Tips & Trik Untung Pembibitan Kambing Oleh Idham Cholid (CeO di IGL Farm dan kontributor untuk www

.dagingkiloan.com) Pengantar Sebagai ilustrasi, jika memiliki uang rp. 10 juta lalu anda belikan 1 buah motor. Tahun depan, karena adanya penyusutan barangkali jika hendak menjualnya anda akan memperoleh uang Rp. 5 s.d. rp 8 juta,. Jika dana 10 juta tersebut anda belikan 10 ekor kambing betina produktif, insha Allah dalam tempo setahun 10 indukan itu sudah melahirkan sekitar 15 ekor anakan usia ratarata 5-7 bulan. Dan 10 indukan itu sudah dalam keadaan mengandung janin lagi. Untuk konversi nilai tukar kambing tersebut ke dalam rupiah silahkan anda lakukan sendiri, perkiraan saya nilainya tidak kurang dari 16 juta mengacu pada harga kambing saat ini. Antara Penggemukan dan Pembibitan Jika dibandingkan dengan penggemukan, usaha pembibitan kambing ini boleh dikatakan relatif lebih santai. Dalam penggemukan, anda bekerja untuk mencapai target bobot maksimal agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Anda berinteraksi dengan banyak faktor antara lain: bibit unggul, pakan berkwalitas, air yang cukup, tenaga pengurus yang dingin, kandang yang ideal, timing pemberian pakan dan vitamin yang tepat, obat-obatan sesuai dosis dan analisis yang semuanya berujung pada penambahan bobot dan bobot lagi. Di dalam pembibitan, anda hanya perlu berhitung dengan waktu sampai tiba hari-H kambing-kambing melahirkan anakan. Pada umumnya kambing mengandung selama 5 bulan, beberapa minggu pemulihan kesehatan dan menyusui anakan sampai dapat bercampur lagi dengan pejantan. Jadi efektif seekor indukan dapat melahirkan tiga kali dalam dua tahun. Penjualan Indukan Apkir Ketika berumur 5 tahun, indukan kambing akan sampai pada masa apkir. Pada saat itu anda sudah sampai pada timing untuk menjual. Setelah melahirkan beberapa kali, diperkirakan bobot indukan akan menjadi lebih bongsor, sehingga harga menjadi relatif lebih tinggi dibandingkan dengan harga pada saat membelinya kala usia dara dulu. Ini belum termasuk penambahan jumlah uang dari nilai inflasi yang terjadi dari tahun ke tahun. Anakan untuk Penggemukan Dalam usaha penggemukan, seekor domba atau kambing tua yang anda berikan pakan berkwalitas tidak berpengaruh signifikan pada penambahan bobot badannya. Berbeda

Anda bisa memberikan asupan penambah tenaga seperti telur. Oleh karena itu. Bersihkan bagian tali pusat si bayi dengan alkohol atau abu panas untuk mensterilkannya dari serangga atau hama lainnya. Berikan Kolestrum kepada Anakan Kolestrum terdapat dalam kandungan air susu induk yang keluar pada beberapa hari permulaan kelahiran. Seekor pejantan super dengan karakter birahi yang baik dapat dicampurkan dalam satu kandang dengan 50 ekor betina. Dia akan mengawini betina secara bergiliran dengan hari berselang-seling istirahat dan kawin. Di sini. Jika gagalpun. Membantu “Jabang Bayi” Apalagi jika setelah melahirkan. Pemberiannya sangat penting karena kandungannya sangat baik bagi . Berikan tempat agar sang induk dapat bergerak dengan leluasa untuk memberikannya ruang agar banyak berjalan. 2. apalagi jika di tambah dengan keluarnya cairan dari alat reproduksi. tentu dengan biaya yang relatif mahal. cukup miliki pejantan super dengan betina-betina biasa. Di sini anda bisa meminta bantuan dokter hewan untuk memberikan suntikan hormone yang dapat merangsang keluarnya janin dalam hitungan jam. dokter hewan mengenal istilah operasi sesar pada kambing. Pejantan Berkwalitas Salah satu kunci sukses dalam usaha pembibitan adalah seleksi pejantan dan indukan Berkwalitas agar melahirkan anakan yang berkwalitas. indukan tidak mampu mengeluarkan anaknya hingga berhari-hari. Membantu Indukan Dalam Proses Melahirkan Untuk kelahiran pertama. Perhatian Khusus Menjelang Kelahiran Pemberian pakan dan air harus lebih diperhatikan di bulan akhir menjelang kelahiran.dengan setiap anakan yang lahir di kandang anda. Sehingga tidak ada resiko pakan yang anda berikan akan terbuang percuma tapi justru akan menambah bobot berat badan anakan kambing tersebut. Jika memiliki anggaran yang kecil. 3. prosesnya seringkali cukup sulit. Tips Pembidanan 1. Biarkan betina itu di dalam kandang sampai terlihat perutnya membuncit dan susunya “turun” lalu anda bisa pindahkan dia ke kandang beranak. anakan sebaiknya tidak dijual tapi kita masukkan dalam program penggemukan. Yang kami maksud dengan kwalitas di sini adalah bobot badan yang melebihi rata-rata pada usianya. orang biasa memberikan ramuan daun kapuk untuk mempermudah proses kelahiran. Pada beberapa kasus kegagalan alat reproduksi. Dengan demikian anda akan beroleh keuntungan yang maksimal. setidaknya si pemelihara harus turun tangan membersihkan lendir khususnya pada bagian hidung dan mulut. inilah saatnya anda beroleh rezeki. dia adalah bibit-bibit yang anda tahu pasti sedang dalam masa pertumbuhan. sang induk tidak mau menjilati tubuh anaknya dan menyusuinya. gula merah/ pasir agar sang induk kuat mengedan. seperti halnya pada manusia. Di kampung. 4. Jika dia melakukan gerakan menggaruk-garukkan kaki depan ke lantai.

anti-bodi sang bayi. silahkan sms di 0812-9425-0474 atau telepon Bapak Fajar di 0813-11449389. jika ada penolakan. Anda bisa mempraktekkan tips dan trik di atas untuk terjun dalam usaha pembibitan kambing. Dan si bayi tanpa harus diajari akan menggerak-gerakan mulutnya mencari puting susu sang induk. Apalagi resiko penyakit yang berujung kematian pada kambing masih relatif kecil. Jika anda berminat joint investasi di kandang kami. Penutup Usaha pembibitan kambing menurut penulis bersifat santai tapi menguntungkan. maka anda harus turun tangan. Di sini kita cukup berhitung dengan waktu dan sedikit ketelatenan dalam membidani kelahiran. . Indukan yang memiliki sifat keibuan yang tinggi akan memberikan susunya tanpa diminta. Anda tidak perlu dikejar-kejar target pencapaian bobot badan sehingga harus menganggarkan dana besar untuk membeli pakan berkwalitas. Pertama dengan cara mendekatkan puting indukan ke mulut bayi. perahlah dan masukkan air susu ke dalam botol susu bayi untuk diberikan kepada anakan itu. Perhatikan betul jika induknya acuh tak acuh atau justru melakukan gerakan yang memusuhi anaknya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful