P. 1
Safir Senduk - Mengelola Keuangan Pribadi Keluarga

Safir Senduk - Mengelola Keuangan Pribadi Keluarga

|Views: 281|Likes:
Published by warnetsynergy

More info:

Published by: warnetsynergy on Aug 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/10/2014

pdf

text

original

Sections

  • 1. MENGENAL POS-POS PENGELUARAN YANG BESAR
  • 2. DUA POS PENGELUARAN "TERSEMBUNYI"
  • 3. MENGENAL PRODUK SIMPANAN DI BANK
  • 4. MEMILIH ALAT PEMBAYARAN
  • 5. PERLUKAH SUAMI-ISTRI MILIKI REKENING BERSAMA?
  • 6. MENYADARI PENGELUARAN YANG TIDAK WAJIB
  • 7. JANGAN ANGGAP REMEH UANG RECEH
  • 8. PENTINGNYA PUNYA DANA CADANGAN
  • 9. MENGHITUNG PERKIRAAN BIAYA PENDIDIKAN
  • 10. PERSIAPAN DANA PENDIDIKAN: PENTING TIDAK SIH?
  • 11. ASURANSI APA SAJA YANG KITA PERLU?
  • 12. 7 PENYEBAB UANG ASURANSI TAK DIBAYAR
  • 13. LANGKAH-LANGKAH MENGANTISIPASI RISIKO

Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www.

perencanakeuangan.com)

DASAR-DASAR KEUANGAN
Dunia keuangan adalah dunia yang terus berkembang. Produk-produk keuangan baru terus bermunculan. Begitu juga dengan istilah-istilah baru. Setiap orang dituntut untuk mengetahui segala hal yang berhubungan dengan masalah keuangan.

Mengelola Keuangan:
Pengelolaan Sehari-hari: 1. Mengenal Pos-pos Pengeluaran yang Besar 2. Dua Pos Pengeluaran "Tersembunyi" 3. Mengenal Produk Simpanan di Bank 4 Memilih Alat Pembayaran 5. Perlukah Suami-Istri Miliki Rekening Bersama 6. Menyadari Pengeluaran Yang Tidak Wajib 7. Jangan Anggap Remeh Uang Receh 8. Pentingnya Punya Dana Cadangan Pendidikan Anak: 9. Menghitung Perkiraan Biaya Pendidikan 10. Persiapan Dana Pendidikan: Penting Tidak Sih?

Risiko dan Asuransi: 11. Asuransi Apa Saja yang Kita Perlu? - terbaru 12. 7 Penyebab Uang Asuransi Tak Dibayar 13. Langkah-langkah Mengantisipasi Risiko

Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www.perencanakeuangan.com)

1. MENGENAL POS-POS PENGELUARAN YANG BESAR
Oleh: Safir Senduk Dikutip dari Tabloid NOVA No. 708/XIV Meski tidak pernah diinginkan terjadi dalam keuangan keluarga ataupun perusahaan, defisit itu seringkali tidak bisa dihindari. Bahkan uniknya, seringkali defisit terjadi berulang-ulang dan dari bulan ke bulan tanpa bisa dihentikan. Defisit adalah suatu kondisi di mana pengeluaran keluarga Anda lebih besar daripada pemasukan. Karena itu, bila pemasukan Anda adalah Rp 2 juta per bulan, maka akan lebih baik bila pengeluaran Anda lebih kecil daripada Rp 2 juta. Karena bila pengeluaran Anda lebih dari Rp 2 juta (terjadi defisit), maka selisihnya mungkin harus Anda ambil dari simpanan yang Anda miliki, entah dari tabungan, deposito atau simpanan yang lain. Bila yang terjadi pengeluaran Anda terus menerus melebihi pemasukan Anda tiap bulan, jelas: simpanan Anda akan berkurang terus sehingga lama kelamaan akan habis. Karena itu, penting sekali bagi Anda untuk bisa mengatur pengeluaran agar tetap lebih rendah dari pemasukan. Dengan demikian, simpanan Anda tidak akan berkurang, bahkan sebaliknya: Anda jadi bisa menabung dan simpanan Anda akan terus bertambah. Gambarannya seperti di bawah ini: Pemasukan Rp 1.000 Pengeluaran Rp 900 -------------------Selisih Rp 100 Jadi, kalau dilihat dari sisi pengeluaran, semakin rendah pengeluaran yang Anda lakukan setiap bulan, maka akan semakin besar pula selisih uang yang akan Anda miliki, sehingga makin besar pula jumlah uang yang bisa Anda tabung. Masalah yang sering muncul disini adalah bahwa tidak semua orang bisa dengan cukup mudah menekan pengeluarannya. Ini terutama lebih terasa bila seseorang sudah berkeluarga. Sebuah keluarga seringkali memiliki Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www.perencanakeuangan.com)

pengeluaran yang cukup besar setiap bulannya sehingga tidak ada uang yang bisa ditabung. Yang tidak disadari, seringkali pengeluaran yang besar tersebut terjadi karena banyaknya pos-pos pengeluaran yang jumlahnya berlebihan. Berdasarkan pengalaman saya dalam memberikan Konsultasi Keuangan Lisan kepada klien, ada beberapa pos pengeluaran yang seringkali memiliki jumlah yang terlalu besar. Inilah mereka. 1. TAGIHAN TELEPON Tagihan telepon termasuk pos yang sering membengkak karena seringkali telepon dipakai untuk hal-hal yang tidak produktif. Jangankan ABG atau remaja, orang dewasa saja cukup sering menggunakan telepon hanya untuk ngobrol yang tidak tentu arah hingga berjam-jam lamanya. Belum lagi bila kebiasaan itu dilakukan hampir setiap hari. Kalau masih lokal sih tidak apa-apa. Tapi terkadang seringkali dilakukan dari telepon rumah ke ponsel yang dihitung sebagai interlokal. Penyebab lain yang bisa membuat tagihan telepon bengkak adalah seringnya penggunaan JAPATI. Buat Anda yang belum tahu, JAPATI adalah singkatan dari Jasa Pintar Teknologi Informasi, sebuah jasa layanan hiburan melalui telepon. Banyak orang tertarik menggunakan jasa ini karena kentalnya unsur hiburan dan kadang-kadang adanya hadiah. Tarif penggunaan Japati yang nomornya biasa dimulai dengan angka 0800, 0805, 0807 dan 0809 ini bisa berkisar sebesar Rp 1.500 Rp 3.300 per menit. Dengan pengenaan tarif seperti itu, wajar bila tarif telepon bisa membengkak tidak karuan. Apa lagi? Internet. Internet adalah salah satu penyebab yang juga bisa membuat Tagihan Telepon Anda menjadi bengkak. Umumnya, penggunaan internet bisa dibagi menjadi beberapa tujuan. Yang pertama adalah untuk penggunaan e-mail (surat elektronik). Yang kedua adalah untuk penggunaan web-browsing (pencarian situs). Sedangkan yang ketiga adalah untuk chatting (bercakap-cakap). Dari ketiganya, biasanya yang terakhirlah (chatting) yang paling berpotensi menggendutkan tagihan telepon Anda. Barulah disusul web-browsing, dan - yang paling tidak membuat Tagihan Telepon Anda bengkak adalah untuk penggunaan e-mail.

Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www.perencanakeuangan.com)

padahal belum tentu keberadaan ponsel tersebut dia butuhkan semuanya. sering membuat orang membeli ponsel sampai beberapa kali. kemudian jaket. Contohnya seperti baju. Kadang-kadang.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Penyebab utama seringnya barang-barang elektronik dibeli secara berulang adalah karena gencarnya iklan. 3. necis. denim atau cardigan. Padahal.perencanakeuangan. celana.com) . kaus kaki. yang ternyata hanya saya pakai beberapa kali saja. atau tas. belum tentu busana dan aksesoris tersebut akan selalu dipakai. Kita tidak bisa menutup mata bahwa kadang-kadang gengsi memegang peranan penting dalam pembelian busana dan aksesori. sering membuat orang membeli busana dan aksesori secara berlebihan dalam hal kuantitas. BARANG-BARANG ELEKTRONIK Pembelian barang-barang elektronik kadang-kadang juga bisa menghabiskan biaya yang cukup besar. ikat pinggang. Dari pengalaman saya selama ini dalam menghadapi klien. Banyak orang yang karena gengsi membeli busana dan aksesori karena merek yang cukup terkenal. Padahal banyak merek lain yang tidak kalah bagus yang bisa dibeli dengan harga yang lebih terjangkau. BUSANA DAN AKSESORINYA Selain telepon. sepatu. Selain itu. Yang dimaksud adalah barang-barang penutup dan penghias tubuh. tetapi karena sering pembeliannya dilakukan berulang. masih ditambah dengan jas atau blazer. padahal barang itu sudah ada sebelumnya di rumah. pengeluaran besar berikutnya yang sering terjadi adalah pengeluaran untuk membeli busana dan aksesoris. barang yang pembeliannya sering dilakukan berulang adalah stereo set/radio-tape dan telepon seluler. Banyaknya iklan ponsel yang di media massa misalnya. Hal yang sama Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Sampai-sampai tidak jarang kita melihat ada orang yang punya dua atau tiga ponsel sekaligus. sebelum akhirnya tas itu teronggok dengan manisnya di kamar tidur saya dan tak pernah dipakai lagi. adanya keinginan seseorang untuk tampil rapi.2. Bukan karena tingginya harga barang tersebut. jam tangan. Saya ingat bahwa saya pernah karena lapar mata membeli sebuah tas yang harganya cukup mahal.

maka Anda mungkin akan merasa tidak enak kalau tidak memberikannya hadiah. HADIAH DAN SUMBANGAN Tidak bisa dipungkiri.juga terjadi pada radio-tape.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. sehingga lama kelamaan simpanan Anda akan terus berkurang dan suatu saat habis. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Untuk hadiah misalnya. Bagaimana dengan acara ulang tahun? Berapa kali dalam sebulan ada teman Anda yang berulang tahun? Bila teman Anda berulang tahun dan mentraktir Anda makan. SI SUMBER MASALAH Dari pengalaman saya selama ini dalam melayani klien.perencanakeuangan.. Dan bila simpanan Anda tersebut sudah habis. terkadang pengeluaran untuk pemberian hadiah atau sumbangan seringkali sangat besar.. mudah-mudahan setelah mengetahui pos-pos pengeluaran apa saja dalam keluarga yang seringkali membengkak tak terduga.. berapa kali dalam sebulan Anda datang ke sebuah kondangan? Anda tentunya akan memberikan amplop kepada si pengantin baru. Simpanan Anda akan dipakai untuk menutup defisit tersebutt.. saya bisa katakan bahwa defisit (pengeluaran lebih besar daripada pemasukan) adalah sumber dari hampir segala masalah keuangan. Bagaimana dengan kelahiran anak? Siapa teman Anda yang akan melahirkan bulan ini? Siapa teman Anda yang akan melahirkan bulan depan? Anda mungkin akan membelikan kado juga buat si anak yang baru saja lahir. sehingga lama kelamaan harta benda Anda juga akan habis dijual. Kenapa? Sederhana sekali. 2. atau sepatu baru kepada anak atau keponakan. maka. maka. Bila simpanan serta harta benda Anda juga sudah habis. kita seringkali memberikan baju. 1. Nah. maka. Anda bisa mendeteksi dan menyusun perencanaan keuangan yang lebih baik. Dengan adanya pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan. DEFISIT. Anda akan menjual harta benda Anda untuk menambah simpanan tunai Anda.com) .. celana. Coba hitung. Belum lagi bila Anda datang ke sebuah undangan pernikahan. Itu baru undangan kawin.. 4.

3. bila dirunut. penyebabnya ternyata hanya satu: karena pengeluaran Anda lebih besar daripada pemasukan! Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo.perencanakeuangan.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Anda akan pinjam uang dari sana-sini. Jadi bisa dilihat bahwa masalah keuangan merupakan salah satu penyebab terbesar dari munculnya masalah-masalah keluarga.com) . maka akibat yang akan muncul adalah: * Berkurangnya rasa aman karena tidak memiliki simpanan uang di dalam rekening * Munculnya pertengkaran dengan pasangan Anda karena simpanan uang keluarga habis terpakai dan harta benda keluarga habis dijual * Turunnya rasa percaya diri karena Anda harus seringkali pinjam uang ke sana-sini * Munculnya perasaan malu karena didatangi oleh seorang debt collector yang ingin menagih hutang Semua itu tentunya bisa menjadi pemicu dari segala macam masalah keluarga. Dan bisa dibayangkan apa yang akan terjadi kalau simpanan uang Anda habis. harta benda Anda habis. dan Anda punya hutang disana-sini. Dan semua itu.

com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Saya mesti keluar uang Rp 650 ribu untuk perbaikannya. kan? Betul. Pengeluaran ini mungkin jarang atau tidak pernah disebut. "Segera setelah urusan genteng ini beres. Sementara hujan sedang sering-sering turun. 689/XIV Kalau saja sekarang saya minta Anda menuliskan pengeluaran-pengeluaran apa yang rutin Anda lakukan sehari-hari. Tapi kalau dilihat lagi. Mereka naik ke atas genteng. tapi hampir selalu muncul tiap bulannya. Tapi segera setelah hutang itu beres. dan hutang saya ke kartu kredit lunas. air. saya pasti bisa nabung dan keadaan keuangan saya pasti bisa jadi baik lagi. listrik. keadaan keuangan saya pasti jadi baik lagi. Saya sarankan Anda untuk mengantisipasi munculnya dua pos pengeluaran tak terduga itu. apa yang akan Anda tulis? Pastinya Anda akan menuliskan pos-pos pengeluaran seperti makan. membayar Rp 100 ribu setiap bulan untuk melunasi hutang kartu kredit itu." Benar begitu? Tidak sepenuhnya. Wah. Jadi saya pakai kartu kredit saya untuk mbayar. nih.perencanakeuangan.2. transpor. Sekarang saya musti nyicil Rp 100 ribu setiap bulannya untuk ngelunasin hutang itu. dan hal-hal semacam itu. DUA POS PENGELUARAN "TERSEMBUNYI" Oleh: Safir Senduk Dikutip dari Tabloid NOVA No. tapi tetap harus pakai uang juga kan? "Oke. Betul. "Mobil saya rusak." katanya. sekolah anak. dan melihat ada empat genteng yang rusak dan harus diganti. Makanya sekarang saya enggak bisa nabung. mereka seringi menjawab seperti ini. Mereka bekerja keras. harus keluar uang lagi kan? Mungkin tidak perlu pakai kartu kredit kalau membeli genteng di toko material. dan coba tebak apa yang berikutnya terjadi? Atap rumahnya bocor. sebetulnya ada dua pos pengeluaran "tersembunyi". Inilah mereka.com) . Situasi inilah yang biasanya sering menyebabkan banyak dari kita "terjebak" dalam hutang dan tidak bisa menabung." Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. telepon. Pos Pengeluaran Nomor 1: Perbaikan Ketika saya bertanya kepada banyak orang tentang kenapa mereka terjebak ke dalam hutang.

" "Si Upik sakit demam enggak sembuh-sembuh. Begitu juga dengan kehidupan Anda.pasti memiliki masalah. Hidup ini penuh risiko. keadaan keuangan Anda akan baik kembali? Orang tiap bulan pasti ada saja. saya berani mengatakan bahwa yang namanya kehidupan bernegara pasti ada saja masalahnya. Jadi kenapa Anda kaget dan mengatakan bahwa segera setelah Anda membayar segala perbaikan itu." "Teve. Yang berbeda hanya tingkat kesulitan dan jenis masalahnya.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www.Oh ya? Ternyata tidak juga. dan sebagainya. Nanti repot kan kalau nyuci tanpa pakai mesin cuci? Bisa pegal-pegal tangan ini." Belum lagi bohlam putus. sambil tetap membayar hutang kartu kredit. begitulah hidup ini. Termasuk dalam hal keuangan. yang harus diperbaiki. teve itu satu-satunya hiburan di rumah ini. Pasti ada saja masalah yang akan muncul dalam kehidupan keluarga Anda sehari-hari.com) . Cepat bawa ke tempat servis. mati! Waduh. orang sering merasa kaget seolah-olah tidak menyangka hal itu akan terjadi. Namanya saja hidup. Padahal sudah jelas: kalau Anda membeli teve. Mana sinetronnya bagus-bagus lagi. Tapi tetap saja ketika sesuatu itu betul-betul terjadi. kan? Begitu pula jika Anda membeli mesin cuci atau benda-benda elektronik lainnya. Semua negara dari waktu ke waktu . kok. Tidak ada negara yang tidak memiliki masalah. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Belum lagi beli obatnya. mesin cuci rusak? Wah. Kalau Anda selalu mengeluh bahwa negara kita ini selalu didera masalah. Harus ke dokter anak. keran bocor.perencanakeuangan. antisipasi masalah perbaikan ini dalam anggaran bulanan keluarga yang Anda buat setiap bulannya. Sama seperti negara ini. maka pasti ada suatu saat di mana teve Anda akan rusak. Hampir tiap bulan Anda pasti akan keluar uang untuk membiayai perbaikan-perbaikan tak terduga tersebut. Ada banyak contoh kejadian yang membuat Anda tidak bisa tinggal diam dan harus memperbaiki hal-hal yang rusak tersebut. Mereka keluar uang untuk membeli sejumlah genteng baru. Berapa pun ongkos perbaikannya kita bayar. kok. Ya. Tapi coba tebak apa yang berikutnya terjadi? "Lo. ada banyak hal yang bisa terjadi. mesti panggil tukang servis nih. Jadi kenapa Anda kaget? Saran saya.

Mungkin Anda merasa bahwa Anda tidak punya pilihan lain. Siapa teman Anda yang akan melahirkan bulan ini? Siapa teman Anda yang akan melahirkan bulan depan? Anda mungkin akan membelikan kado juga buat si anak yang baru saja lahir.com) . celana atau sepatu baru untuk anak atau keponakan Anda? Nah. Bagaimana dengan acara ulang tahun? Siapa temanteman yang Anda tahu akan berulang tahun bulan ini? Anda mungkin akan membelikan kado juga buat mereka. saya sarankan Anda tidak Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. akan makin banyak pula pemberian hadiah yang akan Anda lakukan. Jangan lupa pula dengan undangan pernikahan? Saya rasa tiap bulan Anda mungkin mendapatkan paling tidak dua atau tiga undangan pernikahan di mana Anda mau tidak mau harus mengeluarkan amplop untuk diberikan kepada si pengantin baru. dalam tiga sampai enam bulan terakhir ada berapa uang yang telah Anda keluarkan untuk pemberian hadiah? Bisa jadi jumlahnya tak terduga. ada banyak anggota keluarga atau teman Anda yang akan merayakan hari-hari seperti itu. Masalahnya.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Anda sedang mengalami masalah hutang yang cukup serius. Itu baru Lebaran lho. sekarang coba hitung berapa jumlah uang yang Anda keluarkan untuk itu. kenapa Anda tidak mengendalikan diri Anda dalam memberikan hadiah? Coba Anda ingat kembali. Jangan lupa pula dengan kelahiran anak. Pendeknya. Makin banyak teman atau anggota keluarga yang Anda miliki. karena hubungan Anda dengan mereka sangat dekat. Anda merasa harus memberikan hadiah untuk orang-orang tersebut.Pos Pengeluaran Nomor 2: Hadiah Apakah Anda termasuk orang yang suka membagikan amplop (berisi uang tentunya) ketika Lebaran datang? Beli baju. KENDALIKAN DIRI ANDA Bicara soal pemberian hadiah. Jadi saran saya. Itulah jumlah uang yang harus Anda keluarkan setahun sekali setiap Lebaran datang.perencanakeuangan. bagaimana jika kondisi keuangan Anda sedang sangat sulit? Katakanlah. Dalam hal ini. antisipasi juga pengeluaran yang akan Anda lakukan untuk pembelian hadiah dalam anggaran bulanan keluarga Anda.

Tapi bila Anda sedang berada dalam masalah hutang yang cukup parah. Sementara jika yang mengundang bukan orang kaya.mengeluarkan banyak uang untuk pos-pos pengeluaran yang sifatnya tidak wajib.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Saya tidak menyarankan Anda untuk bersikap pelit. dia malah memberi kado yang ala kadarnya. Apalagi jika orang yang akan kita beri hadiah sebenarnya adalah orang yang kondisi keuangannya lebih mampu dari kita. Pemberian hadiah. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Lucunya.perencanakeuangan. maka tidak memberikan hadiah (atau menekan pengeluaran untuk pos hadiah) adalah pilihan yang sangat bijaksana. tentu Anda bisa dibilang pelit kalau tidak pernah mau memberi hadiah. Kalau Anda cukup punya uang dan tidak sedang memiliki masalah hutang. umumnya merupakan pos pengeluaran yang tidak wajib. Kendalikan diri Anda dalam memberikan hadiah.com) . Itu saja saran saya. ada saja orang yang merasa gengsi kalau tidak memberi hadiah mahal saat diundang ke pernikahan orang kaya.

Bank kerap disebut sebagai urat nadi kegiatan ekonomi suatu negara.com) . Ini karena uang adalah darah yang menggerakkan perekonomian. nadi adalah "saluran" yang bertugas mengantar zat-zat (yang terdapat dalam darah) dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lain. Kalau pada manusia. Anda mungkin akan mendapatkan suku bunga 10 persen per tahun. Bank adalah lembaga yang bisnis utamanya adalah menyimpan dan meminjam dana dari masyarakat. dan apa saja produk-produk yang dijual oleh bank. kan? Karena itu. lo. bank akan meminjamkan uang itu ke masyarakat. saya yakin tidak semuanya bisa menjawab. keuntungan yang didapat dari selisih itu masih harus dikurangi lagi untuk membayar biaya-biaya operasional si bank. kurang darah akan menyebabkan lesu. terutama produk simpanannya.perencanakeuangan. Tulisan kali ini akan membahas sedikit tentang apa itu bank. sekalipun saya sendiri juga tidak tahu apa yang dimaksud dengan bank (padahal orang tua saya dulu bekerja di bank). Pada manusia misalnya. 682/XIII Anda pasti pernah berurusan dengan bank. kurang uang akan menyebabkan ekonomi negara menjadi lesu. Itu baru keuntungan kotornya. maka pada negara. saya sendiri sudah membuka rekening tabungan sendiri di bank sejak saya SMA. MENGENAL PRODUK SIMPANAN DI BANK Oleh: Safir Senduk Dikutip dari Tabloid NOVA No. Selisih persentase itulah yang menjadi keuntungan bank. Tidak ada bisnis yang akan buka kalau tidak ada uang. Pada gilirannya. Dengan demikian kita bisa mendayagunakan produk-produk itu semaksimal mungkin sesuai dengan kebutuhan kita. kenapa Anda tetap mau membuka rekening dan menyimpan uang di sana? Tidak usah khawatir pembaca.3. Tapi kalau saya tanya apakah ada di antara Anda yang tahu apa sih sebenarnya bank itu. Kalau belum tahu. Anda pun tidak mau berbisnis kalau tidak ada iming-iming uangnya. tidak berlebihan rasanya jika kita mengenal lebih jauh tentang produk-produk yang ada dalam bank. kalau Anda menyimpan uang di bank (misalnya deposito). Pada kenyataannya. dan pihak yang meminjam uang itu harus membayar bunga kepada bank yang lebih tinggi dari 10 persen.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. seperti gaji pegawai dan biaya-biaya kantor yang lain. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Sebagai contoh.

Sebagai timbal balik atas pelayanan dan fasilitas yang diberikan. setiap bulan Anda akan mendapatkan rekening koran (semacam laporan rutin) yang dikirimkan ke alamat Anda tiap bulan.com) . Minimal setoran untuk rekening giro berbeda-beda pada tiap bank.2 persen dari jumlah saldo (biasanya) terendah yang menjadi ketentuan minimal dalam sebulan.000 (untuk rekening giro perorangan) dan Rp 500. biasanya bank memberikan jasa giro maksimal sebesar 1 . Barulah setelah itu uang akan cair di dalam rekeningnya. GIRO Rekening Giro adalah rekening yang uangnya bisa diambil setiap hari. Kalaupun ada bank yang memberikan bunga.000 (untuk rekening giro perusahaan). produk perbankan dapat dibedakan menjadi dua: produk-produk simpanan dan produk-produk pinjaman. Tulisan kali ini akan membahas lebih dulu produk-produk simpanan di bank dan bagaimana memaksimalkan manfaatnya. Bila Anda bertransaksi dengan pihak lain.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. maka bunga itu biasanya kecil dan sering disebut dengan istilah "jasa giro". maka Anda bisa membayarnya dengan menggunakan cek atau giro bilyet. Karena itu. Pada saat ini. Rekening giro biasanya tidak memberikan bunga. 1. jumlah setoran terkecil adalah Rp 250. Cek adalah surat berharga di mana orang yang Anda beri cek ini bisa langsung menguangkannya di bank. di mana rekening ini dilengkapi fasilitas pembayaran dengan cek dan giro bilyet. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Tapi pada saat ini. maka hampir semua bank mengenakan biaya administrasi kepada nasabahnya yang langsung dipotong dari rekening gironya tiap bulan. Sedangkan giro bilyet adalah surat berharga di mana orang yang Anda beri giro tersebut tidak bisa menguangkan giro itu di bank. Dengan memiliki rekening giro. Di dalam laporan tersebut tertulis kapan dan untuk apa saja serta berapa jumlah uang yang keluar masuk dalam rekening Anda. bahwa bisnis utama bank adalah sebagai lembaga penyimpanan uang dan peminjaman uang. Kelak mungkin bisa kita bahas produk-produk pinjaman.Tadi telah dikatakan. tapi harus disetorkan lebih dulu ke rekeningnya.perencanakeuangan.

dan bukan untuk benar-benar menabung. karena ingin benar-benar menabung untuk bisa mengumpulkan sejumlah dana tertentu pada masa yang akan datang. Artinya. Contohnya seperti menabung untuk bisa membeli kebutuhan tertentu. Setoran awal dan saldo minimal pada tabungan biasanya sama. Setoran awal adalah jumlah minimal yang harus disetorkan sebagai syarat pembukaan tabungan. dan lain sebagainya. fasilitas ATM. tetapi juga ditambah dengan fasilitas lain yang sebetulnya sudah agak diluar dari maksud menabung itu sendiri. Kenapa bisa begitu? Jawabannya adalah karena saat ini tabungan tidak saja digunakan sebagai sarana menyimpan uang saja.com) . misalnya jika setoran awal adalah Rp 25. bunga yang Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Pertama. Artinya pada jumlah saldo yang berbeda. Bunga tabungan bisa diberikan secara single rate.000 maka saldo minimal juga Rp 25.000. TABUNGAN Tabungan adalah produk simpanan di bank yang penyetoran maupun penarikannya dapat dilakukan kapan saja. Contohnya seperti rekening yang uangnya digunakan untuk membayar belanja bulanan.2. Tapi komposisi antara keduanya bisa saja tidak sama tergantung peraturan di banknya. di sini fasilitas berupa Kartu ATM dan Kartu Debet baru benar-benar dipakai.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Periksalah kembali berapakah ketentuan saldo minimal di tabungan Anda. sehingga nasabah semakin rajin menabung. Nah. hanya ingin menjadikan tabungan sebagai rekening penampungan. Begitu juga dengan jumlah setoran awal dan saldo minimal yang diminta. Contohnya seperti fasilitas debet. tujuan seseorang dalam menabung di bank bisa dibagi menjadi dua. Tidak hanya di satu bank. Saldo minimal adalah jumlah minimal yang harus disisakan pada tabungan Anda. Bisa juga diberikan secara bertingkat. Bunga tabungan biasanya dihitung tiap akhir bulan dari saldo ratarata harian pada bulan tersebut. Kedua. transfer. Hampir setiap orang merasa wajib memiliki tabungan di Bank. berapa pun jumlah uang Anda di tabungan bunganya tetap sama. Jadi kalau dilihat.perencanakeuangan. apakah bank Anda membolehkan nasabah tabungan melakukan penarikan sampai jumlah saldo di bawah minimum dan berapa denda yang dikenakan jika saldo sampai mencapai di bawah minimum? Sebaiknya pilihlah tabungan yang mensyaratkan saldo minimal paling kecil sehingga Anda bisa lebih leluasa melakukan penarikan dari tabungan Anda Bunga tabungan diberikan bank agar dana yang tersimpan di tabungan dapat berkembang. tetapi juga di dua atau tiga bank sekaligus.

Bunga deposito biasanya lebih tinggi dibanding bunga tabungan. Sebagai contoh. semakin banyak saldo yang mengendap bunga yang diberikan semakin tinggi. Biasanya. Ada juga bank yang mengganti buku tabungan dengan rekening koran yang dikirimkan ke alamat Anda setiap bulan. Tidak seperti tabungan yang dapat dibuka dengan setoran awal yang kecil. Tentunya. Tapi saat ini ada juga Bank yang tidak membebankan biaya administrasi pada tabungan. Inilah biasanya yang menjadi daya tarik utama deposito. karena jarangnya transaksi melalui rekening deposito. kalau Anda menaruh uang Rp 1 juta pada deposito yang berjangka waktu 3 bulan. maka uang Rp 1 juta tersebut baru bisa Anda ambil setelah 3 bulan berlalu. Walupun demikian pemotongan tetap ada yaitu sebesar pajak deposito yang diperhitungkan dari bunga deposito yang Anda dapatkan.com) . Minimal setoran untuk penempatan deposito lebih besar. tapi saat ini yang paling minimal adalah sebesar Rp 500.perencanakeuangan. DEPOSITO Deposito adalah produk simpanan di bank yang penyetoran maupun penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu saja. Buku tabungan digunakan sebagai media pencatatan transaksi Anda.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Ini karena uang Anda akan "dikunci" selama jangka waktu tertentu sehingga bank merasa perlu untuk menjanjikan suku bunga yang lebih tinggi dibanding suku bunga pada rekening tabungan yang uangnya bisa Anda tarik kapan saja. Dalam laporan tersebut tertulis kapan dan untuk apa saja serta berapa jumlah uang yang keluar masuk dalam rekening Anda. Keuntungan lainnya dari deposito adalah tidak dikenakannya biaya administrasi bulanan. maka hampir semua Bank mengenakan biaya administrasi kepada nasabahnya yang langsung dipotong dari tabungannya tiap bulan. besarnya pada tiap bank bervariasi.000.diberikan tidak sama. Buku tabungan biasanya juga harus dibawa saat akan melakukan penarikan tunai di kasir. Anda juga dijanjikan pemberian bunga tertentu yang bisa Anda nikmati pada saat deposito itu jatuh tempo. 3. Sebagai timbal balik atas pelayanan dan fasilitas yang diberikan.

bila berbelanja di pasar swalayan." Lantas apa yang Anda lakukan bila kehabisan uang di dalam dompet? Anda akan pergi mengambil uang di ATM.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Sebanyak Rp 200 ribu lagi. kita sering mendengar orang berkata: "Saya tidak mau bawa uang banyak-banyak dalam dompet. Pilihan untuk membayar tunai atau memakai kartu kredit sebetulnya tidak hanya terbatas ketika Anda berbelanja kebutuhan rumah tangga. sehingga tidak melebihi Rp 200 ribu. serta bagaimana saran atau solusinya. Jadi. umpamanya. Pada galibnya orang tidak akan berbelanja melebihi jumlah uang yang ada di dompet. Misalnya. Alasannya sederhana. Anda akan terus-terusan mengambil uang di ATM setiap kali kehabisan. MEMILIH ALAT PEMBAYARAN Oleh: Safir Senduk Dikutip dari detikcom Anda pernah mengalami kebingungan dalam membayar belanjaan? Apakah dengan cara tunai.perencanakeuangan. Tunai Bila Anda berbelanja dengan uang tunai. atau dengan memakai kartu kredit? Manakah cara yang paling nyaman? Bila berbelanja di pasar tradisional. Banyak tempat lain yang juga menerima kartu kredit. karena kalau tidak uang itu pasti akan habis saya belanjakan. maka ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapat. Anda akan berbelanja sedemikian rupa. orang tidak ingin kehabisan uang di dompet. Itulah sebabnya. seperti restoran atau toko buku. Untuk mengetahui bagaimana memilih alat pembayaran yang tepat.com) . Anda punya pilihan untuk membayar dengan kartu kredit.4. uang Anda di dompet ada Rp 200 ribu. umumnya pedagang hanya menerima uang tunai. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. maka tulisan kali ini akan menunjukkan untung ruginya membayar dengan cara tunai atau kartu kredit. Tetapi. Setelah itu.

Anda akan merasa bahwa sudah terlalu sering bolak-balik ke ATM. kalimat yang tepat untuk ini adalah: "Beli sekarang.Pada suatu titik tertentu." (buy now. Sebagian uang itu di simpan di rumah. tetapi Rp 500 atau malah Rp 750 ribu. Tetapi kalau uang tunai di dompet habis." Akhirnya jadilah Anda mengambil Rp 750 ribu. Jadi. Bukan Rp 200 ribu. Problemnya sekarang. Sebetulnya.perencanakeuangan. daripada uang tersebut ditaruh di rumah. cara kerja kartu kredit menguntungkan. untuk kemudian ditagih kembali setiap akhir bulan atau pada bulan berikutnya. Tetapi itu sama saja dengan ATM. pay later). kali ini saya ambil agak banyak. Anda lalu memutuskan: "Oke. Kalau Anda mengambil uang tunai dalam jumlah banyak. Padahal. bila Anda berbelanja hingga Rp 1 juta. maka Anda akan terancam resiko kecurian. Bagaimana tidak? Ketika berbelanja. maka tagihan dan bunga itu akan berbunga Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Enak sekali.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Begitu uang dalam dompet habis. membayar dengan menggunakan uang tunai tidak akan membuat Anda berbelanja melebihi jumlah uang tunai yang Anda miliki. penghasilan Anda setiap bulan hanya Rp 700 ribu. Kartu Kredit Kartu Kredit adalah kartu pembayaran di mana transaksi Anda akan ditalangi oleh penerbit kartu. Sebagai contoh. karena Anda hanya sanggup membayar (mungkin) Rp 600 ribu. Anda harus kembali dan kembali lagi ke ATM. Dan bila tagihan plus bunganya tidak Anda bayar. lebih baik taruh saja di rekening bank Anda yang pasti memberikan bunga. Maka. Anda hanya mampu mengeluarkan uang sebesar Rp 600 atau Rp 700 ribu per bulannya. ini dia masalahnya: sisa tagihan itu akan berbunga. bayarnya nanti" membuat banyak orang menjadi berbelanja di luar kemampuannya. Anda akan mengambil lagi uang di rumah. bayarnya nanti. Anda bisa saja tidak membawa seluruh uang tersebut dalam dompet. Anda memiliki uang yang sangat banyak dalam dompet Anda. Sehingga sisa saldo hutangnya. maka Anda tidak bisa melunasi tagihan Rp 1 juta itu dalam satu kali pembayaran. Prakteknya. Apa yang terjadi kalau dompet Anda hilang dicuri atau dirampok? Kalau begitu.com) . Jadi sebetulnya. Nah. akan dimasukkan dalam tagihan bulan berikutnya. kalimat "Beli sekarang. tetapi Anda baru membayarnya pada akhir bulan. Anda tidak perlu langsung membayarnya.

Yang pertama yang harus Anda miliki adalah uang tunai di rumah yang akan Anda gunakan untuk membayar keperluan-keperluan yang bersifat mendadak yang hanya bisa dibayar dengan uang tunai. Dengan Kartu Debet. Begitu seterusnya. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Ini adalah kartu yang Anda gunakan untuk membayar transaksi yang Anda lakukan.lagi yang jumlahnya tentu lebih besar. Pentingnya Memiliki Semua Namun demikian. kartu kredit memiliki banyak kelebihan bila Anda bisa menggunakan kartu kredit itu dengan cara yang benar. tanpa perlu membawa banyak uang tunai. maka kartu kredit akan menjadi lawan Anda. Yang kedua yang harus Anda miliki adalah Kartu Debet. Tapi bila tidak. bila Anda mampu melunasinya tepat waktu. Anda akan berbelanja sesuai jumlah uang yang Anda miliki di rekening bank.perencanakeuangan. Inilah yang menyebabkan banyak orang tidak bisa membayar tagihan kartu kreditnya karena jumlah tagihannya sudah terlanjur besar hanya gara-gara sistem bunga berbunga. sebagian besar masyarakat tidak bisa mengendalikan penggunaan kartu kredit mereka. Artinya. bila Anda bisa melunasi tagihannya secara lunas setiap kali tagihan itu datang. sebetulnya akan lebih baik bila Anda memiliki ketiganya.com) . Itulah sebabnya saya menyarankan Anda untuk memakai Kartu Debet. Dan Anda tidak bisa berbelanja di luar jumlah tersebut. Namun pada prakteknya.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Kartu Debet (dikenal juga dengan nama Kartu Debit) adalah kartu pembayaran di mana transaksi pembayaran yang Anda lakukan dipotong langsung dari rekening Anda di bank. Kenapa sebaiknya dengan Kartu Debet? Lalu dengan apa Anda harus membayar transaksi belanja Anda? Tunai atau kartu kredit? Sebetulnya. Jadi sebetulnya. Jadi seperti membayar tunai. kartu kredit bisa dijadikan kawan.

perencanakeuangan. Mungkin akan ada suatu hari di mana Anda harus keluar pada malam hari dan harus melakukan transaksi pembayaran. Kartu Kredit perlu untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga. Biar bagaimanapun.com) . Ingat sekali lagi bahwa penggunaan Kartu Kredit yang tidak tepat (tidak dibayar tepat waktu) bisa membuat Anda terjebak dalam hutang yang saldonya makin lama makin besar yang sebetulnya tidak perlu terjadi. padahal tempat itu hanya menerima Kartu Kredit.Sedangkan yang ketiga yang sebaiknya Anda miliki adalah Kartu Kredit. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Jadi. Kartu Kredit Anda di sini bukan untuk sering-sering dipakai. tetapi hanya untuk cadangan saja.

perlu diketahui bahwa ada banyak efek positif maupun negatif yang akan terjadi. maka Anda biasanya akan bebas mengambil uang Anda kapan pun Anda mau dan untuk tujuan apa pun. mungkin sering timbul pertanyaan apakah Anda berdua perlu menyatukan uang Anda dalam satu rekening atau tidak. rekening bersama biasanya dibuka karena suami-istri itu mungkin memiliki tujuan bersama yang hendak diraih pada masa mendatang. Rekening bersama biasanya dimiliki oleh suami istri. PERLUKAH SUAMI-ISTRI MILIKI REKENING BERSAMA? Oleh: Safir Senduk Dikutip dari Tabloid NOVA No. Dan juga yang paling penting. Dalam keluarga. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. di mana biasanya kedua orang pemilik itu sama-sama memiliki hak untuk menarik uang tersebut. Selain itu.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. apa motivasi terbesar Anda menyatukan uang Anda berdua dalam satu rekening. sering juga rekening bersama itu digunakan untuk berbelanja keperluan sehari-hari. kalau Anda memiliki rekening sendiri. sehingga pada akhirnya akan meningkatkan rasa kebersamaan di antara mereka. Seperti yang kita tahu.com) . Terkadang motivasi lain yang sering saya temukan juga adalah karena mereka ingin mengontrol pengeluaran mereka.bisa juga kita sebut sebagai rekening bersama. Atau.5. tapi atas namanya hanya pada satu orang saja.perencanakeuangan. Motivasi terbesar pasangan suami-istri ketika menyatukan uang mereka dalam satu rekening biasanya adalah karena mereka ingin mempunyai sesuatu yang dimiliki bersama (dan kalau perlu atas nama bersama). sebelum Anda memutuskan untuk menyatukan uang Anda dalam satu rekening. Namun ada kalanya rekening bersama hanya jadi sebutan belaka. Ada suamiistri yang memiliki rekening untuk digunakan bersama. Ini --secara tidak resmi-. Nah. Sebagai pasangan suami-istri. 662/XIII Rekening bersama adalah rekening yang dimiliki atas nama dua orang.

Hal-hal di atas tadi merupakan efek positifnya. 3. Terserah Anda. Diskusikan juga siapa yang akan memasukkan uang ke dalam rekening tersebut. pengeluaranpengeluaran seperti apa yang sebaiknya dicover oleh rekening bersama. 5. bila sebelumnya Anda tak pernah menyepakati untuk apa uang dalam rekening bersama itu nantinya. dan berapa besarnya. dan pengeluaran-pengeluaran seperti apa yang bukan tanggungan rekening bersama. berapa persen komposisinya? Apakah 50 : 50. atau patungan antara Anda berdua. Hal ini biasanya secara tidak langsung akan dapat menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu dari pasangan suami-istri. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Ini bisa terjadi karena bisa saja salah satu pihak menggunakan uang dalam rekening itu untuk keperluan lain di luar yang sudah disepakati bersama.Lain halnya kalau uang itu ada di sebuah rekening bersama. karena Andalah yang lebih tahu bagaimana situasi dan kondisi keuangan dalam keluarga Anda. Adakah dampak negatifnya? Terkadang efek negatif yang akan muncul dari adanya rekening bersama adalah dapat terpecahnya kerukunan suami-istri hanya karena masalah uang. Untuk menghindari efek negatif. maka konfirmasikan. sebaiknya konfirmasikan sekali lagi untuk keperluan apa uang dalam rekening itu akan digunakan. berikut ini ada sejumlah tips bagi Anda sebelum membuka rekening bersama: 1. Diskusikan juga apa yang akan Anda berdua lakukan terhadap isi rekening itu kalau Anda berdua mengalami kejadian yang tidak diinginkan yang menyebabkan Anda berdua harus berpisah. Mereka harus benarbenar kembali lagi ke kesepakatan mereka semula. kecuali pasangan suami-istri itu sendiri. Apakah suami Anda saja. Kalau memang untuk pengeluaran bulanan. Diskusikan terlebih dahulu untuk tujuan apa Anda berdua membuka rekening bersama.com) . atau untuk membayar pengeluaran-pengeluaran bulanan. Bila itu dilakukan secara patungan. yaitu untuk keperluan apa saja uang dalam rekening bersama itu digunakan. di mana seseorang tidak bisa mengambil uang di rekening itu untuk keperluan lain di luar yang sudah ia sepakati dengan pasangannya. 2. Bagaimana mengatasi efek negatif itu? Tidak ada yang bisa mengatasi efek negatif tersebut. 60 : 40 atau 70 : 30? 4.perencanakeuangan.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. apakah untuk investasi saja. Untuk Anda yang sudah punya rekening bersama. Hal ini bisa membuat pasangannya marah dan akhirnya terjadilah pertengkaran.

maka saldo uang yang ada dalam rekening bersama sebaiknya sebesar minimal sebulan pengeluaran rutin mereka. 7. Ini bisa dilakukan karena bank biasanya memberikan rekening koran setiap bulannya. Lakukan evaluasi setiap bulan terhadap pengeluaran-pengeluaran yang telah dilakukan oleh Rekening bersama itu.perencanakeuangan.6. terjadilah keributan. Bila rekening bersama itu digunakan untuk membayar pengeluaranpengeluaran bulanan. Karena sering kali si suami atau si istri menggunakan uang dalam rekening tanpa sepengetahuan pasangannya. Sehingga begitu rekening koran datang. Sadarilah juga bahwa jangan sampai masalah uang memisahkan pasangan suami-istri. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www.com) .

perencanakeuangan.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Mereka berdua datang kepada saya sekitar Juni 2000.." Kata saya sambil menunjuk pada kertas yang berisi pengeluaran-pengeluaran mereka. Mereka datang kepada saya dengan membawa masalah. Pak Safir. "Kami memang harus menekan pengeluaran-pengeluaran kami.com) . Kami duduk bertiga di sebuah meja bundar. Keduanya samasama bekerja. Sementara dari pengeluaran tadi tak ada sedikit pun yang ditabungkan. Ia menoleh pada Lilis istrinya." Saya melihat pada catatan pengeluaran mereka. Di luar cicilan hutang dan premi asuransi. dengan penghasilan total sekitar Rp 2 juta per bulan. Namanya. sebut saja Yanto dan Lilis." kata Yanto. mereka terkadang juga mengalami defisit. di mana keduanya berusia sekitar 29 tahun. tabungan mereka akan terus menyusut sampai akhirnya habis sama sekali.. mereka harus melakukan sejumlah penekanan pada pengeluaran mereka. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Tapi pengeluaran mereka per bulan sekitar Rp 2 juta sampai 2. sehingga kalau dibiarkan terus. Saya menyadari bahwa pada umur-umur seperti ini di mana keadaan keuangan mereka belum baik. Belum punya anak. kami setuju.6. dan defisit itu selalu diambil dari tabungan mereka. Saya menyebut ini sebagai Konsultasi Anggaran. Makanya kita datang kepada Anda. Ini berarti. Total keduanya. dan saya mulai mengamati catatan pemasukan dan pengeluarannya. sehingga tabungan mereka tidak akan habis hanya untuk menutupi defisit bulanan.3 juta. 656/XIII Saya pernah bertemu sepasang suami-istri yang berada pada masa-masa awal perkawinannya. hanya untuk biaya hidup saja. "Kita harus menekan pengeluaran-pengeluaran ini. mereka datang kepada saya dengan harapan bahwa saya bisa memecahkan masalah mereka. Karena itu. "Ya. karena mereka berdua masih ingin menundanya sampai sekitar dua-tiga tahun lagi. MENYADARI PENGELUARAN YANG TIDAK WAJIB Oleh: Safir Senduk Dikutip dari Tabloid NOVA No. Di situ ada 25 pos pengeluaran yang mereka lakukan tiap bulan.

. "Coret ini. enggak wajib.. Tapi Yanto hanya merangkul Lilis dan tersenyum kecil sambil berkata pelan. "Ada lima stasiun teve Indonesia yang bisa Anda tonton Mbak Lilis." "O ya?" Yanto terheran. Ia menoleh ke kertas catatan pengeluarannya. "Lihat ini. "Ya. "Anda masih bisa tetap nonton teve meskipun Anda tidak berlangganan lagi teve kabel. Ia hanya menoleh pada suaminya seperti meminta "pertolongan" dan berharap suaminya ikut bicara.. memang harus ada yang dikorbankan. Lilis masih kelihatan keberatan. "Anda masih mau defisit atau tidak?" Lilis tidak bisa menjawab apa-apa..." kata saya." Sebelum saya meneruskan.. Anda berdua mungkin tahu tapi tidak menyadarinya. Lilis membelalakkan matanya. "Lo. "TV kabel itu enggak wajib." kata saya.Saya mulai menunjuk pada salah satu pos pengeluaran. Saya menatapnya lekat-lekat." Saya mendekatkan kepala saya. Malah -. Konsultasi anggaran memang tidak selalu disukai oleh klien saya. Lilis memotong.. Saya berkata lagi." kata saya sambil menyebutkan kelima stasiun yang pasti sudah Anda tahu juga.com) .. Enggak wajib!" Saya menunjuk lagi ke pos di bawahnya. Rp 145 ribu sebulan.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www." saya mulai menunjuk. "Lo. bagaimana kita bisa hidup kalau itu semua harus dihilangkan?" Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. "Keanggotaan fitness.. "Enggak apa apa." Dia bisa mengerti bahwa memang itulah pengorbanan yang harus mereka lakukan untuk sementara. Iuran langganan teve kabel. Tapi untuk menekan defisit mereka. Ini karena kadang-kadang mereka harus menekan pengeluaran-pengeluaran bulanan yang mungkin "berat" untuk ditekan.. nanti kita enggak nonton apa-apa dong.maaf kalau saya harus terus terang -kebanyakan pengeluaran-pengeluaran kita sebagai manusia sebetulnya enggak perlu dan enggak wajib. "Hiburan." Apalagi jumlah stasiun teve juga masih akan terus bertambah.perencanakeuangan.

com) . Jangan merasa tertekan atau terjebak dengan tulisan saya kali ini. Selain menghabiskan energi. bahwa banyak sekali pengeluaran-pengeluaran yang kita lakukan sebetulnya sifatnya tidak wajib. Tapi ada pos-pos lain yang memang sifatnya tidak wajib. Kalau biasanya beli baju baru sebulan sekali. Makanan? Enggak wajib. bisa Anda kurangi menjadi sekali dalam dua minggu atau sekali sebulan. dan jumlah yang harus Anda bayar memang sudah wajib sebesar itu. Malah sebetulnya.perencanakeuangan. Anda bisa menekannya kalau Anda mau. Anda . Telepon? Enggak wajib.boleh percaya boleh tidak. Sekali lagi. juga menghabiskan biaya. tapi Anda mungkin bisa menekan jumlah rupiah yang Anda keluarkan untuk baju kalau memang pengeluaran Anda untuk baju terasa besar. ada pos-pos yang memang wajib Anda bayar. sekarang coba dijadikan dua bulan sekali. Paling tidak dari sekali seminggu. Di lain pihak."Saya tidak mengatakan bahwa Anda harus menghilangkan semua pengeluaran yang tidak wajib ini. Sebut saja: Fitness? Rekreasi? Nonton? Semua itu tidak wajib. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. di mana jumlahnya tidak selalu bisa Anda tekan. Anda pasti akan dengan rutin mengeluarkan biaya untuk perawatannya. sehingga Anda bisa leluasa menekan jumlah pengeluarannya. Anda bisa kalau Anda mau.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Kurangi bicara yang tidak perlu di telepon. Ada banyak bahan makanan yang sebaiknya Anda beli. Yang saya maksud. Sebagai contoh." Mereka kelihatan mulai mengerti. di mana pada pos-pos ini Anda leluasa untuk menekan jumlah pengeluaran Anda. kalau Anda membeli kendaraan seperti mobil atau motor. Tidak perlu dihilangkan kalau memang Anda tidak mau.pembaca . memang ada banyak pengeluaran dalam hidup Anda yang tidak bisa Anda ubah dengan mudah atau dengan cepat. terutama apabila Anda selalu mengalami defisit setiap bulan. Baju memang penting. Biskuit misalnya. tapi ada juga bahan makanan yang bisa Anda belakangkan prioritasnya. tidak wajib di sini adalah bahwa jumlah uang yang Anda keluarkan sebetulnya tidak harus sebesar sekarang. Baju? Enggak wajib. Mudah-mudahan Anda mengerti maksud saya bahwa hampir semua pengeluaran yang Anda lakukan sifatnya adalah tidak wajib.

bila pengeluaran Anda setiap bulannya selalu lebih besar daripada pemasukan Anda (defisit). Kalau sikap Anda tidak berubah.perencanakeuangan. Sampai kapan pun. hal itu biasanya terjadi bukan karena kecilnya penghasilan Anda. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Hanya saja Anda mungkin belum menyadarinya karena Anda sudah terlalu lama mengeluarkan jumlah uang yang sama untuk membayar pengeluaran-pengeluaran tersebut. maka seberapa pun besarnya penghasilan Anda nantinya. Anda tetap saja akan mengalami defisit.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Prinsipnya.com) .Anda bisa mengendalikan pengeluaran-pengeluaran yang tidak wajib itu kalau Anda mau. tapi karena sikap Anda sendiri. Dan sikap itulah yang harus berubah terlebih dahulu kalau Anda ingin menghilangkan defisit Anda setiap bulan.

Apa yang Anda tabung? Mungkin saja untuk pendidikan anak Anda kelak. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Bisa saja Anda menghabiskan sekitar 20 persen dari penghasilan Anda untuk membayar asuransi-asuransi itu. sebelum Anda sempat belanja kebutuhan hidup sehari-hari. 652/XIII Kalau saya anggap bahwa sebagian besar dari Anda pada saat ini masih mencicil rumah. maka sangat mungkin pula Anda sekarang mulai melakukannya. CUMA "UANG RECEH"? Sekarang mari kita berhitung. dan sebelum Anda membayar kebutuhan rekreasi. JANGAN ANGGAP REMEH UANG RECEH Oleh: Safir Senduk Dikutip dari Tabloid NOVA No. Apakah mungkin Anda menabung sekitar 15 persen dari penghasilan Anda untuk pendidikan anak Anda kelak? Ya. sekitar 65 persen dari penghasilan Anda sudah berkurang. maka sangat mungkin sekali bahwa cicilan rumah yang Anda bayar menghabiskan sekitar 30 persen dari penghasilan keluarga Anda. maka total pengeluaran Anda kemungkinan akan seperti di bawah ini. Apa lagi pengeluaran yang mungkin ada? Ah.com) . atau kerugian (untuk rumah dan mobil Anda). UANG MASUK Penghasilan : 100 persen UANG KELUAR Cicilan Hutang : 30 persen Tabungan Rutin : 15 persen Premi Asuransi : 20 persen Total : 65 persen dari penghasilan Ini berarti.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. kesehatan.7. atau biaya transportasi sehari-hari. Entah itu asuransi jiwa.perencanakeuangan. ya. Bila Anda membaca tulisan di NOVA beberapa nomor yang lalu bahwa Anda sebaiknya menabung sebelum membayar biaya hidup Anda. Dengan perkiraan kondisi seperti di atas. atau sepasang sepatu atau pakaian. Sangat mungkin sekali Anda juga membayar premi asuransi. sangat mungkin sekali.

restoran. "Ah. maka biasanya Anda lakukan setiap hari. Karena itu. Kalau Anda mencicil rumah. Karena itu. Kalau Anda keluar uang sepuluh ribu rupiah setiap hari untuk makan di restoran. saran saya kali ini adalah: jangan meremehkan pengeluaranpengeluaran kecil yang Anda lakukan setiap hari. Saya juga tidak menyarankan Anda untuk tidak membeli majalah. Tetap kendalikan pengeluaran dalam keluarga Anda. Yang saya sarankan untuk Anda adalah agar Anda mengendalikan pengeluaran-pengeluaran kecil Anda. itu adalah jumlah "uang receh" yang Anda keluarkan setiap hari. Karena bila Anda tidak mengendalikannya. Sekali makan menghabiskan sepuluh ribu rupiah. tanyakan kepada diri Anda pertanyaan sebagai berikut: apakah pengeluaran yang saya lakukan ini akan membantu saya mencapai tujuantujuan keuangan saya? Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo.Dengan jumlah sisa penghasilan keluarga yang hanya 35 persen. BEDANYA BANYAK SEKALI! Betul. mobil. atau menabung secara rutin untuk anak Anda setiap bulan.com) . Anda tentunya tidak mengontrol pengeluaran tersebut setiap hari.. toko baju. bahkan beli majalah atau apa pun. Nah. beli cokelat atau apa pun. atau beli cokelat." begitu pikir Anda. Toh cuma sepuluh ribu ini. menabung buat anak. tidak ada salahnya jika pengontrolan terhadap pengeluaran-pengeluaran kecil itu juga dilakukan setiap hari. enggak ada masalah. maka dalam duapuluh tahun saja Anda akan keluar uang Rp 206 juta! Itu dengan asumsi bahwa setiap tahun harga-harga naik sebesar 10 persen per tahun. apa bedanya keluar uang sepuluh ribu untuk makan di restoran? Toh itu cuma "uang receh" kata Anda. sekecil apa pun. Setelah mengeluarkan jumlah uang yang cukup besar untuk membayar cicilan rumah. Saya tidak menyarankan Anda untuk berhenti makan di restoran. Bayangkan. dan membayar premi asuransi. maka Anda sendirilah yang akan rugi karena Anda akan mengeluarkan uang terlalu banyak untuk hal-hal yang belum tentu penting..perencanakeuangan.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. setiap kali Anda datang ke supermarket. atau apa pun itu. Tapi untuk pengeluaran-pengeluaran lainnya. Anda memutuskan untuk pergi makan ke restoran fast food.

maka Anda membutukan jumlah Dana Cadangan sebesar tiga sampai enam bulan pengeluaran Anda.8. besarnya pesangon tersebut seringkali dirasakan tidak mencukupi bagi mereka yang mendapatkannya. Ini karena setiap kali mereka mendapatkan income. yang bisa digunakan sebagai dana cadangan untuk membiayai hidup Anda apabila terjadi sesuatu. Sebagai contoh. tak perlu dikatakan lagi. seseorang yang mengalami PHK umumnya mendapatkan apa yang namanya Uang Pesangon. Contohnya adalah ketika Anda di PHK sehingga harus mengambil dana guna membiayai hidup selama masih belum mendapatkan pekerjaan. Itu contoh yang 'besar'. Uang ini bisa membiayai hidupnya selama tidak bekerja. Karena itu.5 juta per bulan. bila Anda bekerja dan mendapatkan penghasilan (berupa gaji) sebesar Rp 2 juta per bulan. dan memiliki pengeluaran sebesar Rp 1. Contoh kecilnya mungkin ketika anak Anda sakit dan harus dirawat di RS yang mungkin membutuhkan dana. Ini berarti. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. dan seberapa stabilnya penghasilan Anda. banyak orang yang tidak memiliki dana tersebut. Itulah sebabnya.perencanakeuangan.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Tetapi yang sering terjadi.5 s/d 9 juta dalam rekening Anda sebagai persediaan apabila Anda harus mengalami kehilangan penghasilan. persediaan dana ini disebut Dana Cadangan. Anda harus memiliki Dana Cadangan sebesar Rp 4. Jadi. mereka selalu menghabiskannya.com) . Namun demikian. PENTINGNYA PUNYA DANA CADANGAN Oleh: Safir Senduk Dikutip dari detikcom Seringkali dalam hidup terjadi suatu hal yang bersifat emergency yang membutuhkan dana dalam waktu segera. Besar Dana Cadangan yang dibutuhkan Jumlah Dana Cadangan yang dibutuhkan sangat tergantung dari seberapa besar pengeluaran Anda setiap bulan. penting sekali memiliki persediaan dana dalam rekening Anda.

maka jumlah Dana Cadangan yang saya sarankan adalah sebesar 12 bulan pengeluaran bulanan. Likuid (Anda bisa mengambilnya kapanpun tanpa dikenakan penalti). Aman (Anda tidak akan kehilangan uangnya dan jumlahnya tidak berkurang) 2. Jangan Memiliki Dana Cadangan Terlalu Banyak Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo.5 juta per bulan.com) . Lemari Anda Tabungan di Bank Giro di Bank Reksa Dana Pasar Uang Namun demikian. maka mungkin tidak apa-apa untuk memasukkannya sebagian ke dalam deposito. Tetapi. Hanya ada empat tempat yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan Dana Cadangan Anda: 1. semakin besar risiko tidak berpenghasilan dalam pekerjaan Anda. 3. seperti komisi yang jumlahnya tidak tetap. semakin besar juga jumlah Dana Cadangan yang sebaiknya Anda miliki. Di mana Dana Cadangan harus disimpan? Pertanyaannya sekarang. deposito tidak likuid karena Anda tidak bisa mengambilnya kecuali bila sudah jatuh tempo. Ini berarti.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. yaitu satu atau tiga bulan. deposito merupakan tempat yang aman bagi uang Anda. Tentunya. karena jumlah uang yang Anda masukkan tidak akan berkurang. maka Anda akan dikenakan penalti bila akan mengambil uang itu. Jadi intinya di sini. bila pengeluaran Anda mencapai Rp 1. di mana Anda harus menaruh Dana Cadangan Anda? Ada dua kategori yang harus dipenuhi sebagai tempat menyimpan Dana Cadangan tersebut: 1. asalkan dengan masa jatuh tempo yang tidak terlalu lama.perencanakeuangan. 4. bila jumlah Dana Cadangan Anda memang dirasakan cukup besar. maka Anda harus memiliki Dana Cadangan sebesar Rp 18 juta dalam rekening. bila penghasilan yang Anda dapatkan tidak stabil. Bila belum jatuh tempo.Tetapi. 2.

Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo.Batasi jumlah Dana Cadangan Anda sampai sebesar 12 bulan pengeluaran bulanan Anda. Anda bisa menyisihkan sebagian kecil dari penghasilan Anda. Bila Belum Memiliki Dana Cadangan Bila Anda pada saat ini belum memiliki Dana Cadangan. maka ini berarti sebagian dari dana Anda tidak akan produktif. Jadi. Ini karena Dana Cadangan Anda akan disimpan dalam tempat yang bunganya kecil. apabila Anda memiliki jumlah Dana Cadangan yang terlalu besar. maka tak ada jalan lain bagi Anda kecuali dengan menabung. tetapi harus menunggu selama tiga. Sehingga.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. maka pada akhirnya Anda akan memiliki jumlah Dana Cadangan yang Anda butuhkan. atau di tempat yang tidak menghasilkan bunga sama sekali (kalau menyimpannya di lemari).perencanakeuangan.com) . Ini tentunya masih lebih baik daripada Anda tidak memiliki Dana Cadangan sama sekali. enam atau bahkan duabelas bulan. Dengan 'menumpuk' dana sedikit demi sedikit. Dana Cadangan itu mungkin tak akan langsung terkumpul. yang bisa dilakukan di muka setiap kali mendapatkan penghasilan.

jatuh-jatuhnya pasti mahal. tetapi tidak mampu untuk membayar biaya pada Sekolah B yang harganya lebih mahal. dan usia rata-rata seseorang masuk SMU adalah ketika pada usia 15 tahun. perlu diketahui bahwa bukan berarti Sekolah A yang biayanya dinilai murah tersebut akan tetap sama murahnya pada tahun-tahun mendatang. memang tidak semua Biaya Pendidikan itu mahal. karena nantinya Biaya Pendidikan tersebut pasti akan jauh lebih mahal. membuat tidak semua standar biaya bisa sama. Itulah karenanya beberapa di antara Anda ada yang merasa mampu untuk membayar biaya pada Sekolah A. Pertanyaannya gampang. Jangankan pendidikan tinggi. Padahal. saya kaget ketika seorang peserta seminar bercerita tentang mahalnya biaya masuk kuliah dari sebuah perguruan tinggi di Surabaya.9.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Hal ini membuat saya semakin yakin bahwa yang namanya Biaya Pendidikan harus dipersiapkan sejak sekarang. kalau sekarang Uang Pangkal SMU adalah Rp 4 juta.com) . MENGHITUNG PERKIRAAN BIAYA PENDIDIKAN Oleh: Safir Senduk Dikutip dari Tabloid NOVA No. jenjang sekolah yang lebih rendah seperti SD. 756/XIV Ketika beberapa hari lalu saya berbicara di sebuah seminar di Surabaya. Saya beri contoh sederhana saja: anggap saja sekarang anak Anda berusia 3 tahun.perencanakeuangan. apakah nantinya Anda akan membayar jumlah yang sama ketika nantinya anak Anda masuk SMU sekitar 12 tahun lagi? Pasti beda. Jadi. tapi yang jelas sangat mahal. Betul. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Bervariasinya bentuk sekolah. Akademi atau Universitas. Jumlahnya tidak usah saya ceritakan berapa. terutama sekolah yang jenjangnya sudah cukup tinggi seperti Sekolah Tinggi. Ini karena yang namanya Biaya Pendidikan pasti akan naik terus dari tahun ke tahun. kalaupun sekarang ada sekolah yang biaya pendidikannya dirasa tidak mahal. Namun demikian. tetapi karena biaya tersebut naik terus tiap tahun. itu baru uang masuknya doang. SMP dan SMU saja bisa bervariasi biayanya satu sama lain.

com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Nah. Sebagai contoh.3. 1. Rata-rata. Anda tidak tahu berapa persen jumlah kenaikannya setiap tahun? Betul. Dengan demikian. gunakan bentuk desimal 1. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo.2. maka apabila tahun ini Uang Pangkal masuk SMU adalah Rp 4 juta.400. itu sih cuma matematika sederhana.1 kan sama dengan 10% di atasnya 100%. kok 1. tahun depan bisa diperkirakan bahwa Uang Pangkal tersebut akan menjadi Rp 4.400. 1. maka Anda bisa menggunakan bentuk desimal 1. Lho.000.-.1 = Rp 4. Darimana angka itu didapat? Gampang: Rp 4 juta + (10% x Rp 4 juta) TINGGAL DIKALIKAN Sebetulnya. maka tahun depan angka tersebut diperkirakan menjadi: Rp 4 juta x 1. kalau misalnya Uang Pangkal masuk SMU pada saat ini adalah Rp 4 juta. bagaimana cara Anda bisa menghitung dan memperkirakan jumlah Biaya Pendidikan anak Anda kelak kalau biaya pendidikan selalu naik dari tahun ke tahun? Kan.com) . Yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan asumsi tertentu.CARA MENGHITUNG Lalu. kita bisa menggunakan asumsi bahwa setiap tahun Biaya Pendidikan akan selalu naik sebesar 10 persen setiap tahun.perencanakeuangan. Begitu seterusnya. Kita memang tidak bisa memperkirakan dengan pasti berapa jumlah Biaya Pendidikan anak kita kelak.1. Anda juga bisa memakai rumus: Rp 4 juta X 1. Jadi.000.1? Dapat dari mana itu? Oh. selain cara di atas. dan berharap supaya pengandaian tersebut tidak meleset.1 itu adalah bentuk desimal agar Anda lebih cepat dalam melakukan perkalian memperkirakan jumlah Biaya Pendidikan. Tapi kalau Anda mau pakai pengandaian kenaikan Biaya Pendidikan 20% per tahun. kembali ke contoh kenaikan 10% dalam satu tahun. Kalau asumsi kenaikan Biaya Pendidikannya adalah 30% per tahun.

Kalau untuk 12 tahun ke depan? Ulang sampai duabelas kali. Memang. seperti ini: Rp 4 juta x 1. Begitu seterusnya.1 X 1. hal yang paling penting adalah dengan melakukan perhitungan tentang berapa perkiraan jumlah Biaya Pendidikan anak Anda kelak. kalau Anda ingin mempersiapkan dana pendidikan untuk anak Anda.1. seperti ini: Rp 4 juta x 1.1 X 1. akan lebih mudah bagi Anda untuk mengatur strategi agar siap bila tiba saatnya nanti.1 X 1.1 X 1. yang namanya perkiraan Biaya Pendidikan seringkali tidak bisa dihitung dengan cara yang sesederhana itu. Anda tahu dengan pasti ke mana arah yang sedang Anda tuju.Itu untuk tahun depan. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo.com) . maka Anda bisa lebih mudah dalam melakukan persiapan.1 Kalau untuk lima tahun ke depan bagaimana? Ulang perkalian tersebut sampai lima kali. Tapi melakukan perkiraan jelas masih lebih baik daripada tidak ada sama sekali. Ibarat Anda sedang bepergian.perencanakeuangan. Jadi. Dengan demikian. Kalau untuk dua tahun ke depan bagaimana? Anda bisa melakukan perkalian tersebut diatas dengan cara mengulangnya sampai dua kali.1 X 1.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Dengan adanya angka perkiraan seperti yang sudah Anda pelajari di atas tadi.

kalau Anda sebagai orang tua menunjukkan semangat tentang pentingnya pendidikan. 753/XIV Bulan Juli yang baru saja berlalu merupakan bulan dimulainya tahun ajaran baru 2002. PERSIAPAN DANA PENDIDIKAN: PENTING TIDAK SIH? Oleh: Safir Senduk Dikutip dari Tabloid NOVA No. hal ini biasanya menular kepada semangat bersekolah dari anak itu sendiri. maka pastilah semangat tersebut juga akan tertular ke anak Anda sehingga wajar bila anak-anak sekolah sangat bersemangat masuk sekolah pada hari-hari pertama tahun ajaran baru kemarin. Kenapa sih orangtua kadang tidak siap dari segi dana ketika tiba waktunya si anak masuk sekolah? Jawabannya. Sebagai contoh. mungkin karena orangtua tidak menganggap bahwa dana pendidikan itu penting untuk dipersiapkan sejak sekarang.com) . dari pengalaman saya selama ini.10. ditambah lagi lingkungan di sekitar Anda juga menunjukkan semangat yang sama. bahkan kalau bisa sejak sekarang: Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Dan kalau Anda perhatikan. Tetapi sayangnya. Ada empat alasan kenapa dana pendidikan penting untuk dipersiapkan. Kantor Pegadaian juga penuh karena banyak orang yang menggadaikan barangbarangnya untuk membayar uang sekolah anak. Wajar saja. apakah memang penting menyiapkan dana pendidikan untuk anak? Jawabannya saya tulis besar-besar di sini: PENTING. semua orang sepertinya bicara tentang pentingnya pendidikan.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. saya banyak menemukan orang tua yang walaupun sadar bahwa pendidikan itu sangat penting tetapi tidak begitu mempedulikan persiapan dana pendidikan itu sendiri.perencanakeuangan. Lho. banyak cerita tentang beberapa orang tua yang meminjam uang kesana-kemari pada saat datangnya tahun ajaran baru. Selalu bisa ditebak bahwa setiap kali awal tahun ajaran baru. Selain itu. Coba perhatikan betapa bersemangatnya anak-anak Anda ketika mereka masuk sekolah kemarin.

Sebuah universitas swasta terkenal di Jakarta ada yang meminta uang kuliah sebesar sekitar Rp 60 . maka bila suatu saat kelak fisik Anda tidak memungkinkan untuk Anda bisa terus bekerja. bukan tidak mungkin penghasilan orang tua menjadi berkurang atau malah berhenti sehingga bisa saja dana pendidikan untuk si anak tidak akan siap bila dibutuhkan. jumlah tersebut biasanya akan terus naik dari tahun ke tahun. yaitu: "Karena jadwal pendidikan anak Anda tidak mungkin dimundurkan atau ditunda.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www.com) . Bila Anda tidak menabung dan mempersiapkan dana pendidikan anak dari sekarang. Mahalnya Biaya Pendidikan Pada Saat Ini Biaya Pendidikan pada saat ini sudah cukup tinggi. Contohnya. jangan harap dana pendidikan untuk anak Anda bisa tersedia. kalau anak Anda sudah waktunya masuk SD tetapi Anda tidak punya dana yang cukup untuk Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo.perencanakeuangan. bila keadaan ekonomi menurun. Selain keempat alasan di atas. 2. biaya pendidikan setinggi itu sudah tentu terasa mencekik leher. Dengan asumsi kenaikan sebesar 10 persen per tahun. Fisik Manusia Tidak Selalu Sehat Jangan anggap bahwa fisik manusia akan selalu sehat untuk bisa terus bekerja dan mendapatkan penghasilan. Sehingga mereka yakin bila si anak masuk sekolah nanti. sebetulnya ada satu alasan lagi yang membuat kenapa dana pendidikan penting sekali untuk dipersiapkan sejak sekarang. bukan tidak mungkin Biaya Kuliah selama 5 tahun di S1 bisa mencapai sekitar Rp 300 juta. 3. Ekonomi Tidak Selalu Baik Orang tua bisa saja menganggap bahwa penghasilannya sekarang aman-aman saja mengingat baiknya keadaan ekonomi sekarang ini.70 juta bagi mereka yang masuk kuliah tahun 2002 ini selama 5 tahun sampai lulus nanti." Jadwalnya sudah pasti. Bagi banyak orang. maka dalam 17 tahun mendatang. Naiknya Biaya Pendidikan dari Tahun ke Tahun Sudah biaya pendidikan di rasa mahal. dananya pasti tersedia.1. 4. Tetapi.

persiapkan dana pendidikan anak Anda sejak sekarang.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. akan saya jelaskan dalam kesempatan mendatang. kan? Jadi. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo.com) .perencanakeuangan. masak Anda mau memundurkan jadwal anak Anda masuk SD ke tahun berikutnya hanya supaya Anda bisa membayar biaya uang pangkal-nya secara penuh? Tidak. Tentang bagaimana cara menghitung dana pendidikan. Jangan tunda lagi.membayar uang pangkal-nya.

seyogianya Anda juga mempersiapkan diri menghadapi sejumlah risiko yang mungkin saja terjadi. dan asuransi untuk mengantisipasinya. ASURANSI APA SAJA YANG KITA PERLU? Oleh: Safir Senduk Dikutip dari Tabloid NOVA No. maka orang yang Anda tinggalkan akan mendapatkan sejumlah uang pertanggungan yang bisa dia pakai untuk membiayai Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo.com) . Kematian Risiko kematian bisa terjadi kapan saja tanpa terduga. seperti tepeleset di kamar mandi. tapi sebaliknya justru mengajak Anda berpikir jauh ke depan. Sebagai perencana keuangan. anggota tubuh. Bila yang meninggal adalah sebatang kara. 787/XIV Manusia berencana. Bapak-Ibu. Bagaimana jadinya nasib mereka? Dari mana mereka bisa makan dan membayar uang sekolah? Bila Anda saat ini mempunyai orang lain yang hidupnya Anda tanggung. Jika kita cermati. apakah kita sebaiknya pasrah saja. 1.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Salah satu antisipasi risiko yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengambil sejumlah asuransi. Karena itu. ungkapan ini sebetulnya mengandung satu pesan tersembunyi: hidup ini penuh dengan risiko. Bukan maksud saya mengajak Anda untuk berpikir pesimis. Ungkapan ini sepertinya sudah lazim kita dengar dan mungkin juga sudah ada sejak zaman dahulu kala. atau justru melakukan persiapan terbaik untuk berjaga-jaga seandainya risiko itu tiba. Dari risiko paling kecil.perencanakeuangan. Pertanyaannya sekarang. Apa saja? Banyak sekali. Repotnya kalau yang meninggal itu masih punya tanggungan anak-anak atau anggota keluarga lain. tentu saja saya menyarankan pilihan terakhir. namun Tuhan juga yang menentukan. Ada banyak tujuan di depan sana yang masih ingin Anda capai.11. Berikut ini saya akan memberitahukan berbagai risiko yang mungkin terjadi pada Anda. bahkan nyawa. tentunya pengambilan asuransi jiwa patut dipertimbangkan. Bila ada asuransi jiwa. tentu tak terlalu masalah. dalam mencapai tujuan-tujuan tadi. sampai risiko kehilangan harta benda.

atau bahkan kematian. ada banyak perusahaan yang menawarkan asuransi kecelakaan. kereta api. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Anda naik pesawat. Bahkan ada kejadian orang sedang berjalan di lapangan terbuka tiba-tiba kejatuhan pesawat terbang.perencanakeuangan. Bapak-Ibu. peluang sekecil apa pun selalu ada. Sama seperti asuransi kematian. Kalau tidak? Beberapa RS saja sekarang meminta uang muka sebelum Anda masuk dirawat. kapal laut. Semuanya berusaha memberikan layanan terbaik dengan berbagai bujukan lainnya.com) . ada pihak ketiga yang akan "menjaga" orang yang Anda tinggalkan. risiko kecelakaan pasti akan tetap saja ada. Jadi. Umumnya mereka memberikan premi yang terjangkau. Akibatnya.hidupnya. Pernah pula ada bus nyelonong menabrak rumah dan mencelakai penghuninya yang sedang tidur. Kalau Anda sakit. Sakit Sakit itu mahal. Akibat terburuk. Gunakan waktu Anda untuk menyeleksi perusahaan mana yang memberikan tawaran dan pelayanan terbaik. mengalami cacat. Belum lagi obat dan kalau dirawat inap di RS. Apa yang terjadi kalau Anda mengalami kecelakaan? Anda biasanya akan dibawa ke rumah sakit.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Bisa jadi salah satu organ atau anggota tubuh Anda tidak berfungsi. Belum lagi kalau Anda harus dioperasi. 3. Anda tak perlu buru-buru menutup diri atau memilih. 2. Anda cacat. Asuransi kecelakaan memberikan uang pertanggungan bila Anda mengalami kecelakaan sehingga harus dirawat inap di RS. Anda tidak bisa lagi bekerja dan mendapatkan penghasilan. Ada banyak perusahaan asuransi yang memberikan layanan ini. Karenanya. Anda juga akan menginap kalau luka-luka Anda perlu perawatan cukup lama. untuk mengantisipasi risiko ini ambil saja asuransi kecelakaan. paling tidak Anda harus pergi ke dokter sehingga ada biaya konsultasi yang harus Anda bayar. Kecelakaan Di mana pun Anda berada. Iya kalau uangnya ada.

Repotnya. Anda bisa mengambil asuransi kesehatan.perencanakeuangan. 5. Sekarang ini saja kalau menyetir. terutama di kota-kota besar. tinggal Anda saja yang menentukan pilihan paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Bahkan sudah mengemudi dengan sangat hati-hati pun masih bisa jadi korban akibat ulah pengemudi lain yang tak kenal aturan.com) . kantor. Nah. Dibanding beberapa tahun lalu. atau lebih apes lagi di tenda-tenda darurat. bayangkan apa yang akan terjadi. Biasanya dengan harga cukup terjangkau. Sekarang. atau penggantian RS plus penggantian rawat jalan. plus obat juga. Musibah atas Kendaraan Anda punya mobil atau sepeda motor? Kendaraan Anda juga memiliki kemungkinan mengalami kecelakaan. kalau musibah itu menimpa rumah yang Anda tempati sekarang.Untuk berjaga-jaga dari situasi ini. tidak semua orang memiliki cukup uang untuk membangun kembali rumahnya yang terkena musibah. Baik itu pasar. Untuk jenis musibah macam ini juga tersedia asuransinya. Selamat berasuransi. 4. Musibah atas Rumah Belakangan ini kita sering menyaksikan berita terjadinya kebakaran. Terlebih lagi bila kendaraan itu menunjang Anda dalam mencari nafkah. maupun pemukiman. Ada produk yang memberikan penggantian RS saja. Andalah yang tahu persis kondisi diri Anda. Bila risiko terjadi kecelakaan memang cukup besar. tak ada salahnya mengambil asuransi kendaraan. Dan itu terjadi hampir setiap hari. apakah perlu mengambil beberapa saja atau memang memerlukan semuanya. hampir bisa dipastikan ada saja kendaraan lain memepet-mepetkan kendaraannya ke kendaraan saya. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Selanjutnya Anda bisa menentukan. ada berbagai asuransi yang Anda prioritaskan.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Kesimpulannya. sehingga banyak yang akhirnya harus menumpang di rumah saudara. Bila Anda asuransikan. sekarang sudah makin banyak perusahaan asuransi menjual produk ini. saat terjadi kerusakan maka perusahaan asuransi-lah yang akan menanggungnya.

" Ya. Tapi saya enggak pernah tertarik. saat mengisi SP inilah seringkali calon nasabah tidak memberikan jawaban yang benar. dalam SP terdapat pertanyaan tentang apakah Anda pernah dirawat di RS dalam dua tahun terakhir. Misalnya. Tidak dibayarnya uang asuransi oleh sebuah PA bisa karena berbagai hal. Kasus PA yang ingkar janji sebaiknya dilihat kasus per kasus. Maksudnya.. Jika Anda Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Dalam SP terdapat pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh seorang calon nasabah. KESALAHAN DARI PIHAK NASABAH Tidak semua kegagalan pembayaran klaim disebabkan oleh PA. Kayaknya mereka cuma janji-janji aja. mungkin Anda harus ikut asuransi dulu.. beberapa di antara Anda mungkin berpikir bahwa asuransi cuma bisa memberikan janji-janji tanpa ada bukti. Ketidakjujuran Nasabah Sebelum seseorang memiliki produk Asuransi Jiwa. artikel kali ini akan membahas apa saja penyebab Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa tidak dibayarkan kepada nasabah. Nah.12. 744/XIII Asuransi? Aduuuh. Akan tetapi. jangan digeneralisasi. jangan hanya gara-gara satu PA tidak menepati janji.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. baru membuktikan apakah Perusahaan Asuransi (PA) Anda memang ingkar janji atau termasuk yang baik.. Bisa juga penyebabnya adalah nasabah sendiri. tetangga sebelah saya sudah sering. tuh nawarin asuransi. dan dari jawaban-jawaban itulah PA akan melihat apakah akan memberikan perlindungan Asuransi Jiwa kepada Anda atau tidak. ia lebih dulu harus mengisi Surat Permohonan (SP) Asuransi.. Nah..perencanakeuangan.com) . apakah Anda sudah pernah membuktikannya? Kalau belum. lalu Anda menganggap semua PA enggak benar. Umumnya ada lima kesalahan nasabah yang bisa menyebabkan Uang Asuransi tak dibayarkan: 1. 7 PENYEBAB UANG ASURANSI TAK DIBAYAR Oleh: Safir Senduk Dikutip dari Tabloid Nova No.

seringkali pengecualian-pengecualian yang terdapat dalam polis itu tidak dibaca oleh nasabah. Bila terjadi kematian pada suami Anda. Karena itulah.padahal pernah dirawat di RS enam bulan lalu misalnya .com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www.maka bila terjadi kematian pada Anda dan PA menemukan bahwa penyebab kematian Anda adalah karena adanya penyakit yang pernah membuat Anda masuk RS sekitar enam bulan lalu.menjawab tidak . Kematian karena penyakit kritis. Biasanya. seperti perang. maka Anda hanya bisa mendapatkan manfaat asuransi yang Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. dimana kematian terjadi pada tahun pertama dia mengikuti program asuransi dari PA bersangkutan 5. 2. umumnya PA menetapkan jumlah pengecualian yang bervariasi. Mengenai pengecualian ini. Kematian karena orang yang bersangkutan melakukan tindak kriminal 3. Kematian karena bunuh diri 2.. atau huru-hara Nah. nasabah seringkali mengajukan klaim di luar batas waktu tersebut. Kematian karena force majeure. yah.. umumnya adalah: 1. 3. sempatkan lagi untuk membaca pasal-pasal yang ada dalam polis. PA menetapkan batasan waktu pengajuan klaim asuransi. jika Anda memiliki Polis Asuransi. Kematian karena AIDS 4. jangan harap PA akan membayar UP yang mereka janjikan. atau hal-hal yang memang tidak bisa dihindari. Sebagai contoh. sehingga ia merasa dirugikan ketika Uang Pertanggungan Asuransinya tidak dibayar. sehingga PA sulit memenuhinya. suami Anda mengikuti sebuah Program Asuransi Jiwa dengan Anda sebagai ahli warisnya. Akan tetapi. Adanya pengecualian oleh PA dalam membayar Uang Pertanggungan Kadang-kadang PA Jiwa tidak memberikan manfaat yang mereka janjikan bila ternyata penyebab kematian Anda memang dikecualikan (dan pengecualian itu ditulis dalam polis).com) .perencanakeuangan. Nasabah terlalu lama mengajukan klaim Umumnya. Repotnya. batasan waktu yang ditetapkan adalah tiga bulan. bencana alam.

persyaratan-persyaratan yang diminta oleh PA bila Anda ingin mengajukan klaim kematian adalah: 1.com) . Ini berarti.perencanakeuangan. Mengisi Formulir Pengajuan Klaim yang diterbitkan oleh PA 5. bisa saja Polis Asuransi Anda menjadi tidak berlaku lagi. Jika Anda tidak membayar premi sesuai jangka waktu yang ditentukan. 4. Enggak sulit. Di awal-awal. Surat Keterangan Kematian dari RT/RW setempat 2. premi tidak lagi dibayar. Fotokopi Identitas Diri Ahli Waris Jadi. tetapi pada suatu saat tertentu. Surat Keterangan Kecelakaan dari Kepolisian (jika kematian terjadi karena kecelakaan) 3. kan? 5. Syarat-syarat saat pengajuan klaim kurang lengkap PA biasanya meminta sejumlah persyaratan saat pengajuan klaim apabila betul terjadi risiko kematian pada orang yang ditanggung. jika nanti betul terjadi risiko kematian. perusahaan asuransi mungkin tidak mau memberikan manfaat yang mereka janjikan. bagaimana Anda bisa tahu lama batasan waktu yang diberikan oleh PA Anda dalam mengajukan klaim kematian? Anda bisa membacanya di Polis Asuransi Anda. Tidak dibayarnya premi oleh nasabah dalam jangka waktu yang sudah ditentukan Ini sudah jelas. segeralah ajukan klaimnya kepada PA. sehingga PA tentu tidak bisa langsung membayar klaim mereka. Surat Keterangan dari RS (jika kematian terjadi di RS). Anda tidak lagi dilindungi asuransi. jangan lupa memenuhi semua persyaratan yang diminta oleh PA.dijanjikan apabila pengajuan klaim Anda masih berada dalam batas waktu tiga bulan setelah kematian tersebut. Setelah itu. Ini sama saja dengan kalau Anda memakai listrik dan tidak Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. dimana surat itu ditandatangani oleh dokter bersangkutan 4. bahkan hingga batas waktu tertentu. nasabah rajin membayar premi. Sekarang. Jika tidak. Biasanya. Persyaratan-persyaratan itulah yang sering tidak dipenuhi atau dilengkapi oleh ahli waris nasabah. bila terjadi risiko kematian. Inilah yang sering terjadi.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www.

itu semua kembali ke karakter masing-masing. Sebagai contoh. kan kembali ke orangnya. berarti Agen Asuransi Anda Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. sehingga listrik Anda di rumah terancam diputus oleh PLN. termasuk apabila risiko tersebut terjadi di tahun pertama. ia mengatakan bahwa PA akan membayar UP Asuransi Jiwa bila kematian disebabkan penyakit kritis. yang biasanya 30 sampai 90 hari. Jangan gara-gara ada satu agen yang 'enggak bener'. tetapi yang umum terjadi hanya ada dua: 1. Memang. Karenanya. enggak. Jadi saran saya. ketika bertemu. lalu Anda menyamakan semua agen asuransi di dunia ini 'nggak bener'. pastikan Anda mengetahui peraturan pembayaran premi Anda. selama pengembalian polis itu berada dalam batas jangka waktu tertentu yang ditetapkan oleh PA. Bila sama. Ketidakjujuran Agen Asuransi dalam mempresentasikan produk asuransinya Bisa saja Agen Asuransi Anda tidak jujur dalam mempresentasikan produk Asuransi Jiwa-nya. Nah.membayarnya dalam batas waktu tertentu. untuk membuktikan apakah presentasi yang diberikan Agen Asuransi Jiwa benar. apa yang Anda lihat dalam Polis Asuransi Anda itulah yang harus dijadikan rujukan.perencanakeuangan. Tentu saja. apakah semua Agen Asuransi tidak bisa dipercaya? Ya. Sekali lagi. dong. tidak setiap PA punya kebijakan yang sama.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Padahal umumnya tidak demikian. Lalu. KESALAHAN DARI PIHAK PERUSAHAAN ASURANSI Selain dari sisi nasabah. Anda bisa mengembalikan polisnya. Ada beberapa sebetulnya. Jangan sampai Polis Asuransi Anda menjadi tidak berlaku lagi hanya gara-gara Anda lupa membayar premi tepat waktu. dan uang Anda akan kembali. Anda tinggal mencocokkan saja dengan Polis Asuransi yang diterbitkan. Itu. Umumnya PA memberikan semacam Jaminan Uang Kembali kalau ternyata Anda tidak puas terhadap pasal-pasal yang tertera dalam polis. tidak dibayarnya Uang Asuransi dapat juga disebabkan oleh kesalahan yang ditimbulkan oleh PIHAK PA. bukan dari apa yang dikatakan Agen Asuransi.com) .

Terus. 2. laporkan saja dia pada Perusahaan Asuransi-nya.com) .perencanakeuangan. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. gimana dong solusinya? Coba tulis saja Surat Pembaca di NOVA. rajin membayar premi. Mudah-mudahan PA Anda akan memperhatikan dan segera membayar klaim Anda. tetapi klaim Anda masih juga belum dibayarkan. Bisa saja perusahaannya yang bandel. jujur dalam mengisi SP. coba cek lagi.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. Bila tidak. Perusahaannya yang bandel Jika ternyata Anda telah memenuhi semua persyaratan yang diminta. mengirimkan pengajuan klaim masih dalam jangka waktu yang ditentukan.memang jujur dan bisa dipercaya.

maupun kerugian dari sisi keuangan. Setiap manusia memiliki risiko atas apa pun yang dia lakukan. Dalam ilmu perencanaan keuangan. Lain halnya bila rumah Anda mengalami kebakaran. Sebagai contoh. maksud dari asuransi adalah untuk melindungi (memproteksi) Anda dari kerugian keuangan yang mungkin timbul dari terjadinya suatu risiko. maka Anda akan mengalami kerugian keuangan yang besarnya setara dengan nilai rumah Anda pada saat kebakaran itu terjadi. Sebagai contoh. Itu sebabnya.13. dan ada beberapa risiko yang tidak bisa dihindari. Efek dari risiko sering kali menimbulkan kerugian yang cukup besar. pikiran Anda mungkin langsung terbawa ke istilah "asuransi". Kalau rumah Anda mengalami musibah kebakaran. LANGKAH-LANGKAH MENGANTISIPASI RISIKO Oleh: Safir Senduk Dikutip dari Tabloid Nova No. TAK MESTI ASURANSI Mendengar kata antisipasi risiko. tetapi Anda bisa memproteksi diri Anda dari kerugian keuangan yang mungkin timbul dari terjadinya kecelakaan tersebut. maka kerugian keuangan yang mungkin timbul bisa besar sekali. Kenapa? Ini karena apabila sepatu Anda hilang. Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Anda mungkin tidak bisa menghindar dari risiko kecelakaan pada diri Anda. jumlah kerugian Anda mungkin tidak seberapa. Ada beberapa risiko yang bisa dihindari. 639/XIII Risiko adalah segala hal yang bisa terjadi pada diri manusia yang tidak diinginkan untuk terjadi. Apakah semua risiko yang bisa terjadi pada Anda perlu diasuransikan? Jawabnya tidak. Sedangkan contoh dari risiko yang tidak bisa dihindari adalah risiko kematian. Contoh dari risiko yang bisa dihindari adalah risiko kecelakaan atau risiko kecurian. Karena itu.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. penting sekali bagi Anda untuk mengantisipasi setiap risiko yang mungkin terjadi pada diri Anda.com) . Entah kerugian dari sisi psikologis. hidup manusia sendiri juga mengandung banyak risiko.perencanakeuangan. Selain itu. sepatu yang sering Anda pakai punya kemungkinan untuk hilang dicuri. Anda perlu mengambil asuransi kebakaran untuk rumah Anda. Tapi apa iya Anda akan mengasuransikan sepatu Anda? Besar kemungkinan tidak.

dari kota A ke kota B. saya akan menunjukkan bagaimana Anda bisa mengantisipasi risiko-risiko yang bisa terjadi pada diri Anda. Anda menyetir dan membawa paket tersebut. kecelakaan.Pilihan untuk mengantisipasi risiko-risiko tersebut. Anda bisa menghindar dari risiko kecelakaan tersebut. Namun demikian. 5. dan Anda menerima konsekuensinya apabila risiko kecelakaan tersebut benar terjadi. 2. Paket yang harus Anda bawa dibagi dua dengan teman Anda. Membagi Risiko. 3. Dalam tulisan kali ini. sekarang kita coba praktekkan teori antisipasi risiko tersebut. begitu juga Anda. tetapi berhati-hati dalam menyetir. paket Anda tidak akan terkirim. kerugian keuangan juga bisa terjadi bila Anda mengalami tuntutan hukum dari pihak ketiga. semisal saat Anda menabrak orang lain hingga terluka dan Anda diharuskan untuk mengganti semua biaya pengobatannya.perencanakeuangan. saya sebut saja ini sebagai antisipasi risiko. Untuk mengantisipasinya. Anda minta kepada teman Anda yang membawakan seluruh paket tersebut. Menghindari Rrisiko. Dengan demikian. Untuk mudahnya. sakit. Tetapi konsekuensinya. atau bila barang milik Anda hilang atau rusak. Mengurangi Risiko. Dia membawa sebagian paket tersebut dalam kendaraan yang berbeda. Anda bisa menyetir dan membawa paket tersebut seperti biasa tanpa perlu berhati-hati. Nah. disebut dengan Manajemen Risiko. Karena itu. jangan menyetir. maka pilihan-pilihan yang tersedia bagi Anda adalah: Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. keadaan jalanan yang ramai membuat Anda terancam mengalami risiko kecelakaan. BERBAGAI PILIHAN Kerugian keuangan bisa terjadi bila Anda mengalami kematian. Menghadapi Risiko. Sekarang. tapi seperti rumah yang lain pada umumnya.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. ada sejumlah pilihan bagi Anda untuk mengantisipasi risiko tersebut: 1.com) . risiko kecelakaan dapat dikurangi. 4. rumah yang akan Anda beli memiliki risiko kebakaran. pilihan-pilihan apa saja yang tersedia bagi Anda untuk mengantisipasi risiko? Kita anggap saja Anda diharuskan oleh bos Anda (atau siapa saja) untuk membawa sebuah paket dengan memakai kendaraan. Kadang-kadang. Kita misalkan saja Anda ingin membeli rumah. Transfer Risiko. Caranya.

Kenali risiko Anda: Kematian. Evaluasi akibatnya apabila risiko itu terjadi. musibah atas mobil. Karena itu. PHK. dan menghadapi saja risiko tersebut. musibah atas kendaraan. dengan konsekuensi bahwa biaya hidup keluarga tidak akan terbayar Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Menyediakan tabung pemadam kebakaran di rumah Anda (mengurangi risiko).com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www. langkah-langkahnya adalah: 1. asuransi bisa menjadi pihak yang Anda serahi kerugian apabila Anda mengalami suatu risiko. 2. risiko yang mungkin terjadi pada diri Anda adalah kematian. tidak usah membeli (menghindari risiko). 2. Mengontrak rumah saja. Menyerahkan seluruh kerugian pada pihak lain apabila rumah Anda mengalami kebakaran (transfer risiko). 3. Ambil keputusan tentang pilihan apa yang akan Anda gunakan untuk mengantisipasi risiko tersebut Sebagai contoh. sakit. Menghindari Risiko: Dalam hal ini tidak mungkin menghindari risiko kematian. 4. Membeli rumah. Artinya. di mana Anda berharap agar risiko kebakaran tersebut tidak usah terjadi (menghadapi risiko). kecelakaan. 5. Menyerahkan sebagian kerugian pada pihak lain apabila rumah Anda mengalami kebakaran (bagi risiko). Pilihan keempat dan kelima diatas itulah yang kita kenal dengan asuransi. Kenali risiko Anda 2. maka langkah Anda selanjutnya adalah dengan menulis risiko-risiko apa saja yang mungkin terjadi pada Anda. Ambil keputusan: 1. MENGAMBIL KEPUTUSAN Setelah Anda mengetahui pilihan-pilihan apa saja yang tersedia bagi Anda untuk mengantisipasi risiko. Di bawah ini adalah langkah-langkahnya: 1.com) . 2. 3. dan tidak bisa bekerja. 3. Menghadapi Risiko: Bisa saja. serta pilihan apa yang akan Anda gunakan untuk mengantisipasinya.perencanakeuangan. Evaluasi akibatnya: Biaya hidup keluarga yang Anda tinggalkan tidak akan terbayar.1.

Disusun ulang oleh Koch S @ http://investasigo. Transfer risiko: Menyerahkan seluruh pembiayaan hidup keluarga Anda pada pihak lain apabila Anda meninggal dunia. Maka sekarang Anda sudah memiliki program antisipasi risiko untuk keluarga Anda.com Copyright Safir Senduk & Rekan 2000 (http://www.perencanakeuangan. Begitu seterusnya. Terserah pada Anda.3. maka ulangi langkah tersebut untuk risiko yang berikutnya (semisal kecelakaan).com) . Setelah Anda mengambil keputusan untuk satu risiko. Bagi risiko: Menyerahkan sebagian pembiayaan hidup keluarga Anda pada pihak lain apabila Anda meninggal dunia 5. putusan mana yang hendak diambil. Mengurangi Risiko: Risiko kematian tidak bisa dikurangi 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->