MAKNA MANUSIA, BANGSA DAN NEGARA 1. MANUSIA Istilah “manusia” berasal dari bahasa Sansakerta, yaitu manu.

Artinya berpikir dan berakal budi. Dalam sejarah, homo bearti manusia. Manusia sebagai makhluk individu, berarti mempunyai keperluan, kepentingan, atau cita-cita yang berbeda-beda dalam suatu hal. Sedangkan ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial, antara lain manusia hidup berkelompok, memiliki kemampuan berkomunikasi, kesamaan rasa atau bekerja sama ynag dirangkum dalam nilai kesatuan, nilai solidaritas, nilai kebersamaan dan nilai berorganisasi.

Mereka hidup bersama dalam berbagai hubungan antara individu yang berbeda-beda tingkatannya. . MANUSIA Persamaan nilai tersebut akan membentuk suatu kelompok manusia yang lebih besar yang disebut berbangsa dan bernegara. (384-322 SM). Masyarakat adalah persatuan manusia yang timbul dari kodrat yang sama. Aristoteles. BANGSA DAN NEGARA 1. salah seorang filusuf Yunani mengatakan bahwa manusia itu makhluk bergaul dan bermasyarakat.MAKNA MANUSIA.

partai politik. suami istri (gemeinschaft). . perkumpulan kesenian. b. Golongan yang berdasarkan hubungan tujuan/pandangan hidup atau ideologi. serikat kerja. yaitu sebagai berikut: a. perkumpulan agama.MAKNA MANUSIA. BANGSA DAN NEGARA 1. perkumpulan sosial. MANUSIA Pada umumnya. perkumpulan keluarga. ada tiga golongan masyarakat. c. koperasi. Golongan yang berdasarkan hubungan kekeluargaan. dan olahraga (gezelschaft). bangsa dan negara. Golongan yang berdasarkan hubungan kepentingan/pekerjaan. perkumpulan ekonomi.

Kesatuan genealogis. sedangkan rakyat adalah suatu pengertian sosiologis. yaitu keluarga besar yang terdiri dari beberapa keluarga (somah). . yaitu kesatuan yang paling kecil (keluarga) yang terjadi karena poligami/monogami. Terbentuk karena anggotaanggotanya disatukan oleh keturunan dan perkawinan. Ada beberapa bentuk kesatuan masyarakat. BANGSA DAN NEGARA 2.  Kerabat atau famili. Para ahli mengatakan bahwa bangsa adalah suatu pengertian politis. Bentuk ini terdiri dari:  Somah atau batih.MAKNA MANUSIA. yaitu: a. BANGSA Istilah bangsa sering disebut dengan istilah rakyat.

BANGSA  Suku bangsa atau stam. disertai dengan tata tertib dan kesadaran bersama untuk mempertahankan daerahnya. yaitu kerabat yang telah meluas dan hubungan darhnya tidak jelas lagi untuk ditelusuri.  Clan adalah didasarkan pada satu keturunan saja.MAKNA MANUSIA. BANGSA DAN NEGARA 2. Garis keturunan laki-laki (patrilineal) garis keturunan perempuan (matrilineal). tetapi mereka merasa satu keturunan. Kesatuan teritorial. b. Terbentuk karena anggotaanggotanya merasa bersatu karena tempat tinggal di daerah yang sama. .

yaitu:  Masyarakat desa. religius.  Masyarakat lingkungan daerah. dan saling kenal antara sesama warganya. BANGSA Kesatuan teritorial dibedakan menjadi dua macam. BANGSA DAN NEGARA 2. .MAKNA MANUSIA. adalah sekelompok orang yang mendiami daerah tertentu yang masing-masing anggotanya memiliki ikatan batin yang kuat. Setiap kelompok memiliki ketua kelompok dan bersifat otonom. adalah pada daerah tertentu hidup sekelompok-kelompok manusia di berbagai tempat yang masing-masing merupakan satu kesatuan besar. sifat gotong royong.

d. maka masarakat ini dinamakan kesatuan totemistis. Bila yang menonjol kesatuan sucinya daripada kesatuan genealogis atau teritorialnya. Kesatuan campuran. Contohnya suku Marind-Amin. Kesatuan sakral. . Merupakan kesatuan religius yang terbentuk karena anggota-anggotanya merasa bersatu berkat adanya katan gaib atau suci (satu agama/kepercayaan). BANGSA DAN NEGARA 2. teritorial dan sakral. BANGSA c. Misalnya Desa di Jawa dan Uma di Mentawai.MAKNA MANUSIA. Merupakan kesatuan yang dibentuk dari gabungan kesatuan genealogis.

Berdasarkan proses terbentuknya dan tujuannya. Golongan yang terbentuk berdasarkan keadaan tertentu.  Paguyuban atau gemeinschaf. Kesatuan/penggolongan lain. . BANGSA e. yaitu bentuk kehidupan bersama yang masing-masing anggotanya terikat oleh hubungan batin yang kuat dan kekal.MAKNA MANUSIA. BANGSA DAN NEGARA 2.  Patembayan atau gezelschaft yaitu bentuk kehidupan bersama yang terbentuk atas dasar tujuan dan kepentingan yang sama. yaitu: 1. terjadi secara alamiah.

Menurut jenis kelamin. membagi masyarakat atas dasar golongan laki-laki dan perempuan dengan segenap hak dan kewajibannya. berdasarkaN derajat. 4. 5. dijumpai pada masyarakat primitif yang masih membedakan tingkat umur. BANGSA 2. BANGSA DAN NEGARA 2.MAKNA MANUSIA. yaitu berdasarkan tingkat atau derajat seseorang di dalam masyarakat. Menurut umum. biasanya dijumpai pada masyarakat Hindu yang membedakan masyarakat atas dasar kasta-kasat. 3. . Berdasarkan kasta.

. Bangsa merupakan sekelompok manusia yang memiliki persamaan karakter karena persamaan nasib dan pengalaman sejarah budaya yang tumbuh berkembang bersama dengan tumbuh kembangnya bangsa. Menurut Ernest Renan. sedangkan bangsa adalah sekelompok manusia yang berbeda dalam satu ikatan batin yang dipersatukan karena memiliki persamaan sejarah dan cita-cita yang sama. BANGSA Beberapada definisi bangsa adalah sebagai berikut: 1. Menurut Otto Baur. 2. BANGSA DAN NEGARA 2.MAKNA MANUSIA. Rakyat adalah sekelompok manusia yang memiliki kebudayaan atau adat istiadat yang sama.

. nasib. keturunan yangbersifat sama. cita-cita yang sama  Golongan manusia yang berkehendak hidup bersama di suatu wilayah tertentu dengan membentuk pemerintahan dan negara berdaulat. BANGSA Beberapada definisi bangsa adalah sebagai berikut: 3. kebudayaan dan terorganisir dalam suatu pemerintahan yang berdaulat.MAKNA MANUSIA. Kelompok ini umumnya mendiami suatu wilayah. Menurut ensiklopedia politik. Bangsa adalah:  Keluarga. sejarah. kebiasaan. Bangsa menurut hukum adalah rakyat atau orang-orang yang ada di dalam suatu masyarakat hukum yang terorganisir.  Sekelompok manusia yang memiliki kesamaan sejarah. bahasa sama. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. BANGSA DAN NEGARA 2. 4. rumpun.

Karakter yang sama d. Cita-cita bersama yang mengikat dan menjadi satu kesatuan b. BANGSA DAN NEGARA 2. Satu kesatuan wilayah f. Terorganisir dalam satu wilayah hukum . BANGSA Dari berbagai penjelasan di atas. dapat disimpulkan bahwa bangsa adalah: a. Perasaan senasib dan sepenanggungan c. Adat istiadat/budaya yang sama e.MAKNA MANUSIA.