5.

K EGIATAN B ELAJAR 5
ME RAWAT DAN MENGASAH PERKAKAS TANGAN a. Tujuan kegiatan Pemelajaran Setelah mempelajari topik ini peserta diklat dapat:  Memahami teknik merawat perkakas tangan.  Merawat perkakas tangan.  Mengasah perkakas tangan. b. Uraian materi Pemelajaran 1. Mengasah alat-alat penanda Alat-alat penanda pada umumnya setelah pemakaian yang lama menjadi tumpul. Ketajamanya dapat digerinda lagi dengan sudut-sudut ketajaman berikut : penggores ± 20°, penitik garis ± 60°, penyenter ± 90°.

Gambar 69. Cara menggerinda salah satu alat penanda

Teknik Gambar Mesin Menggunakan Perkakas Tangan (M18.1A)

63

Memelihara kikir Ketajaman kikir kadang dapat dikembalikan dengan cara disikat atau membersihkan gigi kikir dengan batang kuningan/brass seperti terlihat pada gambar. Memelihara alat-alat potong a. Membersihkan kikir Teknik Gambar Mesin Menggunakan Perkakas Tangan (M18. Gambar 71.penyenter penitik garis penggores Gambar 70.1A) 64 . Sudut penyenter. penitik garis dan penggores 2.

Perawatannya cukup membersihkan tatal bekas penyayatannya setelah dipakai. Mata Bor Mata potong bor dapat diasah kembali. dan snei yang aus / tumpul. Rimer Tangan.Gambar 72.1A) 65 . Gergaji Tangan Selain mengganti daun gergaji yang sudah tumpul hampir tidak ada perawatan khusus untuk daun gergaji tangan. Sudut sayat mata potong bor disesuaikan dengan bahan yang akan dibor. Mengasah mata bor d. Tap. Gambar 73. Membersihan gigi kikir dengan batang kuningan b. Teknik Gambar Mesin Menggunakan Perkakas Tangan (M18. dan Snei Tidak diperlukan pengasahan ulang terhadap rimer tangan. c. tap.

Jelaskan cara pemeliharaan/perawatan dari alat-alat ukur dan alat-alat pemeriksa. Jelaskan perawatan terhadap mata bor. Mengasah perkakas tangan. Merawat perkakas tangan. Perawatan kikir dibersihkan dengan sikat atau batang kuningan 3. 2. penyenter ± 90°. Jelaskan tujuan dari perawatan pada peralatan bengkel. Rangkuman 1. Tugas pemelajaran Pada penilaian unjuk kerja yang akan dilakukan.c. 4. Merawat perkakas tangan. Alat-alat penanda pada umumnya setelah pemakaian yang lama menjadi tumpul. 3. 3. Memahami teknik merawat perkakas tangan. penitik garis ± 60°. Jelaskan tujuan dari pemberian minyak ringan pada lap untuk perawatan alat-alat ukur. 3. peserta diklat dipersyaratkan menampilkan kemampuan sesuai dengan urutan tugas yang disusun dalam analisis pokok bahasan. e. Mengasah perkakas tangan. Rimer perawatannya cukup membersihkan tatal setelah pemakaian. Untuk itu disarankan agar selalu berkonsultasi dengan guru/pembimbing dalam melaksanakan suatu tugas dan revisi terhadap teori yang dipelajari. tap dan snei. Jelaskan cara merawat kikir supaya terjaga dari ketumpulan gigi pahatannya setelah digunakan. Perawatan mata bor dapat diasah apabila mata bornya tumpul. 2. d. Teknik Gambar Mesin Menggunakan Perkakas Tangan (M18. 5. Tes foramatif Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas. rimer. Untuk mendapatkan kemampuan yang sesuai dengan kriteria standar yang harus dicapai oleh peserta diklat yang dianggap kompeten adalah: 1. 1. Ketajamanya dapat digerinda lagi dengan sudut-sudut ketajaman berikut: penggores ± 20°. Pahami teknik merawat perkakas tangan. Lakukanlah tugas-tugas belajar di bawah ini: 1.1A) 66 . 4. 2. 2.

Balikan dan Tindak Lanjut Cocokanlah hasil jawaban dengan kunci jawaban. Teknik Gambar Mesin Menggunakan Perkakas Tangan (M18. maka Anda harus kembali mempelajari kegiatan belajar 5.1A) 67 . cermati pekerjaan Anda dan jika pekerjaan Anda telah mencapai tingkat kesesuaian 70% atau lebih. namun jika tingkat kesesuaiannya kurang dari 70%. maka Anda dapat melanjutkan ke kegiatan berikutnya (kegiatan belajar 6) yang berarti pekerjaan Anda sudah sudah memenuhi syarat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful