P. 1
Modul Membaca Cepat SMP

Modul Membaca Cepat SMP

|Views: 508|Likes:
Published by Wanto Zega

More info:

Published by: Wanto Zega on Aug 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2013

pdf

text

original

1

BAB I PENDAHULUAN A. Deskripsi Salah satu upaya pemerintah dalam pendidikan adalah pemerataan kesempatan belajar dan peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Di antara indikator keberhasilan peningkatan mutu pendidikan adalah tingkat daya serap terhadap materi yang dipelajari oleh siswa. Untuk mengukur daya kemampuan siswa perlu adanya alat ukur yaitu butirbutir soal yang telah disiapkan oleh guru atau pendidik. Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan pada tingkat SMA, khususnya di SMA Swasta PEMBDA 2 Gunungsitoli penulis membuat modul untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Setelah mempelajari modul ini, Anda diharapkan dapat memahami pengertian membaca, tujuan membaca, pengertian membaca cepat, tujuan dan manfaat membaca cepat, mampu membaca cepat. Waktu yang digunakan untuk mempelajari modul ini adalah 2 x 45 menit, termasuk tes akhir modul. Pergunakan waktumu sebaik-baiknya. Selamat membaca! B. Prasyarat Agar dapat mempelajari modul ini, Anda terlebih dahulu memahami pengertian membaca, tujuan membaca, pengertian membaca cepat, tujuan dan manfaat membaca cepat dan contoh membaca cepat.

1

2

C. Petunjuk Penggunaan Modul 1) Pelajari daftar isi serta cermati dengan teliti akan membantu Anda menunjukan arah tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 2) Perhatikan langkah-langkah dalam setiap contoh bacaan sehingga mempermudah Anda dalam mempelajari dan membaca cepat. 3) Cermati dan pahami pengertian membaca, tujuan membaca, pengertian membaca cepat, tujuan dan manfaat membaca cepat dan contoh. 4) Apabila ada soal latihan, kerjakan soal-soal tersebut sebagai latihan evaluasi. 5) Jawablah objektif tes dengan jelas sesuai dengan kemampuan Anda sendiri. Jika Anda masih ragu-ragu dengan jawaban yang Anda peroleh boleh melihat kunci jawaban pada lembar yang telah disediakan pada modul ini. 6) Kerjakan latihan yang terdapat pada evaluasi secara baik dan benar. 7) Jika ada yang tidak mengerti, boleh langsung tanyakan kepada guru bidang studi bahasa Indonesia. D. Tujuan Akhir Setelah Anda mempelajari modul ini diharapkan, Anda dapat: 1) Siswa mampu menuliskan pengertian membaca 2) Siswa mampu menuliskan tujuan membaca 3) Siswa mampu menuliskan unsur yang terdapat dalam membaca 4) Siswa mampu menuliskan pengertian membaca cepat 5) Siswa mampu memahami tujuan membaca cepat 6) Siswa mampu menuliskan manfaat membaca cepat

3

7) Pengertian membaca cepat menurut ahli 8) Siswa mampu memahami faktor penghambat membaca cepat 9) Siswa mampu memahami langkah-langkah untuk meningkatkan cara membaca cepat 10) Siswa mampu membaca cepat 250 kata per menit E. Cek Kemampuan Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan baik dan benar! 1. Tuliskan pengertian membaca cepat? 2. Tuliskan pengertian membaca cepat menurut para ahli? 3. Tuliskan manfaat membaca cepat? 4. Tuliskan tujuan membaca cepat? 5. Mampukah Anda membaca cepat 250 kata per menit?

4 . B. Pengertian Membaca Langkah 1: Guru menjelaskan kepada siswa pengertian membaca secara keseluruhan kepada siswa. diharapkan Anda dapat: 1) Menjelaskan pengertian membaca 2) Menjelaskan tujuan membaca 3) Tuliskan unsur yang terdapat dalam membaca 4) Menjelaskan pengertian membaca cepat 5) Memahami tujuan dan manfaat membaca cepat 6) Faktor penghambat membaca cepat. 7) Menuliskan langkah-langkah untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat. Langkah 2: Guru menuliskan di papan tulis pengertian membaca yaitu: membaca adalah usaha mengolah bahan bacaan yang berupa simbol-simbol tulisan yang berisi pesan-pesan penulis. 8) Contoh teks membaca cepat. Uraian Materi 1.4 BAB II PEMBELAJARAN Kegiatan Belajar Membaca cepat A. Tujuan Kegiatan Belajar Setelah kamu mempelajari kegiatan belajar ini.

Langkah 2: Guru menuliskan satu persatu di papan tulis tentang tujuan membaca serta memberikan contoh masing-masing tujuan membaca tersebut yaitu: a.5 2. Membaca untuk mengetahui urutan atau susunan. Perhatikn teks bacaan berikut ini! Monpera atau monumen perjuangan rakyat merupakan salah satu bangunan kebanggaan warga Palembang betapa tidak monumen yang memanjang patung burung Garuda di dinding depanya ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Sumatera Selatan melawan penjajah pada masa fisik yang dikenal dalam pertempuran lima malam. Tujuan Membaca Langkah 1: Guru menjelaskan atau menginformasikan kepada siswa tentang tujuan membaca. Melawan penjajah Belanda Dari teks bacaan di atas maka yang menjadi gagasan utama adalah: Bangunan kebanggaan warga Palembang c. . Contoh: Seorang tokoh mengetahui penemuan-penemuaan yang telah dilakukan seperti tokoh penemu bola lampu pijar yaitu Tomas Alfa Edison. di sinilah basis para pejuang menggalang kekuatan dalam pertempuran. Membaca untuk menemukan gagasan utama. Membaca untuk menemukan atau mengetahui penemuan-penemuan yang telah dilakukan oleh tokoh. b.

sampai jumpa lagi. Langkah 2: Siswa dan guru menyimpulkan bacaan di atas. mulai dari tingkat keluarga. kami mengharapkan agar semua jajaran yang ada di kota ini ikut peduli terhadap hak anak. liburan kali ini kamu akan pergi ke mana? ” Dora : “Rencananya aku dan keluargaku akan berlibur ke Pantai Bunda dan bagaimana denganmu. Langkah 1: Guru memberikan sebuah teks bacaan kepada siswa untuk dibaca. Kalau kamu bagaimana Dora? ” Dora : “Sama. Membaca untuk mengelompokkan. Pada peringatan Hari Anak Nasional ini.6 Contoh: Perhatikan percakapan di bawah ini: Dora : “Hai. hanya lebih meningkat dari semester kemarin”. maka bisa kita simpulkan bahwa urutan atau susunan percakapan antara pelaku adalah: Pertama adalah Dora Kedua adalah Danil d. lumayan walaupun aku tidak mendapat peringkat. Danil bagaimana nilai rapormu semester ini!” Danil : “Ya. . dan lembaga-lembaga lainnya untuk ambil bagian dalam memperdayakan potensi anak menjadi generasi yang siap bersaing di tingkat global. masyarakat. Membaca untuk menyimpulkan. Oleh karena itu. dah…” Dari percakapan di atas. dan lembaga-lembaga lainnya untuk ambil bagian dalam memperdayakan potensi anak menjadi generasi yang siap bersaing di tingkat global e. yiatu: keluarga. sekolah. sekolah. Anak tanpa bimbingan orang tua akan tumbuh menjadi liar dan pribadinya tak akan terbentuk dengan baik. selamat jalan ya Danil” Danil : “Ok. Danil? ” Danil : “ Keluargaku mengajak aku ke rumah nenek di kampung” Dora : “Wah pasti menyenangkan ya. baiklah kalau begitu. masyarakat. Danil : “O iya. kami mengajak para masyarakat.

keluarga. maka kemampuan memahami lambanglambang bunyi merupakan penentu utama keberhasilan membaca. maka unsur-unsur kemampuan fisik. 4. misalnya kemampuan mata dan kemampuan mengendalikan gerak bibir juga mempengaruhi keberhasilan membaca. Unsur-unsur yang terdapat dalam membaca Unsur-unsur kemampuan membaca dapat ditelusuri dari pengertian membaca yang telah dikemukakan.7 Contoh: Masyarakat. Kedua. 3. karena kemampuan membaca itu berhubungan erat dengan kemampuan berbahasa lisan. dan lembaga-lembaga lainnya. . Pengertian Membaca Cepat Langkah 1: Guru menjelaskan kepada siswa membaca cepat Langkah 2: Guru menuliskan pengertian membaca cepat di papan tulis yaitu: membaca cepat adalah membaca yang tidak menekankan pada pemahaman rincian-rincian isi bacaan. Pertama. Ketiga. maka keberhasilan membaca juga dipengaruhi oleh unsur kecerdasan serta pengalaman membaca yang dimiliki. Keempat. karena membaca itu merupakan interaksi dengan bahasa yang telah diubah menjadi cetakan. karena hasil interaksi dengan bahasa cetak itu merupakan pemahaman. akan tetapi memahami pokokpokoknya saja. sekolah. maka kemampuan memaknai susunan lambang-lambang bunyi juga merupakan unsur penentu keberhasilan membaca. karena membaca itu merupakan proses aktif dan berlanjut yang dipengaruhi langsung oleh interaksi seseorang dengan lingkungannya. Langkah 3: Siswa menuliskan pengertian membaca cepat di buku catatan.

ataupun lingkungan abiotik).8 5. badai debu. tumbuh-tumbuhan. sejak bumi terbentuk. Polusi terhadap udara memang terjadi secara alamiah. dapat kita mengambil kesan umumnya yaitu polusi udara dapat membahayakan jiwa manusia. kebakaran hutan. laju proses pembersihan polusi dari udara dan laju pencemaran itu masih dalam keseimbangan alam. Tujuan Membaca Cepat Langkah 1: Guru menjelaskan tujuan dan manfat membaca cepat kepada siswa Langkah 2: Guru menuliskan di papan tulis dan merinci tujuaan membaca cepat kepada siswa yaitu: a. bangkai tumbuh-tumbuhan dan hewan yang membusuk dan garam dari laut. tumbuhtumbuhan. makhluk hidup lain (hewan. badai debu. Dari teks bacaan tersebut di atas. makhluk hidup lain (hewan. semuanya dapat mencemari udara. Tapi semua itu dapat dikatakan masih dalam batas-batas yang dapat ditoleransi. artinya. Polusi udara dengan demikian merupakan ancaman yang paling serius bagi kelangsungan kehidupan di bumi. Contohnya: Polusi terhadap udara memang terjadi secara alamiah. . Memperoleh kesan umum dari suatu buku. panas) yang melewati batas tertentu sehingga dapat membahayakan jiwa manusia. semuanya dapat mencemari udara. fenomena alam seperti letusan gunung berapi. ataupun lingkungan abiotik) b. Menemukan hal tertentu dari suatu bahan bacaan. bangkai tumbuh-tumbuhan dan hewan yang membusuk dan garam dari laut. fenomena alam seperti letusan gunung berapi. Contoh: POLUSI UDARA Polusi udara dapat didefinisikan sebagai udara yang mengandung zat kimia ataupun yang memiliki kondisi fisik (misalnya. Sebab. kebakaran hutan. artikel. Sebab. atau tulisan singkat. sejak bumi terbentuk.

Harras . Mengetahui pendapat orang lain. f. 7. Manfaat Membaca Cepat Manfaat membaca cepat adalah (1) untuk mencari informasi yang kita perlukan dari sebuah bacaan secara cepat dan efektif. (3) Tidak banyak waktu yang terbuang karena tidak perlu memperhatikan atau membaca bagian yang tidak kita perlukan. (5) Membaca memperluas wawasan. Contoh: Soedarsono (2005:4) mengatakan membaca merupakan aktifitas kompleks yang memerlukan sejumlah besar tindakan terpisah-pisah yang mencakup penggunaan pengertian. Contoh topik bacaan di atas adalah polusi udara. (4) Banyak informasi penting dapat diserap dalam waktu yang cepat. 6. (2) Dalam waktu yang singkat dapat menelusuri bahan halaman buku atau bacaan. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. (6) Membaca cepat meningkatkan kemahiran berbahasa yang lain. Untuk mendapatkan bagian penting yang kita perlukan tanpa membaca seluruhnya. Menemukan atau menempatkan bahan yang diperlukan dalam perpustakaan. khayalan. e. Contoh: Polusi udara dapat membahayakan jiwa maanusia. (Soedarso.9 c. Pengertian Membaca Cepat Menurut Kholid A. Gramedia Pustaka Umar. (7) Membaca cepat meningkatkan pemahaman terhadap teks yang di baca. PT. Mengenali topik bacaan. pengalaman dan ingatan. Jakarta d. Contohnya: pengertian membaca. 2005.

yaitu vokalisasi atau membaca dengan bersuara. serta memilih bahan bacaan yang menarik. Contoh Teks Membaca Cepat Langkah 1: Guru merancang bahan bacaan yang tepat sebagai contoh teks membaca cepat. menunjuk dengan jari atau benda lain. .10 Kholid A. dan subvokalisasi atau melafalkan dalam hati atau pikiran kata-kata yang di baca. hal ini termasuk memilih tempat dan waktu yang sesuai dengan dirinya. Faktor Penghambat Membaca Cepat Ada beberapa faktor yang menghambat kecepatan membaca. 8. Langkah 2: Guru memperkenalkan bahan bacaan tersebut kepada siswa. menggerakkan bibir atau pada saat membaca. kebiasaan selalu kembali (regresi) ke belakang. 9. (b) Memusatkan perhatian secara sungguhsungguh. Langkah-langkah untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca cepat ada beberapa hal yang mutlak diperhatikan yaitu (a) menghilangkan atau menjauhi hal-hal yang menyebabkan fikiran menjadi kusut. 10. Harras (2009) mengatakan bahwa membaca cepat adalah kegiatan membaca dengan mengandalkan kecepatan gerak mata dalam melihat dan memperhatikan bahan tertulis yang dibacanya dengan tujuan untuk mendapatkan informasi secara cepat.

Membaca adalah usaha mengolah bahan bacaan yang berupa simbol-simbol tulisan yang berisi pesan-pesan penulis .11 Langkah 3: Guru membagi fotocopy bahan bacaan tersebut kepada siswa Langkah 4: Guru memperhatikan bahan tersebut kepada siswa Langkah 5: Guru menyuruh siswa membaca teks tersebut dengan memba cepat. Rangkuman 1. Pengaruh lingkungan (pergaulan bebas) oleh kawan-kawan dekat mengajak/ menawari secara gratis. Kehidupan keluarga yang tak harmonis (antara suami dengan istri dan orang tua dengan anak C. NARKOBA Narkoba singkatan dari narkotika. 2. Pengertian Membaca a. masalah yang sangat komplek dan merupakan ancaman yang sangat serius (berbahaya) kepada semua penduduk dunia. organisasi profesi dan lain-lain). dan teristimewa kepada mudamudi/anak baru gede (ABG). dengan mengikut serta masyarakat secara aktif. menurunkan kesadaran. lalu mencoba (karena sikap manusia ingin tahu). Karena putus asa. lama kelamaan ketagihan akhirnya mau lagi dan lagi (ketergantungan). komit dan konsistem. menghilangkan rasa (mematikan rasa) yang dikenal dengan bius. karena menurrut mereka narkoba dapat menghilangkan masalah dan memberi kenikmatan. psikotropika bahan adiktif. dan pada dosis-dosis tertentu dapat memberikan samangat lebih (doping) dan membuat seseorang ketergantungan Pada umumnya seseorang mulai berkenan dengan narkoba biasanya dengan tak sengaja melalui berbagai cara yaitu: 1. Penyalah gunaan narkoba sudah menjadi masalah dunia (global). lalu mencoba narkoba. penegak hukum. dalam mengatasi narkoba sangat memerlukan penanganan-penanganan serius dari berbagai pihak (pemerintah. khayal bahkan mereka sebut sebagai pil surga. organisasi agama. despresi. Oleh kerena itu. frustasi. 3. Narkoba pada awalnya ditemukan secara kebetulan oleh para ahli medis yang dipergunakan untuk menolong orang sakit dalam proses pengobatan/penyembuhan penyakit dengan khasiat mengurangi rasa sakit. pembuat UU. termasuk penduduk Indonesia.

maka kemampuan memaknai susunan lambang-lambang bunyi juga merupakan unsur penentu keberhasilan membaca. Keempat. maka keberhasilan membaca juga dipengaruhi oleh unsur kecerdasan serta pengalaman membaca yang dimiliki. Membaca merupakan suatu proses maksudnya informasi dari teks dan pengetahuan yang dimiliki oleh pembaca mempunyai peranan utama dalam membentuk makna. c. karena kemampuan membaca itu berhubungan erat dengan kemampuan berbahasa lisan. Membaca untuk mengetahui urutan atau susunan. Membaca untuk menilai atau mengevaluasi. maka kemampuan memahami lambang-lambang bunyi merupakan penentu utama keberhasilan membaca. misalnya kemampuan mata dan kemampuan mengendalikan gerak bibir juga mempengaruhi keberhasilan membaca. e. g. karena membaca itu merupakan proses aktif dan berlanjut yang dipengaruhi langsung oleh interaksi seseorang dengan lingkungannya. 3. 2. Membaca untuk menemukan atau mengetahui penemuan-penemuan yang telah dilakukan oleh tokoh. Kedua. Membaca untuk mengelompokkan. Ketiga. . Tujuan membaca adalah: a. karena membaca itu merupakan interaksi dengan bahasa yang telah diubah menjadi cetakan. maka unsurunsur kemampuan fisik. b. Membaca untuk menyimpulkan. Membaca untuk memperbandingkan atau mempertentangkan. karena hasil interaksi dengan bahasa cetak itu merupakan pemahaman. f. Membaca untuk menemukan gagasan utama.12 b. Unsur-unsur kemampuan membaca adalah pertama. d.

(5) Membaca memperluas wawasan. d) mengenali topik bacaan. Ada beberapa faktor yang menghambat kecepatan membaca. Membaca cepat adalah membaca yang tidak menekankan pada pemahaman rincian-rincian isi bacaan. (4) Banyak informasi penting dapat diserap dalam waktu yang cepat. 5. (2) Dalam waktu yang singkat dapat menelusuri bahan halaman buku atau bacaan. c) Menemukan atau menempatkan bahan yang diperlukan dalam perpustakaan. 7. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca cepat ada beberapa hal yang mutlak diperhatikan yaitu (a) menghilangkan atau menjauhi hal-hal yang . menunjuk dengan jari atau benda lain. (6) Membaca cepat meningkatkan kemahiran berbahasa yang lain. b) Menemukan hal tertentu dari suatu bahan bacaan.13 4. (3) Tidak banyak waktu yang terbuang karena tidak perlu memperhatikan atau membaca bagian yang tidak kita perlukan. Tujuan membaca cepat yaitu a) Memperoleh kesan umum dari suatu buku. Membaca cepat adalah kegiatan membaca dengan mengandalkan kecepatan gerak mata dalam melihat dan memperhatikan bahan tertulis yang dibacanya dengan tujuan untuk mendapatkan informasi secara cepat. 8. atau tulisan singkat. menggerakkan bibir atau pada saat membaca. artikel. akan tetapi memahami pokok-pokoknya saja. yaitu vokalisasi atau membaca dengan bersuara. Manfaat membaca cepat adalah (1) untuk mencari informasi yang kita perlukan dari sebuah bacaan secara cepat dan efektif. f) untuk mendapatkan bagian penting yang kita perlukan tanpa membaca seluruhnya 6. kebiasaan selalu kembali (regresi) ke belakang. e) mengetahui pendapat orang lain. dan subvokalisasi atau melafalkan dalam hati atau pikiran kata-kata yang di baca 9. (7) Membaca cepat meningkatkan pemahaman terhadap teks yang di baca.

penegak hukum. organisasi agama. hal ini termasuk memilih tempat dan waktu yang sesuai dengan dirinya. termasuk penduduk Indonesia. 2. Penyalah gunaan narkoba sudah menjadi masalah dunia (global). 10. . (b) Memusatkan perhatian secara sungguhsungguh. lalu mencoba narkoba. psikotropika bahan adiktif. khayal bahkan mereka sebut sebagai pil surga. lama kelamaan ketagihan akhirnya mau lagi dan lagi (ketergantungan). frustasi. Oleh kerena itu. Contoh teks membaca cepat NARKOBA Narkoba singkatan dari narkotika. menghilangkan rasa (mematikan rasa) yang dikenal dengan bius. Narkoba pada awalnya ditemukan secara kebetulan oleh para ahli medis yang dipergunakan untuk menolong orang sakit dalam proses pengobatan/penyembuhan penyakit dengan khasiat mengurangi rasa sakit. despresi. pembuat UU. dalam mengatasi narkoba sangat memerlukan penanganan-penanganan serius dari berbagai pihak (pemerintah. Karena putus asa.14 menyebabkan fikiran menjadi kusut. Pengaruh lingkungan (pergaulan bebas) oleh kawan-kawan dekat mengajak/ menawari secara gratis. dengan mengikut serta masyarakat secara aktif. menurunkan kesadaran. organisasi profesi dan lain-lain). komit dan konsistem. karena menurrut mereka narkoba dapat menghilangkan masalah dan memberi kenikmatan. lalu mencoba (karena sikap manusia ingin tahu). serta memilih bahan bacaan yang menarik. masalah yang sangat komplek dan merupakan ancaman yang sangat serius (berbahaya) kepada semua penduduk dunia. dan teristimewa kepada mudamudi/anak baru gede (ABG). dan pada dosis-dosis tertentu dapat memberikan samangat lebih (doping) dan membuat seseorang ketergantungan Pada umumnya seseorang mulai berkenan dengan narkoba biasanya dengan tak sengaja melalui berbagai cara yaitu: 1.

Tes Formatif Berilah tanda silang (X) pada huruf A. lokakarya. kursus. seminar atau kegiatan sejenis.15 3. dan D pada jawaban yang paling tepat! 1. cara yang efektif untuk menghasilkan SDM andai yaitu melalui jalur pendidikan dengan mengikuti pendidikan tertentu. Seseorang dapat belajar berdasarkan kurikulum yang terprogram dan hari efektif yang pasti. sumber daya manusia (SDM) andai merupakan kebutuham yang mendasar. Kehidupan keluarga yang tak harmonis (antara suami dengan istri dan orang tua dengan anak BAB III EVALUASI A. C. Bacalah teks di bawah ini dengan cara membaca cepat! Pada era global. Usaha untuk mendapatkan (SDM) andai dapat dilakukan melalui berbagai cara misalnya melalui penataran. B. . pelatihan.

Hendaknya tetap hidup dalam kesederhanaan C. Bacalah teks berikut ini dengan cara membaca cepat! Dua minggu setelah telegram dari Imam datang pula wesel dan surat dari santo. Inter Milan sebenarnya sudah berniat membawanya ke Stadion San Siro. Dalam memberikan bantuan harus iklas 3. Saat itu. Jalur pendidikan dianggap lebih efektif untuk menghasilkan SDM andal. Adalah Ederson Honorato yang berhasil didatangkan juara Liga Italia musim lalu itu. Bacalah paragraf berikut dengan cara membaca cepat! Musim kompetisi tahun 2000 belum juga berakhir. sumber daya manusia (SDM) andai merupakan kebutuham yang mendasar. 2. SDM andal dapat dilakukan melalui berbagai cara antara cara pendidikan dan pelatihan..16 Simpulan tersirat dari teks tersebut adalah…. D. A. Hidup ini hendaknya penuh prihatin dan dijalani apa adanya. A. Ederson yang berusia 21 tahun itu bergabung dengan Nice dua musim lalu. 16 B. C.. Pada era global. penyerang asal Brasil itu memperkuat Nice. Sebelumnya. Dalam hidup ini harus menunjukan kemampuan pada oranag lai n D. namun Nice lebih menjadi pilihan Ederson. SDM yang andai menjadi kebutuhan mendasar bagi setipa negara baik negara maju dan berkembang. B. Pesan atau amanat yang terkandung dalam teks di atas adalah…. ibu sangat bangga sampai meneneskan air mata bahagia ibu menyatakan pada anakanaknya agar tetap hidup seperti apa yang dilakukan selama ini. . tetapi Inter Milan sudah mendapatkan pemain baru. Jangan congkah karena kakak mereka banyak membantu.

tetapi Inter Milan sudah mendapatkan pemain baru... Warnanya bermacammacam dan bentuknya indah... Bacalah teks paragraf berikut ini dengan cara membaca cepat! Anggrek adalah bunga yang sangat mempesona.... Inter Milan sebenarnya sudah berniat membawanya ke Stadion San Siro namun Nice lebih menjadi pilihan Ederson. berhasil didatangkan juara Liga lalu. Gagasan utama paragraf tersebut di atas. yang dilaksanakan dengan ketat dan seadil-adilnya contohnya disiplin berlalu lintas. tanaman anggrek perlu ditingkatkan. Musim kompetisi tahun 2000 belum juga berakhir. B.. Kesadaran akan manfaat disiplin 5.... Bacalah teks berikut ini dengan cara membaca cepat! Menegakkan disiplin intinya adalah menyadarkan orang untuk mengetahui manfaat kehidupan pribadi dan kehidupan bersama.. harganyapun tetap mahal dari pada bunga-bunga yang lainnya. adalah.. C. Disiplin tidak ada toleransi dan tidak ada pandang bulu. Ederson Honorato sebelumnya memperkuat Nice. . Gagasan utama dari teks tersebut adalah: A. Disiplin tidak tetap yang utama di atas hukum C. A.. D. 4.. bunganya tahan lama.. Hukum tetap berlaku B. Oleh karena itu... Aromanya wangi. berlaku untuk semuanya sebagaimana negara hukum dalam negara hukum sehingga orang yang salah tidak merasakan betul akibat ketidakdisiplinannya. Negara yang maju memiliki hukum yang baik D..17 Kalimat utama paragraf tersebut adalah . Ederson Honorato yang berusia 21 tahun itu bergabung dengan Nice dua musim lalu.

6. masyarakat. Penyalah gunaan narkoba sudah menjadi masalah dunia (global).. Anggrek adalah bunga yang sangat mempesona C. Ide pokok teks bacaan di atas adalah……. dan teristimewa kepada mudamudi/anak baru gede (ABG). Masyarakat perlu menangani penggunaan narkoba. Anggrek bentuknya indah. kami mengajak para masyarakat. dalam mengatasi narkoba sangat memerlukan penanganan-penanganan serius dari berbagai pihak (pemerintah. psikotropika bahan adiktif. Oleh kerena itu. dan lembaga-lembaga lainnya untuk ambil bagian dalam memperdayakan potensi anak menjadi generasi yang siap bersaing di tingkat global.18 A. dengan mengikut serta masyarakat secara aktif.. Bahaya akan pengggunaan narkoba B. . Bacalah teks berikut ini dengan membaca cepat! Narkoba singkatan dari narkotika. masalah yang sangat komplek dan merupakan ancaman yang sangat serius (berbahaya) kepada semua penduduk dunia. termasuk penduduk Indonesia. A. Masalah yang terdapat dalam teks di atas adalah. organisasi profesi dan lain-lain).. Peranan untuk meningkatkan penggunaan narkoba D. A. penegak hukum. Aromanya wangi dan bunganya tahan lama. D. komit dan konsistem. 7. Oleh karena itu. B. kami mengharapkan agar semua jajaran yang ada di kota ini ikut peduli terhadap hak anak... pembuat UU. organisasi agama. mulai dari tingkat keluarga. Kurangnya perhatian orang tua kepada anak. Undang-undang tentang narkoba C. Tanaman anggrek perlu ditingkatkan. sekolah. Bacalah teks berikut dengan cara membaca cepat! Pada peringatan Hari Anak Nasional ini. Anak tanpa bimbingan orang tua akan tumbuh menjadi liar dan pribadinya tak akan terbentuk dengan baik.

Untuk mewujudkan masyarakat belajar yang baik diperlukan pengertian yang baik antara kepala sekolah. Lingkungan bersih kita akan hidup sehat dan nyaman. sekolah memerlukan sarana belajar yang memadai. Kehidupan anak yang selalu menyusahkan masyarakat 8. Bacalah paragraf berikut dengan cara membaca cepat! Kita harus menjaga dan memelihara kebersihan. A. dan berdedikasi. Bacalah paragraf berikut ini dengan cara membaca cepat! Dalam usaha menciptakan suasana belajar mengajar yang baik. membersihkan parit dan sebagainya juga merupakan usaha yang mengacu ke arah itu. C. Keluarga yang baik di rumah. guru yang berdisplin. Murid yang patuh pada tata tertib sekolah. murid yang patuh pada tata tertib sekolah. Dalam usaha menciptakan suasana belajar mengajar yang baik. Caranya mudah. Menyapu halamaan rumah C. Untuk mewujudkan masyarakat belajar yang baik diperlukan pengertian yang baik antara kepala sekolah. Ide pokok paragraf di atas adalah…… A. Ajakan kepada masyarakat terhadap generasi sekarang ini. guru dan siswa serta orang tua siswa. Buanglah sampah pada tempatnya. Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan 9. Dengan lingkungan bersih kita akan hidup sehat dan nyaman. B. B.19 B. Gagasan pokok yang terdapat pada paragraf di atas adalah……. D. dan lingkungan belajar yang tenang. Sekolah yang displin. dan lingkungan belajar yang tenang. guru dan siswa serta orang tua siswa D. Di sekitarnya perlu dibuat penghijauan agar terasa sejuk. D. sekolah memerlukan sarana belajar yang memadai. C. Menyapu halaman. . Jagalah kebersihan parit.

. Belum lagi kurangnya kepedulian mereka dalam menciptakan lingkungan bebas dari sampah padahal mereka sudah diimbau bahkan diberikan penyuluhan. loyal. baik di sekolah maupun di lingkungan mereka Masalah pokok yang terdapat dalam teks bacaan di atas adalah:.... berjiwa besar.. bertanggung jawab. Bacalah teks berikut ini dengan seksama! Jiwa kepahlawanan harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan karena dengan jiwa kepahlawanan pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan sukses. Bacalah teks berikut ini dengan seksama! Kurangnya kesadaran para remaja dalam mencintai lingkungan dapat dilihat dari sikap apatis dalam diri mereka. jembatan. Jiwa kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan sifat kepribadian yang luhur. Kepribadian yang luhur. . Semua sifat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang yang ada di negara republik Indonesia. dan cinta terhadap sesama.20 10.... Jiwa yang bagaimana dikembangkan di negara ini? B.. Guru dan orang tua bergandengan tangan dalam mendidik anak D. pagar. Bagaimanakah jiwa kepahlawanan yang harus dikembangkan di negara ini? C. loyal.. dinding rumah. Kurangnya kesadaran para remaja dalam mencintai lingkungan C.. Pertanyaan yang tepat dari teks di atas adalah.. A. dinding sekolah.. dan papan penunjuk arah bus kota... bertanggung jawab. tangguh. berjiwa besar. dan cinta terhadap sesama merupakan jiwa kepahlawanan. Hubungan yang harmonis antara keluarga dan lingkungan 11.. papan nama. A. tangguh. Di mana-mana dapat kita lihat coretan-coretan yang mereka corek di tembok-tembok. Kenakalan remaja perlu diperhatikan B..

kebudayaan merupakan peristiwa sejarah yang abadi dan penting. Alasannya. kita tidak pernah lepas dari peristiwa-peristiwa kebudayaan yang telah terjadi di zaman dahulu.. 12. Jiwa kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan sifat kepribadian yang luhur. Tidak ada masyarakat di dunia ini yang tidak mengenal kebudayaan walaupun tidak semuanya mengetahui bagaimana kebudayaan yang dilaksanakan nenek moyang kita pada zaman dahulu. kebudayaan suatu kisah. Kebudayaan perlu di lestarikan hingga kini . D. A. Dalam kehidupan manusia. Ide pokok paragraf di atas adalah…. Kebudayaan di Indonesia semakin pudar. A. Tapi pada zaman sekarang banyak kita tahu kalau melaksanakan kebudayaan itu hanya sebagai lambang saja. Tidak ada masyarakat di dunia ini yang tidak mengenal kebudayaan. Kebudayaan perlu diperhatikaan C. Kebudayaan suatu kisah. dijadikan momentum karena mempunyai arti dan makna dalam kehidupan bermasyarakat pada zaman sekarang. Bacalah teks berikut ini dengan cara membaca cepat! Pengetahuan kebudayaan menjadi sangat penting dalam kehidupan masyarakat dan menjadi suatu pedoman bagi semua orang untuk dilaksanakan. B. Kesimpulan yang tepat dari paragraf di atas adalah……. kita tidak pernah lepas dari peristiwa-peristiwa kebudayaan yang telah terjadi di zaman dahulu B. Perlu adanya seminar kebudayaan. sehingga generasi-generasi sekarang kurang melakukan dan melaksanakannya. 13.21 D. Bacalah teks paragraf berikut ini dengan cara membca cepat! Apabila berkata tentang pentingnya kebudayaan. Hal itu disebabkan kurangnya pelaksanaan dan tidak mau tahu dan dianggap sepele.

Anak mandiri . Guru adalah teladan bagi semua orang.. menuntut kerja guru yang profesional.. Peran guru yang strategis. Sedemikian besar peran guru dalam melakukan perubahan terhadap peradaban lewat anak. Ia berhadapan dengan anakanak manusia yang akan menentukan masa depan bangsa. Kali ini. Kondisi yang kemudian memicu terbitnya Undang Undang Guru dan Dosen untuk mensejahterakan dan memproteksi kehidupan guru.22 C. A. Betapa berat beban yang disandangkan pada seorang guru. Pengalaman Ester tersebut adalah . Hana mencoba mandiri.. Bacalah teks berikut dengan membaca cepat! Guru merupakan pekerjaan yang amat mulia. Kini.. Anak manja B. Ester memang manja. Ia mulai mengerjakan tugasnya sendiri. tidak ada lagi yang mengambilkan makan untuk Ester. 15. Ester sudah mulai belajar merawat ibunya. menuntut kerja guru yang profesional. Ester sudah bisa mengambilkan makan dan menyuapi ibunya. Jika mau makan. Namun. Kondisi yang kemudian memicu terbitnya Undang Undang Guru dan Dosen untuk mensejahterakan dan memproteksi kehidupan guru. D. Gagasan pokok teks di atas adalah. dan mampu mengembangkan ragam potensi yang terpendam dalam diri anak didik. B. D... Peran guru yang strategis. Guru merupakan pekerjaan yang amat mulia C. Bacalah teks berikut ini dengan seksama Ester anak kelas 3.didik yang akan menentukan masa depan. A.. suatu ketika ibunya sakit. Kebudayaan merupakan peristiwa sejarah yang abadi dan penting. Ester selalu diambilkan makanan oleh ibunya. dan mampu mengembangkan ragam potensi yang terpendam dalam diri anak didik. Zaman sekarang banyak kita tahu kalau melaksanakan kebudayaan itu hanya sebagai lambang saja 14...

C. Meskipun aku pernah salah pakai kaos kaki. Selesai menyanyi aku mendapat komentar dari juri.. Bacalah teks berikut ini dengan saksama! Pada saat aku menyanyi. padahal aku merasa tidak ada yang salah dengan penampilanku. Ternyata kaos kaki yang kukenakan berbeda warna.. Aku tidak akan pernah melupakan kejadian ini. tapi penonton dan juri tersenyum aneh padaku B. Aku bingung. Bacalah teks berikut dengan membaca cepat! Minar mengganti pakaiannya setelah pulang sekolah... Pada sore hari Minar bermain dengan teman-temannya. A.Itu adalah lomba menyanyi yang menurutku paling berkesan.. Mereka menilai penampilanku sangat bagus dan penuh percaya diri. aku berhasil mendapat juara ke-2. aku sangat kaget dan malu.. aku segera naik panggung. Ketika aku dipanggil oleh pembawa acara. tapi penonton dan juri tersenyum aneh padaku.. padahal aku merasa tidak ada yang salah dengan penampilanku. Minar tidur siang. Yang dilakukan Minar setelah makan siang adalah . Belajar C..23 C. . ada kejadian lucu yang tidak bisa aku lupakan. Bermain B.. Aku menyanyi dengan percaya diri. Mengambil makanan sendiri 16. Aku bingung. A.. Ha. Istirahat siang 17. Satu putih dan satunya hitam. Menonton D. Salah satu juri menyuruh melihat ke arah kakiku. Mereka menilai penampilanku sangat bagus dan penuh percaya diri. Masalah utama dalam bacaan di atas adalah. Merawat ibunya yang sedang sakit D. Pada jam tujuh malam sampai jam delapan Minar belajar. Aku menyanyi dengan percaya diri.. Setelah makan siang.

24 D.. Tidak sepantasnya Suci memakai kaos kaki yang berbeda warna 20.. Suci memakai dasi B. Bacalah teks berikut dengan membaca cepat! Desi bukan anak yang malas.. Ia selalu mendapat juara pertama. Desi juga selalu menjaga adiknya. Salah memakai kaos kaki. 18. Pemalas B... Seharusnya. Sifat Desi pada bacaan di atas adalah . C. Suci harus berpenampilan adanya D. Desi tidak lupa belajar. Desi selalu membantu kedua orang tuanya bekerja. A. Seharusnya Suci tersenyum duluan baru menyanyi.... Suci mempersiapkan dahulu penampilannya D. Meskipun demikian. Saran yang tepat dari teks tersebut di atas adalah. Nakal C. Suci anak pintar C. Kriteria Ketuntasan . sebelum naik ke atas panggung. Penyayang D. A. Bodoh B.. Pendapat yang tepat dari teks bacaan di atas adalah……… A. Suci memakai dasi 19.. Tidak sepantasnya Suci memakai kaos kaki yang berbeda warna B.

2. Anda harus mengulang kegiatan belajar 1 terutama pada bagian yang Anda belum kuasai. kemudian gunakan rumus di bawah ini untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi kegiatan belajar. C.89 % = Baik 70 % . . Anda dapat meneruskan dengan kegiatan belajar berikutnya.79 % = Cukup < 70 % = Kurang Apabila tingkat penguasaan Anda mencapai 65 % ke atas. A.100 % = Baik sekali 80 % . sumber daya manusia (SDM) andai merupakan kebutuham yang mendasar. C. Hitunglah jawaban Anda yang benar. Hendaknya tetap hidup dalam kesederhanaan 3.25 Cocokkanlah jawaban Anda dengan kunci jawaban tes formatif yang terdapat di bagian akhir modul. B. Kunci Jawaban 1. Rumus: Jumlah jawaban yang benar Tingkat penguasaan = 20 x 100 % Arti tingkat penguasaan yang Anda capai: 90 % . Pada era global. Ederson Honorato yang berusia 21 tahun itu bergabung dengan Nice dua musim lalu. tetapi bila tingkat penguasaan Anda masih di bawah 65 %.

sebelum naik ke atas panggung. B. C. Suci mempersiapkan dahulu penampilannya 20. 10. B. B. Tidak sepantasnya Suci memakai kaos kaki yang berbeda warna C. Untuk mewujudkan masyarakat belajar yang baik diperlukan pengertian yang baik antara kepala sekolah. 13. Kebudayaan merupakan peristiwa sejarah yang abadi dan penting. negara 12.26 4. guru dan siswa serta orang tua siswa. C. Ajakan kepada masyarakat terhadap generasi sekarang ini. D. A. Penyayang . Kurangnya kesadaran para remaja dalam mencintai lingkungan B. 11. 16. 18. 8. 15. D. Merawat ibunya yang sedang sakit D. C. 17. Guru merupakan pekerjaan yang amat mulia C. 14. Kesadaran akan manfaat disiplin 5. Bagaimanakah jiwa kepahlawanan yang harus dikembangkan di ini? A. Salah memakai kaos kaki. Seharusnya. Bahaya akan pengggunaan narkoba 7. Istirahat siang D. Anggrek adalah bunga yang sangat mempesona 6. A. Tidak ada masyarakat di dunia ini yang tidak mengenal kebudayaan. 19. Menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan 9. C.

1 2.27 D.2 8.3 6. Menulis 2.1 7.1 3.1 . PETA KEDUDUKAN MODUL Keterampilan Berbahasa 1.2 6.2 5.1 2.1 8. Membaca 4.1 6.2 7.2 2.1 3.2 3.1 1.3 5.1 4.3 4.3 4. Mendengarkan 1. Berbicara 3.

Anda kerjakan soal-soal evaluasi tanpa melihat jawaban. jika Anda memperoleh skor 65 atau lebih maka Anda dikatakan berhasil untuk belajar pada materi membaca cepat. Setelah selesai Anda kerjakan soal-soal tersebut. dapat melanjutkan untuk mempelajari materi atau Standar Kompetensi berikutnya.28 BAB IV PENUTUP Setelah Anda selesai mempelajari modul ini. Apabila Anda sudah belajar pada modul ini. selanjutnya cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban yang tersedia pada modul. Tetapi apabila Anda .

Yani Maryani.muhammadnoer. 2004. (online). Pengertian Membaca Cepat (online). 2009. diakses 3 Januari 2009) Kosasih. 2010. (http://www. 2007. diakses pada 31 Januari 2010). Jakarta.com. Ade Nurdin. Lembar le DAFTAR PUSTAKA 29 Ahmadefendy. Yrama Widya. Metode Membaca. Bandung . 1700 Bank Soal Bahasa Indonesia untuk SMA/MA. (http://ahmadefendy. Pustaka Setia. E.blogspot. Albert.29 belum berhasil memahaminya. maka pelajari kembali modul ini yang masih Anda belum memahami. Kosasih. Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP.com.

30 30 .

31 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->