http://banggaikab.bps.go.id/index.

php/kda/382-sensus-pertanian-2013

Sensus Pertanian 2013 (ST2013) merupakan Sensus Pertanian yang keenam yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Sensus Pertanian yang pertama dilaksanakan pada tahun 1963 dan sejak itu BPS secara rutin menyelenggarakan Sensus Pertanian setiap 10 tahun sekali. ST2013 merupakan proyek nasional yang bertujuan untuk mengumpulkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat supaya diperoleh gambaran yang jelas tentang berbagai kegiatan di sektor pertanian. Kegiatan pertanian yang dicakup meliputi pertanian tanaman padi, palawija, hortikultura, perkebunan, perikanan, peternakan dan kehutanan. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan ST2013 adalah updating Direktori Perusahaan Pertanian (DPP), yaitu kegiatan pemutakhiran direktori (Daftar nama dan alamat) perusahaan pertanian. Kegiatan ini perlu dilakukan karena direktori yang ada yaitu direktori yang disusun berdasarkan hasil Sensus Pertanian 2003 sudah tidak memadai lagi. Hasil updating DPP sangat penting karena akan digunakan sebagai kerangka (frame) untuk mengumpulkan data perusahaan di sektor pertanian, yang secara rutin dikumpulkan oleh BPS baik secara bulanan, triwulanan maupun tahunan. Banyak manfaat dapat diperoleh dari data perusahaan pertanian. Dari data ini dapat diketahui penyebaran perusahaan pertanian menurut jenis usahanya sampai tingkat kecamatan, juga dapat membantu pengambil kebijaksanaan untuk membuat rencana yang lebih tepat berkaitan dengan pelaksanaan otonomi daerah. Bagi investor, dapat dipakai untuk melihat potensi sub-sektor pertanian mana yang masih bisa dikembangkan. Data perusahaan pertanian juga penting karena merupakan salah satu komponen yang dipakai dalam penghitungan PDB dan tabel Input-Output.

PPS. Di tahun 2012 kegiatan masuk dalam tahapan Gladi Bersih dan Updating Direktori Perusahaan Pertanian. 3. ST2013 merupakan proyek nasional yang bertujuan untuk mengumpulkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat supaya diperoleh gambaran yang jelas tentang berbagai kegiatan di sektor pertanian. PPP. perkebunan. Untuk menghasilkan direktori perusahaan pertanian yang lengkap.php/Berita/sensus-pertanian-2013. PPI. Jadwal kegiatan telah dimulai sejak tahun 2011 yaitu Uji Coba I. 2. ST2013 juga diselenggarakan setiap 10 tahun sekali. Uji Coba II dan Gladi Kotor. Perusahaan pertanian yang dicakup adalah seluruh perusahaan pertanian berbadan hukum yang berada disektor pertanian. 4. dan 6. tanaman pangan.id/index. Seperti kegiatan sensus lainnya. hortikultura. akurat. kehutanan. triwulanan. Cakupan dalam kegiatan ini meliputi 6 subsektor pertanian yaitu: 1. sedangkan Perusahaan Induk/ Kantor Pusat tidak dicakup dalam kegiatan ini.html Sensus Pertanian 2013 atau yang disingkat ST2013 merupakan salah satu kegiatan sensus yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang ke 6 kalinya sejak tahun 1963. pada bulan Mei 2012 seluruh BPS Kabupaten/Kota se-Indonesia akan melakukan Updating Direktori Perusahaan Pertanian ST2013 (Updating DPP2012) yang bertujuan: 1. 2. maupun tahunan. Kegiatan Updating DPP 2012 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada bulan Mei 2012. Khusus untuk RPH. 5.bps. dan terpercaya. PPN. Dalam rangka persiapan pelaksanaan ST2013.go. Direktori yang dihasilkan akan digunakan sebagai kerangka (frame) untuk mengumpulkan data perusahaan di sektor pertanian yang secara rutin dikumpulkan oleh BPS baik secara bulanan. Pencacahan Lengkap akan dilaksanakan Tahun 2013. dan TPI baik yang berbadan hukum maupun tidak tetap dicakup dalam kegiatan ini. Untuk memperbaharui direktori perusahaan pertanian sesuai dengan keadaan terakhir.http://seruyankab. perikanan. peternakan. .

Usaha budidaya ikan 7. Jadi sensus pertanian terakhir kali dilaksanakan pada tahun 2003 dan akan dilaksanakan kembali pada tahun 2013. dalam kegiatan listing akan diketahui jenis usaha yang dilakukan oleh rumah tangga pertanian yang dibedakan menjadi: 1. Usaha pertanian palawija 3. Uji coba ST 2013 yang ke II dilaksanakan di Propinsi Sumatera Selatan. Pada Bulan Juli-Agustus 2011 BPS RI melaksanakan uji coba pelaksanaan Sensus Pertanian 2013 (ST 2013). Jawa Tengah dan Bali. yaitu tahapan Listing rumah tangga dan pencacahan rumah tangga pertanian hasil listing tersebut. Usaha peternakan 6. Diharapkan dengan uji coba ini pada pelaksanaan Sensus Pertanian yang sesungguhnya (pada tahun 2013) dapat diperoleh hasil yang sesuai harapan dan lebih baik dari sensus pertanian sebelumnya. Sensus Pertanian dan Sensus Ekonomi dilaksanakan setiap10 (sepuluh) tahun sekali. Untuk Propinsi Jawa Tengah pelaksanaan uji coba ST 2013 tersebut dilaksanakan di Kabupaten Cilacap tepatnya di Kecamatan Nusawungu. Untuk mencapai hasil yang optimal. Usaha budi daya tanaman kehutanan 9. dilaksanakan dalam 2 tahap. Usaha rumah tangga yang biasanya menangkap satwa liar 11. maka dalam persiapan awal menghadapi Sensus Pertanian 2013 nanti BPS RI telah melaksanakan uji coba pelaksanaan Sensus Pertanian di beberapa wilayah Republik Indonesia. Rumah tangga buruh pertanian Petugas pencacah dan pengawas pada kegiatan ini seluruhnya berasal dari organik BPS.UJI COBA PELAKSANAAN SENSUS PERTANIAN 2013 DI KECAMATAN NUSAWUNGU. Kegiatan uji coba ST 2013 yang ke II. . Usaha pertanian padi 2. Usaha pertanian hortikultura 4. Usaha penangkaran satwa/tumbuhan liar 10. Usaha perkebunan 5. KABUPATEN CILACAP (AgustusSeptember 2011) Seperti yang telah diamanahkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 Tentang Statistik penyelenggaraan Sensus Penduduk. Usaha penangkapan ikan 8. Uji coba ini merupakan uji coba yang ke II setelah uji coba I dilaksanakan pada Maret-April 2011. yaitu dari staff BPS kabupaten Cilacap dan Koordinator Statistik Kecamatan. Sensus Pertanian dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali pada tahun yang berakhiran angka 3.

Hasil uji coba II diharapkan memperoleh masukan untuk penyempurnaan kegiatan ST2013 yang akan dilaksanakan tahun 2013.Uji coba II ST2013 adalah untuk melakukan uji terhadap kuesioner. Kuesioner yang diuji mencakup: • Daftar ST2013-P (pre-printed rumah tangga hasil SP2010) • Daftar ST2013-L (pendaftaran lengkap rumah tangga). . metodologi dan pengolahan. organisasi lapangan.

Kehutanan. 1983. BPS kembali melaksanakan siklus 10 tahunan kegiatan Sensus Pertanian. Hasil Sensus Pertanian digunakan untuk perencanaan. dan evaluasi program pembangunan pertanian di kementerian dan lembaga terkait (Pertanian. Cakupan data yang dikumpulkan dalam Sensus Pertanian 2013 (ST2013) berdasarkan sejumlah rekomendasi dari FAO. Pada tahun 2013 mendatang. TAHAPAN KEGIATAN Tahun 2010 Persiapan : Penyusunan Network Planning (NWP) dan Anggaran Tahun 2011 Uji Coba (kuesioner. dan 2003. 1993. 1993. 1973. perguruan tinggi dan lembaga internasional. implementasi kebijakan. rumahtangga pertanian dan perusahaan pertanian di wilayah Republik Indonesia untuk memperoleh kakarteristik pertanian pada saat tertentu. Kehutanan. Pada tahun 2013 mendatang. dan evaluasi program pembangunan pertanian di kementerian dan lembaga terkait (Pertanian. BPS kembali melaksanakan siklus 10 tahunan kegiatan Sensus Pertanian. Kelautan dan Perikanan. dan Bappenas). Kelautan dan Perikanan. 51 tahun 1999 tentang penyelenggaraan statistik pasal 1 ayat 2 disebut sebagai berikut : “Sensus Pertanian adalah cara pengumpulan data yang dilakukan melalui pencacahan seluruh petani. dan organisasi lapangan) Gladi Kotor . perguruan tinggi dan lembaga internasional. 1983. Cakupan data yang dikumpulkan dalam Sensus Pertanian 2013 (ST2013) berdasarkan sejumlah rekomendasi dari FAO.BPS telah melakukan Sensus Pertanian sebanyak lima kali: 1963. dan Bappenas). dan 2003. implementasi kebijakan.” BPS telah melakukan Sensus Pertanian sebanyak lima kali: 1963. metodologi. TAHAPAN KEGIATAN Apa itu Sensus Pertanian? Menurut Peraturan Pemerintah No. 1973. Hasil Sensus Pertanian digunakan untuk perencanaan.

Tahun 2012 Gladi Bersih Pilot Monitoring Kualitas Pilot PES(Post Enumeration Survey) Updating Direktori Perusahaan Pertanian Tahun 2013 Pencacahan Lengkap Rumah Tangga Usaha Pertanian Pencacahan Lengkap Perusahaan Pertanian Laporan Awal Hasil Pencacahan Lengkap Pencacahan Pendapatan Rumah Tangga Usaha Pertanian (SPP) Tahun 2014 Analisis dan Diseminasi Hasil Pencacahan Lengkap & SPP Pencacahan Rumah Tangga Pertanian Subsektor (Sampel) Tahun 2015 Analisis dan Diseminasi Hasil Subsektor .