SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN PROSESOR

Mikroprosesor yang pertama kali diciptakan adalah intel 4004 pda tahun 1971. Prosesor ini sangat sederhana hanya bisa untuk operasi sebesar 4 bit per detik. Aplikasi prosesor ini untuk menyusun kalkulator elektronik portable. Pada tahun 1974, prosesor intel 8080 pertama kali dipergunakan untuk komputer rumah. PC yang dikenal saat ini diperkenalkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1982 dengan nama IBM PC, menggunakan mikroprosesor intel 8088 yang sebenarnya telah diperkenalkan pada tahun 1979.

Catatan : Tahun menyatakan tahun saat prosesor diproduksi pertama kali. Sedangkan prosesor yang namanya sama berarti prosesor tersebut dikembangkan beberapa kali. Transistor menyatakan jumlah transistor yang terkandung dalam sebuah chip. Kecepatan clock menyatakan jumlah pulsa yang dapat dibangkitkan oelh clock pemicu prosesor. Lebar data menyatakan lebar dari ALU (bagian prosesor yang menangani mengontrol kinerja komputer). MIPS (Millions of Instructions Per Second) menyatakan jumlah instruksi yang dapat diproses per detik oleh prosesor.

KECEPATAN PROSESOR Angka dan satuan yang terletak setelah nama prosesor menyatakan kecepatan prosesor atau lebih tepatnya adalah jumlah pulsa yang dapat dihasilkan oleh clock pada prosesor per detik. MIPS biasa digunakan pada workstation, minicomputer, an mainframe, sedangan flops biasa diguanakan pada supercomputer. Satuan yang lebih besar dari flops adalah megaflops, gigaflops, teraflops, dan petaflops.

TUGAS PROSESOR Prosesor terdiri dari dua bagian yaitu : a. Control Unit (CU) merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer. b. Aritmetic Logic Unit (ALU) merupakan bagian dari prosesor yang bertugas mengolah data aritmatika (menambah, mengurang, dan lain-lain) serta data logika (perbandingan).

antara lain : a.Tugas dari unit kendali. Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output b. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful