P. 1
Lembar Observasi Guru

Lembar Observasi Guru

|Views: 77|Likes:
Published by Doddi Hermawan

More info:

Published by: Doddi Hermawan on Aug 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2012

pdf

text

original

LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN

Sekolah Guru yang di observasi Tanggal observasi Kelas/Semester Mata Pelajaran Standar Kompetensi

: SMP NEGERI 3 SEMARANG : Dra. Herdiyanti : : VIII/2 : IPA-Fisika : 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.

Kompetensi Dasar

: 6.4 Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berilah penilaian dengan memberikan tanda cek (√) pada kolom yang sesuai! SKOR NO AKTIVITAS GURU 1 1. 2. Pendahuluan Tahap I Pembentukan Konsep Fase 1 : Mengidentifikasi data yang relevan dengan permasalahan Fase 2 : Mengelompokkan data atas dasar kesamaan karakteristik Fase 3 : Membuat kategori serta memberi label pada kelompok-kelompok data yang memiliki kesamaan karakteristik 3. Tahap II Interpretasi Data Fase 4 : Mengidentifikasi hubungan antar variable 2 3 4 5

Penutup JUMLAH SKOR PERSENTASE (%) Observer.Fase 5 : Menjelaskan hubungan antar variable Fase 6 : Menyimpulkan 4. Tahap III Pembelajaran Prinsip Fase 7 : Membuat prediksi atau hipotesis Fase 8 : Menjelaskan prediksi atau hipotesis Fase 9 : Menguji prediksi 5. ……………………… .

Cara penilaian 3.5 62.5 37. (1) Sangat kurang. Pendahuluan 5) Guru memberikan pendahuluan dengan sangat lengkap sebelum pembelajaran 4) 3) 2) 1) Guru memberikan pendahuluan dengan lengkap sebelum pembelajaran Guru memberikan pendahuluan sebelum pembelajaran Guru kurang memberikan pendahuluan sebelum pembelajaran Guru tidak memberikan pendahuluan sebelum pembelajaran 2. Kriteria penilaian Persentase 0. Untuk setiap aspek yang diamati berilah skor : (5) Sangat baik.Keterangan Penilaian: 1.6 – 62. (4) Baik.5 87.0 – 37.0 – 24.9 25. Fase 1 : Mengidentifikasi data yang relevan dengan permasalahan 5) Guru mengidentifikasi data yang relevan dengan permasalahan yang sangat tepat 4) Guru mengidentifikasi data yang relevan dengan permasalahan yang tepat 3) 2) 1) Guru mengidentifikasi data yang relevan dengan permasalahan Guru kurang mengidentifikasi data yang relevan dengan permasalahan Guru tidak mengidentifikasi data yang relevan dengan permasalahan . (2) Kurang. (3) Sedang. 2.6 – 87.6 – 100 Kategori Sangat Kurang Kurang Sedang Baik Sangat Baik Kriteria Pengamatan : 1.

Fase 3 : Membuat kategori serta memberi label pada kelompok-kelompok data yang memiliki kesamaan karakteristik 5) Guru sangat baik membuat kategori serta memberi label pada kelompok-kelompok data yang memiliki kesamaan karakteristik 4) Guru baik membuat kategori serta memberi label pada kelompokkelompok data yang memiliki kesamaan karakteristik 3) Guru membuat kategori serta memberi label pada kelompok-kelompok data yang memiliki kesamaan karakteristik 2) Guru kurang membuat kategori serta memberi label pada kelompokkelompok data yang memiliki kesamaan karakteristik 1) Guru tidak membuat kategori serta tidak memberi label pada kelompok-kelompok data yang memiliki kesamaan karakteristik 5. Fase 4 : Mengidentifikasi hubungan antar variable 5) 4) 3) 2) 1) Guru sangat baik dalam mengidentifikasi hubungan antar variable Guru baik dalam mengidentifikasi hubungan antar variable Guru bisa mengidentifikasi hubungan antar variable Guru kurang baik dalam mengidentifikasi hubungan antar variable Guru tidak baik dalam mengidentifikasi hubungan antar variable 6. Fase 2 : Mengelompokkan data atas dasar kesamaan karakteristik 5) Guru sangat bisa mengelompokkan data atas dasar kesamaan karakteristik 4) 3) 2) Guru bisa mengelompokkan data atas dasar kesamaan karakteristik Guru mengelompokkan data atas dasar kesamaan karakteristik Guru kurang bisa mengelompokkan data atas dasar kesamaan karakteristik 1) Guru tidak bisa mengelompokkan data atas dasar kesamaan karakteristik 4. Fase 5 : Menjelaskan hubungan antar variable 5) 4) Guru sangat mampu menjelaskan hubungan antar variable dengan baik Guru baik dalam menjelaskan hubungan antar variable .yang tidak tepat 3.

Fase 7 : Membuat prediksi atau hipotesis 5) 4) 3) 2) 1) Guru sangat baik dalam membuat prediksi atau hipotesis Guru baik dalam membuat prediksi atau hipotesis Guru cukup baik membuat prediksi atau hipotesis Guru kurang baik dalam membuat prediksi atau hipotesis Guru tidak baik dalam membuat prediksi atau hipotesis 9.3) 2) 1) Guru mampu menjelaskan hubungan antar variable Guru kurang baik dalam menjelaskan hubungan antar variable Guru tidak baik dalam menjelaskan hubungan antar variable 7. Fase 9 : Menguji prediksi 5) 4) 3) 2) 1) Guru sangat baik dalam menguji prediksi Guru baik dalam menguji prediksi Guru cukup baik menguji prediksi Guru kurang baik dalam menguji prediksi Guru tidak baik dalam menguji prediksi 11. Fase 8 : Menjelaskan prediksi atau hipotesis 5) 4) 3) 2) 1) Guru sangat baik dalam menjelaskan prediksi atau hipotesis Guru baik dalam menjelaskan prediksi atau hipotesis Guru cukup baik menjelaskan prediksi atau hipotesis Guru kurang baik dalam menjelaskan prediksi atau hipotesis Guru tidak baik dalam menjelaskan prediksi atau hipotesis 10. Fase 6 : Menyimpulkan 5) 4) 3) 2) 1) Guru sangat baik dalam menyimpulkan Guru baik dalam menyimpulkan Guru cukup baik dalam menyimpulkan Guru kurang baik dalam menyimpulkan Guru tidak baik dalam menyimpulkan 8. Penutup 5) 4) 3) Guru sangat baik dalam memberikan penutup pembelajaran Guru baik dalam memberikan penutup pembelajaran Guru cukup baik memberikan penutup pembelajaran .

2) 1) Guru kurang baik dalam memberikan penutup pembelajaran Guru tidak baik dalam memberikan penutup pembelajaran .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->