P. 1
Zaman Logam

Zaman Logam

|Views: 985|Likes:
Published by Hell Rohmika

More info:

Published by: Hell Rohmika on Jul 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2012

pdf

text

original

PENGERTIAN KEBUDAYAAN DAN PERADABAN

Pengertian tentang waktu Waktu tentu bukanlah sesuatu yang asing bagi Anda! Karena dalam kehidupan sehari-hari setiap orang selalu dibatasi oleh waktu. Apakah Anda mengetahui definisi tentang waktu? Waktu (time) merupakan salah satu konsep dasar sejarah selain ruang (space), kegiatan manusia (human activity). Perubahan (change) dan kesinambungan (continuity). Ia merupakan unsur penting dari sejarah yaitu kejadian masa lalu. Dengan kata lain waktu merupakan konstruksi gagasan yang digunakan untuk memberi makna dalam kehidupan di dunia. Manusia tak dapat dilepaskan dari waktu karena perjalanan hidup manusia sama dengan perjalanan waktu itu sendiri. Tiap masyarakat memilki pandangan yang relatif berbeda tentang waktu yang mereka jalani. Contoh : masyarakat Barat melihat waktu sebagai sebuah garis lurus (linier). Konsep garis lurus tentang waktu diikuti dengan terbentuknya konsep tentang urutan kejadian. Dengan kata lain sejarah manusia dilihat sebagai sebuah proses perjalanan dalam sebuah garis waktu sejak zaman dulu, zaman sekarang dan zaman yang akan datang.

Berbeda dengan masyarakat Barat, masysrakat Hindu melihat waktu sebagai sebuah siklus yang berulang tanpa akhir. Dari perjalanan di atas tentang waktu, khususnya konsep waktu yang lurus, masa lalu perkembangan sejarah manusia akan mempengaruhi perkembangan masyarakat masa kini dan masa yang akan datang. Agar waktu dalam setiap peristiwa atau kejadian dapat dipahami, maka sejarah membuat pembabakan waktu atau periodisasi. Maksud periodisasi ini adalah agar babak waktu itu menjadi jelas ciri-cirinya. Contohnya sejarah Eropa dapat dibagi ke dalam 3 periode yaitu zaman klasik/kuno, zaman pertengahan dan zaman modern. Periodisasi/pembabakan waktu sejarah Indonesia menurut Dr. Kuntowijoyo dalam bukunya yang berjudul Pengantar Ilmu Sejarah, dibagi menjadi 4 periode, yaitu: zaman prasejarah, zaman kuno, zaman Islam, dan zaman modern. Tetapi secara graris besar periodisasi sejarah dibagi menjadi zaman prasejarah dan zaman sejarah sebagi berikut.

maka dapatlah dijelaskan bahwa prasejarah Indonesia berakhir dengan adanya kerajaan Kutai abad 5 M atau tahun 400 M. Sebenarnya ada istilah lain untuk menamakan zaman prasejarah yaitu zaman Nirleka. Maka Anda akan bertanya seperti berikut ini! 1. Gambar. jadi zaman Nirleka zaman tidak adanya tulisan. Kapan bukti dimulainya zaman sejarah di Indonesia ? Sesuai dengan periodisasi sejarah Indonesia yang awalnya dibagi dalam zaman prasejarah. Salah satu contoh yaitu bangsa Mesir + tahun 4000 SM masyarakatnya sudah mengenal tulisan. Berakhirnya zaman prasejarah atau dimulainya zaman sejarah untuk setiap bangsa di dunia tidak sama tergantung dari peradaban bangsa tersebut. Hal ini menimbulkan suatu pengertian bahwa prasejarah adalah zaman sebelum ditemukannya tulisan. apakah Anda sudah paham? Kalau Anda sudah memahami. dan dibuktikan dengan adanya prasasti yang berbentuk yupa yang ditemukan di tepi Sungai Mahakam. tentu Anda sudah mempunyai gambaran tentang sejarah Indonesia. Kapan berakhirnya zaman prasejarah di Indonesia? 2. Dari penjelasan di atas. Batas antara zaman prasejarah dengan zaman sejarah adalah mulai adanya tulisan. sedangkan sejarah adalah zaman setelah adanya tulisan. Nir artinya tidak ada dan leka artinya tulisan.. Prasasti Yupa .Gambar Dengan melihat gambar. maka Anda tentu memahami bahwa prasejarah merupakan suatu zaman yang terjadi sebelum sejarah. sehingga + tahun 4000 bangsa Mesir sudah memasuki zaman sejarah. Kalimantan Timur.

Paku itu sudah terkorosi. di tambang batu Kindgoodie dekat Inchyra tergali sebuah batu pasir.Anda juga harus memahami bahwa peristiwa berakhirnya prasejarah atau dimulainya sejarah dapat diketahui melalui fakta atau sumber. Misalnya. Di utara Inggris. Illinois. juga ada sejumlah perhiasan logam ditemukan. tetapi sangat lurus. ada seorang pedagang yang bernama Hiram de Witt membawa pulang sebuah sepuh emas batuan kristal seukuran telapak tangan manusia dari California. . sebuah paku yang jelas buatan manusia setengahnya tertanam di dalam. Baut besi itu sejak awal telah dioksidasi. ketika ia membawa sekop batu bara ke dalam rumahnya. Batubara tersebut ditaksir telah berusia 300 juta tahun sejarahnya. Lebih awal 20 tahun dibanding baut besi itu. Pada tahun 1865. dan bagian yang terlepas dengan batubara tetap disertai stamp di dalam batu bara semula. Amerika Serikat. tetapi bekas-bekasnya sebagai memori dapat diungkapkan atau diaktualisasikan melalui fakta-fakta tersebut. mengandung 8 karat mas. sedikit terkikis. mereka menemukan sebuah paku besi persegi. Nevada. tahun 1844. Batu kristal itu diperkirakan telah berusia 1 juta tahun lamanya. digambarkan halus dan indahnya bagaikan produk bermutu tinggi barang-barang antik. Berdasarkan penjelasan di atas maka dapatlah disimpulkan bahwa setiap peristiwa atau kejadian hanya dapat diketahui kembali melalui fakta atau sumber-sumber yang ada. Ketika ia memperlihatkan batu itu pada temannya. batu itu tergelincir dari tangannya. di tengah-tengah batu tersebut. Melalui deteksi. Rantai tersebut panjangnya kurang lebih 10 inci. ada seorang wanita di kota Morrisonville. karena peristiwa munculnya kerajaan Kutai tidak akan pernah terulang lagi. ditemukan sebuah bekas baut besi yang berukuran 2 inci di dalam sebuah batu lonjong. pada tanggal 9 Juni 1891. Perkakas Logam Zaman Prasejarah Harian Republik Springfield. namun dari teraan batu lonjong tersebut tetap dapat diketahui bentuk bautnya. batu tersebut diperkirakan dibuat pada zaman prasejarah yakni 21 juta tahun yang lalu. Illinois pada tahun 1851 melaporkan. jatuh ke bawah dan pecah. namun masih bisa dibedakan. dari dalam batubara tersebut jatuh sebuah rantai emas. punya kepala yang sempurna. sebuah batu bara besar hampir merekah. pertambangan Abbey di kota Treasure. sebuah laporan yang diumumkan Sir David Brewster di lembaga ilmu pengetahuan Inggris telah menimbulkan kegemparan. Batu pasir ini setelah dipastikan paling tidak usianya telah 40 juta tahun Selain komponen logam yang sederhana. Para arkeolog merasa yakin bahwa rantai tersebut bukan sengaja terbenam ke dalam batubara: Sebab sebagian batubara masih melekat di atas rantai.

Selain itu. memroduksi. Logam yang dilebur mereka seperti: tembaga. pekerja memakai sarung tangan dan masker penyaring. ketika 2 pekerja memasukkan sekop batubara ke dalam tungku dinding untuk bahan bakar di pabrik. paling tidak telah berumur 5. Temuan yang serupa tidak terhitung banyaknya.Peristiwa yang sama terjadi di sebuah pabrik elektronik di kota Thomas. dan Jerman. besi. para pekerja menggunakan sebuah palu tempa dan memukulnya dengan keras. Weda di majalah Science and Life menulis: "Semua temuan ini menunjukkan.000 tahun. bahwasannya benda itu dibangun oleh tokoh berpandangan luas pada permulaan budaya manusia. suku bangsa tertentu yang belum diketahui pernah menggunakan dua ratusan tanur peleburan untuk melebur. Oklahoma. Tahun 1912. mereka menemukan sebuah kuali besi terbungkus di dalam. Amerika. menggunakan penambangan untuk memurnikan pengolahan logam menjadi barang kerajinan tangan. seng. Ketika melebur. Dan ketika kuali besi itu dikeluarkan. para buruh tambang menemukan ratusan logam bola. di bagian teknik peleburan. serta produk seperti gelang. mangan (kimia) dll. emas. Industri Pertambangan Kuno Pada tahun 1968 lalu.8 miliar tahun. Sebuah batubara terlalu besar. dan lapisan tempat bola-bola logam tersebut menurut pembuktian dengan bahan-bahan kurang lebih telah berumur 2. ketika batubara merekah. batubara yang merekah dua belah itu persis membentuk cetakan kuali besi itu. Alur lekukan yang mengelilingi bola besi sangat halus. Tambang besi di Afrika itu. pabrik metalurgi yang paling kuno. pedang dan tombak. Melalui pemeriksaan beberapa ahli. Wartawan Perancis. bahwa itu merupakan temuan terbesar hinga saat ini. mendapati bahwa benda yang terbungkus dalam batubara tersebut adalah kuali yang terbentuk sejak 325 juta tahun silam. isi pensil. Dua pekerja membubuhkan tanda tangan membuktikan telah menemukan benda itu. ahli teknik pembuatan besi menganggap sangat sulit untuk dijelaskan bahwa itu adalah pembentukan proses alamiah. di dalam lingkungan perbatasan Swaziland. seorang arkeolog Uni Soviet menemukan sebuah bekas pabrik metalurgi prasejarah di Republik Armenia. Pengetahuan melebur mereka berasal dari warisan zaman purbakala yang masih belum kita ketahui. Berdasarkan tes laboratorium. . Di sini. Dunia arkeologi secara bulat berpendapat. Yang paling membuat kagum adalah tang baja. Bila kita memadukan beberapa temuan arkeolog berikut ini. timah. pernah ditambang pada 43 ribu tahun lalu. di lereng sebuah gunung di Afrika. seperti misalnya: vas bunga. maka tidak sulit untuk dipahami bahwasannya manusia prasejarah juga memiliki budaya yang mirip dengan kita. Afrika. Pengetahuan ini dapat dinilai sebagai 'ilmu pengetahuan' dan 'industri' . Inggris. kadar baja tersebut dibuat secara bersama oleh lembaga riset ilmu pengetahuan eks Uni Soviet. Perancis. Tahun 1969 dan 1972. semua ini terdeteksi dengan menggunakan cara ilmiah. cincin. ditemukan puluhan tempat tambang zaman batu awal saat menambang biji besi merah.

hasil penyelidikan yang dilakukan oleh 2 sarjana Fakultas Paleoantropologi dan Teknik. panjang 2. menunjukkan bahwa suku bangsa Indian setempat belum pernah memakai batubara. padahal dalam sejarah penambangan batubara di tempat itu tidak ditemukan catatannya. dan yang lebih membuat mereka takjub adalah ditemukannya uang logam. di bawah batu kapur dan lumpur pasir yang sejarahnya telah ratusan juta tahun. Universitas Utah. memindahkan batubara ke tempat yang jauh. Keadaannya sama seperti tambang tembaga di pulau itu. tidak ada nilai jual lagi. medan penggalian batu tambang itu telah memberikan sejumlah besar batu kapur untuk membangun kembali gedung pengadilan setempat. Di kedalaman 15 meter. Ketika para buruh tambang menggali sampai pada lapisan batu ke sebelas. Setelah kepingan disatukan. sama persis dengan yang digunakan sekarang. Agustus 1953. dan tangkai kayu palu besi yang telah menjadi fosil serta perkakas kayu yang telah berfosil. arkeolog Amerika menemukan sumur tambang tembaga prasejarah bahkan suku bangsa Indian setempat tidak tahu kapan dimulainya sumur tambang tersebut. Antara lapisan batu di pertambangan itu disekat oleh lapisan lumpur dan pasir. mengapa bisa bersembunyi fosil peninggalan sejarah yang serupa dengan perkakas pertambangan zaman modern? Masalah tersebut lebih membuat orang sulit memahami saat ini dibanding ketika menemukannya. Yang paling aneh adalah temuan buruh tambang di industri tambang Utah. Hingga saat ini sejumlah besar medan tambang yang masih tetap diteliti dan mendapat perhatian ahli geologi serta ahli antropologi. bahwa masa dimulainya sejarah peradaban harus secara luas dikembangkan ke depan. AS. Selama kurun waktu antara 1786-1788. di luar dugaan mereka menemukan tonggak batu di dalamnya dan kepingan batuan yang pernah tergali. Atau.5 meter. Namun. ditemukan di dalam sebuah lapisan batu karang di tempat penggalian batu di Perancis. budaya seperti ini belum bisa terus berlangsung. Ketika para buruh tambang membersihkan lumpur dan pasir. Tahun 1953. bahkan telah merekah menjadi kepingan. namun tempat sumur tambang itu tidak ditemukan adanya jejak manusia yang pernah menetap lama di tempat tersebut. dengan semakin banyaknya pembuktian baru secara arkeologis menunjukkan kepada semua orang.Di sebuah pulau di Amerika. sehingga meninggalkan kehampaan. inikah penyelidikan cermat sesungguhnya yang harus kita lakukan. Penggalian dilanjutkan. persis sebuah papan kayu yang digunakan oleh buruh tambang batu. Terakhir bahkan ditemukan sebuah papan kayu. tebalnya 25 cm. Ada indikasi menunjukkan. bahwa industri tambang prasejarah telah menambang ribuan ton tambang tembaga. Jelas. buruh-buruh tambang prasejarah itu juga memiliki cara dan teknik penambangan. masanya telah lama sekali. muncul lagi selapis lumpur dan pasir. di luar dugaan tergali lorong tambang yang telah ada sebelumnya. Papan besar bersama dengan perkakas kayu lainnya juga telah menjadi fosil. Batubara yang tersisa di dalamnya telah teroksidasi. . Usaha pertambangan prasejarah dan wujud peninggalan sejarah lainnya yang tidak diketahui.

Berdasarkan geologi. Kegiatan binatang Reptil Raksasa (dalam Jurrasic Park) . Untuk lebih mengenal bintang-binatang tersebut amatilah gambar berikut ini. Gambar . Untuk lebih jelasnya Anda dapat menyimak kembali gambar berikut ini. maka kehidupan terus berkembang sehingga memasuki zaman baru. ARKAEKUM / zaman tertua Zaman ini berlangsung kira-kira 2500 juta tahun. pada saat itu kulit bumi masih panas. Dari penjelasan ini tentu Anda ingin bertanya kapan muncul kehidupan? Untuk itu simak uraian berikutnya. PALEOZOIKUM / zaman primer atau zaman hidup tua Zaman ini berlangsung 340 juta tahun. Binatang yang hidup zaman Paleozoikum Dengan berakhirnya zaman primer. Makhluk hidup yang muncul pada zaman ini seperti mikro organisme. Zaman-zaman tersebut merupakan periodisasi atau pembabakan prasejarah yang terdiri dari : 1. Gambar. reptil dan binatang yang tidak bertulang punggung. 2.Pembabakan Zaman Prasejarah berdasarkan Geologi Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. ikan. sehingga tidak ada kehidupan. terjadinya bumi sampai sekarang dibagi ke dalam empat zaman. ampibi.

Pada zaman pertengahan ijenis reptil mencapai tingkat yang terbesar seperti gambar 5 sehingga pada zaman ini sering disebut juga dengan zaman reptil.000 tahun yang ditandai dengan adanya manusia purba. Yang terpenting dari zaman ini ditandai dengan berkembangnya jenis binatang menyusui seperti jenis primat. merupakan sejenis reptil raksasa yang hidup pada zaman kedua. 4. Selanjutnya berlangsunglah zaman hidup baru seperti yang diuraikan pada materi berikut ini. maka pahami tabel sebagai berikut: . Pada zaman ini ditandai dengan munculnya manusia jenis Homo Sapiens yang memiliki ciri-ciri seperti manusia sekarang. apakah Anda sudah memahami? Untuk lebih meningkatkan pemahaman Anda pada materi pembabakan zaman prasejarah berdasarkan geologi. Setelah berakhirnya zaman sekunder ini. 2. Dari penjelasan materi di atas. yaitu: 1. Untuk memahami zaman tersebut. Ø Zaman Holocen/Alluvium berlangsung kira-kira 20.000 tahun yang lalu dan terus berkembang sampai dewasa ini. MESOZOIKUM/zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan Zaman ini berlangsung kira-kira 140 juta tahun. Sedangkan jenis reptilnya mengalami kepunahan. maka muncul kehidupan yang lain yaitu jenis burung dan binatang menyusui yang masih rendah sekali tingkatannya.Dari gambar yang Anda amati. maka Anda dapat menyimak pada uraian berikut ini: Ø Zaman Pleitocen/Dilluvium berlangsung kira-kira 600. Dan zaman ini dibagi lagi menjadi dua zaman yaitu yang disebut dengan zaman Pleistocen dan Holocen. NEOZOIKUM / zaman hidup baru Zaman ini dibedakan menjadi 2 zaman. 3. contohnya kera. Kuartier/zaman keempat Zaman ini ditandai dengan adanya kehidupan manusia sehingga merupakan zaman terpenting. Tersier / zaman ketiga Zaman ini berlangsung sekitar 60 juta tahun.

d. . Kalimantan. yaitu: 1. Sulawesi.Zaman Batu Zaman Batu terjadi sebelum logam dikenal dan alat-alat kebudayaan terutama dibuat dari batu di samping kayu dan tulang. Jawa Timur yang disebut Abris Sous Roche antara lain: Flakes (Alat serpih). antara lain: Zaman Batu Tua Zaman batu tua (palaeolitikum) disebut demikian sebab alat-alat batu buatan manusia masih dikerjakan secara kasar. Ditemukannya bukit-bukit kerang di pinggir pantai yang disebut Kjoken Mondinger (sampah dapur) c. Apabila dilihat dari sudut mata pencariannya. Alat-alat diatas banyak ditemukan di daerah Sumatera. kapak persegi dan alat-alat dari tulang. manusianya masih hidup secara nomaden (berpindah-pindah) dan belum tahu bercocok tanam. Alat-alat yang dihasilkan nyaris sama dengan zaman palaeolithikum yakni masih merupakan alat-alat batu kasar. periode ini disebut masa food gathering (mengumpulkan makanan). pipisan. Alat-alat kebudayaan Mesolithikum yang ditemukan di gua Lawa Sampung. Ciri zaman Mesolithikum: a. tidak diasah atau dipolis. Zaman batu ini diperiodisasi lagi menjadi 4 zaman. Alat-alat dari tulang binatang atau tanduk rusa dan Flakes dari batu Chalcedon (untuk mengupas makanan) [sunting] Zaman Batu Tengah 1. Jawa. Nomaden dan masih melakukan food gathering (mengumpulkan makanan) b.ujung mata panah. Kapak pendek (hache Courte) Pipisan (batu-batu penggiling) dan kapak-kapak dari batu kali yang dibelah. c. Flores. Kebudayaan Pacitan (Pithecanthropus) 2. e. Alat-alat zaman mesolithikum antara lain: Kapak genggam (Pebble). Kebudayaan Ngandong. Terdapat dua kebudayaan yang merupakan patokan zaman ini. Blora (Homo Wajakinensis dan Homo Soloensis) Alat-alat yang dihasilkan antara lain: kapak genggam/perimbas (golongan chopper/pemotong).

2. Menhir: tugu batu yang dibangun untuk pemujaan terhadap arwah-arwah nenek moyang. Pakaian dari kulit kayu 5. 4. Kapak batu (kapak persegi berleher) dari Minahasa. Sarchopagus/keranda atau peti mati (berbentuk lesung bertutup) 4. Maluku. Perhiasan (gelang dan kalung dari batu indah) ditemukan di Jawa. yaitu dengan cetakan batu yang disebut bivalve dan dengan cetakan tanah liat dan lilin yang disebut a cire perdue. Teknik pembuatan alat logam ada dua macam. 3. Hasil kebudayaan Megalithikum. antara lain: 1. Nusa Tenggara. mencetaknya menjadi alat-alat yang diinginkan. Pebble-Culture (alat kebudayaan kapak genggam dari Kjoken Mondinger) b. 2. Austro-Asia (KhamerIndocina) Zaman Batu Besar Zaman ini disebut juga sebagai zaman megalithikum. Manusia pendukung kebudayaan Mesolithikum adalah bangsa Papua--Melanosoid Zaman Batu Muda Ciri utama pada zaman batu Muda (neolithikum) adalah alat-alat batu buatan manusia sudah diasah atau dipolis sehingga halus dan indah. pacul. Punden berundak: tempat pemujaan bertingkat 5. Kalimantan. misalnya beliung. Periode ini juga disebut masa perundagian karena dalam masyarakat timbul golongan undagi yang terampil melakukan pekerjaan tangan. Bone-Culture (alat kebudayaan dari Tulang) c. Arca/patung batu: simbol untuk mengungkapkan kepercayaan mereka Zaman Logam Pada zaman Logam orang sudah dapat membuat alat-alat dari logam di samping alat-alat dari batu. Dolmen: meja batu tempat meletakkan sesaji untuk upacara pemujaan roh nenek moyang 3. Melolo (Sunda) Manusia pendukung Neolithikum adalah Austronesia (Austria). Kubur batu: peti mati yang terbuat dari batu besar yang dapat dibuka-tutup 6. Tembikar (periuk belaga) ditemukan di Sumatera. Sulawesi. Alat-alat yang dihasilkan antara lain: 1. Tiga bagian penting kebudayaan Mesolithikum: a. Kapak persegi. Flakes Culture (kebudayaan alat serpih dari Abris Saus Roche) 3. dan torah yang banyak terdapat di Sumatera. Zaman logam ini dibagi atas: Zaman Perunggu Pada zaman perunggu atau yang disebut juga dengan kebudayaan Dongson-Tonkin Cina (pusat kebudayaan)ini manusia purba sudah dapat mencampur tembaga dengan timah dengan perbandingan 3 : 10 sehingga diperoleh logam yang lebih keras. Bali. . Jawa.2. Jawa. Orang sudah mengenal teknik melebur logam.

Alat-alat besi yang ditemukan pada zaman logam jumlahnya sedikit dan bentuknya seperti alat-alat perunggu. Teknik peleburan besi lebih sulit dari teknik peleburan tembaga maupun perunggu sebab melebur besi membutuhkan panas yang sangat tinggi. Roti. yaitu kebudayaan yang menggunakan media batu-batu besar sebagai alatnya. Mata Pisau c. Mata Sabit d. bahkan puncak kebudayaan megalitikum justru pada zaman logam . Lumajang (Jawa Timur) dan Bogor (Jawa Barat) Zaman Besi Pada zaman ini orang sudah dapat melebur besi dari bijinya untuk dituang menjadi alat-alat yang diperlukan. Benjana Perunggu ditemukan di Madura dan Sumatera. ditemukan pada zaman sejarah. Mata Kapak bertungkai kayu b. sebab kebanyakan alat-alat besi. d. Mata Pedang e. Selayar. Alat-alat besi yang dihasilkan antara lain: a. Sumbawa. Bogor (Jawa Barat). Jawa-Bali. Kepulauan Selayar. Besuki dan Punung (Jawa Timur) Zaman logam di Indonesia didominasi oleh alat-alat dari perunggu sehingga zaman logam juga disebut zaman perunggu. Nekara Perunggu (Moko) sejenis dandang yang digunakan sebagai maskawin. Antara zaman neolitikum dan zaman logam telah berkembang kebudayaan megalitikum.Alat-alat perunggu pada zaman ini antara lain : a. Cangkul Alat-alat tersebut ditemukan di Gunung Kidul (Yogyakarta). Leti c. Arca Perunggu ditemukan di Bang-kinang (Riau). yaitu ±3500 °C. Sulawesi. Irian b. Ditemukan di Sumatera. Jawa-Bali. termasuk golongan alat perkakas) ditemukan di Sumatera Selatan. Kapak Corong (Kapak perunggu.

02 Gurit Pengatigan Telp (0333) 631459 ROGOJAMPI – BANYUWANGI Rogojampi. Wiwik Idayati Kelas X.1 ( 09 ) ( 35 ) SMA NEGERI 1 ROGOJAMPI JL. Oktober 2011 .TUGAS SEJARAH Disusun oleh : 1. Dieska Rahayu 2. Ali sakti No.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->