P. 1
Pengertian Gold

Pengertian Gold

|Views: 803|Likes:
Published by Sampurno U-Mild

More info:

Published by: Sampurno U-Mild on Aug 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2013

pdf

text

original

1. Apakah gold yang berkaitan dengan penjelajahan samudra?

Penjelajahan Samudra Berbicara mengenai penjelajahan bangsa Eropa ke dunia timur tidak dapat dilepaskan dari situasi perdagangan di Laut Tengah setelah Konstantinopel jatuh ketangan Turki Usmani.Peristiwa jatuhnya Konstantinopel tersebut telah mendorong bangsa Eropah berlayar mencarijalan ke Timur. Hal ini dikarenakan mereka ingin mencari jalan ke Timur untuk menemukandaerah penghasil rempah-rempah. Hal itulah yang mendorong terjadinya perubahan jalur perdagangan dari barat ke timur.Tidak hanya itu penjelajahan samudra juga disebabkan olehbeberapa faktor lain, yaitu : 1. Setelah bangsa Turki Usmani dapat menguasai Konstatinopel pada tahun 1453 masehi, maka para pedagang bangsa Eropa dilarang berdagang dilaut tengah. Sehingga bangsabangsa Eropa sulit memperoleh rempah-rempah. Peristiwa jatuhnya Konstantinopel tersebut telah mendorong bangsa Eropah berlayar mencari jalan ke Timur. Hal ini dikarenakan mereka ingin mencari jalan ke Timur untuk menemukan daerah penghasil rempah-rempah. Hal itulah yang mendorong terjadinya perubahan jalur perdagangan dari barat ke timur. 2. Terpengaruh oleh ajaran Copernicus bahwa bumi itu bulat. Keinginan untuk melakukan pelayaran mencari rempah-rempah tersebut juga di dorong oleh adanya penemuan dan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada akhir abad ke-15 setelah melepaskan diri dari ikatan Istana dan dominasi gereja. Terjadilah perkembangan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya pandangan Copernicus. Copernicus mengajarkan bahwa bumi dan planet yang lain berputar mengelilingi matahari, selain itu juga Copernicus mengajarkan bahwa bentu bumi itu bulat sepereti bola. Pandangan tersebut yang diajarkan Copernicus terwujud dalam tulisannya yang membahas mengenai pandangan bentuk bumi bulat. Sejalan dengan itu, sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kegiatan pelayaran bagi bangsa Eropah untuk menentukan arah berlayar. 3. Tertarik dengan kisah perjalanan Marcopollo seorang musafir dari Venesia, Italia, yang dikatakan dalam buku "Imago Mundi" yaitu berhasil mengunjungi India, Indonesia dan China. Maka memberikan inspirasi bangi bangsa Eropa mencari jalan kedunia timur. 4. Timbulnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti penemuan kompas, navigasi, mesin, dan peralatan kapal yang mempermudah pelayaran. Penemuan tersebut dapat menggantikan alat transportasi dan petunjuk arah pelayaran yang sifatnya tradisioonal. Maka kegiatan pelayaran tidak tergantung pada alam, baik arah angin untuk menggerakkan kapal layar maupun rasi bintang bisuk sebagai petunjuk arah pelayaran.

sehingga timbul semangat untuk melanjutkan Perang Salib kedunia timur ( negara-negara dikawasan benua Asia ). dan menyebarkan agama Kristen. GLORY. Bangsa-bangsa Eropa ingin membalas kekalahannya pada orang-orang Islam. Semangat Reqounquesta (balas dendam ) yang dimiliki oleh bangsa Eropa akibat kekalahan dalam perang salib. dan GOSPEL yang artinya mencari kekayaan. 6.5. terutama terhadap bangsa Turki. Glory adalah Keinginan untuk memperoleh kejayaan. Gospel adalah keinginan untuk menyebarkan agama Nasrani. Terdorong mewujudkan semangat GOLD. kejayaan. . Gold adalah keinginan untuk mencari kekayaan.

pada saat itu kejayaan sebuah negeri bergantung dari besarnya imperium.2. Jelaskan yang dimaksud glory? Glory adalah Kejayaan. Glory adalah mencari kejayaan maksudnya mencari banyak wilayah kekuasaan .

Injl ini merupakan pewartaan umat gereja (umat allah yang baru) kepada sinagoga (Umat Allah yang lama). Alkitab bukanlah kumpulan ajaran. Injil Karangan Matius Injil ini mewartakan kepada bangsa Israel kabar tentang Yesus sebagai Mesias Israel yang dinantikan oleh manusia seluruh jaman perjanjian lama. . Markus tidak bermaksud menulis riwayat Yesus melainkan mewartakan bahwa Yesus adalah „Yang datang dalam nama Tuhan‟. Injil Markus.3. (Yoh 20 : 30) Bibel (Al Kitab) Menurut Kristen Bibel adalah kumpulan semua kitab (perjanjian lama dan perjanjian baru) yang ditulis atas ilham Roh Kudus. dan karya-karya Yesus. yakni : Injil Matius. Dalam penulisan kembali itu ilham Roh Kudus memberikan jaminan bahwa penulis sungguh memilih bahan yang tepat dan bebeas dari sesatan. Gereja dibangun di atas batu karang (Mat 16 : 12-19) dan Kristus . Dalam Injil ini. Alkitab terdiri dari 39 kitab perjanjian lama. Lukasmenekankan sifat Yesus sebagai sang Juru Selamat orang miskin. Raja semesta alam. Putra Allah. Tujuan Injil ini adalah meyakinkan orang bahwa Yesus adalah Kristus. Juru selamat yang menghibur dan menolong semua yang tertekan” 4.„ 3. Sekilas mengenai keempat injil : 1. Injil yang pertama-tama berarti kabar baik tentang keselamatan yang intinya Kasih : Allah menjelma menjadi manusia karena kasih. Yang diurapi” dan Putra Allah yang mengalahkan yang jahat. Markus membawakan pewartaan Injil menurut gaya Petrus. dan 27 kitab perjanjian baru. Injil karangan Lukas Lukas adalah teman dan pengikut Paulus. Injil Lukas. ajaran. serta sengsara dan kebangkitan-Nya. 7 kitab Deuterokanonika. Injil Karangan Markus Menurut tradisi gereja awal. dan Injil Yohanes.. Kristus inilah yang memberi perintah kepadanya untuk membawa Injil ke sluruh bumi dan membabtis segala bangsa. 2. yakni untuk menyelamatkan manusia. Keempat injil berasal dari pertengahan kedua abad yang pertama. Injil juga diartikan kitab yang mnegisahkan hidup. Al kitab (bible) adalah wahyu Allah yang berisi kesaksian iman umat Allah. sakit dan berdosa. peraturan apalagi buku sejarah. terhina. dan pertama-tama merupakan rekaman tertulis dari pewartaan imam Rasuli. Isi alkitab diyakini orang Kristen sebagai sabda Allah. Jelaskan yang dimaksud gospel? Menurut Orang Kristen : INJIL (Gospel) : berasal dari bahasa yunani en aggelion yang berarti kabar baik. Buku injil hanya ada 4 buah. Injil Karangan Yohanes Injil ini ditulis oleh Yohanes tahun 100 di Turki. dan supaya oleh kepercayaan ini semua orang mempunyai hidup kekal dalam nama-Nya. Yohanes yang sudah tua diberi ilham oleh Roh Kudus untuk menyampaikan Injil tentang Yesus secara mendalam.

perjanjian lama ada 45 buah) 2. dimana Allah sendiri menjamin akan memeliharanya dari tangan-tangan jahil manusia selama-lamanya. maka kemudian Allah swt menurunkan Al Qur‟an kepada Nabi Muhammad saw sebagai penyempurna dari injil dan kitab lainnya. semuanya berjumlah 27 kitab. yang mengukuhkan kedudukan Allah swt sebagai tuhan yang ahad dan Isa as sebagai rasulnya. Materi dalam perjanjian baru ini adalah darah kristus sendiri. Sedang alkitab adalah semua kumpulan kitab-kitab yang ada di perjanjian lama dan perjanjian baru. semuanya cuma ada di perjanjian baru. Perjanjian lama Ikatan perjanjian antara umat Allah dan Israel sebelum kristus.1. yaitu : Matius. Untuk umat katolis. Dimulai dari kitab kejadian dan berakhir pada kitab Maleakhi. Dimulai dari Injil Matius dan berakhir pada kitab wahyu kepada Yohanes. dan yohanes. . Jadi menurut kristen. lukas. Kesimpulan : 1. markus. Tetapi Injil ini kemudian dirusak oleh orang-orang jahil yang tidak lagi beriman pada Allah swt. yang disebut injil adalah (gospel) cuma ada 4 kitab. Perjanjian baru Ikatan perjanjian keselamatan antara Allah dan umat manusia dalam kristus. Pengertian Gospel menurut Islam adalah salah satu kitab Allah swt yang diturunkan kepada Nabi Isa as. Untuk umat katolik ada tambahan 7 kitab yang disebut Deuterokanonika. 2.

Matahari Sebagai Pusat Tata Surya (Heliosentris) 1. yaitu ketika pengamatan dilakukan pada benda-benda langit lalu memberikan penjelasan ilmiah tentang apa yang sebenar-nya terjadi disana. sementara beberapa yang lainpun meyakini hal serupa bahwa teori Geosentris adalah teori yang mendekati kebenaran. penulis mencoba menguraikan teori Heliosentris dilihat dari sudut Astronomis. Tentu sangat tidak mudah membuktikannya bahwa bumi berputar mengelilingi matahari. Apa yang kamu ketahui tentang teori Heliosentris? Teori Heliosentris Dalam Pandangan Sains Quran 1. . Pengertian Heliosentris Dari Sudut Astronomi Fenomena Heliosentris dan Geosentris sebenarnya masih menjadi perbincangan yang cukup serius di kalangan kita.4. Tanpa merasa diri paling benar dalam mengungkapkan tentang teori yang mana yang paling benar. sekarang bagaimana membuktikannya? Satu-satu-nya cara membuktikan fenomena langit adalah melalui ilmu astronomi. Ternyata dari pengamatan astronomi menunjukkan bahwa memang Bumi yang mengitari Matahari. beberapa diantara kita meyakini bahwa teori Heliosentris adalah teori yang mendekati kebenaran.

dan menyebarkan agama Kristen. Timbulnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Semangat Reqounquesta (balas dendam ) yang dimiliki oleh bangsa Eropa akibat kekalahan dalam perang salib. Faktor yang mendorong penjelajahan samudra: 1. mencari kekayaan (rempah-rempah) 2. . mesin. Jatuhnya Konstantinopel yang menjadi pusat perdagangan di laut Tengah ke tangan Turki Usmani. GLORY.kemudian bangsa Turki menutup Konstantinopel untuk orang Eropa akibatnya di Eropa terjadi kelangkaan rempah-rempah. Tertarik dengan kisah perjalanan Marcopolo ke dunia Timur yang dikatakan dalam buku “Imago Mundi” (Anggapan /keajaiban dunia) 3. menyebarkan agama Nasrani. kejayaan. 6. GOSPEL.5. navigasi. dan GOSPEL yang artinya mencari kekayaan. Apa yang terjadi pada tahun 1453 sehingga mendorong penjelajahan samudra? Jatuhnya kota Konstantinopel (Ibu Kota kerajaan Romawi Timur) ke tangan Turki Usmani tahun 1453. mencari Kejayaan (menjajah) 3. GLORY. Terdorong mewujudkan semangat GOLD. maka mulailah mereka mencari Negeri asal rempah-rempah. seperti penemuan kompas. Tujuan kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia : 1. Terpengaruh oleh ajaran Copernicus bahwa bumi itu bulat 2. GOLD. dan peralatan kapal yang mempermudah pelayaran 4. 5.

Hukum ini menjelaskan bahwa jika kekuatan melambat seperti misalnya pergeseran. Karena didorong oleh kehendak yang kuat untuk membuktikan kebenaran gagasan Copernicus yang mengatakan bahwa matahari sebagai pusat tata surya. Galileo berhenti kuliah karena kekurangan biaya saat berusia 21 tahun. Penemuan Galileo yang paling terkenal adalah di bidang astronomi. menemukan teleskop. benda bergerak cenderung tetap bergerak lurus dengan laju tetap. empat buah bulan Yupiter.GALILEO GALILEI Galileo Galilei adalah seorang astronom. Tuscany pada tanggal 15 Februari 1564 sebagai anak pertama dari Vincenzo Galilei. ia diangkat menjadi dosen di Universitas Pisa. Ia kembali ke Florence dan memulai karirnya sebagai pengarang. Ia juga menemukan kenyataan bahwa galaksi sebenarnya adalah gugusan bintang yang jumlahnya berjuta-juta. dapat dihilangkan. gunung-gunung dan kawah di bulan sehingga ia menjadi begitu terkenal di seluruh dunia hingga sekarang. Penemuan Galileo lainnya adalah Hukum Kelembaman. seorang ahli optika Belanda. Karena merasa bosan dengan ilmu kedokteran. baik benda berat maupun ringan jatuh pada kecepatan yang sama kecuali sampai batas mereka berkurang kecepatannya akibat pergeseran udara. Ayahnya berharap kelak Galileo menjadi seorang dokter karena gajinya begitu besar. Pada tahun 1608 Hans Lippershey. mekanika. filsuf. maka Galileo menyempurnakan teleskopnya dengan kemampuan pembesaran 33 kali. berpuluh-puluh kali gaji ahli matematika. Hasil percobaannya menunjukan bahwa. Galileo dilahirkan di Pisa. Karyanya mengenai neraca hidrostatik (1586) dan pusat gaya berat pada benda (1589) membuatnya menjadi begitu terkenal di seluruh Italia. Oleh karena itu. Giulia Ammannati. Dengan demikian Galileo menjadi orang pertama yang mengamati langit menggunakan teleskop. Sumbangan penting Galileo berkaitan dengan bidang mekanika adalah mengenai benda yang lebih berat jatuh lebih cepat dibandingkan dengan benda yang lebih ringan. Pada tahun 1592 ia diangkat menjadi guru besar matematika di Universitas Padua. Dengan teleskopnya ini ia berhasil menemukan cincin Saturnus. dan fisikawan Italia yang memiliki peran besar dalam revolusi ilmiah. yakni Ostillo Ricci. Ini merupakan prinsip penting yang telah berulang kali ditegaskan oleh Newton dan digabungkan dengan sistemnya sendiri sebagai hukum gerak pertama salah satu prinsip vital dalam ilmu pengetahuan. seorang matematikawan dan musisi asal Florence. Galileo mempelajari matematika pada seorang guru di istana Tuscana. Kemudian ia pindah ke Universitas Padua untuk mengajar geometri. Galileo melakukan percobaan dengan menjatuhkan berbagai benda yang berbeda ukuran maupun massanya (beratnya) dari menara pisa (Italia). Galileo juga merupakan salah satu orang Eropa pertama yang mengamati . Akhirnya. pada usia 17 tahun ia masuk Universitas Pisa jurusan Kedokteran. dan astronomi sampai tahun 1610.

hukum gerak yang selanjutnya dirumuskan oleh Newton. teleskop (teropong bintang).bintik matahari. Ia adalah orang pertama di dunia yang menggunakan perhitungan matematika dalam menganalisis/ mempelajari mekanika. Selanjutnya. Galileo meninggal pada tahun 1642. bukan dengan filsafat tradisional. Ia merupakan orang yang menemukan hukum benda jatuh. Walaupun Galileo sudah meninggal. namun teori-teorinya hingga kini tetap dipakai di seluruh dunia. Ia menemukan bahwa planet Venus memiliki jangka yang sangat mirip dengan jangka bulan. hukum bandul. dan teori matematik gerak parabola. penelitiannya beralih ke planet Venus. . Ia juga orang pertama yang menghubungkan fisika dan astronomi dengan matematika. Ia juga penemu termometer.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->