Selasa, 01 Juni 2010 04:13 Mulyana, Lc.

Doa Pilihan - Doa Pilihan

َّ َ َ ُ َ َ ِ َ ِ َ َ َ ِ َ َ َ ُ َ َ ِ َ ُ ‫اللّهم لَك سجدت ولَك أَسْ لَمْ ت وبك آم ْنت وأَ ْنت ربيْ سجدَ وجْ هي لِلَّذيْ خلَقه وشق‬ َ َ ُ ْ َ َ َ َّ ُ )‫سمْ عه وبصرهُ فتبارك هللا ُ أَحْ سنُ الخالِقيْن (رواه الترمذي‬ ِ َ ْ َ َ َ َََ َ َ َ َ ُ َ َ
Allâhumma laka sajadtu wa laka aslamtu wa bika âmantu wa anta Robbî sajada wajhiya lilladzî kholaqohu wa syaqqo sam'ahu wa bashorohu fatabârokallâhu ahsanulkhôliqîn Ya Allah kepada-Mu aku bersujud, kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, Engkau Tuhanku bersujud wajahku kepada Tuhan yang menciptakannya, yang membelah pendengaran dan penglihatannya dengan Daya dan Kekuatan-Nya, Maha Suci Allah sebaikbaik Pencipta”. (HR. At-Tirmidzi: 2/474) ‘O Allah, unto You I have prostrated and in You I have believed, and unto You I have submitted. My face has prostrated before He Who created it and fashioned it, and brought forth its faculties of hearing and seeing. Blessed is Allah, the Best of creators.’

Doa Sujud Tilawah

21- DOA SUJUD TILAWAH

50

-

.
50. Bersujud wajahku kepada Tuhan yang menciptakannya, yang membelah pendengaran dan penglihatannya dengan Daya dan KekuatanNya, Maha Suci Allah sebaik-baik Pencipta. [65]

51-

.
51. Ya Allah, tulislah untukku dengan sujudku pahala di sisiMu dan ampunilah dengannya akan dosaku, serta jadikanlah simpanan untukku di sisiMu dan terimalah sujudku sebagaimana Engkau telah menerimanya dari hambaMu Dawud. [66]

580 dan 5/456 no. Dan Ibnu Khuzaimah dalam Shohihnya menegaskan bahwa sebenarnya antara Khalid dan Abul’Aliyah ada perantara yaitu seorang rowi mubham (seorang lelaki yang tidak disebut namanya-pen. Tirmidzy 2/474 no.714. Semua meriwayatkan hadits ini dari jalan Khalid bin Mihran Al-Hadzdza` dari Abul’Aliyah dari’Aisyah.) pada malam hari : “Telah sujud wajahku kepada Yang Menciptakanku.: “Adalah Nabi shalallahu „alaihi wa salam beliau membaca dari sujud Al-Qur‟an (sujud tilawah-pent. An-Nasai 2/222 no. Ahmad dalam Musnadnya 6/30. Ibnu Abi Syaibah dalam AlMushonnaf 1/380 no. 83. Dan dalam riwayat Ibnu Khuzaimah : “Beliau mengucapkannya tiga kali“. maka beratlah pendengaran dan penglihatan karena kemampuan dan kekuatan-Nya”.4372. Cacat yang menyebabkan hadits ini lemah adalah Khalid bin Mihran tidak mendengar dari Abul’Aliyah.1679. Dan dalam riwayat Hakim ada tambahan : “Maka Maha Berkah Allah sebaik-baik pencipta”. tapi keduanya adalah hadits dho’if (lemah). Hadits ini diriwayatkan oleh Ishaq bin Rahaway dalam Musnadnya 3/965 no. Abu Ahmad Al-Hakim dalam Syi’ar Ashhabul Hadits no.). Hakim 1/341-342. Baca : Tahdzib At-Tahdzib dan Jami’ At-Tahshil karya Al.3425.1129 dan Al-Kubro 1/239 no.˜Ala`i.82.BACAAN DOA SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SAHWI Posted by Admin pada 13/05/2010 Bacaan Doa Sujud Tilawah dan Sujud Sahwi Apa bacaannya pada saat sujud tilawah atau sujud sahwi? Jawab: Adapun sujud tilawah ada dua hadits yang menjelaskannya. Berkata Imam Ahmad : “Khalid tidak mendengar dari Abul‟Aliyah“.4376. Ibnu Khuzaimah 1/382. Satu : Hadits ‘Aisyah -radhiyallahu ‘anha. Abu Syaikh Al-Ashbahany dalam AthThobaqat 3/513 dan Ath-Thobarany dalam Al-Ausath 4/9 no. Saya berkata : Apa yang disebutkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Khuzaimah ini memang benar karena Khalid bin Mihran dari seluruh referensi yang disebutkan di atas ia meriwayatkan dari Abul’Aliyah dengan . Ad-Daraquthny 1/406. Al-Baihaqy 2/325.

