SAMSUL ANAM DEVIT RIVANDI AR DUCHA MISFA’I TEGUH DWI CAHYO DIDIK SUCAHYO

: 095524 : 095524 : 095524015 : 095524 : 095524005

2.Spesifikasi mobil pemadam kebakaran 1. 5. 4. 3. Mobil merk Nissan dengan kapasitas daya tampung air maksimal 5000 liter Memiliki 1 (satu) buah pompa utama Memiliki 1 (satu) buah pompa portable Memiliki 2 (dua) saluran hisap Memiliki 4 (empat) saluran kempa .

Sebagai penghisap air 2.Jenis Pompa yang Diaplikasikan Jenis pompa yang diaplikasikan pada Mobil pemadam kebakaran yang menjadi objek observasi kami yaitu jenis pompa sentrifugal Dalam operasionalnya pompa ini memiliki 2 fungsi yang sangat vital yaitu 1. Sebagai kempa air .

yaitu kerja hisap saja atau kempa saja . Dalam pengoperasiannya pompa ini tidak dapat melakukan hisap dan kempa secara bersamaan. melainkan hanya salah satu fungsi tiap operasi.Prinsip kerja pompa utama Pompa utama meliki dua fungsi sebagai penghisap dan pengempa air.

Gambar pompa utama .

pompa utama memiliki 2 (dua) saluran hisap dan 4 (empat) saluran kempa. yang masing-masing dibagi dua pada sisi kanan dan sisi kiri mobil dan satu saluran kempa di atas mobil .skema pemipaan Pada pemipaannya.

Saluran hisap dan kempa sisi kiri mobil .

Saluran hisap dan kempa sisi kanan mobil .

Saluran kempa bagian atas mobil .

Berikut skema pemipaan pada pompa utama .

1. Pada ujung selang kempa terdapat dua ukuran gelang kempa.5 inci dan Ø 2 inci.Dari blok diagram di atas dapat dijelaskan sebagai berikut Proses penghisapan dari sumber air menuju bak penampung berlangsung melalui pipa berwarna merah 2. Setelah bak terisi air proses kempa dapat dilaksanakan 3. . Proses kempa berlangsung melalui pipa berwarna biru. yaitu ukuran Ø 1.

ketika posisi mobil relatif jauh dari sumber air .Prinsip kerja pompa portable Pompa portable hanya dingunakan untuk menghisap air.

Gambar pompa portable .

skema pemipaan .

Dari diagram diatas dapat dijelaskan bahwa pompa portable hanya digunakan untuk menghisap air dari sumber air menuju bak penampung saja. dan ditutup kembali ketika tidak dilakukan penghisapan . Satu katup tersebut dibuka ketika proses penghisapan dengan pompa portable dilaksanakan.

Perawatan Pompa Perawatan pompa dilakukan langsung oleh teknisi secara rutin setiap minggu sekali pada hari kamis. Sementara itu apabila terjadi kerusakan pada mobil termasuk pompa dan sistem pemipaan langsung ditangani oleh pihak ketiga yaitu oleh Auto 2000 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful