Mahzab Historis 1 Jelaskan Inti pokok Pemikiran Ekonomi Mazhab Historis, dan mengapa pemikiran-pemikirannya banyak dikritik

? Inti pokok : a) Pola Pemikiran bedasarkan Perspektif Sejarah, bukan He- donisme dan Utilitarianisme yang mekanistis dari Klasik. b) Motif Bertindak (Kegiatan Ekonomi) : Selain berdasarkan motif Laba dan Kepentingan Individual dari Klasik, juga dipengaruhi oleh Motif lain (seperti Etika). c) Kegiatan Masyarakat berlandaskan pada sistem yang me-nyeluruh, mencakup semua organisme dalam kehidupan bermasyarakat sebagai suatu keseluruhan, bukan kepada Undang-undang Alam menurut Klasik. d) Intervensi Pemerintah untuk mewujudkan proses ekonomi pada tujuan Sosial dan ekonomi yang diinginkan bersama. Banyak dikiritik karena pemikiran ekonomi aliran sejarah kurang jelas, tidak mengembangkan suatu Sistem ekonomi tersendiri seperti Klasik atau Sosialis. Selain itu pemikiran ekonomi aliran sejarah hanya sebagai reaksi terhadap Klasik dan NeoKlasik. Adanya kelemahan metode Induksi-Empirik, yaitu kesulitan mencapai suatu kesimpulan yang pa- du tentang perekonomian masyarakat secara Universal hanya menggambarkan berbagai persoalan ekonomi secara Deskriptif saja. 2. Jelaskan perbedaan evolusi perkembangan masyarakat menurut Friedrich List dengan Bruno Hildebrand ! - Friedrich List : kebijaksanaan tentang indutrialisasi dan campur tanggan pemerintah dalam bidang ekonomi, social, politik, dan hokum - Bruno Hildebrand : Evolusi Perekonomian Masyarakat berdasarkan Cara TukarMenukar (Berdagang)

3. Jelaskan kritikan Veblen terhadap pemikiran ekonomi neo-klasik umumnya ! - Model Teoritis dan Matematis dari Klasik dan NeoKlasik cenderung menyederhanakan fenomena-fenomena ekonomi yang kompleks. - Pemikiran Ekonomi Klasik dan Neo-Klasik mengabaikan Aspek - Aspek Non ekonomi seperti Kelembagaan dan Lingkungan, Struktur Politik, dan Struktur Sosial.

Mekanisme pasar kurang mampu dalam melakukan penyesuaian yang diperlukan seperti tingkat harga dan Upah.Bank Sentral harus terikat aturan tetap dalam melakukan kebijakan moneter. .Karakte-ristik Pokok Aliran Monetaris ! . .  Monetarists : Perekonomian cenderung berada dalam keseimbangan mengingat sumberdaya digunakan secara penuh.Pengeluaran agregat < penerimaan agregat. Jelaskan Perbedaan Aliran Monetaris dengan Aliran Keynes !  Keynesians : Perekonomian cenderung berada dalam posisi keseimbangan tingkat output yang rendah : . 2. . .Kebijakan Fiskal adalah kebijakan yang buruk karena dapat mempengaruhi output lebih cepat dan lebih dapat dipercaya daripada kebijakan moneter.Perkembangan (kejutan) Moneter : Unsur yang penting dalam perkembangan produksi.Moneterisme 1. Jelaskan Pokok-Pokok Pemikiran Ekonomi Aliran Monetaris ! . . Upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengatasi pengangguran : Monetaris  Kebijakn Fiskal yang Kontraktif.Sebuah peran kecil pemerintah merupakan kebijakan yang baik.Landasan teoritis adalah teori kuantitas uang. kesempatan kerja. Jelaskan Karakteristik . 3. . .Ekonomi dan pasar keuangan secara inheren stabil.Pertumbuhan Jumlah Uang Beredar : Unsur yang paling dapat diandalkan dalam perkembangan Moneter. .Perilaku Otoritas Moneter : Penentu pertumbuhan Jumlah Uang Be-redar dalam gelombang konjungtur. harga. Upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengatasi pengangguran : Keynesian  Kebijakan Fiskal yang Ekspansif.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful