P. 1
Reproduksi Virus

Reproduksi Virus

|Views: 122|Likes:
Published by Virgiana Maulidya

More info:

Published by: Virgiana Maulidya on Aug 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2012

pdf

text

original

Virus berkembangbiak atau memperbanyak “dirinya” dengan cara DNA atau RNA nya melakukan replikasi atau penggandaan

. Pada prinsipnya, reproduksi virus terjadi melalui dua daur yaitu daur Litik dan daur Lisogenik. Berikut akan diuraikan secara singkat tahapan-tahapan dari masing-masing daur tersebut.

Daur Litik
Ciri khas dari daur ini adalah, ketika virus telah berhasil melakukan replikasi dan membentuk “anak-anak” virus. Maka “anak-anak” tersebut akan keluar dari sel inang dengan cara menghancurkan ( melisiskan ) dinding sel dan atau membran sel dari sel inangnya. Adapun tahapan-tahapan pokoknya adalah sbb : 1. Absorbsi Pada fase ini, tubuh akan virus melekat pada bagian tertentu di dinding sel/membran sel inang. Daerah tersebut disebut daerah reseptor. 2. Penetrasi (injeksi) Pada fase ini virus akan merusak dinding sel bakteri dan memasukkan DNA / RNA nya ke dalam sitoplasma sel inang 3. Eklifase (replikasi) dan sintesis Pada fase ini DNA/RNA virus akan mengambil alih fungsi DNA sel inang. Selanjutnya DNA/RNA virus akan melakukan replikasi. Sedangkan pada tahap sintesis, DNA/RNA tersebut akan membentuk selubung-selubung kapsid. 4. Perakitan DNA/RNA hasil replikasi dan protein hasil sintesis dan protein hasil sintesis dirakit menjadi virus-virus baru. 5. Lisis setelah “dewasa” virus-virus tersebut keluar dari dalam sel inang dengan cara menghancurkan / melisiskan dinding sel dan atau membran sel inang ( sehingga sel inang hancur / rusak ). Setelah itu viru-virus baru tersebut akan “mencari” sel-sel lainnya yang masih hidup sebagai inang untuk melakukan reproduksi berikutnya.

Penyisipan atau Penggabungan Pada fase ini. 4. Penetrasi ( Injeksi ) Pada fase ini virus akan merusak dinding sel bakteri dan memasukkan DNA / RNA nya ke dalam sitoplasma sel inang 3. Pembelahan Ketika sel inang berkembang biak dengan cara membelah diri maka secara otomatis DNA virus yang telah bergabung dengan DNA sel inang akan ikut mengalami replikasi ketika DNA sel inang melakukan replikasi. Absorbsi Tubuh virus melekat pada dinding sel/membrane sel inang 2. yaitu gabungan antara DNA sel inang dengan DNA virus. Pengaktifan ini mengakibatkan siklus litik.Daur Lisogenik Ciri khas daur ini adalah terbentuknya Profage. Pada tahapan ini akan terbentuk profage-profage baru. . Bakteri Lisogenik dapat diinduksi untuk mengaktifkan profagnya. DNA/RNA virus akan menyisip/bergabung dengan DNA sel inang membentuk profage. Tahap-tahap daur lisogenik adalah sebagai berikut : 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->