Dalam kehidupan ini, telah dikenal tiga macam zat yang sangat berarti bagi kehidupan manusia.

Ketiga zat tersebut adalah zat padat, zat cair, dan zat gas. Zat-zat ini akan saling mengisi dan melengkapi sehingga kebutuhan hidup manusia dapat terpenuhi. Oleh karena itulah, maka pada setiap zat dapat mengalami perubahan fisika dan kimia. Perubahan inilah yang selanjutnya menjadi cara alamiah ataupun buatan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Bahwa, zat padat dapat mengalami perubahan dari bentuk padat menjadi cair dan pada akhirnya menjadi gas. Hal ini dapat terjadi jika pada zat padat tersebut diberikan panas yang cukup sehingga mampu mencapai titik-titik tertentu yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan fisika dan kimia. Begitu juga halnya pada zat cair dan gas. Perubahan yang diperlakukan kepada zat padat, zat cair, maupun gas adalah semata-mata untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) atau ilmu pasti, perubahan zat dibahas sebagai satu sifat zat. Seperti yang ketahui, setiap zat mempunyai sifat masing-masing, yaitu:

Zat Padat, adalah zat yang susunan atomnya rapat sehingga tidak memungkinkan pergerakan atom. Akibatnya, bentuk zat ini tetap, begitu juga volumenya. Zat Cair, adalah zat yang susunan atomnya agak longgar sehingga memungkinkan pergerakan atom. Akibatnya, bentuk zat ini dapat berubah sesuai tempatnya, tetapi volumenya tetap. Zat Gas, adalah zat yang susunan atomnya sangat longgar sehingga pergerakan atomnya sangat bebas. Akibatnya, bentuk zat ini dapat berubah sesuai tempatnya dan volumenya sesuai dengan wadahnya

Perubahan Dalam Wujud Zat Setiap zat yang ada dalam kehidupan ini dapat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Pengaruh tersebut dapat menyebabkan terjadinya perubahan fisika dan kimia. Kedua macam perubahan ini merupakan satu kondisi yang diberikan oleh zat jika padanya diberikan stimulus dari luar. Stimulus ini dapat berupa energi yang secara teratur diberikan kepada zat tersebut. Perubahan wujud tersebut ada dua macam, yaitu perubahan fisika dan kimia. Kedua perubahan ini menyebabkan perubahan secara sementara susunan atom, bahkan berubahnya secara permanen. Hal ini tentu saja memberikan efek yang berbeda bagi zat tersebut. Dalam kehidupan ini, perubahan yang terjadi pada setiap zat membawa pengaruh yang berbeda dan peruntukan yang berbeda pula.

Besi cair jika didinginkan.Perubahan Fisika Perubahan fisika adalah bagian dari perubahan fisika dan kimia yang lebih ditekankan pada perubahan secara fisik dari zat yang berubah. Dengan demikian. maka didapatkan gas asetilin yang mudah terbakar. maka zat tersebut kembali ke bentuk semula. Ini merupakan perubahan fisika sebab jika diperlakukan reaksi balik. Ketika air didinginkan. maka akan menjadi batang atau padatan besi lagi. Anda dapat ambil contoh untuk perubahan kimia adalah kertas yang dibakar dan berubah menjadi arang. maka besi tersebut mencair. maka yang tersisa adalah arang. Perubahan kimia sebenarnya merupakan bagian dari perubahan struktur atom zat. ketika melakukan perubahan kimia. maka untuk mengembalikan wujud semula. Inilah yang menunjukkan pada Anda perubahan fisika dan kimia atau ilmu pasti. Arang sulit untuk dikembalikan menjadi kertas lagi dengan reaksi kebalikan biasa. Dalam kehidupan. perubahan fisika dan kimia memang sangat terkait dengan kehidupan. maka pada suhu tertentu air tersebut memadat menjadi es. Ini merupakan bagian dari perubahan fisika dan kimia yang terjadi pada zat. Ada banyak perubahan fisika yang ditemukan dan dimanfaatkan dalam kehidupan. tidak dapat sekadar melakukan reaksi balik. Setiap kegiatan hidup selalu dilingkupi dengan dua . Artinya. maka pada saat itu telah terjadi penguraian atom penyusun kayu dan akibat reaksi kimia. Dikatakan sementara sebab jika diberlakukan reaksi kebalikan. Ini merupakan konsep dasar dari ilmu pasti. Perubahan kimia ini banyak dimanfaatkan untuk mengadakan reaksi kimia antar zat sehingga didapatkan zat baru yang diinginkan. maka zat baru tadi akan kembali pada bentuk semula. Ketika sudah menjadi arang. Perubahan Kimia Perubahan kimia adalah bagian dari perubahan fisika dan kimia yang lebih ditekankan pada perubahan secara kimia dari zat yang berubah. Perubahan ini dapat dikatakan sebagai perubahan sementara. sebenarnya Anda sedang melakukan penguraian atau penggabungan atom zat sehingga terbentuklah zat baru. Ketika batang besi dipanaskan hingga titik panas tertentu. Contoh yang lain adalah batu karbit yang direaksikan dengan air. Dikatakan tetap sebab jika suatu zat telah mengalami perubahan kimia. sebenarnya terjadi perubahan fisika dan kimia secara bersamaan. Es yang dipanaskan akan mencair. Perubahan ini dapat dikatakan sebagai perubahan yang tetap. pada perubahan kimia.

Bahkan. nasi yang dimakan adalah hasil perubahan fisika dan kimia dari padi yang dipanen dari sawah. Kedua perubahan tersebut termasuk dalam kelompok ilmu pasti. .perubahan ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful