PENGUSIRAN PEJABAT DIPLOMATIK ANTARA RUSIA DAN SPANYOL ATAS KECURIGAAN SPIONASE

Sebagai Syarat Pemenuhan Tugas Hukum Diplomatik dan Konsuler

OLEH : AFINA KUSSARWANTI 0811240035

PROGRAM STUDI ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL FAKULTAS ILMU SOSIAL ILMU POLITIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2012

0

pdf&ei=qzZsT9ukB8WsrAfyMGaAg&usg=AFQjCNEr-Q16ihflxAxA9TUlSagTp9CerA&cad=rja .org%2Fen%2Fcontent%2Fdownloa d%2F25661%2F313156%2Ffile%2FALEXANDER%2BGUSEV_ANG.BAB I PENDAHULUAN I. politik. kebudayaan sampai isu-isu internasional seperti keamanan dan terorisme antar Rusia dan Spanyol terus berlangsung.POL I C Y B R I E F I S S N : 1 9 8 9 . Zapetero pada NATO Summit. yaitu pada tahun 2004 Spanyol pada masa pemerintahan sosialis PM Jose Luis Rodiguez Zapetero.id/url?sa=t&rct=j&q=foreign+relation+between+russia+and+spanyol&source =web&cd=3&ved=0CDIQFjAC&url=http%3A%2F%2Fwww.org%2Fdownload%2FPB_Spain_O stpolitik_ENG_jan10.co.1 Rusia menempatkan kedutaan bear di Madrid dan konsulat di Barcelona sedangkan Spanyol menemmpatkan kedutaan besar di Moscow.google.pdf&ei=qzZsT9ukB8WsrAfyMGaAg&usg=AFQjCNFgLuDgve7hCOQXCbLHp_JwpAPUtA&cad=rja.fride. Nº 27 . diunduh tanggal 25 Maret 2012 1 . The relations between Russian Federation and Spain .google.cidob. diunduh dari http://www.2 Dan pada tahun-tahun setelahnya kerjasama dan hubungan diplomatik antar kedua negara terus terjalin. Namun hubungan diplomatik ini sempat terhenti dengan adanya perang saudara di Spanyol dari tahun 1963 dingga 1977.1 Latar Belakang Hubungan diplomatik antara Rusia dan Spanyol telah terjalin cukup lama yaitu pada tahun 1520 dan mulai mendirikan kedutaan besar di tahun 1963.id/url?sa=t&rct=j&q=diplomatic+relation+between+russia+and+spanyol&sour ce=web&cd=5&ved=0CEIQFjAE&url=http%3A%2F%2Fwww. pg 173. diunduh tanggal 20 Maret 2012 2 Natalia Shapovalova. Pada mulanya Rusia kurang begitu tertarik terhadap hubungan bilateral dengan Spanyol. diunduh dari http://www.co. Sejak saat itu kerjasama dan kesepakatan bilateral di bidang ekonomi. mengikutsertakan Spanyol dan bergabung dengan Prancis dan Jerman untuk memblok akses Ukraina dan Georgia pada rencana aksi keanggotaan NATO. Hubungan baik ini terus berlanjut hingga masa pemerintahan Dimitri Medvedev. Bahkan Zapetero kerap kali mengunjungi Rusia setiap tahun. 1 Alexander Gusev. Baru akhirnya pada bulan Januari 1977 hubungan diplomatik antar kedua negara terjalin kembali.2 6 6 7.JANUARY 2010. Does Spain have an Ostpolitik?.

Bahkan Spanyol mendapatkan bantuan moneter dari Rusia untuk menstabilkan anggaran negara. Zapetero mempromosikan „hubungan yang lebih stabil dan dekat‟ antara Rusia dan Amerika. Spanyol berharap hubungan baik ini akan terus maju dengan sigkifikan dengan isu utama energi. pg 173 Ibid 2 . Bahkan Zapetero mengutamakan hubungan luar negerinya dengan mengadakan semi-annual EU-Rusia Summit.4 Namun telah terinsiden diplomatik antar Rusia dan Spanyol di tahun 2010. Dukungan penuh yang diberikan Spanyol untuk kerjasama Rusia-EU memang masih sulit dilakukan.Mengapa hubungan antara Rusia dan Spanyol ini dianggap penting bagi kedua negara? Bagi Russia sendiri hubungan bilateralnya dengan Spanyol sangatlah penting hal ini dimaksudkan untuk mendekatkan kerjasama antara Rusia dan EU (Uni Eropa) di berbagai bidang khususnya energi.. Namun kerja keras Spanyol untuk memperbaiki hubungan antara Rusa-EU menempatkan Spanyol dalam posisi strategi di wilayah Eropa Timur. Perdagangan antar kedua negara pun terus naik dari tahun ke tahun.3 Sedangkan bagi Spanyol sendiri Rusia merupakan negara yang menjanjikan bagi hubungan di segala bidang khususnya ekonomi untuk meningkatkan devisa negara. Hal ini dilakukan agar hubungan EU dan Rusia pada tahapan baru untuk meningkatkan kerjasama dan kepercayaan.cit. keamanan dan transportasi. Dari kunjungankunjungan formal dan semi-formal antara Rusia dan Spayol juga mengikutsertakan atase diplomat tertinggi untuk turut hadir dan mensuport kerjasama dan perjanjian kedua negara. The relations between Russian Federation and Spain. Spanyol menjadi negara yang sangat strategi di EU bagi Rusia juga dikarenakan hubungan keduanya bebas dari bias dan latar belakang sejarah yang tidak terselesaikan. "Spain is well placed to take the lead in efforts to improve EU-Russia relations". Hal ini dipengaruhi oleh belum berhasilnya pembentukan perdamaian dengan Georgia yang membuat beberapa member EU kurang begitu percaya dengan kerjasama Rusia-EU. berubah setelah jaman kediktatoran dan menyumbangkan kekayaan kebudayaan pada dunia. Kedua negara memiliki kekaisaran yang hebat. Pada bulan November 2010 dua diplomat Rusia (seretaris pertama) telah diusir dari 3 4 Alexander Gusev.op.

themoscowtimes. namun berbagai pihak menyangsikan hubungan kedua negara akan memburuk saat misi pertukaran budaya di tahun 2011.co. diunduh dari http://www.com/news/article/spain-russia-expel-2-diplomats-each/427963.5 Namun kementrian luar negeri Spanyol tidak mengungkapkan identitas kedua diplomat dikarenakan untuk menjaga hubungan baik antar kedua negara. Pengusiran dua diplomat dikeluarkan oleh Natioal Intelligence Centre Spanyol kepada kementrian luar negeri atas tuduhan spionase ekonomi.html. Sedangkan teori Fuctional Necessity dianggap cocok dikarenakan dapat menjelaskan bagaimana kekebalan dan keistimewaan diplomatik melindungi Hal ini dilakukan karena di tahun 2011 akan direncanakan misi kebudayaan „Tahun Rusia‟ di Spanyol dan „Tahun Spanyol‟ di 5 BBC. diunduh tanggal 22 Maret 2011 6 The Moscow Times.7 Meskipun kedua negara menganggap insiden pengusiran diplomat ini telah ditutup. diunduh dari http://www.uk/news/world-europe-12086186. Spain. spionase ekonomi. Tuduhan spionase ekonomi yang ditujukan kepada Rusia direspon dengan mengusir juga dua diplomat yaitu Ignacio Cartegna (atase politik) dan Borja Cortez (Sekretaris Pertama) pada tanggal 24 Desember 2010 dengan tuduhan yang sama.8 Selain itu dalam Konvensi Wina dijelaskan mengenai kekebalan dan keistimewaan hukum bagi pejabat diplomatik.ru/russia/20101228/161962642. Disini penulis memandang pengusiran pejabat diplomatik suatu negara dari segi hukum diplomatik dapat dijelaskan dengan teori fuctional Necessity Theory dan konvensi Wina 1961.6 Rusia. Bahan Ajar mata kuliah hukum diplomatik dan konsuler 3 . diunduh tanggal 22 Maret 2012 8 Setyo Widagdo. Russia expels two Spanish diplomats in 'spy' tit-for-tat. 28 Desember 2010. diunduh tanggal 22 Maret 2012 7 Ria Novosti. Berbagai sumber mengungkapkan bahwa pengusiran dua diplomat Rusia.bbc. 28 Desember 2010.rian. Russia Expel 2 Diplomats Each.Madrid dikarenakan "melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan status mereka sebagai diplomat" yang merupakan bahasa diplomatis untuk mata-mata. diunduh dari http://en. Hal ini dilakukan karena Konvesi Wina tahun 1961 yang telah diratifikasi suatu negara merupakan dasar hukum tertulis yang bersifat suatu perjanjian timbal-balik natar negara-negara yang meratifikasinya. 29 Desember 2010. Spain-Russia spy row leads to diplomats' expulsion.html.

I. yaitu menjalankan tugas dari negara pengirim.2 Rumusan masalah Dari latar belakang yang telah disampaikan penulis sebelumnya. maka rumusan masalah yang diajukan yaitu Apa yang menjadi dasar pengusiran pejabat diplomatik antara Spanyol dan Rusia atas kecurigaan mata-mata (spionase) ekonomi? 4 .seorang diplomat dari fungsi-fungsi yang semestinya.

ru.10 Ada kelebihan menggunakan teori ini adalah dapat menjelaskan(menyesuaikan) mengenai perlindungan yang berlebihan untuk segala bentuk keistimewaan dan kekebalan. Namun terdapat juga kelemahan yaitu kekebalan diplomatik dapat mengcover tindakan diluar fungsi resmi diplomat tersebut.9 Teori Functional Necessity mulai populer semenjak paska peranng dunia I atau lebih tepatnya saat gedung-gedung kedutaan besar mulai didirikan.ac. diunduh dari http://eprints. diunduh tanggal 22 Maret 2012 10 Przetacznik (1978) Anglo-American Law Review 357. SENDING AND RECEIVING: IMMUNITY SOUGHTBY DIPLOMATS COMMITTING CRIMINAL OFFENCES.za/1571/1/Moutzouris-LLM-TR09-98. terpercaya dan berhasil dengan menerima kekebalan.1 Kajian Teori Teori Functional Necessity Diantara ketiga teori dalam hukum diplomatik dan konsuler yaitu teori ekstrateritori. 9 Maria Moutzouris.pdf . representative character dan fuctional necessity yang lebih dinamis dan mudah diterapkan dalam suatu kasus –kasus modern sejak abad 16 adalah fuctional necessity. Seorang diplomat harus dapat melaksanakan tugas diplomatik secara bebas dan tanpa ketakutan akan teguran dan paksaan dari negara penerima. Rhodes University. Keistimewaan dan kekebalan hukum yang diterima diplomat dapat dipandang menurut teori ini dengan suatu kebutuhan dengan menjalankan fungsi-fungsi diplomatiknya. 1998. Menurut Vattel. aman. seorang diplomat memang berhak atas harus dapat melaksanakan misi diplomatiknya secara bebas. dan banyaknya karyawan non diplomatik diperbantukan guna membantu fungsi diplomat dan semakin meningkatnya organisasi internasional yang memerlukan kekebalan pada lebih banyak orang.358 and Southwick (1988-1989) 15 Syracuse Journal of International Law & Commerce 88 5 .BAB II KERANGKA PEMIKIRAN II.

Berbagai hak istimewa dan kekebalan yang diterima seorang diplomat dalam menjalankan fungsi diplomatiknya didapatkan bukan untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri. Namun bagaimana jika seorang diplomat terlibat dalam kasus yang diluar fungsi diplomatiknya? Menurut teori fungtional necessity dan konvensi Wina. negara penerima dapat mengajukan recall untuk diplomat tersebut atau melakukan persona non grata (pengusiran). Malang 2008. sehingga dapat dikatakan seorang diplomat dapat melakukan tindakan yang melanggar hukum guna menunaikan fungsi-fungsi diplomatiknya. diunduh tanggal 22 Maret 2012 6 . hal ini dinalai untuk dapat membantu diplomat dalam merepresentasikan fungsi diplomatiknya. diplomat juga tidak tunduk pada hukum negara penerima tetapi justru tunduk pada hukum negara pengirim.ru.ac. Buku Ajar untuk Mahasiswa.cit.12 Hal ini memang dinilai dapat merusak fungsi diplomatiknya. Kekebalan dan hak istimewa yang diberikan kepada diplomat juga menyangkut mengenai komunikasi dengan negara pengirim tidak boleh disadab dan memiliki proteksi dari hukum. Hukum diplomatik dan Konsuler.za/1571/1/Moutzouris-LLM-TR09-98. 11 Setyo Widagdo dan Hanif Widhiyanti. Munculnya konvensi Wina sendiri untuk menggaransi/menjamin efisiensi dan keamanan untuk negara yang sedang melaksanakan diplomasi. Bahkan keluarga diplomat juga memiliki kekebalan yang sama. 1998. Bayumedia. Menurut konvensi Wina seorang diplomat yang melakukan suatu tindakan yang melanggar hukum tidak bisa diadili di negara penerima.Teori functional necessity merupakan teori yang paling banyak dipakai sangat sesuai dengan konvensi Wina tahun 1961 mengenai hak istimewa dan kekebalan hukum yang diberikan kepada diplomat adalah absolut guna menjalankan fungsi diplomatiknya11.pdf . Hal 168 diunduh dari http://eprints. SENDING AND RECEIVING: IMMUNITY SOUGHTBY DIPLOMATS COMMITTING CRIMINAL OFFENCES. Kekebalan diplomati menurut teori ini bersifat absolut. namun dengan melakukan tindakan kejahatan atau kekerasan sudah mencerminkan tindakan tidak bersahabat terhadap negara penerima yang dapat mempengaruhi hubungan kedua negara. op. namun guna menjalankan misi dari negara pengirim. hal:79 12 Maria Moutzouris. Rhodes University.. Maka dengan adanya hak-hak tersebut seorang diplomat dituntut dengan tuduhan kriminal atau kejahatan sipil lain diluar fungsi diplomatiknya.

2 Kasus Saling Usir Pejabat Diplomatik Rusia dan Spanyol Kasus pengusiran pejabat diplomatik bermula pada bulan November 2010. Rusia dan Spanyol jga aktif dalam melaksanakan berbagai isu-isu kontemporer seperti memberantas terorisme. Kerjasama semakin meningkat dari tahun ketahun juga dengan adanya kunjungan presiden Rusia Dmitry Medvedev ke Spanyol dan PM Zapatro ke Rusia yang juga dihadiri oleh pejabat diplomatik kedua negara. Hal ini dilakukan setelah adanya pengaduan dari Departemen Intelejen Spanyol atas dugaan spionase ekonomi yang dilakukan kedua 7 . yaitu pengusiran (persona non grata) dua pejabat diplomatik Rusia di kedutaan besar Rusia di Madrid. Namun pada Januari 1977 hubungan diplomatik telah pulih kembali. konflik internasional dan gerakan separatis. Spanyol. hal ini dilakukan Rusia dengan membeli perusahaan energi Spanyol.1 Hubungan Diplomatik Rusia Spanyol Hubungan diplomatik antara Rusia dan Spanyol telah terjalin semenjak abad 15 dan sempat terhenti beberapa tahun saat di terjadi perang saudara di Spanyol tahun 1963 hingga 1977. Berbagai macam kerjasama dan perjanjian terbentuk antara Rusia dan Spanyol. Seperti halnya hubungan kerjasama ekonomi yang terjalin antara kedua negara didasari oleh basis politik yang mendekatkan antara satu dengan yang lainnya. III.BAB III PEMBAHASAN III. Dapat dikatakan hubungan diplomatik antara kedua negara terjalin dikarenakan ada beberapa faktor kepentingan. Menurut Zapatero dengan adanya perjanjian tersebut maka kebutuhan suplai energi bahan bakar fosil Spanyol dapat terjamin. Bahkan di tahun 2009 kedua negara menandatangani perjanjian mengenai energi yaitu perusahaan Spanyol mendapatkan akses khusus ke bahan bakar fosil Rusia.

sebuah kedutaan besar sangat dekat antara dua fungsi yaitu diplomat dan spionase. diunduh tanggal 20 Maret 2012 14 Institute of Diplomacy University of Qaran.net/index. diunduh dari http://www.3 Dasar Pengusiran Pejabat Diplomatik Dengan Menggunakan Teori Functional Necessity Pengusiran pejabat diplomatik seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Spanyol maupun Rusia dengan tuduhan spionase ekonomi dapat berdampak buruk mau tidak mau bagi kedua negara.universityofqaran. spionase. Namun baik Rusia maupun Spanyol tidak memperpanjang terjadinya kasus pengusiran pejabat diplomatik. hal ini dikarenakan akan diadakannya acara pertukaran kebudayaan di tahun 2011 yaitu „Tahun Spanyol‟ di Rusia dan „Tahun Rusia‟ di Spanyol. Diplomatic Espionage.13 III. Namun dari pihak kementrian luar negeri Spanyol tidak mengungkapkan identitas kedua diplomat tersebut.14 13 Spain Review.php/2011/01/14/the-expulsion-of-diplomats-between-russia-andspain-will-not-harm-bilateral-relations/ . Ada cover yang tebal mengenai misi spionase.html. Rusia yaitu sekretaris I dan Atase bidang Politik. diunduh tanggal 20 Maret 212 8 . diunduh dari http://www.spainreview. Beberapa minggu kemudian yaitu pada tanggal 24 Desember 2010 Rusia menanggapi kasus pengusiran diplomatnya dengan juga mengusi dua diplomat Spanyol di Moscow.edipcourse. The expulsion of diplomats between Russia and Spain will not harm bilateral relations. ada beberapa orang yang memang sebagai mata-mata dan sengaja dimasukkan ke dalam kedutaan besar untuk mendapatkan informasi yang diinginkan namun misi dan identitas asli seperti ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati.com/c%29%20Diplomatic%20Espionage. Dalam dunia diplomasi. diuanggah tanggal 14 Januari 2011. Selain itu menteri luar negeri Rusia Serger Larvov mengungkapkan bahwa kasus ini tidak akan berdampak negatif bagi hubungan kedua negara. karena jika terungkap maka akan diusir oleh negara penerima. Alasan pengusiran tersebut juga serupa.diplomat Rusia tersebut.diplomacy.

pejabat diplomatik yang terjerat kasus spionase tidak boleh ditangkap. 24. and developing their economic. bahkan negara penerima wajib memberikan perlindungan kepada pejabat diplomatik tersebut. cultural and scientific relations. (e) Promoting friendly relations between the sending State and the receiving State. and reporting thereon to the Government of the sending State.Bagaimanakah kekebalan dan hak istimewa yang didapatkan oleh pejabat diplomatik guna melaksanakan fungsi-fungsinya justru dipakai untuk melaksanakan kejahatan berupa spionase seperti yang dituduhkan Badan Intelejn Spanyol pada pejabat diplomatik Rusia dan sebaliknya? Sesuai konvensi Wina 1961 mengenai fungsi-fungsi diplomatik jika memang misi dari negara pengirim adalah menjadi spionase ekonomi dengan melanggar hukum negara penerima tindakan spionase memang dibenarkan. Maksud dari dibenarkan adalah. within the limits permitted by international law. Selain itu juga kebal terhadap gangguan atas kehormatan dan martabatnya. Menurut teori Functional Necessity maka dengan diembannya fungsi-fungsi diplomatik seperti yang dijelaskan pada pasal 3 ayat (1) maka pejabat diplomatik mendapatkan kekebalan dan keistimewaan untuk menjalankan fungsinya tersebut.15 Menurut pasal 3 Ayat (1) Konvensi Wina yang mengatur mengenai fungsifungsi diplomatik menyatakan16 : (a) Representing the sending State in the receiving State. Dalam konvensi Wina juga memuat mengenai hak kekebalan dan istimewa bagi pejabat diplomatik yaitu pasal 22. Satu-satunya tindakan yang bisa dilakukan oleh negara penerima menurut Edmunson adalah pengusiran (persona non grata) wakil diplomatik yang melakukan spionase. (b) Protecting in the receiving State the interests of the sending State and of its nationals. diselidiki maupun dituntuti oleh kepolisian negara penerima. dan 30 15 16 Edmondson (1971-1972) 5 Vanderbilt Journal of Transnational Law 453. Kekebalan disini berarti kebal dari segala tuntutan pidana maupun perdata dari negara penerima. (c) Negotiating with the Government of the receiving State. (d) Ascertaining by all lawful means conditions and developments in the receiving State. Vienna Convention on Diplomatic Relations 1961 9 .

cultural and scientific relations”. and developing their economic. 10 .mengenai kkebalan gedung perwakilan dan arsip. pasal 25. Pada prakteknya kegiatan spionase yang dilakukan para pejabat diplomatik di ngara penerima sangat sering dilakukan namun jika identitas mereka terungkap maka para pejabat diplomatik tersebut akan diusir. 26. 27 mengenai pelaksanaan pekerjaan dan tugas wakil diplomatik dan pasal 29 dan 31 mengenai kekebalan pribadi wakil diplomatik. Namun hal ini bertentangan dengan pasal 3 ayait (1) butir (e) yaitu “Promoting friendly relations between the sending State and the receiving State. Kasus serupa juga terjadi antara Amerika dan Rusia. Maka kementrian luar negeri Spanyol dan Rusia menggunakan satu-satunya cara untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan melakukan pengusiran pada para diplomat tersebut. Spionase yang dilakukan dua pejabat diplomatik baik Spanyol maupun Rusia dengan menggunakan teori functional necessity dapat dikatakan bahwa meskipun jika benar pejabat diplomatik tersebut benar-benar ditugaskan oleh negara pengirimnya untuk melakukan spionase ekonomi terhadap negara penerima memang dijalankan berdasarkan tugas. Namun dengan kekebalan dan keistimewaan yang diberikan kepada para pejabat diplomatik Rusia dan Spanyol membuat para diplomat tersebut tidak dapat dituntut atas kejahatan spionase ekonomi yang dituduhkan kepada mereka. maka spionase ekonomi yang dituduhkan kepada pejabat diplomatik justru membuat hubungan antar dua negara menjadi negatif dan dapat menghancurkan perekonomian negara penerima dengan membocorkan informasi penting yang bersifat rahasia kepada negara pengirim.

Meskipun kedua negara menganggap insiden pengusiran diplomat ini telah ditutup. spionase ekonomi yang dituduhkan bagi pejabat diplomatik Rusia dan Spanyol bertentangan dengan pasal 3 ayat(1) butir (e). namun berbagai pihak menyangsikan hubungan kedua negara akan memburuk saat misi pertukaran budaya di tahun 2011. Namun dengan kekebalan dan keistimewaan yang diterima pejabat diplomatik baik Rusia maupun Spanyol hanya bisa mengusir pejabat diplomatik yang dituduhkan tanpa bisa menuntutnya.BAB IV PENUTUP IV. spionase ekonomi. 11 . Pada bulan November 2010 dua diplomat Rusia (seretaris pertama) telah diusir dari Madrid dikarenakan "melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan status mereka sebagai diplomat" yang merupakan bahasa diplomatis untuk mata-mata. Dasar pengusiran diplomat yang dilakukan diplomat menurut teori functional necessity memang telah benar. Berbagai sumber mengungkapkan bahwa pengusiran dua diplomat Rusia. Pengusiran dua diplomat dikeluarkan oleh Natioal Intelligence Centre Spanyol kepada kementrian luar negeri atas tuduhan spionase ekonomi.1 Kesimpulan Insiden diplomatik antar Rusia dan Spanyol di tahun 2010. Tuduhan spionase ekonomi yang ditujukan kepada Rusia direspon dengan mengusir juga dua diplomat yaitu Ignacio Cartegna (atase politik) dan Borja Cortez (Sekretaris Pertama) pada tanggal 24 Desember 2010 dengan tuduhan yang sama. Spionase ekonomi yang dituduhkan kepada pejabat diplomatik justru membuat hubungan antar dua negara menjadi negatif dan dapat menghancurkan perekonomian negara penerima dengan membocorkan informasi penting yang bersifat rahasia kepada negara pengirim.

id/url?sa=t&rct=j&q=foreign+relation+between+russia+and+spa nyol&source=web&cd=3&ved=0CDIQFjAC&url=http%3A%2F%2Fwww.pdf&ei=qzZsT9ukB8WsrAfyMGaAg&usg=AFQjCNFgLuDgve7hCOQXCbLHp_JwpAPUtA&cad=rja. diunduh tanggal 25 Maret 2012 BBC.cidob.za/1571/1/Moutzouris-LLM-TR09-98.org%2Fen %2Fcontent%2Fdownload%2F25661%2F313156%2Ffile%2FALEXANDER%2BGUSEV_AN G. hal:79 Spain Review. Russia Expel 2 Diplomats Each. Diplomatic Espionage. diunduh tanggal 22 Maret 2011 The Moscow Times. Russia expels two Spanish diplomats in 'spy' tit-for-tat. diunduh dari http://www.html.co. Malang 2008.org%2Fd ownload%2FPB_Spain_Ostpolitik_ENG_jan10.id/url?sa=t&rct=j&q=diplomatic+relation+between+russia+and+s panyol&source=web&cd=5&ved=0CEIQFjAE&url=http%3A%2F%2Fwww.ru.com/news/article/spain-russia-expel-2-diplomatseach/427963. Rhodes University.diplomacy. Does Spain have an Ostpolitik?.fride. POL I C Y B R I E F I S S N : 1 9 8 9 . diunduh dari http://eprints.2 6 6 7. diunduh tanggal 20 Maret 2012 Institute of Diplomacy University of Qaran. Bahan Ajar mata kuliah hukum diplomatik dan konsuler Maria Moutzouris. Bayumedia.JANUARY 2010.html. diunduh dari http://www. Hukum diplomatik dan Konsuler.co.co. diunduh tanggal 22 Maret 2012 Setyo Widagdo. diunduh dari http://www. diunduh dari http://www.php/2011/01/14/the-expulsion-of-diplomats-betweenrussia-and-spain-will-not-harm-bilateral-relations/ . Vienna Convention on Diplomatic Relations 1961 12 . diunduh tanggal 22 Maret 2012 Ria Novosti.html.net/index.google.com/c%29%20Diplomatic%20Espionage.edipcourse. SENDING AND RECEIVING: IMMUNITY SOUGHTBY DIPLOMATS COMMITTING CRIMINAL OFFENCES. Nº 27 . Buku Ajar untuk Mahasiswa. 28 Desember 2010.rian.ac.DAFTAR PUSTAKA Alexander Gusev. diunduh tanggal 20 Maret 212 Edmondson (1971-1972) 5 Vanderbilt Journal of Transnational Law 453.pdf&ei=qzZsT9ukB8WsrAf-yMGaAg&usg=AFQjCNErQ16ihflxAxA9TUlSagTp9CerA&cad=rja . diunduh dari http://en. diunduh tanggal 22 Maret 2012 Przetacznik (1978) Anglo-American Law Review 357. Spain-Russia spy row leads to diplomats' expulsion.uk/news/world-europe-12086186.bbc. Spain. diunduh dari http://www. diuanggah tanggal 14 Januari 2011.358 and Southwick (1988-1989) 15 Syracuse Journal of International Law & Commerce 88 Setyo Widagdo dan Hanif Widhiyanti.spainreview. 1998.ru/russia/20101228/161962642. 28 Desember 2010. 29 Desember 2010.google.themoscowtimes.universityofqaran. The expulsion of diplomats between Russia and Spain will not harm bilateral relations. The relations between Russian Federation and Spain. diunduh tanggal 20 Maret 2012 Natalia Shapovalova. diunduh dari http://www.pdf .