Alat musik Daerah

1.Sumatra Utara : Gendang Melayu Gendang adalah instrumen Riau yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Instrument ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu.

2. Sumatra Barat : Talempong
Talempong adalah sebuah alat musik pukul khas suku bangsa Minangkabau. Bentuknya hampir sama dengan instrumen bonang dalam perangkat gamelan.

3. Lampung : Bende
Bende merupakan gong kecil. Pada zaman dahulu menjadi alat komunikasi penting bagi raja untuk mengumpulkan rakyatnya, apabila ada sesuatu yang harus diumumkan kepada rakyat.

4. Bengkulu : Doli

Berupa empat bilah kayu lunak - Dari Pulau Nias.

dalam satu performa.5. Instrument ini dibunyikan dengan tangan. Jawa Barat : Kecapi Kacapi merupakan alat musik Sunda yang dimainkan sebagai alat musik utama dalam Tembang Sunda atau Mamaos Cianjuran dan kacapi suling. Yogyakarta : Gendang gendang adalah instrumen dalam gamelan Jawa Tengah yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Jawa Timur : Bonang Bonang merupakan instrumen pendukung penting pada Gamelan jawa. cengceng memegang peran yang sangat penting. Bali : Ceng – Ceng Ceng-ceng adalah bagian penting dari seperangkat gamelan Bali. Di antara alat gamelan yang lain. 7. 6. konon pembuatannya tidak sembarang orang bias menyetemnya. Jawa Tengah : Sitar Gitar jawa yang mempunyai suara yang indah. tanpa alat bantu. 8. 9. . dan ternyata Bonang di bagi menjadi dua jenis yaitu Bonang Barung dan juga Bonang Penerus.

Orang yang memainkannya biasanya mejepit tuma di antara kedua kakinya. berfungsi untuk memperbesar volume suara. .10. atau juga disebut puput serunai. Kalimantan Barat : Tuma Tuma merupakan semacam gendang yang bentuknya panjang dengan cara memainkan ditabuh. Nusa Tenggara Timur . Kalimantan Timur : Sampe Sampek adalah salah satu alat musik tradisional khas Melayu suku dayak yang hidup tersebar di Kalimantan timur. NTT : Sasando Sasando adalah alat musik petik yang berasal dari Pulau Rote. adalah nama alat musik tiup yang dikenal di Indonesia sebagai alat musik tradisional masyarakat Minang. 12. 13. Bagian unik dari serunai adalah ujungnya yang mengembang. 11. NTB : Serunai Serunai. Alat music ini di mainkan dengan cara di petik.

Nama kolintang menurut masyarakat Minahasa berasal dari suaranya: tong (nada rendah).14. nama japen berasal dari bentuknya yang sangat unik. ting (nada tinggi) dan tang (nada biasa). 15. Kalimantan Selatan : Panting Panting merupakan alat musik yang dipetik yang berbentuk seperti gambus Arab tetapi ukurannya lebih kecil. . 16. Sulawesi utara : Kolintang Alat musik Kolintang merupakan alat musik asli daerah Minahasa Sulawesi Utara. Kalimantan Tengah : Japen Alat musik japen merupakan alat music asli daerah Kalimantan.

.17. 18. 20. 19. Riau : Gambus Gambus Melayu Riau adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu. yang di gunakan pada saat acara tertentu. merupakan alat musik khas dari Maluku dan Papua. Sulawesi Selatan : Kecapi Kacapi merupakan alat musik Sunda yang dimainkan sebagai alat musik utama dalam Tembang Sunda atau Mamaos Cianjuran dan kacapi suling. Sulawesi tenggara : Labo-labo Labo-labo adalah alat music pukul Yang biasanya di gunakan masyrakat Sulawesi tenggara. Maluku : Tifa TIFA. Tifa mirip dengan alat musik gendang yang dimainkan juga dengan cara dipukul.

Instrument ini dibunyikan dengan tangan. 22. . tanpa alat bantu.BAU SULAWESI 23. merupakan alat musik khas dari Papua. Gorontalo : Ganda Ganda Adalah sebuah alat musik tradisional dari ETNIS CIA .CIA tepatnya Di KELURAHAN GONDA BARU KECAMATAN SORAWOLIO KOTA BAU .21. Papua : Tifa TIFA. Tifa mirip dengan alat musik gendang yang dimainkan juga dengan cara dipukul. Bangka Belitung : Gendang gendang adalah instrumen dalam Bangka Belitung yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama.

24. alat ini dapat ditarik sehingga memanjang dengan lekukan-lekukan apabila ditarik dan ditekan akan menimbulkan tekanan angin tinggal memencet tut-tut notnya maka akan menimbulkan suara irama musik yang indah 26. Aceh : Rifai Rifai merupakan sejenis alat instrumen musik tradisional Aceh. namun peniupnya tidak dengan mulut. Rapai dibuat dari kayu yang keras (biasanya dari batang nangka) yang setelah dibulatkan lalu diberi lobang di tengahnya. Sumatra Selatan : Accordion Alat musik yang lumayan tua usianya ini namanya ACCORDION. Sulawesi Tengah : Ganda Ganda/ Kanda adalah nama alat musik pukul yang biasa kita kenal dengan gendang yang memiliki dua buah kulit menutupi kedua sisinya. sama halnya dengan gendang. . 25. Merknya Hero cara menggunakan alat ini sebenarnya mirip alat musik tiup.

Dki Jakarta : Tehyan Kesenian yang mengandung unsur-unsur ajaran agama Islam tampak sangat dominan diwilayah DKI Jakarta. .27. Jambi : Gambus Gambus adalah salah satu jenis instrumental musik tradisional yang terdapat hampir di seluruh kawasan Melayu. 28.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful