 1-5 atau 48-52. Kecepatan 75 baik untuk kondisi Thailand. Data berikut menggambarkan klasifikasi tersebut: 48 75 slow.9 gr. Maka kok yang baik di Hongkong kemungkinan besar tidak bagus untuk digunakan di London. Semakin kecil nomor. Dalam klasfikasi kecepatan tersebut terbentang jarak 30cm pada setiap tingkatan. fast. Bulu kok yang bagus berasal dari angsa. 50 menandakan 5 gr. medium. 2. Kecepatan Faktor penting untuk diperhatikan. Dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan juga kok dari plastik. 51. kok seharusnya tidak bergoyang. medium slow. karena adanya perbedaan suhu. Kecepatan 76. • Sepatu 6 . 49. untuk digunakan di daerah beriklim laut 51 78 slow. ketinggian dan tekanan udara tadi. Malaysia dan Indonesia. Hong Kong. kelembaban dan suhu akan mempengaruhi kecepatan kok. 77. medium fast. 78. Diantaranya: 1. 52. kelembaban.berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. 50. Kok secara tradisional dibagi menjadi 48. berdasarkan berat kok. Hanya 6 bulu dari setiap sayap yang bisa digunakan. Berat menjadi faktor terbesarnya. 79. Bulu Bulu pada kok harus kokoh dan ketika melakukan smash atau serve tinggi.

2. Sepatu bulu tangkis membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik. Bentuk "V" tangan diletakkan pada bagian gagang raket. Semua jenis pukulan dalam bulutangkis dilakukan dengan kedua jenis pegangan ini.Karena percepatan sepanjang lapangan sangatlah penting. Pegang raket dengan cara seperti "jabat tangan". Letaknya di samping dalam. • Tiga jari. geser "V" tangan ke arah dalam. bulu tangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan kaki. manis dan kelingking menggenggam raket. yaitu jari tengan. a. hanya dua bentuk pegangan yang sering digunakan dalam praktek. b. sedangkan jari telunjuk agak terpisah. para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Pegangan Raket (Grip) Pada dasarnya. dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat. bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar. Footwork 7 . • Letakkan ibu jari diantara tiga jari dan telunjuk. dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik. yaitu cara memegang raket forehand dan backhand. Cara Memegang Raket Forehand • Kepala raket menyamping. Namun. dikenal beberapa cara pegangan raket. TEKNIK DASAR 1. Cara Memegang Raket Backhand Untuk backhand griop. D.

dapat mengusai teknik servis forehand tinggi dengan sebalik-baiknya. siku dalam keadaan bengkok. kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki senantiasa kontak dengan lantai. Hanya dengan berlatih tekun dan berulang-ulang tanpa mengenal lelah. harus dilakukan dengan sempurna serta diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang kekaki depan yang harus be langsung kontinu dan harmonis. Kok harus dipukul dengan ayunan raket yang relatif pendek. Untuk bisa memukul dengan posisi balk. Cara latihannya adalah menggunakan sejumlah kok dan dilakukan secara berulang-ulang. Variasi arah dan sasaran servis pendek ini dapat dilatih secara serius dan sistematis. • Servis Forehand Tinggi Jenis servis ini terutama digunakan dalam permainan tunggal. 3. Servis (Service) a. Pada saat perkenaan dengan kepala (daun) raket dan kok. Servis Forehand • Servis Forehand Pendek Tujuan servis pendek ini untuk memaksa lawan agar tidak bisa melakukan serangan. Kok harus dipukul dengan menggunakan tenaga penuh agar kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan. • Servis Backhand 8 . ke depan dan setelah melakukan pukulan. Perhatikan gerakan ayunan raket. seorang atlet harus memiliki kecepatan gerak.Footwork merupakan dasar untuk bisa menghasilkan pukulan berkualitas. Ke belakang. Kecepatan gerak kaki tidak bisa dicapai kalau footwork-nya tidak teratur. Biasakan selalu berkonsentrasi sebelum memukul kok. Selain itu lawan dipaksa berada dalam posisi bertahan. untuk menghindari penggunaan tenaga pergelangan tangan. Saat memukul kok. dan perhatikan peralihan titik berat badan Anda. yaitu apabila dilakukan dalam posisi baik.

Jenis servis ini pada umumnya. sebaiknya servis lob lawan dikembalikan dengan teknik pukulan keras dan tinggi ke salah satu sudut bagian belakang lapangan lawan. tatkala berdiri pada posisi di bagian belakang lapangan sendiri. sangat penting dikuasai dengan benar oleh setiap pemain bulutangkis. lawan akan bergerak untuk memukul kok itu. Posisi kaki menginjak garis tengah atau depan. dengan penempatan kok yang tepat. Hindari melakukan "smes keras". Dan kok sedapat mungkin melayang retatif dekat di atas jaring (net). Rangkaian mengayun raket dan memukul kok tidak boleh terputus. apabila smes dapat dikembalikan dengan penempatan yang akurat atau terarah oleh pemain lawan. harus dalam satu rangkaian. arah dan jatuhnya kok sedekat mungkin dengan garis serang pemain lawan. Prinsipnya. Perkanaan kok harus berada di bawah pinggang. Titik perkenaan kok. Arahkan kok ke daerah sisi kanan dan kiri lapangan lawan atau ke sudut depan atau belakang lapangan lawan. Kaki kiri melakukan langkah. Kaki kiri statis. kepala (daun) raket lebih tinggi dari pinggang. Kaki hanya bergeser. • Servis yang Salah : o o o o o o o Pada saat memukul bola. Dalam permainan tunggal. posisi pada saat itu kurang menguntungkan. kepala (daun) raket lebih tinggi atau sejajar dengan grip raket. Penerima servis bergerak sebelum kok servis dipukul. Rangkaian mengayun raket. Oleh karena. tetapi tidak lepas dari tanah. atau dengan teknik "pukulan pendek" (drop pendek) ke sudut depan lapangan lawan. Pengembalian Service Teknik pengembalian servis. tigngi kepala (daun) raket harus berada dibawah pegangan raket. sehingga is terpaksa meninggalkan posisi strategisnya di titik tengah lapangannya. 4. Kaki kanan melangkah sebelum kok dipukul. • Servis yang Benar : o o o o o o Pada saat memukul. 9 . Penerima servis bergerak sesaat setelah servis dipukul.

dan fleksibilitas pergelangan tangan serta koordinasi gerak tubuh yang harmonis. Pukul bola pada bagian lengkung kanan dan kiri sampai pada bagian bawah bola. Cara Latihan • Berdiri kira-kira dua langkah dari jaring sambil memegang raket. Dalam praktek permainan.Pukulan smes potong . keras. a. lengan. Pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang. Hal yang Perlu Diperhatikan • Pegangan raket forehand untuk forehand net dan backhand untuk backhand samping net. Smash Yaitu pukulan overhead (atas) yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh. • Siku agak bengkok dan pergelangan ditekuk sedikit ke belakang.Oleh karena itu pukulan smes dapat berbentuk: . 6. 5. bahu. Karakteristik pukulan ini adalah. pukulan smes dapat dilakukan dalam sikap diam/berdiri atau sambil loncat (King Smash). kaki kanan berada di depan dan bola dipukul pada posisi setinggi mungkin. laju jalannya kok cepat menuju Iantai Iapangan. Manfaatnya sangat besar untuk meningkatkan kualitas permainan. dipukul dengan sentuhan tenaga halus sekali. Netting Adalah pukulan yang dilakukan dekat net. Karena itu tujuan utamanya untuk mematikan lawan. seharusnya kok dipukul terarah cepat. • Sesaat sebelum perkenaan bola. b. buat tarikan kecil dan pergelangan tangan. Akhir kepala raket menghadap atau sejajar dengan langit-langit. sehingga pukulan ini membutuhkan aspek kekuatan otot tungkai. dan arah pukulan senantiasa menukik jatuh ke lapangan lawan atau ke bagian tubuh lawan.Pukulan smes penuh . Pukulan netting yang baik yaitu apabila bolanya dipukul halus dan melintir tipis dekat sekali dengan net. diarahkan sedekat mungkin ke net. 10 .Pukulan sines backhand .Pukulan smes melingkar atas kepala Teknik pukulan smes tersebut secara bertahap setiap pemain harus menguasainya dengan sempurna.Dalam permainan ganda. Pukulan smes adalah bentuk pukulan keras yang sering digunakan dalam permainan bulutangkis. • Pada saat memukul.

• Lakukan latihan ini di sisi kanan dan kiri secara bergantian. pada kejuaraan resmi seluruh partai menggunakan sistem perhitungan 3x21 reli poin. 11 .• Penyaji melemparkan kok berturut-turut ke daerah jaring dan Anda berusaha memukul kok itu. • Tingkatkan faktor intensitas dan kesulitan latihan dengan cara sambil bergerak. silang atau dengan cara mendorong kok itu ke berbagai arah. SISTEM PERHITUNGAN POINT Sejak Mei 2006. • Arah dan sasaran pukulan dapat berbentuk lurus. Pemenang adalah pemain/pasangan yang telah memenangkan dua set. E.

Begitu juga gerakan ke depan dan ke belakang. sehingga terasa betul terjadinya tekukan pada pergelangan tangan.BAB III PENUTUP A. Bulutangkis juga harus dibudayakan diseluruh pelosok daerah di Indonesia 12 . Permainan ini minimal dapat dimainkan oleh dua orang dan maksimal oleh empat orang. perlu dilakukan latihan untuk adaptasi menggerak-gerakkan pergelangan tangan dengan tetap memegang raket dengan benar. luwes. Gerakkan pergelangan tangan ke atas dan ke bawah. 4. B. Memukul bola (kok) ke tembok. dengan menggunakan tenaga pergelangan tangan. 2. Sebelum praktek melakukan latihan pukulan. Lakukan gerakan raket ke axah kanan dan kiri. Peserta latih dibiasakan selalu memegang raket dengan jari-jari tangan. 1. SARAN Permainan bulutangkis harus dibina sejak usia dini untuk menghasilkan bibit atlit yang berpotensi untuk mengangkat nama baik Bangsa Indonesia. Permainan ini membutuhkan tempat yang lumayan luas untuk memainkannya. 3. tetapi tetap mempunyai tenaga. dan tetap rileks. KESIMPULAN Permainan bulutanngkis merupakan permainan yang sangat digemari di Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA http://imheyhang.wikipedia.blogspot.html http://id.org/wiki/Bulu_tangkis 13 .com/2011/06/makalah-badminton-bulu-tangkis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->