ASAL MULA NAMA RIAU

Mengenai asal muasal nama kata RIAU (Provinsi Riau) ada beberapa penafsiran : 1. Secara etimologis kata “Riau” berasal dari kata “Rio” (Bahasa Portugis) yang berarti “sungai”. Misalnya Rio de Janairo artinya Sungai Januari. Di pulau Bintan ada sebuah sungai yang bernama Rio, yaitu sungai Rio. Dari kata Rio ini berubah menjadi Riau. Orang Belanda menulis kata Riau ini dengan “Riouw” dan sekarang dikenal tulisan Riouw dengan perkataan Riau saja. 2. Lafalz atau ucapan sehari-hari masyarakat sekitar, seperti Ucapan sehari-hari dalam masyarakat Siak dikenal kata “meriau” yang artinya musim ikan bermain-main, di Kuantan meriau dimaksudkan suatu cara mengumpulkan ikan pada suatu tempat untuk mudah ditangkap dalam jumlah besar. Dari meriau ini berubah menjadi kata Riau. Disamping itu dalam masyarakat Riau Kepulauan, dikenal pula kata “Rioh”. Kata Rioh berarti suara yang ramai di pusat kerajaan Melayu Riau. Pusat kerajaan itu terletak di sebelah hulu sungai Carang yang ramai suaranya karena kesibukan perdagangan yang keluar masuk pusat kota. Pusat perdagangan itu dikenal dengan nama “Bandar Rioh” yang didirikan oleh Sultan Ibrahim Syah (1671-1682) dalam Kemaharajaan Melayu. Bila dihubungkan pengertian Rio yang artinya sungai dengan kata Rioh yang artinya suara yang ramai, terdapat suatu pengertian yang hampir sama. Sungai Riau ini terletak pada arus lalu lintas perdagangan internasional di Selat Malaka. 3. Mungkin berasal dari tokoh Sinbad al-Bahar dalam kitab Alfu Laila Wa Laila (Seribu Satu Malam) yang menyebut riahi, yang berarti air atau laut. 4. Dalam zaman penjajahan Belanda 1905 - 1942 nama riau dipakai untuk nama sebuah keresidenan, yang daerahnya meliputi Kepulauan Riau serta pesisir Timur Sumatera bagian tengah.

Asal Mula Kota Pekanbaru
PUTRI KACA MAYANG Pada zaman dahulu, di tepi sungai Siak berdirilah sebuah kerajaan yang bernama Gasib. Kerajaan Gasib mempunyai panglima yang gagah perkasa dan di segani, Panglima Gimpam namanya. Selama ia menjadi panglima Kerajaan Gasib, tiada satu pun kerajaan lain yang dapat menaklukkannya. Raja Gasib mempunyai seorang puteri tunggal yang amat termasyhur kecantikannya, bernama Putri Kaca Mayang. Namun demikian tak seorangpun berani meminang Putreri Kaca Mayang ini. Semua raja merasa segan kepada Raja Gasib yang terkenal mempunyai panglima Gimpam yang gagah berani itu. Pada suatu hari, Raja Aceh memberanikan dirinya meminang Putri Kaca Mayang. Untuk menyampaikan maksud pinangannya itu, maka diutusnyalah dua orang panglimanya menghadap Raja Gasib. Tapi sayang, pinangan tersebut ditolak oleh Raja Gasib. Dengan perasaan kesal kembalilah kedua utusan itu ke Aceh.

Pada saat prajutit Ace memasuki negeri gasib dan mulai menyerang penduduk. selain tetap berdiri di tempat. maka sampailah prajutit Aceh ke negeri Gasib tanpa melewati penjagaan Panglima Gimpam dan anak buahnya. maka dipersiapkannya pasukan perang kerajaan untuk menghadapi serangan yang mungkin terjadi. Prajurit Aceh telah mempersiapkan diri menyambut kedatangan Panglima Gimpam. yaitu daerah di sekitar muara Sungai Siak. Karena Raja Gasib telah mengenal sifat Raja Aceh. barulah Raja Gasib sadar. Mereka mengetahui bahwa panglima gimpam berada di Kuala Gasib. namun siksaan yang diterimanya membuat penduduk itu terpaksa memberi petunjuk jalan darat menuju ke arah Gasib. Ketika prajurit Aceh telah menyerbu halaman istana. Panglima Gimpam sangat marah dan bersumpah untuk membalas kekalahan kerajaan Gasib serta membawa kembali Puteri Kaca Mayang ke istana. . Semua pengawal yang tidak sempat mengadakan perlawanan telah tewas di ujung rencong Aceh. Tetapi sesampainya Panglima Gimpam di gerbang istana. Raja Gasib tidak menyadari bahwa musuhnya telah memporakporandakan kampung dan penduduknya. telah disiapkan dua ekor gajah yang besar untuk melawan Panglima Gimpam. Maka. Dengan kesaktian dan keberaniannya. namun perintah untuk melawan sudah terlambat. dibawanya kedua gajah yang telah dijinakannaya itu ke istana untuk diserahkan kepada Raja Aceh. Dengan kesaktiannya. Rajah Aceh sangat kecewa dan merasa terhina. Oleh sebab itu pasukan Aceh berusaha mencari jalan lain untuk masuk ke Gasib. dan melihat pasukan Gasib yang sudah bersimbah darah. saat itu juga Panglima Gimpam berangkat ke Aceh untuk menunaikan sumpahnya itu. Dengan melalui jalan darat. Istana dengan mudah dikepung. Sebagai penunjuk jalan. Di pintu istana. tak berapa lama sampailah Panglima Gimpam di Aceh. penduduk itu tak ingin mengkhianati negerinya. dan Raja Gasib tidak dapat berbuat apaapa. Raja Aceh sangat marah dan berniat membalas dendam dengan memerangi Kerajaan Gasib. Panglima Gimbam datang dari Kuala Gasib. Rupanya segala persiapan Kerajaan Gasib diketahui oleh Kerajaan Aceh. prajurit Aceh berhasil melarikan Puteri Kaca Mayang yang cantik jelita itu. Awalnya. Raja Gasib sedang bercengkeramah dengan keluarga istana. Panglima Gimpam memimpin penjagaan di Kuala Gsib. dibujuknya seorang penduduk Gasib yang tahu seluk beluk negeri Gasib. Dalam sekejap.Mendengar laporan kedua utusannya tentang penolakan Raja Gasib. ia melompat ke punggung gajah yang semula disiapkan utuk melawannya itu.

Raja Gasib memutuskan utuk meninggalkan istana dan menyepi ke Gunung Ledang. penyakit Puteri Kaca Mayang semakin parah. Sampai saat ini. tidak membuatnya ingin menikmati kesenangan di atas kesedihan orang lain. Panglima Gimpam pun tidak ingin tinggal di istana ataupun menguasai Kerajaan Gasib. Akhitnya. sekitar 20 km dari kota Pekanbaru . Setelah menerima Puteri Kaca Mayang. Sesampainya di muara Sungai Kuantan. Melihat Puteri Kaca Mayang telah wafat. Raja Gasib sangat sedih dan kesepian. Panglima Gimpam terus berjalan membawa jenazah Puteri Kaca Mayang ke hadapan Raja Gasib. Sifatnya yang setia. Dengan diliputi rasa duka yang mendalam. Panglima Gimpam berangkat meninggalkan Gasib dan membuka sebuah perkampungan baru. makam Panglima gimpam masih dapat kita saksikan di Hulu Sail. Angin yang begitu kencang membuat Puteri susah untuk bernapas. Jenazah Puteri Kaca Mayang segera dimakamkan di Gasib.Raja Aceh sangat terkejut melihat keberanian dan kesaktian Panglima Gimpam menjinakkan gajah yang dipersiapkan untuk membunuh Panglima Gimpam. Dalam perjalanan pulang. Akhirnya Raja Aceh mengaku kesaktian Panglima Gimpam dan diserahkannya kembali Puteri Kaca Mayang kepada Panglima gimpam. Dia pun tidak mau mengambil milik orang lain walupun kesempatan itu ada di depannya. Semakin hari kesedihan Raja Gasib semakin dalam. dan meninggal dunia dalam perjalanan pulang. Sepeninggal Raja Gasib. Panglima Gimpam segera pulang ke Gasib dengan membawa Puteri Kaca Mayang yang sedang sakit. atas kehendaknya sendiri. yang dinamakannya Pekanbaru. Sejak kehilangan puterinya. Puteri Kaca Mayang tidak kuat lagi menahan sakitnya. seisi istana dan penduduk negeri Gsib berkabung. Melaka. Untuk menghilangkan bayangan puteri yang asmat dicintainya itu.

ada komposisi investasi untuk sektor terbuka. beberapa sektor memiliki komposisi yang berbeda. ada persyaratan yang harus terpenuhi sebelum mereka menginvestasikan uang. dan sebagainya. Tapi.Para Membangun Perusahaan Modal Asing ("PMA") di Indonesia Indonesia adalah negara yang situasi ekonomi semakin membaik ini 13 tahun terakhir. Oleh karena itu. situasi ini telah menarik banyak investor dalam dan luar negeri untuk berinvestasi di sektor bisnis di Indonesia. Pertama. Indonesia diyakini bahwa sektor bisnis memiliki kesempatan yang baik bagi investor untuk menginvestasikan uang mereka. Investor asing masih bermain peran penting dalam pendanaan bisnis 'di sini. Ada dua cara bagi investor asing untuk melakukan investasi di Indonesia. terutama dalam proyek besar. bukan sebagai badan hukum- . daftar negatif investasi. Di sini. Saya akan menjelaskan tentang pendirian Perusahaan Modal murni Asing (PMA) di Indonesia. Sebagai negara berkembang. Mengajukan izin sementara untuk Perseroan Terbatas Modal Asing ("PT PMA") melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal ("BKPM"). . hukum Indonesia telah menyediakan beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh investor asing. Negara ini juga salah satu dari PDB tertinggi negara ASEAN. dan melampirkan dokumen-dokumen berikut. persyaratan pendirian PMA adalah: 1. dengan membuat suatu perjanjian usaha patungan dengan perusahaan domestik (perusahaan modal dalam negeri). tinju. dengan membentuk Perusahaan Modal Asing (juga dikenal sebagai Modal Asing Perusahaan: "PMA") menurut hukum Indonesia.surat dari lembaga negara yang relevan atau surat yang diterbitkan oleh perwakilan kantor kedutaan / negara Indonesia-asing untuk investor. Indonesia telah terbukti negara-negara asia dan juga barat lainnya tentang pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan di masa depan. 2. izin dari instansi pemerintah terkait. tentang investasi joint venture di kemudian hari. kita akan melihat daftar negatif investasi pertama sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2010 untuk mengetahui sektor yang terbuka atau tertutup untuk investasi asing. Terlepas dari kekayaan sumber daya. Indonesia juga dikenal sebagai sasaran yang tepat bagi para investor untuk melakukan investasi. seperti di bidang sumber daya alam. Mengajukan permohonan kepada BKPM untuk pendaftaran investasi. Kedua. mereka termasuk status badan hukum perusahaan.salinan paspor yang masih berlaku dari asing pemohon-pemohon sebagai individu. kemudian.

Oleh karena itu. . Hal ini sangat penting untuk mencari regulasi yang relevan dari masalah ini. Saya berharap cakupan ini akan membantu Anda dalam memahami Penanaman Modal Asing di Indonesia. izin untuk melakukan kegiatan investasi di sektor bisnis usaha. . Mengajukan izin prinsip investasi lisensi (Izin jawab Page) dari BKPM. .Bukti penggunaan lahan . Selanjutnya.Kekuatan asli Jaksa dengan cap cukup jika aplikasi tersebut tidak langsung diterapkan oleh para investor. Perusahaan harus memperoleh izin usaha (Izin Usaha) dari BKPM. saya akan menjelaskan tentang investor asing Bersama Mengawali dengan Investor Domestik sebagai cara lain tentang investasi di Indonesia. dan melampirkan dokumen-dokumen berikut.catatan persetujuan / pengesahan dari The Penilaian Dampak Lingkungan (AMDAL). .. .Laporan pemeriksaan proyek yang kegiatan usaha requireafacility bea masuk barang dan bahan. Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL). 3.Rekaman tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Hal tersebut di atas adalah sedikit persyaratan bagi investor asing yang berniat untuk mendirikan perusahaan PMA.salinan Anggaran Dasar dalam bahasa Inggris atau dalam Bahasa Indonesia yang diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah untuk usaha asing / pemohon badan hukum. 4.salinan Pokok Wajib Pajak Nomor (NPWP) baik untuk individu atau bisnis / pemohon badan hukum. .salinan akta pendirian dan perubahannya yang telah disahkan oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia untuk usaha asing / badan hukum.Penerapan pendaftaran sedang ditandatangani di atas materai oleh pemohon atau direktur perusahaan. . para pihak harus diperbarui tentang peraturan pemerintah untuk keamanan investasi mereka. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful