P. 1
Tata Tertib

Tata Tertib

|Views: 469|Likes:
Published by Abah Anom

More info:

Published by: Abah Anom on Aug 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2014

pdf

text

original

TATA TERTIB SISWA SMK BONAVITA I. PENDAHULUAN 1.

Tata tertib ini disusun untuk menciptakan disiplin peserta didik sebagai syarat utama terlaksananya proses belajar mengajar yang efektif. 2. Tata tertib ini berisi : 2.1. Hak Siswa 2.2. Kewajiban Siswa 2.3. Larangan Siswa 2.4. Sanksi 2.5. Hubungan Program Keahlian Akuntansi dengan Orang tua murid 3. Tata tertib ini wajib ditaati oleh semua siswa selama mereka masih berlajar di SMK. BONAVITA TANGERANG. 4. Tata tertib ini disusun berdasarkan pedoman dari Kanwil Depdiknas dan Yayasan Pendidikan Bonavita, sebagai berikut : II. HAK SISWA – SISWI 1. Setiap siswa – siswi berhak menerima pendidikan pengajaran sebagaimana mestinya sesuai dengan jadwal / kalender pendidikan yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional maupun Yayasan Pendidikan Bonavita. 2. Setiap siswa / siswi dapat berkonsultasi dengan Guru, Wali kelas, BP, Kepala Program Keahlian maupun Kepala sekolah. 3. Siswa – siswi berhak menyampaikan pertanyaan tentang materi pelajaran yang diterangkan oleh Guru mata pelajaran, jika merasa belum memahami keterangan yang diberikan oleh Guru tersebut. 4. Siswa – siswi berhak minta kepada Guru untuk memberikan penjelasan atau menerangkan mata pelajaran di dalam kelas. III. KEWAJIBAN SISWA – SISWI 1. Menjunjung tinggi nilai – nilai budaya yang berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945, setiap siswa harus bertindak dan bersikap sopan serta menghormati Guru dan sesama siswa. 2. Membuat dan menjaga nama baik Program Keahlian Akuntansi. 3. Setiap jam pertama menjelang pelajaran dimulai dan jam terakhir menjelang pulang, siswa – siswi berdiri, berdoa dan memberi hormat kepada Guru. 4. Siswa – siswi wajib memakai seragam dan atribut sekolah sesuai dengan peraturan yang berlaku, sbb :

a. Pakaian seragam harus bersih, rapi dan tidak boleh dicoret – coret dengan spidol atau alat tulis lainnya. b. Bahan dan model pakaian disesuaikan dengan contoh yang memberikan sekolah dan tidak dibenarkan membuat model sendiri. c. Jadwal pemakaian seragam sekolah diatur sbb : - Hari Senin, Rabu dan Sabtu : Putih abu – abu + dasi - Hari Selasa dan Kamis: Seragam Khas SMK. Bonavita - Hari Jumat : Putih hitam d. Setiap hari memakai sepatu hitam bertali, kaos kaki warna putih polos minimal diatas mata kaki. e. Kemeja / blouse harus dimasukkan ke dalam celana / rok. f. Pakaian seragam Olah raga harus dipakai selama pelajaran Olah raga berlangsung. g. Siswa tidak diperbolehkan memakai kemeja dan celana yang berukuran sempit dan ketat. h. Siswa tidak dibenarkan memakai sweater atau jaket di sekolah, kecuali cuaca dingin, hujan dan sakit. i. Siswa diwajibkan memakai Bed dan atau lokasi, tanda identitas sesuai warna khas program keahlian (Kuning) 5. Rambut a. Rapi dan tidak diperbolehkan panjang melebihi kerah kemeja atau daun telinga serta menutupi alis mata ( Khusus untuk siswa laki -laki ). b. Tidak boleh memakai rambut palsu ( wig ) dan mewarnai rambut dengan alasan apapun. 6. Kehadiran siswa disekolah a. Waktu belajar : - Pagi : Pk. 07.00 – 12.20 WIB - Siang : Pk 12.50 – 18.00 WIB b. Selambat-lambatnya 10 menit sebelum jam pelajaran dimulai, siswa sudah hadir disekolah. c. Apabila keterlambatan telah melampaui batas waktu yang telah ditetapkan, yaitu 10 menit tanpa alasan yang bisa diterima, Guru piket berhak memulangkan siswa / siswi yang terlambat dengan memberikan surat pemulangan, kemudian melaporkannya kepada Wali kelas siswa tersebut.

d. Apabila seorang siswa / siswi tidak hadir disekolah (absen), maka pada hari pertama masuk sekolah harus memperlihatkan surat yang sah dari : Orang tua / Wali murid yang menerangkan alasan ketidakhadiran siswa yang bersangkutan Surat keterangan dokter, apabila sakit lebih dari 2 (dua) hari. e. Apabila siswa / siswi karena sesuatu dan lain hal harus meninggalkan jam pelajaran, maka siswa / siswi yang bersangkutan harus mendapatkan persetujuan dari Kepala Sekolah melalui Guru piket, dengan mengajukan alas an yang sah / kuat dan dapat dipertanggungjawabkan. Pada hari berikutnya wajib menyerahkan surat keterangan. Orangtua / Wali siswa yang menjelaskan hal tersebut. f. Apabila seorang siswa / siswi merencanakan akan meninggalkan pelajaran sebelum waktunya, maka harus menunjukkan surat izin dari Orang tua terlebih dahulu untuk mendapatkan izin dari Kepala Sekolah.(diwakili oleh kepala program keahlian) g. Apabila seorang siswa / siswi karena suatu hal tertentu tidak dapat mengikuti pelajaran / masuk sekolah selama beberapa hari Orang tua / Wali siswa harus mengajukan surat permohonan lebih dahulu. h. Semua surat keterangan dari Orang tua dialamatkan kepada kepala program keahlian 7. Setiap siswa / siswi berkewajiban ikut serta memelihara dan menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan dan keindahan kelasa masing – masing serta lingkungan sekolah secara keseluruhan. 8. Setiap siswa – siswi wajib menjunjung tinggi nilai kerukunan, berjiwa besar dan kebersamaan di dalam ataupun di luar lingkungan sekolah. 9. Setiap siswa – siswi wajib membawa buku paket atau pegangan siswa yang ditentukan oleh Guru mata pelajaran / sekolah. Apabila siswa tidak membawa, maka akan diberikan sanksi oleh Guru mata pelajaran / sekolah. 10. Siswa tidak diijinkan keluar masuk kelas pada saat jam pelajaran berlangsung, kecuali dipanggil oleh Kepala sekolah, Wakil kepala sekolah, kepala program keahlian atau Guru piket. 11. Siswa – siswi wajib duduk ditempat yang telah diatur oleh wali kelas, sesuai dengan denah yang ada. 12. Siswa – siswi wajib menjaga ketenangan dan ketertiban selama jam pelajaran berlangsung, terlebih pada waktu tidak ada guru dan guru piket atau Wakil kepala sekolah, bagian kurikulum berhak untuk memperingatkan siswa / siswi yang bersangkutan.

13. Pembayaran SPP paling lambat setiap tanggal 10 ( Sepuluh ) setiap bulannya, apabila terjadi keterlambatan pembayaran. Orang tua / Wali siswa wajib datang ke sekolah untuk memberi keterangan. 14. Siswa-siswi wajib turut serta dalam mendukung upaya pengembangan Little Bank Bussines Centre Program Keahlian Akuntansi SMK Bonavita Tangerang. 15. Wajib mentaati tata tertib laboratorium. IV. LARANGAN SISWA – SISWI 1. Dilarang meninggalkan sekolah selama jam sekolah , meninggalkan ruangan kelas , atau laboratorium selama pelajaran berlangsung. 2. Dilarang berada didalam kelas selama jam istirahat, kecuali alasan tertentu dengan seijin Kepala program keahlian melalui Guru piket. 3. Dilarang membawa, merokok di dalam atau di luar ruangan kelas, di pekarangan sekolah, di sekitar sekolah terlebih masih mengenakan seragam sekolah. 4. Siswa dilarang masuk / pergi ke swalayan, mall dimanapun di luar sekolah dengan memakai seragam sekolah. 5. Dilarang berpakaian yang bertentangan dengan peraturan sekolah serta bersolek dan berhias dengan memanjangkan, menwarnai kuku, rambut dengan alasan apapun yang tidak sesuai dengan siswa. Siswa putra tidak diperbolehkan memakai anting-anting, kalung, gelang dan perhiasan lainnya. 6. Dilarang menerima tamu tanpa seijin Guru piket. 7. Dilarang membawa, menyimpan, mengedarkan, memakai obat – obatan terlarang (ganja, morfin, heroin dll) dan minum minuman keras beralkohol. 8. Dilarang membawa senjata api, senjata tajam atau sejenisnya yang tidak ada hubungannya dengan pendidikan dan pelajaran sekolah. 9. Dilarang membawa, meminjamkan, mengedarkan buku – buku bacaan, gambar – gambar, film dan media lainnya yang tidak ada hubungannya dengan pendidikan siswa, seni budaya nasional dan moral Pancasila. 10. Dilarang berkelahi di luar / di dalam sekolah, baik secara perorangan maupun kelompok. 11. Dilarang melakukan tindakan yang mengakibatkan kerugian dan kerusakan material milik sekolah maupun perorangan. 12. Dilarang berdiri / bermain disekitar kelas yang sedang belajar, dan menggangu siswa yang sedang mengikuti pelajaran.

13. Dilarang membentuk organisasi lain di sekolah selain OSIS, dan melakukan kegiatan extra di dalam dan di luar di sekolah tanpa seijin Kepala sekolah melalui Kepala program keahlian. 14. Dilarang mengumpulkan dana dari sesama siswa / siswi tanpa seijin Kepala sekolah. Pengumpulan dana di lingkungan sekolah harus dengan persetujuan dari Badan Pengurus Yayasan dan Komite Sekolah. 15. Dilarang mencoret – coret dinding kelas, toilet, meja, kursi dan fasilitas lainnya yang ada dilingkungan sekolah. 16. Dilarang melakukan perbuatan asusila di dalam dan di luar lingkungan sekolah. 17. Dilarang membawa permaianan dalam bentuk apapun. 18. Dilarang membawa kendaraan bermotor tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pihak sekolah. 19. Dilarang menyimpan benda berupa apapun milik SMK Bonavita, milik bersama kelas diluar lingkungan/ kuasa SMK Bonavita Tangerang. Â V. SANKSI Siswa – siswi yang tidak mematuhi tata tertib tersebut di atas dikenakan sanksi sebagai berikut : 1. Siswa yang tidak mengenakan seragam (kemeja, blouse, celana / rok, sepatu, atribut dan dasi ) sesuai dengan ketentuan dan hari yang sudah ditetapkan, supaya pulang untuk mengganti pakaiannya. 2. Apabila seorang siswa/siswi, 2 (dua) kali dalam seminggu tidak Mentaati aturan pemakaian seragam sekolah, maka untuk yang kedua kalinya, siswa / siswi yang bersangkutan dipulangkan dan tidak diperkenankan mengikuti pelajaran pada hari tersebut 3. Apabila siswa terbukti mencoret – coret dinding di lingkungan sekolah, maka siswa / siswi yang bersangkutan diharuskan membersihkan / mengecat kembali. Kalau hal itu dilakukan untuk kedua kalinya, maka dikenakan skorsing selama 3 (tiga) hari. 4. Pemberhentian sementara ( skorsing ) Pemberhentian sementara selama 1 ( satu ) hari dikenakan apabila siswa – siswi : a. Sudah 2 ( dua ) kali mendapatkan peringatan secara lisan. b. Terbukti membawa salah satu barang yang telah dilarang. ( lihat IV, no. 3,7,8,9 dan 17).

c. Sudah 3 ( tiga ) kali terlambat hadir di sekolah dalam seminggu, tanpa alasan yang dapat diterima oleh sekolah d. Tidak menaati peraturan tentang rambut. Pemberhentian sementara selama 3 ( tiga ) hari dikenakan apabila siswa – siswi : a. Terbukti melakukan kegiatan yang bertentangan dengan tata tertib sekolah dengan menggangu kegiatan belajar mengajar. b. Terbukti membawa rokok dan merokok di lingkungan sekolah. c. Sudah 2 ( dua ) kali dipulangkan dan tidak diperkenankan mengikuti pelajaran sehari penuh karena melanggar ketentuan tentang pemakaian seragam sekolah. d. Sudah 2 ( dua ) kali melanggar ketentuan tentang rambut ( pria ) Pemberhetian sementara selama 6 ( enam ) hari dikenakan apabila siswa – siswi : a. Berkelahi secara perorangan di sekolah atau secara berkelompok/ missal dengan membawa nama sekolah didalam maupun di luar sekolah. b. Terbukti membentuk organisasi lain selain OSIS c. Terbukti untuk yang ke 3 ( tiga ) kalinya tidak menaati ketentuan hal rambut ( pria ). Pemberhentian sementara selama 15 ( lima belas ) hari dikenakan apabila siswa – siswi : a. Terbukti untuk yang ke 2 ( dua ) kalinya membawa senjata tajam. b. Melakukan tindakan yang mengakibatkan kerusakan / kerugian milik sekolah maupun perorangan, dengan tambahan sanksi diharuskan mengganti kerusakan / kerugian yang di timbulkan. 5. Seorang siswa – siswi tidak diijinkan masuk sekolah selama yang bersangkutan masih berurusan dengan yang berwajib atau berstatus tahanan. 6. Siswa – siswi dikeluarkan dari sekolah dan dikembalikan kepada Orang tua / Wali apabila : a. Turut terlibat atau mengerakkan / menghasut orang lain dalam perkelahian missal yang membawa nama sekolah didalam maupun diluar sekolah. b. Melawan Guru secara fisik. c. Seorang siswa absen selama 10 ( sepuluh ) hari berturut-turut tanpa pemberitahuan yang resmi, dan Orang tua / Wali telah dipanggil tetapi tidak dipenuhi pada hari keempat atau kesembilan.

d. Melakukan tindak pidana dan dinyatakan bersalah, dihukum oleh pihak pengadilan. e. Membawa untuk ke 3 ( tiga ) kalinya membawa senjata tajam / sejenisnya dalam lingkungan sekolah. f. Terbukti membawa / mengkonsumsi / mengedarkan obat-obatan terlarang, minum minuman keras / beralkohol baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. g. Terbukti untuk yang ke 3 ( tiga ) kalinya membawa senjata tajam / sejenisnya dalam lingkungan sekolah. h. Terbukti untuk yang ke 2 ( dua ) kalinya membentuk organisasi siswa selain OSIS. i. Telah 3 ( tiga ) kali dikenakan skorsing karena tidak mentaati peraturan. 7. Apabila seorang siswa – siswi berturut – turut selama 2 ( dua ) bulan tidak melunasi SPP, maka yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti pelajaran disekolah sampai yang bersangkutan melunasi SPP nya. 8. Apabila dalam waktu 3 ( tiga ) bulan berturut – turut SPP belum dilunasi, maka yang siswa / siswi yang bersangkutan akan dikembalikan kepada Orang tua / Wali. 9. Apabila siswa melakukan tindakan yang mengakibatkan kerugian dan kerusakan material milik sekolah maupun perorangan, harus menggantinya dengan barang yang sama / senilai. 10. Siswa – siswi dilarang mengaktifkan HP / sejenisnya didalam kelas. Apabila terbukti mengaktifkan HP, maka HP akan disita oleh sekolah selama 1 ( satu ) semester. 11. Siswa – siswi boleh membawa HP. Tetapi bila terjadi kehilangan, maka hal itu diluar tanggung jawab sekolah. 12. Siswa-siswi yang melakukan upaya yang mengakibatkan kerugian/ penurunan pengembangan Little Bank Bussiness Centre SMK Bonavita harus mengganti dan mengupayakan pemulihan pengembangan sesuai dengan tingkat kerugian/ penurunan daya pengembangan yang telah diakibatkannya. 13. Siswa-siswi yang melanggar tata tertib laboratorium akan mendapat sanksi sesuai Sanksi Laboratorium. VI. HUBUNGAN SMK BONAVITA DENGAN ORANG TUA / WALI SISWA Berdasarkan prinsip pendidikan, pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara sekolah dan Orang tua / Wali siswa, maka sangat diharapkan kerjasama antara sekolah (Program Keahlian Akuntansi) dengan Orang tua / Wali siswa untuk menegakkan tata tertib program keahlian akuntansi.

Kepada Orang tua / Wali siswa dimohon untuk turut serta mendorong dan mengawasi putra – putrinya untuk selalu mematuhi tata tertib . Oleh karena itu Orang tua / Wali siswa baik diminta maupun tidak diminta oleh Program keahlian akuntansi dapat mengadakan konsultasi dengan Guru bimbingan dan Penyuluhan ( BP ), Guru / Wali kelas, Kepala sekolah demi kepentingan anak didik / siswa yang bersangkutan. Dalam kaitan itu, Orang tua/ Wali murid dimohon untuk memperhatikan halhal berikut ini : 1. Apabila ada panggilan kepada Orang tua / Wali murid mohon hadir di sekolah sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh Kepala Sekolah (Diwakili oleh Kepala Program Keahlian)/ Wali kelas. 2. Pemanggilan Orang tua / Wali siswa, ada 3 ( tiga ) tahap panggilan yang pelaksanaanya tidak terikat kepada tahapannya, akan tetapi tergantung berat ringannya pelanggaran tata tertib sekolah oleh siswa yang bersangkutan. Dengan demikian panggilan merupakan peringatan II atau III ( terakhir ) dapat dilakukan tanpa panggilan I dan II. Panggilan tersebut adalah : 1. Surat panggilan I merupakan SP I ( Surat Peringatan I ) 2. Surat panggilan II merupakan SP II ( Surat Peringatan II ) dan kepada siswa yang bersangkutan dapat dikenakan skorsing dari sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 3. Surat panggilan III merupakan SP III ( Surat Peringatan III ) atau terakhir dan kepada siswa yang bersangkutan dapat dikenakan tindakan pengeluaran dari sekolah. VII. PENUTUP Hal – hal lain yang belum diatur dalam tata tertib akan diatur / ditentukan kemudian berupa pengumuman lisan atau tertulis.

TATA TERTIB TENAGA PENDIDIK (GURU) DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (TU) 1. Tenaga Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (TU) wajib melaksanakan tugas bekerja sebagai PNS 1 (satu) bulan penuh kecuali hari libur. 2. Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan wajib hadir 10 menit sebelum jam pelajaran pertama dimulai dan pulang setelah jam pelajaran terakhir selesai. 3. Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan wajib mengikuti upara hari Senin pagi. 4. Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang berhalangan hadir harus memberitahu kepada pimpinan sebelumnya dan bagi Tenaga Pendidik memberikan tugas kepada siswa melalui guru piket. 5. Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan wajib berpakaian seragam dan bersepatu dengan ketentuan: Senin – Rabu, seragam PDL; Kamis, biru tua/blue black, bagi yang berjilbab, tidak terbuat dari kain tipis dan tembus pandang, tidak ketat dan tidak membentuk tubuh serta bawahannya bukan celana panjang; Jum’at, khusus guru/pegawai laki-laki pakai baju koko; bagi guru/pegawai perempuan memakai batik pemda; Sabtu, khusus guru/pegawai laki-laki batik Pemda. 6. Tenaga Pendidik wajib membuat administrasi guru sesuai dengan mata pelajaran yang ditugaskan. 7. Tenaga Pendidik wajib melaporkan hasil tugasnya secara berkala kepada pimpinan. 8. Tenaga pendidik wajib menjaga dan memelihara K5L (Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Keindsahan, Kenyamanan Lingkungan). 9. Tenaga Pendidik dilarang memungut uang/barang kepada siswa tanpa sepengetahuan dan seijin pimpinan. 10. Tenaga Pendidik dilarang menerima tamu pada saat mengajar. 11. Tenaga Pendidik dilarang merokok, makan dan minum pada saat mengajar. 12. Selama liburan sekolah (liburan siswa) Tenaga Kependidikan (TU) wajib hadir sebagaimana hari-hari efektif. \

1. Sekolah Masuk : Senin – Sabtu Pukul : 06.45 WIB – selesai (sesuai jadwal pelajaran) Seragam :
  

Senin, Selasa, Kamis, Jumat : seragam OSIS + kaos kaki putih & ikat pinggang, sepatu hitam Rabu, Sabtu : seragam merah bawahan putih + kaos kaki putih & ikat pinggang, sepatu hitam Pelajaran Olahraga : seragam OR

2. Keterlambatan a. Peserta didik dinyatakan terlambat bila masuk kelas sesudah pukul 06.45 WIB atau melebihi jam-jam yang sudah ditentukan b. Peserta didik yang datang terlambat masuk melewati pintu belakang (Jl. Karang Anyar) c. Peserta didik yang datang terlambat WAJIB melapor kepada guru BK untuk dicatat serta mendapat surat ijin masuk dan mendapat pembinaan d. Peserta didik yang datang terlambat 1 sampai 2 kali diperkenankan mengikuti pelajaran mulai jam kedua, setelah mendapat pembinaan e. Peserta didik yang sudah datang terlambat 3 kali dikenakan sanksi level 1 (satu) f. Peserta didik yang datang terlambat lebih dari 3 kali, dikenakan sanksi level 2 (dua) dan seterusnya. 3. Absen / ketidakhadiran a. Peserta didik yang tidak masuk sekolah (absen) karena keperluan yang TERENCANA, harus menyerahkan surat ijin yang ditandatangani oleh orang tua/wali, selambat-lambatnya 1 hari sebelumnya b. Peserta didik yang tidak masuk sekolah (absen) karena keperluan yang TIDAK TERENCANA (karena sakit, kerabat meninggal, atau halangan yang munculnya tiba-tiba), dapat langsung menghubungi Wali Kelas, BK, atau Waka kesiswaan melalui telepon pada hari peserta didik tidak masuk dan harus menyerahkan surat ijin/pemberitahuan yang ditandatangani oleh orang tua/wali pada hari pertama peserta didik masuk sekolah c. Peserta didik yang tidak masuk sekolah (absen) karena sakit lebih dari 3 hari, harus dilampiri dengan surat keterangan dokter d. Peserta didik yang tidak masuk sekolah tanpa keterangan apapun lebih dari 3 hari, diberikan sanksi level 2 (dua) 4. Ijin meninggalkan sekolah a. Ijin meninggalkan sekolah karena sakit atau keperluan lain dengan menyerahkan Buku Pribadi Siswa kepada guru piket, dan ditandatangani guru piket, guru kelas/mapel saat itu. b. Menulis di buku Ijin Keluar di dalam kelas untuk diketahui guru mapel selanjutnya

5. Pembayaran Administrasi Siswa diwajibkan membayar administrasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan : a. Her registrasi / daftar ulang Pembayaran dilakukan menjelang awal tahun ajaran (Juni-Juli). Siswa diwajibkan membayar her registrasi / daftar ulang untuk bisa dinyatakan bersedia mengikuti program selanjutnya b. Uang sekolah Pembayaran dilakukan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya melalui bendahara/kasir sekolah. Setiap keterlambatan pembayaran akan dikenai denda Rp.10.000,- berlaku kelipatan bulan. c. Uang buku / LKS Pembayaran melalui wali kelas masing-masing. 6. Waktu istirahat Istirahat I : 08.15 – 08.30 WIB Istirahat II : 10.45 – 11.00 WIB Siswa wajib tetap berada di dalam sekolah Istirahat III : 13.15 – 13.30 WIB 7. Kewajiban Siswa a. Mengikuti pelajaran dengan tertib setiap hari b. Menghormati tata tertib c. Hormat pada guru, karyawan, dan seluruh warga sekolah d. Wajib mengenakan seragam sesuai dengan ketentuan sekolah e. Peserta didik baik putra maupun putri diwajibkan memakai kaos dalam f. Ketentuan umum pakaian seragam yaitu panjang rok putri 5 cm di bawah lutut, panjang celana seragam putra dengan model umum g. Menjaga kebersihan,keamanan lingkungan memelihara ketenangan kelas h. Membawa kartu NISN i. Wajib mengikuti upacara bendera yang diselenggarakan oleh sekolah j. Seragam upacara dikenakan pada hari upacara terdiri dari seragam OSIS lengkap, berikat pinggang hitam, sepatu hitam berkaos kaki putih, topi dan atribut lengkap k. Membayar uang sekolah sesuai dengan jadwal yang diatur oleh sekolah l. Pada saat guru tidak hadir, ketua kelas wajib lapor ke Kepala Sekolah atau wakil kepala sekolah m. Menjaga penampilan kerapian pribadi n. Mematuhi dan melaksanakan Tujuh K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kerapihan, Kekeluargaan, dan Kerindangan) o. Membudayakan 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) 8. Larangan

a. Berkelahi dengan siapapun b. Memakai make up dan perhiasan yang berlebihan c. Memanjangkan rambut dan jambang (bagi siswa putra), mewarnai rambut d. Memanjangkan kuku dan mewarnainya e. Mencorat-coret dinding, meja, kursi, atau merusak segala barang milik sekolah dan mengotori lingkungan sekolah f. Membawa, menyimpan senjata tajam, senjata api atau benda-benda lain yang membahayakan diri/ orang lain g. Makan dan minum selama proses belajar berlangsung h. Bermain bola diluar jam pelajaran olahraga i. Membawa/membaca/mengedarkan barang pornografi dalam bentuk apapun j. Melakukan tindakan asusila, pornoaksi dan pornografi yang bertentangan dengan norma kesusilaan dan agama k. Mengaktifkan HP atau perangkat multimedia saat KBM tanpa ijin l. Mengganggu jenjang lain dalam satu lingkungan dengan bunyi-bunyian atau perilaku anarkis m. Merusak fasilitas sekolah baik sarana pembelajaran maupun lingkungan dan taman n. Mengenakan atribut yang mengandung muatan politik di lingkungan sekolah o. Menyebarkan fitnah dan isu yang berkaitan dengan SARA p. Melakukan tindakan yang mencemarkan nama baik seluruh komponen sekolah. q. Membawa menyimpan dan mengkonsumsi rokok r. Mengancam guru, karyawan dan teman s. Membawa alat permainan yang mengganggu kegiatan belajar mengajar t. Membawa dan mengkonsumsi minuman keras u. Membawa bahan peledak/mercon v. Berada di lingkungan kantin selama jam pelajaran w. Berjudi dalam bentuk permainan apapun, mencuri x. Memukul dan/atau menganiaya teman, guru dan karyawan y. Membawa, menyimpan, mengedarkan dan mengkonsumsi narkoba z. Meninggalkan sekolah tanpa ijin dari guru BK / Kasek / Guru Piket

Pasir Agung, …………………….2009 Nomor Lampiran Hal : Mi.04.5/PP.004/ :: Surat Teguran ke ….. /2009 Kepada Yth. Bapak /Ibu/Wali dari ……………….. Di Tempat

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb. Dengan Hormat. Dengan ini kami sampaikan kepada Bapak/Ibu/Wali dari: :……………………………………………………….. :………………………………………………………..

Nama Kelas

Bahwa anak tersebut telah melanggar tata-tertib sekolah dengan pelanggaran tidak mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) pada Mata Pelajaran ………………………………….. Oleh karena itu agar kiranya Bapak/Ibu mengawasi tugas belajarnya dirumah. Demikian surat ini kami sampaikan, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Mengetahui, Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran …………………………………

1. Menyusun program pembinaan kesiswaan 2. Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa / OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah / siswa serta pemilihan pengurus OSIS 3. Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi 4. Menyusun program dan jadwal pembinaan secara berkala dan insidental 5. Membina dan melaksanakan koordinasi pelaksanaan keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kerindangan, kekeluargaan, dan ketaqwaan 6. Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerima bea siswa 7. Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah 8. Mengatur mutasi siswa 9. Menyusun program kegiatan ekstrakurikuler 10. Menyusun laporan pelaksanaan kesiswaan secara berkala

WEWENANG WAKASEK KESISWAAN 1. 2. 3. 4. 5. Menyusun program pembinaan siswa / OSIS Melaksananakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa /OSIS Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa / OSIS secara berkala dan insidental Membina dan mengkoordinasikan pelaksanaan keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kerindangan, kekeluargaan, dan ketaqwaan 6. Melaksanakan pemilihan calon siswa eladan dan calon siswa penerima beasiswa 7. Memilih siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah 8. Terbinanya kegiatan sanggar MGMP/media 9. Tersusunnya laporan pendayagunaan sanggar MGMP/media 10. Terlaksananya pemilihan guru teladan 11. Terbinanya kegiatan lomba-lomba bidang non akademis 12. Mengatur mutasi siswa 13. Menyusun program kegiatan eksrakurikuler 14. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala

TANGGUNG JAWAB WAKASEK KESISWAAN 1. Tanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yaitu untuk melaksanakan tugas berpedoman kepada perintahNya dan meninggalkan laranganNya 2. Tanggung jawab revolusi yaitu untuk memperjuangkan, mempertahankan, mengembangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia 3. Tanggung jawab sosial, yaitu kepada anggota masyarakat, ikut aktif bersama dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 4. Tanggung jawab institusi / kelembagaan, yaitu kepada organisasi dan kepada Kepala Sekolah 5. Tanggung jawab hati nurani, yaitu kepada diri sendiri

HASIL KERJA YANG DIHARAPKAN 1. Tersusunnya program pembinaan kesiswaan dengan baik 2. Tersusunnya bimbingan, pengaarahan dan pengendalian kegiatan siswa / OSIS dengan baik terutama penegakkan disiplin 3. Terbinanya pengurus OSIS dalam berorganisasi secara efektif dan efisien 4. Tersusunnya program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidental 5. Terbinanya dan terlaksananya koordinasi pelaksanaan keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kerindangan, kekeluargaan, dan ketaqwaan 6. Terlaksananya pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerima bea siswa 7. Terpilihnya siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah 8. Teraturnya mutasi siswa 9. Tersusunnya program kegiatan ekstrakurikuler 10. Tersusunnya laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala 11. KERJA WAKASEK URUSAN KESISWAANSMA NEGERI 1 GUNUNGHALUTAHUN PELAJARAN 2009-2010 12. Sekolah merupakan suatu lembaga yang utuh dan bulat yang bereksistensisebagai suatu kesatuan yang didalamnya terdiri dari bagian-bagian yang satu sama lainsaling berkaitan.Karena sebagai suatu sistem, tentunya apabila terdapat kekurangan pada bagiantertentu, maka bagian lain akan terganggu sehingga akan menghambat pencapaiantujuan pendidikan.Sementara itu, di sisi lain sekolah dipandang sebagai suatu masyarakat belajaryang tidak terlepas dari kehidupan masyarakat yang memiliki tata kehidupan sosialbudaya. Sebagai makhluk sosial, manusia selalu membutuhkan orang lain. 13. A. PENDAFTARAN SISWA BARU (PSB) 14. Dilaksanakan secara terkait dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan OlahragaKabupaten Bandung Barat 15. B. MASA ORIENTASI SISWA (MOS) 16. 17. Tujuan : 18. Agar siswa baru lebih mengenal kehidupan dan meberikan kesan positif sertamenyenangkan terhadap lingkungan fisik maupun sosial di sekolah, mengetahui hak &kewajiban sebagai siswa serta cara-cara belajar yang baik di tempat baru 19. C. PENEMPATAN KELAS 20. 21. D. ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) 22. OSIS adalah induk organisasi siswa yang berperan sebagai salah satu jalur pembinaansiswa. 23. Tujuan: 24. 1. Menumbuhkan kemampuan berorganisasi2. Mengembangkan kreativitas siswa3. Membentuk pribadi yang bertanggung jawab & disiplin 25. 26. 4. Membentuk siswa yang memiliki otak yang pintar ahlaq yang benar dan jasmaniyang segar dan trampil 27. Strategi : 28. Dalam pembinaan kegiatan dalam OSIS antara lain;1. ROHIS 5. KOPERASI SISWA2. OLAHRAGA 6. P M R3. PRAMUKA 7. KESENIAN4. KEMASYARAKATAN

29. Kebijakan: 30. Setiap siswa kelas 1 wajib memilih salah satu subsie OSIS 31. E. EKSTRA KURIKULER (EKSKUL) 32. 33. 1. Bahasa Inggris (sebagai pilihan) 34. 35. Sasaran; 36. Memberikan bekal/ketrampilan untuk menguasai minimal satu bahasa asing di luarbahasa Inggris khususnya batgi siswa yang duduk di kelas unggulan. 37. 2. Bakat minat Olahraga & KesenianSasaran; 38. Menyalurkan Bakat Minat Siswa dalam bidang Olah Raga & Seni, dll 39. Strategi: 40. Untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat dan minat siswa berbagai kegiatanyang mendukung dapat dilaksanakan di dalam lingkungan sekolah dan luar lingkungansekolah dengan bantuan pelatih professional yang meliputi

KERJA WAKASEK URUSAN KESISWAANSMA NEGERI 1 GUNUNGHALUTAHUN PELAJARAN 2009-2010 Sekolah merupakan suatu lembaga yang utuh dan bulat yang bereksistensisebagai suatu kesatuan yang didalamnya terdiri dari bagian-bagian yang satu sama lainsaling berkaitan.Karena sebagai suatu sistem, tentunya apabila terdapat kekurangan pada bagiantertentu, maka bagian lain akan terganggu sehingga akan menghambat pencapaiantujuan pendidikan.Sementara itu, di sisi lain sekolah dipandang sebagai suatu masyarakat belajaryang tidak terlepas dari kehidupan masyarakat yang memiliki tata kehidupan sosialbudaya. Sebagai makhluk sosial, manusia selalu membutuhkan orang lain. A. PENDAFTARAN SISWA BARU (PSB) Dilaksanakan secara terkait dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan OlahragaKabupaten Bandung Barat B. MASA ORIENTASI SISWA (MOS) Tujuan : Agar siswa baru lebih mengenal kehidupan dan meberikan kesan positif sertamenyenangkan terhadap lingkungan fisik maupun sosial di sekolah, mengetahui hak &kewajiban sebagai siswa serta cara-cara belajar yang baik di tempat baru C. PENEMPATAN KELAS D. ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) OSIS adalah induk organisasi siswa yang berperan sebagai salah satu jalur pembinaansiswa. Tujuan: 1. Menumbuhkan kemampuan berorganisasi2. Mengembangkan kreativitas siswa3. Membentuk pribadi yang bertanggung jawab & disiplin 4. Membentuk siswa yang memiliki otak yang pintar ahlaq yang benar dan jasmaniyang segar dan trampil Strategi : Dalam pembinaan kegiatan dalam OSIS antara lain;1. ROHIS 5. KOPERASI SISWA2. OLAHRAGA 6. P M R3. PRAMUKA 7. KESENIAN4. KEMASYARAKATAN Kebijakan: Setiap siswa kelas 1 wajib memilih salah satu subsie OSIS E. EKSTRA KURIKULER (EKSKUL) 1. Bahasa Inggris (sebagai pilihan) Sasaran; Memberikan bekal/ketrampilan untuk menguasai minimal satu bahasa asing di luarbahasa Inggris khususnya batgi siswa yang duduk di kelas unggulan. 2. Bakat minat Olahraga & KesenianSasaran; Menyalurkan Bakat Minat Siswa dalam bidang Olah Raga & Seni, dll Strategi: Untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat dan minat siswa berbagai kegiatanyang mendukung dapat dilaksanakan di dalam lingkungan sekolah dan luar lingkungansekolah dengan bantuan pelatih professional yang meliputi

UHAMMADIYAH KEDIRI
        

Home About Buku Pribadi Siswa IDENTITAS SEKOLAH : Program BK 1 (Oleh : Dra.Hj.Suharti) Program BK 2 (Oleh : Dra.Hj.Suharti) Program BK 3 (Oleh : Dra.Hj.Suharti) Program BK 4 (Oleh : Dra.Hj.Suharti) Proker wakasek kesiswaan (oleh:Dra.Hj.Suharti)

Proker wakasek kesiswaan (oleh:Dra.Hj.Suharti)
TAHUN AJARAN : 2007 / 2008 KATA PENGANTAR Atas berkat rahmat dan hidayah Allah SWT, program kerja ini dapat disusun sebagai acuan kegiatan bagi semua komponen yang terlibat dalam penyelenggaraan sekolah, khususnya bidang kesiswaan. Program kerja ini disusun berdasarkan saran dan masukan dari warga sekolah . Dalam kerangka berfikir sistematis kiranya semua pihak yang terkait dalam upaya mencapai keberhasilan sekolah, dapat mengetahui dan memahami secara jelas tentang komitmen keberhasilan yang ingin dicapai pada tahun ajaran 2007 / 2008, serta akan memberikan kontribusi positif dalam upaya-upaya pencapaiannya. Disadari bahwa program kerja ini disusun dengan berbagai keterbatasan, sehingga hasilnya masih jauh dari harapan kita semua. Meski demikian diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju kebersamaan seluruh warga sekolah, dalam pengembangan sekolah seutuhnya, secara sistematik. Selanjutnya semoga Allah SWT, selalu memberikan petunjuk dan pertolongan Nya kepada kita semua. Kediri : 16 Juli 2007 Wakil kepala sekolah, Dra. Hj. Suharti NIP. 131 614 990 BAB 1 TUGAS WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN Membantu kepala sekolah dalam bidangnya antara lain : 1. Mengkoordinir pemilihan pembina OSIS 2. Menyusun program OSIS bersama dengan pembina OSIS

3. Mengkoordinir pemilihan pengurus OSIS bersama sama dengan pembina OSIS 4. Mengkoordinir kegiatan ekstra kurikuler siswa 5. Mengkoordinir kegiatan yang berkaitan dengan hari – hari besar nasional / hari besar lainnya. Antara lain : a. PHBI (Peringatan hari besar Indonesia ). b. Isro’ Mi’roj. c. Hari raya Idul Fitri d. Hari raya Idul Adha e. Hari pahlawan Hari Kartini, Hari Ibu, Hari pendidikan nasional , Kesaktian pancasila, hari kebangkitan nasional 6. Merencanakan kegiatan PSB 7. Membantu kegiatan OSIS 8. Mengkoordinir Pembinaan dan pengisian majalah dinding / Mading. 9. Menghimpun nilai ekstra kurikuler semua siswa 10. Merencanakan kegiatan MOS 11. Melaksanakan kegiatan lain yang berhubungan dengan urusan kesiswaan BAB II PERMASALAHAN 1. Siswa yang masuk ke SMK Muhannadiyah I Kediri umumnya berkwalitas rendah, sebab berasal dari siswa yang tidak diterima di sekolah negeri. 2. Karena kekurangan murid, siswa yang tidak lulus dari SLTP pun diterima di SMK Muhammadiyah I Kediri. 3. Semangat belajar umumnya rendah, karena fasilitas belajar dan gizi siswa kurang tercukupi. Hal ini dikarenakan banyak siswa berasal dari daerah, yang kondisi sosial , ekonomi orang tuanya tidak mampu . Antara lain : a. Tukang becak b. Bakul es c. Bakul sayur d. Pembantu rumah tangga e. Buruh di pabrik Gudang Garam. f. Tukang kayu, tukang batu. g. Instalasi listrik h. Kuli bangunan i. Penjahid dll. 4. Banyak siswa yang harus membiayai sekolahnya sendiri dengan kerja ikut orang lain sebagai anak asuh. BAB III PROGRAM KESISWAAN NO KEGIATAN WAKTU 1 2 3 4

5 6 7 8 9 10 11 12 13 Mengkoordinir pemilihan pembina OSIS Menyusun program OSIS bersama dengan pembina OSIS Mengkoordinir pemilihan pengurus OSIS bersama sama dengan pembina OSIS Mengkoordinir kegiatan ekstra kurikuler siswa a. PMR b. Olah raga c. Tapak suci d. Murotal Mengkoordinir kegiatan yang berkaitan dengan hari – hari besar nasional / hari besar lainnya. Antara lain : a. PHBN b. Isro’ Mi’roj. c. Idul Fitri d. Idul Adha Muharram Maulut Nabi Nuzulul Qur’an e. Hari pahlawan f. Hari Kartini g. Hari Ibu h. Hari pendidikan nasional . i. Kesaktian pancasila j. hari kebangkitan nasional k. Sumpah pemuda Merencanakan kegiatan PSB Membantu kegiatan OSIS : a. LDK b. Pelantikan pengurus OSIS c. MPK Mengkoordinir Pembinaan dan pengisian majalah dinding / Mading.

Menghimpun nilai ekstra kurikuler semua siswa Merencanakan kegiatan MOS Melaksanakan kegiatan lain yang berhubungan dengan urusan kesiswaan Pertandingan persahabatan a Volly b. Senam Upacara bendera Juni minggu ke 3 Th. 2007 Juli minggu pertama Th. 2007 Juli minggu ke dua Th. 2007 Juli minggu ke tiga Th. 2007 Agustus minggu ke dua September 2007 Oktober 2007 Desember 2007 Nopember 2007 21 April 2008 22 Desember 2007 2 Mei 2008 01 Oktober 2007 10 Oktober 2007 28 Oktober 2007 Juli 2008 Agustus 2007 Juli 2007 Juli 2008 Juli 2007 s/d Juni 2008 Juli 2007 s/d Juni 2008 Juli 2008 Juli 2007 s/d Juni 2008 Agustus 2007

- Setiap hari Senin - 17 Agustus 2007

SANGGAR SENI AT-QA SAMARANG
SMK PLUS QURROTA A'YUN WUJUDKAN SISWA YANG CERDAS,KREATIF,INOFATIF DISIPLIN DAN KOMITMEN.

Minggu, 05 Desember 2010
SOAL-SOAL SENI BUDAYA SMK DAN SMP Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook I. PILIHAN-GANDA 1. Tiga hal yang menjadi kebutuhan manusia selama hidupnya, yaitu …. a. agama, ilmu pengetahuan, dan seni b. agama, ilmu pengetahuan, dan ekonomi c. agama, ekonomi, dan seni d. ekonomi, ilmu pengetahuan, dan seni e. seni, budaya, dan harta 2. Fungsi seni rupa yang amat dekat dengan kehidupan manusia, yaitu …. a. fungsi sosial b. fungsi inspirasi c. fungsi d. fungsi apresiasi e. fungsi ekspresi 3. Definsi seni yang dikemukakan oleh Plato, yaitu …. a. seni adalah ungkapan kesan-kesan b. seni adalah tiruan c. seni adalah jiwa tampak d. seni adalah perasaan manusia e. seni adalah luapan 4. Seni diartikan jiwa tampak merupakan pengertian yang dikemukakan oleh …. a. Affandi b. Popo Iskandar

c. S. Sudjojono d. Ki Hajar Dewantara e. Basuki Abdullah 5. Sifat dasar seni yang berkenaan dengan hal-hal yang baru, yaitu …. a. modifikasi b. kreatif c. inovasi d. epigon e. ekspresif 6. Contoh karya seni visual dua dimensi yang bergerak, yaitu …. a. relief b. lukisan c. film d. foto e. patung 7. Seni pahat dan ukiran merupakan contoh seni …. a. visual dua dimensi tampak gerak b. visual dua dimensi dengan gerak c. visual tiga dimensi tanpa gerak d. visual tiga dimensi dengan gerak e. visual dua dimensi 8. Unsur fisik seni rupa yang merupaan gabungan titik-titik yang bersambung, yaitu …. a. warna b. garis c. volume d. tekstrur e. bidang 9. Coretan spontan yang dilakukan anak-anak saat menggambar disebut garis …. a. khayal b. abstrak c. kaligrafis d. struktural e. nyata

10. Rasa bahan dalam seni rupa disebut …. a. bentuk b. kontur c. dimensi d. tekstur e. garis 11. Penggunaan warna secara beraldis, artinya …. a. ekspresif b. simbolis c. objektif d. harmonis e. komposisi 12. Komposisi adalah …. a. aturan penyusunan unsur-unsur fisik seni rupa b. pedoman penyusunan unsur-unsur fisik seni rupa c. kaidah penyusunan unsur-unsur fisik seni rupa d. tata cara berkarya e. kemampuan seseorang untuk berkreasi sesuai gagasan 13. Berikut yang tidak termasuk pola keseibangan, yaitu …. a. pola keseimbangan sentral b. pola keseimbangan segitiga c. pola keseimbangan asimetris d. pola keseimbangan kaligrafis e. pola keseimbangan simetris 14. Sumber gagasan yang berasal dari diri sendiri, yaitu …. a. mimpi b. keindahan pemandangan c. lagu pop yang romantis d. sinetron komedi e. suasana alam 15. Gagasan yang dituangkan dalam bentuk gambar untuk dikembangkan lebih lanjut disebut …. a. sketsa b. studi c. kriya d. diari

e. karya 16. Jika memiliki sebuah gagasan yang asli, langkah selanjutnya, yaitu menyiapkan …. a. media b. teknik c. prosedur d. keahlian berkarya e. tekstur 17. Seniman patung yang dikenal menguasai media logam, yaitu …. a. F. Widayanto b. Anusapati c. G. Sidharta d. Dolorosa Sinaga e. Affandi 18. Keahlian berkarya dalam kegiatan seni rupa dapat berupa …. a. bakat b. keterampilan yang dilatih c. bakat dan keterampilan yang dilatih d. bakat dan teknik e. bakat dan media 19. Karya seni rupa murni, yaitu … a. karya seni lebih mementingkan ekspresi dibandingkan fungsi pakainya b. karya seni yang lebih mementingkan ekspresi dibandingkan nilai komersilnya c. karya seni yang lebih mementingkan fungsi pakai dibandingkan ekspresinya. d. karya seni yang ekspresi dan fungsi pakainya seimbang e. karya seni yang lebih mementingkan teknik pembuatannya 20. Seni rupa terapan memiliki pengertian …. a. karya seni yang lebih mementingkan ekspresi dibandinkan fungsi pakainya b. karya seni yang lebih mementingkan ekspresi dibandingkan nilai komersilnya

c. karya seni yang lebih mementingkan fungsi pakai dibandingkan ekspresinya d. karya seni yang lebih mementingkan fungsi pakai dibandingkan nilai komersilnya e. karya seni yang lebih mementingkan nilai keindahannya 21. Prinsip desain yang mengutamakan fungsi dan menghindari kerumitan karyanya, yaitu … a. prinsip kesederhanaan b. prinsip keselarasan c. prinsip irama d. prinsip keseimbangan e. prinsip kesatuan yang terpadu 22. Istilah lain untuk prinsip keselarasan dalam desain disebut…….. a. komposisi b. ritme c. harmoni d. bayangan e. konras 23. Ritme adalah ……… a. irama yang mengesankan gerak b. keselarasan antar benda c. kesatuan antar unsur d. keseimbangan antar unsur e. kesederhanaan bentuk 24. Prinsip kesatuan yang terpadu dapat diterapkan pada desain agar……… a. titik timbul kesan berantakan b. karya terlihat megah c. menyederhanakan unsur-unsurnya d. menyelaraskan antar unsurnya e. memadukan desainnya 25. Keseimbangan pada desain tidak dapat dicapai dengan …….. a. memadukan antar unsurnya b. mengontraskan antar unsurnya c. menyederhanakan unsur-unsurnya

d. menyelaraskan antarunsurnya e. memadukan desainnya 26. Benda hias harus dapat memenuhi kebutuhan manusia dalam hal …. a. keindahan b. ekspresi c. fungsi d. fungsi dan keindahan e. kebaikan 27. Pembuatan karya seni rupa terapan dua dimensi dapat dilakukan diantaranya dengan teknik berikut, kecuali a. teknik pulas atau lukis b. teknik inlai c. teknik pindai d. teknik pindai e. teknik gores 28. Karya seni dua dimensi dapat disiasati dengan mengolah unsur…. a. garis, warna, dan nada gelap terang b. volume, warna, dan nada gelap terang c. warna, tekstur, dan tektur d. garis, warna dan tektur e. garis, tekstur, dan volume 29. Karya seni rupa dimensi dengan cara menempelkan benda kecil hingga membentuk gambar, disebut teknik… a. semprot b. cetak tinggi c. cetak dalam d. gores e. mozaik 30. Bentuk karya terapan tiga dimensi diantaranya seperti berikut, kecuali …. a. vas bunga b. patung hias c. kap lampu d. guci e. puzzle

II. ESSAY 1. Buatlah macam-macam garis pada sebuah bidang gambar, kemudian tulis kesan apa yang Anda rasakan setelah membuat garis tersebut! 2. Buatlah macam-macam arsiran garis, kemudian beri nama sesuai kemiripan teksturnya! 3. Buatlah gambar benda alam dengan pola keseimbangan segitiga! 4. Gambarkanlah secara spontan apapun yang terbayang di dalam pikiranmu.Selanjutnya buat tulisan singkat mengenai gagasan utama yang telah dicurahkan dalam gambar tersebut. 5. Tulis secara sistematis prosedur berkarya menggambar bentuk dengan media pensil di atas kertas. 6. Jelaskan prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam merancang karya seni rupa 7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan karya seni dua dimensi dan tiga dimensi disertai contohnya 8. Jelaskan tujuan dan fungsi pameran 9. Jelaskan jenis-jenis pameran berdasarkan waktu dan tempat penyelenggaraan pameran 10. Jelaskan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan pameran.

Contoh Soal Seni Budaya Kls IX SMP

CONTOH SOAL UJIAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2008 s.d 2009 K l s : IX (Sembilan) Waktu : ……………………... MaPel : Seni Budaya Ruang : ……………………….

A. Pilihan Berganda Lingkarilah jawaban yg benar: a, b, c atau d. 1. Suatu karya seni yang mengutamakan ekspresi atau ungkapan jiwa perupanya dibandingkan aspek kegunaannya disebut … a. Seni murni. c. Seni kriya. b. Seni rupa. d. Seni musik. 2. Jika dilihat dari sudut pandang seni rupa, maka lukisan “Bunga Matahari” karya Vincent van Gogh (Belanda) termasuk karya ……. a. Seni murni. c. Seni kriya. b. Seni rupa. d. Seni musik. 3. Seni grafis adalah ungkapan seni rupa ……… yang memanfaatkan metode pencetakan dalam seni cetak. a. Satu dimensi. c. Setengah dimensi.

b. Tiga dimensi. d. Dua dimensi. 4. Perhatikan susunan kepanitiaan berikut ini : 1. Sekretaris Wakil Sekretaris. 2. Bendahara dan Wakil Bendahara. 3. Seksi-seksi meliputi: Pudok, Peralatan, Humas dan Keamanan. 4. Ketua dan Wakil Ketua. Manakah susunan kepanitiaan yang benar ? a. 4-1-3-2. c. 4-1-2-3. b. 4-2-1-3. d. 4-2-3-1. 5. Apabila dalam satu birama terdapat enam buah not seperdelapan yang masing-masing berharga satu ketukan, maka birama tersebut termasuk birama ……. a. 3/8. c. 4/8 b. 8/6. d. 6/8. 6. Grup Band Gun ‘n’ Roses adalah salah satu grup band beraliran rock yang populer pada thn 90-an dan berasal dari negara……... a. Inggris. c. Belanda. b. Amerika Serikat. d. Amerika Latin. 7. Musik seni (art music) yang diciptakan untuk konser, acara keagamaan serta opera dan balet disebut…….. a. Musik Klasik. c. Music Rock. b. Musik Blues. d. Musik Pop. 8. ………….. adalah aliran musik yang pertama sekali dipopulerkan oleh kaum budak Afro-Amerika setelah mereka selesai bekerja di pertambangan dan perkebunan. a. Musik Jazz. c. Musik Country. b. Musik Blues. d. Musik Rock. 9. Pengetahuan dalam mencipta dan menyusun sebuah tarian disebut ………... a. Kreasi. c. Kreativitas. b. Koreografer. d. Koreografi. 10. The Dying Swan adalah judul tarian yang pernah dibawakan oleh………….yang lahir di St. Petersburg, Rusia (1981-1931). a. Anna Tairas c. Antonio Banderas. b. Tsubouchi Shoyo. d. Anna Parlova. * 11. Tari Kecak yang dibawakan oleh sejumlah pria yang membentuk lingkaran berasal dari daerah…...

a. Jawa Barat. c. Betawi. b. Bali. d. Jawa Timur. 12. Kata teater berasal dari kata ……….. yang dalam bahasa Yunani bearti tempat untuk melihat pertunjukan. a. Theatrical. c. Bioscope. b. Theatron. * d. Tdk ada yg benar. 13. Berikut ini merupakan ciri-ciri umum teater tradisional, kecuali : a. Ceritanya tanpa naskah. b. Pertunjukan menggunakan alat musik tradisional. c. Serius dan tidak ada unsur lawakan. d. Menggunakan bahasa daerah. 14. Latihan terakhir sebelum pementasan suatu karya seni disebut : a. Pra-latihan. c. Gladi bersih. b. Blocking. d. Gladi kotor. 15. Tim yang bertanggungjawab atas seluruh biaya produksi disebut ……….... a. Tim artistik. c. Tim manajemen. b. Tim produksi. d. Tim koordinator.

B. E s s a y Isilah jawaban dengan singkat dan tepat ! 1. Apakah yang dimaksud dengan apresiasi seni? 2. Apakah yang dimaksud dengan seni rupa ? 3. Apakah yang dimaksud dengan seni musik ? 4. Apakah yang dimaksud dengan seni tari ? 5. Apakah yang dimaksud dengan seni teater ?

Kunci Jawaban bagian B. Essay 1. Yang dimaksud dengan apresiasi seni adalah …….....?

2. Yang dimaksud dengan seni rupa adalah suatu karya yang dapat dinikmati melaui indera penglihatan (visual). Unsur-unsur seni rupa terdiri dari garis, bidang, bentuk, ruang, warna dan tekstur. 3. Yang dimaksud dengan seni musik adalah suatu karya musik dalam bentuk bunyi-bunyian yang dapat dinikmati melaui indera pendengaran (audio). Seni musik dibentuk dari unsur nada (melodi), irama dan tempo di dalam alat musik, vocal atau paduan keduanya. 4. Yang dimaksud dengn seni tari adalah karya seni yang memadukan unsure gerak, nada dan paduan keduanya. Karya seni ini dapat dinikmati dengan indera penglihatan dan pendengaran (audiovisual). 5. Yang dimaksud dengan seni teater (drama) adalah suatu karya seni yang merupakan paduan gerak dan kata yang merupakan unsur dalam seni drama. Indra penglihatan dan pendengaran (audiovisual) dipergunakan saat menikmati karya seni drama (teater). Yang merupakan media pengungkapan gagasan tentang sisi-sisi kehidupan masyarakat lingkungan dalam bentuk dialog lakon, tari dan vokal yang berpadu menjadi satu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->