KAJIAN Al qur’an

MENYANTUNI KAUM YANG LEMAH “ KAUM YANG DHO’IF / DHU’AFA “

Al qur’an : al isra’ 26-27 Al baqoroh : 177

UNTUK APA KITA HARUS MENYANTUNI KAUM YANG LEMAH, APA TUJUAN KITA

ALASAN : 1. Seriap manusia tidak ada yang mampu hidup sendiri pasti memerlukan kehadiran orang lain
BAGAIMANA PERASAANMU JIKA HARUS HIDUP SENDIRIAN ? APAKAH BENAR ANDA BUTUH KEHADIRAN ORANG LAIN ? JIKA JAWABANYA : YA ! Sekarang apa yang akan anda lakukan dengan orang lain yang sudah hadir di samping kiri kananmu ?

2. Adalah sesuatu yang wajar jika kita harus membantu rang lain ( orang yang lemah ) karena ia juga sering minta bantuan dari orang lain Apakah orang yang kaya itu sama sekali sudah tidak membutuhkan bantuan orang lain ?
3. KHULIQOL INSAANA DHO’IIFA” diciptakan Manusia dalam keadaan yang lemah, sehingga ia membutuhkan bantuan dari orang lain. 4. Membantu orang yang lemah itu sebagai lahan ibadah kepada Allah

Lemah Fisik 5. Lemah Ekonomi dll Apa yang akan anda berikan ? . Lemah dalam Bersosialisasi 3. Lemah dalam keimanan 4.UNTUK APA KITA HARUS MENYANTUNI KAUM YANG LEMAH. 2. Macam macam ORANG yang lemah ? 1. Lemah Fikiran/mental / otak. APA TUJUAN KITA SIAPAKAH ORANG-ORANG YANG LEMAH ITU ? Agar bantuan yang kita berikan itu tepat mengenai sasaran maka hendaklah orang itu mengetahui apa yang mereka butuhkan dan mereka lemah dalam hal apa ? .

. Al ISRA’ 26-27 Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya.S. kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan.Q. . dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudarasaudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.

Q. AL QURBA ? yang dimaksud adalah : Orang-orang yang dekat. Saudara.S. Sekarang cobalah KITA renungkan dan jawab pertanyaan ini : APA YANG KITA HARAPKAN / KITA INGINKAN DARI ORANG TUA KITA ? Hak apa yang harus kita berikan kepada orang tua. . Siapakah mereka itu : Orang Tua . kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan. dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Tetangga. Teman / sahabat Untuk mengetahui hak orang tua atas diri kita. Al ISRA’ 26-27 Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya. Berikan Haknya kepada: 1.

Berusaha untuk membalas budi baik orang tua dengan jalan bagaimana mana caranya hati orang tua selalu senang. Selalu Mendoakan orang tua kita agar mereka tetap dlm keadaan baik 2. pendidikan. Bersikap sopan dan santun terhadap orang tua baik secara lisan maupun perbuatan 4. Tidak akan bersikap yang menyakitkan hati / fisik orang tua 3. kepercayaan. dll . rasa pengertian ( ngerti akan kebutuhan anak) uang / Harta benda. Sekarang apa yang akan kita berikan ke orang tua ? Berikut adalah hal yang harus kita lakukan kepada orang Tua Kita : 1. Kebahagiaan dll Jika seperti itu yang kita harapkan dari orang tua. Berusaha untuk mengerti akan kondisi dan keadaan orang tua yang mungkin tidak sesuai dengan apa yang kita haraokan 6. Perlindungan. Berusaha berbakti kepada orang tua dengan mengikuti perintah2nya 5. Nasehat yang baik.Yang kita inginkan dari orang tua kita adalah : Kasih sayang.

maka Orang Fakir harus lebih diperhatikan lagi. Isi yang lain dari surah AL ISra : 26 yang ke 2 adalah : Berikan haknya kepada orang-orang Miskin. Yang dimaksud orang miskin adalah : Orang yang mempunyai penghasilan tetapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokoknya Jika orang miskin dibantu.Hak apa yang harus kita berikan kepada saudara ? SEKARANG APA YANG ANDA MInTA DARI SAUDARA KITA ? Itu pula yang harus kita berikan kepada saudara. Hak apa yang harus kita berikan kepada tetangga dan teman kita ? APA YANG kita mita dari teman dan tetangga ? Itu pula yang harus kita berikan kepada teman dan tetangga kita. Siapakah Orang Fakir itu : Adalah orang yang lebih miskin dari miskin ( orang yang tidak punya penghasilan apa-apa) .

( Q. Adz-dzariat : 19) Jika kita perhatiakan ayat ini : apa yang dimaksud hak orang miskin yang ada pada harta mereka ( Hak orang miskin yang ada ada pada orang kaya ) Infaq. Sekarang apa yang akan kita lakukan jika orang miskin itu datang kepada kita ? Ataupun mereka tidak datang kepada kita ? .Adakah Hak Fakir miskin yang ada pada diri Kita ? Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bahagian. Sodaqoh.dan zakat itulah hak orang miskin yang ada pada diri kita jika kita termasuk orang yang punya harta.s.

S. . padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Hai orang-orang yang beriman. ALBAQOROH : 267 1. Dan ketahuilah. nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan daripadanya. bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.Panduan Sodaqoh . Infak dan zakat : Q. Selalu memberikan yang baik tidak akan memilih yang buruk .

sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa . jauhilah kebanyakan dari prasangka.2. Al Hujroh : 11 Hai orang-orang yang beriman. Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun. Secara umum berburuk sangka kepada orang lain karena itu termasuk dosa. Akan mengucapkan kata-kata yang baik jika tidak bisa memberikan infaq / sodaqoh kepada orang yang meminta. Al baqoroh : 263 Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). 3. Tidak mudah berburuk sangka kepada orang lain yang sedang meminta / mencari dana.

dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir. Tidak akan mengiringi sodaqoh yang dilakukan dengan kata-kata yang menyakitkan hati orang yang menerimanya. janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima). Mereka tidak menguasai sesuatu pun dari apa yang mereka usahakan. ( Al Baqoroh : 264 . Mengiringi sodaqoh dengan kata-kata yang menyakitkan itu hanya akan menghilangkan pahala sodaqohnya. kemudian batu itu ditimpa hujan lebat. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah. Al baqoroh : 263 Hai orang-orang beriman. lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). seperti orang yang menafkahkan hartanya karena ria kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian.3.

Membeli barang yang kurang bermanfaat Tidak mau mengeluarkan sodaqoh ( kikir ) termasuk sikap berlebihan Mengeluarkan sodaqoh tetapi memberikan kesulitan diri sendiri dll 3.ISI Surah Al Isra : 26 yang ke 3 adalah Berikan HAKnya kepada IBNU SABIL yang dimaksud adalah : Orang-orang yang dalam perjalanan. 4. Membelanjakan harta diluar kemampuan diri 2. yang sedang mengadalkan perjalanan ? Baik bekal masih ada ataupun sudah habis ! ISI Surah Al Isra : 26 yang ke 4 adalah Larangan bersikap Tabdzir / Boros / berlebihan Termasuk Sikap Boros / berlebihan: 1. . ( Para Musyafir ) Untuk mengetahui hak orang dalam perjalanan adalah : Apa yang anda inginkan ketika anda berposisi sebagai seorang musyafir.

Apa manfaatnya buat kita dan apa yang akan kita terima ? HARTA KITA SEPERTI AIR DI DALAM SUMUR. Q.S. ARTI APA YANG BISA ANDA TANGKAP DENGAN PERNYATAAN TERSEBUT 1. Untuk mendapatkan air sumur tsb. 2. COBA ANDA tafsirkan .Mengapa Islam menganjurkan Umat islam mau bersodaqoh.Muhammad : 38 . orang harus menimba ( untuk medapatkan harta maka orang harus bekerja Jika ada sumur diladang bolehlah kita menumpang mandi ( numpang mandi berarti meminta airnya buat mandi ) Jika kita punya harta bolehlah orang meminta sedikit ( tidak akan bersikap pelit apalagi bersifat bakhil terhadap orang lain.

Airnya akan bersih. Dan Allah-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang membutuhkan (Nya). Jika airnya diambil maka : 3. infaq / zakatnya maka harta kita juga akan bersih dari adanya harta yang haram 4. kamu ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada jalan Allah. dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Maka di antara kamu ada orang yang kikir.Ingatlah. dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain. karena terjadi sirkulasi air ( jika harta kita kita keluarkan sodoqoh. dan mereka tidak akan seperti kamu (ini). Kotoran yang ada di mata air akan terangkat dan sumber mata Airnya akan lancar ( jika harta kita dikeluarkan sodaqohnya/ zakatnya maka Allah akan menambah rizkiNya kepada kita. Surah Ibrahim : 7 .

Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.S. maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih". . Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku). Ali Imron :100 Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka. Ibrahim : 7 Jika airnya tidak diambil maka : 3. tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur. infaq / zakatnya maka harta kita juga akan menjadi beban bagi yang punya harta di akherat nanti. Q.S. bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi.Dan (ingatlah juga). Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Airnya akan bau dan kotor dan berbahaya ( jika harta kita tidak di keluarkan sodoqoh. Q.

Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Q.S.Apa yang akan kita dapatkan jika kita mau mengelurkan sodaqoh : 1. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui. Al Baqoroh : 261 Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir. . Setiap sodaqh di jalan Allah maka akan dilipatgandakan sampai 700 kali. pada tiap-tiap bulir: seratus biji.

Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir. . Al An’am : 160 juga akan Barang siapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya. sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya (dirugikan).S.2. maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahankesalahanmu. Q. Setiap orang melakukan kebaikan Allah melipatgandakan 10 kali. 3. dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. maka dosanya akan diampuni oleh Allah. Q. dan barang siapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya.S. Al Baqoroh : 271 Jika kamu menampakkan sedekah(mu). maka itu adalah baik sekali. Setiap orang melakukan sodaqoh di jalan Allah.

Q. Al Baqoroh : 177 .S.

Kebaika itu sendiri tidak tidak ada kaitannya dengan masalah mengahadapkan wajah ke barat atau ke timur. MalaikatNya. dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa. hari kemudian. mendirikan shalat. malaikat-malaikat. nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya. dan (memerdekakan) hamba sahaya. akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah. KitabNya. dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan. dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji. Hari akhir. Yang dimaksud dengan kebaikan adalah : 1. kitabkitab. penderitaan dan dalam peperangan. Ayat ini berbicara tentang kriteria amal kebaikan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya). dan menunaikan zakat. dan beriman kepada Nabi-nabiNya .Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan. anak-anak yatim. musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta. Siapa yang bariman kepada : Allah. orang-orang miskin.

Orang yang memerdekakan) hamba sahaya. . musafir (yang memerlukan pertolongan) orang-orang yang meminta-minta. penderitaan dan dalam peperangan. Orang yang mendirikan shalat. Orang yang memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya. orang-orang miskin. 5. 6.2. 3. 4. dan menunaikan zakat. Orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji. anak-anak yatim. Orang-orang yang sabar dalam kesempitan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful