Plastik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Istilah plastik mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi-sintetik. Mereka terbentuk dari kondensasi organik atau penambahan polimer dan bisa juga terdiri dari zat lain untuk meningkatkan performa atau ekonomi. Ada beberapa polimer alami yang termasuk plastik. Plastik dapat dibentuk menjadi film atau fiber sintetik. Nama ini berasal dari fakta bahwa banyak dari mereka "malleable", memiliki properti keplastikan. Plastik didesain dengan variasi yang sangat banyak dalam properti yang dapat menoleransi panas, keras, "reliency" dan lain-lain. Digabungkan dengan kemampuan adaptasinya, komposisi yang umum dan beratnya yang ringan memastikan plastik digunakan hampir di seluruh bidang industri.

Polimerisasi adalah reaksi pembentukan rantai polimer organik yang panjang dan berulang. Polimerisasi digolongkan ke beberapa sistem: sistem adisi-kondensasi dan sistem pertumbuhan rantai bertahap. Bentuk lain dari polimerisasi adalah polimerisasi membuka cincin yang serupa dengan polimerisasi rantai.polimer alamiah mencakup protein seperti sutera,enzim dan serat otot. polimer disebut juga makromolekul.polimer adisi contohnya: polietilena,teflon,PVC,PVA,dan PMMA.Polimer kondensasi contohnya :nilon, kevlar, silicon rubber, dan poliester. Kimia organik adalah percabangan studi ilmiah dari ilmu kimia mengenai struktur, sifat, komposisi, reaksi, dan sintesis senyawa organik. Senyawa organik dibangun terutama oleh karbon dan hidrogen, dan dapat mengandung unsur-unsur lain seperti nitrogen, oksigen, fosfor, halogen dan belerang. Definisi asli dari kimia organik ini berasal dari kesalahpahaman bahwa semua senyawa organik pasti berasal dari organisme hidup, namun telah dibuktikan bahwa ada beberapa perkecualian. Bahkan sebenarnya, kehidupan juga sangat bergantung pada kimia anorganik; sebagai contoh, banyak enzim yang mendasarkan kerjanya pada logam transisi seperti besi dan tembaga, juga gigi dan tulang yang komposisinya merupakan campuran dari senyama organik maupun anorganik. Contoh lainnya adalah larutan HCl, larutan ini berperan besar dalam proses pencernaan makanan yang hampir seluruh organisme

dan mineral. Mengenai unsur karbon. yang juga digolongkan dalam senyawa anorganik. garam. karbid.(terutama organisme tingkat tinggi) memakai larutan HCl untuk mencerna makanannya. asam. . kimia anorganik biasanya berkaitan dengan senyawa karbon yang sederhana yang tidak mengandung ikatan antar karbon misalnya oksida. Namun hal ini tidak berarti bahwa tidak ada senyawa karbon tunggal dalam senyawa organik misalnya metan dan turunannya.

Pellet atau bijih plastik yang siap diproses lebih lanjut (injection molding. . lihat keplastikan (fisika) dan ductile. ekstrusi. dll) Plastik dapat juga menuju ke setiap barang yang memiliki karakter yang deformasi atau gagal karena shear stress.

sementara di India hanya 2kg/orang/tahun. acrylic. Rantai ini membentuk banyak unit molekul berulang. Plastik adalah polimer. polyethylene. di Amerika Serikat mencapai 80kg/orang/tahun.). "shellac") sampai ke material alami yang dimodifikasi secara kimia (seperti: karet alami. Untuk mengeset properti plastik grup molekuler berlainan "bergantung" dari tulang-belakang (biasanya "digantung" sebagai bagian dari monomer sebelum menyambungkan monomer bersama untuk membentuk rantai polimer). polyvinyl chloride. Tulang-belakang adalah bagian dari rantai di jalur utama yang menghubungkan unit monomer menjadi kesatuan. silicone. REDIRECT [[ . Klasifikasi lainnya juga umum. atau "monomer". Saat ini penggunaan material plastik di negara-negara Eropa Barat mencapai 60kg/orang/tahun. rantai panjang atom mengikat satu sama lain. Pengesetan ini oleh grup "pendant" telah membuat plastik menjadi bagian tak terpisahkan di kehidupan abad 21 dengan memperbaiki properti dari polimer tersebut. chlorine atau belerang di tulang belakang.[1] 1. Daftar isi [sembunyikan] • • • • • • • • • 1 Sejarah 2 Jenis plastik 3 Proses manufaktur plastik 4 Sifat polimer konduktif 5 Industri 6 Sekilas 7 Referensi 8 Pranala luar 9 Lihat pula [sunting] Sejarah Plastik merupakan material yang baru secara luas dikembangkan dan digunakan sejak abad ke-20 yang berkembang secara luar biasa penggunaannya dari hanya beberapa ratus ton pada tahun 1930-an. "nitrocellulose") dan akhirnya ke molekul buatan-manusia (seperti: epoxy. menjadi 150 juta ton/tahun pada tahun 1990-an dan 220 juta ton/tahun pada tahun 2005. nitrogen. polyethylene). Plastik yang umum terdiri dari polimer karbon saja atau dengan oksigen. urethane. (beberapa minat komersial juga berdasar silikon).Plastik dapat dikategorisasikan dengan banyak cara tapi paling umum dengan melihat tulang-belakang polimernya (vinyl{chloride}. Pengembangan plastik berasal dari penggunaan material alami (seperti: permen karet. dll.

resin melamin. poliester. ABS. lilin) o 1000 ~ 3000 Plastik (polistiren. PAR  Aplikasi: komponen pesawat Berdasarkan jumlah rantai karbonnya o 1 ~ 4 Gas (LPG. Pemanasan ulang akan menyebabkan kerusakan molekul-molekulnya. polietilen. kapas. polistiren (PS). LNG) o 5 ~ 11 Cair (bensin) o 9 ~ 16 Cairan dengan viskositas rendah o 16 ~ 25 Cairan dengan viskositas tinggi (oli. urea-formaldehida Kinerja dan penggunaanya o Plastik komoditas  sifat mekanik tidak terlalu bagus  tidak tahan panas  Contohnya: PE. gemuk) o 25 ~ 30 Padat (parafin. PES. karet alam. dll) Berdasarkan sumbernya o Polimer alami : kayu. Merupakan jenis plastik yang tidak bisa didaur-ulang/dicetak lagi. PS. PC. temperatur operasi di atas 100 °C  Sifat mekanik bagus  Contohnya: PA. bakelit. kulit binatang. Contoh: resin epoksi. POM. Merupakan jenis plastik yang bisa didaur-ulang/dicetak lagi dengan proses pemanasan ulang. PAI.]] [sunting] Jenis plastik Plastik dapat digolongkan berdasarkan: • • • • Sifat fisikanya o Termoplastik. PMMA. polikarbonat (PC) o Termoset. Contoh: polietilen (PE). PBT  Aplikasi: komponen otomotif dan elektronik o Plastik teknik khusus  Temperatur operasi di atas 150 °C  Sifat mekanik sangat bagus (kekuatan tarik di atas 500 Kgf/cm²)  Contohnya: PSF. rambut o Polimer sintetis:  Tidak terdapat secara alami: nylon. cellophane (bahan dasarnya dari selulosa tetapi telah mengalami modifikasi secara radikal sehingga kehilangan sifat-sifat kimia dan fisika asalnya) . polistiren  Terdapat di alam tetapi dibuat oleh proses buatan: karet sintetis  Polimer alami yang dimodifikasi: seluloid. SAN  Aplikasi: barang-barang elektronik. pembungkus makanan. ABS. botol minuman o Plastik teknik  Tahan panas. polipropilen.

Pada saat proses pendinginan produk secara bersamaan di dalam barrel terjadi proses pelelehan plastik sehingga begitu produk dikeluarkan dari cetakan dan cetakan menutup. Plastik yang sudah meleleh diinjeksikan oleh sekrup injeksi (yang juga berfungsi sebagai plunger) melalui nozzle ke dalam cetakan yang didinginkan oleh air. Produk yang sudah dingin dan mengeras dikeluarkan dari cetakan oleh pendorong hidraulik yang tertanam dalam rumah cetakan selanjutnya diambil oleh manusia atau menggunakan robot.[sunting] Proses manufaktur plastik • Injection molding • Bijih plastik (pellet) yang dilelehkan oleh sekrup di dalam tabung yang berpemanas diinjeksikan ke dalam cetakan. plastik leleh bisa langsung diinjeksikan. Gas Assisted Injection Molding Gas Assisted Injection Molding . Proses Termoplastik dalam bentuk butiran atau bubuk ditampung dalam sebuah hopper kemudian turun ke dalam barrel secara otomatis (karena gaya gravitasi) dimana ia dilelehkan oleh pemanas yang terdapat di dinding barrel dan oleh gesekan akibat perputaran sekrup injeksi.

Gas Assisted Injection Molding melibatkan penggunaan gas bertekanan tinggi dalam proses injeksi. Gas yang biasa dipakai adalah gas Nitrogen karena bersifat inert. Tekanan gas tetap dipertahankan untuk memberikan tekanan pemadatan sementara produk mengalami pendinginan (3). Perbedaan tekanan di dalam mold Keuntungan[1] Leluasa dalam mendesain bentuk-bentuk produk berongga. berdinding tipis ataupun tebal dan berbentuk batang atau pipa . gas bertekanan tinggi diinjeksikan. Ketika mold baru terisi sebagian material plastik leleh (1). Gas ini akan mendorong plastik leleh ke arah dinding-dinding cetakan (2).

Mold .bagian dari mesin injection molding dimana plastik leleh dicetak dan didinginkan Unit pencekam . terdiri dari hopper. Produk yang lebih ringan [sunting] Mesin injection molding [sunting] Komponen utama Unit injeksi .Kekakuan produk lebih tinggi akibat adanya ruang kosong (momen inersia polar lebih tinggi) Memerlukan jumlah gate lebih sedikit sehingga mengurangi weldline Tidak ada cacat sinkmark pada produk-produk yang tebal Tekanan injeksi dan pemadatan yang lebih rendah Distribusi tekanan pemadatan lebih merata Siklus injeksi lebih cepat akibat waktu pendinginan yang lebih singkat.bagian dari mesin injection yang berfungsi untuk mencekam mold pada saat penginjeksian material ke dalam cetakan sekaligus menyediakan mekanisme pengeluaran produk dari mold Sebuah mold akan dipasang ke mesin injection molding [sunting] Jenis-jenis mesin injection molding Berdasarkan metode pencekaman cetakan pencekam toggle pencekam hidraulik .bagian dari mesin injection molding yang berfungsi untuk melelehkan material plastik. barrel dan screw.

Crawford (2002).. “The Wordsworth Dictionary of Science & Technology”.Plastics Business Group. Wordsworth Reference ISBN 1-85326-351-6 (Inggris) Charles A. McGraw-Hill. 18. ISBN 007-026714-6 .Mesin injection molding dibedakan berdasarkan besarnya gaya pencekaman maksimum yang bisa diberikan. Pearson Prentice Hall ISBN 0-13-114558-4 (Inggris) R. [sunting] Daftar pustaka (Inggris) Strong. “Modern Plastic Handbook”. "Plastics: Materials and Processing". Bayer AG . The Injection Molding of Quality Parts .Berdasarkan proses pelelehan bijih plastik single-stage plunger two-stage screw-plunger single-stage reciprocating-screw Berdasarkan tonase . “Plastic Engineering”.Process Engineering Alternatives and Process Selection (edisi ke-1st). Brent (2006). D51368 Leverkusen. Buttenworth-Heinemann ISBN 07506-3764-1 (Inggris) Anonym (1995). A. Harper (2000).[1] Mesin injection molding 1300 ton dengan tambahan robot di bagian atas mesin untuk pengambilan produk dari mold [sunting] Referensi ^ a b Anonymous (2002).J. p. Kisarannya mulai dari 5 ton untuk menghasilkan produk seberat 10 gram sampai dengan 5000 ton untuk menghasilkan produk seberat 50 kilogram.

namun pada molekul terkonjugasi hanya memiliki tiga (kadang-kadang dua) atom lain. sedangkan polimer konduktif antara lain : polyacetilen. Suatu zat dapat bersifat polimer konduktif jika mempunyai ikatan rangkap yang terkonjugasi. elektron yang terdelokalisasi pada seluruh molekul. Contoh dari polimer terkonjugasi adalah plastik tradisonal (polyethylen). Pembuatan Polyacetilen Polimer konduktif dapat dibuat dari polyacetilen. Elektron yang tersisa membentuk ikatan π. polpyrol.• Ekstrusi Bijih plastik (pellet) yang dilelehkan oleh sekrup di dalam tabung yang berpemanas secara kontinyu ditekan melalui sebuah orifice sehingga menghasilkan penampang yang kontinyu. • Blow molding Biji plastik (pellet) yang dilelehkan oleh sekrup di dalam tabung yang berpemanas secara kontinyu diekstrusi membentuk pipa (parison) kemudian ditiup di dalam cetakan. . polyaniline dan lain lain. • Thermoforming Lembaran plastik yang dipanaskan ditekan ke dalam suatu cetakan. Ikatan ganda diperoleh dari karbon yang memiliki empat elektron valensi. Polyacetilen merupakan polimer terkonjugasi sederhana yang mempunyai dua bentuk: yaitu bentuk cis dan trans polyacetilen. [sunting] Sifat polimer konduktif Polimer semikonduktif dan konduktif adalah polimer terkonjugasi yang menunjukkan perubahan ikatan tunggal dan ganda antara atom-atom karbon pada rantai utama polimer. polytiopen. Indonesia merupakan salah satu penghasil biji plastik untuk jenis Polypropylene atau PP dan High Density PolyEthylene atau HDPE.

tetapi polimer sebenarnya terdiri dari banyak kelas material alami dan sintetik dengan sifat dan kegunaan . Katalis Ti(O-nC4H9)4-(C2H5)3Al. Bentuk cis secara termodinamika kurang stabil dibandingkan dengan bentuk trans. Bila klorin ditambahkan pada film. yaitu • • 1. mereka adalah polyethylene. Struktur polyacetilen dapat mengalami resonansi sehingga konduktifitasnya menjadi lebih besar. Masing-masing dari polimer tersebut memiliki sifat degradasi dan ketahanan panas.6 1. 1288 dan 888 cm-1. cahaya. dan kimia. polyvinyl chloride. ternyata tidak menghasilkan spektrum garis. Mereka membentuk 98% dari seluruh polimer dan plastik yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. dan secara spontan isomer cis dapat berubah menjadi trans. cara dopping. cara pemanasan 2. Polyacetilen bentuk trans dibuat dengan kondisi temperatur yang berbeda. tetapi reaksi adisi klorin menghasilkan spektrum polyacetilen yang jelas. dan polycarbonate.6 40. Temperatur (oC) 150 100 50 18 0 -18 -78 % trans 100 92. absorbsi kuat jelas dibanding undoped polymer. [sunting] Sekilas Meskipun istilah polimer lebih populer menunjuk kepada plastik.9 Temperatur yang menunjukan proses isomerisasi irreversibel dengan bentuk cis terjadi pada temperatur yang lebih tinggi pada 145 oC menghasilkan bentuk trans. polypropylene. polyethylene terephthalate. Sekarang dikenal doping-induced pita IR yang disusun dari 3 pita yaitu pada 1397. Konduktifitas polyacetilen dapat ditingkatkan dengan proses halogenasi. Pada temperatur tinggi. polystyrene. [sunting] Industri Sekarang ini utamanya ada enam komoditas polimer yang banyak digunakan.4 4.7 21.5 67. Adanya resonansi pada poliasetilen menyebabkan material dapat menghantarkan arus listrik.Sedangkan pembuatan polyacetilen dapat dilakukan dengan dua cara.

. Biopolimer seperti protein dan asam nukleat memainkan peranan penting dalam proses biologi.yang beragam. ^ Ahvenainen. Modern Plastics Handbook (edisi ke-1st). Kertas diproduksi dari selulosa. Bahan polimer alami seperti shellac dan amber telah digunakan selama beberapa abad. sebuah polisakarida yang terjadi secara alami yang ditemukan dalam tumbuhan. Raija. Woodhead Publishing Limited. [sunting] Referensi 1. hlm. [sunting] Pranala luar • • • • (Indonesia) Portal informasi tentang Plastik di Indonesia (Indonesia) [1] (Indonesia) [2] (Indonesia) [3] [sunting] Lihat pula • Material [sembunyikan] l•b•s Plastik Asam poliakrilat (PAA) • Polietilena cross-linked (PEX. (2003).1. 24. PETE) • Polifenil eter (PPE) • Polivinil klorida (PVC) • Polivinilidena klorida (PVDC) • Asam polilaktat (PLA) • Polipropilen (PP) • Polibutilena (PB) • Polibutilena tereftalat (PBT) • Poliamid (PA) • Polimida (PI) • Polikarbonat (PC) • Politetrafluoroetilena (PTFE) • Polistirena (PS) • Poliuretana (PU) • Poliester (PEs) • Akrilonitril butadiena stiren (ABS) • Poli(metil metakrilat) (PMMA) • Polioksimetilen (POM) • Polisulfon (PES) • Stirena akrilonitril (SAN) • Asetat etilen-vinil (EVA) • Stiren maleat anhidrida (SMA) Kategori: • • • • • • • Plastik Masuk log / buat akun Halaman Pembicaraan Baca Sunting Versi terdahulu . XLPE) • Polietilena (PE) • Polietilena tereftalat (PET.

• • • • Halaman Utama Perubahan terbaru Peristiwa terkini Halaman sembarang Komunitas • • • Warung Kopi Portal komunitas Bantuan Wikipedia Cetak/ekspor Peralatan Bahasa lain • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • Aragonés ‫العربية‬ Башҡортса Boarisch Беларуская Беларуская (тарашкевіца) Български Bahasa Banjar Brezhoneg Bosanski Català Česky Cymraeg Dansk Deutsch Ελληνικά English Esperanto Español Eesti Euskara ‫فارسی‬ Suomi .

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • Français Frysk 贛語 Galego ‫עברית‬ िहनदी Hrvatski Kreyòl ayisyen Magyar Interlingua Ido Íslenska Italiano 日本語 Basa Jawa Қазақша 한국어 Latina Lietuvių Latviešu Македонски മലയാളം Bahasa Melayu Nāhuatl नेपाल भाषा Nederlands Norsk (nynorsk) Norsk (bokmål) Occitan Polski ‫پنجابی‬ Português Runa Simi Română Русский Sicilianu Srpskohrvatski / Српскохрватски Simple English Slovenčina Slovenščina Shqip Српски / Srpski Basa Sunda Svenska Kiswahili தமழ .

10. Teks tersedia di bawah Lisensi Atribusi/Berbagi Serupa Creative Commons. ketentuan tambahan mungkin berlaku. 22 Desember 2011. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. .• • • • • • • • • • • • • • తలుగు ไไไ Tagalog Türkçe Українська ‫اردو‬ Vèneto Tiếng Việt Winaray ‫יידיש‬ ִ 中文 粵語 Halaman ini terakhir diubah pada 19.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful