Sejarah Penemuan Mikroskop

Menurut sejarah orang yang pertama kali berpikir untuk membuat alat yang bernama mikroskop ini adalah Zacharias Janssen. Janssen sendiri sehari-harinya adalah seorang yang kerjanya membuat kacamata. Dibantu oleh Hans Janssen mereka mambuat mikroskop pertama kali pada tahun 1590. Mikroskop pertama yang dibuat pada saat itu mampu melihat perbesaran objek hingga dari 150 kali dari ukuran asli. Temuan mikroskop saat itu mendorong ilmuan lain, seperti Galileo Galilei (Italia), untuk membuat alat yang sama. Bahkan Galileo mengklaim dririnya sebagai pencipta pertamanya yang telah membuat alat ini pada tahun 1610. Galileo menyelesaikan pembuatan mikroskop pada tahun 1609 dan mikroskop yang dibuatnya diberi nama yang sama dengan penemunya, yaitu mikroskop Galileo. Mikroskop jenis ini menggunakan lensa optik, sehingga disebut mikroskop optik. Mikroskop yang dirakit dari lensa optik memiliki kemampuan terbatas dalam memperbesar ukuran obyek. Hal ini disebabkan oleh limit difraksi cahaya yang ditentukan oleh panjang gelombang cahaya. Secara teoritis, panjang gelombang cahaya ini hanya sampai sekitar 200 nanometer. Untuk itu, mikroskop berbasis lensa optik ini tidak bisa mengamati ukuran di bawah 200 nanometer. Setelah itu seorang berkebangsaan belanda bernama Antony Van Leeuwenhoek (1632-1723) terus mengembangkan pembesaran mikroskopis. Antony Van Leeuwenhoek sebenarnya bukan peneliti atau ilmuwan yang profesional. Profesi sebenarnya adalah sebagai „wine terster‟ di kota Delf, Belanda. Ia biasa menggunakan kaca pembesar untuk mengamati serat-seratpada kain. Tetapi rasa ingin tahunya yang besar terhadap alam semesta menjadikannya salah seorang penemu mikrobiologi.

Pengertian Mikroskop
Istilah mikroskop berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata micron yang berarti kecil dan scopos yang artinya tujuan. Dari dua pengertian tersebut, mikroskop dapat diartikan sebagai alat yang dibuat atau dipergunakan untuk melihat secara detail obyek yang terlalu kecil apabila dilihat oleh mata telanjang dalam jarak yang dekat. Ilmu yang mempelajari benda kecil dengan menggunakan alat

Seluruh instrumen panjangnya hanya 3-4 inci dan harus diangkat mendekat dengan mata dan memerlukan pencahayaan yang baik serta kesabaran yang besar dalam penggunaanya. Spesimen dipasang pada titik fokus yang menempel di depan lensa.ini disebut mikroskopi. batang. Leeuwenhoek mengamati organisme yang dikorek dari sela-sela giginya. Dibandingkan dengan mikroskop modern. hanya menggunakan satu lensa. dan posisi dan fokus bisa disesuaikan dengan memutar dua sekrup. adalah mikroskop optis. Sejarah Penemuan Pada 1674 Leeuwenhok dengan menggunakan mikroskop sederhana. mikroskop buatannya adalah perangkat yang sangat sederhana. Mikroskop Optik Jenis paling umum dari mikroskop. namun pada saat itu pembuatannya masih rumit . Benda-benda itu disebut „animalcules‟ terlihat dalam berbagai bentuk. Jenis Jenis Mikroskop MACAM-MACAM MIKROSKOP 1. sebagian orang menganggap itu hanyalah kaca pembesar (karena hanya terbuat dari 1 lensa saja). Kemudian hasil pengamatannya digambarkan dalam bentuk sketsa sel bakteri dengan bentuk seperti bola. dan yang pertama diciptakan. Dalam desain dasar mikroskop Leeuwenhoek. Meskipun pada jamannya telah ditemukan mikroskop 2 lensa yang hampir mirip dengan mikropskop saat ini. Mikroskop ini merupakan alat optik yang terdiri dari satu atau lebih lensa yang memproduksi gambar yang diperbesar dari sebuah benda yang ditaruh di bidang fokal dari lensa tersebut. Leeuwenhoek telah membuat lebih dari 500 gambar mikroskop. bukan mikroskop seperti yang digunakan sekarang (yang terdiri dari 2 lensa). terpasang dalam lubang kecil di piring kuningan yang membentuk tubuh instrumen. Mikroorganime terlihat dari setetes air danau yang diamati dengan menggunakan suatu lensa gelas. dan spiral sama seperti bentuk bakteri yang dikenal pada saat ini. dia dapat melihat mikroorganisme. tidak mudah terlihat oleh mata. dan kata mikroskopik berarti sangat kecil. ukuran dan warna.

Untuk memvisualisasi detail yang sangat kecil dalam struktur suatu obyek 2.reflektansi. sehingga prbesaran objek total minimal 30 kali. area. Ruang ketajaman lensa mikroskop stereo jauh lebih tinggi dibandinhkan denan mikroskop cahaya ssehingga kita dapat melihat bentuk tiga dimensi benda yang diamati 2. Mikroskop stereo memiliki perbesasran 7 hingga 30 kali. Perbesaran lensa okuler biasannya 3 kali. Fungsi mikroskop optikal adalah: 1. dia berhasil membuat mikroskop yang mampu memperbesar objek sampai lebih dari 200 kali sehingga gambar yang dihasilkan lebih jelas dan lebih terang.Sebagai alat analisa untuk menentukan bagian optik suatu obyek seperti indeks refraksi. Dan dengan ketrampilan Leewenhoek dalam membuat lensa. Mikroskop Stereo Mikroskop stereo merupakan jenis mikroskop yang hanya bisa digunakan untuk benda yang berukuran relative besar. Beberapa perbedaan dengan mikroskop cahaya adalah: 1. 3. Pada bagian bawah mikroskop terdapat meja preparat. sedangkan pengaturan perbesaran terletak diatas pengatur fokus. Pada daerah dekat lenda objektif terdapat lampu yang dihubungkan dengan transformator. Mikroskop Majemuk (Compound Microscope) .Untuk menampilkan gambar dari obyek yang diperbesar 3. Komponen utama mikroskop stereo hamper sama dengan mikroskop cahaya.dibandingkan mikroskop ala Leewenhoek.Untuk mendapatkan informasi histokimia suatu objek dengan menggunakan pewarnaan. dll pada suatu obyek 4. ia mempekerjakan ilustrator untuk menggambar objek yang ia amati dan gambar itu digunakan untuk melengkapi uraian tertulis dari objek yang ia amati. 5. sudut. Lensa terdiri atas lensa okuler dan lensa objektif. dan perubahan fase. Meskipun ia sendiri tidak bisa menggambar dengan baik. Benda yang diamati dengan mikroskop ini dapat dilihat secara 3 dimensi. Pengaturan focus objek terletak disamping tangkai mikroskop.Untuk mengukur panjang. 2. Sumber cahaya berasal dari atas sehingga objek yang tebal dapat diamati.

Apabila mikroskop biasa digunakan nuklus sel hidup yang tidak diwwarnai dan tidak dapat dilihat. Mikroskop Polarisasi 5. walaupun begitu karena nucleus dalam sel.Mikroskop majemuk memerlukan kualitas yang tinggi tidak hanya pada obyektif dan okuler tapi juga pada kondensor substage. Mikroskop Fase kontras Cara ideal untuk mengamati benda hidup adalah dalam kadaan alamiahnya : tidak diberi warna dalam keadan hidup. 4. Prinsip alat ini sangat rumit. . namun pada galibnya fragma bend hidup yang mikroskopik (jaringan hewan atau bakteri) ttembus chaya sehingga pada masing-masing tincram tak akan teramati. kesulitan ini dapat diatasi dengan menggunakan mikroskop fasekontras. Namun suatu susunan filter dan diafragma pada mikroskop fase kontras akan mengubah perbedaan fase ini menjadi perbedaan dalam terang yaitu daerah-daerah terang dan bayangan yang dapat ditangkap oleh mata dngan demikian nucleus (dan unsur lain yang sejauh ini tak dapap dilihat menjadi dapat dilihat. Hubungan ini tidak dapaat ditangkap oleh mata manusia disebut fase. nucleus ini mengubah sedikit hubungan cahaya yang melalui meteri sekitar inti.

2. 4. 8. lensa objektif. pengatur fokus secara halus. pengatur fokus. 7. 5. 6. sumber cahaya.6. . lensa okuler. 3. lensa objektif yang lain. Mikroskop Cahaya Bagian-bagian dari mikroskop cahaya: 1. papan letak objek/sampel/preparat yang dilihat. kondensor cahaya.

Kondensor berperan untuk menerangi obyek dan lensa-lensa mikroskop yang lain. dan apa gelar. Ketika digunakan dalam biologi sel modern. Meskipun Bessel balok yang dikenal sebagai difraksi-bebas dalam ruang bebas.9. Sistem lensa yang ketiga adalah kondensor. misalnya tingginya jumlah hamburan biologi sel-cahaya. Para ilmuwan itu menggunakan hologram komputer (alat yang mengubah fasa cahaya) untuk memodifikasi sinar laser konvensional ke yang disebut Bessel sehingga fase profil balok yang memiliki bentuk kerucut. Jenis Lensa . yaitu lensa obyektif. di mana hamburan cahaya yang cukup. konsep diri merekonstruksi sinar laser menawarkan solusi yang menjanjikan untuk masalah ini. mereka bisa mendapatkan kembali bentuk balok pertama mereka juga di media homogen. Lensa okuler pada mikroskop bisa berbentuk lensa tunggal (monokuler) atau ganda (binokuler). Mikroskop mempunyai kaki yang berat dan kokoh dengan tujuan agar dapat berdiri dengan stabil. percobaan yang terbentuk laser khusus balok mampu diri merekonstruksi bahkan di hadapan berbagai hambatan. Self-rekonstruksi bekerja karena foton tersebar (kuanta cahaya) di pusat balok terus digantikan oleh foton baru dari samping. yang berulang kali menghancurkan laser sinar profil. Pada mikroskop konvensional. Lensa obyektif dan lensa okuler terletak pada kedua ujung tabung mikroskop. lensa okuler. penjepit sampel Mikroskop cahaya atau dikenal juga dengan nama “Compound light microscope” adalah sebuah mikroskop yang menggunakan cahaya lampu sebagai pengganti cahaya matahari sebagaimana yang digunakan pada mikroskop konvensional. Contoh sehari-hari menggambarkan masalah utama mikroskop cahaya. Pada ujung bawah mikroskop terdapat tempat dudukan lensa obyektif yang bisa dipasangi tiga lensa atau lebih. telah benar-benar jelas apakah. dan kondensor. sumber cahaya masih berasal dari sinar matahari yang dipantulkan dengan suatu cermin datar ataupun cekung yang terdapat dibawah kondensor. Meskipun lebih dikenal dari fiksi ilmiah. Di bawah tabung mikroskop terdapat meja mikroskop yang merupakan tempat preparat. tidak terpengaruh oleh cukup tertinggal dari hamburan tersebut. Mikroskop cahaya memiliki tiga sistem lensa. Cermin ini akan mengarahkan cahaya dari luar kedalam kondensor. Mikroskop cahaya mempunyai perbesaran maksimum 1000 kali. Foton dari semua pihak bertemu di tengah balok hampir di fase dalam rangka membangun profil balok baru. cluster padat ribuan sel menghamburkan cahaya sehingga kuat bahwa sel-sel yang terletak di belakang sebuah objek tidak dapat dilihat.

lensa okuler. yaitu lensa obyektif. Di bawah tabung mikroskop terdapat meja mikroskop yang merupakan tempat preparat. Lensa obyektif dan lensa okuler terletak pada kedua ujung tabung mikroskop sedangkan penggunaan lensa okuler terletak pada mikroskop bisa berbentuk lensa tunggal (monokuler) atau ganda (binokuler). . Pada ujung bawah mikroskop terdapat tempat dudukan lensa obyektif yang bisa dipasangi tiga lensa atau lebih.Mikroskop cahaya menggunakan tiga jenis lensa. dan kondensor.

berfungsi juga untuk mendukung terciptanya pencahayaan pada obyek yang akan difokus. Ciri penting lensa obyektif adalah memperbesar bayangan obyek dan mempunyai nilai apertura (NA). Lensa ini menentukan struktur dan bagian renik yang akan terlihat pada bayangan akhir. 7. Lensa kondensor. sehingga mampu menunjukkan struktur renik yang berdekatan sebagai dua benda yang terpisah. Lensa okuler. sehingga mampu menunjukkan struktur renik yang berdekatan sebagai dua benda yang terpisah. Jika daya pisah kurang maksimal. Nilai apertura adalah ukuran daya pisah suatu lensa obyektif yang akan menentukan daya pisah spesimen. Perbesaran akan kurang bermanfaat jika daya pisah mikroskop kurang baik. adalah lensa yang berfungsi guna mendukung terciptanya pencahayaan pada obyek yang akan dilihat sehingga dengan pengaturan yang tepat maka akan diperoleh daya pisah maksimal. Mikroskop medan-Gelap berbeda dengan mikroskop cahaya majemuk biasa hanya dalam hal adanya kondensor khusus yang dapat membentuk kerucut hampa berkas cahaya yang dapat dilihat. Pada ujung bawah mikroskop terdapat tempat dudukan lensa obyektif yang bisa dipasangi tiga lensa atau lebih. 8.1. 3. Lensa obyektif bekerja dalam pembentukan bayangan pertama. Mikroskop medan-gelap Mikroskop medan gelap digunakan untuk mengamati bakteri hidup khususnya bakteri yang begitu tipis yang hamper mendekai batas daya mikrskop majemuk. Di bawah tabung mikroskop terdapat meja mikroskop yang merupakan tempat preparat. Lensa kondensor. dua benda akan tampak menjadi satu. Berkas cahaya dari kerucut hampa ini dipantulkan dengan sudut yang lebih kecil dari bagian atas gelas preparat. Sistem lensa yang ketiga adalah kondensor. dan berfungsi untuk memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif berkisar antara 4 hingga 25 kali. Kondensor berperan untuk menerangi obyek dan lensa-lensa mikroskop yang lain. 2. sehingga bila pengaturannya tepat akan diperoleh daya pisah maksimal. Lensa obyektif berfungsi guna pembentukan bayangan pertama dan menentukan struktur serta bagian renik yang akan terlihat pada bayangan akhir serta berkemampuan untuk memperbesar bayangan obyek sehingga dapat memiliki nilai “apertura” yaitu suatu ukuran daya pisah suatu lensa obyektif yang akan menentukan daya pisah spesimen. adalah lensa mikroskop yang terdapat di bagian ujung atas tabung berdekatan dengan mata pengamat. Lensa obyektif dan lensa okuler terletak pada kedua ujung tabung mikroskop sedangkan penggunaan lensa okuler terletak pada mikroskop bisa berbentuk lensa tunggal (monokuler) atau ganda (binokuler). Mikroskop Pender (Flourenscence Microscope) .

atau virus) dalam jaringan. Mikroskop ini menggunakan lensa kuasa. penggunaan cahaya ultra violet untuk pecahayaan dapat meningkatkan daya pisah menjadi 2 kali lipat daripada mikroskop biasa.Mikroskop pender ini dapat digunakan untuk mendeteksi benda asing atau Antigen (seperti bakteri. Karena reaksi Antibodi-Antigen itu besifat khas. Mikroskop ini sering digunakan untuk: . Mikroskop Elektron .Melihat sel . Mikroskop Ultraviolet Suatu variasi dari mikroskop cahaya biasa adalah mikroskop ultraviolet.Menampikan materi genetik pada sel (DNA dan RNA) .Melakukan studi viabilitas pada populasi sel (apakah mereka hidup atau mati) . dan mikroskop ini terlalu rumit serta mahal untuk dalam pekerjaan sehari-hari. Karena cahaaya ultraviolet memiliki panjang gelombang yang lebih pendek dari pada cahaya yang dapat dilihat. Dalam teknk ini protein anttibodi yang khas mula-mula dipisahkan dari serum tempat terjadinya rangkaian atau dikonjungsi dengan pewarna pendar. maka peristiwa pendar akanan terjadi apabila antigen yang dimaksut ada dan dilihat oleh antibody yang ditandai dengan pewarna pendar. seperti sel. bayangan benda harus direkam pada piringan peka cahaya9photografi Plate). 10. ricketsia. .lihat oleh nata manusia. Karena cahaya ultra violet tak dapat di.sel spesifik dalam populasi yang lebih besar dengan teknik khusus seperti FISH 9.Menampilkan komponen structural suatu spesimen kecil. Batas daya pisah lalu menjadium.

