Belajar Efektif: Mudah, kok! Sudah belajar berjam-jam tetapi masih ngerasa lemot?

Ngerasa kalau cara belajar kamu belum efektif? Yuk, simak tips-tips berikut agar belajarmu makin efektif! Belajar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. Sedangkan efektif adalah ada efeknya, manjur atau mujarab, dapat membawa hasil, dan berhasil guna. Dari dua pengertian di atas belajar efektif adalah proses belajar yang memberikan efek bagi si pembelajar. Dari pengertian ini kita juga bisa mengambil kesimpulan bahwa indikator dari pembelajaran yang efektif adalah efek atau hasil yang didapatkan dari proses belajar tersebut. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana supaya kita bisa belajar efektif? Berikut adalah tips belajar efektif yang sabaiknya kamu baca. Don’t miss it! 1. Kenali dirimu. Ini sangat penting. Kenali apakah kamu tipe audio, visual, atau kinetik. Jika kamu tipe audio, ada baiknya dalam belajar kamu melafaskan apa yang kamu baca. Jika kamu tipe visual cobalah membuat catatan dengan warna-warna kesukaan kamu. Jika kamu tipe kinetik, cobalah menganimasikan apa yang telah kamu baca, memvisualisasikannya dengan gerak, dan sebagainya. Di luar itu semua, yang terpenting adalah kenali saat-saat dimana kamu bisa belajar dengan maksimal, hal-hal apa saja yang mendukung kamu dalam memahami pelajaran, dan cara belajar seperti apa yang paling sesuai dengan kamu.

2. Make your own style! Sering kali kita melihat, kebanyakan orang “ikut arus” dalam menjalani hidupnya termasuk dalam caranya belajar. Mereka ikut belajar kelompok,

mention. Apalagi untuk pengguna media sosial. It’s OK jika mereka memang nyaman dengan proses belajar seperti itu.pergi ke perpustakaan. Sebenarnya. handphone tidak bisa lagi dipisahkan dari hidup mereka. dan sebagainya. Mungkin kamu sering mendengar atau bahkan mengalami kegagalan dalam ujian padahal kamu telah membuat persiapan yang cukup sementara teman kamu mendapat hasil yang bagus dengan usahanya yang biasa saja. suka membuat catatan. Banggalah menjadi dirimu dan banggalah menjadi berbeda! 3. Tetapi bagaimana jika tidak? Langkah kedua inilah implementasi dari langkah sebelumnya. suka belajar bareng. Apakah kamu orang yang lebih suka belajar sendiri. jangan hadirkan hal-hal yang membuatmu tidak fokus selama belajar. Ini disebabkan kualitas belajar antara kamu dan dia yang mungkin berbeda ketika belajar. Biarkanlah otakmu berfokus pada . adakah sms. Notice this. kuantitas tidak menentukan kualitas! 4. otomatis kamu akan tau cara belajar seperti apa yang paling sesuai dengan kamu. Kualitas bukan kuantitas. Jika kamu ingin belajarmu lebih efektif dan berkualitas. BBM. atau malah malas membuat catatan. ini adalah salah satu contoh hal-hal yang membuat kita tidak bisa berkonsentrasi penuh dalam belajar karena setiap durasi menit tertentu. notification. kita akan mengecek handphone kita. Bukan jamannya lagi kamu harus duduk selama berjam-jam menatap buku yang ada di hadapan kamu. dan sebagainya. Ketika kamu telah memahami dan mengenali dirimu. Bagaimana membuat belajar kita menjadi berkualitas? Hindari hal-hal yang membuatmu ga konsentrasi! Pasti kamu sering melihat kebanyakan orang belajar dengan ditemani handphone kesayangannya. Trend saat ini adalah ketika kamu mampu menggunakan waktumu seefisien mungkin dan mendapat hasil yang optimal karena ada sangat banyak hal yang harus kamu selesaikan disamping belajar.

Catatan itu akan menjadi back up ketika kamu lupa terhadap apa yang kamu pelajari. Banyak orang menerapkan cara ini dalam menghadapi ujian. dan manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan.satu hal saja. Jadi mulai sekarang. misalnya? Mencicil itu sangat perlu. Yang tidak kalah penting. Dengan mengerjakan banyak latihan. Dengan tulisan kita akan semakin ingat dan kita akan semakin paham. Perkataan ini sangat benar adanya. dan sebagainya. mencicil juga akan melatih kedisiplinan kita. Jangan SKS! Istilah SKS (Sistem Kebut Semalam) pasti tidak asing lagi di telinga kita. tes. apa yang kamu rencanakan. Adalah bodoh sekali jika anda memburu seekor kijang. Bagaimana mungkin dalam satu malam kita dapat menguasai semua materi yang akan diujikan. Selain membuat tugas kita semakin ringan pada akhirnya. Padahal.” Mungkin kamu pernah membaca atau mendengar kutipan ini. 5. Jika hasilnya mengecewakan. dan sebagainya. apa dampak dan efek baik yang telah kita rasakan selama proses belajar. jangan campuri ia dengan hal-hal lain yang sebenarnya tidak begitu penting. “Ilmu bagaikan binatang liar dan menulis adalah tali pengikatnya. Tetapi pada akhirnya kamu akan menyadari pentingnya catatan tersebut. coba . Berlatih. kemudian anda lepaskan begitu saja tanpa tali pengikat. menulislah dengan gayamu sendiri karena pengguna catatan itu adalah kamu sendiri! 7. Tulislah. kita akan mengetahui apakah selama ini cara belajar kita sudah efektif atau belum. Ikatlah hewan buruanmu dengan tali yang kuat. membuat kita menghargai waktu. ayo mencicil! 6. Boleh saja jika saat ini kamu tidak suka membuat catatan. sistem seperti ini sangatlah tidak efektif.

Semoga tips-tips ini dapat membantu kamu untuk bisa berefektif dalam melakukan semua aktivitas. Telaah apakah ada yang terlewatkan atau terlupakan. Semangat menjadi efektif. Semangatlah untuk menjadikan hidupmu lebih efektif melalui hal-hal kecil seperti ini. mudah kok! . Let’s be effective! Uraian di atas telah menjelaskan bagaimana membuat belajarmu semakin efektif. wahai pemuda! Negara menunggu sumbangsihmu! Menjadi efektif. terutama dalam hal belajar.lagi dan lagi.

Data Diri Nama: Arif Rahman Saragih Tempat dan Tanggal Lahir: Medan. 90 Pasar VII Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatra Utara Kode Pos 20371 Kelas: XI IA . 24 Februari 1995 Alamat: Jalan Beringin I No.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful