Dosen : Dra. Rosidah, M.

Si

Anna Rahmadiana SN 11402279001 P.ADP – KKT

“PENTINGNYA KEPRIBADIAN SEKRETARIS”

A. PENDAHULUAN Tidak banyak orang mempunyai bakat untuk menjadi seorang sekretaris yang baik, namun demikian saja tidak cukup jika kita tidak tahu kepribadian yang bagaimana, yang harus dimiliki untuk menjadi seorang sekretaris yang baik. Sekretaris adalah seorang pegawai yang mempunyai tugas untuk menjaga rahasia perusahaan maupun pribadi atasannya serta membantu pimpinan dalam menangani tugas-tugas yang berhubungan dengan penanganan ketatausahaan, pelayanan kepada masyarakat dan bahkan berfungsi sebagai pimpinan muda. Seorang sekretaris memiliki kewajiban moral yang harus berpegang teguh. Tidak berlebihan jika banyak pihak yang mengatakan bahwa keberadaan dan peran sekretaris menjadi tumpuan keberhasilan seorang pimpinan dalam menjalankan fungsi manajerialnya. Bahkan peran sekretaris menjadi salah satu faktor penentu bagi produktivitas perusahaan. Dengan demikian, pengembangan diri sekretaris menjadi tuntutan dan kebutuhan yang terus-menerus dan berkesinambungan menuju sekretaris yang professional. Upaya pengembangan sekretaris tidak hanya menyangkut pengembangan dan peningkatan kompetensi sekretaris berkaitan dengan penguasaan pengetahuan dan keterampilan saja, tetapi juga harus menyangkut kepribadian dan sikap mental. B. KEPRIBADIAN (personality) Kepribadian sering diidentikan dengan identitas seseorang, baik yang menyangkut watak, sifat, perbuatan, atau tindakan yang merupakan usaha seseorang dalam mengaktualisasikan jati dirnya. Kepribadian juga diartkan dengan personality (dalam bahasa Inggris) atau pesona (bahasa Latin). Oleh karena itu kata kepribadian merupakan topeng manusia untuk menutupi dirinya dari kepribadian atau sifat karakter yang kurang baik agar nampak baik di kalangan masyarakat dan kalangan perusahaan. Kepribadian seorang sekretaris penting dibangun dan dikembangkan
1

perilaku. sekretaris tidak boleh membiarkan kekurangan mendominasi dirinya. bersikap. Untuk mengenal diri dengan baik dan mengembangkannya dengan positif. jika pertemuan pertama tidak mengenakkan. kita harus pandai menempatkan diri serta pandai dalam memilah dan memilih permasalahan.positif dan menghargai orang lain. Baik dari cara berpenampilan. Maka dalam hal ini perlu membentuk dan mengembangkan pribadi untuk menjadi sekretaris yang professional. Kepribadian bisa menjadi modal yang menguntungkan. meliputi: 1. Selain itu kita juga harus pandai dalam menunjukan kepribadian terbaik dari diri kita agar memberikan kesan baik di mata semua pihak. Jika pertemuan pertama mempunyai kesan menyenangkan maka akan lebih mudah menjalin hubungan selanjutnya. sedang kepribadian yang negatif dan tidak disukai merupakan rintangan untuk meniti karir. sekretaris 2 . maka untuk hubungan selanjutnya akan terasa lebih sulit dalam pendekatannya. sekretaris harus jujur dalam menilai diri sendiri. Jangan sampai permasalahan pribadi terbawa saat berada ditempat kerja.terus-menerus guna membangun profesionalisme seorang sekretaris. C. Hal ini membawa sekretaris untuk berfikir optimis. dan sebagainya.dan berusaha untuk menyempurnakan kekurangan tersebut serta meningkatkan kelebihan yang ada pada dirinya. MEMBENTUK CITRA KEPRIBADIAN SEKRETARIS Kepribadian wanita yang sukses dan menarik terletak pada personal image (citra pribadi) yang merupakan integrasi intelektualitas. Sebagai seorang sekretaris yang baik dan professional. Kuncinya adalah dengan meningkatkan kemampuan/ketrampilan dalam menghadapi masyarakat dan berusaha untuk menjadi manusia yang dibutuhkan dalam masyarakat semaksimal mungkin. Mengenal dirinya dengan baik Untuk mengenal dirinya dengan baik. Tetapi sebaliknya. Yaitu pertemuan pertama itu sangat mempengaruhi penilaian seseorang terhadap orang lain. watak. Mengenal diri sendiri dengan baik berarti mau menerima kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirinya. Kepribadian yang positif akan terhormat dan dapat diterima dimanapun juga. Sesuai dengan teori psikologi bahwa orang bertatap muka pertama kali yang akan terlintas adalah hallo effect. Dengan adanya pengenalan diri. karya dan penampilan seseorang di depan umum. berkarakter.

Karena pekerjaan sekretaris menuntut untuk tahu banyak mengenai hal-hal yang bersifat rahasia. 3. e. 3 . namun kita harus kritis terhadap kritik yang diajukan untuk kita dan tidak boleh menanggapi kritik dengan arogan dan tergesa-gesa. Siap untuk menerima kritik Seorang sekretaris harus terbuka menerima kritik dengan baik dari pimpinan maupun rekan kerja. d. tetapi sekretaris tetap mempunyai tanggung jawab moral terhadap diri sendiri 4. khususnya pesaing perusahaan. 5. Ada beberapa kiat menerima kritik. Dengan bekerja di sebuah perusahaan maka ia melibatkan diri untuk memenuhi semua perintah dan petunjuk atasannya tidak berarti bahwa sekretaris harus taat pada atasannya dengan cara buta. Konfidensialitas Dengan konfidensialitas diharapkan seorang sekretaris dapat menjaga rahasia perusahaan. Kita tidak boleh menganggap sepele kritik tersebut. c. Loyalitas Bagi semua karyawan perusahaan termasuk juga sekretaris dengan loyalitas karyawan berkewajiban untuk merealisasikan tujuan perusahaan dan tidak melakukan sesuatu yang nantinya akan merugikan kepentingan perusahaan. Perusahaan sangat keberatan apabila rahasianya jatuh kepada pihak lain.akan selalu membandingkan pekerjaan yang dicapai dirinya sendiri dengan perkembangan perusahaan. b. 2. Mintalah saran atau nasihat dari orang lain Harus tenang dan jujur mengakui Mau belajar dari kesalahan yang dibuat Penuh perhatian kepada pimpinan dan rekan lainnya Bersikap terbuka Ketaatan Ketaatan merupakan konsekuensi dari sekretaris status sekretaris sebagai karyawan di sebuah perusahaan. yaitu: a.

Behaviour. Murah Senyum Bersikap sumeh (charming. Appearance. Untuk lebih jelasnya. yaitu (ABCC. Sebagai pedoman bagi sekretaris untuk menuju good behaviour adalah berupaya mengajar diri sendiri agar menjadi pribadi yang disenangi oleh siapa saja. taat 4 . 3. Good Appearance Bukan berarti cantik dalam wajah. menyenangkan hati. di mana saja dalam suasana apa pun juga. simpatik. 2. akan diuraikan sebagai berikut: 1. Good Behaviour Berarti tingkah laku yang baik. pikiran positif. pandai berhadapan dengan berbagai macam orang. Good Character Tuntutan masyarakat menghendaki seseorang mempunyai karakter (sifat) yang baik dalam pergaulan. Tuntutan untuk mengembangkan kepribadian. Sifat-sifat yang baik yang melengkapi penilaian kepribadian sekretaris antara lain kejujuran. menawan). sedih. Orang yang memakai pakaian lusuh/kotor mempunyai pengaruh terhadap jiwa pemakaina. mempunyai perasaan (intuisi) yang cukup halus dan dapat bersikap ―psychologis’ terhadap orang. lebih-lebih sekretaris dalam hubungannya dengan pimpinan/lembaga di tempat kerja.6. kapan saja. kagum. khususnya seorang sekretaris semakin meningkat. dll yang dapat dibaca dari roman muka. Penampilan sekretaris harus dapat diterima di lingkungan kantor tempat bekerja. Setiap sikap atau gerak-gerik mempunyai nilai yang beraneka ragam. apakah seseorang gembira. tetapi merangkum segala keluwesan dan kesopanan dalam tindakan. Appearance berarti perwujudan penampilan lahiriah seseorang. Capability). Menurut Rosida (2000: 40) ada rumusan yang sederhana untuk memudahkan dalam membentuk kepribadian seorang sekretaris. Character. Masyarakat modern dan perusahaan yang bonafit membutuhkan sekretaris masa depan. Cara berpakaian dan dandanan juga mencerminkan kepribadiannya.

Good Capability Kecakapan atau kemampuan sangat dibutuhkan dalam melakukan segala pekerjaan bahkan kehidupan manusia. Capability). KESIMPULAN Sekretaris merupakan sebuah profesi yang memiliki peran penting dalam suatu organisasi. Oleh karena itu sekretaris harus berusaha meningkatkan kemampuannya untuk menunjang kelancaran pekerjaan atau pengembangan organisasinya. M. Yogyakarta: FIS-UNY http://endahza.43 http://sekreprof-vina.com/2010/05/pembahasan-1-2.blogspot.html Januari 2009 – pukul 19. serta kemampuan teknis. Kuncinya adalah dengan meningkatkan kemampuan/ketrampilan dalam menghadapi masyarakat dan berusaha untuk menjadi manusia yang dibutuhkan dalam masyarakat semaksimal mungkin.com/2009/01/etika-dan-syarat-seorang-sekretaris.html Jum’at 28Mei 2010 — pukul 18. loyalitas dan murah senyum. yaitu (ABCC. Seorang sekretaris harus mempunyai kemampuan intelektual. Character. Kepribadian sukses dan menarik terletak pada personal image yang menerapkan integrasi intelektualitas. 2000.55 5 . Diktat Kesekretariatan. skill.Si). Sumber: Rosidah (Dra. Selain itu terdapat rumusan yang sederhana untuk memudahkan dalam membentuk kepribadian seorang sekretaris. 4. menghargai orang lain. taat. serta bekerja keras.beribadah. watak.menerima kritik. konfidensial. Kepribadian sekretaris dapat menunjang kemampuan kerja yang menguntungkan bagi diri sendiri maupun dalam pengembangan organisasinya. karya dan penampilan seseorang di depan umum. penuh semangat dan tulus. Appearance. D. Behaviour. Adapun hal-hal yang mencakup pribadi sekretaris yaitu mengenal diri sendiri.blogspot. perilaku.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful