P. 1
Ciri Khusus Hewan Dan Tumbuhan

Ciri Khusus Hewan Dan Tumbuhan

|Views: 277|Likes:
Published by Jang Empires

More info:

Published by: Jang Empires on Aug 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/04/2014

pdf

text

original

CIRI KHUSUS HEWAN DAN TUMBUHAN

1. Kelelawar

      

Merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang Jenisnya terdiri atas : kelelawar buah ( pemakan buah ), kelelawar ikan ( pemakan ikan),dan kelelawar vampire ( penghisap darah ) Hidup di gua yang lembab dan gelap Mencari makan pada waktu malam hari. Memiliki daya dengar yang tajam Memiliki kemampuan ekolokasi yaitu menggunakan gelombang bunyi untuk mengetahui posisi mangsanya Pada saat terbang kelelawar mengeluarkan bunyi berfrekuensi tinggi yang jika mengenai benda akan menimbulkan pantulan. Pantulan bunyi ini ditangkap oleh telinga kelelawar sehingga dapat mengetahui ukuran , jarak , dan arah benda pada waktu singkat

2. Cecak atau tokek

  

Dapat merayap di dinding . Pada telapak tangannya kakinya terdapat struktur lapisan yang bersifat lengket dan tampak seperti guratan-guratan yang berfungsi sebagai alat pelekat. Untuk mempertahankan diri dari musuh,cicak memutuskan ekornya dengan tujuan untuk mengelabui musuhnya . ekor cicak tersebut dapat tumbuh kembali

. Ikan lele dan serowot       Hidup di air tawar Tidak mengandalkan mata untuk mencari makan yang tersembunyi di dasar sungai yang berlumpur dan gelap Mengandalkan kumis ( misai ) yang merupakan indra khusus Misai berbentuk embelan panjang pada bibir bawah dan bibir atas ikan Misai memiliki kuncup pengecap Ketika berenang di air.ikan lele dan serowot menyapu dasar sungai dengan misalnya untuk mengenali rasa binatang di dekatnya 4. Memiliki mata yang dapat berputar dan dapat melihat ke segala arah Memiliki kaki yang dapat mencengkram seperti tangan agar dapat menggenggam dengan kuat. Bunglon      Dapat mengubah warna tubuhnya sebagaitanggapan terhadap suhu dan cahaya di sekitarnya Kemampuan untuk menyamar membantu bunglon untuk menangkap mangsanya dan menghindari pandangan musuh Memiliki lidah panjang dan lengket untuk menangkap mangsanya dan membawanya ke rahang.3.

Memiliki katup kecil pada bagian dalam pembuluh darah di kepalanya sehingga saaat ketinggian kepala jerapah berubah. Jerapah    Memiliki leher yang pan jang sehingga memungkinkan untuk memakan tunas dan daun muda. Laba – laba     Kebanyakan memiliki penglihatan ayng buruk Membuat jaring untuk mengankap mangsa Jaring terbuat dari bahan yang berasal dari organ kusus dalam abdomen ( perut ) yang di sebut alat antih Mjengandalkan indra peraba pada kakinya untuk memeriksa apakah terdapat mangsa dalam jaringnya 6. Dapat minum dengan menundukan kepalanya.5. katup tersebut dapat mencegah tekanan darah yang tinggi naik ke kepala .

Ekor berfungsi sebagai alat keseimbangan dan kemudi .7. Memiliki ekor yang berumbai dan hampir sama dengan badannya. 8. chestnut. dan buah cemara. Tupai        Memakan buah berkulit keras seperti buah kenari .hazelnut. Dapat melompat di air untuk menyergap serangga yang hinggap di daun atau dahan yang menggantung di atas air . Ikan penyumpit     Hidup di perairan pantai serta air tawar dari india hingga Australia Menyerang mangsa yang berada diatas air tempat tinggalnya Mampu menyemprotkan air ke udara untuk menjatuhkan serangga yang hinggap di daun atau dahan yang menggantung diatas air. sehingga memudahkan tupaui melompat dari satu pohon ke pohon lain Dapat melompat dari ujung dahan sejauh 4 meter Pada saat melompat kaki depan dan belakang di renggangkan dan melayang serta ekor dipipihkan Dapat jatuh bebas dari ketinggian 9 meter dan mendarat dengan mulus di atas empat kakinya Memiliki mata yang jeli untyuk memperkirakan jarak dan tepat.

9. sehingga burung hantu dapat melihat walau cahaya sedikit Ketika berburu burung hantu mengeluarkan suara sehingga membuat takut mangsanya. Gerakan mangsa yang ketakutan terdengar oleh burung hantusehingga dapat menemukan letak mangsanya. Burung hantu      Mencari mangsa pada malam hari dan tidur pada waktu siang hari Menggunakan mata dan telinga yang tajam untuk menangkap mangsanya. susu paus bukan berbentuk cair tetapi padatan yang sangat berlemak Paus betina menyemprotkan susu ke dalam mulut . Memiliki lapisan lemak yang tebalnya sekitar 50 cm yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap 34C – 37C Mata paus ditutupi lapisan berminyak untuk melindungi dari berbagai efek yang membahayakan dari laut Peu tergolong binatang menyusui . . Ikan paus      Tulang paus berupa bahan rongga berisi minyak sehingga dapat mengapung di permukaan air. Dapat dengan cepat memusatkan bola mata dalam kegelapan Pupil mata dapat menyerap cahaya yang ada di malam hari . susu masuk kedalam mulut dan terlarut dalam bayi paus. 10.

di Malaysia(dan sebagian di Indonesia)sigung juga di kenal sebagai teludu.6 kg Sigung merupakan binatang penyendiri yang beraktifitas di malam hari (nokturanal) . warna putih berada ditengah bagian tubuh.sunda stink badger.3-.ular.katak. sigung mempunyai panjang mencapai 50 cm dengan berat badan berkisar antara 1. Sigung Indonesia dikenal sebagai spesies mydaus javanensis. Bau ini berfungsi untuk pertahanan diri terhadapt predator. pada siang hari binatang ini lebih banyak bersembunyi di dalam terowongan .midaus.mephitis. mamalia seperti musang yang berbulu indah yang bebrbulu indah namun mempunyai kemampuan mengeluarkan bau busuk sebagai alat pertahanan dirinya terhadap predator. Warna bulu sigung di dominasi coklat tua atau hitam dengan belang putih .sedangkan untuk spesies sigung Indonesia (mydeus javanensis) biasa disebut sebagai indonesi stink badger .4.tikus. Sigung (mydaus javanensis)merupakan bintang omnivore yang mempunyai makanan kesukaan antara lain serangga. sigung mempunyai habitat di hutan hutan sekunder hingga pada ketinggian 2000mdpl. yaitu dari tengah bagian atas kepala hingga ekor .dan telur sigung juga memakan buah buahan .menaikan ekornya dan akan menjejak-jejakan cakar depannya di tanah jika musuh atau predator tidak segera pergi.burung. Sigung dalam bahasa inggris dikenal sebagai skunk. cacingtanah. dan Kalimantan ( Indonesia dan Malaysia ) dan spesiesmydaus marchei yagn terdapat yang terdapat di Filipina sedangkan 8 spesies lainnya menghuni benua amerika.malay badger. Sigung Indonesia (mydaus javanensis )memiliki moncong panjang dan berbulu panjang dan lebat.jamur dan dedaunan Yang paling khas dari sigung adalah kemampuannya mengeluarkan gas yang berbau menyengat dan busuk dari kelenjar khusus yang terdapat di dekat anusnya .sigung akan melengkungkan . Sigung yang merasa ter pojok akan megnancam lawan atau predator dengan cara menundukan kepalanya . Namun sebenarnya sigung merupakan kelompok mamaluia dan family mephitidae yang terdiri atas 10 spesies dari empat genus yaitu conepatus. dan spilogale.akar. Sumatra .Malayan stink badger.methyl and butyl thiols. kelenjar ini menghasilkan bau yang mengandung sulfur (belerang ). Genus mydaus saja terdapat dua spesies yaitu mydaus javanensis yang terdapat di jawa. Sigung ( teledu )/ skunk         Sigung atau teledu .17.

tulang pergrlabngan kakai yang bersatu.ke atas . Anjing        Anjing adalah mamalia yang telah mengalami domestikasi dari serigala. di eropa banyak yang memelihara sigung sebagai bintang peliharaan namun mesti hati hati. Anjing memiliki hamper 220 juta sel penciuman yang sensitive terhadap bau Anjing dapat mengeluarkan zat yang tidak diinginkan dari perut dengan cara memuntahkannya . Anjing adalah omnivore ( pemakan daging dan tumbuhan ) namun lebih dominan sebagai pemakan daging.  tubuhnya menyerupai hurup “u” dengan kepada dan dubur menghadap ke lawannya .ke kiri . system kardiovaskuler yang mendukung ketahan fisik serta kecepatan berlari Secara teknis anjing bejalan bejingkat dengan jari jari kaki Anjing juga bisa mendengar suara frekuensi rendah 16 Hz hingga 70 Khz.memiliki gigi tajam dan rahang yang kuat untuk menyerang .6 meter yang arahnya bisa kekanan .atau lurus . karena tidak semua dapat di pelihara . 18. mampu menentukan sumber suara lebih cepat dari manusia sekaligus bisa mendengar suara yang sumbernya empat kali lebih jauh yang di dengar manusia. dan menyemburlah bau yang sangat busuk Semburan sigung (mydaus javanensis)sangan kuat sehingga isa mencapai jarak 3.bau inisangat kuat ayng mampu menyebabkan iritasi atau kebutaan Sigung (mydaus javanensis) meskipun tidak di ketahui populasinya dengan pasti namun oleh IUNCN Redlist dikatagiorikan sebagai resiko rendah (least cancern) .hanya sigung yang genus mephitis yang didapatkan dari Negara Negara di amerika saja yang boleh dipelihara kerena spesies – spesies lainnya di Negara lain termasuk dari mydaus javanensis Indonesia dilindungi. dan men cabik – cabik makanan Memiliki otot yang kuat . menggigit.

Kebanyakan kadal bertelur ( oviparm ) meskipun ada pula ayng melahirkan ( vivipar). Beberapa spesies kadal tak berkaki . seperti ular kaca misalnya . Meski kebanyakan hidup di daratan. Kadal termasuk hewan beradarah dingin ( itu sebabnya kadal kerap berjemur ) dan mempunyai sisik sisik yang halus berkilauan terkesan licin atau seprti berminyak.walaupun sebenarnya sisik sisik itu amat kering karena kadal tidak memiliki pori pori dikulitnya untuk menguluarkan keringan atau minyak. Domba   Domba atau biri biri ( ovis ) adalah ruminansia dengan rambt tebal dan dikenal orang banyak karena dipelihara untuk di manfaatkan rambut ( disebut wol) daging. dapat bergantu warna sesuai kondisi lingkungan atau suasana hati. Kadal kadal tertentu. Kadal        Kadal dalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk kelompok reptile Mempunyai lubang telinga luar dan pelupuk mata yang dapat dibuka tutup. memiliki struktur gelangan bahu dan panggul dalam tubuhnyanya meski tak ada tungkainya. misalnya bugnlon .umumnya kadal dapat menumbuhkan ekornya kembali atau bahkan tungkai yang terputus.umumnya kadal dapat berenang dengan baik 20.19. Juga . dan susunya Domba garut \priangan :untuk pedaging/aduan: .

Sedangkan domba betina tidak memiliki tanduk panjang telinganya sedang dan terletak di belakang tandukdomba jantan memiliki berat 40-80 kg sedangkan yang betina 30-40 kg kadang kadang dijumpai adanya domba tanpa daun telinga . Bertubuh besar dan lebar lehernya kuat dahi konveks domba priangan jantan memiliki tanduk besar dan kuat melengkung kebelakang berbentuk spiral dan pangkal tanduk kanan dan kiri hamper menyatu.ular       ular adalah hewan karnivora yaitu pemakan daging dan tidak pernah mengunyah atau mencabik cabik makannya seperti kita mangsa yang didapat langsung di telan secara utuh karena susunan rahangnya melekat secara longgar dengan susunan tulang pada rangka kepala. Susunan rahangnya ysng seperti ini memungkinkan ular menelan mangsa yang lebih besar dari dirinya selain ular juga memiliki cairan pencernaan yang mampu menghancurkan makanan pada beberapa jenis ular ada yang membelit mangsanya dengan kuat sehingga mangsanya kehabisan nafas dan dengan mudah sang ular dapat memakannya . ular juga memiliki bisa yagn dapat membunuh musuh musuhnya kulit ular dimanfaatkan untuk membuat tas dompet dan barang lainnya . keunggulannya domba ini adalah kulitnya merupakan salah satu kulit yang berkualitas terbaik di dunia selain itu dengan leher yang kokoh dan tubuh yang besar kuat domba ini sesuai untuk domba aduan keunggulan lainnya adalah penghasil daging yang sangat baik dan mudah di pelihara 21.

22. Katak pun memiliki persamaan dengan cicak yaitu lidahnya yang panjang dan lengket sehingga serangga yang mendekat sapat dengan cepat di sambar dan tidak dapat berkutik h . Kucing Kucing memiliki dua cirri khusus  pertama adalah kakinya kaki kucing memilii lapisan empuk dan tebal yang berguna untuk menyembunyikan kukunya pada saat berjalan kukunya ditarik masuk sehingga tidak berusaha sehingga musuh tidak mendengar ketika didekatinya.  Cri kedua adalah matanya mata kucing sangat tajam sehingga bisa melihat dalam gelap selain itu kucing memiliki keseimbangan tubuh yang sangan baik ketika kucing terjatuh maka kucing bisa mengatur tubuhnya supaya tetap berdiri 23. katak   Bagi katak melakukan kamuflase ( penyamaran ) agar seolah tubuhnya beracun adalah trik untuk menghindari dari predator atau pemangsa.

. landak Landak memiliki cirri khusus yaitu mempunya kulit berduri ini berguna untuk alat pertahanan diri jika diserang musuh apabila landak diserang musuh maka dian akan menggulungkan tubuhnya sehingga akan tertutup oleh duri 25. cairan ini berguna untuk mengelabui musuhnya Cumi cumi juga memiliki tentakel yang dapat berkerut denga cepat Pada malam hari cumi cumi mengeluarkan cahaya yang indah dan gemerlap untuk menarik mangsanya supaya mendekat. cumi-cumi dan gurita Cumi cumi dan gurita memiliki ciri khusus yaitu:    Mengeluarkan cairan hitam seperti tinta .24.

26.begitu pusla kalajenking . Semut    Semut memiliki dua buah antenna di kepalanya antenna ini berguna untuk menyentuh membau dan merasakan getaran bunyi Sementara itu mulutn semut berguna untuk mengecap dengan mengecap membau dan mnyentuh semut dapat menemukan benda di sekitarnya’ Semut berinteraksi dengan sesamanya dengan sentuhan antenna semun juga dapat berkomunikasi dengan bau yang di keluarka 27. lebah dan kalajengking DAN Lebah dan kalajengking mempunya sengat beracun sebagai alat pertahanan dirinya apabila lebah terdesak maka ia kan mgekuarkan sengatnya untuk sengatnya untuk mempertahankan diri.

berendam lama di dala air 12. unta       Hidup di padang pasir ( daerah minim air ) Memiliki kemampuan tidak makan atau tidak minum selama berhari hari krna memiliki punuk yang merupakan tempay cadangan makanan Punuk terdiri dari la[isan lemak Memiliki kaki yang tebal untuk berjan di padang pasing yang panas Memiliki bulu ata yagn panjang untu melindugngi diri dari badai pasir Memiliki lubang hidup yang dapat tertutup untuk melindungi hidup saat terjadi badai petih .11 bebek    Memiliki kaki yang berselaput sehingga memudahkan untuk berenang Memiliki paruh yag berbentuk sisit untuk memudahkan mencari cacing di dalam lumpur Buku bebek selalu bermunyak sehingga tidak boleh basah .

13. penguin    Dapat hidup di daerah yang suhunya sangan rendah Memiliki bulu tebal dan lemak di bagian bawah lapisan kulitnya sehingga seperti memakai baju berlapis lapis Hidup berkelompok sampai ribuan dan saling mendekatkan diri agar tidak banyak panas yagn dikeluarkan dan terlindung dari dingin 14. Rubah artik   Dapat hidup di darah yang besuhu sangat rendah Memiliki telingan yang berukuran kecil dan tubu yang berwarna putih yang membuat rubah artik mampu menjaga panas sehingga tidak banyak keluar dari tubuh .

Trenggiling    Memiliki cakar yang kuat untuk menarik rayap \ semut dari sarangnya Tidak memiliki gigi tetapi memiliki lidah yang panjang dan lengket yagn di julurkan untuk memperdaya mangsanya Memiliki sisik yagn tebal dan keras dan dapat menggulung tubuhnya seperti bola untuk melindungi diri .15.ikan Gelodok     Hidup di daerah payau yang banyak terdapat hutan bakau. Memilin ukuran kecil dan gerakan yang sangat lincah. Dapat berjalan di daratan atau memanjat pohong Di daratan ikan gelodok bergerak meloncat loncat 16.

110 genera. pada bebrapa spesies ekor ikan pari dilengkapi duri penyengat sehingga disebut ‘sting-rays’. fins )-nya melebar menyatu dengan sisi kiri0kanan kepalanya .19family. ikan sindat   Sidat (ordo anguilliformes) kelompok ikan berbentuk mirip ular.dan 400 spesies Kebanyakan hidup di laut namun ada pula yang hidup di air tawar . sehingga tampak diatas atau tampak bawahnya terlihat bundar atau oval      Umumnya mempunyai ekor yang sangat berkembang (memanjang) menyerupai cemeti.yaitu ikan yang bertulang rawan dan grup cartilaginous Bentuk tubuh gepeng melebar ( depressed) dimana sepasang sirip dada (pectoral .17. ikan pari   Ikan pari (rays) termasuk sub grup elasmobranchii. ordo anguilliformes terdiri atas 4 subrodo.posisi celah insane adalah dekat mulut bagian bawah (ventral) Ikan pari jantan dilengkapi sepasang alat kelamin yang di sebut “clasper”letaknya di pangkal ekor ikan pari betina umumnya berbiak secara melahirkan ( vivipar)dengan jumlah anak antara 4-5 ekor  18. Mata ikan pari umumnya terletak di kepala bagian samping Posisi dan bentuk mulutnya adalah terminal (terminal mouth ) dan umumnya bersifat predator Bernafas melalui celah insane ( gill openings atau gill slits)yang berjumlah 5-6 pasang .

sehingga keberadaannya lebih mudah di temukan pada malam hari. Merupakan ikan nocturnal. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->