A. PengertianStatistik Statistik berasal dari kata state (bahasa inggris) yang artinya negara. ( Anas Sujiono : 2007 ).

Mengapa disebut negara? karena sejak dahulu kala statistik hanya digunakan untuk kepentingan-kepentingan negara saja. Kepentingan negara itu meliputi berbagai bidang kehidupan dan penghidupan .(Sujana : 2000 ), sehingga lahirlah istilah statistik yang pemakaiannya disesuaikan dengan lingkup datanya. Hal ini sejalan dengan pengertian statistik yang bersumber ( http :// www.docstoc.com/docs/19919364/pengertianstatistik ), tanggal 2 Mei 2011 yaitu : Pengertian statistik berasal dari kata state yang artinya negara.Dalam pengertian yang paling sederhana statistik artinya data. Dalam arti sempit statistik adalah data atau ringkasan yang berbentuk angka, misalnya statistik penduduk ( jumlah penduduk,umur, jeniskelamin,dll), statistik harga ( membahas harga beras,gula,pakaian ,dll). Dalam arti luas statistik yaitu ilmu yang mempelajari cara mengumpulkan data,pengolahan data, penyajian data,penarikan kesimpulan,atau pengambilan keputusan berdasarkan hasil penelitian. ( http://id.shvoong.com/social.science/economic/206207/pengertianstatistik) tanggal2 Mei 2011. B. Pengertian Statistika Menurut Djaali (2008),statistika adalah ilmu yang mempelajari dan mengembangkan prosedur statistik berdasarkan kajian ilmiah. Menurut Anas Sujiono dalam Buku Pengantar Statistik Pendidikan mengatakan bahwa statistika merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengembangkan secara ilmiah tahap-tahap yang ada dalam kegiatan statistik. Berdasarkan sumber ( http://onengdalilah.blogspot.com/2009/07/statistik.statistika.htm) tanggal 2 Mei 2011 mengatakan bahwa statistika adalah ilmu tentang sekumpulan konsep,serta metode yang dapat digunakan untuk mengumpulkan,menyajikan,dan menganalisis data,serta menarik kesimpulan berdasarkan hasil analisis data tersebut sebagai suatu ilmu. C. Pengertian Statistik Deskriptif Statistika deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga member informasi yang berguna.( Ronald W.Walpole, Pengantar Statistik, 1993 ).Sedangkan statistika deskriptif menurut Sugiyono (2010): Statistika deskriptif adalah statistik yang berfungsi untuk

Pengertian Statistik Inferensial Terdapat 2 macam statistik inferensial yaitu statistik parametrik dan statistik non parametrik.yang meliputi perhitungan frekwensi.yaitu suatu cara atau teknik statistik untuk mencoba menarik kesimpulan yang bersifat umum.bila asumsi-asumsi untuk statistik para metrik tidak dipenuhi.dan hasil yang akan digeneralisasikan untuk populasi dimana sampel diambil .dan hasil riset harus disajikan dan perhitungan harus dikerjakan secara manual.Statistika inferensial atau lazim disebut statistik induktif adalah statistik lanjutan dari statistik deskriptif.atau grafik dan s elanjutnya dilakukan pengukuran nilai-nilai statistiknya.yang biasanya merupakan statistik dasar.kemudian hal tersebut diperjelas oleh Anas Sujiono (2007) bahwa statistika deskriptif adalah suatu proses statistik yang terdiri dari cara menghimpun.persentase kumulatif. mengolah.deviasi standar.statistik inferensial adalah langkah untuk menentukan kesimpulan.Sumber: (http://kuliah online.pencatatan.skor tertinggi.ringkas dan jelas mengenai suatu gejala.range dan lain-lain. menyajikan dan menganalisis data angka agar dapat menggambarkan yang teratur.com/2009/03/statistik.membandingkan atau menghubungkan data dari suatu gejala atau peristiwa dengan menggunakan langkah-langkah statistik. Statistik parametrik adalah bagian dari statistic yang parameter dari populasinya menggikuti suatu distribusi tertentu seperti distribusi .meramal.penyusunan dan penyajian data penelitian dalam bentuk distribusi frekwensi .modus.inferensial.peristiwa.data telah diukur dengan skala yang lebih lemah dibandingkan dengan syarat statistik non parametrik .seperti rata-rata (mean ) median.menyusun atau mengatur.Sumber (http://www.htm).dari sekumpulan data yang telah disusun dan diolah.persentase.htm) tanggal 2 mei 2011. D. E.menjelaskan atau memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data sampel atau populasi sebagaimana adanya.unikom. Pengertian statistik inferensial adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel.ac.varians dan sebagainya.konsultan statistic.deskriptif.id/? listmateri/&detail=7844 & file=/statistic.Statistika secara umum merupakan ilmu statistik yang mempelajari tata cara pengumpulan . Pengertian Parametrik Statistik parametrik biasanya digunakan pada saat hipotesis yang diuji tidak melibatkan suatu parameter populasi.Statistik deskriptif juga mencakup perhitungan-perhitungan sederhana.frekuensi kumulatif. atau keadaan.Sedangkan menurut Djaali (2008).Menurut Anas Sujiono (2007) .

Sedangkan menurut Donald Ary dkk.regresi dan uji perbandingan.normal dan memiliki varian yang homogen.2003) mengatakan Populasi adalah kelompok elemen lengkap.(Kuncoro.wordpress.data interval). (http://frisztado.Sumber (http://frisztado. Populasi adalah subjek atau objek atas gejala atau peristiwa yang terjadi guna dijadikan sasaran penelitian. homogenitas dan tidak linier. Pengertian Sampel Sampel adalah sebagian populasi yang dijadikan subjek penelitian (Anas Sujiono:2007).homogen.model langkah-langkah perhitungan statistik pada data-data angka yang memenuhi syarat (data homogen.data normal. Menurut (Kuncoro:2003). . F.com/2010/10/21/kelebihandankekuranganstatistik non perametrikdan statistik parametrik).pengujian hipotesis pada data-data angka yang tidak memiliki persyaratan uji hipotesis seperti pada parametrik. Pengertian Populasi Populasi dapat diartikan sebagai wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajarin dan kemudian ditarik kesimpulan (Sugiono : 2005 ).wordpress. Pengertian Non Parametrik Pengertian non parametrik adalah suatu langkah-langkah statistik pada data angka yang tidak memenuhi syarat-syarat normalitas.com/2010/10/21/kelebihan dan kekurangan statistik non parametric dan statistic parametric) G. Oleh sebab itu data tersebut harus dihitung dengan statistik non parametrik (Djaali:2008). Parametrik menurut Anas Sujiono (2007).sampel merupakan bagian dari populasi yang karakteristiknya akan diteliti dan sampel mewakili keseluruhan populasi. Statistik non parametrik adalah bagian statistik yang parameter dari populasinya tidak mengikuti suatu distribusi tertentu atau memiliki distribusi yang bebas persyaratan dan variannya tidak perlu .yang biasanya berupa orang. yang diterjemahkan Arif Furchan (2007).Sedangkan menurut Sujana (2000) non para metrik adalah suatu teknik atau metode pengambilan kesimpulan .atau kejadian dimana peneliti tertarik untuk mempelajari atau menjadi objek penelitian.Sedangkan menurut Sugiyono(2005) sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi. H.transaksi.objek.dengan demikian data yang memenuhi syarat tersebut dapat ditindaklanjuti dengan uji hipotesis korelasi.

htm). Menurut Donald Ary dkk (2007) hiotesis adalah alat yang sangat penting kegunaannya dalam penyelidikan ilmiah. Hipotesis merupakan bentuk kongrit dari perumusan masalah. Menurut sumber:(htt://www.pendapat yang ditegakkan.go. .ristek. thesis=pendirian.hipotesis adalah suatu ide untuk menyelesaikan suatu masalah.progriptek.id/webrur/metode ilmiah.I. sebagai dasar pengambilan jawaban sementara tersebut. Pengertian Hipotesis Hipotesis berasal dari bahasa yunani: hypo=di bawah. .(Suharsimi:2006).sebagai rumusan jawaban sementara yang diajukan dalam pemecahan masalah guna diuji kebenarannya.Hipotesis dapat diartikan sebagai jawaban yang bersifat sementara berdasarkan kajian teori yang diperlukan penelitian.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful