P. 1
Ruang Vektor & Sub Ruang

Ruang Vektor & Sub Ruang

|Views: 114|Likes:
Published by Santi Susanti

More info:

Published by: Santi Susanti on Aug 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/20/2012

pdf

text

original

RUANG VEKTOR Definisi : Jika n adalah sebuah bilangan bulat, maka tupel n adalah sebuah urutan bilangan riil

(a1, a2, a3, …, an) yang dapat dipandang sebagai titik atau vektor disebut RUANG VEKTOR-n.

. titik pd ruang dim-4 dan seterusnya.RUANG VEKTOR (1) Pasangan bil. a2). a2. a3). a3. a4). (a1. a2. (a1. titik pada ruang (3) Pasangan bil (a1. titik pada bidang (2) Pasangan bil.

misalnya sebuah garis dan bidang yang melalui titik asal adalah vektor2 yang berada dalam ruang vektor yang lebih besar.SUB RUANG VEKTOR Konsep : Sebuah vektor dapat berada di ruang vektor yang lebih besar. yaitu di ruang 3 (R-3) .

Teorema : (a) Jika u dan v adalah vektor2 pada W. maka ku berada dalam W. . (b) Jika k adalah skalar dan u adalah vektor pada W. jika W itu sendiri adalah ruang vektor dibawah pengaruh penjumlahan dan perkalian skalar. maka u + v terletak didalam W.DEFINISI SUB RUANG VEKTOR Sub himpunan vektor W dari sebuah ruang vektot V disebut SUB RUANG V.

ANALISIS SUB RUANG VEKTOR Untuk menunjukan/menyelidiki. maka perlu diketahui pengertian2 berikut : (1) KOMBINASI LINIER (2) KEBEBASAN/KEBERGANTUNGAN LINIER (3) BASIS DAN DIMENSI RUANG VEKTOR . bahwa vektor2 itu merupakan sub ruang seperti dinyatakan dalam teorema tadi.

vn).KOMBINASI LINIER DEFINISI : Sebuah vektor W disebut Kombinasi Linier dari vektor-vektor V = (v1.vn dengan kn = skalar.v2 + k3. Jika vektor-vektor V yg dpt dinyatakan sebagai Kombinasi Linier dikatakan V membangun W. v2. jika vektor2 tersebut dapat dinyatakan/dituluskan dalam bentuk : W = k1.v3 + …+ kn. .v1 + k2. v3.….

kn = 0. v3.KEBEBASAN LINIER DEFINISI : Jika S = {v1. maka S disebut himpunan TAK BEBAS LINIER . …. maka persamaan vektor : k1. maka S disebut BEBAS LINIER dan jika ada solusi lain.v2 + …+ kn. ….v1 + k2. vn} adalah himpunan vektor2 di R-n. k2 = 0 . v2.vn = 0 Mempunyai paling sedikit satu solusi k1=0.

maka S disebut BASIS. …vn} adlh himpunan berhingga vektor2. jika : (1) S membangun V (2) S bebas linier . v3.BASIS DEFINISI : Jika V adalah sembarang ruang vektor dan S = {v1. v2.

DIMENSI DEFINISI : Ukuran dari ruang vektor/sub ruang vektor. . Dimensi dari sebuah Ruang Vektor V adalah sama dengan banyaknya vektor BASIS untuk V.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->