P. 1
Kegiatan Masyarakat Desa Tawang Kecamatan Pancatengah1

Kegiatan Masyarakat Desa Tawang Kecamatan Pancatengah1

|Views: 23|Likes:
Published by Flandy Meta Pradana

More info:

Published by: Flandy Meta Pradana on Aug 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/10/2012

pdf

text

original

Kegiatan Masyarakat Desa Tawang kecamatan Pancatengah

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah” -Pramoedya Ananta Toer- (Rumah Kaca, h. 352)

Banyak sekali pelajaran dari kegitan masyarakat yang dapat kami petik. Mungkin inilah sedikit ulasan kami tentang apa yang kami lihat, kami dengar dan kami rasakan selama menjadi bagian dari masyarakat Desa Tawang.

Kegiatan Pendidikan Rohani Jauh sebelum tim KKNM datang, kegiatan pengajian di Desa Tawang selama 7 hari dalam seminggu. Kegiatan ini di upayakan tidak bertabrakan dengan pengajian yang diselenggarakan setiap dusun. Sejauh ini kami mengenal tiga tokoh agama desa yang biasa mengisi pengajian disetiap dusun secara bergiliran. Waktu yang dipilih biasanya adalah sekitar pukul 11.00 WIB hingga menjelang dzuhur. Pada jam tersebut, mayoritas jamaah pengajian sudah menyelesaikan aktifitas bertani mereka dan memanfaatkan waktu istirahatnya untuk mendapatkan siraman rohani di sarana peribadahan. Shalat Jum’at. Acara shalat jum’at di Desa Tawang memiliki cara yang sedikit unik. Berbeda dengan kegiatan shalat jum’at di Bandung, khutbah pertama (jika memang itu dianggap khutbah pertama) di laksanakan sebelum adzan dzuhur . setelah itu rangkaian kegiatan shalat jum’at dilaksanakan seperti biasa

Kegiatan Pemerintahan Pemerintah desa bersama tokoh masyarakat dan ikatan pemuda desa (karang Taruna) sedang giat giatnya menjaring masyarakat untuk bersedia membuat e-KTP. Mengingat desa tawang merupakan desa persinggahan, maka tidak sedikit warga desa tawang merupakan warga pendatang. Disinilah peran perangkat desa di uji untuk meyakinkan masyarakat agar bersedia mengurus pembuatan e-KTP. Tentu saja dengan didampingi perangkat desa. Kegiatan pemerintahan lainnya adalah pemetaan desa dan pendataan statistic desa serta pelaksanaaan pemenangan proyek PNPM mandiri untuk membangun akses jalan menuju Curug Dengdeng

PNPM Mandiri: Proyek pengembangan sumberdaya pariwisata alam Curug Dengdeng Curug dengdeng merupakan Sumber daya alam yang berlokasi sekitar 2 KM sebelah utara kantor desa Tawang. Aliran sungai yang lambat pada musim kemarau menampakan batu batu sungai yang bertumpuk hingga setinggi gedung bertingkat empat dan memiliki banyak kolam kolam kecil disetiap titik batu mempercantik keindahan yang disajikan oleh curug dengdeng. Tidak hanya itu. Terdapat sebuah danau kecil sedalam kurang lebih 5 meter berada tepat di dasar air tejun, dan disusul dengan tereaserin pertanian sejauh mata memandang. Kabarnya, curug dendeng akan terlihat lebih cantik jika anda berkunjung pada musim hujan, namun pada hari sebelum anda berkunjung, tidak hujan. Kejernihan air disana membawa rasa betah untuk berlama lama beraktifitas di curug dengdeng Menyadari potensi tersebut, maka pemerintah dan tokoh masyarakat berjuang memenangkan tender PNPM untuk mengembangkan proyek curug tersebut, dua kali dalam dua tahun kegagalan pengajuan proposal tidak lantas mematahkan semangat masyarakat desa tawang. Keberuntungan menyelimuti desa tawang pada tahun ke tiga pengajuan proposal. Tawang memenangkan tender tersebut. Bersama sama pembangunan

jalan menuju curug di bangun dalam kurun waktu kurang dari setahun. Masalah timbul ketika ada sedikit salah perhitungan material yang mengakibatkan jalan sepanjang 1300 meter baru rampung sekitar 700 meter. 600 meter sisanya merupakan jalan setapak berbatu dan tanah yang saat ini dimanfaatkan sebagai lintasan offroad moto trail bagi warga dan juga pendatang.Rencananya pembangunan akan terus berlanjut dan promosi untuk investor menanamkan modal di wisata lam ini juga mulai di galakan. Anda berminat? Silakan hubungi kantor desa tawang di kecamatan pancatengah.

Kegiatan sosial dan ekonomi Mayoritas masyarakat desa tawang berprofesi sebagai petani. Disusul sebagai pedagang, penebang kayu, dan peternak unggas serta peternak sapid an kambing. Yang kami tahu terdapat dua jenis pasar yang terdapat di desa tawang. Pasar umum yang hanya buka setiap hari minggu mulai minggu dini hari sampai minggu sore. Dan satu lagi pasar hewan yang buka hanya pada tanggal tanggal tertentu.

Kegiatan olahraga Ada beberapa tim sepak bola yang lahir dari Desa Tawang, sebut saja Barta FC, Tri Sakti, dan LGS berulang kali mereka berlaga di kompetisi sepak bola baik tingkat kecamatan maupun kabupaten di tasikmalaya. Potensi pemuda inilah yang dilirik oleh pengembang sumberdaya masyarakat, bapak Epep dan bapak Agus untuk mendukung penuh persaingan dan pengembangan di tiga tim sepakbola ini. Selain sepakbola, terdapat tim voly putra dari dusun legok sawu. Skill mereka menurut kami sudah sangat matang. Tidak banyak yang bisa kami ceritakan dari tim voly ini selain mengacungkan dua jempol untuk mereka. Berikutnya adalah bulu tangkis. Hapir setiap malam di gedung olahraga kantor desa tawang kegiatan bulu tangkis di gelar, baik itu latihan maupun kompetisi, pesertanya ada dari usia muda hingga usia dewasa. Skill untuk dewasa juga bisa dibilang dapat di banggakan.

Panen raya dan ngaliwet Hari tersibuk di Tawang adalah ketika musim panen tiba. Sejak pagi pagi buta warga sudah bersiap untuk panen. Dan kegiatan berakhir sore hari menjelang maghrib. Selain itu untuk mengakrabkan antar warga desa. Kegiatan makan makan atau orang sunda sebut dengan istilah ngaliwet acap kali dilakukan di berbagai tempat. Seperti setelah latihan sepak bola, setelah bekerja, atau pada malam hari ketika aktifitas masyarakat berhenti.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->