84.549 dan 5/455-456 no.lafadz’An (dari) sehingga riwayat Khalid ini dianggap terputus dari Abul’Aliyah apabila telah terbukti ada riwayat lain menyebutkan ada perantara antara Khalid dengan Abul’Aliyah. Al-Hakim 1/341.11262.1414. Ibnu Majah 1/334 no.1053. Abu Daud 2/60 no. . 395.572-573. Ibnu Khuzaimah 1/282-283 no. Al-Baihaqy 2/320. Karena itulah hadits ini disebutkan oleh Syaikh Muqbil bin Hady Al-Wadi’y -rahimahullahu. Hadits ini diriwayatkan oleh Tirmidzy 2/472 no. Ath-Thobarany 11/104 no. Semuanya meriwayatkan dari jalan Muhammad bin Yazid bin Hunais dari Hasan bin Muhammad bin’Ubaidillah bin Abi Yazid berkata kepadaku Ibnu Juraij : “Wahai Hasan. Al-‘Uqoily dalam Ad-Du’afa` 1/242-243.dalam Ahadits Mu’allah Zhohiruha Ash-Shihhah hadits no. Kedua : Hadits Ibnu ‘Abbas -radhiyallahu ‘anhuma- “Nabi shalallahu „alaihi wa salam membaca satu ayat dari ayat-ayat sajadah lalu beliau sujud kemudian beliau membaca doa : “Wahai Allah tulislah untukku dengannya disisiMu sebagai pahala dan letakkanlah dariku dengannya dosa dan jadikanlah untukku disisiMu sebagai modal dan terimalah dariku sebagaimana Engkau menerima dari hambaMu (Nabi) Daud“. Riwayat’Isma’il bin’Ulayyah ini dikeluarkan oleh Ahmad dalam Musnadnya 6/217.2568 dan Al-Mawarid no. kakekmu‟Ubaidillah bin Abi Yazid mengabarkan kepadaku dari Ibnu‟Abbas”. Maka bisa disimpulkan bahwa hadits’Aisyah ini adalah hadits yang lemah karena Khalid tidak mendengar dari Abul’Aliyah dan perantara antara keduanya adalah seorang rawi mubham.3424. Ibnu Hibban sebagaimana dalam Al-Ihsan 6/473 no. Dan ternyata ada riwayat dari jalan’Isma’il bin’Ulayyah dari Khalid bin Mihran dari seorang lelaki dari Abul’Aliyah dari’Aisyah -radhiyallahu’anha-. Abu Ahmad Al-Hakim dalam Syi’ar Ashhabul hadits no. Ibnu Khuzaimah 1/283 dan Al-Baihaqy dalam Al-Kubro 1/325 dan As-Sughro 1/509.691. Al-Khalily dalam Al-Irsyad 1/353-354 dan Al-Mizzy dalam Tahdzib Al-Kamal 6/314.

yang lebih utama adalah tetap dalam keadaan menghadap kiblat dan tidak boleh seseorang meninggalkan hal ini kecuali jika ada udzur. (Lihat Shahih Fiqih Sunnah. 4/467. Asy Syamilah) Namun karena sujud tilawah bukanlah shalat. maka ada ulama yang mengatakan bahwa hal itu disyariatkan berdasarkan kesepakatan ulama. Ada beberapa bacaan yang bisa kita baca ketika sujud di antaranya: 1.Apakah Sujud Tilawah Mesti Menghadap Kiblat? Asy Syaukani rahimahullah mengatakan. maka tidak disyari‟atkan untuk menghadap kiblat. 1/450) Bagaimana Tata Cara Sujud Tilawah bagi Orang yang Sedang Berjalan atau Berkendaraan? Siapa saja yang membaca atau mendengar ayat sajadah sedangkan dia dalam keadaan berjalan atau berkendaraan. Jadi. 772) . Dari Hudzaifah. “Adapun menutup aurat dan menghadap kiblat. Dari Ibnu „Umar: Beliau ditanyakan mengenai sujud (tilawah) di atas tunggangan. Muslim no.” (Nailul Author. maka boleh pada saat itu berisyarat dengan kepalanya ke arah mana saja. Beliau mengatakan. 1/450 dan lihat pula Al Mughni) : : . beliau menceritakan tata cara shalat Nabi shallallahu „alaihi wa sallam dan ketika sujud beliau membaca: “Subhaana robbiyal a‟laa” [Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi] (HR. (Shahih Fiqih Sunnah.” (Diriwayatkan oleh Al Baihaqi dengan sanad yang shahih) Bacaan Ketika Sujud Tilawah Bacaan ketika sujud tilawah sama seperti bacaan sujud ketika shalat. kemudian ingin melakukan sujud tilawah. menghadap kiblat bukanlah syarat untuk melakukan sujud tilawah. Akan tetapi. “Sujudlah dengan isyarat.

beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam biasa membaca dalam sujud tilawah di malam hari beberapa kali bacaan: . Dari „Aisyah. Dari „Ali bin Abi Tholib. wa showwarohu. ampunilah dosa-dosaku] (HR. Tabarakallahu ahsanul kholiqiin. Nabi shallallahu „alaihi wa sallam ketika sujud membaca: “Allahumma laka sajadtu. 484) 3. sajada wajhi lilladzi kholaqohu. wa bashorohu. Rabb kami. 771) Adapun bacaan yang biasa dibaca ketika sujud tilawah sebagaimana tersebar di berbagai buku dzikir dan do‟a adalah berdasarkan hadits yang masih diperselisihkan keshohihannya. Nabi shallallahu „alaihi wa sallam biasa membaca do‟a ketika ruku‟ dan sujud: ، “Subhaanakallahumma robbanaa wa bi hamdika. Dari „Aisyah. yang Membentuknya. Maha Suci Allah Sebaik-baik Pencipta] (HR. Bacaan tersebut terdapat dalam hadits berikut: 1. allahummagh firliy. kepada-Mu aku berserah diri. 817 dan Muslim no. karena-Mu aku beriman. wa syaqqo sam‟ahu. kepada-Mu lah aku bersujud. Muslim no. Bukhari no.2. dengan segala pujian kepada-Mu. yang Membentuk pendengaran dan penglihatannya.” [Maha Suci Engkau Ya Allah. Wajahku bersujud kepada Penciptanya.” [Ya Allah. wa bika aamantu wa laka aslamtu.

wa showwarohu. Dari Ibnu „Abbas. lalu ia berkata. wa taqqobbalhaa minni kamaa taqobbaltahaa min „abdika dawuda”. (HR. “Wahai Rasulullah. dia berkata bahwa ada seseorang yang pernah mendatangi Nabi shallallahu „alaihi wa sallam. Tirmidzi dan Ibnu Majah) . wa syaqqo sam‟ahu. Tirmidzi dan An Nasa-i) 2. Aku seakan-akan shalat di belakang sebuah pohon.“Sajada wajhi lilladzi kholaqohu. Maha Suci Allah Sebaikbaik Pencipta] (HR. yang Membentuk pendengaran dan penglihatannya. kemudian pohon tersebut juga ikut bersujud. yang Membentuknya. wa bashorohu. waj‟alhaa lii „indaka dzukhron. Tatkala itu aku mendengar pohon tersebut mengucapkan: “Allahummaktub lii bihaa „indaka ajron. Abu Daud.” [Wajahku bersujud kepada Penciptanya. Tabarakallahu ahsanul kholiqiin. aku melihat diriku sendiri di malam hari sedangkan aku tertidur (dalam mimpi). Tatkala itu aku bersujud. wa dho‟ „anniy bihaa wizron.

Mahasuci Allah. hapuslah dosaku dengannya. lihat Shahih Ibnu Majah no. beriman kepada-Mu. Engkaulah Rabb-ku. Wajahku bersujud pada Dzat Yang membuka pendengaran dan penglihatan-Nya. aku bersujud kepada-Mu. Imam Tiga.” (HR. 866) “„Ya Allah. dan berserah diri kepada-Mu.Doa Sujud Tilawah Mei 26 Posted by Ibnu Majjah “„Wajahku bersujud pada Dzat Yang Mencipta-kannya. Dan jadikanlah ia simpananku di sisi-Mu” (HR. lihat Shahih Ibnu Majah no. 865) . Tirmidzi dan Ibnu Majah. Tirmidzi dan Ibnu Majah. membuka pendengaran. dan penglihatannya dengan daya serta kekuatan-Nya. Catatlah ia sebagai pahalaku. Muslim.” (HR. sebaik-baik Pencipta. lihat Shahih Abu Dawud no.1255) “Ya Allah. Abu dawud.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful