P. 1
Proposal Ijin Operasional SMP

Proposal Ijin Operasional SMP

|Views: 2,014|Likes:
Published by Swistri Manik

More info:

Published by: Swistri Manik on Jul 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/27/2013

pdf

text

original

YAYASAN AMPERA

2011

10031966. Untuk itu. Atas bantuan dan kerjasama yang baik disampaikan terima kasih. atas petunjukNya kami dapat menyelesaikan proposal Permohonan Ijin Operasional SMP AMPERA – Mlandingan. juga untuk peserta Kejar Paket A yang selama ini belajar sehingga mendapatkan pendidikan lanjutan SMP. Proposal ini merupakan gambaran atas kondisi riil masyarakat yang menginginkan ikut mengenyam dan mendapatkan pendidikan SMP. H.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Besar harapan kami permohonan ini dapat terkabul dan sebagai upaya aktif dan kontribusi dari lembaga kami kepada masyarakat dan Pemerintah. Kami bermaksud untuk membuka SMP baru.MM Noreg. tetapi kami tetap berharap agar masyarakat juga memperoleh pendidikan yang sesuai. ini sebagai penunjang terlaksananya kebutuhan masyarakat di Desa Jerukan. kritik serta saran yang membangun sangat kami harapkan dan penyempurnaan dimasa yang akan datang. Malndingan . Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan Permohonan Ijin Operasional SMP AMPERA – Mlandingan ini. sehingga masyarakat sekitar dapat mengenyam pendidikan. Situbondo. disamping untuk memberikan pendidikan bagi masyarakat yang berijazah SD. Untuk itu kami dari Yayasan Ampera akan membuka SMP yang dilaksanakan di Desa Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo.2000. 21 April 2012 Ketua Drs.002 . SUGIONO EKSANTOSO.

…………….. ……………………………………………………………. ……………… Arah Program b …………………………………………………………………………………… . ………………………… Hasil Yang Diharapkan c …………………………………………………………………………………… . … ANALISIS SITUASI BA II ………………………………………………………………………………………… B ………… Karakteristik Wilayah a …………………………………………………………………………………… . Kontribusi Lembaga/Sasaran Lembaga I Ii iii 1 1 2 2 3 3 3 5 5 5 5 6 7 . d BA I ………………………………………………………………………..DAFTAR ISI LEMBAR PENGESAHAN KATA PENGANTAR DAFTAR ISI PENDAHULUAN BA I ………………………………………………………………………………………… B …………… Latar Belakang a …………………………………………………………………………………… . ……………… c Rencana Program Pembelajaran . RENCANA KEGIATAN . …. Peran Lembaga b …………………………………………………………………………………… . …………… RENCANA KEGIATAN BA II ………………………………………………………………………………………… B I …… Peserta Didik a …………………………………………………………………………………… . Tujuan b …………………………………………………………………………………… .

factor sosiologis. . Struktur Organisasi BAB I PENDAHULUAN 1. factor histories. Dekonsentrasi …………………………………………………………………………………… …………… 8 7 7 8 BA V PENUTUP B LAMPIRAN – LAMPIRAN : 1. Latar Belakang PROFIL PENYELENGGARA Untuk meningkatkan SDM sebagai upaya pemenuhan kebutuhan di era globalisasi diperlukan standart pendidikan yang layak. Organisasi Pelaksana b …………………………………………………………………………………… . factor geografis dan a. Profil Lembaga 2. untuk itu diperlukan pendidikan yang layak dan disesuaikan dengan kebutuhan. masyarakat desa di Situbondo banyak yang belum memperoleh pendidikan yang sesuai. Disamping kurangnya kesadaran masyarakat. Data Tutor 5. …… d Usulan Rincian Penggunaan Bantuan Operasional melalui Dana . Pada kenyataannya. …. Kemajuan tanpa didukung dengan SDM yang sesuai dan berkwalitas akan adalah mustahil. Data Peserta Didik 6. Foto copi Akta Notaris 3.B V ………………………………………………………………………………………… …… Tempat Pembelajaran a …………………………………………………………………………………… . Foto copi Nomor Rekening Bank 4. …… Jadwal Pembelajaran c …………………………………………………………………………………… . hal ini disebabkan beberapa faktor yang ada dalam masyarakat itu sendiri.

Ampera bertujuan membantu masyarakat Secara khusus Yayasan yang kurang beruntung memperoleh pendidikan formal dengan menyelenggarakan pendidikan formal yang berbasis kewirausahaan. Sebagai upaya aktif dari lembaga kami. Tujuan Penyelenggaraan Kegiatan Yayasan Ampera merupakan lembaga swadaya masyarakat yang peduli dengan pendidikan dan bertujuan untuk senantiasa berusaha membantu memberikan solusi sekaligus ikut mengamankan program pendidikan. maka Yayasan Ampera sangat berkepentingan untuk mendirikan lembaga yang secara intens menangani pendidikan formal dan menaruh perhatian yang besar terhadap kebutuhan masayarakat yang tidak memperoleh pendidikan formal. Karakteristik Wilayah Kabupaten Situbondo secara geografis merupakan wilayah pesisir dan pegunungan. dimana masyarakat yang bermukim di wilayah tersebut sangat membutuhkan pendidikan. BAB II ANALISIS SITUASI a.juga tak kalah pentingnya hal yang terkait factor ekonomi yang membelit sehingga beberapa masyarakat yang kurang beruntung harus menerima pil pahit untuk tidak melanjutkan pendidikannya. Keberadaan Yayasan Ampera ini bertujuan. Diharapkan peserta didik bisa mengembangakan potensi yang dimilikinya untuk mengembangkan diri dan kemampuannya melalui kursus ketrampilan. juga bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Terkait dengan diatas. Yayasan Ampera berdiri sejak tahun 2007 sesuai Akta Pendirian Yayasan yang dikeluarkan oleh notaris Sapran Siswowijoto. khususnya di wilayah Kabupaten Situbondo. dikarenakan kondisi daerah yang berbukit dan tandus sangat tidak dimungkinkan untuk didirikan sekolah formal. agar masyarakat yang kurang beruntung.SH nomor 6 pada tanggal 28 Agustus 2006. 2. . maka kami berupaya mengkoordinir masyarakat yang butuh dan sadar akan pendidikan lanjutan untuk mendapatkan pendidikan SMP. sedangkan wilayah pegunungan sarana pendidikan sangat kurang. Sarana pendidikan formal yang ada di Kabupaten Situbondo tersentral di perkotaan.

siswa juga dapat memperoleh ketrampilan tambahan sehingga peserta setelah lulus memperoleh nilai tambah. sehingga sulit untuk menentukan tempat pembelajaran yang memadai dan dekat dengan peserta didik. Kabupaten Situbondo memiliki 32 SMP Negeri yang tersebar di 17 kecamatan. mengingat kondisi ekonomi para wajib belajar yang masih dalam taraf kemiskinan Dengan adanya pendidikan formal yang kami selenggarakan. hal lainnya peserta didik juga memperoleh tambahan sehingga diharapkan menambah disekitar lokasi pembelajaran agar dapat melanjutkan ke sekolah setingkat SMP. Melalui kegiatan pembelajaran di SMP Ampera. Dalam pelaksanaan Program Kejar Paket yang diselenggarakan Yayasan Ampera diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menuntaskan para wajib belajar yang ada di wilayah Desa Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo hingga memperoleh pendidikan yang setara dengan SMP. yang sekaligus membantu pemerintah dalam hal pecapaian target untuk mengurangi tingkat kebodohan sehingga dapat mengurangi khususnya. dimana sebagian besar tersentral di wilayah perkotaan. b. mampu untuk juga bisa menambah pendapatan wawasan berpikir.Kondisi daerah yang berbukit dan tandus ini menyebabkan banyaknya masyarakat kesulitan memperoleh pendidikan yang sesuai dan layak. Peran Lembaga Sesuai dengan yang pernah dilaksanakan Yayasan Ampera dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran non formal. Di sisi lain.tidak menjangkau wilayah di pegunungan dan daerah terpencil. statistik angka kebodohan yang ada di lingkungan masyarakat di wilayah Kabupaten Situbondo BAB III RENCANA KEGIATAN .masyarakat ketrampilan mereka. Dengan didelenggarakan kegiatan belajar bagi masyarakat. nantinya diharapkan dapat membantu warga masyarakat yang kurang beruntung mampu mengejar ketertinggalan. sehingga lembaga menggunakan ruang kelas di SDN 4 Selomukti . yang mana para peserta didik bertempat tinggal berjauhan. Walau ada di wilayah kecamatan. samgat membantu masyarakat di pedesaan yang jauh dari tempat pendidikan formal.

Penyusunan program semester dan laporan tahunan b. 3. Pelaksanaan pembelajaran d. Rencana Program Pembelajaran b. SMP Ampera ini akan bermanfaat jika ada pendukung sehingga para lulusan bisa menerapkan atau meneruskan ilmu yang telah diperolehnya. SMP Ampera juga melaksanaan kegiatan evaluasi belajar secara berkala untuk setiap akhir semester. Penentuan petugas. sarana dan prasarana d. Akademis Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dipersiapkan sesuai kurikulum yang berlaku dengan menggunakan metode : 2. Metode Ceramah . setiap kelompok terdiri dari 24 ( dua puluh empat ) siswa. Penetuan lokasi. Arah Program 1. Peserta Didik Jumlah warga belajar laki dan perempuan yang bertempat pembelajaran Keberadaan di yang mengikuti SMP Ampera ini yang Desa atau berdomisili wilayah terdiri dari laki – masyarakat Mlandingan. Penentuan sasaran peserta didik dan lokasi yang direncanakan sebagai tempat pembelajaran.1. Penentuan jadwal Kegiatan Belajar Mengajar c. Persiapan sdministrasi penyelenggaraan 2.untuk siswa usia sekolah diharapkan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sedangkan siswa yang tidak melanjutkan mampu membuka lapangan kerja melalui ketrampilan yang telah diberikan. kesemuanya merupakan warga Selomukti Kecamatan tinggal di sekitar tempat proses Kabupaten Situbondo peserta didik yang mengikuti berjumlah 1 rombel kegiatan belajar mengajar di lembaga kami dan rencananya bertempat SDN 4 Selomukti Desa Selomuklti wilayah Kecamatan Mlandingan. (data siswa terlampir ) 2.guru dan Kepala Sekolah c. Pelaksanaan kendali mutu Setelah selesainya pendidikan perlu diadakan perencanaan yang matang bagi wajib belajar. b. Pelaksanaan a. Program Persiapan a.

siswa dicoba untuk merangsang daya nalar dan diharapkan mampu untuk mengeluarkan pendapat secara ilmiah.Tutor menerangkan materi secara lisan dengan dibantu media pendukung lainnya. Agar memperoleh feedback dari siswa disamping untuk mengetahui sejauh mana materi mampu diserap. membuat kesimpulan adan alternative pemecahan masalah. Ketrampilan yang diberikan dalam proses kegiatan pembelajaran termasuk dalam muatan local. Dalam pelaksanaan kegiatan ketrampilan diupayakan tutor sendiri mampu berinovatif menciptakan kreasi baru yang murah dan mudah serta bernilai ekonomis dan yang utama mampu merangsang peserta didik untuk berinteraksi dalam kegiatan tersebut. menanggapi masukan. agar materi mampu terserap oleh warga belajar. dan guru menggabungkan dengan metode Tanya jawab. 3. c. Teori dan Praktek Ketrampilan Untuk ketrampilan bagi peserta didik disesuaikan dengan kondisi setempat dan ketertarikan peserta didik. BAB IV . Metode Diskusi Melalui metode diskusi.

Struktur Organisasi ( terlampir ) ii.menyiapkan perangkat mengajar. . memotivasi peserta didik dan mengajar peserta didik.SMP Ambera sebagai lembaga pendidikan bertugas untuk mencari peserta didik sekaligus mengatur.Pengawas Dikdas UPT Dinas Kecamatan bertugas dan mempunyai fungsi dalam kepengawasan kegiatan dan proses pembelajaran. membentuk tim yang secara berkala memonitoring kegiatan proses belajar. Jerukan Desa Selomuklti wilayah Kecamatan Mlandingan. yang dapat dijelaskan sebagai berikut : .PROGRAM KEGIATAN a.Yayasan Ampera bertugas menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab atas terlaksananya kegiatan. Tugas dan Fungsi Dalampenyelenggaraan kegiatan ini. . Yayasan Ampera.Yayasan Ampera bertugas dan berfungsi sebagai pemegang kebijakan dan mengawasi kegiatan pembelajaran. Diharapkan dengan upaya tersebut. Tim mengadakan kegiatan monitoring dan pembinaan sekaligus pengawasan pada Guru dan peserta belajar. memanage proses belajar mengajar. Organisasi Pelaksana i.Administrasi .Peserta didik bertugas menerima materi pelajaran yang diberikan oleh tutor. . . masing-masing mempunyai tugas dan fungsi sesuai dengan tupoksi. Tempat Pembelajaran Kegiatan proses pembelajaran untuk Kelompok Belajar Paket B yang kami kelola rencananya bertempat di SDN 4 Selomukti Kp. b. . Untuk menjaga kontinuitas dan kwalitas program. .Dinas Pendidikan cq Bidang Dikdas Kabupaten berfungsi sebagai pengatur proses pembelajaran sekaligus berwenang untuj memonitoring dan mengevaluasi proses pembelajaran yang diselenggarakan SMP Ampera.Guru bertugas dan mengadministrasikan bertanggung jawab data peserta didik dan kegiatan pembelajaran bertugas dalam proses belajar siswa. peserta belajar memeperoleh hasil yang maksimal dan para guru pun bisa .

Jadwal Pembelajaran Pelaksanaan program disesuaikan dengan awal tahun pelajaran sampai dengan selesai. untuk program Kejar Paket B setara dengan SMP rencananya dimulai 01 Juli 2011 sampai sebagai berikut : ( terlampir) dengan 30 Juli tahun 2012 dengan jadwal .meningkatkan kwalitas mengajar sesuai dengan kurikulum yang telah disesuaikan dengan kondisipeserta belajar c.

serta dari Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo. akan mengurangi kebodohan. Maka kami membuka diri untuk menerima saran dan kritik dari seluruh elemen terkait. Terima kasih. sehingga akan mengurangi kesenjangan dalam perekonomian dan akan berdampak ucapkan pada banyak kemakmuran terima kasih. baik dari warga belajar yang menjadi subyek didik maupun dari pemerintah sebagai penyokong kegiatan ini. .maka kami mohon maaf yang dapat sebesar-besarnya dan hasil bagi mudah-mudahan apa yang sudah yang terlampir dalam susunan ini akan membuahkan mutu wajib belajar yang kami kelola. Saran Dalam penyusunan laporan ini banyak kekurangannya.Dan tidak lupa pula rekan-rekan yang telah sudi membantu dalam penyusunan Besar proposal ini kami semoga harapan kami pemberian dana memberikan satu titik menjadi suatu pertimbangan kami demi tercapainya peningkatan harapan pada kami dan bagi wajib belajar. Kesimpulan Keberhasilan sesuatu program apabila seluruh elemen yang terkait bisa saling mendukung dan mampu untuk bersinergi. Akan tetapi kami berusaha memberikan yang terbaik dan bekerja yang optimal sehingga program pengentasan penyetaraan pendidikan ini dapat berhasil. masyarakat. Program kejar paket yang diselenggarakan oleh Yayasan Ampera ini pun perlu ada dukungan. Banyak hal yang masih perlu untuk dibenahi dalam pelaksanaan program kejar paket yang kami selenggarakan ini.BAB IV PENUTUP 1. Kami berharap dalam pelaksanaan program Kejar Paket B ini dapat berlangsung terus sampai warga yang kurang beruntung mengeyam pendidikan. Dengan pendidikan. karena keterbatasan kami sebagai manusia. dapat secara keseluruhan menikmati.

8. Nama Bank No. 2.30 Waktu Penyelenggaraan Kepala Sekolah a. BA : Desa Selomukti Kecamatan Mlandiingan. Panji . Kec.00 s/d 17. c. SUGIONO EKSANTOSO 2. SUGIONO EKSANTOSO. Lembaga Penyelenggara 1.Situbondo Telpon 081234565449 RW 13 5. Nama Alamat Ijazah terakhir : : WIDARTO. MM : Jalan Gunung Raung Nomor 12 RT 05 Kelurahan Mimbaan. 6. Rekening : Bank Jatim cabang Situbondo : : 1. 4. AGUS DYAEFUDIN Pemegang Rekening Bank NPWP : B. Kec. H. Panji . b. Drs. 2. Nama Sekolah NSS / NISN Alamat Sekolah : : SMP AMPERA :: Jl. . Bondowoso Kp Jerukan Desa Selomukti Mlandingan : 13. Data Sekolah 1. 3.Pd : Kewarganegaraan: Indonesia Nama Alamat 6. Nama Alamat LEMBAGA : : YAYASAN AMPERA : Jalan Gunung Raung Nomor 12 RT 05 Kelurahan Mimbaan. Situbondo : Sarjana Muda : : Slamet. 5.Situbondo Telpon 081234565449 RW 13 3. Drs. b. S.PROFIL A. Ketua Lembaga Alamat : Drs. Wakil Kepala Sekolah a. 7. d. 4.

Prasarana/ Sarana Status Gedung Status Tanah Luas Tanah 10. 21031964 2009 112 . 21 April 2012 Kepala SMP Ampera WIDARTO. Data kelas Ruang Guru Ruang belajar yang tersedia 9.c. Data Siswa Kelas VII Kelas VIII Kelas IX 11. ( terlampir ) : : : Pinjam Pakai : Jumlah siswa Tahun Pelajaran 2011/2012 : 24 siswa ::- Jadwal Belajar Mengajar : Situbondo.BA NIY. d. Ijazah terakhir : Sarjana Kewarganegaraan: Indonesia 7. Pengajar dan Tata Usaha Guru Tetap yayasan Guru Honorer Tenaga Administrasi : : : : 3 ruang : : 1 ruang 1 orang 1 orang : 11 orang : 8.

Situbondo. 670947 Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa kami sanggup: 1. yaitu model Kesetaraan sesuai dengan jadwal. Menyelenggarakan kelompok belajar paket B dengan menggunakan model hasil pengembangan BPPNFI Regional IV. kami atas nama lembaga pengusul dana bantuan rintisan penyelenggaran Kelompok Belajar Paket b tahun 2009: Nama lembaga Nama penyelenggara Jabatan Alamat Lembaga Situbondo Telp/fax : PKBM FSMP : Drs. SUGIONO EKSANTOSO ) . SUGIONO EKSANTOSO : KETUA : Perumnas Panji Permai AA 20. yaitu: a. disampaikan setelah program selesai dilaksanakan 3. Yang membuat pernyataan 2009 ( Drs. Laporan kemajuan program setiap 6 bulan sekali b. 2.SURAT PERNYATAAN LEMBAGA PENERIMA BANTUAN Yang bertanda tangan di bawah ini. : 0338 678027. Membuat dan menyampaikan laporan hasil kegiatan. Mimbaan – Panji. Laporan akhir. Berkoordinasi dengan dinas pendidikan setempat atau institusi terkait lainnya dalam pelaksanaan program Demikian pernyataan ini di buat dengan sebenar-benarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.

H.Pd NIY. 09041961 2012 URUSAN KURIKULUM TOTOK DIHARJO. 21031964 2009 112 SLAMET. 10051988 2012 WAKIL KEPALA SEKOLAH SADIR KOORDIMATOR BK DESI EKA WIDYAWATI NIY. MM NIY. 07111977 2012 122 URUSAN HUMAS JUNAIDI NIY. 21031964 2009 112 URUSAN KESISWAAN WAHED ABDUR R. 21031964 2009 112 KOMITE KEPALA SEKOLAH TATA USAHA IRVAN WAHYUDI NIY. BA NIY.Pd NIY. 30061978 2012 121 URUSAN SAR PRAS NUR SYAMSIYAH NIY. S. SUGIONO EKSANTOSO. 19121980 2012 WIDARTO.STRUKTUR ORGANISASI SMP AMPERA YAYASAN AMPERA KETUA Drs. 18121974 2012 123 WALI KELAS WALI KELAS WALI KELAS SISWA . S. NIY.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->