HAKIKAT KEJADIAN MANUSIA UNSUR ROHANI UNSUR JASMANI

1. Dari Tuhan sendiri – akal tidak mampu memikirkannya 2. Firman Allah dalam Surah AsSajadah yang bermaksud: “ kemudian apabila Aku sempurnakan kejadiannya,serta Aku tiupkan padanya ruh dari (ciptaanKu) maka hendaklah kamu sujud kepadanya.” Dan apabila Aku(Allah) jadikan bentuk rupanya dan Aku tiupkan padanya dari ruh Aku,…” - Allah tidak menceritakan bagaimana cara roh ditiupkan. 3. Keindahan dan kesempurnaan insan. Rohaninya diacu mengikut acuan Allah dari sudut akhlaknya dan syariatnya.

Kejadian Adam Unsur: i. Air - Min Maain (al-Furqan:54) ii. Tanah - Min Turab (al-Anbiya‟:30) iii. Tanah tin yang liat dan sebati – Min Tin al-Lazib (al-Saffat:11) iv. Tanah yang panas dan berbau – Min Hamaim-Masnun (al-Hijr:28) v. Tanah yang keras seperti tembikar Min Solsoli KalFakhkhor (al-Rahman:14) vi. Tanah bumi – Min al-Ard (al-Najm:32)

Zuriat Adam
1. Air pati yang hina – (al-Sajdah:9) 2. Janin dari perut ibu – al-Najm:32) 3. Berperingkat2 – (al-Mu‟minun:12-14) a. Nutfah (segumpal air) b. „Alaqah (segumpal darah) c. Mudhghah (segumpal daging) d. Lahma (daging) e.Kholqan Akhor (bentuk manusia) f. Faiza Sawwaituhu (menyempurnakan ciptaan bentuk rupa manusia)

* kesimpulannya: unsur jasmani dicipta dari tanah di bumi yang merangkumi segala keperluan hidup manusia (makanan, minuman, pakaian, perhiasan).

PERINGKAT KEHIDUPAN INSAN Alam Roh Alam Rahim Alam Bayi Alam Akhirat Alam Remaja Alam Barzakh Alam Dewasa Alam Tua .

. dalam surah al-Qasas: 29 “Maka ketika Musa telah menyelesaikan waktu yang ditentukan dan berjalan dengan keluarganya: Tunggulah (di sini).w. sesungguhnya aku melihat api. mudah-mudahan aku dapat membawa suatu berita atau membawa sesuatu api supaya kamu dapat memanaskan badan. Perkataan „insan‟ berasal daripada perkataan „anasa‟ yang bererti melihat. kemudian ia lupa.Mengapa manusia disebut ‘insan’? 1.a. sepertinya halnya jin dinamakan jin kerana ijtinanihim iaitu gelap atau tidak nampaknya: daripada perkataan janna yang bererti menjadi gelap. berkata: “Manusia dinamakan insan kerana telah diberikan amanat kepadanya. mereka sentiasa mencari kawan.” Manusia dinamakan „insan‟ kerana mereka dapat dilihat. Ibn Abbas r. seperti dalam firman Allah s. 3. Perkataan „insan‟ berasal daripada perkataan „anisa‟ yang bererti „jinak‟.” 2.t. Manusia dinamakan insan kerana sifatnya yang jinak kepada yang seumpamanya: ertinya manusia tidak suka hidup menyendiri.

Diturunkan petunjukNya dengan perantaraan wahyu kepada para RasulNya yang diangkat dari kalangan manusia itu sendiri-untuk kemaslahatan manusia supaya manusia tidak tersesat jalan.w. Akal: dengannya manusia dapat mencapai ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk memanfaatkan segala yang Allah cipta untuk mereka. Malaikat dan jin tidak mempunyai bentuk: hanya mereka dapat menyerupakan diri mereka dengan manusia atau lain-lainnya. Dilantik sebagai khalifah: menguruskan.t. sekurang-kurangnya lima kali manusia diperintah untuk menghadaokan diri kepadaNya.Faktor kemuliaan manusia 1. 4.Bercanggan dengan pandangan Kristian yang memandang setiap manusia yang baru dilahirkan sudah ada dosa yang diwarisi daripada nenek moyang mereka (Adam dan Hawa) 3. yang bermanfaat dan berbahaya. Dapat membezakan baik dan buruk. mensejahterakan dan menjaga keamanan di muka bumi. Dari segi jasmani. sebagaimana difirmankan dalam surah Al-Zhariyat:56. iaitu: sifat semulanjadi manusia adalah lurus. (al-Tin:4) 2. Allah telah jadikan manusia dalam bentuk yang paling indah. (ar-Rum:30). betul dan salah. . Dengannya juga manusia beroleh kelayakan untuk menerima bebanan atau tugasan daripada Allah s. bersih. Tidak ada makhluk yang mempunyai bentuk yang lebih indah dari manusia. Dari segi rohani. 5. suci dan sukakan kebaikan. (alBaqarah:30) 6. Dalam sehari semalam. Allah memuliakan manusia dengan tugas mendekatkan diri kepadaNya iaitu tugas ibadat. Allah telah menjadikan manusia di atas fitrah yang hanif.

َّ َ ْ ُ َّ َ َ َ ِِ ‫ولَ َن ْبل َُونكم حتى َنعْ لَم المُجاهدٌِن مِنكم والصَّابرٌن ون ْبل َُو‬ َ ُْ َ ِ َ ْ َ َ ‫أَخ َباركم‬ ُْ َ ْ 2 Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan : "Kami telah beriman". siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. ٌ‫َت َبارك الَّذِي ب ٌَده المُلك وهُو علَى كل شًْ ء قدٌر‬ ِ َ ٍ َ ِّ ُ َ َ َ ُ ْ ْ ِِ ِ َ َ َ َ ْ َ َ َْ َ َ ‫الَّذِي خلَق الم ْوت والح ٌَاة ل ٌَِ ْبل َُوكم أ ٌَُّكم أَحْ سنُ عمالً وهُو‬ َ َ َ َ َ ُْ ُْ ‫العزٌز الغفُور‬ ُ َْ ُ ِ َْ 2 31 Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu. sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka. maka sesungguhnya waktu (yang dijanjikan) Allah itu. Barangsiapa yang mengharap pertemuan dengan Allah. dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. supaya Dia menguji kamu.1 Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan. pasti datang. Dan Dialah Yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui. dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. ُ َ ُ َّ َ َ ‫أَحسِ ب الناسُ أَن ٌ ْتركوا أَن ٌَقُولُوا آمنا وهم َل ٌفتنون‬ َ ُ َ ْ ُ َ ْ ُ َ َّ َ َّ َ َ ْ َ َ َّ‫ولَقد فتنا الَّذٌِن مِن ق ْبلِهم فلَ ٌَعْ لَمنَّ َّللاُ الَّذٌن صدَ قُوا ولَ ٌَعْ لَمن‬ َ َ َ َ ِ َّ َ َ ْ ِ َ َ ‫الكاذِبٌن‬ َ ِ َْ 3 4 ‫أَم حسِ ب الَّذٌِن ٌَعْ ملُون السٌئات أَن ٌَسْ بقُو َنا ساء ما‬ ِ َ ِّ َّ َ َ َ َ َ َ َ ْ ِ ‫ٌَحْ كمُون‬ َ ُ َ ِ َّ َ ‫من كان ٌَرْ جُ و لِقاء َّللا فإِنَّ أَجل َّللا َلت وهُو السمٌِعُ العلٌِم‬ َّ َ َ ٍ َ ِ َّ َ َ َ َ َ ُ َْ 5 . maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. Ataukah orang-orang yang mengerjakan kejahatan itu mengira bahwa mereka akan luput (dari azab) Kami? Amatlah buruk apa yang mereka tetapkan itu. Yang menjadikan mati dan hidup.

Sesungguhnya Kami menyediakan bagi orang-orang kafir rantai. belenggu dan neraka yang menyalanyala. sedang dia ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut? Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan). Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur. Dan orang-orang yang beriman dan beramal saleh. Sesungguhnya Kami telah menunjukinya jalan yang lurus. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam. benar-benar akan Kami hapuskan dari mereka dosadosa mereka dan benar-benar akan Kami beri mereka balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan. yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya.6 Dan barangsiapa yang berjihad. karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat. maka sesungguhnya jihadnya itu adalah untuk dirinya sendiri. ada yang bersyukur dan ada pula yang kafir. َ َّ ‫ومن جاهدَ فإ َِّنما ٌُجاهد ل َِنفسِ ه إِنَّ َّللاَ لَغنًٌِّ عن العالَمٌِن‬ ِ ْ ُِ َ َ َ َ َ َ َ َ َْ ِ َ 7 ‫والَّذٌِن آمنوا وعملُوا الصَّالِحات لَنكفرنَّ ع ْنهم سٌ َئاتِهم‬ ِ َ َ َُ َ َ ْ ِ ِّ َ ْ ُ َ َ ِّ َ ُ ِ َ ُ َ ‫ولَ َنجْ ز ٌَنهم أَحْ سن الَّذِي كانوا ٌَعْ ملُون‬ َ َ َ َ َ ْ ُ َّ ِ 1 Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa. ً‫هل أ ََتى علَى اْلِنسان حٌنٌ مِّن الدَّهْ ر لَم ٌَكن شٌْئا ً مَّذكورا‬ ُ ْ َ ُ ْ ِ ْ َ ِ ِ َ ْ َ َ ً ‫إ َِّنا خلَق َنا اْلِنسان مِن نطفة أَمْ شاج ن ْب َتلٌِه فجع ْلناهُ سمٌِعا‬ َ َ َ َ َ ِ َّ ٍ َ ٍ َ ْ ُّ َ َ ْ ْ َ ً‫بَصِ ٌرا‬ ً‫إ َِّنا هدَ ٌْناهُ السَّبٌِل إِمَّا شاكِراً وإِمَّا كفُورا‬ َ َ َ َ َ َ ً‫إ َِّنا أَعْ َتدنا ل ِْلكافِرٌن سالسِ ال وأَغالَلً وسعٌِرا‬ َ َ َ ْ َ َ ََ َ ِ َ َْ ً‫إِنَّ اْلَبْرار ٌَشربُون مِن كؤْس كان مِزاجُ ها كافُورا‬ َ َ َ َ َ ٍ َ َ َ ْ َ َ ْ ً‫عٌْنا ً ٌَشربُ بها عِ َباد َّللا ٌفجِّ رُ و َنها تفجٌرا‬ َ ُ ِ َّ ُ َِ َ ْ َ ِ َْ َ 2 3 4 5 6 . (yaitu) mata air (dalam surga) yang daripadanya hambahamba Allah minum.

maka sungguh ia telah beruntung. Adapun orang yang melampaui batas. bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan. perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. ‫اعْ لَمُوا أ ََّنما الح ٌَاةُ الد ْن ٌَا لعبٌ ولهْوٌ وزٌ َنة و َتفاخر َب ٌْ َنكم‬ َ ْ َ ْ ُ ٌ ُ َ َ ٌ ِ َ َ َ ِ َ ُّ ُ َ َ ‫و َتكاثرٌ فًِ اْلَمْ وال واْل َْوَلد كم َثل غ ٌْث أَعْ جب الكفار‬ َ َّ ُ ْ َ َ ٍ َ ِ َ َ ِ َ ْ َ ِ َ ْ ُ َّ ُ َ ًِ‫َن َباته ثم ٌَهٌج ف َتراهُ مُصْ فرّ اً ثم ٌَكونُ حُ طاما ً وف‬ َ َ َ َ ُ ِ َّ ُ ُ ُ ََ َِ ْ ‫اَلخِرة عذابٌ شدٌِد ومغفِرةٌ مِّن َّللا ورضْ وانٌ وما‬ َ َ َ ِ َ ِ َّ َ َ ْ َ َ ٌ َ ُّ ‫الح ٌَاةُ الد ْن ٌَا إَِل م َتاعُ الغرُور‬ َ َّ َ ْ ِ ُْ 185 Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. dan diperlihatkan neraka dengan jelas kepada setiap orang yang melihat. Pada hari (ketika) manusia teringat akan apa yang telah dikerjakannya. ‫فإِذا جاءت الطامة الكبْرى‬ َ ُ ْ ُ َّ َّ ِ َ َ َ ‫ٌَوم ٌَ َتذكرُ اْلنسانُ ما سعى‬ َ َ َ َ ِ ْ َّ َ َ ْ ‫وبُرِّ زت الجحٌِم لِمن ٌَرى‬ َ َ ُ َ ْ ِ َ َ ََ َ َ ‫فؤَمَّا من طغى‬ 35 36 37 . Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya.20 Ketahuilah. ‫كل َنفس ذآئقة الم ْوت وإ َِّنما توفون أُجُوركم ٌوم القِ ٌَامة‬ ِ َ ْ َ َْ ْ ُ َ َ ْ َّ َ ُ َ َ ِ َ ْ ُ َ ِ َ ٍ ْ ُّ ُ ُ‫فمن زحْ زح عن النار وأ ُْدخل الجنة فقد فاز وما الحٌاة‬ َ َ ْ َ َ َ ْ َ َ َ َّ َ ْ َ ِ َ ِ َّ ِ َ َ ِ ُ َ َ ُّ ‫الد ْن ٌَا إَِلَّ م َتاع الغرُ ور‬ ِ ُْ ُ َ 34 Maka apabila malapetaka yang sangat besar (hari kiamat) telah datang. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga.

" 2 Allah-lah yang memiliki segala apa yang di langit dan di bumi. Dan Allah memberi rezki kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya tanpa batas. dan menghalanghalangi (manusia) dari jalan Allah dan menginginkan agar jalan Allah itu bengkok. maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya). Mereka itu berada dalam kesesatan yang jauh.38 39 40 dan lebih mengutamakan kehidupan dunia. Padahal orang-orang yang bertakwa itu lebih mulia daripada mereka di hari kiamat. dan mereka memandang hina orang-orang yang beriman. ُّ َ َ ْ َ َ ‫وآ َثر الح ٌَاة الد ْن ٌَا‬ ‫فإِنَّ الجحٌِم هًِ المؤ َْوى‬ َْ َ َ َ ْ َ ‫وأَمَّا منْ خاف مقام ربه و َنهى النفس عن الهوى‬ َ َ ْ ِ َ َ ْ َّ َ َ ِ ِّ َ َ َ َ َ َ َ َ ‫فإِنَّ الجنة هًِ المؤْوى‬ َ َ ْ َ َ َّ َ ْ َ َُ َ ََ َ ‫زٌِّن لِلَّذٌِن كفرُو ْا الح ٌَاةُ الد ْنٌا و ٌَسْ خرُون مِن الَّذٌِن آمنو ْا‬ َ َ َ َ َ ُّ َ ْ َ ُ ّ َ ِ َ َ ِ ْ َ َ ْ ُ َ َ َ َّ َ ‫والَّذٌِن اتقو ْا ف ْوقهم ٌ ْوم القٌامة وَّللاُ ٌَرْ زق من ٌشاء‬ ُ َ َ َ ُ ُ َ ‫بغٌْر حِساب‬ ٍ َ ِ َِ 41 212 Kehidupan dunia dijadikan indah dalam pandangan orang-orang kafir. (yaitu) orang-orang yang lebih menyukai kehidupan dunia dari pada kehidupan akhirat. Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. ٌ َ َ ِ ‫َّللا الَّذِي لَه ما فًِ السماوات وما فًِ اْلَرْ ض وو ٌْل‬ َ َ ِ َ َ َّ َ ُ ِّ ‫لِّ ْلكافِرٌن مِنْ عذاب شدٌِد‬ ٍ َ ٍ ََ َ ِ َ ‫الَّذٌِن ٌَسْ َتحبُّون الح ٌَاة الد ْنٌا علَى اَلخِرة و ٌَصدون عن‬ َ َ ُّ ُ َ ِ َ َ َ ُّ َ َ ْ َ ِ َ ‫سبٌل َّللاِ و ٌَ ْبغو َنها عِ وجا ً أ ُ ْولَـئِك فًِ ضالَل َبعٌِد‬ ٍ َ َ َ ُ َ ّ ِ َِ ٍ َ 3 . maka sesungguhnya syurgalah tempat tinggal(nya). Dan kecelakaanlah bagi orang-orang kafir karena siksaan yang sangat pedih.

Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya.26 Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. dan telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)Ku. ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan (ingatlah). Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas. ْ َ َْ َ ‫ولَقد خلَق َنا اْلنسان مِن ص ْلصال مِّنْ حمإٍ مَّسْ نون‬ َ َ َ َ ِ ٍ َ َ ٍ ُ 27 ْ َ ‫والجآنَّ خلَق َناهُ مِن ق ْبل مِن نار السمُوم‬ ُ َ َ ْ َ ِ َّ ِ َّ َ ٌ َ ْ‫وإ ِْذ قال ربُّك ل ِْلمالَئكة إ ِِّنً خالِق َبشراً مِّن ص ْلصال مِّن‬ ِ َِ َ َ َ َ َ َ ٍ َ َ ‫حمإٍ مَّسْ نون‬ َ َ ٍ ُ ََ ‫فإِذا سو ٌْته و َنفخت فٌِه مِن رُّ وحًِ فقعُو ْا لَه ساجدٌِن‬ ِ ُ ْ َ َ ُ ُ َّ َ َ َ َ ِ َ ُ 28 29 . maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud.

" Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan َ ًَ َ ِ ٌ َ ‫وإ ِْذ قال ربُّك ل ِْلمالَئكة إ ِِّنً جاعِ ل فًِ اْلَرْ ض خلٌِفة قالُو ْا‬ ِ َِ َ َ َ َ َ َ ‫أَ َتجْ عل فٌِها من ٌفسِ د فٌِها وٌسْ فك الدماء و َنحْ نُ نسبح‬ ُ ِّ َ ُ َ َ ِّ ُ ِ َ َ َ ُ ْ ُ َ َ ُ َ ِّ َ ُ َ َ َ ِ ‫بحمْ دِك ونقدسُ لَك قال إ ِِّنً أَعْ لَم ما َلَ َتعْ لَمُون‬ َ َ ُ َ َ َ . oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat. Berkata iblis: "Ya Tuhanku. sesungguhnya kamu terkutuk. sampai hari (suatu) waktu yang telah ditentukan. (kalau begitu) maka beri tangguhlah kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan. dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya. Iblis berkata : "Ya Tuhanku. 36 37 38 39 40 ‫إَِلَّ عِ َبادَك م ْنهم المُخلصِ ٌن‬ َ َْ ْ ُُ ِ َ      30 Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma'siat) di muka bumi.34 Allah berfirman : "Keluarlah dari surga. karena ْ َ َ َ ‫قال فاخرُجْ م ْنها فإ َِّنك رجٌم‬ ٌ ِ َ َ َ َ ِ َ ‫وإِنَّ علٌَْك اللَّعْ َنة إِلَى ٌ ْوم الدٌن‬ َ َ َ ِ ِّ ِ َ َ َ َ َ ‫قال ربِّ فؤَنظِ رْ نًِ إِلَى ٌ ْوم ٌبْعثون‬ َ َُ ُ ِ َ ‫قال فإ َِّنك مِن المُنظرٌن‬ َ ِ َ ْ َ َ َ َ َ ْ ْ ‫إِلَى ٌوم الوقت المعْ لُوم‬ ِ َ ِ ْ َ ِ َ َ َْ َِ َ َ َ ‫قال ربِّ بما أَغو ٌْتنًِ ْلُزٌننَّ لَهم فًِ اْلَرْ ض وْلُغوٌنهم‬ ْ ُ َّ َ ِ ْ َ ِ ْ ُ َ ِّ َ ‫أَجْ معٌِن‬ َ َ 35 dan sesungguhnya kutukan itu tetap menimpamu sampai hari kiamat". Allah berfirman: "(Kalau begitu) maka sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang diberi tangguh. kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka".

Allah berfirman: "Bukankah sudah Ku katakan kepadamu. bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan ? Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam. 31 Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (bendabenda) seluruhnya. sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana ." Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu." maka sujudlah mereka kecuali Iblis. kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orangorang yang benar! Mereka menjawab: "Maha Suci Engkau. maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi َّ َ ‫ف َتلَقى آدَ م مِن رَّ به كلِمات فتاب علَ ٌْه إ َِّنه هُو التوابُ الرَّ حٌِم‬ َّ َّ َ ُ ِ َ َ َ َ ٍ َ َ ِ ِّ ُ ُ .membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah. padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. Allah berfirman: "Hai Adam." ‫وعلَّم آدَ م اْلَسْ ماء كلَّها ثم عرضهم علَى المالَئكة فقال‬ َ ََ ِ َِ َْ َ ْ ُ َ َ َ َّ ُ َ ُ َ َ َ َ َ ُِ ‫أَنبئونًِ بؤَسْ ماء هـإُ َلء إِن كنتم صادقٌِن‬ َ ِ َ ُْ ُ َ َ ِ َ ‫قالُو ْا سبْحا َنك َلَ عِ ْلم لَ َنا إَِلَّ ما علَّم َتنا إ َِّنك أَنت العلٌِم‬ َ َ ُ ُ َْ َ َ َ ْ َ َ َ ‫الحكٌِم‬ ُ َ ْ ُ ْ َ َ ِْ َ ِ ُْ َ ِْ َ ِ ِ ُ ‫قال ٌَا آدَ م أَنب ْئهُم بؤَسْ مآئِهم فلَمَّا أَن َبؤَهم بؤَسْ مآئِهم قال أَلَم أَقل‬ َ َ ‫لَّكم إ ِِّنً أَعْ لَم غٌْب السماوات واْلَرْ ض وأَعْ لَم ما‬ َ ُ َ ِ َ ِ َ َ َّ َ َ ُ ُْ ‫ت ْبدون وما كنتم َتكتمُون‬ َ ُْ ُْ ُ َ َ َ ُ ُ 32 33 34 َُ َ َ ََ ُ ‫وإ ِْذ قُ ْل َنا ل ِْلمالَئكة اسْ جُ دو ْا َلدم فسجدو ْا إَِلَّ إِ ْبلٌِس أَ َبى‬ ِ َِ َ َ َ ‫واسْ َتك َبر وكان مِن‬ َ َ َ َ َ ْ َ 37 Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya. tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini.

Allah berfirman: "Turunlah kamu dari surga itu. karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya. sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina". saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus. maka keluarlah. َ ْ َ ُ ِّ ٌ َ ًِ‫قال ما م َنعك أََلَّ َتسْ جُدَ إ ِْذ أَمرْ تك قال أَ َناْ خ ٌْر م ْنه خلَقتن‬ َ َ َ ُ َ َ َ َ َ َ َ ‫مِن نار وخلَق َته مِن طِ ٌن‬ ُ ْ َ َ ٍ َّ ٍ 13 ْ َ َ َ َ َ ُ ََ َ ِ ْ ِ َ َ َ ‫قال فاهْ بط م ْنها فما ٌَكونُ لَك أَن ت َتكبَّر فٌِها فاخرُجْ إ َِّنك‬ َ َ ‫من الصَّاغِ رٌن‬ َ ِ َ ِ 16 Iblis menjawab: "Karena Engkau telah menghukum saya tersesat.Maha Penyayang." 12 Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah". ْ َ َ َ ْ ‫قال فبما أَغو ٌْ َتنًِ ْلَقعُدَ نَّ لَهم صِ راطك المُسْ َتقٌِم‬ َْ ََِ َ َ ُْ َ .

benar-benar Aku akan mengisi neraka Jahannam dengan kamu semuanya". Justeru peringkat-peringkat yang dilalui oleh setiap insan adalah seperti berikut: (a) Alam Roh Disinilah kejadian manusia bermula sebagaimana yang dinyatakan bahawa Allah SWT meniupkan roh ke dalam tubuh Adam yang dijadikan daripada tanah lalu ia menjadi manusia yang pertama. Sesungguhnya barangsiapa di antara mereka mengikuti kamu.17 kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka. (Dan Allah berfirman): "Hai Adam bertempat tinggallah kamu dan isterimu di surga serta makanlah olehmu berdua (buah-buahan) di mana saja yang kamu sukai. "Sesungguhnya saya adalah termasuk orang yang memberi nasehat kepada kamu berdua". alam roh sehinggalah ke satu peringkat yang kekal abadi iaitu alam akhirat. dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini. Dan Engkau tidak akan men-dapati kebanyakan mereka bersyukur (ta'at). Dan dia (syaitan) bersumpah kepada keduanya. Firman Allah SWT maksudnya:"Kemudian apabila Aku sempurnakan kejadian-nya. melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal (dalam surga)". serta Aku tiupkan padanya roh daripada (ciptaan)Ku. َّ َ ِ َّ ُ ‫ثم َلتٌنهُم مِّن َبٌْن أَ ٌْدٌِهم ومِنْ خ ْلفِهم وعنْ أَ ٌْمانِهم وعن‬ َ َ ِْ َ َ َ ِْ َ َ ِْ ِ ‫شمآئلِهم وَلَ َتجد أَك َثرهم شاكِرٌن‬ َ ِ َ ُْ َ ْ ُِ َ ِْ ِ ََ َْ َ ِ ْ َ َ ْ َّ‫قال اخرُ جْ م ْنها مذإُ وما ً مَّدحُوراً لَّمن َتبعك م ْنهم ْلَمْألن‬ ُْ ِ َ َِ َ ‫جهنم مِنكم أَجْ معٌِن‬ َ َ ْ ُ َ َّ َ َ 18 19 ُ َ َ َّ َ ْ َ ُ ُ َ‫و ٌَا آدَ م اسْ كنْ أَنت وز ْوجُك الجنة فكالَ مِنْ حٌْث شِ ْئتما وَل‬ َ َ َ َ َُ ُ َ َ َّ َ ُ َ َ َ َ َّ ِ ِ َ َ َ ْ ‫َتقربا هـذه الشجرة ف َتكو َنا مِن الظالِمٌِن‬ َ 20 َ َّ َ ُ َ َ َ َ ‫فوسْ وس لَهما الشٌْطانُ لٌِ ْبدِي لَهما ما وُ وري ع ْنهما مِن‬ َُ َ َ ِ َ َُ َ ُ َّ‫س ْوءاتِهما وقال ما َنهاكما ربكما عنْ هـذه الشجرة إَِل‬ ِ َ َ َّ ِ ِ َ َ َ ُ ُّ َ َ ُ َ َ َ َ َ َ ِ َ َ ُ ُ َ ْ َ ‫أَن َتكو َنا ملَكٌْن أَ ْو َتكو َنا مِن الخالِدٌِن‬ َ ِ َ َ 21 َّ َ ‫وقاسمهما إ ِِّنً لَكما لَمِن الناصِ حٌِن‬ َ َُ َُ َ َ َ َ Sepanjang kehidupan seseornag insan mereka akan melalui pelbagai peringkat kehidupan. lalu menjadilah kamu berdua termasuk orang-orang yang zalim. Ia bermula daripada peringkat pertama. dari kanan dan dari kiri mereka. Allah berfirman: "Keluarlah kamu dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir." Maka syaitan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan syaitan berkata: "Tuhan kamu tidak melarangmu dan mendekati pohon ini. maka .

Firman Allah SWT maksudnya:"Sesiapa berbuat kebajikan seberat zarrah.hendaklah kamu sujud kepadanya."(al-Hijr:29) (b) Alam Rahim Peringkat ini." (al-Zalzalah:7-8) . Dan sesiapa berbuat kejahatan sebesar zarrah. Kebiasaannya diperingkat ini. manusia sudah benar-benar matang dalam membuat sesuatu petimbangan dan keputusan. Tidak ada satu julat umur yang khusus untuk alam ini kerana manusia yang matang akan merasakan ia sudah berada di alam ini setelah mengalami semua proses dan pengalaman hidup. insan itu dilahirkan oleh ibunya sebagai seorang bayi yang suci dan bersih. (g) Alam Barzakh Alam ini juga dikenali sebagai alam kubur. (d) Alam Remaja Bayi membesar menjadi remaja. manusia bergelar janin. Amalan yang baik akan dibalas baik. Mereka masih belum benar-benar matang untuk berhadapan dengan pelbagai godaan dan keseronokan hidup. Disinilah bermula persoalan tentang amalan hidup manusia ketika hidup. ia akan dikenakan azab dan seksa yang amat pedih di dalam kubur. manakala amalan jahat pula akan dibalas dengan azab neraka jahanam. iaitu syurga. Bagi yang beramal solah ia akan mendapat rahmat dan nikmat. (h) Alam Akhirat Dalam alam ini setiap manusia akan dihitung segala amalan baik dan buruk. Manakala bagi yang leka dan lalai semasa di dunia keran sentiasa melakukan kejahatan dan kerosakan. Mereka perlu sentiasa dibimbing dan diberi didikan yang sempurna oleh ibu bapa atau penjaganya. (f) Alam Tua Alam Tua ialah pengakhiran peringkat kehidupan manusia di dunia. nescaya dilihatnya (dalam surat amalnya). (e) Alam Dewasa Secara umum peringkat umur manusia adalah antara 26 hingga 50 tahun. nescaya dilihatnya (dalam surat amalnya). Peringkat remaja ialah umur manusia daripada 13 hingga 25 tahun. Ia akan berada di dalam kandungan ibunya selama sembilan bulan sebelum dilahirkan (akan saya bincangkan dalam catatan akan datang) (c) Alam Bayi Pada peringkat ini.