P. 1
MAKALAH STATISTIKA

MAKALAH STATISTIKA

|Views: 885|Likes:
Published by Bangkit Supriyadi

More info:

Published by: Bangkit Supriyadi on Aug 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/29/2014

pdf

text

original

MAKALAH STATISTIKA

“Diajukan sebagai salah satu syarat mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) Genap”

DISUSUN OLEH :

Nama : Bangkit Supriyadi Nim : 10044411003

UNIVERSITAS PURWAKARTA FAKULTAS TEKNIK JURUSAN ILMU KOMPUTER TAHUN 2012

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan Puji dan Syukur ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan hidayah-Nya yang telah dilimpahkan kepada kami , Akhirnya Tugas ini dapat terselesaaikan dengan baik dan selamat. Tugas makalah ini pada dasarnya membentuk kita untuk belajar Observasi Lapangan. Didalam makalah ini kami membahas tentang Statistika, penyajian data, pengolahan data, mean, median, desil dan presentil. Pada pembuatan makalah ini, kami mengalami suatu kendala atau halangan. Namun halangan tersebut sudah kami perhitungkan dan pertimbangkan semampu kami. Untuk itu kami semua memohon kepada Dosen matakuliah ini untuk lebih membimbing kami semua . Dan Kami semua menyadari bahwa tugas makalah ini masih sangat jauh dari sempurna, karena keterbatasan kami. Untuk itu kami mengharapkan saran dan perbaikan , sehingga makalah ini dapat lebih bermanfaat bagi kita semua.

Purwakarta, April 2012

Penyusun

DAFTAR ISI Cover Kata Pengantar…………………………………………………………………….i Daftar isi………………………………………………………………...………….ii BAB I. PENDAHULUAN………………………… ……..…………….....………..1 1.1 Latar belakang masalah…………………………………….………..1 1.2 Rumusan dan batasan masalah…………………………....………...1 1.3 Tujuan penulisan….…………………………………………...……...1 1.4 Metode penulis…………………………………………………....…...1 1.5 Sistematika penulisan………………………………………………....2 BAB II ISI.………………………………………………………………………....3 2.1 Populasi .............................………………………………………….........3 2.2 Sampel ..............……………………............................................................3 2.3 Pengumpulan Data ........................................................................................3 2.4 Pengolahan Data ..........................………………......…………………...3 a) Penyajian Data ....................................................................................4 b) Mean ...................................................................................................4 c) Median ................................................................................................4 d) Modus .................................................................................................4 BAB III PENUTUP……………………………………………………………........5 3.1 Kesimpulan…………………………………………………………......5 3.2 Saran………………………………………………………………........5

BAB I PENDAHULUAN

I.I Latar Belakang masalah Mata kuliah Statistika bagi mahasiswa sangat diperlukan terutama ketika seorang mahasiswa harus mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menginterprestasikan data untuk pembuatan skripsi, thesis atau disertasi. Dalam hal ini pengetahuan Statistik dipakai dalam menyusun metodologi penelitian. Sebagai suatu ilmu, kedudukan Statistika merupakan salah satu cabang dari ilmu m atematika terapan. Oleh karena itu untuk memahami Statistika pada tingkat yang tinggi, terlebih dahulu diperlukan pemahaman ilmu matematika.

I.2 Rumusan dan Batasan masalah Rumusan pada fasilitas bluetooh ini adalah untuk komunikasi data dengan perangkat lainnya tanpa menggunakan kabel dan berusaha menerangkan jarak maksimal yang diterima oleh fasilitas Bluetooth.

1.3 Tujuan penulisan Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk lebih memahami observasi lapangan tentang Statistika. 1.4 Metoda Penulisan Dalam melakukan pengerjaan makalah ini kami mencari informasi yang berhubungan observasi lapangan, kami menggunakan Metoda penulisan dengan cara mempelajari

Statistika ini dari berbagai media ,buku dan internet.

1.5 Sistematika Penulisan Dalam penyusunan makalah ini terdiri dari bab perbab menurut urutan pembahasannya, yang terdiri dari : BAB I : PENDAHULUAN Berisi uraian Latar belakang masalah , Rumusan dan Batasan masalah ,Tujuan penulisan , Metode penulisan , dan Sistematika Penulisan. BAB II : ISI Membahas tentang observasi lapangan yang telah dilakukan untuk menyusun karya ilmiah BAB III : PENUTUP Berisi kesimpulan dan saran dari uraian dan pembahasan pada makalah ini.

BAB II ISI

2.1 Populasi Parameter yang diteliti sudah jelas, yaitu penjualan rokok dari jam 08.00 s/d 15.00 di sebuah toko sembako. Populasi dalam penelitian ini adalah penjualan rokok.

2.2 Sampel Representatif Seorang peneliti menyelidiki penjualan rokok di sebuah toko. Di toko tersebut terdapat 100 item rokok. Peneliti memilih 15 item rokok berbeda di toko tersebut. Kemudian peneliti membandingkan jumlah penjualan rokok dari 15 item rokok tersebut.

2.3 Pengumpulan Data

2.4 Pengolahan Data (a) Penyajian Data

Kelas 45 50 55 60 65 70 75 80 85 Jumlah

Fi 8 12 4 3 9 13 4 12 5 70

N * fi 360 600 220 180 585 910 300 960 425 4570

(b) Nilai Rata – Rata (mean)

∑( )

= 65,28
(c) Median

½ . n = ½ . 70 = 35
(d) Modus

70 Me = b + p . ( = 69,5 + 5 ( =( ) )

) = 69,5 + 0,7 = 70,2

BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis statistik dalam penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan, yaitu penjualan rokok di toko tersebut mengalami peningkatan dari penjualan sebelumnya. Dengan menggunakan penelitian ini pemilik toko dapat mengetahui hasil dari penjualan rokok dalam itungan jam.

3.2 Saran Program penjualan akan lebih efektif bila pemilik toko dapat melakukan pengolahan data yang dapat menghasilkan data efektif dan akurat. Program pengolahan data ini penting untuk meningkatkan penjualan rokok untuk pemilik toko tersebut. Maka dari itu peneliti menekankan agar pemilik toko dapat melakukan program tersebut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->