Peran Indonesia Dalam Era Globalosasi

-Peran Indonesia dalam era globalosasi

= Negara Indonesia memiliki peran pada era globalisasi sekarang ini. Hal ini terlihat dari ikut sertanya negara Indonesia dalam melakukan kerja sama internasional dengan negara-negara lain. Kehidupan negara seperti halnya kehidupan manusia, selalu membutuhkan bantuan orang lain. Mengapa demikian? Karena baik negara maupun manusia tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri.

-Peran Indonesia dalam ekonomi internasional
= Semakin berkembangnya perekonomian suatu negara, semakin banyak pula kebutuhan masyarakatnya. Adakalanya setiap barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat tidak dapat dipenuhi atau diproduksi sendiri oleh negara tersebut. Oleh sebab itu, hubungan kerja sama ekonomi antarnegara sangatlah penting.

-Sejarah kenampakan alam
=

-Penyebab dan bentuk bencana alam
= A. 1. Bencana alam geologis Bencana alam ini disebabkan oleh gaya-gaya yang berasal dari dalam bumi (gaya endogen). Yang termasuk dalam bencana alam geologis adalah gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami. 2. Bencana alam klimatologis Bencana alam klimatologis merupakan bencana alam yang disebabkan oleh faktor angin dan hujan. Contoh bencana alam klimatologis adalah banjir, badai, banjir bandang, angin putting beliung, kekeringan, dan kebakaran alami hutan (bukan oleh manusia). Gerakan tanah (longsor) termasuk juga bencana alam, walaupun pemicu utamanya adalah faktor klimatologis (hujan), tetapi gejala awalnya dimulai dari kondisi geologis (jenis dan karakteristik tanah serta batuan dan sebagainya). 3. Bencana alam ekstra-terestrial Bencana alam Ekstra-Terestrial adalah bencana alam yang terjadi di luar angkasa, contoh : hantaman/impact meteor. Bila hantaman benda-benda langit mengenai permukaan bumi maka akan menimbulkan bencana alam yang dahsyat bagi penduduk bumi. B. - Alam - Perbuatan manusia

-Manfaat sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
= A. Minyak bumi, gas alam dan batu bara untuk bahan bakar. B. Barang tambang logam. Barang tambanng logam dimanfaatkan untuk : 1). Emas dan perak untuk perhiasan. 2). Alumunium untuk peralata dapur, pembungkus makanan, dan badan pesawat terbang. 3). Besi untuk tiang bangunan, pagar rumah dan lain-lain. 4). Tembaga untuk bahan kawat dan kabel. 5). Nikel untuk membuat bahan campuran logam. 6). Perunggu untuk membuat patung.

4). renin. Di mana sumber energi yang diubah oleh klorofil menjadi energi kimia dan disimpan dalam bentuk ATP (Adenosina trifosfat). rongga mulut memiliki lebih dari 600 kelenjar liur minor dengan diameter masing-masing 1 hingga 2 mm. •Glandula liur minor: tersebar di rongga mulut. . -Proses fotosintesis pada tumbuhan = Proses Fotosintesis Fotosintesis berlangsung melalui dua tahap. B. Barang tambang non logam Barang tambang non logam dimanfaatkan untuk : 1). yaitu melalui rekasi terang dan reaksi gelap. Pepsinogen yang diaktifkan oleh asam lambung merupakan cikal bakal enzim pepsin. •Glandula submandibularis: terletak di bawah rahang dan bermuara di dekat pangkal lidah. Klorofil berfungsi sebagai pengantar energi cahaya menjadi kimia. Gipsum untuk bahan cat tembok. Kelenjar ini menghasilkan lebih dari 70 persen saliva. dan HCl atau asam klorida. 3). Kelenjar ludah menghasilkan mukus dan enzim amilase saliva (ptialin). seperti pepsin. •Glandula subligualis: terletak di bawah lidah kita. Aspal untuk pengeras jalan. 5). Asam lambung juga dipengaruhi oleh hormon gastrin yang keluar melalui dinding-dinding lambung. Kelenjar Ludah Kelenjar ludah adalah kelenjar pencernaan pertama yang dijumpai ketika makanan masuk ke dalam rongga mulut. Belerang untuk bahan obat-obatan. Intan untuk perhiasan. Cahaya matahari dibutuhkan sebagai sumber energi dalam reaksi terang. Menurut letaknya. -Fungsi kelenjar pencernaan pada manusia = A. -Macam macam jaringan pengangkut pada tumbuhan = Jaringan pengangkut pada tumbuhan terdiri dari xilem dan floem. Glandula parotis bermuara di dekat gigi molar bagian atas yang kedua. kelenjar ludah terdiri atas empat pasang. Kelenjar Lambung Kelenjar lambung menghasilkan beberapa enzim. Asbes untuk atap rumah. Dalam pembentukan glukosa ini diperlukan ATP yang dihasilkan melalui proses terang. dan terjadi pada bagian stroma pada kloroplas. 6). Sedangkan pada reaksi gelap terjadi pengikatan karbondioksida oleh daun. Pada reaksi ini tidak dibutuhkan sinar matahari. 2). Pada reaksi terang terjadi penguraian air pada klorofil dari cahaya matahari dan disebut fotolisis. Muara kelenjar ini berada di dekat pangkal lidah.C. Grafit dan karbon untuk membuat pencil. Menurut penelitian. Keluarnya asam lambung dipengaruhi oleh gerak refleks yang timbul ketika masuknya makanan ke dalam lambung. Kemudian karbon Dioksida tersebut diubah menjadi glukosa. •Glandula parotis: merupakan kelenjar yang terletak di bawah telinga.

menggelembungnya paru-paru akibat perluasan alveolus berlebihan. -Asfiksi. -Hati mampu menyimpan cadangan lemak. gangguan pengangkutan dan penggunaan oksigen oleh jaringan akibat tenggelam. erepsin (peptidase). penyempitan saluran napas karena pembengkakan kelenjar limfa (polip). Kelenjar dalam Usus Halus Enzim yang dihasilkan. amilase. akibat peningkatan kadar asam karbonat dan asam bikarbonat dalam darah -Wajah adenoid (wajah bodoh). penyempitan saluran napas akibat otot polos pembentuk dinding saluran terus berkontraksi. glikogen. pembengkakan di tekak (amandel). Keluarnya enzim dari pankreas bergantung pada aktivitas hormon sekretin yang dihasilkan oleh usus dua belas jari (duodenum) pada saat makanan masuk ke dalamnya. vitamin A. -Hati mampu menghasilkan enzim arginase yang mengubah arginina menjadi ornitina dan urea sehingga menetralisasi racun di dalam tubuh. pneumonia. di antaranya protease. E. radang faring •pleuritis. vitamin B12. penyumbatan faring/laring oleh lendir akibat infeksi bakteri Corynebacterium diphteriae -Emfisema. nuklease. dan lipase. Pankreas Kelenjar pankreas berada di antara lambung (ventrikulus) dan usus halus. -Pneumonia. radang paru-paru akibat infeksi bakteri Diplococcus pneumonia. dan albumin. vitamin D. D. -Hati menghasilkan empedu sebagai kelenjar eksokrin. -Tuberculosis (TBC). di antaranya sebagai berikut. -Kelainan pada sistem pernafasan manusia = -Asma/sesak napas.C. -Hepar bertugas mensintesis protein dari cairan darah dan mampu menjadi bengkel sel darah merah yang rusak atau mati. radang selaput paru-paru •renitis. maltase. dan lipase. -Peradangan pada sistem pernapasan : •bronchitis. laktase. radang laring •faringitis. Kelenjar Hati Hati atau hepar adalah kelenjar paling besar di dalam tubuh manusia. disebabkan alergi atau kekurangan hormon adrenalin. -Asidosis. radang rongga hidung •sinusitis. penyakit paru-paru akibat infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosa. •laringitis. radang pada bagian atas rongga hidung (sinus) -Perbedaan sistem otot dan kerangka sebagai sistem gerak pada manusia . nuklease. antara lain enterokinase. Hormon enterokrinin yang dihasilkan oleh duodenum mempengaruhi keluarnya enzim-enzim tersebut sehingga mempermudah penyerapan sari-sari makanan. sukrase. Fungsi hepar sebagai kelenjar. Pankreas menghasilkan beberapa enzim pencernaan makanan. -Fungsi utama hati biasanya dikaitkan dengan detoksifikasi zat-zat beracun di dalam pencernaan. radang bronkhus. -Difteri. keracunan CO.

Massa tidak dipengaruhi gravitasi. B. Alat Ukur Massa Dalam kehidupan sehari-hari. tetapi dalam tinjauan fisika kedua besaran tersebut berbeda.01 cm). Fungsi kerangka: 1. kontraktibilitas: kemampuan untuk berkontraksi / memendek 2. 2. 3. Tempat pembentukan sel darh merah dan sel darah putih 5. biasanya digunakan oleh para teknisi mesin. Elastisitas: kemampuan otot untuk kembali pada ukuran semula setelah berkontraksi. 3. untuk pengukuran semacam ini kita bisa menggunakan jangka sorong. tetapi massanya tetap sama dengan di Bumi. Tempat melekatnya otot-otot 4. waktu siang adalah sejak . kulit dan rambut setelah mendapat rangsangan. Fungsi sistem otot: Sebagaui alat gerak. Untuk menggerakan tubuh serta menentukan bentuk tubuh. terutama pada saat penggantian komponen mesin yang mengalami keausan. Misalnya. dll. Alat Ukur Waktu Waktu adalah selang antara dua kejadian/peristiwa.1 mm (0.05 cm). menyimpan glikogen dan menentukan postur tubuh. otot jantung dan otot rangka. Skala terkecil dari mistar adalah 1 mm (0. Terdiri atas otot polos. berat diukur dengan neraca pegas. Melindungi alat-alat tubuh yang penting dan lemah.= A. Alat Ukur Panjang •Mistar Alat ukur panjang yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah mistar.001 mm. Ekstensibilitas: kemampuan untuk melakukan gerakan kebalikan dari gerakan yang ditimbulkan saat kontraksi 3. Otot memiliki tiga kemampuan khusus yaitu : 1. satuan SI untuk berat adalah newton (N). Otot merupakan alat gerak aktif yang mampu menggerakkan tulang. massa sering diartikan sebagai berat. sedangkan bera dipengaruhi oleh gravitasi. karena gravitasi Bulan lebih kecil dibanding gravitasi Bumi.5 mm (0. •Mikrometer Skrup Alat ukur panjang yang paling teliti adalah mikrometer sekrup yang memiliki ketelitian 0. Seorang astronot ketika berada di Bulan beratnya berkurang. 2. •Jangka Sorong Dalam praktiknya. Bila satuan SI untuk massa adalah kilogram (kg).1 cm) dan ketelitiannya setengah skala terkecil 0. Massa diukur dengan neraca lengan. misalnya otak. Saat kembali pada ukuran semula otot disebut dalam keadaan relaksasi. Alat gerak pasif -Contoh alat ukur yang sesuai dengan besaran yang diukur = 1. jantung. mengukur panjang kadang-kadang memerlukan alat ukur yang mampu membaca hasil ukur sampai ketelitian 0.

waktu hidup adalah sejak dilahirkan hingga meninggal. Jadi. -Sifat Sifat cahaya = 1. . Cahaya dapat dipantulkan. akan membeku. Pemanasan Ketika memasak air. a. tahun. telah dibuat alat-alat pengukur waktu. Pemantulan teratur yaitu jika sinar datarng jatuh b. 3. waktu dinyatakan dalam satuan-satuan yang lebih besar. Penantulan tidak teratur -Konsep kelistrikan dan kemagnetan = -Jenis jenis gaya = 1. Setelah itu. Pendinginan Air yang dimasukkan ke dalam ruang pembeku (freezer) dalam lemari es. abad dan lain lain. Pembakaran Kertas yang dibakar menjadi hancur dan berubah warna menjadi hitam. Cahaya dapat dibiaskan 4. Air tersebut berubah men jadi es batu. yaitu hancur dan warnanya berubah.g 2. Ketika mendidih. Gaya normal didefinisikan sebagai gaya tekan yang bekerja pada bidang sentuh antara dua permukaan yang bersentuhan dan arahnya selalu tegak lurus bidang sentuh. Salah satu sifat air jika didinginkan sampai suhu nol derajat celsius lama kelamaan suhunya akan menurun. 2. Untuk keperluan sehari-hari. bulan.matahari terbit hingga matahari tenggelam. Semua benda yang dibakar akan mengeluarkan bau kurang enak. -Penyebab perubahan sifat benda = 1. untuk kejadian-kejadian yang cepat sekali bisa digunakan satuan milisekon (ms) dan mikrosekon (μs). serta mengeluarkan bau. Secara matematis : w = m. Gaya Normal (Normal Force) (N) Gaya normal terjadi jika suatu benda bersentuhan dengan benda lain. suhunya akan meningkat atau panas. benda yang dibakar akan mengalami perubahan sifat benda. Sampah plastik yang dibakar juga akan berubah sifatnya. air tersebut mengalami peningkatan suhu. misalnya stopwatch dan jam tangan. uap air akan keluar dari panci. Gaya berat / gaya gravitasi (weight) (w) Gaya berat terjadi jika benda memiliki massa dan berada pada daerah yang masih memiliki percepatan gravitasi ( medan gravitasi). Cahaya merambat lurus 2. Salah satu sifat air adalah jika air dipanaskan. hari. jam. Cahaya menembus benda bening 3. misalnya: menit. Untuk peristiwa-peristiwa yang selang terjadinya cukup lama. Air yang asalnya dingin berubah menjadi panas. air mendidih. Sedangkan.

Planet Dalam (inner planets) adalah planet-planet yang orbitnya di sebelah dalam sabuk asteroid. Gaya tegangan tali (tension) (T) Gaya tegangan tali (T) terjadi jika benda dihubungkan dengan tali. -Contoh peritiwa memuai = contoh pemuaian seperti bertambah panjang besi yang dipanaskan. Gaya kontak (contact force) (R) Gaya kontak terjadi bila dua benda bersentuhan dan hampir mirip dengan gaya normal. gaya gesekan kinetik (fk) terjadi saat benda sudah bergerak. Yaitu Planet Inferior dan Superior. Saat itu. TEORY BINTANG . Yaitu Yupiter. yaitu cair. Venus. Diantaranya ada 5 hal atau 5 teori tentang terbentuknya tata surya.kalor dapat mengubah wujud suatu benda. dan gas serta dapat mengalami perubahanyang dipengaruhi suhu. Saturnus.3. Gaya gesekan (friction force) (f) Gaya gesekan terjadi jika dua benda saling bersentuhan dan permukaan benda kasar. 4. Ada 2 jenis gaya gesekan : 1. Yaitu Merkurius. Uranus dan neptunus. Planet Jovian adalah planet-planet yang berukuran besar dengan komposisi penyusunannya es dan gas hidrogen (mirip Yupiter). Uranus & Neptunus. Berdasarkan ukuran dan komposisi bahan penyusun. Bumi dan Mars. Gaya kontak merupakan pasangan aksi-reaksi. Berdasarkan Bumi sebagai pembatas. TEORY PLANETESIMAL. Yaitu Merkurius dan Venus. Planet Superior adalah Planet-planet yang orbitnya berada di luar orbit bumi. Yaitu Yupiter. Uranus dan Neptunus. gaya gesekan statis (fs) terjadi saat benda masih belum bergerak atau benda tepat akan bergerak. Planet Inferior adalah Planet-planet yang orbitnya terletak di antara orbit bumi dan matahari. sebagai pembatas. -Proses terjadinya tata surya = Ada beberapa teori tentang terbentuknya tata surya. Planet Luar (outer planets) adalah planet-planet yang orbitnya di sebelah luar sabuk asteroid. 5. balon yang pecah akibat kepanasan -Mengelompokan planet-planet = 1. Saturnus. Yupiter. -Peran kalor mengubah suhu benda = zat terdiri atas tigawujud. Yaitu Planet Terrestrial (planet kebumian) dan Planet Jovian (planet raksasa). 2. 3. terjadi aliran energi berupa kalor. Yaitu Merkurius. Yaitu Planet Dalam dan Planet Luar. 2. padat. Planet Terrestrial adalah planet yang berupa batuan (mirip bumi). Jadi.Berdasarkan Sabuk Asteroid (terletak antara Mars dan Yupiter). Venus. antara lain : TEORI KABUT. Saturnus. Bumi dan Mars. Yaitu Mars.

. TEORY PASANG SURUT.KEMBAR. TEORI BIGBANG. TEORY AWAN DEBU(PROTO PLANET).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful