P. 1
Compact Cassette Recorder

Compact Cassette Recorder

|Views: 1,525|Likes:
Published by dessy_setianto
MODUL TENTANG COMPACT CASSETTE RECORDER
MODUL TENTANG COMPACT CASSETTE RECORDER

More info:

Published by: dessy_setianto on Aug 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/14/2012

pdf

text

original

1.

PRINSIP REKAM COMPACT CASSETTE RECORDER
Compact Cassette, sering disebut sebagai kaset audio, kaset, kaset, atau hanya tape, adalah pita suara format perekaman magnetik. Walaupun awalnya dirancang untuk dikte, perbaikan dalam kesetiaan memimpin Kaset Compact untuk menggantikan Stereo 8 kartrid melacak dan rekaman reel-to-reel dalam aplikasi non-profesional yang paling. menggunakan Its berkisar dari audio portabel untuk rekaman rumah untuk penyimpanan data untuk mikrokomputer awal. Antara awal 1970-an dan 1990-an, kaset merupakan salah satu dari dua format yang paling umum untuk musik rekaman, pertama di samping LP dan kemudian Compact Disc. Sebuah tape recorder terdiri dari beberapa motor yang mentransfer rekaman itu dari satu gulungan yang lain. Lain. Motor menyelenggarakan fungsi cepat-maju dan mundur, dan memberikan torsi untuk mengambil-up reel selama pemutaran mesin Kebanyakan memiliki tiga kepala, satu untuk pemutaran , satu untuk penghapusan, dan satu untuk merekam. Rekaman itu sendiri biasanya terbuat dari bahan plastik - selulosa asetat atau poliester - dan umumnya 1 / 4 “lebar untuk digunakan di rumah. Hal ini dilapisi di satu sisi dengan begitu banyak partikel oksida besi yang satu inci dari tape berisi hampir satu triliun partikel berbeda! gulungan berukuran Beberapa tersedia, serta peluru dan kaset, yang memerlukan mesin-mesin khusus untuk mengoperasikannya. Perekaman magnetik lebih unggul untuk merekam disk karena itu dengan mudah dapat diedit. Tape dapat dipotong dan disambung dengan mudah.. Selain itu, rekaman dapat digunakan kembali tanpa batas dengan menghapus dan kembali rekaman Sayangnya, rekaman tape tidak bisa diproduksi secara massal murah seperti catatan dapat Disc. mudah dapat ditekan dengan cara mekanis, tetapi banyak kaki rekaman yang terdiri dari sebuah kumparan harus dicatat secara manual.

2. JENIS JENIS CASSETTE RECORDER
Panjang pita kaset pada umumnya 2400 feet, lebarnya 0.5 inch dan tebalnya 2 mm. Data disimpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastik yang dilapisi ferroksida. Flexible plastiknya disebut mylar. Mekanisme aksesnya adalah tape drive. Jumlah data yang ditampung tergantung pada model tape yang digunakan. Untuk tape yang panjangnya 2400 feet, dapat menampung kira-kira 23.000.000 karakter. Penyimpanan data pada tape adalah dengan cara sequentia. A. Bagian-bagian dari Cassette 1. Guide Roller / Roller pembantu jalannya pemutaran pita kaset 2. Magnetic Shield / baja magnetis sebagai pelindung pembacaan data pada head tape player maupun recorder. 3. Capstan Hole / lubang Capstan digunakan untuk menjepit cassette (kaset) ketika digunakan agar tidak goyah (bergerak) 4. Write Protect Tab / tab pelindung penulisan (dari perekaman lain atau penghapusan) B. Jenis-jenis Cassette (Kaset) dan Fungsinya Secara Garis Besar, Cassette Tape (Pita Kaset) dibagi menjadi 3 bagian : 1. Kaset Komputer (Binary Cassette) Berfungsi untuk menyimpan data komputer dengan sistem binary digit. Alat Pemutar dan Penyimpan data berupa perangkat komputer. Macam-macam Tape (pita) Komputer : a. Catridge Tape atau disebut streaming tape. Dirancang untuk menyimpan hasil backup suatu file di disk. Banyak digunakan untuk komputer mini. Alat untuk membaca dan merekam data di cartridge tape adalah cartridge tape unit, yang biasanya terdapat hard disk dan disk drive di dalamnya.

Gambar Catridge Tape b. Cassette Tape. Banyak digunakan di komputer mikro, untuk merekam lagu. Teknik untuk mewakili bilangan binari di cassette tape adalah FSK (Frequency Shift Keying).

Gambar Cassette Tape c. Mini-Kaset, sering minicassette tertulis, adalah sebuah format kaset diperkenalkan oleh Philips pada tahun 1962.Hal ini digunakan terutama di dikte mesin dan juga digunakan sebagai penyimpanan data untuk P2000 Philips komputer rumah. Sebuah versi lebih kecil dari Mini-Kaset itu kemudian diperkenalkan yang dapat digunakan dalam pemutar standar menggunakan adaptor, namun ini tidak menjadi meluas. Sebuah kaset format yang sama (tapi tidak kompatibel) sangat ini diproduksi oleh Hewlett Packard dan Verbatim (yang HP82176A Mini Data Kaset) untuk penyimpanan data pada tape drive HP82161A mereka, sama seperti miniKaset, tidak menggunakan sebuah penggulung.

Gambar Kaset mini disebelah kanan 2. Kaset Audio (Audio Cassette) Berfungsi untuk Menyimpan lagu/musik dengan format Binary Digit menggunakan sistem Frequency Shift Keying. Alat Pemutar dan Perekam lagu/data informasi berupa Tape Recorder. Macam-macam Kaset Audio : a. Cassette Tape. Selain digunakan dari Komputer, Casstte tape juga dapat diputar dan direkam melalui tape recorder. Memiliki ukuran panjang 4 inch dengan lebar 2.5 inch.

Gambar Cassette Tape b. RCA Victor pita cartridge adalah format pita magnetik yang dirancang untuk menawarkan stereo seperempat inci -to-reel tape reel dalam format yang lebih nyaman untuk kebutuhan rumahan.Itu diperkenalkan pada tahun 1958, setelah empat tahun pembangunan, pada saat yang sama dengan stereoponis piringan hitam .

Gambar RCA tapa catridge (kanan) c. Elcaset adalah singkat audio format yang dibuat oleh Sony pada tahun 1976, membangun ide diperkenalkan 20 tahun sebelumnya di cartridge tape RCA . Kaset itu sendiri tampak sangat mirip dengan kaset standar, hanya lebih besar-sekitar dua kali ukuran.

Gambar Elcassette (kiri) d. Kaset tunggal (CS, juga dikenal dengan merek dagang “Cassingle” atau dikapitalisasi sebagai merek dagang “Kaset Single”) adalah sebuah musik tunggal dalam bentuk Kaset Compact .

3. Kaset Audio Video (Audio Video Cassette) Berfungsi untuk Menyimpan video/gambar bergerak dengan format DCC (Digital Compact Cassette) yang dikembangkan dari format Audio Binary Digit. Alat Pemutar dan Perekam Video/gambar bergerak berupa Video Cassette Recorder. Macam-macam Kaset Video : a. Kaset mini, juga dikenal sebagai MiniDV atau ukuran kaset S, telah dirancang untuk digunakan amatir, tetapi telah menjadi diterima di produksi profesional juga. MiniDV kaset digunakan untuk merekam awal DV, DVCAM serta HDV .

b. ukuran kaset M digunakan dalam peralatan Panasonic profesional dan sering disebut kaset DVCPRO. perekam video kaset Panasonic yang menerima media dapat memainkan kembali dari dan merekam ke kaset menengah di berbagai rasa format DVCPRO, mereka juga akan memainkan kaset kecil berisi DV atau perekaman DVCAM, melalui adaptor.

c. Ukuran kaset-L diterima oleh sebagian besar DV tape recorder standalone dan digunakan dalam banyak bahu-mount camcorder. cassette ukuran L bisa digunakan pada kedua Sony dan peralatan Panasonic, bagaimanapun, mereka sering disebut kaset DVCAM.Sony deck lama tidak akan bisa memutar kaset besar dengan rekaman DVCPRO, tetapi model baru bisa.

Gambar untuk Mini Divi (depan), DVPRO (Tengah), dan DVCAM (Belakang)

C. Keuntungan Menggunakan Pita Magnetik · Panjang record tidak terbatas · Density data tinggi · Volume penyimpanan datanya besar dan harganya murah · Kecepatan transfer data tinggi · Sangat efisien bila kebanyakan / semua record dari sebuah file tape memerlukan pemrosesan seluruhnya (bersifat serial / sequential)

3. MENJELASKAN RECORDER
Compact Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas

PRINSIP
Cassette

KERJA

CASSETTE
Recorder

Compact Cassette Compact Cassette logo Sebuah TDK D-C60 kaset, rekaman pidato berkualitas biasa dengan waktu bermain 60 menit, di perumahan yang mirip dengan yang dari spesifikasi asli Compact Cassette Jenis media pita magnetik Encoding sinyal Analog Kapasitas Biasanya sampai 30 atau 45 menit audio per sisi. Beberapa kaset memiliki

60 menit audio per sisi. (Berturut-turut C60, C90 dan C120, menunjukkan waktu pemutaran total Ada. Juga panjang khusus seperti C15, C20 dan C30, tapi tidak sangat umum, sebagian besar digunakan untuk pesan pendek dan mesin penjawab ada. Juga C180, tape 3 jam, namun karena pita yang sangat tipis (sering menyebabkan keterlibatan tape) itu hanya digunakan untuk merekam waktu yang lama Kemudian materi disalin ke kaset normal untuk daya tahan..) Baca mekanisme Tape kepala Menulis kepala mekanisme perekaman magnetik Penggunaan audio dan penyimpanan data Kaset Compact, sering disebut sebagai kaset audio, kaset, kaset, atau hanya tape, adalah pita suara format perekaman magnetik. Walaupun awalnya dirancang untuk dikte, perbaikan dalam kesetiaan memimpin Kaset Compact untuk menggantikan Stereo 8 kartrid melacak dan rekaman reel-to-reel dalam aplikasi non-profesional yang paling. [1] menggunakan Its berkisar dari audio portabel untuk rekaman rumah untuk penyimpanan data untuk mikrokomputer awal. Antara awal 1970-an dan 1990-an, kaset merupakan salah satu dari dua format yang paling umum untuk musik rekaman, pertama di samping LP dan kemudian Compact Disc. [2] Compact kaset terdiri dari dua kelos miniatur, antara yang tape magnetis dilapisi plastik adalah berlalu dan luka. Kelos ini dan bagian pembantu mereka diadakan di dalam tempurung plastik pelindung. Dua pasang stereo track (empat total) atau dua track audio mono yang tersedia pada pita; satu pasang stereo atau satu trek monofonik diputar atau dicatat pada saat rekaman bergerak dalam satu arah dan pasangan kedua ketika bergerak ke arah lain. pembalikan Hal ini dicapai baik oleh membalik kaset secara manual atau dengan memiliki mesin itu sendiri mengubah arah gerakan tape (”auto-reverse”).

4. Mengoperasikan Compact Cassette Recorder
Pesawat cassette recorder difungsikan untuk mereproduksi ulang informasi suara yang ada didalam pita kaset menjadi suara. Selain itu juga berfungsi untuk merekam informasi suara ke dalam pita Pesawat Cassette Recorder sering terlihat sudah terintegrasi dengan peralata Audio lain, seperti tape compo, tape deck, dan walkman. Dalam pengoperasiannya terdapat bagian sumber seperti microphone, peralatan musik , atau radio AM atau FM. Salah satu fungsi dari pesawat casette recorder adalah perekaman, dimana difungsikan untuk menyimpan sinyal audio dalam kaset, sehingga suatu saat bila diperlukan, sinyal audio tersebut dapat dimainkan kembali sehinggan terdengar pada loud speaker.

Kecermatan memahami langkah atau prosedur pengoperasian peralatan Audio Untuk dapat mengoperasikan peralatan Audio yang benar agar tidak terjadi kesalahan maka sebaiknya memahami hal-hal dibawah ini : 1. Simbol petir di dalam segitiga dimaksudkan untuk memperingatkan pengguna terhadap adanya tegangan tinggi di dalam yang tidak terisolasi. 2. Tanda seru di dalam segitiga di maksudkan untuk memperingatkan pengguna terhadap adanya intruksi penting pengoperasian & perawatan penting dalam literature yang menyertai produk. Perhatian 1. Simbol petir di dalam segitiga dimaksudkan untuk memperingatkan pengguna terhadap adanya tegangan tinggi di dalam yang tidak terisolasi. 2. Tanda seru di dalam segitiga di maksudkan untuk memperingatkan pengguna terhadap adanya intruksi penting pengoperasian & perawatan penting dalam literature yang menyertai produk. Perawatan
    

Pilih tempat yang bebas debu & bebas goncangan Letakan pesawat pada posisi * Pada waktu melakukan instalasi pesawat harus dalam keadaan mati ( off ) Sebelum mengoperasikan pesawat, perhatikan sumber daya yang akan digunakan ( listrik atau baterai ) Membersihkan pesawat cukup dengan kain kering atau diberi sedikit air, jangan menggunakan bahan kimia seperti spirtus, alcohol, bensin, dll. Hubungi service terdekat jika pesawat mengalami kerusakan.

Pengoperasian Pada Pesawat Cassette Recorder yaitu : 1. Atur knob atau tombol “ Function “ pada posisi “Tape” 2. Buka tempat kaset dengan menenak tombol “ Stop/Eject “ 3. Masukkan kaset ke tempat kaset sesuai dengan sisi kaset yang akan dimainkan. 4. Tekan tombol “ Play “ untuk memainkannya. 5. Atur volume & graphic equalizer sesuai dengan selera anda.

5. MENGINSTALL COMPACT CASSETTE RECORDER
langkah -langkah dalam melakukan penginstalan : 1.Persiapan alat dan bahan yang dibutuhkan. 2.Hubungkan steker Tape Recorder ke sumber tegangan 220 VAC. 3.Rangkaikan alat seperti pada Gambar Kerja 1.1. 4.Nyalakan Tape Recorder dengan menekan tombol power yang ada pada Tape Recorder. 5.Hubungkan Microphone pada sambungan Mic (Jack Mic) yang tersedia pada Tape Recorder. 6.Tekan tombol “Eject” untuk membuka tempat kaset Tape Recorder. 7.Masukkan Kaset Audio ke dalam tempat kaset Tape Recorder. 8.Tutup tempat kaset yang telah berisi kaset tersebut. 9.Persiapkan suara untuk memulai perekaman melalui Tape Recorder. 10.Tekan tombol “Play + Rec” untuk memulai proses perekaman audio. 11.Tekan tombol “Stop” jika perekaman telah selesai atau untuk memberhentikan proses perekaman. 12.Tekan tombol “Rewind” hingga kaset kembali ke letak awalnya. 13.Tekan tombol “Play” untuk memutar/memainkan kembali Audio yang telah direkam. 14.Tekan tombol “Stop” untuk memberhentikan proses pemutaran kaset. 15.Keluarkan kaset jika setelah digunakan dengan menekan tombol “Eject”. 16.Ambil Kaset dan tutup kembali tempat kaset yang terbuka. 17.Matikan pesawat Tape Recorder dengan menekan tombol “power” 18.Lepas konektor Mic dengan Jack Mic yang berada pada Tape Recorder. 19.Lepas steker Tape Recorder dari tegangan sumber 220 VAC. 20.Kembalikan semua pesawat dan alat yang digunakan ke semua tempat semula.

6 Cara Merawat Kaset

Seperti benda koleksi lainnya, kaset juga memerlukan perawatan khusus, terlebih jika kaset kaset itu adalah kaset yang sangat langka yang memiliki nilai historis yang tinggi. Cara merawatnya pun perlu teknik teknik khusus, sehingga jangan sampai niat awalnya merawat malah akhirnya menjadi rusak. Nah, berikut adalah beberapa kiat perawatan kaset : 1. Jika anda membeli kaset bekas, biasanya terdapat coretan tangan, baik tandatangan maupun tulisan tangan lain dari pemilik sebelumnya. Nah, untuk menghilangkan Tulisan-tulisan itu bisa dilakukan dengan cara : menaruh air secukupnya di baskom dan campur dengan pemutih untuk cuci baju secukupnya, taruh sampul kaset di situ sebentar, lalu angkat dengan hati-hati, keringkan secara alami dalam suhu kamar ( jangan dijemur di terik matahari, karena akan membuat pita menjadi keriting). 2. Jika kaset mulai bergoyang inul suaranya, ada beberapa cara merawat pitanya : letakkan kaset di freezer kulkas selama 2 hari, keluarkan, biarkan sampai mencair dan keringkan secara alami dalam suhu kamar (jangan dijemur di terik matahari). Atau kalau punya obeng kecil, buka penutupnya, bersihkan debu dengan hati-hati dng cotton buds, lalu singkirkan penutup pitanya –bagian yang bikin pita kaset nggak keliatan dari luar. Atau, celupkan ke bak / baskom berisi air, keringkan secara alami dalam suhu kamar selama beberapa hari. DO NOT USE a hair dryer!!!

3. Untuk perawatan secara berkala, hindari menaruh kaset di atas speaker, karena bisa merusak rekaman di pita kaset tersebut, atau benda-benda elektronik macam tv, cd player, tape, dll. Hindari juga memutar ulang / rewind lagu kesukaan doang berulang-ulang. Jangankan kaset lama,kaset baru juga pasti jebol kalo kayak gitu. Paling bagus, kaset-kaset lama harus diputar sesekali untuk perawatan. Kalo malas dengerinnya, putar aja tapi kecilin volumenya, jangan di-rewind / fast forward, biarkan kaset itu berputar secara alami, dan debu-debu yang menempel di pitanya keluar dan menempel di tape. http://musikbuku.blogspot.com/2009/05/cara-merawatkaset.html

7. Memperbaiki Tape Recorder Dan Pita Kaset
Memperbaiki Tape Recorder

Pelajari cara untuk memperbaiki dan mempertahankan perekam kaset untuk memastikan umur panjang. cassette image by Oleg Verbitsky from Fotolia.com Mengetahui bagaimana memperbaiki tape recorder, atau mengetahui kapan harus bawa ke bengkel untuk mendapatkannya tetap dapat menyimpan uang. Karena kaset yang cepat menjadi format musik dilupakan, jika Anda masih nilai format ini,

tetap dek Anda dalam kondisi baik dengan membersihkan dan merawatnya. Kadangkadang perekam kaset atau pemutar terlalu rusak bagi Anda untuk secara efektif memperbaiki sendiri. Mudah belajar bagaimana memecahkan masalah dan menemukan ahli untuk perbaikan tersebut. Kesulitan: Cukup Menantang Petunjuk Hal-hal yang Anda akan Butuhkan
    

Alkohol anhidrat juga dikenal sebagai alkohol gosok Kapas swab Tape kepala demagnetizer Obeng Pinch rollers Pemeliharaan

1. Basahi kapas dengan beberapa alkohol dan lembut menyeka tape kepala. Kepala tape adalah potongan logam terletak di bagian bawah dermaga tape, yang membaca kaset. Keringkan kepala dengan kapas yang bersih. 2. Cari penggulung - logam spindle ke kanan pita kepala.Celupkan cotton bud dalam alkohol sedikit dan tahan lembut terhadap penggulung berputar. 3. Bersihkan roller cubitan - rol karet hitam yang memandu pita - oleh perlahan menyeka dan memutarnya dengan kapas yang telah dicelupkan dalam alkohol sedikit. Bersihkan plastik tetap dan tongkat petunjuk logam dengan cara yang sama. Keringkan semua bagian menggunakan kapas bersih. Tape Demagnetize Kepala 4. Matikan semua peralatan audio di daerah langsung. Plug dan nyalakan sebuah demagnetizer. Membeli demagnetizer dari toko elektronik lokal atau online untuk di bawah $ 10. 5. Perlahan-lahan memindahkan ujung demagnetizer terhadap kepala tape. Pindahkan demagnetizer dalam gerakan back-dan-balik melintasi tape kepala tanpa membiarkannya menyentuh mereka. 6. Perlahan-lahan memindahkan demagnetizer jauh dari tape kepala.Matikan dan cabut demagnetizer tersebut.

Kesalahan Mengatasi Masalah Teknis 7. Periksa memimpin daya di bagian belakang tape recorder. Jika perekam kaset tidak mengaktifkan atau memotong tiba-tiba, mungkin ada masalah dengan koneksi kekuasaan. Ambil perekam kaset ke bengkel profesional jika Anda berpikir ada masalah elektronik melakukan masalah ini sendiri bisa berbahaya, bahkan mengancam jiwa. 8. “ Tekan “Cepat maju” atau “Putar balik.” Jika fungsi ini tidak bekerja dengan baik, mungkin ada masalah dengan sabuk atau pemalas. Ambil perekam kaset ke toko perbaikan jika hal ini terjadi. 9. Masukkan kaset ke dalam player dan tekan “Mainkan.” Jika rekaman itu tibatiba berhenti, atau tidak akan berhenti di akhir, maka mungkin ada masalah dengan roller mencubit. Lepaskan panel depan dengan menggunakan obeng dan lepaskan dek. Ambil roller cubitan dari poros dan mengganti dengan yang baru, tersedia di setiap toko perbaikan stereo atau online. Tips & Peringatan
 

Pastikan Anda menerima perkiraan dari sebuah bengkel sebelum mengambil perekam kaset Anda harus diperbaiki. Pastikan bahwa semua peralatan audio sekitarnya dimatikan sebelum menggunakan demagnetizer tersebut. Menggunakan demagnetizer bisa merusak menjalankan peralatan audio.

Memperbaiki Pita Kaset

1. Lepaskan lima sekrup dari setengah atas tempurung kaset. Jika kaset belahan shell direkatkan, sangat hati-hati split shell dengan obeng Phillips-kepala. Manuver obeng sekitar shell untuk membuka segel tersebut. Menghindari memotong atau merusak komponen internal kaset.

2. Hati-hati angkat dari bagian atas shell kaset. 3 Tarik utuh pita dari reel kiri. Menangani tape sesedikit mungkin. 4 Posisi tape di alur blok splicing. 5 Tutup klem atas rekaman itu. 6 Potong sepanjang slot miring di blok splicing dengan pisau cukur tunggal mengalami kerusakan magnetik atau pisau bermata X-Acto. 7 Lepaskan pita dari blok splicing. 8 Tarik utuh pita dari reel yang tepat. Repeat Steps 4 to 6. Ulangi Langkah 4 sampai 6 9 Tempat tape dari reel tersisa di blok splicing, sehingga ujung pita bertemu di tengah. 10 Potong strip 1/2-inch tape editing. Tempat dimana tape memenuhi kebutuhan. Smooth dengan ujung belakang pena. 11 Posisi pita di bagian bawah shell kaset. Hati-hati angin pita sekitar pin plastik stasioner dan rol di setiap sisi. Posisi tape antara pad tekanan dan depan “gigi” dari shell kaset. 12 Tempatkan lembar filmy atas tape dengan sisi tumpul menghadap ke bawah. 13 Setengah hati-hati posisi atas tempurung kaset di bawah setengah. Pastikan Anda tidak mencubit tape antara dua bagian dari shell. 14 Sekrup atau tape shell bagian bersama-sama. 15 Manual mundur inci beberapa kaset sebelum pengujian. http://www.ehow.com/how_7165484_fix-tape-recorder.htm

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->