untuk observasi TEM ini. Bahkan dari analisa lebih detail. Obyek yang tidak bisa ditipiskan sampai order tersebut sulit diproses oleh TEM ini. Dalam pembuatan divais elektronika. Tidak jauh dari lahirnya TEM. Sebagaimana namanya. yang menggunakan elektro statik dan elektro maknetik untuk mengontrol pencahayaan dan tampilan gambar serta memiliki kemampuan p[embesaran objek serta resolusi yang jauh lebih bagus dari pada mikroskop cahaya. SEM bekerja berdasarkan prinsip scan sinar elektron pada permukaan sampel. Saat itu. Ernst Ruska masih sebagai seorang mahasiswa doktor dan Max Knoll adalah dosen pembimbingnya. TEM juga digunakan untuk mengamati irisan permukaan dari sebuah divais. perlu keahlian dan alat secara khusus. Ada 2 jenis mikroskop elektron yang biasa digunakan.Adalah sebuah mikroskop yang mampu melakuakan peambesaran obyek sampai duajuta kali. . Dan ini bukanlah pekerjaan yang mudah. SEM dikembangkan pertama kali tahun 1938 oleh Manfred von Ardenne (ilmuwan Jerman). Karena hasil penemuan yang mengejutkan dunia tersebut. berikut sifat kristal yang ada pada divais tersebut. bisa diketahui deretan struktur atom dan ada tidaknya cacat (defect) pada struktur tersebut. yaitu transmission electron microscopy (TEM) dan scanning electron microscopy (SEM). yang selanjutnya informasi yang didapatkan diubah menjadi gambar. TEM sering digunakan untuk mengamati penampang/irisan divais. Konsep dasar dari SEM ini sebenarnya disampaikan oleh Max Knoll (penemu TEM) pada tahun 1935. TEM dikembangkan pertama kali oleh Ernst Ruska dan Max Knoll. pantulan maupun fase sinar elektron yang menembus lapisan tipis tersebut. Dalam kondisi lain. Ernst Ruska mendapat penghargaan Nobel Fisika pada tahun 1986. Hanya perlu diketahui. yang selanjutnya informasi tentang komposisi struktur dalam sample tersebut dapat terdeteksi dari analisis sifat tumbukan. Imajinasi mudahnya gambar yang didapat mirip sebagaimana gambar pada televisi. 2 peneliti dari Jerman pada tahun 1932. TEM bekerja dengan prinsip menembakkan elektron ke lapisan tipis sampel. sample perlu ditipiskan sampai ketebalan lebih tipis dari 100 nanometer. Mikroskop electron ini menggunakan jauh lebih banyak energi dan radiasi elektro maknetikmyang lebih pendek dibandingkan mikroskop cahaya. Dari sifat pantulan sinar elektron tersebut juga bisa diketahui struktur kristal maupun arah dari struktur kristal tersebut.

telah dikembangkan mikroskop baru yang mempunyai resolusi tinggi baik secara horizontal maupun secara vertikal. atomic force microscope (AFM) dan scanning near-field optical microscope (SNOM). Pada proses operasinya. SEM mempunyai resolusi tinggi dan familiar untuk mengamati obyek benda berukuran nano meter. Namun demikian. Ini merupakan kelemahan SEM yang belum diketahui pemecahannya. lensa ini membentuk bayangan nyata. TABUNG MIKROSKOP (TUBUS). kemudian besar amplitudonya ditampilkan dalam gradasi gelap-terang pada layar monitor CRT (cathode ray tube). Pada SEM. gambar dibuat berdasarkan deteksi elektron baru (elektron sekunder) atau elektron pantul yang muncul dari permukaan sampel ketika permukaan sampel tersebut discan dengan sinar elektron. MAKROMETER(PEMUTAR KASAR) . Demikian. di perbesar. Meskipun demikian. Mikroskop yang sekarang dikenal mempunyai tipe ini adalah scanning tunneling microscope (STM). SPM mempunyai prinsip kerja yang berbeda dari SEM maupun TEM dan merupakan generasi baru dari tipe mikroskop scan. yang dikenal dengan "scanning probe microscopy (SPM)". tegak.Cara terbentuknya gambar pada SEM berbeda dengan apa yang terjadi pada mikroskop optic dan TEM. sejak sekitar tahun 1970-an. SEM tidak memerlukan sampel yang ditipiskan. Mikroskop tipe ini banyak digunakan dalam riset teknologi nano " Bagian bagian mikroskop LENSA OKULER. Tabung ini berfungsi untuk mengatur fokus dan menghubungan lensa objektif dengan lensa okuler. sedangkan scan secara vertikal (tinggi rendahnya struktur) resolusinya rendah. terbalik. dan diperbesar dari lensa objektif LENSA OBJEKTIF Lensa ini berada dekat pada objek yang di amati. sehingga bisa digunakan untuk melihat obyek dari sudut pandang 3 dimensi. Di mana lensa ini di atur oleh revolver untuk menentukan perbesaran lensa objektif. Elektron sekunder atau elektron pantul yang terdeteksi selanjutnya diperkuat sinyalnya. Lensa yang dekat dengan mata pengamat lensa ini berfungsi untuk membentuk bayangan maya. resolusi tinggi tersebut didapatkan untuk scan dalam arah horizontal. Di layar CRT inilah gambar struktur obyek yang sudah diperbesar bisa dilihat.

Makrometer berfungsi untuk menaik turunkan tabung mikroskop secara cepat. DIAFRAGMA Berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Reflektor ini berfungsi untuk memantulkan cahaya dari cermin ke meja objek melalui lubang yang terdapat di meja objek dan menuju mata pengamat. Penemuannya yang paling terkenal yaitu mikroskop pertama yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat kecil ukurannya dan sulit dijangkau bila menggunakan mata telanjang. Cermin datar digunakan ketika cahaya yang di butuhkan terpenuhi. . REVOLVER Revolver berfungsi untuk mengatur perbesaran lensa objektif dengan cara memutarnya. KAKI MIKROSKOP Berfungsi untuk menyangga atau menopang mikroskop Tokoh Tokoh yang Berperan dalam Mikroskop dan Perkembangannya Tokoh . REFLEKTOR Terdiri dari dua jenis cermin yaitu cermin datar dan cermin cekung. PENJEPIT KACA Penjepit ini berfungsi untuk menjepit kaca yang melapisi objek agar tidak mudah bergeser.Tokoh Mikroskop 1. sedangkan jika kurang cahaya maka menggunakan cermin cekung karena berfungsi untuk mengumpulkan cahaya. KONDENSOR Kondensor berfungsi untuk mengumpulkan cahaya yang masuk. MEJA MIKROSKOP Berfungsi sebagai tempat meletakkan objek yang akan di amati. alat ini dapat putar dan di naik turunkan. LENGAN MIKROSKOP Berfungsi sebagai pegangan pada mikroskop. Pengatur ini berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan mikroskop secara lambat. dan bentuknya lebih kecil daripada makrometer. Zacharias Janssen Zacharias Janssen atau yang akrab dikenal dengan nama Janssen merupakan seorang ilmuwan yang berasal dari Belanda. MIKROMETER (PEMUTAR HALUS).

Leeuwenhoek mampu menghasilkan mikroskop yang mempunyai daya kekuatan pengamatan yang jauh lebih baik dari mikroskop yang sudah ada. dia tidak menggunakannya. Pada tahun 1590. jauh melampaui kebiasaan para profesional pada saat itu. Dia berasal dari famili kalangan tengah dan hampir sepanjang hidupnya jadi pegawai kotapraja dalam posisi yang tidak begitu penting. Negeri Belanda. orang tidak bisa begitu saja lari ke toko dan membeli mikroskop. Kendati perangkat mikroskop sudah ditemukan orang sebelum Leeuwenhoek lahir. karena itu Leeuwenhoek membuatnya sendiri. Dia sama sekali bukan penggosok lensa profesional dan belum pernah mendapat didikan khusus di bidang itu. bersama dengan ayahnya. Salah satu dari lensa yang masih ada punya kapasitas membesarkan sekitar 270 kali. dengan cermat dan tepat dia menggosok lensa berukuran kecil. dan meninggal dunia pada usia 58 tahun atau tepatnya pada tahun 1638. 2. pada tahun 1668. Meski begitu. Antony van Leeuwenhoek lahir di Delft. seorang ilmuwan yang berasal dari Italia. Sebaliknya. Beliau menyadari betul bahwa di dunia ini terdapat benda-benda dengan ukuran yang lebih kecil dan sulit dijangkau dengan kasat mata. Belanda. Pada saat itu. Menurut sejarah. beliau dilahirkan pada tahun 1580 di negara Kincir Angin.Penemuan mikroskop ini memberikan pengaruh besar pada perkembangan ilmu pengetahuan dan tidak sedikit penemuan-penemuan besar yang sangat bermanfaat bagi peradaban dunia diteliti dengan menggunakan mikroskop. beliau berhasil menciptakan sebuah mikroskop dengan menggunakan lensa cembung dan cekung untuk memperbesar tampilan benda-benda yang sangat kecil ukurannya. Antony van Leeuwenhoek Penemu kuman. Penemuan Leeuwenhoek yang besar tak lain akibat hobinya memicing-micingkanmata lewat kaca mikroskop. keahlian yang dikembangkannya amat luar biasa. Hans Janssen. bahkan ada pertanda dia berhasil membuat . Mekanisme penyetelan fokus yang pertama untuk mikroskop tersebut dibuat dan disempurnakan oleh Campini. tentu saja.

Leeuwenhoek melakukan banyak penemuan penting. dan melalui dia dunia ilmu pengetahuan menjadi sadar terhadap kehadirannya. Dia melukiskan pelbagai bentuk bakteri. "benda amat kecil mikroskopis" itu yang diamatinya sering merupakan faktor kekuatan penting baik untuk kehidupan maupun kematian manusia. juga protozoa dan menghitung ukurannya. mungkin saja hanya membuat sedikit perbedaan terhadap kemajuan ilmu pengetahuan. Banyak tokoh kenamaan mengunjunginya. dari titik hujan hingga serangga kecil. mempunyai penglihatan tajam serta rasa ingin tahu yang tak terhingga. Terhitung tahun 1673 dan seterusnya. Leeuwenhoek betul-betul kerja sendirian. dan Ratu Inggris. Ini merupakan salah satu penemuan besar tentang cairan sperma yang mengakibatkan penyuburan dalam sejarah manusia. Di dalam titik air kecil itu Leeuwenhock menemukan suatu dunia yang sama sekali baru. bahasa Belanda). Sekali sudah ditelitinya. penemuannya adalah hasil dari gabungan antara ketrampilan dan kerja keras. Dia membuat catatan yang teliti dan membuat gambar sketsa terperinci dari tiap apa saja yang diamatinya. termasuk Czar Rusia. Dialah orang pertama yang menjabarkan spermatozoa (1677). Leeuwenhoek dua kali kawin. bagian kulit dan macam-macam benda lainnya. sepenuhnya dunia tak terduga. Penggunaan penemuan besar Leeuwenhoek belum terlaksana sampai datangnya Pasteur hampir dua abad kemudian. Leeuwenhoek senantiasa menjalin hubungan dengan "The Royal Society of England" suatu lembaga ilmiah terkemuka pada jaman itu. dan kesabaran serta ketepatannya selaku peneliti. tak ada bantahan bahwa Leeuwenhoek-lah yang menemukan kuman.19. Penemuan kuman ini merupakan suatu penemuan penting ilmiah yang langka yang dilakukan oleh perseorangan. Fakta menunjukkan. Dia mampu menunjukkan. Dia juga jadi anggota Akademi Ilmu Pengetahuan di Paris. di mulut dan usus menuju anus manusia. Penemuan terbesarnya muncul tahun 1674 tatkala ia membuat penelitian pertama kali terhadap kuman. Leeuwenhoek punya kesabaran yang amat sangat dan merupakan pengamat yang tekun. mulai rambut hingga sperma anjing. masih dapat bekerja keras di akhir-akhir hayatnya. seluruh obyek masalah mikrobiologi praktis tak ada kegiatan hingga abad ke-19 tatkala mikroskop yang disempurnakan dikembangkan. Meskipun dia tak punya latar belakang pendidikan tinggi (cuma sekolah dasar dan cuma tahu satu bahasa. Dengan lensa yang teramat kecil itu dia meneliti berbagai macam benda. berlawanan dan tak ada sangkut-pautnya dengan sekedar nasib keberuntungan. dan merupakan salah seorang yang mula-mula menjabarkan darah merah dan darah putih. Dia menghembuskan nafas penghabisan tahun 1723 juga di Delft pada umur 90 tahun. Tetapi. di titik air hujan. Leeuwenhoek sanggup menemukan kuman di pelbagai tempat yang berbeda-beda: di sumur dan di kubangan. Leeuwenhoek seringkali dianggap sebagai orang yang karena nasib baik kebetulan tergelincir pada penemuan ilmiah penting. Penemuan mikroorganisme-nya merupakan akibat normal dari pembikinan mikroskop yang cermat dengan kualitas yang tak ada bandingannya dengan yang sudah ada masa itu. dia terpilih jadi anggota lembaga ilmiah itu pada tahun 1680. Juga serat. bahwa hewan kecil pemakan darah tak bersayap berkembang biak dalam cara serupa dengan insekta bersayap. Ini samasekali jauh dari kebenaran. penuh dengan kehidupan. Kesehatannya baik. Dia menentang teori tentang generasi spontan bentuk sederhana dari kehidupan dan memaparkan banyak bukti-bukti yang berlawanan dengan itu. Penemuan protozoa dan bakterinya tak dapat bantuan siapa pun-tidak demikian halnya pada sebagian terbesar . Peter Yang Agung.lebih sempurna dari itu. misalnya. punya enam anak tetapi tanpa cucu. Meski belum disadarinya. dunia baru ini punya arti amat penting kepada umat manusia. Sesungguhnya. Dengan kata lain. Orang mungkin mempertanyakan andaikata Leeuwenhock tak pernah lahir ke dunia dan penemuan-penemuannya tak terjadi hingga abad ke.

Pada tahun 1604. yaitu mikroskop Galileo. 3. Galileo mencoba mempelajari ilmu mekanik sekaligus mempraktekannya. Italia. Galileo menyelesaikan pembuatan mikroskop pada tahun 1609 dan mikroskop yang dibuatnya diberi nama yang sama dengan penemunya. yang lahir di tahun yang sama dengan kematiannya sang genius Galileo Galilei. adalah seorang yang ahli dalam beragam macam metode percobaan ilmiah. Selain teleskop dan mikroskop. Galileo mencoba untuk mempelajari pembuatan mikroskop dan teleskop di Belanda. Sebuah teleskop besar telah berhasil dia buat. Salah satu ilmuwan besar yang menggunakan rumusan Galileo sebagai pondasi dasar penemuannya adalah Isaac Newton. Saat itulah dia menemukan adanya satelit di planet Yupiter dan Venus. dan memberikannya kejutan seru. mikroskop berbasis lensa optik ini tidak bisa mengamati ukuran di bawah 200 nanometer. Sambil mengajar di Universitas Padua.kemajuan di bidang biologi --serta bukannya merupakan pertumbuhan wajar dari pengetahuan biologi sebelumnya. dari seorang ayah yang pemusik. Mikroskop jenis ini menggunakan lensa optik. Mikroskop yang dirakit dari lensa optik memiliki kemampuan terbatas dalam memperbesar ukuran obyek. Galileo juga mewariskan ilmu di bidang mekanik dan magnetik yang nantinya banyak dipergunakan oleh para ilmuwan matematika modern dan fisika sesudahnya sebagai acuan teori. panjang gelombang cahaya ini hanya sampai sekitar 200 nanometer. Hal ini disebabkan oleh limit difraksi cahaya yang ditentukan oleh panjang gelombang cahaya. yakni bisa melihat objek di langit dengan jelas. Galileo yang jago di bidang matematika. Galileo Galilei Galileo Galilei lahir tanggal 15 Februari 1564 di kota Pisa. yang berfungsi seperti bulannya Bumi. Secara teoritis. . Percobaan pertamanya adalah membuat sebuah termoskop dan kompas. sehingga disebut mikroskop optik. Untuk itu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful