BAB I PENGANTAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

A. Latar Belakang Pendidikan Kewarganegaraan dan Kompetensi yang Diharapkan

1.

Latar Belakang Pendidikan Kewarganegaraan

Kata Kewaganegaraan dalam bahasa latin disebut Civicus. Selanjutnya, kata civicus diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi kata Civic yang artinya mengenai warga Negara atau kewarganegaraan. Dari kata Civic lahir kata Civic Education yaitu Pendidikan Kewarganegaraan. Pendidikan kewarganegaraan sebagai mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa di Perguruan Tinggi.Menurut Pasha (2002:10) Pendidikan Kewarganegaraan merupakan materi perkuliahan yang menyangkut pemahaman tentang persatuan dan kesatuan, kesadaran warga Negara dalam bernegara, hak dan kewajiban warga Negara dalam berbangsa dan bernegara, serta pendidikan bela Negara. Kemudian Perjalanan panjang sejarah Bangsa Indonesia yang dimulai sejak era sebelum dan sesudah penjajahan, kemudian dilanjutkan dengan era perebutan dan mempertahankan kemerdekaan sampai hingga era pengisian kemerdekaan menimbulkan kondisi dan tuntutan yang berbeda tersebut ditanggapi oleh bangsa Indonesia berdasarkan kesamaan nilai-nilai perjuangan bangsa yang senantiasa tumbuh dan berkembang. Kesamaan nilai-nilai ini dilandasi oleh jiwa, tekad, semangat kebangsaan yang tinggi dari setiap rakyat Indonesia. Semangat perjuangan bangsa merupakan kekuatan mental spiritual yang dapat melahirkan sikap dan prilaku yang mampu menumbuhkan kekuatan, kesanggupan, dan kemauan yang luar biasa. Semangat perjuangan bangsa inilah yang harus dimiliki oleh setiap warga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, nilai-nilai perjuangan

1

 Secara Khusus a. berbangsa dan bernegara. Agar mahasiswa dapat memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara jujur. Agar mahasiswa memiliki sikap dan prilaku yang sesuai dengan norma dan nilai yang mengandung rasa kejuangan. Adapun tujuan mata kuliah Pendidikan kewarganegaraan ini. Memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada mahasiswa mengenai hubungan antara warga Negara dengan Negara serta Pendidikan mengenai apapun tentang Negara agar menjadi warga Negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan Negara. demokratis. Wawasan Nusantara. Agar mahasiswa menguasai dan memahami berbagai masalah dasar dalam kehidupan bermasyarakat. sebagai berikut :  Secara Umum a. Membentuk warga Negara yang baik dan cerdas yang mampu mendukung pembangunan dan juga kelangsungan bangsa dan Negara. dan Ketahanan Nasional. 2 . cinta tanah air. santun. dan rela berkorban bagi nusa dan bangsa. serta dapat mengatasinya dengan pemikiran kritis dan bertanggung jawab yang berlandaskan Pancasila. b. c.bangsa yang masih relevan dalam memecahkan setiap permasalahan dalam masyarakat. berbangsa. ikhlas sebagai warga Negara Indonesia terdidik dan bertanggungjawab. b. dan bernegara serta sudah terbukti keandalannya.

dan seni(iptek) yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Kemampuan Warga Negara Generasi mengantisipasi penerus diharapkan berguna dan masa bermakna depannya. perubahan menggunakan kemampuan yang dimilikinya dalam hal mampu memiliki. memahami. dalam dengan perkembangan. 2. dan membekali diri dengan Ilmu Pengetahuan. teknologi. sikap serta prilaku yang cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa. Wawasan Nusantara. Tujuan utama Pendidikan Kewarganegaraan adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara. Kompetensi Kewarganegaraan yang Diharapkan dari Pendidikan 1. dan nilai-nilai perjuangan bangsa. nilai-nilai keagamaan.Hakikat Pendidikan Sebagai generasi penerus diharapkan berguna dan bermakna bagi bangsa Indonesia dengan syarat : o Bisa meniti masalah o Bisa menolak masalah o Bisa mengabaikan masalah o Bisa mengantisipasi masalah Masyarakat dan pemerintah suatu Negara berupaya untuk menjamin kelangsungan hidup serta kehidupan generasi penerusnya secara berguna (berkaitan dengan kemampuan spiritual) dan bermakna (berkaitan dengan kemampuan kognitif dan psikomotorik). 3 .II.

semangat kebangsaan.serta Ketahanan Nasional dalam diri para mahasiswa calon sarjana/ilmuwan warga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sedang mengkaji dan menguasai iptek dan seni. 4. dll. 5. teknologi. dan efisien dalam penggunaannya. Menumbuhkan Wawasan Warga Negara Setiap warga Negara Republik Indonesia harus menguasai ilmu pengetahuan. Oleh karena itu dengan memiliki dan memahami Iptek dan seni maka generasi penerus mampu lebih mudah. Kehidupan kampus pendidikan tinggi dikembangkan sebagai lingkungan ilmiah yang dinamis sehingga Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata kuliah wajib untuk mahasiswa jenjang S1. kesadaran bela Negara. dan lain sebagainya dalam menghargai jasa para pahlawan dikalangan mahasiswa hendak dipupuk melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Kompetensi yang Diharapkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjelaskan bahwa “Pendidikan Kewarganegaraan merupakan usaha untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga Negara dan Negara serta Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) agar menjadi warga Negara yang dapat diandalkan oleh Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dasar Pemikiran Pendidikan Kewarganegaraan Rasa cinta tanah air. 4 . murah. 3. dan seni yang merupakan misi atau tanggung jawab Pendidikan Kewarganegaraan untuk menumbuhkan wawasan warga Negara dalam hal persahabatan. dan sikap serta prilaku. pengertian antarbangsa. perdamaian dunia.

B.ketentuannya adalah sebagai berikut : 1. menganalisis. bangsa.  Bangsa Lain : keturunan bangsa lain yang pindah kewarganegaraan menjadi warga Negara Indonesia . Untuk menjadi warga Negara Indonesia . Hak dan Kewajiban Warga Negara. Bangsa. warga Negara Indonesia diharapkan mampu : “Memahami. Sedangkan pengertian warga Negara menurut UUD 1945 Pasal 26 Ayat 1 ialah : “yang menjadi warga Negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan Undang-Undang sebagai warga negara”.Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. maka anak itu secara otomatis adalah warga Negara Indonesia asli. berdomisili di Indonesia 5 . Negara. dan negaranya secara berkesinambungan dan konsisten dengan cita-cita dan tujuan nasional seperti yang digariskan dalam Pembukaan UUD 1945”. Pemahaman tentang Warga Negara. dan menjawab masalahmasalah yang dihadapi oleh masyarakat. dan Hak Asasi manusia(HAM)  Warga Negara Pengertian warga Negara secara umum adalah Penduduk. Keterangan :  Bangsa Asli : seseorang yang dilahirkan oleh seorang ibu bangsa pribumi dan ayahnya seorang laki-laki bangsa pribumi.

Apartride : tidak memiliki kewarganegaraan. Penentuan warga Negara: 1.Status Pasif : kewajiban warga Negara untuk tunduk pada ketentuan Negara.Status Negatif : warga Negara mendapat jaminan bahwa hakhak meraka tidak akan dicampuri oleh Negara jika tidak perlu. dan sejarah serta berpemerintahan sendiri.  Bangsa Bangsa adalah orang-orang yang memiliki kesamaan asal keturunan. Status Positif : warga Negara berhak menurut pemenuhan dan perlindungan terhadap hak-haknya dari Negara . Status warga Negara : 1. 3.2. Depdikbud. 4. bahasa. adat. Ius Sanguinis : Penetuan warga negaranya tergantung pertalian darah atau keturunan. Halaman 89 menyatakan “ bangsa ialah kumpulan manusia 6 . 2. “ seseorang boleh memiliki lebih dari satu kewarganegaraan karena itu merupakan haknya “. menetap paling tidak 5 tahun di Indonesia harus bisa berbahasa Indonesia bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya dan tahu bendera Indonesia (Merah-Putih). 3. Ius Soli : Penetuan warga Negara nya tergantung tempat ia dilahirkan 2. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua.

yang biasanya terkait karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu dimuka bumi. Macam-macam Bangsa diantaranya :  Mongoloid : Cina  Negroid : Afrika  Melanesia : Indonesia Bangsa itu memiliki 5 persamaan : • • • • • Keturunan Adat Bahasa Sejarah Pemerintah  Negara Negara ialah suatu organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang bersama-sama mendiami satu wilayah tertentu dan mengakui adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia tersebut. Unsur-unsur Negara adalah :  Wilayah tertentu  Pemerintah berdaulat  Rakyat 7 .

dll. HAM itu dijunjung tinggi dan dihormati oleh Negara. 3. 39 Tahun 1998 menjelaskan Tentang HAM di Indonesia. hukum. Menimbang bahwa mengabaikan dan memandang rendah pada hak-hak asasi manusia telah mengakibatkan perbuatanperbuatan bengis yang menimbulkan rasa kemarahan dalam hati nurani umat manusia dan bahwa terbentuknya suatu dunia dimana manusia akan mengecap kenikmatan kebebasan berbicara dan agama serta kebebasan dari rasa takut dan kekurangan telah dinyatakan sebagai aspirasi tertinggi dari rakyat jelata. setiap orang. PBB No. HAM itu perlu dijaga. 8 . sedangkan UU No. dihormati. Menimbang bahwa hak-hak asasi manusia perlu dilindungi oleh peraturan hokum supaya orang tidak akan terpaksa memilih pemberontakan sebagai usaha yang terakhir guna menentang kelaliman dan penjajahan. dan perdamaian dunia. dan keluarga.  Hak Asasi Manusia (HAM) HAM ialah seperangkat atau beberapa hakikat dan martabat yang merupakan hak-hak dasar manusia yang dibawa sejak lahir yang diberi oleh Allah SWT. 2. 217/III tanggal 10 Desember 1948. Pengakuan dari Negara lain Indonesia mendapatkan pengakuan dari 2 negara yaitu India dan Mesir. terdapat pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut : 1. dijunjung. dilindungi. HAM di Indonesia terdapat di Alenia 1 Pembukaan UUD 1945. HAM di dunia terdapat pada Nomor SU. pemerintah. dipelihara. Menimbang bahwa pengakuan atas martabat yang melekat dan hak-hak yang sama dan tidak terasingkan dari semua anggota keluarga kemanusiaan. keadilan.

sedangkan kata mawas artinya memandang. dll. Pengertian Wawasan Nusantara 1. martabat serta penghargaan seorang manusia. pengertian secara Etimologis dan Terminologis  Secara etimologis Wawasan Nusantara berasal dari 2 suku kata yaitu “wawasan” dan “Nusantara”. BAB II WAWASAN NUSANTARA A. tinjauan. dan hak-hak yang sama bagi laki-laki maupun perempuan dan telah memutuskan akan meningkatkan kemajuan social dan tingkat penghidupan yang lebih baik dalam kemerdekaan yang lebih luas. Wawasan berasal dari kata wawas (bahasa Jawa) yang artinya pandangan. Menimbang bahwa bangsa-bangsa dari anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam Piagam telah menyatakan sekali lagi kepercayaan mereka atas hak-hak dasar dari manusia. 5. akan Menimbang bahwa Negara-negara anggota telah berjanji mencapai perbaikan penghargaan umum terhadap pelaksanaan hak-hak manusia dan kebebasan-kebebasan asas dalam kerja sama dengan PBB. 6. Jadi wawasan artinya cara 9 . 7. Menimbang bahwa pengertian umum terhadap hak-hak dan kebebasan-kebebasan ini adalah penting sekali untuk pelaksanaan janji ini secara benar. meninjau. pengelihatan.4. Menimbang bahwa persahabatan antara Negara-negara perlu dianjurkan.

uraainnya sebagai berikut : • Indonesia diapit oleh 2 benua (Asia dan Australia) 10 . Prof. c. Jadi dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Wawasan Nusantara ialah cara pandang kita mengenai keberadaan pulau-pulau yang diapit oleh 2 benua (Asia dan Australia) dan 2 Samudra (Pasifik dan Hindia). Wan Usman Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.melihat atau memandang. GBHN Tahun 1998 Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenal diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayahnya dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat. regional. Indonesia yang diapit oleh 2 benua dan 2 samudra tersebut masing-masing membawa dampak baik secara negative maupun positif bagi Negara Indonesia itu sendiri. b. Sedangkan Nusantara berasal dari 2 suku kata yaitu “Nusa(pulau-pulau & antara(pengapit/diapit)”. berbangsa. dan global.  Secara Terminologis Wawasan Nusantara menurut beberapa pendapat : a. Pokja Lemhannas Wawasan Nusantara ialah cara pandang suatu bangsa yang telah menegara tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang serba terhubung (melalui interaksi dan interelasi) dan dalam pembangunannya dilingkungan nasional(termasuk local dan propinsional). dan bernegara.

b) Pemerataan hasil pemanfaatan kekayaan wilayah nusantara. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Sosial Budaya meliputi : a) Pemerataan. Luas Negara Indonesia mencapai 2. c) d) Kesatuan falsafah dan ideologi Negara. keseimbangan dan persamaan dalam kemajuan masyarakat serta adanya. c) Keserasian dan keseimbangan tingkat pengembangan ekonomi seluruh daerah.028. C. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Politik meliputi : a) b) Kewilayahan nasional. Perwujudan Wawasan Nusantara diantaranya : A. Indonesia yang diapit oleh 2 benua tersebut secara kehidupan sangat berpengaruh bagi bangsa Indonesia baik itu negative maupun positif.Indonesia terletak pada 60 LU-110LS serta 950 BT.087 km2 yang terdiri dari daratan 35% yang memuat kurang lebih 17. Persatuan dan kesatuan bangsa dalam mencapai cita-cita nasional.1410 BT. 11 . Kesatuan hukum yang mengabdi kepada kepentingan nasional. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Ekonomi meliputi : a) Kepemilikan bersama kekayaan efektif maupun potensi wilayah nusantara. B.508 pulau besar dan kecil.

b) Keselarasan kehidupan yang sesama dengan kemajuan bangsa. • Indonesia diapit oleh 2 Samudra (Pasifik dan Hindia) Samudra Pasifik dan Hindia terbentang luas di lautan Negara Indonesia yaitu :  Laut Teritorial 12 mil dari garis pantai  Wilayah laut zona bersebelahan diluar batas 12-24 mil dari garis pantai  Wilayah laut Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) 200 mil dari garis Ancaman terhadap satu pulau atau daerah dianggap sebagai ancaman terhadap seluruh bangsa dan pantai  Batas landas benua lebih dari 200 mil BAB III KETAHANAN NASIONAL A. SEJARAH BANGSA INDONESIA 12 . D. c) Mempersatukan corak ragam budaya yang ada sebagai kekayaan nasional budaya bangsa. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Pertahanan dan Keamanan meliputi : a) Persamaan hak dan kewajiban bagi setiap warga Negara dalam rangka membela Negara dan bangsa b) Negara.

bahasa Indonesia. damai. tanah air Indonesia. yang menjadi cita-cita tersebut karena Indonesia masih mengalami banyak gejolak-gejolak yang datang baik dari dalam maupun dari luar Negara Indonesia. PRRI. kami putra-putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu. Permesta. 2. Darul Islam. Pemberontakan 30S/PKI.56 Jakarta. 13 .17 Agustus 1945 tersebut jam 10. Sumpah Pemuda ini berisi mengenai 3 hal yaitu : 1. Sejak proklamsi kemerdekaan bangsa Indonesia belum sepenuhnya menjadi Negara yang makmur.RMS.Sejarah mengenai perjuangan bangsa Indonesia yang berkenaan dengan Ketahanan Nasional diantaranya ialah :  Budie Utomo Budie Utomo berdiri pada tahun 1908 yang merupakan salah satu atau yang pertama kali sebagai penggerak pendidikan di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia agar indonesia mampu untuk lepas dari para penjajah yang berasal dari bangsa asing. kami putra-putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu.10 di Jl.dll.  Dari dalam negeri . Selanjutnya Indonesia mengalami kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 yang berisi Proklamasi yang dikumandangkan pada Jumat. kami putra-putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan. bangsa Indonesia.  Sumpah Pemuda Sumpah Pemuda berdiri pada tanggal 28 Oktober 1928 yang merupakan penggerak bagi pemuda pemudi bangsa Indonesia guna semangat yang membara dari mereka untuk melepaskan diri dari belenggu penjajah. 3. Pengangsaan timur No.

Yang menjadi faktornya ialah :  Manusia Berbudaya Manusia merupakan makhluk Tuhan yang paling sempurna karena memilki akal. Hambatan. dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. politik. Oleh karena itu manusia senantiasa melakukan hubungan diantaranya :        Dengan Tuhan disebut Agama Dengan cita-cita disebut Ideologi Dengan kekuasaan/kekuatan disebut Politik Dengan pemenuhan kebutuhan disebut Ekonomi Dengan manusia disebut social Dengan rasa keindahan disebut Seni/Budaya Dengan pemanfaatan Alam disebut Ilmu Pengetahuan dan Teknologi  Dengan rasa aman disebut Pertahanan dan Keamanan.budaya. dan ideology Trigatra : meliputi penduduk. Pancagatra : meliputi social. pikiran. dan Gangguan). geografis. dan berbagai kemampuan dan keterampilan dari makhluk-makhluk lainnya. Dari luar negeri : Agresi Militer Belanda I (1947) dan Agresi Belanda II (1949) Dari adanya gejolak-gejolak tersebut maka Negara Indonesia tidak luput dari yang namanya ATHG (Ancaman. sumber daya alam 14 .spiritual. Tantangan. Manusia senantiasa memenuhi kebutuhannya baik secara ekonomi.ekonomi.

Sehingga Indonesia memiliki landasan kehidupan berupa Pancasila dan UUD Dasar 1945 yang nantinya bisa mewujudkan kehidupan dari dambaan kehidupan yang dicita-citakan. kita bisa mendambakan kehidupan dalam suatu bangsa yang adil.Untuk mengatasi ATHG tersebut kita perlu melakukan tangkisan-tangkisan diantaranya : o o baik-baik o Perjanijan : misalnya kita melakukan perjanjian bersama Kekuatan : misalnya untuk melakukan perang Perdamaian: misalnya untuk melakukan pedamaian secara suatu bangsa baik tertulis maupun tidak tertulis. dll). Kesimpulan 15 . kita sebagai warga Negara Indonesia harus mengamalkan Pancasila dan UUD Dasar 1945 tersebut.rukun yang merupakan impian bersama-sama. disiplin. sejahtera.dilihat seperti bangunan gedung-gedung bertingkat) dan secara Non Fisik (berupa pembangunan dalam bidang kesehatan. PENGERTIAN KETAHANAN NASIONAL INDONESIA Ketahanan Nasional Indonesia adalah kondisi dinamis bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi guna mencapai kejayaan ataupun kemakmuran bagi bangsa dan Negara Indonesia. Selanjutnya Indonesia pastinya melakukan pembangunan-pembangunan guna kelangsungan hidup masyarakatnya berupa Fisik(bisa diukur. tentram. damai. Oleh karena itu. pendidikan.oleh karena itu.

Indonesia mengalami kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. meninjau. damai. kemerdekaan bangsa Indonesia belum sepenuhnya menjadi Negara yang makmur. yang menjadi cita-cita tersebut karena Indonesia masih mengalami banyak gejolak-gejolak yang dating baik dari dalam maupun dari luar Negara Indonesia. pengelihatan. 16 . Wawasan Nusantara. serta Ketahanan Nasional dalam diri para mahasiswa calon sarjana/ilmuwan warga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sedang mengkaji dan menguasai iptek dan seni. Sedangkan Nusantara berasal dari 2 suku kata yaitu “Nusa(pulau-pulau & antara(pengapit/diapit)”.sedangkan kata mawas artinya memandang.Wawasan Nusantara ialah cara pandang kita mengenai keberadaan pulau-pulau yang diapit oleh 2 benua (Asia dan Australia) dan 2 Samudra (Pasifik dan Hindia). Jadi wawasan artinya cara melihat atau memandang. sikap serta prilaku yang cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa. tinjauan. Wawasan Nusantara berasal dari 2 suku kata yaitu “wawasan” dan “Nusantara”. Ketahanan Nasional Indonesia adalah kondisi dinamis bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi guna mencapai kejayaan ataupun kemakmuran bagi bangsa dan Negara Indonesia. Wawasan berasal dari kata wawas (bahasa Jawa) yang artinya pandangan.Tujuan utama Pendidikan Kewarganegaraan adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara. dll.