RENCANA USAHA

Aspek Pemasaran : Kalau kita cermati tugas pemasar adalah : 1. Menciptakan permintaan. 2. Meningkatkan permintaan. 3. Menjadikan permintaan tetap. 4. Menyesuaikan diri dengan lingkungan usaha. 5. Meningkatkan kepuasan konsumen/ pelanggan.

RENCANA USAHA
1. Menciptakan Permintaan - Dengan cara menciptakan keinginan. - Keinginan diciptakan dengan membuat perbedaan ( differentiation) citra diri. 2. Meningkatkan Permintaan - Dengan harga yang sama permintaan bertambah. - Dengan kuantitas yang sama tapi harga naik. Asalkan konsumen kita puas.

Artinya perubahan harga relatif tidak akan berpengaruh terhadap kuantitas yang diminta. 4.RENCANA USAHA 3. . . Menyesuaikan diri dengan lingkungan. Menjadikan permintaan tetap.Kebutuhan dan keinginan konsumen selalu berubah. Terjadi apabila konsumen kita puas. karena perubahan lingkungan. Tugas pemasar harus selalu menyesuaikan dengan yang terjadi di lingkungan usaha .

. . . Meningkatkan kepuasan konsumen.RENCANA USAHA 5.Jadi kualitas pelayanan harus terus ditingkatkan. Karena produk kita disukai konsumen berkat terpenuhinya kebutuhan dan keinginannya.Kalau konsumen kita puas maka akan memberikan bisnis berulang pada usaha kita dan otomatis konsumen tersebut akan menjadi saluran yang efektif bagi produk usaha kita. . kita fikirkan keuntungan/ laba karena keuntungan merupakan efek samping dari kepuasan konsumen. usaha kita harus berorientasi pada kepuasan konsumen. .Baru setelah itu semua.Merupakan tujuan dari setiap usaha/ bisnis.

RENCANA USAHA • • • • RENCANA USAHA/ BISNIS DALAM ASPEK PEMASARAN (MARKETING). maupun psikologis (pengetahuan dan ekspresi diri). Konsep Dasar : Mengapa bisnis kita berkaitan dengan PEMASARAN ? Karena manusia memiliki : • • • Kebutuhan (need). ayam goreng dan cocacola. baik berupa fisik (sandang. Orang Barat suka makanan kentang goreng. sosial (rasa memiliki dan dimiliki). papan). • • • • • Permintaan (demand). tetapi sumberdayanya terbatas. • • • Keinginan (wants). Maka dari itu akan memilih produk yang memberi nilai (value) dan kepuasan (satisfaction) yang tinggi terhadap uang yang dimiliki dan akan dibelanjakan. Orang Bandung lebih suka lalaban dengan nasi timbel. . Jadi keinginan (wants) tersebut apabila didukung oleh daya beli akan menjadi suatu permintaan (demand). Kebutuhan ini terbentuk oleh adanya budaya & selera. Banyaknya keinginan dan kebutuhan dari manusia. pangan. Sesuatu hal yang diperlukan dalam jumlah minimal untuk kehidupan manusia.

Kemampuan suatu produk/ jasa untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar (market). Merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan untuk penyiapan produk. Nilai (value). layanan dll. yang mampu menghasilkan transaksi yang mampu menghasilkan transaksi dan mampu memuaskan kelompok sasarannya. promosi. sehingga dapat dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan & keinginan. tampilan pribadi. tempat. penentuan harga.RENCANA USAHA Produk (product). . organisasi ataupun ide (gagasan). Pemasaran ( marketing). baik yang berupa ujud fisik (barang). Pasar (market). Kepuasan (satisfaction). distribusi. jasa (layanan). Suatu kesesuaian persepsi konsumen dengan produk/ jasa yang ditawarkan. Suatu potensi permintaan yang mau dan memiliki daya beli (mampu membayar) untuk memenuhi kebutuhan & keinginannya.

. 7 (Tujuh) Bauran Pemasaran. 2. PRICE (harga) adalah besaran yang harus dibayar oleh konsumen/ pelanggan/ para pembeli untuk memperoleh produk yang ditawarkan. antara lain: 1.RENCANA USAHA Perumusan Bauran Pemasaran (Marketing Mix). PRODUCT (produk) yakni gabungan barang & jasa serta hal lain yang melekat di dalamnya yang ditawarkan kepada konsumen.

misalnya dengan demo atau mempertunjukkan proses pembuatan produk tertentu. 4. . 5. PROMOTION (promosi) adalah suatu aktivitas mengkomunikasikan nilai suatu produk serta membujuk kalayak untuk membelinya. PHYSICAL APPEARANCE (penampilan fisik) yang menonjolkan suatu proses. adalah penampilan/ figure personal dari model yang memperagakan suatu produk. yang dikomunikasi bukannya produknya saja tetapi juga lembaga atau industri/perusahaan pembuat produk tersebut. PUBLIC RELATION (humas) . PERSON (pribadi). 7.RENCANA USAHA 3. PLACE (tempat) adalah tempat dimana konsumen dapat memperoleh produk yang diinginkan. 6.

Merek dagang. e. Teknologinya. PRODUCT. d. Kemasan. a. Kenyamanan. i. Nilai. b. g. h. Garansi/ layanan purna jual. Manfaatnya/ kegunaan. Asesoris. gaya hidup. .RENCANA USAHA Penerapan Konsep Marketing Mix. c. Bagaimana desainnya. f. kenikmatan. 1.

c. d. . e. Berikan harga strategis dan bersaing. f. a. Harga bervariasi berdasarkan skim.RENCANA USAHA 2. Harga psikologis. b. Harga dengan biaya plus. Harga penetrasi. Harga terjangkau. PRICE.

bonus. competitions. dll.RENCANA USAHA 4. lucydraw. Advertensi. Direct mailing. event. e. c. Media Promosi: Cetak. Special Offers. b. model. doorprice. PROMOTION. Free Gift. Joint ventures. a. dll. d. . f. Elektronik.

Keamanan. demo.RENCANA USAHA 5. Fasilitas-fasilitas. Tampak fisik. a. b. c. Memperlihatkan proses-prosesnya. . peragaan. PHYSICAL APPEARANCE. d.

Manajemen pengelola yang handal. Ciptakan budaya yang baik. Kita siapkan pegawai yang mumpuni/ kompeten. a. d. b.RENCANA USAHA PERSON/ PEOPLE. . Customer Service. c. pelayanan pelanggan merupakan orientasi utama.

a. Mempersiapkan orang-orang khusus yang melakukan relasi dengan konsumen. Dll.RENCANA USAHA 7. Adanya Personal In Chart (kontak personal). PUBLIC RELATION. Kita siapkan orang-orang yang menangani kehumasan. dengan hubungan telepon langsung (hotline service). c. b. .

2. MUDAH DIGUNAKAN (EASY FOR USE). KESENANGAN/ GAYA HIDUP (CONVINIENCE). . 3. 4. 6. DAYA TAHAN (DURABILITY). NAMA MEREK YANG TERKENAL & DAPAT DIPERCAYA (KNOWN AND TRUSTED BRAND NAME).(Zimmerer. KENIKMATAN. HARGA YANG RELATIF MURAH (LOW PRICE). 7. 5. KENYAMANAN. KETEPATAN (RELIABILITY).1996).RENCANA USAHA KUALITAS USAHA KOMPONEN KUALITAS USAHA BISNIS: • Tujuh (7) komponen kualitas usaha(bisnis) yang menjadi perhatian konsumen agar terpenuhi kebutuhan & keinginannya. 1. INOVASI (INOVATION).

terhadap beberapa hal yang berkaitan dengan bisnis kita. HARGA RELATIF MURAH. 2. .artinya: beberapa lama barang/ layanan/ ide yang diperuntukkan konsumen tersebut dapat dipakai atau bertahan. DAYA TAHAN. artinya : selalu memberikan kemudahan dalam penggunaannya. MUDAH DIGUNAKAN. KETEPATAN. 3. artinya : harga diusahakan selalu dapat dijangkau oleh konsumen. 4. artinya: seberapa rata-rata kelalaian/ sesuatu yang diabaikan.RENCANA USAHA 1.

BRANDING (pemberian Merek). sedapat mungkin diberikan merek dagang yang dapat menjadi image terkenal yang dikemudian hari di benak konsumen.RENCANA USAHA NAMA MEREK YANG TERKENAL & DAPAT DIPERCAYA. . artinya: barang/ layanan/ ide tersebut.

RENCANA USAHA .

RENCANA USAHA .

Tetapkan barang diantar atau tidak. Adanya perbedaan teknik dan cara. Pegawai kita dapat melayani transaksi dengan cepat. Pendekatan baru dalam memperkenalkannya. . . . KENYAMANAN. KENIKMATAN. Cara membayar. tepat. .RENCANA USAHA 6. KESENANGAN/ GAYA HIDUP. . .cermat dan sopan. artinya adanya : . Memberikan segala kemudahan. 7. INOVASI. artinya perihal yang berkenaan dengan: . . Jam praktek usaha yang menyenangkan dan cocok bagi konsumen. Lokasi bisnis dekat dengan pelanggan. Bentuk produk/ layanan yang baru. .

RENCANA USAHA • PRODUK INOVASI. .

RENCANA USAHA .

RENCANA USAHA .

RENCANA USAHA .

RENCANA USAHA .

RENCANA USAHA .

Bisnis Pendidikan. .

Bisnis Pendidikan. .

Desain Produk & Merek Teh Botol Sosro .