P. 1
Bab x - Struktur Organisasi Perusahaan

Bab x - Struktur Organisasi Perusahaan

|Views: 159|Likes:
Published by Maria Soebroto

More info:

Published by: Maria Soebroto on Jul 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/21/2015

pdf

text

original

BAB X STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN

Suatu perusahaan biasanya memiliki suatu bentuk organisasi yang berfungsi sebagai bentuk hubungan yang memiliki sifat dinamis, dimana dapat menyesuaikan diri terhadap segala sesuatu perubahan, yang pada hakekatnya merupakan suatu bentuk yang dengan sadar diciptakan manusia untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Pada umumnya organisasi dibuat dalam suatu struktur yang merupakan gambaran secara skematis tentang hubungan antar departemen untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Agar suatu pengelolaan perusahaan dapat menciptakan sasaran secara efektif dan hasil produksi yang besar, maka harus diperhitungkan elemen dasar yang diperlukan dalam suatu perusahaan sebagai alat pelaksanaannya. Elemen dasar tersebut menjadi faktor penentu untuk keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan tertentu. Elemen dasar itu terdiri dari : - Manusia (man) - Bahan (material) - Mesin (machine) - Metode (method) - Uang (money) - Pasar (market) 10.1 Bentuk Perusahaan Bentuk perusahaan : Perseroan Terbatas Lokasi pabrik : Gresik, Jawa Timur

Kapasitas produksi : 50.000 ton/tahun Modal : Penanaman modal dalam negeri dan penanaman modal asing

Pabrik asam nitrat ini merupakan perusahaan swasta nasional yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT). Bentuk ini digunakan dengan alasan: 1. Kedudukan atau wewenang antara pimpinan perusahaan dan para pemegang saham (pemilik) terpisah satu sama lain 2. Terbatasnya tanggung jawab para pemegang saham karena segala sesuatu yang menyangkut kelancaran perusahaan dipegang oleh pimpinan perusahaan dan

Kemungkinan terhimpunnya modal yang besar dan mudah. karena adanya staf ahli 3. sehingga disiplin kerja lebih baik 3. Terdapat kesatuan pimpinan dan pemerintah. yaitu: 1. Masing-masing kepala bagian/manajer secara langsung bertanggung jawab atas aktifitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan 4. Tiap bagian dalam PT dipegang oleh orangorang yang ahli dalam bidangnya. Pengambilan keputusan yang sehat lebih mudah dapat diambil. Adanya efisiensi dalam perusahaan. betapapun luas tugas dan kompleks susunan organisasinya 2.2 Struktur Organisasi Perusahaan Struktur organisasi perusahaan ini adalah sistem garis dan staf. ada beberapa kebaikan yang dapat mendukung pemakaian sistem organisasi garis dan staf. yaitu dengan membagi modal atas sejumlah saham-sahamnya. Tiap orang atau tiap bagian mempunyai bagian dengan tuga yang jelas. Kehidupan PT lebih terjamin karena tidak berpengaruh oleh berhentinya salah seorang pemegang saham. Perwujudan “the right man in the right place” lebih mudah dilaksanakan[1] . Dapat digunakan oleh setiap organisasi besar. alasan pemakaian sistem ini adalah: 1. PT dapat menarik modal dari banyak orang 4. sehingga ada dorongan untuk mengerjakan sebaikbaiknya 10. Ini berarti suatu PT mempunyai potensi hidup lebih permanen dari bentuk perusahaan lainnya 5.setiap pemegang saham hanya mengkin menderita kerugian sebesar jumlah yang ditanamkan pada PT yang bersangkutan 3. direktur dan karyawan. Pimpinan tertinggi pabrik dipegang oleh seorang direktur yang bertanggung jawab kepada dewan komisaris 5. Biasa digunakan untuk organisasi yang cukup besar dengan produksi yang terus menerus dan berproduksi secara massal 2. Anggota dewan komisaris merupakan wakil-wakil dari pemegang saham dan dilengkapi dengan staf ahli yang bertugas memberikan nasihat dan saran kepada direktur Disamping alasan tersebut. apapun tujuannya.

Dewan Komisaris Direktur Utama Litbang Direktur Teknik dan Produksi Direktur Keuangan dan Umum Departemen Produksi Departemen Teknik Departemen Keuangan dan Administrasi Departemen SDM Divisi PPIC Divisi Proses Divisi QC dan Laboratorium Divisi Teknik Divisi Penyediaan Air Divisi Listrik dan Diesel Divisi Bengkel & Suku Cadang Divisi Akuntansi Divisi Administrasi dan Keuangan Divisi Penjualan dan Pembelian Divisi Kesehatan Divisi Transportasi Divisi Perekrutan Tenaga Kerja Divisi Serikat Pekerja Divisi Kesehatan Pekerja Divisi Humas Karyawan – Karyawan Perusahaan Gambar 10.1 Struktur Organisasi Pabrik Asam Nitrat .

Tugas dewan komisaris. Dewan komisaris dipilih dalam RUPS dari kalangan pemegang saham yang mempunyai saham terbanyak dari perseroan tersebut. Penelitian dan Pengambangan (LITBANG) Divisi LITBANG bersifat independent.Menyetujui atau menolak rancangan yang diajukan direktur .Menetapkan kebijakan perusahaan . yaitu: .Menetapkan kebijaksanaan peraturan dan tata tertib.Bertanggung jawab atas kelancaran perusahaan 3. sehingga mampu bersaing dengan produk kompetitor.10. yaitu: . Direktur Utama Direktur utama adalah pimpinan yang bertanggung jawab pada dewan komisaris dan membawahi direktur teknik dan produksi serta direktur keuangan dan administrasi.Mengadakan evaluasi/pengawasan tentang hasil yang diperoleh perusahaan .Mengawasi direktur agar tindakan tidak merugikan perusahaan . . Dewan Komisaris Dewan komisari bertindak sebagai wakil dari pemegang saham.Memberikan nasihat kepada direktur bila direktur ingin mengadakan perubahan dalam perusahaan 2.Bertanggung jawab pada dewan komisaris .Mengatur dan mengawasi keuangan perusahaan . komisaris diangkat menurut ketentuan yang ada dalam perjanjian dan dapat diberhentikan setiap waktu oleh RUPS apabila ia bertindak bertentangan dengan anggaran dasar atau kepentingan perseroan terebut. baik keluar maupun keluar perusahaan . Divisi ini bertugas mengembangkan secara kreatif dan inovatif segala aspek perusahaan terutama yang berkaitan dalam peningkatan kualitas produksi.3 Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab dalam Organisasi 1.Mengkoordinasikan kerjasama antara direktur teknik dan produksi dengan direktur keuangan dan administrasi . Divisi ini bertanggung jawab langsung kepada direktur utama. Tugas dan wewenang direktur utama.

Selain itu. Direktur Teknik dan Produksi Direktur teknik dan produksi bertanggung jawab kepada direktur utama dalam hal: . sales dan inventory. Departemen Produksi Departemen produksi bertanggung jawab di atas semua kegiatan produksi. . mulai dari perencanaan.Penelitian dan pengembangan juga dapat berfungsi sebagai staf ahli yang mengontrol dan menanggulangi masalah yang timbul. Divisi ini juga menentukan identifikasi status inspeksi dan tes untuk memastikan hanya produk yang telah lulus inspeksi dan tes yang ditentukan yang dapat diproses atau dikirim. pembuatan atau produksi dan pengendalian mutu produksi.Divisi PPIC (Production Planning and Inventory Control) Divisi PPIC bertugas menginventory stock yang ada digudang.Divisi Quality Control (QC) dan Laboratorium Divisi QC dan Laboratorium bertugas menentukan proses dan langkah pemeriksaan yang dilakukan mulai dari penerimaan barang selama produksi hingga menjadi produk. Divisi ini juga mengatur pembagian shift dan kelompok kerja sesuai spesialisasinya pada masing-masing tahapan proses dan mengendalikan kondisi operasi sesuai prosedurnya.Divisi Proses Divisi proses bertanggung jawab kepada departemen produksi atas kelancaran proses.Pengawasan produksi dan peralatan pabrik . divisi PPIC juga membuat evaluasi hasil produksi. . . 4. proses produksi.Merencanakan dan mengontrol semua kegiatan yang berkaitan dari mulai bahan baku hingga menghasilkan produk Direktur teknik dan produksi membawahi : a. maupun bahan baku sehingga pelaksanaan proses dan pemasukan pasar tetap berjalan lancar dan seimbang. hasil penjualan dan kondisi inventory serta melakukan pengolahan data. menganalisa mengenai rencana dan realisasi produksi. Yang membawahi: .

Divisi Penyediaan Air Bertugas mensuplai air yang digunakann selama proses produksi berlangsung. memelihara dan mempersiapkan peralatan serta fasilitas yang digunakan untuk proses produksi. . Departemen Keuangan dan Administrasi Departemen keuangan dan administrasi bertugas mengatur keuangan serta menangani penyediaan serta pembelian. yang membawahi: . 5. Direktur keuangan dan umum membawahi : a. direktur ini mengatur dan mengelola segala hal yang berkaitan dalam lingkungan eksternal perusahaan. baik bahan baku maupun peralatan dan bertanggung jawab kepada direktur keuangan dan umum mengenai pengeluaran dan pemasukan keuangan.Divisi Teknik Bertugas untuk merawat. . tetapi sebagai penunjang dalam proses produksi. karena dalam perusahaan. tetapi sangat erat hubungannya dengan kegiatan pabrik. Dalam hal ini bukan produksi secara langsung. Departemen Teknik Departemen teknik bertanggung jawab atas semua kegiatan yang berhubungan erat dengan produksi.Divisi Litrik dan Diesel Bertugas dalam mempersiapkan listrik. . Tugas utamanya adalah memanajemen kegiatan perusahaan diluar kegiatan perusahaan. Direktur Keuangan dan Umum Direktur keuangan dan umum berkaitan dengan kegiatan produksi.Divisi Bengkel dan Suku Cadang Bertugas memperbaiki peralatan yang rusak dan mempersiapkan suku cadangnya agar peralatan tersebut dapat digunakan lagi dalam proses produksi. . baik berasal dari PLN maupun dari diesel juga menunjang kelangsungan proses produksi.b.

Yang membawahi : . jenjang karir dan penempatan karyawan.Divisi kesehatan Bertugas untuk memperhatikan dan menjaga kesehatan karyawan. serta melakukan promosi kepada masyarakat mengenai produk yang dihasilkan serta menangani pembelian bahan baku dan alat-alat yang menunjang proses serta pembiayaan atas perawatannya. . Departemen Sumber Daya Manusia (SDM) Bertugas untuk merencanakan. Kepala bagian ini bertanggung jawab terhadap direktur keuangan dan umum. mengelola dan mendayagunakan sumber daya manusia. berbentuk klinik dengan seorang dokter untuk mengantisipasi apabila terjadi kecelakaan pada waktu kegiatan pabrik berlangsung. b. . absensi karyawan. selain itu kepala bagian SDM juga mempunyai tugas untuk mengatur masalah karyawan.Divisi Administrasi dan Keuangan Divisi ini bertugas untuk menjalankan kegiatan administrasi perusahaan.Divisi transportasi Bertugas mengatur karyawan. selain itu juga bertugas untuk melakukan test kesehatan bagi karyawan baru.Divisi Penjualan dan Pembelian Bertanggung jawab kepada kepala Departemen keuangan dan administrasi mengenai penjualan produk pada berbagai daerah distribusi sekaligus mensurvei kebutuhan pasar agar dapat dipasok setiap saat. Yang membawahi: . mulai dari surat menyurat. . khususnya bagi karyawan wanita yang bekerja untuk shift malam. baik sumber daya manusia yang sudah ada maupun merekrut sumber daya manusia yang baru. . pendataan sampai pendistribusian gaji.Divisi Akuntansi Divisi ini bertugas membuat neraca keuangan dengan melakukan pencatatan dan pembukuan mengenai semua pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan.

.Jum’at .00 – 13. .Divisi perekrutan tenaga kerja Bertugas mencari tenaga kerja baru dengan penyebaran iklan lowongan. 10. misalnya direktur. Jamsostek dan mengatur pensiun karyawan . keindahan taman dan pengelolaan area parkir.00) .00 . mulai dari keamanan.00 – 16. Untuk pegawai non shift Pegawai non shift ini termasuk karyawan yang tidak langsung menangani operasi pabrik. pemberian cuti.Divisi Humas Departemen humas bertugas sebagai penghubung dengan lingkungan luar perusahaan..00 (istirahat 11. Ketentuan jam kerja adalah sebagai berikut : . yang dibedakan dalam dua bagian. karyawan kantor/administrasi dan divisi-divisi di bawah tanggung jawab non teknik. taman dan parkir.00) : 08.Sabtu : 08.00 – 13.00 – 16. kebersihan. kepala divisi. yaitu: 1.00 (istirahat 12.Divisi serikat pekerja Divisi ini berdasar atas amanat pemerintah yang mengurus serikat pekerja maupun dalam membuat perjanjian kerja. Membawahi divisi satpam. sisa harinya digunakan untuk perbaikan dan perawatan peralatan proses produksi atau yang dikenal dengan istilah shut down.Divisi kesejahteraan pekerja Bertugas mengatur semua kegiatan yang berhubungan dengan kesejahteraan pekerja. kepala departemen. baik itu tunjangan. pengadaan test dan pelatihan pekerja baru.00 – 12.Senin-kamis : 08. Sesuai dengan peraturan pemerintah dalam jumlah jam kerja untuk karyawan adalah 40 jam dalam satu minggu.4 Jadwal Jam Kerja Pabrik direncanakan bekerja dan beroperasi selama 330 hari di dalam satu tahun selama 24 jam dalam sehari. Tugas lainnya adalah menerima serta menyeleksi mahasiswa yang akan melaksanakan Praktek Kerja Nyata (PKN).

operator.Shift I . C. Teknik Kimia. Kepala bagian 4. B. Operator (tenaga pelaksana) Sedangkan latar belakang pendidikan yang harus dimiliki oleh karyawan berdasarkan kedudukannya dan struktur organisasinya sebagai berikut: 1.1 Jadwal Kerja Karyawan Pabrik Hari Regu A Regu B Regu C Regu D 1 P S M L 2 P S L M 3 P L S M 4 L P S M 5 M P S L 6 M P L S 7 M L P S 8 L M P S 9 S M P L 10 S M L P 11 S L M P 12 L S M P 13 P S M L 10. Direktur utama 2. keamanan dan keselamatan kerja. dan D. gudang.00 . Ketentuan jam kerja adalah sebagai berikut : .5 Penggolongan dan Tingkat Pendidikan Karyawan Penggolongan karyawan berdasarkan tingkat kedudukan dan struktur organisasi pada pra rencana pabrik asam nitrat. Direktur produksi dan teknik b. Adapun penggantian shift baru regu dapat dilihat pada tabel 10. 2. Kepala divisi 5.00 – 23. Ekonomi : Sarjana teknik kimia . Direktur utama Direktur a. Untuk pegawai shift Pegawai shift termasuk karyawan yang secara langsung menangani proses operasi pabrik. Dengan 4 regu kerja dan 3 regu kerja (shift) maka 1 regu kerja merupakan regu pengganti (cadangan).Shift II : 07.00 : 15. Direktur 3.00 Untuk menjaga kelancaran pelaksanaan jam kerja secara bergilir.2. maka karyawan dibagi menjadi 4 regu.00 – 07. misalnya kepala shift.Shift III : 23. yaitu A. Litbang : Sarjana teknik kimia : Sarjana administrasi : Sarjana kimia (MIPA). yaitu: 1.00 – 15.1 dibawah ini : Tabel 10. Direktur keuangan dan umum 3.

Divisi akuntansi k. Divisi proses b. Karyawan : Sarjana teknik industri : Sarjana psikologi dan hukum : Diploma / SMA 10. Kabag keuangan & adminstrasi : Sarjana ekonomi d. Pada Pra Rencana Pabrik Asam Nitrat. Kabag teknik : Sarjana teknik kimia : Sarjana teknik mesin c. Divisi PPIC d. Kepala bagian divisi a. Divisi humas 6. Tahap penanganan produk . Proses utama 1. Penyiapan bahan baku 2.6 Perencanaan Jumlah Karyawan Perhitungan jumlah tenaga kerja operasional didasarkan pembagian proses yang dilakukan. Tahap pemekatan 4. Kepala departemen a.4. proses yang dilakuakan terbagi dalam beberapa tahap. Divisi transportasi : Sarjana ilmu administrasi : Sarjana ekonomi : Sarjana kedokteran : Diploma teknik mesin m. Kabag SDM 5. Divisi listrik dan diesel : Sarjana teknik kimia : Sarjana teknik kima. Divisi serikat pekerja o. Divisi admistrasi & keuangan j. Divisi kesehatan l. Divisi bengkel & suku cadang : Sarjana teknik mesin h. Divisi teknik e. kimia (MIPA) : Sarjana teknik kimia : Sarjana teknik mesin : Sarjana teknik kimia : Sarjana teknik mesin : Sarjana psikologi g. Divisi penjualan & pembelian : Sarjana ekonomi i. Divisi perekrutan tenaga kerja : Sarjana teknik industri n. yaitu : a. Kabag produksi b. Divisi QC dan laboratorium c. Divisi penyediaan air f. Tahap proses 3.

hal 235. Tahap tambahan atau pembantu 1.5151)0. sehingga didapat: Jumlah kar awan proses orang⁄shift shift 2 2 orang Jadi. diperoleh jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk kapasitas produksi 151. didapat jumlah karyawan : M = 15.5151 ton/hari adalah 53 orang. maka : kar awan 2 8 orang shift hari Ada 4 regu pekerja shift yang harus disediakan. boiler. Laboratorium 2. Pemeliharaan 4. 6.jam/hari/tahapan proses. Berdasarkan Vilbrant. fig.2 × (151. dan pengolahan limbah 3. terdiri dari pengolahan air. Bengkel Sehingga jumlah proses keseluruhan yang membutuhkan tenaga operasional adalah 8 proses. 6.35.b.35. 1 2 3 4 Dewan komisaris Direktur utama Kepala litbang Karyawan litbang Bagian Jumlah Karyawan 5 1 1 4 . hal 235. Jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk kapasitas 50. pada Pra Rencana Pabrik Asam Nitrat yang akan didirikan dibutuhkan karyawan sebanyak 212 orang.25 = 15.2 Daftar Jumlah Karyawan No.25 = 28 ≈ orang jam/hari/tahapan proses Ada 8 tahapan proses dalam Pra Rencana Pabrik Asam Nitrat.jam/hari Karena setiap karyawan shift bekerja selama 8 jam/hari. listrik. Utilitas. yaitu : apasitas produksi ton tahun hari tahun ton hari Berdasarkan Vilbrant. sehingga : Jumlah karyawan = 53 × 8 = 424 orang. Jumlah karyawan yang dibutuhkan ditabelkan pada tabel 10. fig.2 Tabel 10.2 × P0.000 ton/tahun dan beroperasi 330 hari/tahun.

teknik Kepala dept. produksi Kepala dept.5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 Sekretaris Direktur produksi dan teknik Direktur keuangan dan umum Kepala dept. SDM Kepala divisi proses Karyawan divisi proses Kepala divisi QC dan laboratorium Karyawan divisi QC dan laboratorium Kepala divisi PPIC Karyawan divisi PPIC Kepala divisi teknik Karyawan divisi teknik Kepala divisi pengolahan air Karyawan divisi pengolahan air Kepala divisi listrik dan diesel Karyawan divisi listrik dan diesel Kepala divisi bengkel dan suku cadang Karyawan divisi bengkel dan suku cadang Kepala divisi penjualan dan pembelian Karyawan divisi penjualan dan pembelian Kepala divisi administrasi dan keuangan Karyawan divisi administrasi dan keuangan Kepala divisi akuntansi Karyawan divisi akuntansi Kepala divisi kesehatan Karyawan divisi kesehatan Kepala divisi transportasi Karyawan divisi transportasi 2 1 1 1 1 1 1 1 65 1 6 1 10 1 8 1 8 1 8 1 10 1 10 1 3 1 3 1 4 1 8 . keuangan & administrasi Kepala dept.

. Menurut status karyawan pabrik. Upah bulanan Upah bulanan diberikan kepada karyawan tetapi besarnya berbeda-beda untuk setiap karyawan dan diberikan pada akhir bulan 2.7 Sistem Pengupahan karyawan Pada pabrik ini. tergantung pada macam pekerjaan yang dilakukan dan diberikan setelah pekerjaan itu selesai. dengan didasarkan atas kebutuhan dan perbedaan status ini. dapat dibagi menjadi tiga golongan. tanggung jawab dan keahliannya. Upah mingguan Upah harian diberikan kepada karyawan harian tetapi yang besarnya berbeda-beda untuk setiap karyawan dan diberikan pada setiap akhir pekan 3.36 37 38 39 40 41 42 43 46 Kepala divisi perekrutan tenaga kerja Karyawan divisi perekrutan tenaga kerja Kepala divisi serikat kerja Karyawan divisi serikat kerja Kepala divisi humas Karyawan divisi humas Karyawan keamanan Karyawan kebersihan Karyawan perpustakaan Total 1 4 1 2 1 8 10 8 3 212 10. maka sistem pengupahan pada pabrik ini adalah: 1. serta besar kecilnya kedudukan. sistem pengupahan berbeda-beda tergantung pada status karyawan dan tingkat pendidikan. Upah borongan Upah borongan diberikan kepada karyawan harian lepas atau karyawan borongan yang besarnya tidak tetap.

000.000 1.000.000 2.000.000 2.000.000.000 7.000.500.500.000 4.000 4.000 8.000.Tabel 10.000 7.000.000 4.000 5.000 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 6 1 10 1 8 1 8 1 8 1 1.000.500. produksi Kepala dept.000.500.500.500.000.000 130. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 Bagian Dewan komisaris Direktur utama Kepala litbang Karyawan litbang Sekretaris Direktur produksi dan teknik Direktur keuangan dan umum Kepala dept.500.000 8.000 2.000 1.000.000 4.500.000 4.000 1.000 2.000.000.500.000 4.000 2.000 2.000.500.000 25.000.000 3.000.000 2.000.000 25.000 2.000 2.000 2.000 12.000 2.000.000 15.000 5.000.000 7.000.000.000 9.3 Daftar Upah (Gaji) Karyawan No.000.000.000 12.000.000.000 3.500.000 4.000.000.000.000. teknik Kepala dept.000 12.000.500.500. SDM Kepala divisi proses Karyawan divisi proses Kepala divisi QC dan laboratorium Karyawan divisi QC dan laboratorium Kepala divisi PPIC Karyawan divisi PPIC Kepala divisi teknik Karyawan divisi teknik Kepala divisi pengolahan air Karyawan divisi pengolahan air Kepala divisi listrik dan diesel Karyawan divisi listrik dan diesel Kepala divisi bengkel dan suku cadang Jumlah Karyawan 5 1 1 4 2 1 1 1 1 1 1 1 65 1 Gaji/bulan (Rp) 5.000 2.000 4.000 8.000 .500.500. keuangan & administrasi Kepala dept.500.000 1.000 4.000 7.500.000 2.000 Total (Rp) 25.

000.000 2.500.000 2.000.000 6.000 1.000 26 1 2.000 1.000 37 38 39 40 41 42 43 46 4 1 2 1 8 10 8 3 212 800.000 4.000 800.000 1.000.000 .250.000.000 10.000.000 800.650.400.000 395.000 3.500.25 Karyawan divisi bengkel dan suku cadang Kepala divisi penjualan dan pembelian Karyawan divisi penjualan dan pembelian Kepala divisi administrasi dan keuangan Karyawan divisi administrasi dan keuangan Kepala divisi akuntansi Karyawan divisi akuntansi Kepala divisi kesehatan Karyawan divisi kesehatan Kepala divisi transportasi Karyawan divisi transportasi Kepala divisi perekrutan tenaga kerja Karyawan divisi perekrutan tenaga kerja Kepala divisi serikat kerja Karyawan divisi serikat kerja Kepala divisi humas Karyawan divisi humas Karyawan keamanan Karyawan kebersihan Karyawan perpustakaan Total 10 1.000.500.000 1.000 800.000 1.000.000 2.000.500.000 800.000.200.000.000 1.000 127.000 1.000 10.000 1.000 15.250.000.000 800.000 27 10 1.500.400.000.400.600.500.500.000 3.000 6.000.000 29 30 31 32 33 34 35 36 3 1 3 1 4 1 8 1 1.000 1.500.000.000 3.000.000 28 1 2.000 1.050.500.000.000.000 1.000 2.000 1.000 2.000 1.000 1.400.000 6.

karyawan mendapat tunjangan sebesar gaji setiap bulan. Cuti . meliputi: 1.Cuti sakit bagi tenaga kerja yang memerlukan istirahat total berdaarkan surat keterangan dokter . Tunjangan/jaminan sosial tersebut.Cuti tahunan selama 12 hari kerja dan diatur dengan mengajukan permohonan satu minggu sebelumnya untuk dipertimbangkan ijinnya .10.8 Jaminan Sosial Selain mendapatkan gaji tetap setiap bulan. mulai dari direksi sampai kepala seksi 4. para karyawan juga menerima tunjangan atau jaminan sosial yang lain yang diberikan oleh perusahaan. Perumahan Perumahan diberikan terutama bagi karyawan yang menduduki jabatan penting.Cuti hamil selama 3 bulan bagi tenaga kerja wanita .Cuti untuk keperluan dinas dan perintah atasan berdaarkan kondisi tertentu perusahaan . sehingga kesejahteraan akan lebih terjamin dan diharapkan akan bekerja lebih giat. Tunjangan tahunan Dalam setahun sekali. Kesehatan Untuk keperluan in. Insentif atau bonus Insentif atau bonus yang diberikan tergantung pada keuntungan diakhir tahun dimana jumlah insentif tersebut tergantung pada jabatan dan golongan 3. perusahaan menyediakan poliklinik. yaitu untuk pengobatan para karyawan yang menderita sakit atau kecelakaan kerja dan biaya ditanggung oleh perusahaan 5. 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->